Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Wed Jan 29, 2025 15:10
Review oli ekonomis 10W30 API CK-4
harga di bawah Rp 90 rb / L
Udah jalan 8500 km / 5 bulan, kinerja relatif stabil, suara mesin masih alus
Boleh dibilang ini salah 1 oli buntut 30 harga ekonomis yg enak dipake utk long drain, dan bagi user yg nyetir bejek2 poll juga oli ini kuat, walau udah jalan 8000 km lebih
saya pribadi rencana pake sampe 10 rb km lalu mau test lab
* Bukan endorse *
om turbo,
feel dan kekuatannya dibanding dengan Dynamic comonraill jg 10w30 CI4, A3/B4 bgmn? apa pernah tahu
Turboman wrote: Wed Jan 29, 2025 15:10
Review oli ekonomis 10W30 API CK-4
harga di bawah Rp 90 rb / L
Udah jalan 8500 km / 5 bulan, kinerja relatif stabil, suara mesin masih alus
Boleh dibilang ini salah 1 oli buntut 30 harga ekonomis yg enak dipake utk long drain, dan bagi user yg nyetir bejek2 poll juga oli ini kuat, walau udah jalan 8000 km lebih
saya pribadi rencana pake sampe 10 rb km lalu mau test lab
* Bukan endorse *
om turbo,
feel dan kekuatannya dibanding dengan Dynamic comonraill jg 10w30 CI4, A3/B4 bgmn? apa pernah tahu
Turboman wrote: Wed Jan 29, 2025 15:10
Review oli ekonomis 10W30 API CK-4
harga di bawah Rp 90 rb / L
Udah jalan 8500 km / 5 bulan, kinerja relatif stabil, suara mesin masih alus
Boleh dibilang ini salah 1 oli buntut 30 harga ekonomis yg enak dipake utk long drain, dan bagi user yg nyetir bejek2 poll juga oli ini kuat, walau udah jalan 8000 km lebih
saya pribadi rencana pake sampe 10 rb km lalu mau test lab
* Bukan endorse *
om turbo,
feel dan kekuatannya dibanding dengan Dynamic comonraill jg 10w30 CI4, A3/B4 bgmn? apa pernah tahu
NestlePureLife wrote: Fri Jan 24, 2025 13:31
Malem gan ijin tanya
Apakah ada yg pernah punya pengalaman 2gd slow respon?
Dalam artian di gas ada delay sekitar 0.3-0.5 detik mesin baru respon?
Kondisi baru purging , ganti filter solar dan oli
Keluar bengkel tidak ada mslh , baru 1 minggu setelah berasa
Di mode pwr maupun normal
Mohon petunjuk gan
pasang Super Ground ala A Chien
gugel = A Chien kabel
bisa diliat ulasan2 nya
Halo suhu
Ijin info kmrn sudah ke bengkel luar
Katanya ngobos pdhal km baru 19rb tahun 2021
Tapi ke bengkel toyota katanya aman
Katanya itu campuran udara dan bahan bakar yg blm terbakar dimasukkan lagi lwt katup blow by gas?
NestlePureLife wrote: Fri Jan 24, 2025 13:31
Malem gan ijin tanya
Apakah ada yg pernah punya pengalaman 2gd slow respon?
Dalam artian di gas ada delay sekitar 0.3-0.5 detik mesin baru respon?
Kondisi baru purging , ganti filter solar dan oli
Keluar bengkel tidak ada mslh , baru 1 minggu setelah berasa
Di mode pwr maupun normal
Mohon petunjuk gan
pasang Super Ground ala A Chien
gugel = A Chien kabel
bisa diliat ulasan2 nya
Halo suhu
Ijin info kmrn sudah ke bengkel luar
Katanya ngobos pdhal km baru 19rb tahun 2021
Tapi ke bengkel toyota katanya aman
Katanya itu campuran udara dan bahan bakar yg blm terbakar dimasukkan lagi lwt katup blow by gas?
awas jangan sampe kena tipu.... odo 19rb hrsnya ga mungkin ngobos, kecuali klo ga ganti oli dari baru maybe....... ato kena solar bener2 busuk.. cek lagi 2nd opinion
blow by gas pasti ada, makanya ada PCV valve udara dr situ dimasukin lagi ke sebelum turbo. klo mau IC bersih dipasangin oil catch tank. sptnya sih itu masih dalam batas wajar ya. asap knalpot ga putih kan.
