Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bangrep wrote: Mon Mar 17, 2025 8:06
Sore om nubie ijin gabung, berhubung mobil keluarga bareng yaitu xpander 2019 udh dialihkan ke ane dari abang ane, mohon info sebelumnya doi ngisi pake shell hx7 yg 5w-30 tp pas ane baca2 rekomendasi oli xpander itu 0w-20 better dilanjutin ke 5w-30 atau diganti ke 0w-20 sama rekomendasi oli yg cocok dan enak pemakaian cuma weekend aja nih.
Thanks suhu
5w30 direkomen kok di manual book
Tp jd rada boros rpm gampang naik
Waktu itu pertama x ganti dr ow20 mitsu ke shell 5w
Biasa eco drive di tol kerasa bedanya
Lebih ngisi tarikan memang
Kalo mobil nya diesel, sekali coba oli A5/B5 atau C2 pasti nagih...mesin jadi enteng biasanya, malas balik ke oli yg sekedar API CK atau Acea A3/b4. Apa lagi pake oli buntut 40...berattttt.
Cuman, kalo mobil dieselnya suka bawa barang berat/pendakian/off-road berat mending yg kental2.
alim ulama wrote: Fri Mar 14, 2025 7:51
Mobil 1 Triple Action 0W-20 API SP.jpg
buat mesin 2AZ-FE umur 13 tahun odo 123 rb dari PFG 0W-20 yg rencana OCI per 6 bulan (5.000-6.000 km), mumpung THR udah cair & lagi ada disc (normalnya 200-225 rb per lt kalo cek toko pak edi) cukup worth it utk beli 4 liter atau tetep PFG aja ya?
(lagi drop confidence sama brand akhlak, padahal baru mau jangka panjang pake PFG krn on budget cepekceng per liter, jangan2 dibokisin isinya Techno doang )
secara level kualitas, Mobil 1 type ini bejaban sama Amsoil OE kah?
Sikat aja Om, oli bagus
Mobil 1 mah udah puluhan tahun, blending di spore jg gak asal2an, saya pake itu di ANR saya enak koq.
dari butt dyno di jagorawi berasa lebih enteng dikit buat akselerasi 80-100 (meski emang sekalian carbon clean semprot TB & bersihin ruang bakar via lubang busi juga)
jadi ada pekerjaan laen yg mungkin bikin ngaruh
ini buat 2AZ-FE remaja 13 tahun aman ya long drain 1 tahun / 10 rb km?
rugi juga sih ya beli mahal2 cuman pake 6 bulan..
ini mau beli lagi yg harga segitu, stock abis di toped. ada yg murah tapi terlalu murah, masa cuman 140 rb
alim ulama wrote: Fri Mar 14, 2025 7:51
Mobil 1 Triple Action 0W-20 API SP.jpg
buat mesin 2AZ-FE umur 13 tahun odo 123 rb dari PFG 0W-20 yg rencana OCI per 6 bulan (5.000-6.000 km), mumpung THR udah cair & lagi ada disc (normalnya 200-225 rb per lt kalo cek toko pak edi) cukup worth it utk beli 4 liter atau tetep PFG aja ya?
(lagi drop confidence sama brand akhlak, padahal baru mau jangka panjang pake PFG krn on budget cepekceng per liter, jangan2 dibokisin isinya Techno doang )
secara level kualitas, Mobil 1 type ini bejaban sama Amsoil OE kah?
Sikat aja Om, oli bagus
Mobil 1 mah udah puluhan tahun, blending di spore jg gak asal2an, saya pake itu di ANR saya enak koq.
dari butt dyno di jagorawi berasa lebih enteng dikit buat akselerasi 80-100 (meski emang sekalian carbon clean semprot TB & bersihin ruang bakar via lubang busi juga)
jadi ada pekerjaan laen yg mungkin bikin ngaruh
ini buat 2AZ-FE remaja 13 tahun aman ya long drain 1 tahun / 10 rb km?
rugi juga sih ya beli mahal2 cuman pake 6 bulan..
ini mau beli lagi yg harga segitu, stock abis di toped. ada yg murah tapi terlalu murah, masa cuman 140 rb
Max setahun dengan jarak tempuh 10rb km mah bisa banget Om.
