Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kayukayuthe5th wrote: Wed Mar 26, 2025 5:42
idemitsu IFG-3 not bad at all berarti hehe.
IFG-5 kaianya mantep juga
Tapi ati2 ya om, kadang fabriekan mobil gini suka minta spek "custom", kita kurang tahu juga si mazda ini apakah lebih mirip IFG 3 atau IFG 5 kalau yg API SP. Karena kalau oem mazda ini klaimnya API SN di botol walau aselinya mirip API SP.
sahabatq8 wrote: Wed Mar 26, 2025 5:15
Oli sebelumnya apa om? Pake ini juga kah? Kadang kalo oli sebelumnya api sp additive packagenya bisa sedikit ke dilute. Tapi biasanya gak banyak sih misalnya dari 1400ppm jadi 1250ppm calsium (karena masih ada sisa oli lama gak bisa 100% bersih)
Secara wear tapi cukup ok lah oli bawaan mazda ini per 1000km cuma 1ppm. Cuma dengan V100 yang ngedrop begitu kalo diterusin takutnya wear meningkat secara exponensial
Oli yg sama juga ini masih free service jd owe ikutin aja yg dikasihnya apa. Sejauh ini dah 3x ganti oli beres sih 0w20 ini.
Mantap, kalo udah ganti 3x brati bisa dipastikan ini 100% oli tersebut dan tesnya sangat representatif.
kayukayuthe5th wrote: Wed Mar 26, 2025 5:42
idemitsu IFG-3 not bad at all berarti hehe.
IFG-5 kaianya mantep juga
Tapi ati2 ya om, kadang fabriekan mobil gini suka minta spek "custom", kita kurang tahu juga si mazda ini apakah lebih mirip IFG 3 atau IFG 5 kalau yg API SP. Karena kalau oem mazda ini klaimnya API SN di botol walau aselinya mirip API SP.
iyes , cman kebiasaan sih ambil spek yang rendah kalo dikasi IFG-5 kaianya terlalu mevvah secara harga ritel aja 165k udahan wkwk. iya gak ada lagi OEM idemtisu semua API SP hoho even di IFG-3nya.
Misi om om, nubie mau tanya ada yg pernah pakai shell eco plus 5w30 untuk mobil xpander g ya? Nubie selama ini pakai itu menurut nubie baik baik aja sih tapi tiap blanja oli pasti dicibirin sama tokonya. Pernah coba rekomendasi toko pake shell hx 7 10w40 tapi tiap awal nyalain mobil malah kaya klep berisik sebentar abis itu ilang. Menurut logika nubie yaaa slama api service sama ya sah sah aja dipake. Pemakaian normal bahkan jarang ganti oli setiap 5rb km dan tiap ganti oli pasti ganti filter
Kangteknik wrote: Fri Mar 28, 2025 8:50
Misi om om, nubie mau tanya ada yg pernah pakai shell eco plus 5w30 untuk mobil xpander g ya? Nubie selama ini pakai itu menurut nubie baik baik aja sih tapi tiap blanja oli pasti dicibirin sama tokonya. Pernah coba rekomendasi toko pake shell hx 7 10w40 tapi tiap awal nyalain mobil malah kaya klep berisik sebentar abis itu ilang. Menurut logika nubie yaaa slama api service sama ya sah sah aja dipake. Pemakaian normal bahkan jarang ganti oli setiap 5rb km dan tiap ganti oli pasti ganti filter
5w30 atau 0w20 ok
Merk yg penting fresh, ori dan gak kadaluarsa.
Klo sering hi rpm, bs pakai 5w30
Klo sering dalkot dan jalan santai, cukup 0w20
10w40 kekentelan, butuh waktu bbrp menit untuk mengencer dan lancar ke celah klep mesin.
Demikian
Last edited by Suryaputra on Fri Mar 28, 2025 10:11, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ternyata PETRONAS syintium 3000e enak juga y.... Buat mudik ke krian tgl kemaren tgl 27. KM terakhir sdh di 277 ribu.
