Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo si mobil super 5w40 kalo ga salah masih pake spek jadul ya A3/B3 bukan A3/B4. Salah satu perbedaannya minimum tbn di B3 itu 8 kalo di B4 10.
Si Mobil rubah strategi, sekarang olinya semua non approval kecuali yang kyk masuk atpm mobil mewah kyk 0w40 full saps dan 0w40 low saps yang buat porsche. Soalnya kalo di pasar retail kebanyakan mobil Indonesia (mobil jepang) lebih kepake ada API SPnya buat maksimalin compatibility. Ngejar volume kyk shell, udah bukan premium brand lagi orientasinya
Kalo si mobil super 5w40 kalo ga salah masih pake spek jadul ya A3/B3 bukan A3/B4. Salah satu perbedaannya minimum tbn di B3 itu 8 kalo di B4 10.
Si Mobil rubah strategi, sekarang olinya semua non approval kecuali yang kyk masuk atpm mobil mewah kyk 0w40 full saps dan 0w40 low saps yang buat porsche. Soalnya kalo di pasar retail kebanyakan mobil Indonesia (mobil jepang) lebih kepake ada API SPnya buat maksimalin compatibility. Ngejar volume kyk shell, udah bukan premium brand lagi orientasinya
Kalo si mobil super 5w40 kalo ga salah masih pake spek jadul ya A3/B3 bukan A3/B4. Salah satu perbedaannya minimum tbn di B3 itu 8 kalo di B4 10.
Si Mobil rubah strategi, sekarang olinya semua non approval kecuali yang kyk masuk atpm mobil mewah kyk 0w40 full saps dan 0w40 low saps yang buat porsche. Soalnya kalo di pasar retail kebanyakan mobil Indonesia (mobil jepang) lebih kepake ada API SPnya buat maksimalin compatibility. Ngejar volume kyk shell, udah bukan premium brand lagi orientasinya
Iya d1 lebih mahal, rn di eropa jg lebih mass produced jadi dapet economies of scalenya lebih bagus, lebih worth it. Aspexsia selama ini sih ori ya
jadi menurut mbah aman nih kalo Q8 untuk pemakaian setahun mesin 1NZ yang terkenal gampang ada vernishnya Mbah?
Aman, so far sih belom ada masalah ya. Sekarang pake oli yang udah udah gak ada penguapan gimana kan ya?
aman sih mbah,selalu cek tiap sebulan sekali di dipstick ama tutup oli mesinnya, bisa dibilang ga ada penguapan. hampir 2 tahun kmren pas ganti seal pack mesin baru ketauan kalo oli mesin saya udah ada varnish (atau sludge tipis saya lupa) gara2 pake oli TMO setahun sekali ganti , dari sana saya rutin ikut forum otomotif buat nambah ilmu
makanya sekarang pengen tau apa ada ya oli yang bisa long drain ngikutin waktu pemakaian bukan jarak karena ya kasus saya mobilnya sehari rata2 jalan 15-20 km
jadi menurut mbah aman nih kalo Q8 untuk pemakaian setahun mesin 1NZ yang terkenal gampang ada vernishnya Mbah?
Aman, so far sih belom ada masalah ya. Sekarang pake oli yang udah udah gak ada penguapan gimana kan ya?
aman sih mbah,selalu cek tiap sebulan sekali di dipstick ama tutup oli mesinnya, bisa dibilang ga ada penguapan. hampir 2 tahun kmren pas ganti seal pack mesin baru ketauan kalo oli mesin saya udah ada varnish (atau sludge tipis saya lupa) gara2 pake oli TMO setahun sekali ganti , dari sana saya rutin ikut forum otomotif buat nambah ilmu
makanya sekarang pengen tau apa ada ya oli yang bisa long drain ngikutin waktu pemakaian bukan jarak karena ya kasus saya mobilnya sehari rata2 jalan 15-20 km
Aman, kalo mau oci pertama di pendekin dikit aja buat bersih bersih dulu. Detergent di oli yang bagus bisa bersihin kalo masih varnish tipis
Kalo si mobil super 5w40 kalo ga salah masih pake spek jadul ya A3/B3 bukan A3/B4. Salah satu perbedaannya minimum tbn di B3 itu 8 kalo di B4 10.
