Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mkamil »

MSU wrote: Fri Feb 21, 2025 1:44
mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 1:32
kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 0:54
mending warna ijo ga sih? pernah saya kuras l15z1 pake itu malah ga susut2 :mky_01:
saya sesuai rekomendasi pabrikan aja pakai Type 2 (biru).

Cerita sedikit, dulu saya beli di beres saat services, saya minta tambah 1 botol coolant (bayar sendiri) buat top up kalau2 dibutuhkan/inspeksi sendiri, saat selesai service SA bilang coolant ada didalam mobil yang ternyata Type 1 (hijau), saya complain karena maksudnya Type 2 (biru) sesuai rekomendasi pada sticker di mesin, akhirnya mereka check stock dulu yang untungnya tersedia lalu revisi invoice dan tukar.

Pada waktu itu heran sih kok bisa ya mereka salah, apa mungkin karena terbiasa atau pukul rata semua coolant masih pakai Type 1 (hijau) padahal jelas direkomendasikan pakai yang Type 2 (biru). :big_think:
pasti yg type 1 itu yang murah....kalo iya...mungkin mayoritas konsumen pake yang ini karena murah
betul, pada saat itu type 1 (hijau) lebih murah dibanding type 2 (biru), sekarang juga sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 1:32
kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 0:54
mkamil wrote: Thu Feb 20, 2025 22:05

Maksudnya Honda Coolant Type 2 warna biru? kalau di saya aman sih, brv 2016 pada 1-2 tahun pertama memang top up beberapa kali tapi hingga tahun ke 8 sekarang ga pernah top up Coolant Type 2 lagi, level on full mark (cold).
mending warna ijo ga sih? pernah saya kuras l15z1 pake itu malah ga susut2 :mky_01:
saya sesuai rekomendasi pabrikan aja pakai Type 2 (biru).

Cerita sedikit, dulu saya beli di beres saat services, saya minta tambah 1 botol coolant (bayar sendiri) buat top up kalau2 dibutuhkan/inspeksi sendiri, saat selesai service SA bilang coolant ada didalam mobil yang ternyata Type 1 (hijau), saya complain karena maksudnya Type 2 (biru) sesuai rekomendasi pada sticker di mesin, akhirnya mereka check stock dulu yang untungnya tersedia lalu revisi invoice dan tukar.

Pada waktu itu heran sih kok bisa ya mereka salah, apa mungkin karena terbiasa atau pukul rata semua coolant masih pakai Type 1 (hijau) padahal jelas direkomendasikan pakai yang Type 2 (biru). :big_think:
type 1 umurnya pakainya lbh pendek, ditandai oleh honda dgn bikin oem coolant warna hijau.

klo type 2 lebih long life, warna biru.

tp selong life nya cairan coolant, kondisi di dlm botol aja, expirednya tertulis kan 3-5 thn dr tgl produksi (tergantung merek)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gifgof
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by gifgof »

Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 1:50
MSU wrote: Fri Feb 21, 2025 1:44
mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 1:32

saya sesuai rekomendasi pabrikan aja pakai Type 2 (biru).

Cerita sedikit, dulu saya beli di beres saat services, saya minta tambah 1 botol coolant (bayar sendiri) buat top up kalau2 dibutuhkan/inspeksi sendiri, saat selesai service SA bilang coolant ada didalam mobil yang ternyata Type 1 (hijau), saya complain karena maksudnya Type 2 (biru) sesuai rekomendasi pada sticker di mesin, akhirnya mereka check stock dulu yang untungnya tersedia lalu revisi invoice dan tukar.

Pada waktu itu heran sih kok bisa ya mereka salah, apa mungkin karena terbiasa atau pukul rata semua coolant masih pakai Type 1 (hijau) padahal jelas direkomendasikan pakai yang Type 2 (biru). :big_think:
pasti yg type 1 itu yang murah....kalo iya...mungkin mayoritas konsumen pake yang ini karena murah
betul, pada saat itu type 1 (hijau) lebih murah dibanding type 2 (biru), sekarang juga sih.
skrg masih juga, cman share pengalaman aja malah waktu saya kasih coolant hijau l15z1 ini malah jarang top up......mungkin dari yang dulu aktif skrg jarang2 keluar juga hehe :P

biru lebih bagus emang karena additif 50%.
Suryaputra wrote: Fri Feb 21, 2025 2:46
mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 1:32
kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 0:54 mending warna ijo ga sih? pernah saya kuras l15z1 pake itu malah ga susut2 :mky_01:
saya sesuai rekomendasi pabrikan aja pakai Type 2 (biru).