Sebelum mudik :
1. Tune up, service rem
2. Ganti oli mesin PETRONAS syintium 3000, yg 0w20
3. Ganti oli transmisi pakai sae 80 yg punya Daihatsu
4. Ganti filter ac - Sakura punya
5. Ganti filter udara - aegis
6. Busi acdelco
7. Coolant - Daihatsu baru 1 tahun /13500 km, paling lebaran tahun depan ganti
8. Kuras minyak rem
Kangteknik wrote: Fri Mar 28, 2025 8:50
Misi om om, nubie mau tanya ada yg pernah pakai shell eco plus 5w30 untuk mobil xpander g ya? Nubie selama ini pakai itu menurut nubie baik baik aja sih tapi tiap blanja oli pasti dicibirin sama tokonya. Pernah coba rekomendasi toko pake shell hx 7 10w40 tapi tiap awal nyalain mobil malah kaya klep berisik sebentar abis itu ilang. Menurut logika nubie yaaa slama api service sama ya sah sah aja dipake. Pemakaian normal bahkan jarang ganti oli setiap 5rb km dan tiap ganti oli pasti ganti filter
Tokonya nyinyir ga usah digubris, kalo perlu pindah toko oli lain yg gak nyinyiran/lambe emak2
Sekelas shop and drive saja saya beli oli promoan aspira 0w20 250rb/4L untuk crv 2000cc matik 16 tahun aja juga mereka kadang insist/menolak kok, dengan alasan macem2 dari mobil ketuaan lah, oli khusus buat lcgc lah, dan [cencored] lainnya serta argumen intelektualitas rendah khas anak SMK yg kebanyakan bolos dan tawuran
Padahal astraotoparts sama gridoto pernah bikin campaign advertorial pengujian oli aspira dicekokin ke skyactiv 3300cc turbo dan hasilnya fine2 aja,
Itu unit crv tua 2000cc matik jadul saya juga dicekoki oli murah2 gini dibejek di tol sampe 190 juga masi sanggup dan ga ada aneh2 lainnya, saya suruh ngecek dipstiknya sendiri juga nyaris ga ada penurunan
Setelah didebat spt ini baru deh itu mekanik2 SMK tawuran certified baru mau memasukan olinya ke unit crv tua saya
Sekalian saya suruh saja menyaksikan sendiri itu area kruk as, sampe top valve cover pada kering gak ada rembes sama sekali padahal sejak 2018 selalu pake oli 0w20
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 9:19
5w30 atau 0w20 ok
Merk yg penting fresh, ori dan gak kadaluarsa.
Klo sering hi rpm, bs pakai 5w30
Klo sering dalkot dan jalan santai, cukup 0w20
10w40 kekentelan, butuh waktu bbrp menit untuk mengencer dan lancar ke celah klep mesin.
Demikian
0w20 pernah pakai om tapi "felling" Nubie ngga dapet jadi was was sendiri dan kaya di "budakin" Sama mobil soalnya tiap mau pake mobil pasti cek dipstik. 10w40 pakai karena kena kena omongan toko langganan alasanya mobil udh diatas 5 tahun klo pake encer nanti malah kena ring seher bla bla bla. Logika nubie blg kayaknya ngga gitu deh konsepnya tapi nubie ikutin soalnya udah kenal sama ngkoh yg punya toko. Iya betul 10w40 lebih kentel jadinya lebih butuh waktu untuk naik ke mesin, fuel avg jg lebih boros, sebelumnya pp bekasi bandung bisa 16-17km perliter sejak pake 10w40 pasti 15an
ariswp wrote: Fri Mar 28, 2025 10:11
Tokonya nyinyir ga usah digubris, kalo perlu pindah toko oli lain yg gak nyinyiran/lambe emak2
Sekelas shop and drive saja saya beli oli promoan aspira 0w20 250rb/4L untuk crv 2000cc matik 16 tahun aja juga mereka kadang insist/menolak kok, dengan alasan macem2 dari mobil ketuaan lah, oli khusus buat lcgc lah, dan [cencored] lainnya serta argumen intelektualitas rendah khas anak SMK yg kebanyakan bolos dan tawuran
Padahal astraotoparts sama gridoto pernah bikin campaign advertorial pengujian oli aspira dicekokin ke skyactiv 3300cc turbo dan hasilnya fine2 aja,
Itu unit crv tua 2000cc matik jadul saya juga dicekoki oli murah2 gini dibejek di tol sampe 190 juga masi sanggup dan ga ada aneh2 lainnya, saya suruh ngecek dipstiknya sendiri juga nyaris ga ada penurunan
Setelah didebat spt ini baru deh itu mekanik2 SMK tawuran certified baru mau memasukan olinya ke unit crv tua saya
Sekalian saya suruh saja menyaksikan sendiri itu area kruk as, sampe top valve cover pada kering gak ada rembes sama sekali padahal sejak 2018 selalu pake oli 0w20
Awal2 blg beli shell eco 10w30 masih senyum, pas blg filter oli xpander langsung pada bengong+nyinyir mobil mahal pake oli lcgc. Lah nubie mah bodo amat soalnya setau nubie yg penting api service terupdate. Toh mobil juga jarang banget jalan dan ngga ugal2an, nubie bawa mobil paling 16 avg 12-14 dah cukup ogah aneh2 udh punya buntut soalnya
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 9:43
Ternyata PETRONAS syintium 3000e enak juga y.... Buat mudik ke krian tgl kemaren tgl 27. KM terakhir sdh di 277 ribu.
