Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by hackers11 »

Sesuai judul, kebetulan masih pake aki basah bawaan di rocky turbo 2022(nik 2021), KM sekarang 15rban. 3 bulan lalu baru abis servis gratisnya, dan baru 1 bulan lalu dibawa ke Bquik buat spooring/balancing sekalian diminta lakuin pengecekan gratis (termasuk aki).
Di servis terakhir, hasilnya masih good dan di bquik juga sama, tapi kebetulan user xmax, dimana siklus 1-1,5 tahun aki bakal tiba2 drop dan abis itu pasti stranded deh karena ga bisa starter (voltage low), panggil shopndrive buat ganti aki(ini pas motor udah boreup tapi, jadi memang resiko).
Mengingat umur aki yg soon 4 tahun, kira-kira ada saran/komen ga dari rekan-rekan SM, apa ganti aja daripada was-was ato biarin aja dulu?

Rencananya kalopun upgrade, bakal ke aki kering sih. Yg murah-murah aja asal merek ternama karena KM juga kecil proyeksinya ke beberapa tahun ke depan. Bahkan mungkin mau coba dipasarkan ini mobil deket-deket lebaran, siapa tau laku wkwkwkwk.
Ada ilmunya ga kalo aki mobil, bakal tiba-tiba failure juga kyk motor ato dengan rutin servis aja dicek nanti bakal ketahuan pas udah harus minta ganti?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by darrelund »

kalo masih stater lgsg ngejreng lanjut aja mbah

cuma klo khawatir ya boleh ganti......daripada parno kan

oe siy klo 2-3 kali stater ud berat/ didiemin lama malah soak, berarti ud wajip ganti
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by hackers11 »

darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 9:22 kalo masih stater lgsg ngejreng lanjut aja mbah

cuma klo khawatir ya boleh ganti......daripada parno kan

oe siy klo 2-3 kali stater ud berat/ didiemin lama malah soak, berarti ud wajip ganti
sementara sih starter masih greng ya. max 2 detik mesin nyala.
ada sekali banget abis ga nyala 1,5 minggu, starter rada berat sampe 4 detik. tapi sekali itu aja so far.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by ctopher7 »

kalo aki uda rada berumur pengalaman saya suka bikin sensor pada error / salah baca. gatau sih ada long term effectnya apa engga tapi aki amaron skrg harga cmn 1-2 jt mending ganti aja dibanding tiba tiba gabisa distarter
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by saturday »

ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:40 kalo aki uda rada berumur pengalaman saya suka bikin sensor pada error / salah baca. gatau sih ada long term effectnya apa engga tapi aki amaron skrg harga cmn 1-2 jt mending ganti aja dibanding tiba tiba gabisa distarter
Amaron DIN84 di Reborn saya ketika usia 2 tahun 1 bulan, bikin mobil kalau baru start nyala warning ABS. Warning tersebut hilang sendiri setelah mobil berjalan 500m - sekian kilometer.

Awalnya sempat mau beli wheel sensor. Ternyata setelah ganti aki, sembuh total.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by Greenhunter »

hackers11 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:13 Sesuai judul, kebetulan masih pake aki basah bawaan di rocky turbo 2022(nik 2021)
Aki basah sebelum mati akan terasa degradasinya, starter jadi lebih berat (kalau usernya peka), beda dgn aki kering dia natinya kayak serangan jantung, gak ada tanda tanda langsung aja mati total.
Kalau saya selama buat starter masih langsung jreng tidak akan diganti dulu.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by doge »

Greenhunter wrote: Mon Jan 20, 2025 10:48
hackers11 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:13 Sesuai judul, kebetulan masih pake aki basah bawaan di rocky turbo 2022(nik 2021)
Aki basah sebelum mati akan terasa degradasinya, starter jadi lebih berat (kalau usernya peka), beda dgn aki kering dia natinya kayak serangan jantung, gak ada tanda tanda langsung aja mati total.
Kalau saya selama buat starter masih langsung jreng tidak akan diganti dulu.
Ga jaminan om, dlu ipah bokap (matic) tau" mesinnya mati sendiri di lampu merah

