Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Rahidod wrote: Sat Mar 15, 2025 13:12
Salam sehat untuk semua
Apakah ada yg pernah menggunakan additive utk olie? Mau kasih additive merk mo*y tapi masih ragu. Katanya bisa bikin mesin lebih halus dan lbh bersih.
Barangkali ada om-om disini yang pernah pake, mohon ijin minta share pengalamannya.
Maturnuwun sanget
Mobil sebenernya gak perlu pake additive oli, yang perlu additive bbm. Kalo mobilnya mercy tinggal pake aja oli approval mercy dan kuncinya biar bersih di sesuaikan interval pengantiannya (kalo mercy biasanya per 8000km 229.5/51/52) , pasti kinclong kok.
Terimakasih atas respon2nya.
Jadi ceritanya saya meminang w212 baru sekitar sebulan. Nah saya ga tahu record dari pemilik lama menggunakan oli apa dan apakah dia disiplin mematuhi jarak penggantian oli. Maka mau saya flush dulu, setelah itu saya gunakan oli approval mercy dan mengikuti ketentuan jarak km penggantian oli.
Begitu om
Rahidod wrote: Sat Mar 15, 2025 13:12
Salam sehat untuk semua
Apakah ada yg pernah menggunakan additive utk olie? Mau kasih additive merk mo*y tapi masih ragu. Katanya bisa bikin mesin lebih halus dan lbh bersih.
Barangkali ada om-om disini yang pernah pake, mohon ijin minta share pengalamannya.
Maturnuwun sanget
Mobil sebenernya gak perlu pake additive oli, yang perlu additive bbm. Kalo mobilnya mercy tinggal pake aja oli approval mercy dan kuncinya biar bersih di sesuaikan interval pengantiannya (kalo mercy biasanya per 8000km 229.5/51/52) , pasti kinclong kok.
Terimakasih atas respon2nya.
Jadi ceritanya saya meminang w212 baru sekitar sebulan. Nah saya ga tahu record dari pemilik lama menggunakan oli apa dan apakah dia disiplin mematuhi jarak penggantian oli. Maka mau saya flush dulu, setelah itu saya gunakan oli approval mercy dan mengikuti ketentuan jarak km penggantian oli.
Begitu om
Kalo gitu buat bersihΒ², intervalnya di perpendek aja 6000km gitu. Pake oli 229.5. jangan lupa ganti filter jg
Kalo ngambil mobil second bagusnya emang diganti semua sih oli mesin, transmisi , gardan, minyak rem, coolant
Rahidod wrote: Sun Mar 16, 2025 5:17
Terimakasih atas respon2nya.
Jadi ceritanya saya meminang w212 baru sekitar sebulan. Nah saya ga tahu record dari pemilik lama menggunakan oli apa dan apakah dia disiplin mematuhi jarak penggantian oli. Maka mau saya flush dulu, setelah itu saya gunakan oli approval mercy dan mengikuti ketentuan jarak km penggantian oli.
Begitu om
kalau ngga tau record2nya diganti aja semua cairan, better safe than sorry. ga usah aditif2 atau flush2, ganti aja. tanya aja sm owner sblomnya, biasa service dimana. di bengkel spesialis gitu biasanya ada koq record2nya. terakhir saya mau ganti oli transmisi sm gardan si bengkel lgs bilang, pak ini baru diganti tahun lalu, belum perlu diganti. Gantinya per 50rb atua 5 tahun aja ktnya....
kemarin pas sy ambil yg ga ada record ganti itu coolant dan minyak rem, itu yg sy kuras coolant dan minyak rem.
tesna wrote: Wed Feb 12, 2025 7:07
klo warning itu muncul mungkin emang kurang sedikit? udah dicoba ditambahin? btw coolantnya harus mb spec ya. klo dalam 3-4 tahun blom pernah kuras coolant ya baiknya di kuras aja.
klo di tambahin ga muncul itu warning lagi ya berarti emang kurang, kemungkinan ada leak somewhere.. harus dicari. radiator jg kl blom pernah ganti baiknya diganti aja, itu coolant sm atf klo sealnya fail bisa nyampur..... namanya mobil udah rada sepuh... radiator ga mahal 2.5 jtan tp klo sampe fail sealnya transmisi bisa bubar....
sy jg siap2 mau ganti radiator, waterpump, seal oil cooler, sm tabung reservoir.. sekalian barengin deh sm jadwal ganti oli in a few months...