Si Mobil rubah strategi, sekarang olinya semua non approval kecuali yang kyk masuk atpm mobil mewah kyk 0w40 full saps dan 0w40 low saps yang buat porsche. Soalnya kalo di pasar retail kebanyakan mobil Indonesia (mobil jepang) lebih kepake ada API SPnya buat maksimalin compatibility. Ngejar volume kyk shell, udah bukan premium brand lagi orientasinya
belakangan kykny mobil1 triple action power 0w40 lagi naik daun ya. di tempat saya beli oli rada mahal ngejual nya, diatas 200. kmrn nemu di tokped di 140an, menarik sih tapi ngeri palsu wkwkwk
sofar saya masi stick dulu di petronas syntium 3000e 5w40, harga bersahabat dan saya juga uda langganan ganti di tempat yang ngemeng "kalo palsu saya minum olinya bosqu"
kemaren nemu perbandingan menarik dari salah satu channel youtube luar, dia bandingin oli pake tes gesek besi. kurang akurat mungkin tapi lumayan bisa buat bandingin
karna saya cuman ngeliatin yang ada approval mb 229.5, dari saya liat yang ada approval mb 229.51 lebih ngasih proteksi lebih drpd 229.5, spertinya karna lebih untuk diesel
ctopher7 wrote: Sat Mar 08, 2025 9:11
kemaren nemu perbandingan menarik dari salah satu channel youtube luar, dia bandingin oli pake tes gesek besi. kurang akurat mungkin tapi lumayan bisa buat bandingin
karna saya cuman ngeliatin yang ada approval mb 229.5, dari saya liat yang ada approval mb 229.51 lebih ngasih proteksi lebih drpd 229.5, spertinya karna lebih untuk diesel
229.51 = mid saps
229.5 = full saps
Biasanya sih 229.51/52 itu 5w30
Kalo 229.5 itu 0w40/5w40
Kalo si mobil super 5w40 kalo ga salah masih pake spek jadul ya A3/B3 bukan A3/B4. Salah satu perbedaannya minimum tbn di B3 itu 8 kalo di B4 10.
Si Mobil rubah strategi, sekarang olinya semua non approval kecuali yang kyk masuk atpm mobil mewah kyk 0w40 full saps dan 0w40 low saps yang buat porsche. Soalnya kalo di pasar retail kebanyakan mobil Indonesia (mobil jepang) lebih kepake ada API SPnya buat maksimalin compatibility. Ngejar volume kyk shell, udah bukan premium brand lagi orientasinya
belakangan kykny mobil1 triple action power 0w40 lagi naik daun ya. di tempat saya beli oli rada mahal ngejual nya, diatas 200. kmrn nemu di tokped di 140an, menarik sih tapi ngeri palsu wkwkwk
sofar saya masi stick dulu di petronas syntium 3000e 5w40, harga bersahabat dan saya juga uda langganan ganti di tempat yang ngemeng "kalo palsu saya minum olinya bosqu"
Seharusnya asli om, ini produk emang lagi banjir di pasaran.
Hetnya sih gak worth it, masih mending gold yang dulu .