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
ganti om, wajib. Kertas ganti oli bisa cuma akal2an pedagang penjual. Ngeri
sahabatq8 wrote: Wed Mar 19, 2025 9:38
Saya breakdown speknya nih om
A5/B5 = high saps , low hths , 5w30
C2= low saps, low hths , 5w30/0w30
C3= low saps, high hths , 5w30
In general, best practicenya Low saps bisa dipake di mesin high saps gpp (mungkin tbn lebih cepet ngedrop aja tapi kalo pake pertamax 10rb km gitu aman sih)
Kalo sebaliknya not recommended karena abu yang dihasilkan dari pembakaran oli high saps lebih kotor dari oli low saps.
Kalo oli high hths bisa dipake di mesin yang minta oli low hths karena proteksinya high temperature high shearnya lebih bagus. Sebaliknya not recommended dan bisa mengakibatkan keausan prematur.
Jadi kalo mobil minta c2/c3 artinya dia minta low saps dan pake either C3 (fuel efficiency, low hths) atau C3 (high hths). Kalo kita kasih A5/B5 ya sebenernya not recommended.
Om, untuk heavy duty diesel oil spek ACEA E-x, yg mana yg paling mendekati ACEA C3 (hi HTHS low SAPS)?
sahabatq8 wrote: Wed Mar 19, 2025 9:38
Saya breakdown speknya nih om
A5/B5 = high saps , low hths , 5w30
C2= low saps, low hths , 5w30/0w30
C3= low saps, high hths , 5w30
In general, best practicenya Low saps bisa dipake di mesin high saps gpp (mungkin tbn lebih cepet ngedrop aja tapi kalo pake pertamax 10rb km gitu aman sih)
Kalo sebaliknya not recommended karena abu yang dihasilkan dari pembakaran oli high saps lebih kotor dari oli low saps.
Kalo oli high hths bisa dipake di mesin yang minta oli low hths karena proteksinya high temperature high shearnya lebih bagus. Sebaliknya not recommended dan bisa mengakibatkan keausan prematur.
Jadi kalo mobil minta c2/c3 artinya dia minta low saps dan pake either C3 (fuel efficiency, low hths) atau C3 (high hths). Kalo kita kasih A5/B5 ya sebenernya not recommended.
Om, untuk heavy duty diesel oil spek ACEA E-x, yg mana yg paling mendekati ACEA C3 (hi HTHS low SAPS)?
Pake ACEA E9 /E11 om.
Bedanya E11 itu lebih baru dan mengantikan E9
Kalo pengalaman ane kalo oli seperti Q8 FT 8900 5w30 (E11) itu untuk interval panjang (12rb misalnya) dengan biosolar feelnya lebih konsisten daripada C3 seperti Q8 Special RN 5w30. Kalo baru sih entengan C3. TBNnya lebih tinggi dari C3
sahabatq8 wrote: Thu Mar 20, 2025 22:46
Btw tokped lagi bakar duit promo gila gilaan, boleh tuh yang nyari oli (ato barang apapun)
Ga ngeshare kode promo gitu om dari Q8?