Cerita sedikit, dulu saya beli di beres saat services, saya minta tambah 1 botol coolant (bayar sendiri) buat top up kalau2 dibutuhkan/inspeksi sendiri, saat selesai service SA bilang coolant ada didalam mobil yang ternyata Type 1 (hijau), saya complain karena maksudnya Type 2 (biru) sesuai rekomendasi pada sticker di mesin, akhirnya mereka check stock dulu yang untungnya tersedia lalu revisi invoice dan tukar.

Pada waktu itu heran sih kok bisa ya mereka salah, apa mungkin karena terbiasa atau pukul rata semua coolant masih pakai Type 1 (hijau) padahal jelas direkomendasikan pakai yang Type 2 (biru). :big_think:
type 1 umurnya pakainya lbh pendek, ditandai oleh honda dgn bikin oem coolant warna hijau.

klo type 2 lebih long life, warna biru.

tp selong life nya cairan coolant, kondisi di dlm botol aja, expirednya tertulis kan 3-5 thn dr tgl produksi (tergantung merek)
yoi mbah. tapi OEM baru dikasih biru (l15z1 juga sih)
sama kaia toyota , longlifecoolant(30/70) ama superlonglifecoolant (50/50)
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
sebaiknya jangan sih, API SN ma SP additif beda walu sedikit. selagi sama visko gamsalah sih. dulu saya pernah dari sm ke sn cman biasanya yah itu kalo liat dipstik kaia numpuk antara oli lama ma baru lapisan kotoran itu kaia bikin kopi waktu udah lamaa, saran mending tap oli aja sih lagi
SNI maksimal SN kata suhu disini cman kaianya taun ini mau naik SP soalnya besok maret ILSAC launch GF-7/API SQ di bali (masa masih ketauan SN maksimal, malu dong tuan rumah) :mky_01:
gifgof
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by gifgof »

kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 3:58
gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
sebaiknya jangan sih, API SN ma SP additif beda walu sedikit. selagi sama visko gamsalah sih. dulu saya pernah dari sm ke sn cman biasanya yah itu kalo liat dipstik kaia numpuk antara oli lama ma baru lapisan kotoran itu kaia bikin kopi waktu udah lamaa, saran mending tap oli aja sih lagi
SNI maksimal SN kata suhu disini cman kaianya taun ini mau naik SP soalnya besok maret ILSAC launch GF-7/API SQ di bali (masa masih ketauan SN maksimal, malu dong tuan rumah) :mky_01:
wkwkwkwk nah kan, makanya ini apa beneran turun ke SN atau cuma akal2an biar sertifikasi SNInya turun, mungkin solusinya nyari batch sebelum 2024 yang masih SP sih, tapi ada yang pake label SNI tapi API SP, misal V*lvoline, ini hasil saya searching di marketplace kalo kata seller2 itu label SNInya ditempel :big_think: gitu
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
Betul SNI masih SN standardnya
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mkamil »

sahabatq8 wrote: Fri Feb 21, 2025 4:52
gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
Betul SNI masih SN standardnya
kalau versi 2020 sih sudah ada tulisan SP dan SP RC, atau ada ada dokumen lain yg mengatur? atau interpretasi atau penafsiran SNI itu berbeda? atau memang prinsip "latihan lain, main lain"? :big_think:
SNI 7069-1 2020.jpg
CMIIW, baru baca-baca sekilas bukan yg berkepentingan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

mkamil wrote: Fri Feb 21, 2025 6:00
sahabatq8 wrote: Fri Feb 21, 2025 4:52
gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
Betul SNI masih SN standardnya
kalau versi 2020 sih sudah ada tulisan SP dan SP RC, atau ada ada dokumen lain yg mengatur? atau interpretasi atau penafsiran SNI itu berbeda? atau memang prinsip "latihan lain, main lain"? :big_think:
SNI 7069-1 2020.jpg