ctopher7 wrote: Sat Mar 08, 2025 9:11
kemaren nemu perbandingan menarik dari salah satu channel youtube luar, dia bandingin oli pake tes gesek besi. kurang akurat mungkin tapi lumayan bisa buat bandingin
karna saya cuman ngeliatin yang ada approval mb 229.5, dari saya liat yang ada approval mb 229.51 lebih ngasih proteksi lebih drpd 229.5, spertinya karna lebih untuk diesel
229.51 = mid saps
229.5 = full saps
Biasanya sih 229.51/52 itu 5w30
Kalo 229.5 itu 0w40/5w40
iya 229.5 biasanya a3/b4 sedangkan 229.51 c3 yang biasa sbnernya buat diesel ber dpf kan ya. kalo di forum mb luar rata rata biar ga ribet lebih ngmng 229.5 buat bensin 229.51 buat diesel, padahal sih sbnernya 2 2nya bisa buat yang mana aja
saya pilih yang full saps aja ga pusing, memang sesuai rekomendasi pabrikannya pake yang 229.5 wkwk, lagian pake buntut 40 lebih halus mesinnya daripada 30 (beda tipis sih)
juveeeeee wrote: Fri Mar 07, 2025 10:09
Selamat sore om-om, suhu-suhu dan mbah-mbah semua, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Ane mau minta sarannya, Yaris Bapao 2011 dengan ODO hampir 87.000 km ane sudah saatnya ganti oli, pas sebelum mudik lebaran. Saat ini masih pakai TQ 9000 5W-30, udah 4000an lebih, gantinya Oktober kmaren. Ane mau ganti masih dengan 5W-30, yang jadi pertanyaan kalo misalnya ane ganti dengan oli keraton kaya
- Q8
- Amsoil
- Adnoc dsb
apakah ane bisa pake full 1 tahun atau dari lebaran ke lebaran, secara pemakaian ane dalam 1 tahun ga pernah lebih dari 10.000 km? Kalo ga bisa, ane mau ganti dengan kelas oli biasa aja, karena sayang aja duitnya bagi ane udah beli oli mahal, ga nyampe 10.000 eh pas 6 bulan harus diganti lagi.kalo dari pilihan kelas oli "biasa" dibawah, kira2 suhu-suhu rekomendasiin yang mana ya?
- Fastron Techno 5W-30; 310/4L
- Mobil Super 5W-30; 80/L
- PTT Performa Syntec Plus 5W-30; 350/4L
Ane sebenernya juga ngelirik Fastron Gold 5W-30 yang harganya 110/L, tapi ane juga sangsi apakah dengan harga segini apakah bisa dipake selama 11 bulan dengan riwayat pemakaian ane? atau lebih baik up ke kelasnya Q8 dkk dengan nambah budget?
Mohon saran dan bantuan dari suhu-suhu dan sepuh-sepuh semua
Mobilnya sama kaya saya, tapi saya ga pernah pakai oli yg mahal2, selalu yg under 100rb atau cari diskonan hehe...
Terakhir pakai Enoc 5W30 saya ganti di bulan ke 9 @7000km, rasa2 sih masih enak aluss aja. Sekarang lagi pakai Valvoline 5W30 diskonan.
Saran saya sih beli yg full sintetis harga under 150rb atau diskonan di harga 90rban udah bagus, pakai aja sampai 7500km atau kalo jarang pakai yaa 1 tahun bisa lah. Alternatif coba ACDelco 5W30, udah ada cap dexos nya, biasanya yg ada cap dexos itu oli2 mahal om wkwk...
juveeeeee wrote: Fri Mar 07, 2025 10:09
Selamat sore om-om, suhu-suhu dan mbah-mbah semua, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Ane mau minta sarannya, Yaris Bapao 2011 dengan ODO hampir 87.000 km ane sudah saatnya ganti oli, pas sebelum mudik lebaran. Saat ini masih pakai TQ 9000 5W-30, udah 4000an lebih, gantinya Oktober kmaren. Ane mau ganti masih dengan 5W-30, yang jadi pertanyaan kalo misalnya ane ganti dengan oli keraton kaya
- Q8
- Amsoil
- Adnoc dsb
apakah ane bisa pake full 1 tahun atau dari lebaran ke lebaran, secara pemakaian ane dalam 1 tahun ga pernah lebih dari 10.000 km? Kalo ga bisa, ane mau ganti dengan kelas oli biasa aja, karena sayang aja duitnya bagi ane udah beli oli mahal, ga nyampe 10.000 eh pas 6 bulan harus diganti lagi.kalo dari pilihan kelas oli "biasa" dibawah, kira2 suhu-suhu rekomendasiin yang mana ya?
- Fastron Techno 5W-30; 310/4L
- Mobil Super 5W-30; 80/L
- PTT Performa Syntec Plus 5W-30; 350/4L
Ane sebenernya juga ngelirik Fastron Gold 5W-30 yang harganya 110/L, tapi ane juga sangsi apakah dengan harga segini apakah bisa dipake selama 11 bulan dengan riwayat pemakaian ane? atau lebih baik up ke kelasnya Q8 dkk dengan nambah budget?
Mohon saran dan bantuan dari suhu-suhu dan sepuh-sepuh semua
Mobilnya sama kaya saya, tapi saya ga pernah pakai oli yg mahal2, selalu yg under 100rb atau cari diskonan hehe...