Distater cm clek clek

Eh aki ngedrop

Untung dkt bengkel aki, disamperin lsg ganti
:ngacir:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by Greenhunter »

doge wrote: Mon Jan 20, 2025 12:30
Greenhunter wrote: Mon Jan 20, 2025 10:48
hackers11 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:13 Sesuai judul, kebetulan masih pake aki basah bawaan di rocky turbo 2022(nik 2021)
Aki basah sebelum mati akan terasa degradasinya, starter jadi lebih berat (kalau usernya peka), beda dgn aki kering dia natinya kayak serangan jantung, gak ada tanda tanda langsung aja mati total.
Kalau saya selama buat starter masih langsung jreng tidak akan diganti dulu.
Ga jaminan om, dlu ipah bokap (matic) tau" mesinnya mati sendiri di lampu merah

Distater cm clek clek

Eh aki ngedrop

Untung dkt bengkel aki, disamperin lsg ganti
Ini lebih aneh lagi, kalau mesin sudah hidup aki gak ada gunanya, fungsinya digantikan alternator. Seumur idup saya pengalaman dgn aki basah seperti itu, ada degradasi performa, kecuali memang yg pakai gak peka, sama aja tahu tahu mati karena gak sadar dgn tanda tanda degradasi yg aki berikan. Saya sendiri pasang volt meter, kalau posisi pagi² blm di stater volt meter kisaran 12.1 Volt artinya sdh tanda tanda mau mati. Itu pengalaman saya, bisa jadi beda org beda pengalaman.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by Duvebriliant0 »

Greenhunter wrote: Mon Jan 20, 2025 13:14
doge wrote: Mon Jan 20, 2025 12:30
Greenhunter wrote: Mon Jan 20, 2025 10:48

Aki basah sebelum mati akan terasa degradasinya, starter jadi lebih berat (kalau usernya peka), beda dgn aki kering dia natinya kayak serangan jantung, gak ada tanda tanda langsung aja mati total.
Kalau saya selama buat starter masih langsung jreng tidak akan diganti dulu.
Ga jaminan om, dlu ipah bokap (matic) tau" mesinnya mati sendiri di lampu merah

Distater cm clek clek

Eh aki ngedrop

Untung dkt bengkel aki, disamperin lsg ganti
Ini lebih aneh lagi, kalau mesin sudah hidup aki gak ada gunanya, fungsinya digantikan alternator. Seumur idup saya pengalaman dgn aki basah seperti itu, ada degradasi performa, kecuali memang yg pakai gak peka, sama aja tahu tahu mati karena gak sadar dgn tanda tanda degradasi yg aki berikan. Saya sendiri pasang volt meter, kalau posisi pagi² blm di stater volt meter kisaran 12.1 Volt artinya sdh tanda tanda mau mati. Itu pengalaman saya, bisa jadi beda org beda pengalaman.
saya di vios dulu headunit ga mau nyala sama stir ga bisa diputer cepet :mky_01:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by azu »

Setahu saya ada beberapa mobil yg kalau terdeteksi tegangan aki rendah saat mesin menyala, BCM akan mengurangi beban kelistrikan dengan menonaktifkan perangkat yang bukan prioritas utama, supaya mesin dan sistem utama dapat tetap berfungsi normal

:big_peace:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by hackers11 »

ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:40 kalo aki uda rada berumur pengalaman saya suka bikin sensor pada error / salah baca. gatau sih ada long term effectnya apa engga tapi aki amaron skrg harga cmn 1-2 jt mending ganti aja dibanding tiba tiba gabisa distarter
saturday wrote: Mon Jan 20, 2025 10:41
ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:40 kalo aki uda rada berumur pengalaman saya suka bikin sensor pada error / salah baca. gatau sih ada long term effectnya apa engga tapi aki amaron skrg harga cmn 1-2 jt mending ganti aja dibanding tiba tiba gabisa distarter
Amaron DIN84 di Reborn saya ketika usia 2 tahun 1 bulan, bikin mobil kalau baru start nyala warning ABS. Warning tersebut hilang sendiri setelah mobil berjalan 500m - sekian kilometer.