CMIIW, baru baca-baca sekilas bukan yg berkepentingan
Kalo ga salah terkahir (tahun lalu) itu masih pake yang 2016 ato 2018 gitu.
Lucunya SNI pertama kali dulu pas 2018, malah speknya lebih maju. Diesel udah sampe CK-4 , (tahun lalu balik ke CJ-4)
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by suketcell »

sahabatq8 wrote: Fri Feb 21, 2025 6:25
sahabatq8 wrote: Fri Feb 21, 2025 4:52
[/quote]
permisi om, mau tanya, panda auto yang di tokoijo itu rekomen ga?
Mo ambil advance plus, per pcs selisih 30k euy sama yg official... :big_blushing:
Oiya, bonus jaketnya itu harus di atas lima liter / lima liter aja boleh?
Bisa nggak beli sendiri gituh? Nyaman dipakeknya :big_okay:
Punya ane diambil orang... :big_cry:
Nuhun....
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by RezPrat »

kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 3:58
gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
sebaiknya jangan sih, API SN ma SP additif beda walu sedikit. selagi sama visko gamsalah sih. dulu saya pernah dari sm ke sn cman biasanya yah itu kalo liat dipstik kaia numpuk antara oli lama ma baru lapisan kotoran itu kaia bikin kopi waktu udah lamaa, saran mending tap oli aja sih lagi
SNI maksimal SN kata suhu disini cman kaianya taun ini mau naik SP soalnya besok maret ILSAC launch GF-7/API SQ di bali (masa masih ketauan SN maksimal, malu dong tuan rumah) :mky_01:
Waakkak saya d Innova diesel 2GD, top up oli PTT full synt diesel common rail 5w30 karena ganti filter oli pake oli meditran SX 15w40, total masuk si meditran 1/2 liter. :upss: :upss:
Disebabkan cuma itu yg ada within reach at that time huehuehhe, mau pesan online PTT, kantong lagi cekak, Dan baru nyampe 1 mg, maklum anak daerah.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

suketcell wrote: Sat Feb 22, 2025 1:59
permisi om, mau tanya, panda auto yang di tokoijo itu rekomen ga?
Mo ambil advance plus, per pcs selisih 30k euy sama yg official... :big_blushing:
Oiya, bonus jaketnya itu harus di atas lima liter / lima liter aja boleh?
Bisa nggak beli sendiri gituh? Nyaman dipakeknya :big_okay:
Punya ane diambil orang... :big_cry:
Nuhun....
Rekomen kok Panda Auto. Iya kalo official store sekarang jaketnya untuk fully synth aja.

Bisa beli sendiri ada di official store.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

RezPrat wrote: Sat Feb 22, 2025 3:17
kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 3:58
gifgof wrote: Fri Feb 21, 2025 3:52 Selamat siang om2 semua mau tanya dong, saya biasa pake oli B*ardahl XTC S9, ini dapet batch baru 2024, ada perbedaan dikit dari batch sebelumnya untungnya masih ada kemasan sisa oli bekas sebelumnya buat jaga2 top up kalo berkurang volume olinya

di kemasan yang baru ini ada logo SNInya dan kode APInya juga berubah, sebelumnya API SP sekarang API SN

boleh dibantu pencerahannya om, ini untuk yang SNI semua wajib SN kah? kemudian yang terlanjur SP apakah kandungannya tetap SP tapi labelnya SN atau bagaimana? penasaran juga sih :mky_01:
sebaiknya jangan sih, API SN ma SP additif beda walu sedikit. selagi sama visko gamsalah sih. dulu saya pernah dari sm ke sn cman biasanya yah itu kalo liat dipstik kaia numpuk antara oli lama ma baru lapisan kotoran itu kaia bikin kopi waktu udah lamaa, saran mending tap oli aja sih lagi
SNI maksimal SN kata suhu disini cman kaianya taun ini mau naik SP soalnya besok maret ILSAC launch GF-7/API SQ di bali (masa masih ketauan SN maksimal, malu dong tuan rumah) :mky_01:
Waakkak saya d Innova diesel 2GD, top up oli PTT full synt diesel common rail 5w30 karena ganti filter oli pake oli meditran SX 15w40, total masuk si meditran 1/2 liter. :upss: :upss:
Disebabkan cuma itu yg ada within reach at that time huehuehhe, mau pesan online PTT, kantong lagi cekak, Dan baru nyampe 1 mg, maklum anak daerah.
waduh kalo beda visko sebenenrya agak berabe sih. apalgi yang satu mineral yang satu synthetic(mau ,semi, fully ato full) hmmmm yah segerakan tap oli ama filter oli aja.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 22, 2025 4:48
RezPrat wrote: Sat Feb 22, 2025 3:17
kayukayuthe5th wrote: Fri Feb 21, 2025 3:58
sebaiknya jangan sih, API SN ma SP additif beda walu sedikit. selagi sama visko gamsalah sih. dulu saya pernah dari sm ke sn cman biasanya yah itu kalo liat dipstik kaia numpuk antara oli lama ma baru lapisan kotoran itu kaia bikin kopi waktu udah lamaa, saran mending tap oli aja sih lagi
SNI maksimal SN kata suhu disini cman kaianya taun ini mau naik SP soalnya besok maret ILSAC launch GF-7/API SQ di bali (masa masih ketauan SN maksimal, malu dong tuan rumah) :mky_01:
Waakkak saya d Innova diesel 2GD, top up oli PTT full synt diesel common rail 5w30 karena ganti filter oli pake oli meditran SX 15w40, total masuk si meditran 1/2 liter. :upss: :upss:
Disebabkan cuma itu yg ada within reach at that time huehuehhe, mau pesan online PTT, kantong lagi cekak, Dan baru nyampe 1 mg, maklum anak daerah.
waduh kalo beda visko sebenenrya agak berabe sih. apalgi yang satu mineral yang satu synthetic(mau ,semi, fully ato full) hmmmm yah segerakan tap oli ama filter oli aja.
Lebih mending campur mineral ke synthetic tapi, daripada campur ester ke ester wkwkwkk
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

