Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
oskadon wrote: Thu Mar 06, 2025 6:18
om kali aja ada yang sama pengalaman nya, baru minang crv prestige turbo 2020 2nd KM 46rban, overall saat ini setir sendiri atau di setirin tidak ada problem, baru 2 bulan ini ada bunyi kaya besi beradu di bagian ban belakang sebelah kiri. kalau ketemu jalaan kriting kecepatan pelan berasa banget glotak glotak nya, kalau pun memang harus ada yang ganti ada recomend bengkel kaki2 selain beres? domisili tangerang kota. oh iya mau tanya memang bawaan pabrik tidak dapat sensor mundur dan corner sensor ya? mengingat new nya saat itu menyentuh angka 500an.
coba check mangkok dudukan shock (most possible case nya ini, udah pecah jadi bunyi glotak2, saya gitu soalnya tapi di civic)
nggak dapat, dari factory default hanya reverse cam.
oskadon wrote: Thu Mar 06, 2025 6:18
om kali aja ada yang sama pengalaman nya, baru minang crv prestige turbo 2020 2nd KM 46rban, overall saat ini setir sendiri atau di setirin tidak ada problem, baru 2 bulan ini ada bunyi kaya besi beradu di bagian ban belakang sebelah kiri. kalau ketemu jalaan kriting kecepatan pelan berasa banget glotak glotak nya, kalau pun memang harus ada yang ganti ada recomend bengkel kaki2 selain beres? domisili tangerang kota. oh iya mau tanya memang bawaan pabrik tidak dapat sensor mundur dan corner sensor ya? mengingat new nya saat itu menyentuh angka 500an.
coba check mangkok dudukan shock (most possible case nya ini, udah pecah jadi bunyi glotak2, saya gitu soalnya tapi di civic)
nggak dapat, dari factory default hanya reverse cam.
ada recomend cek bengkel kaki2 om selain di beres? sensor parkir HIRO recomend ga om? mau sekalian pasang corner lihat di toko ijo corner sensor 2jtan lebih ya
ada recomend cek bengkel kaki2 om selain di beres? sensor parkir HIRO recomend ga om? mau sekalian pasang corner lihat di toko ijo corner sensor 2jtan lebih ya
rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16
Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
Halo om, saya pernah mengalami mirip seperti ini di pjs dakar 2012.
waktu itu obatnya adalah ganti ban baru. bawaan mobil awalnya bridgestone dueler thailand standar R17, lalu tahun 2017 sekitar km 70k ganti 4 bannya ke hankook dynapro ht R17 juga. sy sering setrika jalanan di tol japek dan karena jalanannya keriting saya pikir normal-normal aja setirnya narik kanan dan kiri (tapi utamanya lebih narik kiri).
sudah coba spooring >5x kesana kemari sampe ke start tire juga gak sembuh total, tetap narik kiri, montirnya usulin untuk coba ganti ban. awalnya saya tolak karena harga ban baru lumayan mahal.
sekitar km 100k akhirnya tiba saat ganti ban karena sudah berisik, keras dan benjol, coba ganti ke yokohama R17 AT copotan dari hilux 2024. tanpa spooring saya langsung pake dan ternyata malah jadi narik kanan
lalu di spooring ulang 2x sudah lumayan lurus dan mengikuti kontur jalan.
saya pikir kalau mau coba cara yang lebih murah dulu dibanding kutakatik racksteer, ganti 2 ban depan kembali ke tipe dan ukuran standar + spooring dan lihat apakah bisa selesai masalahnya.
ada recomend cek bengkel kaki2 om selain di beres? sensor parkir HIRO recomend ga om? mau sekalian pasang corner lihat di toko ijo corner sensor 2jtan lebih ya
Selamat siang Suhu2, Master2, Momods dan Om2 Members lainnya,
Ijin bertanya, saya pakai RW turbo keluaran 2021 kondisi standar semuanya dari diler. Sejauh ini problem substansial yang terasa hanya di rem (selain peredam kabin). Enak di gas, tp jd was-was traumatis efek rem bergetar tiap kali pedal rem ditekan. Terasa bergetar jika diinjak dalam kecepatan mulai sekitar 80kph. Puncaknya ketika dibawa ke luar kota (Jakarta Bandung), kondisi bergetar cukup parah sampai terasa di setir dan bodi, akhirnya melipir ke rest area utk mendinginkan rem.
Komplain garansi ke Beres dan sesuai SOP hanya dibubut cakram depan. Singkat cerita, gejala bergetar hilang selama beberapa bulan, tapi kemudian kembali lagi muncul.