Sebelum mudik :
1. Tune up, service rem
2. Ganti oli mesin PETRONAS syintium 3000, yg 0w20
3. Ganti oli transmisi pakai sae 80 yg punya Daihatsu
4. Ganti filter ac - Sakura punya
5. Ganti filter udara - aegis
6. Busi acdelco
7. Coolant - Daihatsu baru 1 tahun /13500 km, paling lebaran tahun depan ganti
8. Kuras minyak rem
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 9:43
Ternyata PETRONAS syintium 3000e enak juga y.... Buat mudik ke krian tgl kemaren tgl 27. KM terakhir sdh di 277 ribu.
Sebelum mudik :
1. Tune up, service rem
2. Ganti oli mesin PETRONAS syintium 3000, yg 0w20
3. Ganti oli transmisi pakai sae 80 yg punya Daihatsu
4. Ganti filter ac - Sakura punya
5. Ganti filter udara - aegis
6. Busi acdelco
7. Coolant - Daihatsu baru 1 tahun /13500 km, paling lebaran tahun depan ganti
8. Kuras minyak rem
knapa ga pake denso bawaan aj mbah
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 9:19
5w30 atau 0w20 ok
Merk yg penting fresh, ori dan gak kadaluarsa.
Klo sering hi rpm, bs pakai 5w30
Klo sering dalkot dan jalan santai, cukup 0w20
10w40 kekentelan, butuh waktu bbrp menit untuk mengencer dan lancar ke celah klep mesin.
Demikian
0w20 pernah pakai om tapi "felling" Nubie ngga dapet jadi was was sendiri dan kaya di "budakin" Sama mobil soalnya tiap mau pake mobil pasti cek dipstik. 10w40 pakai karena kena kena omongan toko langganan alasanya mobil udh diatas 5 tahun klo pake encer nanti malah kena ring seher bla bla bla. Logika nubie blg kayaknya ngga gitu deh konsepnya tapi nubie ikutin soalnya udah kenal sama ngkoh yg punya toko. Iya betul 10w40 lebih kentel jadinya lebih butuh waktu untuk naik ke mesin, fuel avg jg lebih boros, sebelumnya pp bekasi bandung bisa 16-17km perliter sejak pake 10w40 pasti 15an
ariswp wrote: Fri Mar 28, 2025 10:11
Tokonya nyinyir ga usah digubris, kalo perlu pindah toko oli lain yg gak nyinyiran/lambe emak2
Sekelas shop and drive saja saya beli oli promoan aspira 0w20 250rb/4L untuk crv 2000cc matik 16 tahun aja juga mereka kadang insist/menolak kok, dengan alasan macem2 dari mobil ketuaan lah, oli khusus buat lcgc lah, dan [cencored] lainnya serta argumen intelektualitas rendah khas anak SMK yg kebanyakan bolos dan tawuran
Padahal astraotoparts sama gridoto pernah bikin campaign advertorial pengujian oli aspira dicekokin ke skyactiv 3300cc turbo dan hasilnya fine2 aja,
Itu unit crv tua 2000cc matik jadul saya juga dicekoki oli murah2 gini dibejek di tol sampe 190 juga masi sanggup dan ga ada aneh2 lainnya, saya suruh ngecek dipstiknya sendiri juga nyaris ga ada penurunan
Setelah didebat spt ini baru deh itu mekanik2 SMK tawuran certified baru mau memasukan olinya ke unit crv tua saya
Sekalian saya suruh saja menyaksikan sendiri itu area kruk as, sampe top valve cover pada kering gak ada rembes sama sekali padahal sejak 2018 selalu pake oli 0w20
Awal2 blg beli shell eco 10w30 masih senyum, pas blg filter oli xpander langsung pada bengong+nyinyir mobil mahal pake oli lcgc. Lah nubie mah bodo amat soalnya setau nubie yg penting api service terupdate. Toh mobil juga jarang banget jalan dan ngga ugal2an, nubie bawa mobil paling 16 avg 12-14 dah cukup ogah aneh2 udh punya buntut soalnya
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 13:39
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
TMO 5w30 mayan jg dong ya berati?