Terakhir pakai Enoc 5W30 saya ganti di bulan ke 9 @7000km, rasa2 sih masih enak aluss aja. Sekarang lagi pakai Valvoline 5W30 diskonan.
Saran saya sih beli yg full sintetis harga under 150rb atau diskonan di harga 90rban udah bagus, pakai aja sampai 7500km atau kalo jarang pakai yaa 1 tahun bisa lah. Alternatif coba ACDelco 5W30, udah ada cap dexos nya, biasanya yg ada cap dexos itu oli2 mahal om wkwk...
nah iya Om, mobil cuma buat muter2 dalam kota sesekali 3 bulan balik kampung kalo orang tua lagi kangen ama cucunya paling pp ga nyampe 800km jadi setahun under 10k km terus. makanya sayang rasanya kalo maksimal 6 bulan udah harus ganti oli kelas keratonnya wkwkwkwkwk.
kalo PFG 5W-30 pernah nyobain om? saya ditawarin dengan harga 110/L dari bengkel langganan, kira2 sepadan ga ya harga dengan performanya?
Udah sering dengar sih om oli ACDelco, boleh spill link pembeliannya om?
juveeeeee wrote: Fri Mar 07, 2025 10:09
Selamat sore om-om, suhu-suhu dan mbah-mbah semua, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Ane mau minta sarannya, Yaris Bapao 2011 dengan ODO hampir 87.000 km ane sudah saatnya ganti oli, pas sebelum mudik lebaran. Saat ini masih pakai TQ 9000 5W-30, udah 4000an lebih, gantinya Oktober kmaren. Ane mau ganti masih dengan 5W-30, yang jadi pertanyaan kalo misalnya ane ganti dengan oli keraton kaya
- Q8
- Amsoil
- Adnoc dsb
apakah ane bisa pake full 1 tahun atau dari lebaran ke lebaran, secara pemakaian ane dalam 1 tahun ga pernah lebih dari 10.000 km? Kalo ga bisa, ane mau ganti dengan kelas oli biasa aja, karena sayang aja duitnya bagi ane udah beli oli mahal, ga nyampe 10.000 eh pas 6 bulan harus diganti lagi.kalo dari pilihan kelas oli "biasa" dibawah, kira2 suhu-suhu rekomendasiin yang mana ya?
- Fastron Techno 5W-30; 310/4L
- Mobil Super 5W-30; 80/L
- PTT Performa Syntec Plus 5W-30; 350/4L
Ane sebenernya juga ngelirik Fastron Gold 5W-30 yang harganya 110/L, tapi ane juga sangsi apakah dengan harga segini apakah bisa dipake selama 11 bulan dengan riwayat pemakaian ane? atau lebih baik up ke kelasnya Q8 dkk dengan nambah budget?
Mohon saran dan bantuan dari suhu-suhu dan sepuh-sepuh semua
Mobilnya sama kaya saya, tapi saya ga pernah pakai oli yg mahal2, selalu yg under 100rb atau cari diskonan hehe...
Terakhir pakai Enoc 5W30 saya ganti di bulan ke 9 @7000km, rasa2 sih masih enak aluss aja. Sekarang lagi pakai Valvoline 5W30 diskonan.
Saran saya sih beli yg full sintetis harga under 150rb atau diskonan di harga 90rban udah bagus, pakai aja sampai 7500km atau kalo jarang pakai yaa 1 tahun bisa lah. Alternatif coba ACDelco 5W30, udah ada cap dexos nya, biasanya yg ada cap dexos itu oli2 mahal om wkwk...
nah iya Om, mobil cuma buat muter2 dalam kota sesekali 3 bulan balik kampung kalo orang tua lagi kangen ama cucunya paling pp ga nyampe 800km jadi setahun under 10k km terus. makanya sayang rasanya kalo maksimal 6 bulan udah harus ganti oli kelas keratonnya wkwkwkwkwk.
kalo PFG 5W-30 pernah nyobain om? saya ditawarin dengan harga 110/L dari bengkel langganan, kira2 sepadan ga ya harga dengan performanya?
Udah sering dengar sih om oli ACDelco, boleh spill link pembeliannya om?