Krn mau dipakai roadtrip ke Yogya, inisiatif ganti disc brake depan aftermarket merek BR*X, berikut ganti kampas rem baru merek B*emb*. Kualitas prima sepanjang trip pp (sekitar 1500 km). Sekarang muncul lagi problem yang sama saat ini mulai di speed 100 kph.
Kira2 ada user yang punya masalah serupa dan boleh share solusi yg menyelesaikan bagaimana?
Beberapa rencana yg akan saya lakukan adalah sbb:
1. cek kondisi disc brake depan apakah sudah mulai bergelombang (termasuk kondisi disc brake belakang) - sepertinya unlikely, karena produk aftermarket yg saya beli yg competition series
2. cek kondisi kaki2, in case memang ada yg bermasalah di situ (dari awal dan belum diperbaiki)
rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16
Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
Halo om, saya pernah mengalami mirip seperti ini di pjs dakar 2012.
waktu itu obatnya adalah ganti ban baru. bawaan mobil awalnya bridgestone dueler thailand standar R17, lalu tahun 2017 sekitar km 70k ganti 4 bannya ke hankook dynapro ht R17 juga. sy sering setrika jalanan di tol japek dan karena jalanannya keriting saya pikir normal-normal aja setirnya narik kanan dan kiri (tapi utamanya lebih narik kiri).
sudah coba spooring >5x kesana kemari sampe ke start tire juga gak sembuh total, tetap narik kiri, montirnya usulin untuk coba ganti ban. awalnya saya tolak karena harga ban baru lumayan mahal.
sekitar km 100k akhirnya tiba saat ganti ban karena sudah berisik, keras dan benjol, coba ganti ke yokohama R17 AT copotan dari hilux 2024. tanpa spooring saya langsung pake dan ternyata malah jadi narik kanan
lalu di spooring ulang 2x sudah lumayan lurus dan mengikuti kontur jalan.
saya pikir kalau mau coba cara yang lebih murah dulu dibanding kutakatik racksteer, ganti 2 ban depan kembali ke tipe dan ukuran standar + spooring dan lihat apakah bisa selesai masalahnya.
kalau rotasi ban doang apakah ngaruh om? soalnya udah saya coba berkali² rotasi ban kanan kiri depan belakang jg ga sembuh masalah stir narik kirinya
indoristi wrote: Wed Apr 12, 2023 8:17
Agan, saya punya crv turbo presitge (2020) km uda 47K karena dipake harian dan keluar kota. agan2 perna ada masalah ama AC ga? ac bunyin nging macam storing. sudah bawa ke beres di bersihkan saluran ac tapi masi saja bunyi kadang2 kalo ac dinyalakan.
itu compressor nya gan. kalau suhu mesin di atas 86celcius bunyi kyk dengung storing audio. solusi pertama minta ke dealer claim compressor kalau msh garansi. solusi kedua ganti downpipe std nya ama yg tnp catalytic trus di bungkus wrap biar suhu dlm cabin mesin tereduksi. itu agan. mudah2han bermanfaat
Halo gan, problem compressor AC ini apa sering terjadi di mobil CRV ketika suhu mesin di atas 86 celcius atau krn compressornya emang bermasalah ? Krn di CRV 2022 saya jg ada bunyi ngung yg mengikuti naik turun RPM mesin. Kondisinya sekarang suhu kabin masih dingin ketika climate diset di 25 Celcius, dicoba cek tekanan low & high nya juga wajar di 48 psi & 185 psi.
rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16
Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
Halo om, saya pernah mengalami mirip seperti ini di pjs dakar 2012.
waktu itu obatnya adalah ganti ban baru. bawaan mobil awalnya bridgestone dueler thailand standar R17, lalu tahun 2017 sekitar km 70k ganti 4 bannya ke hankook dynapro ht R17 juga. sy sering setrika jalanan di tol japek dan karena jalanannya keriting saya pikir normal-normal aja setirnya narik kanan dan kiri (tapi utamanya lebih narik kiri).
sudah coba spooring >5x kesana kemari sampe ke start tire juga gak sembuh total, tetap narik kiri, montirnya usulin untuk coba ganti ban. awalnya saya tolak karena harga ban baru lumayan mahal.
sekitar km 100k akhirnya tiba saat ganti ban karena sudah berisik, keras dan benjol, coba ganti ke yokohama R17 AT copotan dari hilux 2024. tanpa spooring saya langsung pake dan ternyata malah jadi narik kanan
lalu di spooring ulang 2x sudah lumayan lurus dan mengikuti kontur jalan.
saya pikir kalau mau coba cara yang lebih murah dulu dibanding kutakatik racksteer, ganti 2 ban depan kembali ke tipe dan ukuran standar + spooring dan lihat apakah bisa selesai masalahnya.