sahabatq8 wrote: Sat Feb 22, 2025 5:37
kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 22, 2025 4:48
RezPrat wrote: Sat Feb 22, 2025 3:17

Waakkak saya d Innova diesel 2GD, top up oli PTT full synt diesel common rail 5w30 karena ganti filter oli pake oli meditran SX 15w40, total masuk si meditran 1/2 liter. :upss: :upss:
Disebabkan cuma itu yg ada within reach at that time huehuehhe, mau pesan online PTT, kantong lagi cekak, Dan baru nyampe 1 mg, maklum anak daerah.
waduh kalo beda visko sebenenrya agak berabe sih. apalgi yang satu mineral yang satu synthetic(mau ,semi, fully ato full) hmmmm yah segerakan tap oli ama filter oli aja.
Lebih mending campur mineral ke synthetic tapi, daripada campur ester ke ester wkwkwkk
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

Ga ada masalah itu beda visko atau mineral sintetis.

Ga osa terlalu parno.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

sintoni wrote: Sat Feb 22, 2025 23:06 Ga ada masalah itu beda visko atau mineral sintetis.

Ga osa terlalu parno.
another saran yg mantep :big_exellent: :big_exellent:

sales oli be like : "let's blacklist this guy"
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

Engine oils from different manufacturers can certainly be combined. If you want to mix oils from different manufacturers, pay attention to the following key points to rule out major problems:

Both oils must be approved by the vehicle manufacturer
Both oils should be either mineral or synthetic.

If the engine has approvals for different SAE classes, different viscosities can also be mixed, e.g. 5W30 and 5W40.

Sumber: https://addinol.de/en/products/lubrican ... il%20label.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 5:14 Engine oils from different manufacturers can certainly be combined. If you want to mix oils from different manufacturers, pay attention to the following key points to rule out major problems:

Both oils must be approved by the vehicle manufacturer
Both oils should be either mineral or synthetic.

If the engine has approvals for different SAE classes, different viscosities can also be mixed, e.g. 5W30 and 5W40.

Sumber: https://addinol.de/en/products/lubrican ... il%20label.
Kalo menurut ini brati harus sama-sama ada approvalnya & mineral gak bisa dicampur synthetic.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 5:14 Engine oils from different manufacturers can certainly be combined. If you want to mix oils from different manufacturers, pay attention to the following key points to rule out major problems:

Both oils must be approved by the vehicle manufacturer
Both oils should be either mineral or synthetic.

If the engine has approvals for different SAE classes, different viscosities can also be mixed, e.g. 5W30 and 5W40.

Sumber: https://addinol.de/en/products/lubrican ... il%20label.
Jd parno lg :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Sun Feb 23, 2025 5:28
sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 5:14 Engine oils from different manufacturers can certainly be combined. If you want to mix oils from different manufacturers, pay attention to the following key points to rule out major problems:

Both oils must be approved by the vehicle manufacturer
Both oils should be either mineral or synthetic.

