pe-remajaan part radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

budum5
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 13, 2022 6:05

pe-remajaan part radiator

Post by budum5 »

halo teman - teman saraya motor,
saya ada mobil yaris bakpao tahun 2011 kebetulan waktu itu ambil second di awal tahun 2023,
so far mobil aman - aman aja sampai saat ini, cuma kalau buka kap mesin mata lumayan ke ganggu sama part - part radiator.
kira - kira kalau saya mau ganti part - part radiator kyk selang filter dll itu worthit gak ya ? terus apakah mending ke bengkel resmi atau ke bengkel - bengkel radiator aja ?

terus karena mobil udah sering di pakai sama istri jadinya kadang suka kepikiran aja kalau lagi di pakai sama istri :mky_01:


terimakasih sebelumnya
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: pe-remajaan part radiator

Post by zonepublic »

Worthed kok ganti selang2 kan dipake sendiri,bengkel radiator aja ga apa2 kalo cuma ganti selang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: pe-remajaan part radiator

Post by ChZ »

Yang penting dari radiator cuma

Kuras berkala sekalian cek sistem. Kalo ada apa apa langsung ketauan. Langsung ganti jangan ngakal2 ya oom. Krusial soalnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: pe-remajaan part radiator

Post by azu »

budum5 wrote: Sun Feb 23, 2025 13:36 halo teman - teman saraya motor,
saya ada mobil yaris bakpao tahun 2011 kebetulan waktu itu ambil second di awal tahun 2023,
so far mobil aman - aman aja sampai saat ini, cuma kalau buka kap mesin mata lumayan ke ganggu sama part - part radiator.
kira - kira kalau saya mau ganti part - part radiator kyk selang filter dll itu worthit gak ya ? terus apakah mending ke bengkel resmi atau ke bengkel - bengkel radiator aja ?

terus karena mobil udah sering di pakai sama istri jadinya kadang suka kepikiran aja kalau lagi di pakai sama istri :mky_01:


terimakasih sebelumnya
Yang paling mudah dilakukan untuk mobil berumur: ganti radiator cap, biasanya kondisinya udah kurang oke. Tapi cek dulu aja, buka radiator cap kemudian lihat kondisi coolant dan bagian dalamnya. Kalau hanya coolant keruh saja tidak ada kerak/noda kuning, cukup kuras coolant. Kalau sudah ada kerak2 kuning, bisa jadi kondisi cooling system sudah kotor.

Kalau cooling system sudah kotor gimana? Tergantung budget :mky_01:
Kalau mau maksimal, bisa ganti itu semua komponen cooling system dari radiator, selang, pipa filler dan radiator cap, thermostat, ata bahkan sekalian water pump :big_biglaugh:

Tapi kalau belum ada keluhan sampai bocor atau overheat, bisa kuras dulu aja. Kalau saya sih biasanya dua tahap, pertama buang coolant dan isi pakai aquades/amidis. Biarkan aquades bersirkulasi dulu, setelah itu baru kuras lagi dan isi demgan coolant.


Pengalaman saja om, saya dulu pakai Vios Gen2 2007 yg mesin dan cooling systemnya sama persis dengan Yaris Bakpao. Kondisinya adalah beberapa kali ganti tutup radiator sempat malah diisi air dan coolant generik yg hijau sama bengkel utk topup coolant :big_slap:

Di usia 15 tahun dan Km160an ribu, pipa filler (yg ada radiator cap) mulai ada retak ketauan ada rembes coolant. Awalnya saya biarin dulu sambil sering2 top up coolant aja karena belum sempat ke bengkel, eh ga lama kemudian itu upper tank radiator bocor juga :big_slap:

Akhirnya sih yg saya ganti waktu itu:
- pipa filler radiator (termasuk radiator cap) kalau ga salah 200ribuan inden di Auto2000
- Selang radiator 3pcs (bawah 1pcs, atas 2pcs) seingat saya 600ribuan semuanya inden di Auto2000
- Coolant TMO SLLC, beli di Auto2000
- Radiator Koyorad 850rb beli online Tokped

Waktu itu saya memutuskan ganti selang juga biar sekalian aja ga bolak-balik bengkel urusan radiator :big_biglaugh:

Sebelum ganti radiator saya kuras dulu pakai Amidis juga untuk bersihin kotoran di cooling systemnya. Gantinya di bengkel biasa aja, tapi tetep saya awasin instalasinya.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
budum5
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 13, 2022 6:05

Re: pe-remajaan part radiator

Post by budum5 »

azu wrote: Sun Feb 23, 2025 17:35
budum5 wrote: Sun Feb 23, 2025 13:36 halo teman - teman saraya motor,
saya ada mobil yaris bakpao tahun 2011 kebetulan waktu itu ambil second di awal tahun 2023,
so far mobil aman - aman aja sampai saat ini, cuma kalau buka kap mesin mata lumayan ke ganggu sama part - part radiator.
kira - kira kalau saya mau ganti part - part radiator kyk selang filter dll itu worthit gak ya ? terus apakah mending ke bengkel resmi atau ke bengkel - bengkel radiator aja ?