kmrn udah solved, ternyata washer fluid hampir abis, skrg udah di top up aman. entah gimanajadi nyambung ke coolant . kalo kata bengkel langganan, sensor coolant sama washer fluid berhubungan. kmrn ke bengkel sekalian gw ganti link stabiliser yg mulai berisik merk lemforder 750k + pasang 100k.
kalau ngga tau record2nya diganti aja semua cairan, better safe than sorry. ga usah aditif2 atau flush2, ganti aja. tanya aja sm owner sblomnya, biasa service dimana. di bengkel spesialis gitu biasanya ada koq record2nya. terakhir saya mau ganti oli transmisi sm gardan si bengkel lgs bilang, pak ini baru diganti tahun lalu, belum perlu diganti. Gantinya per 50rb atua 5 tahun aja ktnya....
kemarin pas sy ambil yg ga ada record ganti itu coolant dan minyak rem, itu yg sy kuras coolant dan minyak rem.
Ok....siap berangkat mau ganti2 oli mesin, transmisi, coolant dll.
Mohon selalu bimbingan buat nubie
kalau ngga tau record2nya diganti aja semua cairan, better safe than sorry. ga usah aditif2 atau flush2, ganti aja. tanya aja sm owner sblomnya, biasa service dimana. di bengkel spesialis gitu biasanya ada koq record2nya. terakhir saya mau ganti oli transmisi sm gardan si bengkel lgs bilang, pak ini baru diganti tahun lalu, belum perlu diganti. Gantinya per 50rb atua 5 tahun aja ktnya....
kemarin pas sy ambil yg ga ada record ganti itu coolant dan minyak rem, itu yg sy kuras coolant dan minyak rem.
Ok....siap berangkat mau ganti2 oli mesin, transmisi, coolant dll.
Mohon selalu bimbingan buat nubie
kl beli mbl second apapun mereknya lgs ganti semua fluid dan filter deh.
ini saya baru ambil mbl eropa second, dibilang baru ganti oli dgn tag bengkel ganti oli
ternyata, oli sudah super dekil dan kurang pula.
jd jgn percaya dan lebih baik ganti sendiri biar tau record nya.
kalau ngga tau record2nya diganti aja semua cairan, better safe than sorry. ga usah aditif2 atau flush2, ganti aja. tanya aja sm owner sblomnya, biasa service dimana. di bengkel spesialis gitu biasanya ada koq record2nya. terakhir saya mau ganti oli transmisi sm gardan si bengkel lgs bilang, pak ini baru diganti tahun lalu, belum perlu diganti. Gantinya per 50rb atua 5 tahun aja ktnya....
kemarin pas sy ambil yg ga ada record ganti itu coolant dan minyak rem, itu yg sy kuras coolant dan minyak rem.
Ok....siap berangkat mau ganti2 oli mesin, transmisi, coolant dll.
Mohon selalu bimbingan buat nubie
kl beli mbl second apapun mereknya lgs ganti semua fluid dan filter deh.
ini saya baru ambil mbl eropa second, dibilang baru ganti oli dgn tag bengkel ganti oli
ternyata, oli sudah super dekil dan kurang pula.
jd jgn percaya dan lebih baik ganti sendiri biar tau record nya.
Pagi para suhu, izin nimbrung di treat yang udah rame membahas perihal W212, kebetulan baru sebulan ini angkut W212 E250 facelift. Beberapa minggu terakhir saat dijalan ada indikator "tire press. Monitor inoperative". Kemaren sempat cek di bengkel dan di scan ternyata ada 1 sensor TPMS mati dan biaya part + jasa untuk ganti sensor ini mencapai 2,2 juta. Melihat estimasi biaya yang dikeluarkan hanya untuk sebuah sensor, rasanya kok mahal banget dan gak sebanding yaa
Yang ingin saya tanyakan, apakah sensor TPMS di mercy ini bisa dinonaktifkan permanen ? Karena kalau ganti 4 ban artinya bisa sampai 8 juta lebihh, toh ini hanya semacam sensor yang sebetulnya "nice to have" kalau dari experience saya pakai mobil jepang2an hehehe
Atau adakah alternatif lain yang lebih nyaman di kantong para suhu ? Btw lokasi saya di tambun,bekasi.