slow responsenya gimana, kl boost udah masuk apakah masih slow response? tenaga di rpm atasnya gimana?
jadi inget dulu pas pake innova 2kd, keluhan suara mesin kasar/berisik sampe kedengeran di dalem kabin. ke bengkel A dibilang WAH INJECTOR NIH HARUS GANTI.. BLABLABNBLABLA.
cek ke bengkel lain, cuman karet di steering collumn antara ruang mesin dan firewall yang sobek..... diganti itu langsung ADEM suaranya ga kedengeran di kabin lagi... BRENGSEK lah itu yg bilang injector kena...
Slm kenal baru pakai 2GD matic Diesel 2016 dengan posisi KM sudah 121rb (beli seken). Setelah 3 bulan sy pakai oi PTT 10w30 CI-4 ada yg mau sy tanyakan.
1. pada saat pertama start mesin pagi suara agak berisik (bisa oli telat naik / bisa timing chain/damper udah mulai kendor) setelah itu suaranya lama2 halus dan sampai di saat suara mesin halus bener2 halus (hanya sekitar 1 menit mungkin) tapi ngga berapa lama setelah itu (karena mesin udah mulai panas jarum temperatur mulai ke tengah) suaranya berubah lagi ke suara diesel yg menurut sy agak kasar. Apakah memang seperti itu normalnya ?
2. Selama 3 bulan pakai sy selalu isi pertadex. sebenernya untuk reborn 2016 sanggup ada biosol + additif cuman sy khawatir karena semenjak beli seken belum pernah kalibrasi injektor. (treatment yg sudah dilakukan purging gantung, ganti filsol atas dan bawah ori, kuras tangki). Kalo misal sy mulai isi biosol +additif lagi apakah aman om? atau harus kalibrasi injektor dulu biar sekalian cek injektornya ?
hendatama wrote: Mon Feb 03, 2025 4:08
Selamat Pagi temen2 SM Motor
Slm kenal baru pakai 2GD matic Diesel 2016 dengan posisi KM sudah 121rb (beli seken). Setelah 3 bulan sy pakai oi PTT 10w30 CI-4 ada yg mau sy tanyakan.
1. pada saat pertama start mesin pagi suara agak berisik (bisa oli telat naik / bisa timing chain/damper udah mulai kendor) setelah itu suaranya lama2 halus dan sampai di saat suara mesin halus bener2 halus (hanya sekitar 1 menit mungkin) tapi ngga berapa lama setelah itu (karena mesin udah mulai panas jarum temperatur mulai ke tengah) suaranya berubah lagi ke suara diesel yg menurut sy agak kasar. Apakah memang seperti itu normalnya ?
2. Selama 3 bulan pakai sy selalu isi pertadex. sebenernya untuk reborn 2016 sanggup ada biosol + additif cuman sy khawatir karena semenjak beli seken belum pernah kalibrasi injektor. (treatment yg sudah dilakukan purging gantung, ganti filsol atas dan bawah ori, kuras tangki). Kalo misal sy mulai isi biosol +additif lagi apakah aman om? atau harus kalibrasi injektor dulu biar sekalian cek injektornya ?
mohon arahannya temen SM Motor. dan terima kasih.
sy aga berisik cuman 1-2 detik aja, saya pikir sih karena oli blom naik. abis itu suaranya ya konstant aja (emang lebih berisik dibanding diesel eropa)
kalibrasi injector sebenrnya bisa dilihat dari scannerdata2 nya, apa parameter nya masih wiithin spec. klo masih within spec ya ga usah diapa2in.
mobil saya innova 2018 dari baru cuman isi dex, tapi di odo 95k kmarin di kalibrasi injector, karena ya emang pas injector dibongkar juga (ganti nozzle) jadi sekalian aja.
cuman nemu ini, pic tahun 2014 pas masih jaman pake KD. yg musti dilihat injection quantity correction nya. klo udah besar ya hrs kalibrasi.