Kalo dari Tokped kita sih bisa lihat sendiri
Blum ada nih om hehehe. Tapi kalo mau nyari Q8 murah pake promo tokped di Panda Auto lagi murah bgt tuh kemaren ada yang disc sampe 23% (kyknya harus tokped platinum tapi)
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
itu gantungan oli gak ada stempel bengkelnya ? agak meragukan
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
kalo mobil 2nd,3rd,4th (intinya bukan new/1st hands) semua cairan ganti om; oli mesin, trans, oli compressor AC, power steering;gardan &transfer (kalo ada, kaianya jarang sih), coolant, minyak rem
yaris 2013 masih ok kaianya dipakein 0w20 (lebih enak tarikan ma irit dikit), kalo ragu kasih 5w30 ok juga
sahabatq8 wrote: Wed Mar 19, 2025 9:38
Saya breakdown speknya nih om
A5/B5 = high saps , low hths , 5w30
C2= low saps, low hths , 5w30/0w30
C3= low saps, high hths , 5w30
In general, best practicenya Low saps bisa dipake di mesin high saps gpp (mungkin tbn lebih cepet ngedrop aja tapi kalo pake pertamax 10rb km gitu aman sih)
Kalo sebaliknya not recommended karena abu yang dihasilkan dari pembakaran oli high saps lebih kotor dari oli low saps.
Kalo oli high hths bisa dipake di mesin yang minta oli low hths karena proteksinya high temperature high shearnya lebih bagus. Sebaliknya not recommended dan bisa mengakibatkan keausan prematur.
Jadi kalo mobil minta c2/c3 artinya dia minta low saps dan pake either C3 (fuel efficiency, low hths) atau C3 (high hths). Kalo kita kasih A5/B5 ya sebenernya not recommended.
Om, untuk heavy duty diesel oil spek ACEA E-x, yg mana yg paling mendekati ACEA C3 (hi HTHS low SAPS)?
Pake ACEA E9 /E11 om.
Bedanya E11 itu lebih baru dan mengantikan E9
Kalo pengalaman ane kalo oli seperti Q8 FT 8900 5w30 (E11) itu untuk interval panjang (12rb misalnya) dengan biosolar feelnya lebih konsisten daripada C3 seperti Q8 Special RN 5w30. Kalo baru sih entengan C3. TBNnya lebih tinggi dari C3
Acea E9/11 ini bisa digunakan di mesin bensin gak ya om?
Misal FT 8900 5w30 gitu aman gak ya dicekokin di 1TR dual vvti yg sehari hari diminumin pertalite
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
feri307 wrote: Fri Mar 21, 2025 2:42
Om, untuk heavy duty diesel oil spek ACEA E-x, yg mana yg paling mendekati ACEA C3 (hi HTHS low SAPS)?
Pake ACEA E9 /E11 om.
Bedanya E11 itu lebih baru dan mengantikan E9
Kalo pengalaman ane kalo oli seperti Q8 FT 8900 5w30 (E11) itu untuk interval panjang (12rb misalnya) dengan biosolar feelnya lebih konsisten daripada C3 seperti Q8 Special RN 5w30. Kalo baru sih entengan C3. TBNnya lebih tinggi dari C3
Acea E9/11 ini bisa digunakan di mesin bensin gak ya om?
Misal FT 8900 5w30 gitu aman gak ya dicekokin di 1TR dual vvti yg sehari hari diminumin pertalite
Boleh dicoba. Kalo FT 8900 5w30 sih dia ada API Bensinnya (Lumayan SN) jadi pasti aman. Belom pernah tes lab sih kalo di mesin bensin performanya gimana.
Pertanyaan untuk sahabat q8. Excel 5w40 apakah sudah tidak bisa untuk jaso ma2? 6 bulan yg lalu saya beli masih ada sertifikasi untuk jaso ma2. Ini barusan saya beli kok hilang.
Mz175 wrote: Sat Mar 22, 2025 4:14
Pertanyaan untuk sahabat q8. Excel 5w40 apakah sudah tidak bisa untuk jaso ma2? 6 bulan yg lalu saya beli masih ada sertifikasi untuk jaso ma2. Ini barusan saya beli kok hilang.
Iya sejak di update ke acea a3/b4 2021 (baru di update tahun lalu akhir) sudah gak ada jaso ma2nya.