Terimakasih banyak sebelumnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kmulyana wrote: Sat Apr 19, 2025 1:56
Pagi para suhu, izin nimbrung di treat yang udah rame membahas perihal W212, kebetulan baru sebulan ini angkut W212 E250 facelift. Beberapa minggu terakhir saat dijalan ada indikator "tire press. Monitor inoperative". Kemaren sempat cek di bengkel dan di scan ternyata ada 1 sensor TPMS mati dan biaya part + jasa untuk ganti sensor ini mencapai 2,2 juta. Melihat estimasi biaya yang dikeluarkan hanya untuk sebuah sensor, rasanya kok mahal banget dan gak sebanding yaa
Yang ingin saya tanyakan, apakah sensor TPMS di mercy ini bisa dinonaktifkan permanen ? Karena kalau ganti 4 ban artinya bisa sampai 8 juta lebihh, toh ini hanya semacam sensor yang sebetulnya "nice to have" kalau dari experience saya pakai mobil jepang2an hehehe
Atau adakah alternatif lain yang lebih nyaman di kantong para suhu ? Btw lokasi saya di tambun,bekasi.
Terimakasih banyak sebelumnya
Digetok bengkel dimana harga segitu? Haha. Sensor tpms cm 300rb-500rb beli aja di tokped nyala kok. Pasang ke bengkel ban yg bagus terdekat. Plg total abs 500rb doang kl beli sensor yg 300rb
gantinya di beres kah 2 jtan? harusnya ga segitu koq. di online2 500 ribuan. tapi ya sptnya juga harus coding juga biar sensor barunya ke register. DM aja di toko online yang ada bengkel nya, sekalian sm pasang berapa gitu. Dan make sure sensornya kompatible (kasih VIN nya aja biar di cek)
w212 saya blum ada tpms based jadinya ga bisa membantu, punya saya masih berdasarkan rotasi ban (klo beda rpm pasti ke trigger itu check tire pressure)
kmulyana wrote: Sat Apr 19, 2025 1:56
Pagi para suhu, izin nimbrung di thread yang udah rame membahas perihal W212, kebetulan baru sebulan ini angkut W212 E250 facelift. Beberapa minggu terakhir saat dijalan ada indikator "tire press. Monitor inoperative". Kemaren sempat cek di bengkel dan di scan ternyata ada 1 sensor TPMS mati dan biaya part + jasa untuk ganti sensor ini mencapai 2,2 juta. Melihat estimasi biaya yang dikeluarkan hanya untuk sebuah sensor, rasanya kok mahal banget dan gak sebanding yaa
Yang ingin saya tanyakan, apakah sensor TPMS di mercy ini bisa dinonaktifkan permanen ? Karena kalau ganti 4 ban artinya bisa sampai 8 juta lebihh, toh ini hanya semacam sensor yang sebetulnya "nice to have" kalau dari experience saya pakai mobil jepang2an hehehe
Atau adakah alternatif lain yang lebih nyaman di kantong para suhu ? Btw lokasi saya di tambun,bekasi.
Terimakasih banyak sebelumnya
Digetok bengkel dimana harga segitu? Haha. Sensor tpms cm 300rb-500rb beli aja di tokped nyala kok. Pasang ke bengkel ban yg bagus terdekat. Plg total abs 500rb doang kl beli sensor yg 300rb
Saya coba nanya di 2 bengkel spesialis om, di jaktim dan jakut. Keduanya memang kasih penawaran untuk ambil yang genuine dan gak nyaranin pakai yang di tokped itu. Katanya "kalau yang di tokped itu produk Cina dan gak awet, tapi kalau mau pakai ya coba aja, resiko tanggung sendiri"
tesna wrote: Mon Apr 21, 2025 1:06
gantinya di beres kah 2 jtan? harusnya ga segitu koq. di online2 500 ribuan. tapi ya sptnya juga harus coding juga biar sensor barunya ke register. DM aja di toko online yang ada bengkel nya, sekalian sm pasang berapa gitu. Dan make sure sensornya kompatible (kasih VIN nya aja biar di cek)
w212 saya blum ada tpms based jadinya ga bisa membantu, punya saya masih berdasarkan rotasi ban (klo beda rpm pasti ke trigger itu check tire pressure)
jangan dihapus atuh, sayang.