Sy uda 2x puteran nih ganti di 10rb km, cm turun dikit dr titik batas atas
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 13:39
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
TMO 5w30 mayan jg dong ya berati?
Sy uda 2x puteran nih ganti di 10rb km, cm turun dikit dr titik batas atas
Tmo 5w30
Klo by pertamina
Itu kayanya gold punya yaa
Bagus itu.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 9:43
Ternyata PETRONAS syintium 3000e enak juga y.... Buat mudik ke krian tgl kemaren tgl 27. KM terakhir sdh di 277 ribu.
Sebelum mudik :
1. Tune up, service rem
2. Ganti oli mesin PETRONAS syintium 3000, yg 0w20
3. Ganti oli transmisi pakai sae 80 yg punya Daihatsu
4. Ganti filter ac - Sakura punya
5. Ganti filter udara - aegis
6. Busi acdelco
7. Coolant - Daihatsu baru 1 tahun /13500 km, paling lebaran tahun depan ganti
8. Kuras minyak rem
knapa ga pake denso bawaan aj mbah
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 11:59
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
Sorry oot dr judul threadnya, tp tergelitik pgn komen ya om.
Busi ac delco di box-nya made in mana kah? Setahu saya sejak 2015 (atau bahkan sebelum), busi ini dah made in china. Somehow ya gitu deh kualiteit-nya. Ane pake busi eropa timur 2x (ampe suka di-isengin sama salah satu member di mari karena ga kapok), juga pengalamannya kurang ok ya. 1x udah brebet di 25k, 1x lg malah keramiknya bisa muter.
Busi bener kata orang2 d atas, kalau ga ya ngk, ya denso. Bosch pun mixed bag.
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 11:59
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
Sorry oot dr judul threadnya, tp tergelitik pgn komen ya om.
Busi ac delco di box-nya made in mana kah? Setahu saya sejak 2015 (atau bahkan sebelum), busi ini dah made in china. Somehow ya gitu deh kualiteit-nya. Ane pake busi eropa timur 2x (ampe suka di-isengin sama salah satu member di mari karena ga kapok), juga pengalamannya kurang ok ya. 1x udah brebet di 25k, 1x lg malah keramiknya bisa muter.
Busi bener kata orang2 d atas, kalau ga ya ngk, ya denso. Bosch pun mixed bag.
iyes tapi denso udah gada om yang baru. skrg udah dilebur ama NGK jadi Nittera hoho
brisk yah mayan2 sih kalo susah mentok nemu alt denso ato ngk
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 13:39
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
TMO 5w30 mayan jg dong ya berati?
Sy uda 2x puteran nih ganti di 10rb km, cm turun dikit dr titik batas atas
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 13:39
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
TMO 5w30 mayan jg dong ya berati?
Sy uda 2x puteran nih ganti di 10rb km, cm turun dikit dr titik batas atas
TMO green 5w30 ga ok . mirip2 ecogreen
Ya sesuai kebutuhan
Green = siksa diri
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Fri Mar 28, 2025 13:39
5w30 jg klo kelas bengkel resmi spt Honda blue
(Made by Shell)...
Itu di atas 5rb km udh mulai nguap, keliatan dr level dipstick oli.
Tergantung kualitas oli yg dipakai jg sih.
0w20 yg bagus jg banyak.