If the engine has approvals for different SAE classes, different viscosities can also be mixed, e.g. 5W30 and 5W40.

Sumber: https://addinol.de/en/products/lubrican ... il%20label.
Kalo menurut ini brati harus sama-sama ada approvalnya & mineral gak bisa dicampur synthetic.
Boleh aja mau campur gimana jg.

Cuma nurunin kualitas oli sintetisnya, jadi ga sebagus full sintetis.

Mineral campur sintetis kan jadi semi sintetis.

"There is no danger mixing synthetic and conventional motor oil"

"In fact, synthetic-blend motor oil is simply conventional and synthetic oil already mixed for you"

Sumber: https://blog.amsoil.com/can-i-mix-synth ... ional-oil/
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 7:53
sahabatq8 wrote: Sun Feb 23, 2025 5:28
sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 5:14 Engine oils from different manufacturers can certainly be combined. If you want to mix oils from different manufacturers, pay attention to the following key points to rule out major problems:

Both oils must be approved by the vehicle manufacturer
Both oils should be either mineral or synthetic.

If the engine has approvals for different SAE classes, different viscosities can also be mixed, e.g. 5W30 and 5W40.

Sumber: https://addinol.de/en/products/lubrican ... il%20label.
Kalo menurut ini brati harus sama-sama ada approvalnya & mineral gak bisa dicampur synthetic.
Boleh aja mau campur gimana jg.

Cuma nurunin kualitas oli sintetisnya, jadi ga sebagus full sintetis.

Mineral campur sintetis kan jadi semi sintetis.

"There is no danger mixing synthetic and conventional motor oil"

"In fact, synthetic-blend motor oil is simply conventional and synthetic oil already mixed for you"

Sumber: https://blog.amsoil.com/can-i-mix-synth ... ional-oil/
Idemitsu 0w16
Prima XP 20w50

Jadi 10w30 yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

Suryaputra wrote: Sun Feb 23, 2025 8:22
sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 7:53
sahabatq8 wrote: Sun Feb 23, 2025 5:28

Kalo menurut ini brati harus sama-sama ada approvalnya & mineral gak bisa dicampur synthetic.
Boleh aja mau campur gimana jg.

Cuma nurunin kualitas oli sintetisnya, jadi ga sebagus full sintetis.

Mineral campur sintetis kan jadi semi sintetis.

"There is no danger mixing synthetic and conventional motor oil"

"In fact, synthetic-blend motor oil is simply conventional and synthetic oil already mixed for you"

Sumber: https://blog.amsoil.com/can-i-mix-synth ... ional-oil/
Idemitsu 0w16
Prima XP 20w50

Jadi 10w30 yaa
Satunya api sp
Satunya api sl
Jadinya 10w30 api sn.
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by andrejunior »

tohpati wrote: Sun Feb 23, 2025 10:20
Suryaputra wrote: Sun Feb 23, 2025 8:22
sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 7:53

Boleh aja mau campur gimana jg.

Cuma nurunin kualitas oli sintetisnya, jadi ga sebagus full sintetis.

Mineral campur sintetis kan jadi semi sintetis.

"There is no danger mixing synthetic and conventional motor oil"

"In fact, synthetic-blend motor oil is simply conventional and synthetic oil already mixed for you"

Sumber: https://blog.amsoil.com/can-i-mix-synth ... ional-oil/
Idemitsu 0w16
Prima XP 20w50

Jadi 10w30 yaa
Satunya api sp
Satunya api sl
Jadinya 10w30 api sn.
10W43 dong
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote: Sun Feb 23, 2025 8:22
sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 7:53
sahabatq8 wrote: Sun Feb 23, 2025 5:28

Kalo menurut ini brati harus sama-sama ada approvalnya & mineral gak bisa dicampur synthetic.
Boleh aja mau campur gimana jg.

Cuma nurunin kualitas oli sintetisnya, jadi ga sebagus full sintetis.

Mineral campur sintetis kan jadi semi sintetis.

"There is no danger mixing synthetic and conventional motor oil"

"In fact, synthetic-blend motor oil is simply conventional and synthetic oil already mixed for you"

Sumber: https://blog.amsoil.com/can-i-mix-synth ... ional-oil/
Idemitsu 0w16
Prima XP 20w50

Jadi 10w30 yaa
skalian lah campur migor tropical + pro capacitor di selang bensin + cementitit di kamar