terus karena mobil udah sering di pakai sama istri jadinya kadang suka kepikiran aja kalau lagi di pakai sama istri :mky_01:


terimakasih sebelumnya
Yang paling mudah dilakukan untuk mobil berumur: ganti radiator cap, biasanya kondisinya udah kurang oke. Tapi cek dulu aja, buka radiator cap kemudian lihat kondisi coolant dan bagian dalamnya. Kalau hanya coolant keruh saja tidak ada kerak/noda kuning, cukup kuras coolant. Kalau sudah ada kerak2 kuning, bisa jadi kondisi cooling system sudah kotor.

Kalau cooling system sudah kotor gimana? Tergantung budget :mky_01:
Kalau mau maksimal, bisa ganti itu semua komponen cooling system dari radiator, selang, pipa filler dan radiator cap, thermostat, ata bahkan sekalian water pump :big_biglaugh:

Tapi kalau belum ada keluhan sampai bocor atau overheat, bisa kuras dulu aja. Kalau saya sih biasanya dua tahap, pertama buang coolant dan isi pakai aquades/amidis. Biarkan aquades bersirkulasi dulu, setelah itu baru kuras lagi dan isi demgan coolant.


Pengalaman saja om, saya dulu pakai Vios Gen2 2007 yg mesin dan cooling systemnya sama persis dengan Yaris Bakpao. Kondisinya adalah beberapa kali ganti tutup radiator sempat malah diisi air dan coolant generik yg hijau sama bengkel utk topup coolant :big_slap:

Di usia 15 tahun dan Km160an ribu, pipa filler (yg ada radiator cap) mulai ada retak ketauan ada rembes coolant. Awalnya saya biarin dulu sambil sering2 top up coolant aja karena belum sempat ke bengkel, eh ga lama kemudian itu upper tank radiator bocor juga :big_slap:

Akhirnya sih yg saya ganti waktu itu:
- pipa filler radiator (termasuk radiator cap) kalau ga salah 200ribuan inden di Auto2000
- Selang radiator 3pcs (bawah 1pcs, atas 2pcs) seingat saya 600ribuan semuanya inden di Auto2000
- Coolant TMO SLLC, beli di Auto2000
- Radiator Koyorad 850rb beli online Tokped

Waktu itu saya memutuskan ganti selang juga biar sekalian aja ga bolak-balik bengkel urusan radiator :big_biglaugh:

Sebelum ganti radiator saya kuras dulu pakai Amidis juga untuk bersihin kotoran di cooling systemnya. Gantinya di bengkel biasa aja, tapi tetep saya awasin instalasinya.
mantap sekali om penjelasannya, kondisi sekarang sih saya cek2 belum ada bocor, cuma memang saya gak tau kondisi di dalam nya coollant apa kah kotor saja atau memang sudah berkerak, dari sisi performance karena memang jarang keluar kota jadi nya belum kerasa apa - apa juga saat di bawa.

kalau dibaca dari penjelasan om budget minimal mungkin sekitar 5 jutaan ya ?

terimakasih om buat informasinya
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: pe-remajaan part radiator

Post by azu »

budum5 wrote: Sun Feb 23, 2025 23:54
mantap sekali om penjelasannya, kondisi sekarang sih saya cek2 belum ada bocor, cuma memang saya gak tau kondisi di dalam nya coollant apa kah kotor saja atau memang sudah berkerak, dari sisi performance karena memang jarang keluar kota jadi nya belum kerasa apa - apa juga saat di bawa.

kalau dibaca dari penjelasan om budget minimal mungkin sekitar 5 jutaan ya ?

terimakasih om buat informasinya
Ga sampe 5 jutaan kok om paling 2jutaan aja, itu selang 600ribuan utk semua selang2nya ya om. Kalau mau maksimal sekalian thermostatnya ganti juga :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: pe-remajaan part radiator

Post by ginting »

budum5 wrote: Sun Feb 23, 2025 23:54
azu wrote: Sun Feb 23, 2025 17:35
budum5 wrote: Sun Feb 23, 2025 13:36 halo teman - teman saraya motor,
saya ada mobil yaris bakpao tahun 2011 kebetulan waktu itu ambil second di awal tahun 2023,
so far mobil aman - aman aja sampai saat ini, cuma kalau buka kap mesin mata lumayan ke ganggu sama part - part radiator.
kira - kira kalau saya mau ganti part - part radiator kyk selang filter dll itu worthit gak ya ? terus apakah mending ke bengkel resmi atau ke bengkel - bengkel radiator aja ?

terus karena mobil udah sering di pakai sama istri jadinya kadang suka kepikiran aja kalau lagi di pakai sama istri :mky_01:


terimakasih sebelumnya
Yang paling mudah dilakukan untuk mobil berumur: ganti radiator cap, biasanya kondisinya udah kurang oke. Tapi cek dulu aja, buka radiator cap kemudian lihat kondisi coolant dan bagian dalamnya. Kalau hanya coolant keruh saja tidak ada kerak/noda kuning, cukup kuras coolant. Kalau sudah ada kerak2 kuning, bisa jadi kondisi cooling system sudah kotor.