kalau rotasi ban doang apakah ngaruh om? soalnya udah saya coba berkali² rotasi ban kanan kiri depan belakang jg ga sembuh masalah stir narik kirinya
kalau di kasus saya sudah rotasi ban rasanya gak ada efeknya, cuma sugesti sementara saja.
di OPS dakar saat spooring bisa setel semuanya (camber, caster, toe) tetap saja gak hilang narik kirinya, meskipun makan ban depannya rata.
setelah ganti ban yokohama langsung jelas terasa kalau ini karena ban hankook nya, karena dengan setelan spooring sebelumnya yang tidak diubah ternyata langsung narik ke arah kanan.
kalau saran saya sih tetap coba ganti ban depan dulu balikin ke standard.
atau pinjam ban sejenis dulu mungkin
twistcanyon wrote: Wed Mar 19, 2025 7:29
Selamat siang Suhu2, Master2, Momods dan Om2 Members lainnya,
Ijin bertanya, saya pakai RW turbo keluaran 2021 kondisi standar semuanya dari diler. Sejauh ini problem substansial yang terasa hanya di rem (selain peredam kabin). Enak di gas, tp jd was-was traumatis efek rem bergetar tiap kali pedal rem ditekan. Terasa bergetar jika diinjak dalam kecepatan mulai sekitar 80kph. Puncaknya ketika dibawa ke luar kota (Jakarta Bandung), kondisi bergetar cukup parah sampai terasa di setir dan bodi, akhirnya melipir ke rest area utk mendinginkan rem.
Komplain garansi ke Beres dan sesuai SOP hanya dibubut cakram depan. Singkat cerita, gejala bergetar hilang selama beberapa bulan, tapi kemudian kembali lagi muncul.
Krn mau dipakai roadtrip ke Yogya, inisiatif ganti disc brake depan aftermarket merek BR*X, berikut ganti kampas rem baru merek B*emb*. Kualitas prima sepanjang trip pp (sekitar 1500 km). Sekarang muncul lagi problem yang sama saat ini mulai di speed 100 kph.
Kira2 ada user yang punya masalah serupa dan boleh share solusi yg menyelesaikan bagaimana?
Beberapa rencana yg akan saya lakukan adalah sbb:
1. cek kondisi disc brake depan apakah sudah mulai bergelombang (termasuk kondisi disc brake belakang) - sepertinya unlikely, karena produk aftermarket yg saya beli yg competition series
2. cek kondisi kaki2, in case memang ada yg bermasalah di situ (dari awal dan belum diperbaiki)
Terima kasih sebelumnya.
Aku juga ngalamin kek gitu juga om geter apalagi pas turunan tol solo semarang tuh tapi kemaren belom ngeh masih geter gak abis ganti minyak rem sama dibersihin didealer sama tak semprot brake cleaner sendiri males didealer bayar 80 ribu cuma buat 150 ml belom ngerasain geter lagi sih karna saya keluar tol disalatiga gak sampe abis kesemarang wkkwkw
twistcanyon wrote: Wed Mar 19, 2025 7:29
Selamat siang Suhu2, Master2, Momods dan Om2 Members lainnya,
Ijin bertanya, saya pakai RW turbo keluaran 2021 kondisi standar semuanya dari diler. Sejauh ini problem substansial yang terasa hanya di rem (selain peredam kabin). Enak di gas, tp jd was-was traumatis efek rem bergetar tiap kali pedal rem ditekan. Terasa bergetar jika diinjak dalam kecepatan mulai sekitar 80kph. Puncaknya ketika dibawa ke luar kota (Jakarta Bandung), kondisi bergetar cukup parah sampai terasa di setir dan bodi, akhirnya melipir ke rest area utk mendinginkan rem.
Komplain garansi ke Beres dan sesuai SOP hanya dibubut cakram depan. Singkat cerita, gejala bergetar hilang selama beberapa bulan, tapi kemudian kembali lagi muncul.
Krn mau dipakai roadtrip ke Yogya, inisiatif ganti disc brake depan aftermarket merek BR*X, berikut ganti kampas rem baru merek B*emb*. Kualitas prima sepanjang trip pp (sekitar 1500 km). Sekarang muncul lagi problem yang sama saat ini mulai di speed 100 kph.
Kira2 ada user yang punya masalah serupa dan boleh share solusi yg menyelesaikan bagaimana?
Beberapa rencana yg akan saya lakukan adalah sbb:
1. cek kondisi disc brake depan apakah sudah mulai bergelombang (termasuk kondisi disc brake belakang) - sepertinya unlikely, karena produk aftermarket yg saya beli yg competition series
2. cek kondisi kaki2, in case memang ada yg bermasalah di situ (dari awal dan belum diperbaiki)
Terima kasih sebelumnya.