IMG_20141029_090417.jpg
IMG_20141022_160650.jpg
klo sy sih biar hati tenang pake dex aja, ga usah pusing2 mikirin aditif tambahan. toh pake dex masih irittttt dengan tenaga yang di dapat.
jadi kesimpulannya apa, innova saya kmrn ganti ban, bagian depan ban nya habis dalem.... pdhl kaki2 rajin dicek. emang mobilnya ga std lagi velg + suspensi nya tp ya masa gini amat
IMG_4641.jpg
data spooring setelah pake ban baru.
SCR-20250214-hroo.jpeg
data lama camber -1.5 harusnya ga separah itu ga sih habis dalem nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29
Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.
Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.
Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).
Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
kalau boleh tau ini beli dimana om yg khusus reborn? dan harga brp? soalnya saya pernah pakai yg buat innova diesel lama sepertinya itu agak tinggi dibanding per reborn original dan terlalu empuk
NestlePureLife wrote: Fri Jan 24, 2025 13:31
Malem gan ijin tanya
Apakah ada yg pernah punya pengalaman 2gd slow respon?
Dalam artian di gas ada delay sekitar 0.3-0.5 detik mesin baru respon?
Kondisi baru purging , ganti filter solar dan oli
Keluar bengkel tidak ada mslh , baru 1 minggu setelah berasa
Di mode pwr maupun normal
Mohon petunjuk gan
pasang Super Ground ala A Chien
gugel = A Chien kabel
bisa diliat ulasan2 nya
Halo suhu
Ijin info kmrn sudah ke bengkel luar
Katanya ngobos pdhal km baru 19rb tahun 2021
Tapi ke bengkel toyota katanya aman
Katanya itu campuran udara dan bahan bakar yg blm terbakar dimasukkan lagi lwt katup blow by gas?
Hello om, user 2GD 2019 di sini, ane melihat KM nya yg baru 19k km, berani jamin itu bukan ngobos, ya memang gitulah turbo diesel, ngobos itu bisa d buktikan dgn test kompresi tiap2 silinder. Asal ngga makan oli gak wajar atau drop power yg significant, lanjut aja om.
Masalah "rasanya" power sedikit lag itu bisa jd karena kualitas bbm yg d dapat lg jelek, cukup umum d spbu indo, kadang dapat diesel bagus, kdg jelek. Klo mau pastinya coba cek kompresi d bengkel om.
saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29
Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.
Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.
Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).
Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
kalau boleh tau ini beli dimana om yg khusus reborn? dan harga brp? soalnya saya pernah pakai yg buat innova diesel lama sepertinya itu agak tinggi dibanding per reborn original dan terlalu empuk
Saya beli via owner Jamex langsung. Spek per depan khusus Reborn memang baru ada akhir 2024/awal 2025. Sebelum 2025 hanya ada per belakang yang khusus Reborn.
saturday wrote: Sun Dec 15, 2024 16:29
Lagi cobain per depan Jamex produksi terbaru bagian depan spek khusus Reborn. Barang baru masuk Indonesia bulan ini. Saya belum tahu part numbernya karena barang yang dikirim ke saya masih menggunakan kardus lama.
Seperti yang pernah saya post di thread lain, per Jamex depan untuk "Innova Diesel" itu diperuntukkan Innova 2KD; mentang-mentang bisa dipasang di Reborn, seluruh seller di marketplace klaim itu bisa untuk Reborn. Sekedar bisa terpasang, tapi tidak optimal.
IMG-20241214-WA0068.jpg
Ribooon.png
Ribooon2.png
Yang saya rasakan hentakan lebih lembut karena spring rate sedikit berkurang, tapi tetap bisa membuat body roll berkurang karena jumlah coil yang bertambah. Paling terasa ketika sedang menikung atau U-turn, lalu mau kembali ke posisi setir center; body rollnya jadi berkurang dibanding per ori.
Terlihat bagian depan lebih turun, CMIIW, saya tidak ada foto pembanding sebelum ganti per. Untungnya shock Jamex Monotube yang saya gunakan ada setelan untuk naik-turun. Masih bisa dinaikkan 1 atau 2 cm tergantung mau didudukkan di groove mana (tiap groove = 1 cm).