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
kalo mobil 2nd,3rd,4th (intinya bukan new/1st hands) semua cairan ganti om; oli mesin, trans, oli compressor AC, power steering;gardan &transfer (kalo ada, kaianya jarang sih), coolant, minyak rem
yaris 2013 masih ok kaianya dipakein 0w20 (lebih enak tarikan ma irit dikit), kalo ragu kasih 5w30 ok juga
Biasa pada bawa ke bengkel apa ya selain bengkel resmi. Soalnya nanya toda mrk gka bs kuras radiator mobil diatas 10thn. Cuman bs ganti oli.
bengkel apa ya sekitar bsd tangsel yg bs kerjain semua one stop. Kl ke auto2000 aga pesimis sama harga nya hahahaha
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
itu gantungan oli gak ada stempel bengkelnya ? agak meragukan
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
ganti om, wajib. Kertas ganti oli bisa cuma akal2an pedagang penjual. Ngeri
mobilkutu wrote: Sat Mar 22, 2025 13:46
Biasa pada bawa ke bengkel apa ya selain bengkel resmi. Soalnya nanya toda mrk gka bs kuras radiator mobil diatas 10thn. Cuman bs ganti oli.
bengkel apa ya sekitar bsd tangsel yg bs kerjain semua one stop. Kl ke auto2000 aga pesimis sama harga nya hahahaha
Siap om trims.
coba hubungi mbah 'marmut'
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
kalo mobil 2nd,3rd,4th (intinya bukan new/1st hands) semua cairan ganti om; oli mesin, trans, oli compressor AC, power steering;gardan &transfer (kalo ada, kaianya jarang sih), coolant, minyak rem
yaris 2013 masih ok kaianya dipakein 0w20 (lebih enak tarikan ma irit dikit), kalo ragu kasih 5w30 ok juga
Biasa pada bawa ke bengkel apa ya selain bengkel resmi. Soalnya nanya toda mrk gka bs kuras radiator mobil diatas 10thn. Cuman bs ganti oli.
bengkel apa ya sekitar bsd tangsel yg bs kerjain semua one stop. Kl ke auto2000 aga pesimis sama harga nya hahahaha
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
itu gantungan oli gak ada stempel bengkelnya ? agak meragukan
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
ganti om, wajib. Kertas ganti oli bisa cuma akal2an pedagang penjual. Ngeri
Siap om trims.
Cakra motor 11 bisa tpi harus beli oli nya disono sih, btw kuras tu maksudnya buang-refill-panasin-buang-refill lg aja kan ?
Jgn mau ditawarin flushing yg pake alat, yg ada malah amit amit mampet trus bermasalah karena tekanan tinggi pas flushing
mobilkutu wrote: Sat Mar 22, 2025 13:46
Biasa pada bawa ke bengkel apa ya selain bengkel resmi. Soalnya nanya toda mrk gka bs kuras radiator mobil diatas 10thn. Cuman bs ganti oli.
bengkel apa ya sekitar bsd tangsel yg bs kerjain semua one stop. Kl ke auto2000 aga pesimis sama harga nya hahahaha
Siap om trims.
coba hubungi mbah 'marmut'
Bisa juga coba ke bengkel spbu shell, mereka melayani kuras air radiator jg
mobilkutu wrote: Thu Mar 20, 2025 12:09
Malam om2 sm
Krn baru ngangkat yaris 2013
Di stir nya tergantung kertas shell tsb. Tertulis bulan lalu ganti oli nya. Hx6 yg kekentelan 10w40. (Btw kertas shell gitu cuman ada di shell atau bisa saja kw oli nya?
Bagusan diganti aja atau gmn ya? Kalo ganti oli bagusan 5w30 atau bisa 0w20?
Kalo oli matic nya harus kah di ganti sekalian?
Rencana ke shop & drive untk ganti oli mesin dan oli transmisi
Ganti semua cairan aja om. Biar enak pakenya. Biar ga ada yg ke-skip jg.