Ikut nimbrung yaa om, walaupun mobil saya bukan CRV tapi saya pernah ngalamin rem gruduk2 di kecepatan tinggi, di cek disck brake dan brake pad ga terlalu gelombang, ternyata masalahnya di lower arm, bushing ada pecah dan balljoint nya udah lemah, setelah ganti lower arm set sekalian bushing stabilizernya getar2nya jauh berkurang, apalagi kalo disck brake dan brake padnya sudah sama rata, bisa aja hilang getar2nya.
AbdulHakim wrote: Sat Feb 25, 2023 2:36
Selamat pagi SM-ers
Pagi ini memutuskan untuk ganti batere dari Panasonic ke GS Calcium, karena keluhan pedal rem nyundul2 dan startnya ga jreng (ga instant) seperti lazimnya.
Batere lama pas dibongkar di pole nya ada kristal putih kebiruan jumlahnya lumayan banyak, selama ini ga keliatan karena ga pernah buka.
IMG_20230225_082802.jpg
Penggantinya aki GS Calcium 55Ah kode produksi 23A2B7
IMG_20230225_091807.jpg
Proses penggantian aki dengan kondisi mesin mobil menyala. Kaca mobil dibuka satu sisi.
Ini dalam kondisi terpasang
Terpasang
Semoga bisa awet di atas 3 tahun.
Karena yg Panasonic sebelum ini dipake sejak 2019.
update, ternyata GS Calcium 55Ah ini hanya bertahun 2 tahun lebih bbrp bulan saja.
Desember 2024 lalu saat penggantian oli sudah diremind oleh mekanik beres kalau Aki disarankan untuk diganti, tapi lupa nanya saya berapa battery healthnya.
pagi ini indikasi aki lemah di CRV Turbo seperti pas starter pedal rem membal (nendang balik) sudah mulai terjadi.
Ada saran aki tetap pakai GS Calcium 55Ah ini atau ada rekomendasi aki lain?
Terima kasih
AbdulHakim wrote: Wed Apr 16, 2025 3:25
update, ternyata GS Calcium 55Ah ini hanya bertahun 2 tahun lebih bbrp bulan saja.
Desember 2024 lalu saat penggantian oli sudah diremind oleh mekanik beres kalau Aki disarankan untuk diganti, tapi lupa nanya saya berapa battery healthnya.
pagi ini indikasi aki lemah di CRV Turbo seperti pas starter pedal rem membal (nendang balik) sudah mulai terjadi.
Ada saran aki tetap pakai GS Calcium 55Ah ini atau ada rekomendasi aki lain?
Terima kasih
Amaron 65b24ls bole coba. Lebih murah daripada gs gold calcium biasanya. Tapi umur ya mirip”. Di crv turbo sy pas 2 tahun 6 bulan mati total haha.
AbdulHakim wrote: Wed Apr 16, 2025 3:25
update, ternyata GS Calcium 55Ah ini hanya bertahun 2 tahun lebih bbrp bulan saja.
Desember 2024 lalu saat penggantian oli sudah diremind oleh mekanik beres kalau Aki disarankan untuk diganti, tapi lupa nanya saya berapa battery healthnya.
pagi ini indikasi aki lemah di CRV Turbo seperti pas starter pedal rem membal (nendang balik) sudah mulai terjadi.
Ada saran aki tetap pakai GS Calcium 55Ah ini atau ada rekomendasi aki lain?
Terima kasih
Amaron 65b24ls bole coba. Lebih murah daripada gs gold calcium biasanya. Tapi umur ya mirip”. Di crv turbo sy pas 2 tahun 6 bulan mati total haha.
oke om, emang sempat kepikiran Amaron, terima kasih atas sarannya
arfs wrote: Thu Oct 13, 2022 20:54
WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.37.07.jpeg
WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.36.50.jpeg
WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.36.34.jpeg
Hmm, rear right alignment result hasil Camber -3,04 derajat.
Racing sekali
Karena bawaan orok tidak bisa dirubah karena tidak ada setelan nya.
Kecuali kalau ganti rear suspension arm aftermarket.
Sabtu lalu alignment roda lagi di tempat yang sama dengan sebelumnya (Mentari Ban - Terusan Bandengan Utara)
setelah ganti empat ban baru dengan Giti Control P10 235/60/R18.
WhatsApp Image 2025-04-21 at 08.55.41.jpeg
Terlihat camber sumbu roda belakang kanan nya berkurang,
Dari sebelumnya -3,04 derajat jadi -2,46 derajat
Untuk camber sumbu roda belakang kiri masih sama di -1,5x derajat
Current odometer 51.[cencored] km - kaki-kaki masih full ori bawaan pabrik tidak ada yang diganti kecuali steering gear (rack) assy yang pernah claim warranty.
Sekian pengamatannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.