Kapan sempat akan tes naik 1 cm supaya tidak terlalu terlihat nungging.
kalau boleh tau ini beli dimana om yg khusus reborn? dan harga brp? soalnya saya pernah pakai yg buat innova diesel lama sepertinya itu agak tinggi dibanding per reborn original dan terlalu empuk
Saya beli via owner Jamex langsung. Spek per depan khusus Reborn memang baru ada akhir 2024/awal 2025. Sebelum 2025 hanya ada per belakang yang khusus Reborn.
owalah saya nyari yg khusus reborn sulit om dikasihnya yg tipe buat innova lama terus hehe, btw kalau pakai shock standar jika pakai per jamex itu khusus reborn berarti bakalan turun yaa dibanding standarnya? dan apakah lebih empuk di banding standarnya om?
kalau boleh tau ini beli dimana om yg khusus reborn? dan harga brp? soalnya saya pernah pakai yg buat innova diesel lama sepertinya itu agak tinggi dibanding per reborn original dan terlalu empuk
Saya beli via owner Jamex langsung. Spek per depan khusus Reborn memang baru ada akhir 2024/awal 2025. Sebelum 2025 hanya ada per belakang yang khusus Reborn.
owalah saya nyari yg khusus reborn sulit om dikasihnya yg tipe buat innova lama terus hehe, btw kalau pakai shock standar jika pakai per jamex itu khusus reborn berarti bakalan turun yaa dibanding standarnya? dan apakah lebih empuk di banding standarnya om?
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
Dulu sudah pernah dibahas di salah 1 thread disini. Bahkan mulai innova lama (sebelum reborn) jg kena kalo ga salah.
Sy punya anki pre fl stir ny sih ga liar, tergantung yg spooring. Cuma stir sering lari ke kiri sih, sy sampai ke 5 bengkel spooring, bengkel ke5 baru bisa lurus stir ny.
Kalo jalan ngebut anteng” aja, cuma kalo ada jalan gelombang stir jd ngebuang dikit tapi masih terkendali. Mungkin SAI ini ada hubungan dg ban depan reborn yg sering makan sebelah.
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
Sebenarnya saya merasa hal yang sama
1. waktu jalan pelan keriting terasa setir nark kiri dan kanan, dan ada speeling dek kecil sekali
2. waktu jalan kecepatan tinggi direm setir narik kiri dan kanan (ini sebenarnya cuma masalah piringan ORI yang jelek). Ganti dengan 1 set rem yang bagus pasti selesai.
3. waktu kecepatan tinggi mobil bisa oleng sendiri ke kanan atau ke kiri kalau pas terkena lobang, ini terasa banget. Di Mobil HRV juga terasa tapi tidak parah
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
Sebenarnya saya merasa hal yang sama
1. waktu jalan pelan keriting terasa setir nark kiri dan kanan, dan ada speeling dek kecil sekali
2. waktu jalan kecepatan tinggi direm setir narik kiri dan kanan (ini sebenarnya cuma masalah piringan ORI yang jelek). Ganti dengan 1 set rem yang bagus pasti selesai.
3. waktu kecepatan tinggi mobil bisa oleng sendiri ke kanan atau ke kiri kalau pas terkena lobang, ini terasa banget. Di Mobil HRV juga terasa tapi tidak parah
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
Dulu sudah pernah dibahas di salah 1 thread disini. Bahkan mulai innova lama (sebelum reborn) jg kena kalo ga salah.
Sy punya anki pre fl stir ny sih ga liar, tergantung yg spooring. Cuma stir sering lari ke kiri sih, sy sampai ke 5 bengkel spooring, bengkel ke5 baru bisa lurus stir ny.
Kalo jalan ngebut anteng” aja, cuma kalo ada jalan gelombang stir jd ngebuang dikit tapi masih terkendali. Mungkin SAI ini ada hubungan dg ban depan reborn yg sering makan sebelah.
Berarti penggugat ini jg dia punya pengetahuan scr teknik & feel nyetirnya ok juga...sampe bisa temukan fault ini...
Bener dulu pernah dibahas di salah satu trit sini...mungkin beliau member SM jg
punya saya sih masih sesuai spec ya....(berdasarkan hasil spooring terakhir di bbrp post diatas) padahal kondisi kaki2 udah tidak standard. tapi ya kijang innova sblm zenix kan emang masih ladder frame, I never expected it will handle well. Tapi ya buat saya masih acceptable compromise. Kondisi standard emang rada horror lah buat di kecepatan tinggi, tapi ya bisa lah diganti part2 nya dengan yang lebih bagus dari ori biar improve sedikit.
soal rem yang lari kiri kanan klo ngerem di kecepatan tinggi, ini ga cuman di innova, yg CBU kayak vellfire/alphard aja kaya gitu, sampah. rem nya gampang warp, jadi ya brake power nya bisa beda2 tuh ban kiri dan ban kanan, hence lari2 setirnya.