Tergantung budget aja.
TMO 5w30 mayan jg dong ya berati?
Sy uda 2x puteran nih ganti di 10rb km, cm turun dikit dr titik batas atas
TMO green 5w30 ga ok . mirip2 ecogreen
Kl komposisi oli nya setelah dipake entah jg om, blm pernah test lab, tp komentar soal penguapannya aja sih
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 11:59
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
Sorry oot dr judul threadnya, tp tergelitik pgn komen ya om.
Busi ac delco di box-nya made in mana kah? Setahu saya sejak 2015 (atau bahkan sebelum), busi ini dah made in china. Somehow ya gitu deh kualiteit-nya. Ane pake busi eropa timur 2x (ampe suka di-isengin sama salah satu member di mari karena ga kapok), juga pengalamannya kurang ok ya. 1x udah brebet di 25k, 1x lg malah keramiknya bisa muter.
Busi bener kata orang2 d atas, kalau ga ya ngk, ya denso. Bosch pun mixed bag.
iyes tapi denso udah gada om yang baru. skrg udah dilebur ama NGK jadi Nittera hoho
brisk yah mayan2 sih kalo susah mentok nemu alt denso ato ngk
doko86 wrote: Fri Mar 28, 2025 11:59
Lg iseng aja mbah, coba busi iridium ac delco.... ternyata di gerobak ane enakan busi denso standart.
Sorry oot dr judul threadnya, tp tergelitik pgn komen ya om.
Busi ac delco di box-nya made in mana kah? Setahu saya sejak 2015 (atau bahkan sebelum), busi ini dah made in china. Somehow ya gitu deh kualiteit-nya. Ane pake busi eropa timur 2x (ampe suka di-isengin sama salah satu member di mari karena ga kapok), juga pengalamannya kurang ok ya. 1x udah brebet di 25k, 1x lg malah keramiknya bisa muter.
Busi bener kata orang2 d atas, kalau ga ya ngk, ya denso. Bosch pun mixed bag.
iyes tapi denso udah gada om yang baru. skrg udah dilebur ama NGK jadi Nittera hoho
brisk yah mayan2 sih kalo susah mentok nemu alt denso ato ngk
Sorry oot dr judul threadnya, tp tergelitik pgn komen ya om.
Busi ac delco di box-nya made in mana kah? Setahu saya sejak 2015 (atau bahkan sebelum), busi ini dah made in china. Somehow ya gitu deh kualiteit-nya. Ane pake busi eropa timur 2x (ampe suka di-isengin sama salah satu member di mari karena ga kapok), juga pengalamannya kurang ok ya. 1x udah brebet di 25k, 1x lg malah keramiknya bisa muter.
Busi bener kata orang2 d atas, kalau ga ya ngk, ya denso. Bosch pun mixed bag.
iyes tapi denso udah gada om yang baru. skrg udah dilebur ama NGK jadi Nittera hoho
brisk yah mayan2 sih kalo susah mentok nemu alt denso ato ngk
kayukayuthe5th wrote: Sat Mar 29, 2025 5:15
iyes tapi denso udah gada om yang baru. skrg udah dilebur ama NGK jadi Nittera hoho
brisk yah mayan2 sih kalo susah mentok nemu alt denso ato ngk
yg jd nittera kayanya ngk deh, walaupun di busi nya tetep di tulis ngk
IMG_20250329_201227~2.jpg
Beli akhir tahun lalu sih masih NGK. Dulu ada tulisan Niterra Co. Ltd. atau tidak ya?
IMG_20250329_201742.jpg
Kalau busi copper nickel standar yang buatan Indonesia, saya beli 1 box sih masih belum ada tulisan Niterra.
Per 2023, perusahaan NGK berganti nama menjadi Niterra. Tapi untuk produk Busi tetap jualan dengan brand NGK
^nah ini sorry tadi gak tau kenapa telko BUMN pada mati semua.
per2023 NGK beli semua combustion engine parts dari denso , gabung jadi jadi Nittera yes brand tetep NGK https://www.autoindustriya.com/auto-ind ... nsfer.html
kalo dibawah itu tentu ada lah yang masih pake denso. cman kedepan semua spark plug bakal dari NGK semua khususnya jepun.