Awalnya sempat mau beli wheel sensor. Ternyata setelah ganti aki, sembuh total.
doge wrote: Mon Jan 20, 2025 12:30
Greenhunter wrote: Mon Jan 20, 2025 10:48
hackers11 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:13 Sesuai judul, kebetulan masih pake aki basah bawaan di rocky turbo 2022(nik 2021)
Aki basah sebelum mati akan terasa degradasinya, starter jadi lebih berat (kalau usernya peka), beda dgn aki kering dia natinya kayak serangan jantung, gak ada tanda tanda langsung aja mati total.
Kalau saya selama buat starter masih langsung jreng tidak akan diganti dulu.
Ga jaminan om, dlu ipah bokap (matic) tau" mesinnya mati sendiri di lampu merah

Distater cm clek clek

Eh aki ngedrop

Untung dkt bengkel aki, disamperin lsg ganti
hmm, sepertinya agak horor juga yak. banyak yg dari pengalaman ada error sana sini pas aki ulai ngedrop.
Kalo hasil cek gimana nih om-om yg komen sbeaiknya ganti. apa pernah sebelumnya hasil tes masih good tapi tiba-tiba bermsalah juga?
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by vanosz »

Klo rasanya gak nyaman ya ganti aja gans,

Biar damai idup gans,
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by kendibocor »

Kalo ga punya battery tester patokannya gampangnya starter aja masih jreng gak. 2 bulan lalu jg aki mbl ane di cek pake alat masih bagus tp distarter uda mulai lemah. Ga dipake 3 hari gamau starter. Akhirnya ganti aja biar aman, ECU dan sensor2 jg jd aman lah. Aki ga seberapa duit
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by carl »

Kalo dirasa starternya mulai lemah diganti aja. Saya pribadi males kalau tiba2 di tengah jalan (misal parkiran mall) gak bisa distarter.

BTW untuk daya tahannya, sebenernya lebih tahan lama aki basah dibanding aki kering, cuma ya harus pantau air zuur nya, tp gampang kok ngeceknya.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by hackers11 »

damn, pagi ini pas tarter kena lagi butuh 4 detik dan kerasa agak berat.
sepertinya musti ganti juga hahaha.
Baru juga coba nanya, sekarang malah kasi sign akinya mungkin ngambek wkwkwkwk.

Thanks rekan-rekan SM disini yg udah berbagi, next mungkin kalo KM masi pelan naiknya, diset 3 tahun sekali aja ganti deh.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by darrelund »

hackers11 wrote: Wed Jan 22, 2025 4:06 damn, pagi ini pas tarter kena lagi butuh 4 detik dan kerasa agak berat.
sepertinya musti ganti juga hahaha.
Baru juga coba nanya, sekarang malah kasi sign akinya mungkin ngambek wkwkwkwk.

Thanks rekan-rekan SM disini yg udah berbagi, next mungkin kalo KM masi pelan naiknya, diset 3 tahun sekali aja ganti deh.
naah waktunya ganti berarti :big_exellent:

batere mah gitu, jarang dipake malah ngambek

elektronik juga sama :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Wed Jan 22, 2025 4:32
hackers11 wrote: Wed Jan 22, 2025 4:06 damn, pagi ini pas tarter kena lagi butuh 4 detik dan kerasa agak berat.
sepertinya musti ganti juga hahaha.
Baru juga coba nanya, sekarang malah kasi sign akinya mungkin ngambek wkwkwkwk.