MSU wrote: Sun Feb 23, 2025 0:10
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
pengalaman pake anki bensin
1. dl abis ganti velg dr r16 ke r17, pas spooring lama bgt ada kali 2 jam lebih, montir nya sampe tes jalan 3x. pas kelar cm di kasih tau, kl khusus anki agak tricky settingnya (entah ada hubungannya atau ga dgn perihal yg digugat di video tsb). tp ya emg hasilnya oke sih, ga geter di kecepatan tinggi, udah setahun blm spooring lg masih oke. apa bobot mesin jg pengaruh antara 1tr dan 2gd jg kurang paham.
2. dari beberapa org yg pakai adaptor/spacer utk capai rata bodi, ketebalan di sisi kanan & kiri beda, ataupun upsize velg ke r18, ada yg sisi kiri udh rata bodi, tp sisi kanan agak keluar/kedalam atau sebaliknya. padahal lebar & ET velg sama. (again, entah ada hubungannya atau ga dgn perihal yg digugat di video tsb atau emg semua merk mobil begitu)
3. isunya sih part lower arm yg disini sm anki yg di malay, thai, viet & ph beda spek.
tp overall, ngeri jg ya memperjuangkan hak konsumen disini
MSU wrote: Sun Feb 23, 2025 0:10
Kasus T digugat konsumen terkait arm roda
Sy ga pernah pake ANKI tp apa betulan stirnya liar? Krn kl liat dijalanan pd ngebut santai2 aja
pengalaman pake anki bensin
1. dl abis ganti velg dr r16 ke r17, pas spooring lama bgt ada kali 2 jam lebih, montir nya sampe tes jalan 3x. pas kelar cm di kasih tau, kl khusus anki agak tricky settingnya (entah ada hubungannya atau ga dgn perihal yg digugat di video tsb). tp ya emg hasilnya oke sih, ga geter di kecepatan tinggi, udah setahun blm spooring lg masih oke. apa bobot mesin jg pengaruh antara 1tr dan 2gd jg kurang paham.
2. dari beberapa org yg pakai adaptor/spacer utk capai rata bodi, ketebalan di sisi kanan & kiri beda, ataupun upsize velg ke r18, ada yg sisi kiri udh rata bodi, tp sisi kanan agak keluar/kedalam atau sebaliknya. padahal lebar & ET velg sama. (again, entah ada hubungannya atau ga dgn perihal yg digugat di video tsb atau emg semua merk mobil begitu)
3. isunya sih part lower arm yg disini sm anki yg di malay, thai, viet & ph beda spek.
tp overall, ngeri jg ya memperjuangkan hak konsumen disini
Kalau Reborn saya, supaya setir bisa lurus ada dimainkan sudut casternya. Caster kiri sudah mentok tidak bisa dibuat lebih positif (maju), terpaksa caster kanan yang ngalah mundur (negatif).
IMG-20241127-WA0061.jpg
Setir lurus dan lebih stabil, tapi kalau setir belok mentok ke kanan kadang bergesekan, apalagi mobilnya sudah di adaptor spacer 26mm dan ban upsize 225/55/R17.
Untungnya saya tidak mengalami ban satu sisi lebih keluar/kedalam setelah di spacer seperti kasus nomor 2.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pitikkobong wrote: Tue Feb 25, 2025 2:37
...