Di bengkel spesialis om, cuma pada nyaranin ambil genuine. Udah nanya ke beberapa toko hijau om, cuma gak ada yang mau package sama jasa, alias semua jual putus dan kalau ada apa2 resikonya di tanggung pembeli
kmulyana wrote: Sat Apr 19, 2025 1:56
Pagi para suhu, izin nimbrung di thread yang udah rame membahas perihal W212, kebetulan baru sebulan ini angkut W212 E250 facelift. Beberapa minggu terakhir saat dijalan ada indikator "tire press. Monitor inoperative". Kemaren sempat cek di bengkel dan di scan ternyata ada 1 sensor TPMS mati dan biaya part + jasa untuk ganti sensor ini mencapai 2,2 juta. Melihat estimasi biaya yang dikeluarkan hanya untuk sebuah sensor, rasanya kok mahal banget dan gak sebanding yaa
Yang ingin saya tanyakan, apakah sensor TPMS di mercy ini bisa dinonaktifkan permanen ? Karena kalau ganti 4 ban artinya bisa sampai 8 juta lebihh, toh ini hanya semacam sensor yang sebetulnya "nice to have" kalau dari experience saya pakai mobil jepang2an hehehe
Atau adakah alternatif lain yang lebih nyaman di kantong para suhu ? Btw lokasi saya di tambun,bekasi.
Terimakasih banyak sebelumnya
Digetok bengkel dimana harga segitu? Haha. Sensor tpms cm 300rb-500rb beli aja di tokped nyala kok. Pasang ke bengkel ban yg bagus terdekat. Plg total abs 500rb doang kl beli sensor yg 300rb
Saya coba nanya di 2 bengkel spesialis om, di jaktim dan jakut. Keduanya memang kasih penawaran untuk ambil yang genuine dan gak nyaranin pakai yang di tokped itu. Katanya "kalau yang di tokped itu produk Cina dan gak awet, tapi kalau mau pakai ya coba aja, resiko tanggung sendiri"
hahaha bisa aja itu bengkel2. di section review pada review bagus dan jalan kok.
dl saya pakai speed sensor kw punya china untuk vw harga 250rb aja awet 3 taun.
kalo di tokped memang mereka jual barang aja kok. kalo masang mah ke toko ban aja.
Di bengkel spesialis om, cuma pada nyaranin ambil genuine. Udah nanya ke beberapa toko hijau om, cuma gak ada yang mau package sama jasa, alias semua jual putus dan kalau ada apa2 resikonya di tanggung pembeli
coba cek di tokoijo PBauto, tanya disitu deh. pernah beli disitu dan dapet ori (walau belinya bukan tpms sih)
Di bengkel spesialis om, cuma pada nyaranin ambil genuine. Udah nanya ke beberapa toko hijau om, cuma gak ada yang mau package sama jasa, alias semua jual putus dan kalau ada apa2 resikonya di tanggung pembeli
coba cek di tokoijo PBauto, tanya disitu deh. pernah beli disitu dan dapet ori (walau belinya bukan tpms sih)
Penasaran dgn "terangnya" headlight, apakah emang udah redup atau emang hid asli w212 spt itu adanya (kurang terang). Akhirnya baca2 artikel, dan dpt kesimpulan bahwa HID lamp bakal redup sejalan waktu, biasanya berkisar 2000-3000 jam pemakaian. Yah jadi sy putuskan untuk mengganti bohlam HID, liat2 di toko ijo kalo osram harganya 350 rb an yg cool blue, ada sih yg jual 500-600 rb an tp itu sama barang cuman ambil cuannya gede. Kalo philips yg murmer 400 rban, kmdn nak ke 1,2 jt an 1 bijinya sampe yg 3,5 jt an sepasang.
Jadinya sy curiga nih, ini yg under 500 apa iya HID asli atau aspal. Sbnrnya sy pengennya ganti HID lama dgn HID aja biar sesuai bawaan. Jadi drpd zonk, mending tanya ahlinya lampu si om syahrul.
Jadi di dia diksh tau kalo mau HID kudu beli yg 1 jutaan up 1 bijinya itu baru awet dan original, kalo yg udah dibawah itu apalagi yg under 500 itu aspal, ngk terang dan cepet putus. Jadi krn sy tau si om syahrul jual LED D1S (china lah), jadinya yah udah sy putuskan pakai LED aja.
Ternyata bener lampu utama udah redup saat di komparasi sebelah lampu lama dan sebelah lampu LED, dan pas di cek lampu HID lama, di tengah2 yg ada buletan itu sudah ada gosong merah gitu, jadi kata si om emang ini udah ngk layak pake.