Thanks rekan-rekan SM disini yg udah berbagi, next mungkin kalo KM masi pelan naiknya, diset 3 tahun sekali aja ganti deh.
naah waktunya ganti berarti :big_exellent:

batere mah gitu, jarang dipake malah ngambek

elektronik juga sama :big_biglaugh:

syukur2 udah ngasih tanda starternya kyk soak dan lbh lama starter
itu mending lgs ganti no kompromi :big_biglaugh:

emg batre aki degradasinya bukan gradual / bertahap sih ya mbah, bisa aja lgs tiba2 ngambek gakmau starter.

jd inget tahun lalu, lg di kantor,
- ditelpon bini.. "sayang ini mobilnya knp gakmau nyala?"
- sy jawab.. "ya udah pk grab-car aja, udah feeling makanya bulan kmrn, nyetok beli aki amaron ijo di tokotok" :big_biglaugh: :big_biglaugh:
.
amaron.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by azu »

coba cek di kertas hasil battery testnya om, estimasi angka CCAnya saat ini berapa om supaya bisa dianalisis lebih dalam lagi.

kalau sudah dibawah spek CCA-nya aki, lebih baik siap2 ganti aki. apalagi kalau sudah kurang dari 80% spek CCA aki. sama pastikan juga, nilai CCA atau jenis aki yg diinput di Battery Testernya itu sesuai dengan aki yg terpasang ya, karena kalau jenis aki yg diinput salah itu perhitungan CCAnya juga akan salah.


Sebagai contoh, misalnya aki terpasang itu Amaron Hi-Life 55B24LS yg by spec akinya itu CCA di 380. umumnya kalau aki Amaron saat kondisi baru dilakukan battery test itu CCAnya diatas specnya, misalnya di 450. Kalau ternyata dari Battery Test keluar hasil CCAnya sudah dibawah 380, itu mending siap2 ganti aki karena sudah mulai lemah. Apalagi misalnya terdeteksi sudah dibawah 350, pasti sudah berat itu starternya.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by hackers11 »

darrelund wrote: Wed Jan 22, 2025 4:32
hackers11 wrote: Wed Jan 22, 2025 4:06 damn, pagi ini pas tarter kena lagi butuh 4 detik dan kerasa agak berat.
sepertinya musti ganti juga hahaha.
Baru juga coba nanya, sekarang malah kasi sign akinya mungkin ngambek wkwkwkwk.

Thanks rekan-rekan SM disini yg udah berbagi, next mungkin kalo KM masi pelan naiknya, diset 3 tahun sekali aja ganti deh.
naah waktunya ganti berarti :big_exellent:

batere mah gitu, jarang dipake malah ngambek

elektronik juga sama :big_biglaugh:
sebenarnya seminggu at least nyala 4x sih, buat keluarin motor dari garasi. cuma kalo dipake jauh ya seminggu sekali aja wkwkwkwk.
Suryaputra wrote: Wed Jan 22, 2025 4:35
syukur2 udah ngasih tanda starternya kyk soak dan lbh lama starter
itu mending lgs ganti no kompromi :big_biglaugh:

emg batre aki degradasinya bukan gradual / bertahap sih ya mbah, bisa aja lgs tiba2 ngambek gakmau starter.

jd inget tahun lalu, lg di kantor,
- ditelpon bini.. "sayang ini mobilnya knp gakmau nyala?"
- sy jawab.. "ya udah pk grab-car aja, udah feeling makanya bulan kmrn, nyetok beli aki amaron ijo di tokotok" :big_biglaugh: :big_biglaugh:
.
amaron.png
kebetulan ada aki lain dirumah, dan katanya Cakramotor mau terima TT lbh dari 1 aki, mau trade in kesana aja langsung sepertinya.
azu wrote: Wed Jan 22, 2025 6:40 coba cek di kertas hasil battery testnya om, estimasi angka CCAnya saat ini berapa om supaya bisa dianalisis lebih dalam lagi.

kalau sudah dibawah spek CCA-nya aki, lebih baik siap2 ganti aki. apalagi kalau sudah kurang dari 80% spek CCA aki. sama pastikan juga, nilai CCA atau jenis aki yg diinput di Battery Testernya itu sesuai dengan aki yg terpasang ya, karena kalau jenis aki yg diinput salah itu perhitungan CCAnya juga akan salah.