Kalau cooling system sudah kotor gimana? Tergantung budget :mky_01:
Kalau mau maksimal, bisa ganti itu semua komponen cooling system dari radiator, selang, pipa filler dan radiator cap, thermostat, ata bahkan sekalian water pump :big_biglaugh:

Tapi kalau belum ada keluhan sampai bocor atau overheat, bisa kuras dulu aja. Kalau saya sih biasanya dua tahap, pertama buang coolant dan isi pakai aquades/amidis. Biarkan aquades bersirkulasi dulu, setelah itu baru kuras lagi dan isi demgan coolant.


Pengalaman saja om, saya dulu pakai Vios Gen2 2007 yg mesin dan cooling systemnya sama persis dengan Yaris Bakpao. Kondisinya adalah beberapa kali ganti tutup radiator sempat malah diisi air dan coolant generik yg hijau sama bengkel utk topup coolant :big_slap:

Di usia 15 tahun dan Km160an ribu, pipa filler (yg ada radiator cap) mulai ada retak ketauan ada rembes coolant. Awalnya saya biarin dulu sambil sering2 top up coolant aja karena belum sempat ke bengkel, eh ga lama kemudian itu upper tank radiator bocor juga :big_slap:

Akhirnya sih yg saya ganti waktu itu:
- pipa filler radiator (termasuk radiator cap) kalau ga salah 200ribuan inden di Auto2000
- Selang radiator 3pcs (bawah 1pcs, atas 2pcs) seingat saya 600ribuan semuanya inden di Auto2000
- Coolant TMO SLLC, beli di Auto2000
- Radiator Koyorad 850rb beli online Tokped

Waktu itu saya memutuskan ganti selang juga biar sekalian aja ga bolak-balik bengkel urusan radiator :big_biglaugh:

Sebelum ganti radiator saya kuras dulu pakai Amidis juga untuk bersihin kotoran di cooling systemnya. Gantinya di bengkel biasa aja, tapi tetep saya awasin instalasinya.
mantap sekali om penjelasannya, kondisi sekarang sih saya cek2 belum ada bocor, cuma memang saya gak tau kondisi di dalam nya coollant apa kah kotor saja atau memang sudah berkerak, dari sisi performance karena memang jarang keluar kota jadi nya belum kerasa apa - apa juga saat di bawa.

kalau dibaca dari penjelasan om budget minimal mungkin sekitar 5 jutaan ya ?

terimakasih om buat informasinya
kalau saran saya bertahap aja dulu..

1. tahap pertama, kuras coolant radiator, cek ada kerak atau coolant jadi kotor atau kagak..

2. tahap 2, ganti selang selang..krn biasanya tahun ke 7 selang2 sudah mulai getas dan retak2 kecil...

3. tahap 3, bila perlu ganti semua cooling system...maka aman damai semuanya.....btw jangan lupa kisi kisi radiator dibersihkan krn biasa banyak debut kotoran disana...
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: pe-remajaan part radiator

Post by touchme »

worthed ato ngga tergantung kondisi mobil, waktu, dan dompet... soal bengkel si ane lebi percaya bengkel spesialis yang reputable.

kalo ane parts cooling system mobkas yang jadi menu wajib ganti walo belum keliatan rusak.. water pump ama motor fan/clutch fan kalo model visco. selain itu sifatnya ganti kalo perlu.

sebelum kuras dan ganti coolant, liat kondisinya.. kalo masi minim karat dan keropos baru dah kerjain.. jangan lupa proses bleeding harus tuntas.
cek visual upper tank, semua selang, reservoir, baut kupu".. kalo ada tanda getas, retak, ganti. namanya plastik kena panas bertaun taun pasti ada umurnya. klem selang pake aslinya yang jepit, jangan diklem baut.
cek suhu bukaan termostat, cek pressure tutup radiator.. kalo bengkelnya bener pasti tau cara dan punya alatnya.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: pe-remajaan part radiator

Post by ilhami »

Pengalaman dengan radiator:
- ganti selang water bypass (innova)
- tutup radiator
- ganti air radiator 3 tahun sekali juga tidak masalah :ngacir:
- radiator dibersihkan (disodok) tapi hasilnya baik-baik saja tidak ada karat.
PR nya:
- sekitar visco fan rembesan air radiator, sepertinya seal sudah mulai rembes.