Yah so far kalo di carport rumah sih sinarnya cutingnya lurus dan oke, tp entah nanti dijalan, krn blm dicoba pake ke jalan. BTW, harga LED yg sy beli 1,4 jt garansi 2 tahun dr seller.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iya klo xenon itu makin lama makin redup, saya sih biasa ganti tiap 3-4 tahun sekali walau belum mati karena pasti redup. apalagi klo sering nyala mati (kan auto light tuh). dan xenon juga butuh waktu buat mencapai keterangan maximum, jadi klo buat ngedim ga optimal.
awalnya sih ragu ganti led, tapi ya udah lah coba aja (padahal juga baru ganti osram cbi) wkwkwkw
IMG_0509-2.jpg
dan wow terangnya 11-12 lah sm osram cbi, dan pencahayannya juga rata kayak aslinya. kelebihannya ya ini jadi instant on, ga perlu nunggu 30-60 detik buat mencapai maximum brightness. cukup puas, bener2 PNP.
saya juga ganti cornering lightnya pake led biar ga belang.... tapi ini ga bener2 pnp, beli retainernya dulu buat jd bahan experiment buat nempelin bulb led nya https://www.tokopedia.com/allblackth1ng ... ercy-chevy
trus retainernya kan bukan ori nya jadi ya hrs di lem2 segala ke led nya hahahah.
bohlam dan retainer ori nya disimpan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Oh berarti osram yg harga 350 rb itu kalo baru pasang juga terangnya sama dgn led bull vision? Jadi penasaran dgn philips HID yg 3 jutaan itu gmn terangnya, tp sih ngk bakal beli juga ....mahal re
pengen coba tapi belom beli j2534 nya haha, liat liat di toko ijo sih ada tactrix openport 2.0 asli di 6 jutaan
ngeri bro ini.. takut salah coding wafat ecu nya wkwkwkw
Asfur wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19
Oh berarti osram yg harga 350 rb itu kalo baru pasang juga terangnya sama dgn led bull vision? Jadi penasaran dgn philips HID yg 3 jutaan itu gmn terangnya, tp sih ngk bakal beli juga ....mahal re
tesna wrote: Tue Apr 29, 2025 2:24
ngeri bro ini.. takut salah coding wafat ecu nya wkwkwkw
better pas mobilnya uda siap dikampakin aja ya baru coba coba
ini harusnya sama sih kyk yg di launch / maxicom gitu untuk matiin start stop, sirkulasi udara dll cmn ini harus cari tau seed key nya untuk masing masing function
Osramnya 700 rb 1 biji atau sepasang, kalo sepasang yah skrg segituan, mahalan dikit aja sekitar 360 rban-400 rb an sebijinya.
sy dulu 1 biji 700rb jadi beli 2 (sepasang) 1.4 jt. apa dl dimahalin yah hahahaha. sy jaman dl jaman2 retrofit udah coba bulb china vs philips/osram. bulb china yg murah panas di batok, klo philips/osram ori adem, jadi bowl/reflector di projectornya lebih awet pake branded.
pengen coba tapi belom beli j2534 nya haha, liat liat di toko ijo sih ada tactrix openport 2.0 asli di 6 jutaan
ngeri bro ini.. takut salah coding wafat ecu nya wkwkwkw
Asfur wrote: Tue Apr 29, 2025 2:19
Oh berarti osram yg harga 350 rb itu kalo baru pasang juga terangnya sama dgn led bull vision? Jadi penasaran dgn philips HID yg 3 jutaan itu gmn terangnya, tp sih ngk bakal beli juga ....mahal re
terangnya sih beti2, tapi klo xenon butuh 30-60 detik baru bener2 full brightness. sedangkan klo led instant bright.
dr dulu beberapa mbl eropa yg bulb hid xenon mati atau udah ngantuk bgt saya malah ganti nya pake yeaky china yg bagus punya. lebih terang lebih putih (setidaknya dr yg bawaan sudah berumur ya).
kl sekarang mbl2 sudah led, kuat sih pada, yang kalah malah drl2 nya udah kuning, putus, mati, kebanyakan modul
tesna wrote: Tue Apr 29, 2025 3:03
sy dulu 1 biji 700rb jadi beli 2 (sepasang) 1.4 jt. apa dl dimahalin yah hahahaha. sy jaman dl jaman2 retrofit udah coba bulb china vs philips/osram. bulb china yg murah panas di batok, klo philips/osram ori adem, jadi bowl/reflector di projectornya lebih awet pake branded.