Sebagai contoh, misalnya aki terpasang itu Amaron Hi-Life 55B24LS yg by spec akinya itu CCA di 380. umumnya kalau aki Amaron saat kondisi baru dilakukan battery test itu CCAnya diatas specnya, misalnya di 450. Kalau ternyata dari Battery Test keluar hasil CCAnya sudah dibawah 380, itu mending siap2 ganti aki karena sudah mulai lemah. Apalagi misalnya terdeteksi sudah dibawah 350, pasti sudah berat itu starternya.
maksih om ilmunya, ini jelas sih sekarang buat cek kondisi akinya, ga bergantung pada skor "GOOD" aja, harus cek kondisi CCAnya.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by daimler »

carl wrote: Tue Jan 21, 2025 6:29 Kalo dirasa starternya mulai lemah diganti aja. Saya pribadi males kalau tiba2 di tengah jalan (misal parkiran mall) gak bisa distarter.

BTW untuk daya tahannya, sebenernya lebih tahan lama aki basah dibanding aki kering, cuma ya harus pantau air zuur nya, tp gampang kok ngeceknya.
Ini berlaku utk aki kering yg calcium based kah om? Salah satunya yg warna akinya emas dijual di SnD dan biasanya ngasi garansi paling lama. Ketahanannya ttep kalah sama aki basahkah?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by lamatlancah »

pengalaman pribadi, dulu sempet punya inova 2010 G bensin, ganti aki thn 2018 dan sampai itu mobil dijual awal 2024, aki nya masih tokcer.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: Tue Jan 28, 2025 7:39
sebenarnya seminggu at least nyala 4x sih, buat keluarin motor dari garasi. cuma kalo dipake jauh ya seminggu sekali aja wkwkwkwk.
kalau pola pemakaian seperti ini, ada baiknya investasi charger aki mobil, harga ga sampe sejuta tapi yang penting ketika butuh dipake siap jalan itu mobil.

maksih om ilmunya, ini jelas sih sekarang buat cek kondisi akinya, ga bergantung pada skor "GOOD" aja, harus cek kondisi CCAnya.
good itu biasanya total skor:
- CCA / start load test
- no load test
- current voltage
- predicted current battery charge capacity

kadang ada saja misal CCA sudah mepet bawah, tapi karena habis dipakai jauh jadi kondisi batere lagi high voltage otomatis angka lain jadi bagus. nah end result total skor akan jadi "Good". buat saya pribadi abaikan value yg lain, paling penting CCA , karena mobil modern itu aki drop dikit udah ngambek ga mau start untuk proteksi kelistrikan.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by daimler »

lamatlancah wrote: Tue Mar 04, 2025 11:34 pengalaman pribadi, dulu sempet punya inova 2010 G bensin, ganti aki thn 2018 dan sampai itu mobil dijual awal 2024, aki nya masih tokcer.
Pakai aki basah atau yg kering MF um?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by t105erd »

Bener kata temen2 disini, kalo baterai MF itu ga ada tanda pelemahan, jadi kita pakai enak aja sekali starter langsung nyala, tapi pas tiba2 stroke yg langsung modyar, bikin deg2an, mana waktu itu lagi mudik ke kampung di tengah desa, di kuburan pas lagi ziarah kubur lagi, untung mobil manual bisa didorong.

Sekarang pakai GS Hybrid, malah awet udah jalan 3 tahun, yg penting air nya dijaga jangan sampai low, kadang saya isi amidis/kleo, sama sering2 aja dipakai mobilnya, terus kalo abis jalan jauh kap mesin dibuka, karena musuhnya baterai dimana-mana itu "panas". Biasanya mobil2 eropa banyak baterainya di bagasi jauh dari mesin.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Aki di Mobil Tahun 2021 tapi dites masih Good - Ganti or Not?

Post by lamatlancah »

daimler wrote: Fri Mar 21, 2025 15:42
lamatlancah wrote: Tue Mar 04, 2025 11:34 pengalaman pribadi, dulu sempet punya inova 2010 G bensin, ganti aki thn 2018 dan sampai itu mobil dijual awal 2024, aki nya masih tokcer.
Pakai aki basah atau yg kering MF um?
aki basah beli di S&D.