Ga pernah pakai pertamina lagi buat mobil pribadi, terakhir pakai fastron 10W40 tapi yg dari drum buat mobil oprasional hehe...
di tokopedia sellernya Nutech, dia spesialis parts chevrolet, murah ga sampe 100rb/l, terakhir saya pakai masih pakai merk GMTech, buat 7000km masih oke, sekalian aja beli filternya disana, cuma 25rb an wkwk...
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
0w20 atau 5w30 bisa nelen.
10rb km / 2 bln... sering ngukur jalan yaa?
Klo saya:
- Cooling + coolant system prima
- Oli full/sintetis apa aja harga 150rb and up (kecuali Shell Ultra)
- Tekanan ban jaga di atas rekomendasi minimal
- BBM jangan merk oplosan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
0w20 atau 5w30 bisa nelen.
10rb km / 2 bln... sering ngukur jalan yaa?
Klo saya:
- Cooling + coolant system prima
- Oli full/sintetis apa aja harga 150rb and up (kecuali Shell Ultra)
- Tekanan ban jaga di atas rekomendasi minimal
- BBM jangan merk oplosan
iya mbah, gerobak taksi online odo 35 ribu unit tahun 2021. setelah 3000 an km pakai oli tersebut, mesin masih halus, warna oli msh cenderung cerah dan minim engine knocking (kecuali kalau ambient tempnya tinggi) even though make bahan bakar subsidi. next nya mungkin mau make bensin swasta aja.
well noted mbah, next OCI kayaknya akan saya percepat sih....gatega juga
untung kapasiti olinya hanya 3.5L jadi gak terlalu menyakitkan ketika ganti oli
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
0w20 atau 5w30 bisa nelen.
10rb km / 2 bln... sering ngukur jalan yaa?
Klo saya:
- Cooling + coolant system prima
- Oli full/sintetis apa aja harga 150rb and up (kecuali Shell Ultra)
- Tekanan ban jaga di atas rekomendasi minimal
- BBM jangan merk oplosan
iya mbah, gerobak taksi online odo 35 ribu unit tahun 2021. setelah 3000 an km pakai oli tersebut, mesin masih halus, warna oli msh cenderung cerah dan minim engine knocking (kecuali kalau ambient tempnya tinggi) even though make bahan bakar subsidi. next nya mungkin mau make bensin swasta aja.
well noted mbah, next OCI kayaknya akan saya percepat sih....gatega juga
untung kapasiti olinya hanya 3.5L jadi gak terlalu menyakitkan ketika ganti oli
nah sisa oli 500 ml nya bisa buat dorong oli (endapan) lama, yg ada di oil pan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
5W30 aja sih oke, soalnya pasti mobil jarang mati, lebih aman aja proteksinya.
10rb 2 bulan sih semua oli baru ane yakin bisa.
Bajetin aja 100k per liter, banyak pilihannya. Ada Pastron Emas, Totil 9x00, Enok, ACdelko dll.
Klo saya:
- Cooling + coolant system prima
- Oli full/sintetis apa aja harga 150rb and up (kecuali Shell Ultra)
- Tekanan ban jaga di atas rekomendasi minimal
- BBM jangan merk oplosan
iya mbah, gerobak taksi online odo 35 ribu unit tahun 2021. setelah 3000 an km pakai oli tersebut, mesin masih halus, warna oli msh cenderung cerah dan minim engine knocking (kecuali kalau ambient tempnya tinggi) even though make bahan bakar subsidi. next nya mungkin mau make bensin swasta aja.
well noted mbah, next OCI kayaknya akan saya percepat sih....gatega juga
untung kapasiti olinya hanya 3.5L jadi gak terlalu menyakitkan ketika ganti oli
nah sisa oli 500 ml nya bisa buat dorong oli (endapan) lama, yg ada di oil pan
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
5W30 aja sih oke, soalnya pasti mobil jarang mati, lebih aman aja proteksinya.
10rb 2 bulan sih semua oli baru ane yakin bisa.
Bajetin aja 100k per liter, banyak pilihannya. Ada Pastron Emas, Totil 9x00, Enok, ACdelko dll.