2. dari beberapa org yg pakai adaptor/spacer utk capai rata bodi, ketebalan di sisi kanan & kiri beda, ataupun upsize velg ke r18, ada yg sisi kiri udh rata bodi, tp sisi kanan agak keluar/kedalam atau sebaliknya. padahal lebar & ET velg sama. (again, entah ada hubungannya atau ga dgn perihal yg digugat di video tsb atau emg semua merk mobil begitu)
...
ini terjadi di bagian belakang aja berhubung itu solid axle kan, terutama terjadi kalau dipendekin otomatis akan bergeser sedikit jadinya. solusi yang lebih proper itu pakai adjustable panhard rod, jadi bisa di adjust itu.
ini kan terjadi di semua mobil yang pakai solid axle/torsion beam klo dipendekin/ditinggiin dari std.
saturday wrote: Tue Feb 25, 2025 4:53
Kalau Reborn saya, supaya setir bisa lurus ada dimainkan sudut casternya. Caster kiri sudah mentok tidak bisa dibuat lebih positif (maju), terpaksa caster kanan yang ngalah mundur (negatif).
IMG-20241127-WA0061.jpg
Setir lurus dan lebih stabil, tapi kalau setir belok mentok ke kanan kadang bergesekan, apalagi mobilnya sudah di adaptor spacer 26mm dan ban upsize 225/55/R17.
Untungnya saya tidak mengalami ban satu sisi lebih keluar/kedalam setelah di spacer seperti kasus nomor 2.
iya betul om, kyknya punya saya jg negatif, cm lupa data sheet nya kemana. sebelum spooring terakhir setir selalu buang ke kiri sedikit. saya pakai 215/60/R17 aman om, ga gesek. blm pake spacer/adaptor sih, masih fitment kopaja
innozen.jpg
btw, itu velg venturer kan ya om? unik jg jadi two tone polish
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by pitikkobong on Wed Feb 26, 2025 2:11, edited 2 times in total.
tesna wrote: Tue Feb 25, 2025 5:42
ini terjadi di bagian belakang aja berhubung itu solid axle kan, terutama terjadi kalau dipendekin otomatis akan bergeser sedikit jadinya. solusi yang lebih proper itu pakai adjustable panhard rod, jadi bisa di adjust itu.
ini kan terjadi di semua mobil yang pakai solid axle/torsion beam klo dipendekin/ditinggiin dari std.
yah moga2 ketemu deh solusi nya buat yang lain.
iya bener om pada pake panhard atau kadang spacer/adaptorrnya dibikin beda ketebalannya.
hooo kirain cm anki doang yg begitu soalnya ya aneh aja kanan-kiri beda fitment
baru jg keluar kasus anki ini. udah ada kasus pertamax oplos. gimana ini dah ahhhh. los suramos
pitikkobong wrote: Wed Feb 26, 2025 1:05
iya betul om, kyknya punya saya jg negatif, cm lupa data sheet nya kemana. sebelum spooring terakhir setir selalu buang ke kiri sedikit. saya pakai 215/60/R17 aman om, ga gesek. blm pake spacer/adaptor sih, masih fitment kopaja
innozen.jpg
btw, itu velg venturer kan ya om? unik jg jadi two tone polish
Kalau tidak pakai spacer sih seharusnya aman. Saya pakai 225/55/R17 tidak ada gesek sebelum dipakaikan adptor spacer.
Ketika beli adaptor spacer hanya ada opsi 30mm; itu sering sekali gesek. Akhirnya dibubut, tapi operatornya hanya berani sampai 26mm.
Kapan-kapan saya mau ganti adaptor spacer 20mm saja. Sekarang di marketplace ada opsi 20mm dan 25mm.
Velg saya original bawaan Venturer dan direpaint oleh
Halo om om semua, izin minta rekomendasi dong
Kebetulan shock absorber innova reborn bensin saya udah perlu ganti sebab sudah bocor. Sehingga bisa jd kesempatan buat coba shock aftermarket nih, setelah baca baca di forum ini banyak yg rekomendasiin buat pake shock prado awal awal atau fortuner KD TRD.
Kebetulan yang dibutuhkan lebih ke arah manusiawi buat dipake daily. Ga terlalu keras kaya batu, ga terlalu mental mentul juga.
Berikut daftar shock yg masuk ke dalam inceran saya:
1. Tokico dengan DC 2jt kecil
2. Profender jumbo dengan DC 4jt sedeng
3. Profender adjustable dengan DC 6jt sedeng
4. YSS DTG adjustable dengan DC 6jt sedeng
Bagi yang sudah menggunakan shock tersebut, apabila berkenan boleh dishare pengalamannya hehehehe.
Btw saya domisili di jakarta timur, ada rekomendasi bengkel buat pemasangannya ga ya om?