Ga osa bingung2 yg penting barang asli.
iya mbah, mesin pernah 12 jam nonstop idup
siap mbah, pake oli harga 100k/L rasanya wajar. dulu gerobak 1KR-DE saya jg make oli 100k/L dengan oci 5000-6500 km.
slowvolvo wrote: Mon Mar 10, 2025 10:13
permisi suhu2 izin bertanya. untuk gerobak bermesin 3NR-VE yg OCI nya 10.000km/1-2 bulanan bagusnya pake oli apa ya? sekarang ini msh make oli 0-20 nya bengkel resmi. oiya, olinya msh oli 0-20 yg model lama (klo di botolnya made by PT. BARIA).
thanks in advance
5W30 aja sih oke, soalnya pasti mobil jarang mati, lebih aman aja proteksinya.
10rb 2 bulan sih semua oli baru ane yakin bisa.
Bajetin aja 100k per liter, banyak pilihannya. Ada Pastron Emas, Totil 9x00, Enok, ACdelko dll.
Ga osa bingung2 yg penting barang asli.
iya mbah, mesin pernah 12 jam nonstop idup
siap mbah, pake oli harga 100k/L rasanya wajar. dulu gerobak 1KR-DE saya jg make oli 100k/L dengan oci 5000-6500 km.
thanks for the insight mbah
Kalo jalan banyak gitu mah justru enakan pake oli kelas sultan. Pake 12-14rb km. Irit waktu, irit biaya ganti oli. Beli galonan, sisanya disimpen untuk oci berikutnya. 165rb-180rb per liter jatohnya kalo pake Q8 Special Rn 5w30 beli di market place.
sahabatq8 wrote: Fri Mar 07, 2025 22:34
Aman, so far sih belom ada masalah ya. Sekarang pake oli yang udah udah gak ada penguapan gimana kan ya?
aman sih mbah,selalu cek tiap sebulan sekali di dipstick ama tutup oli mesinnya, bisa dibilang ga ada penguapan. hampir 2 tahun kmren pas ganti seal pack mesin baru ketauan kalo oli mesin saya udah ada varnish (atau sludge tipis saya lupa) gara2 pake oli TMO setahun sekali ganti , dari sana saya rutin ikut forum otomotif buat nambah ilmu
makanya sekarang pengen tau apa ada ya oli yang bisa long drain ngikutin waktu pemakaian bukan jarak karena ya kasus saya mobilnya sehari rata2 jalan 15-20 km
Aman, kalo mau oci pertama di pendekin dikit aja buat bersih bersih dulu. Detergent di oli yang bagus bisa bersihin kalo masih varnish tipis
nah saya baca di page2 belakang, kalo mau bersih2 mesin 1NZ dulu sebaiknya pakai oli multigrade yang bisa dipakai di mesin diesel juga ya mbah? kaya Fastron Gold 5w30 atau Bardahl XTC S9 5w-30? kalo yang Q8 mungkin yang special RN? OCI nya dijadiin berapa bulan mbah? 2 atau 3?
aman sih mbah,selalu cek tiap sebulan sekali di dipstick ama tutup oli mesinnya, bisa dibilang ga ada penguapan. hampir 2 tahun kmren pas ganti seal pack mesin baru ketauan kalo oli mesin saya udah ada varnish (atau sludge tipis saya lupa) gara2 pake oli TMO setahun sekali ganti , dari sana saya rutin ikut forum otomotif buat nambah ilmu
makanya sekarang pengen tau apa ada ya oli yang bisa long drain ngikutin waktu pemakaian bukan jarak karena ya kasus saya mobilnya sehari rata2 jalan 15-20 km
Aman, kalo mau oci pertama di pendekin dikit aja buat bersih bersih dulu. Detergent di oli yang bagus bisa bersihin kalo masih varnish tipis
nah saya baca di page2 belakang, kalo mau bersih2 mesin 1NZ dulu sebaiknya pakai oli multigrade yang bisa dipakai di mesin diesel juga ya mbah? kaya Fastron Gold 5w30 atau Bardahl XTC S9 5w-30? kalo yang Q8 mungkin yang special RN? OCI nya dijadiin berapa bulan mbah? 2 atau 3?
Kalo mau bersih bersih dulu 7500km/2 bulan ok. Pengantian kedua seharusnya 12rb km cukup ok.