Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ilhami »

Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

josomba wrote: Fri Jan 10, 2025 11:41
sahabatq8 wrote: Fri Jan 10, 2025 8:51
Biasanya sih kalo oli mesin visco 100c lebih encer lebih enteng, tapi gak selalu juga tergantung kualitas olinya juga. Kalo oli transmisi, Misalnya Q8 Auto DVI padahal lebih kentel tapi berasanya lebih enak dari Auto MV yang lebih encer.
Kalau base oil lebih ke arah "entengnya" bisa lebih lama ga om?

Jujur memang pas pake auto mv ya sampe 38k sejujurnya masih mirip kek pas baru tuang. Makanya dulu ane setia pake ampe 3x interval. Turunin harganya dong om, ntr ane pake lg. Wkwkwk.

Tp anw, ini lg pantau dulu sih memang pake gulf bs tetep enak ampe berapa lama. Secara oem idemitsu >10k dah gaenak
Iya bisa banget, biasanya base oil bagus juga dia viscositynya lebih gak berubah, konsisten. Nah kalo oli murah bisa aja v100nya rendah/enteng tapi bisa gak dia maintain segitu untuk pemakaian 40rb km.

Pada umumnya kan oli seiring pemakaian bisa makin kentel karena oksidasi bisa makin encer karena shearing (high stress/high temperature).
Nah biasanya itu oli pasti akan mengalami keduanya, tapi kalo oli bagus shearingnya lebih sedikit, jadi kadang malah visconya naik sedikit ato kalau turun pun gak beda jauh. Kalo oli jelek , shearingnya banyak (tapi mungkin secara angka v100 turunnya gak terlalu banyak karena dia mengental akibat oksidasi juga).

Contoh paling banyak itu Dexron 3 dan Dexron 6. Dexron 6 lebih encer jauh, tapi kenapa tetep backward compatible? Karena sebenernya dexron 3 itu spek saat baru dan saat terpakai rangenya cukup jauh. Dexron 6 karena biasanya base oilnya lebih bagus, dia lebih konsisten. Mulainya lebih encer, tapi angka terakhirnya masih diatas kekentalan spek minimal dexron 3 yang udah shearing.

In general kita mau bikin oli seencer mungkin tapi proteksi sebagus mungkin, dan itu biasanya bertolak belakang. Oli encer banyak benefitnya fuel efficiency lebih baik, tenaga lebih sedikit yang ilang,dll tapi untuk proteksinya tetep bagus, olinya harus bagus.

Simpelnya Anggep aja oli kualitas biasa biasa aja punya budget 8 poin nih (untuk di distribusikan antara fuel efficiency/enteng dan proteksi. Anggep dia bagi rata 4 poin masing-masing. Sedangkan oli kualitas lebih bagus punya total 11 point
Jadi bisa misalnya 7 dan 4, proteksi tetep sama tapi efficiency lebih bagus.

Oiya , auto mv yang batch baru nanti seharusnya lebih ok lagi. Formulasi baru bisa sampe 9 gtronic mercy (yang lama cuma bisa sampe 7 kalo mercy, harus auto dvi baru bisa 9 speed)
graphics
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
Location: indonesia
Daily Vehicle: Innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by graphics »

ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

graphics wrote: Mon Jan 13, 2025 4:03
ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.
IMG-20250113-WA0009.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
graphics
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
Location: indonesia
Daily Vehicle: Innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by graphics »

sahabatq8 wrote: Mon Jan 13, 2025 9:47
graphics wrote: Mon Jan 13, 2025 4:03
ilhami wrote: Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas

Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...
Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.
IMG-20250113-WA0009.jpg
siiip om, thx utk pencerahannya :big_okay:
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Supersedan »

Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Supersedan wrote: Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
Kilap kilap horror :upss:
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.

Pake 75w90 bisa
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Renjiro »

sahabatq8 wrote: Wed Jan 15, 2025 10:51
Supersedan wrote: Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
Kilap kilap horror :upss:
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.

Pake 75w90 bisa
Atf Full synthetic q8 yg compatible dengan dexron III apa saja suhu?
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Supersedan »

sahabatq8 wrote: Wed Jan 15, 2025 10:51
Supersedan wrote: Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
Kilap kilap horror :upss:
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.

Pake 75w90 bisa
Bener om, horor liat gliternya :big_biglaugh:
Di senterin bling2 bener kilaunya.

Siap, mau cobain q8 yg 75w-90 ah. :D
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Renjiro wrote: Thu Jan 16, 2025 3:42
sahabatq8 wrote: Wed Jan 15, 2025 10:51
Supersedan wrote: Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.

Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..

Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8 :big_biglaugh:
Kilap kilap horror :upss:
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.

Pake 75w90 bisa
Atf Full synthetic q8 yg compatible dengan dexron III apa saja suhu?
Yang paling bagus namanya Q8 Auto D VI. Tapi yang Q8 Auto JK pun udah spek Dexron 3H
Lele2017
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Lele2017 »

Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
Saya belum pernah sih mbah pakai K312 :mky_01:

Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om :mky_01:

Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb

Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya

Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler

Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter

bisa lbh panjang umur CVT fluid nya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Lele2017
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Lele2017 »

azu wrote: Tue Jan 28, 2025 2:06
Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
Saya belum pernah sih mbah pakai K312 :mky_01:

Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om :mky_01:

Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb

Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya

Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler

Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?

I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 2:14
Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter

bisa lbh panjang umur CVT fluid nya :upss:
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.

Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Lele2017 wrote: Tue Jan 28, 2025 11:09
azu wrote: Tue Jan 28, 2025 2:06
Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
Saya belum pernah sih mbah pakai K312 :mky_01:

Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om :mky_01:

Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb

Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya

Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler

Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?

I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 2:14
Lele2017 wrote: Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...

Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter

Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?

Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?

Matur sembah nuwun🙏🏼
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter

bisa lbh panjang umur CVT fluid nya :upss:
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.

Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisi :mky_01:


Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid
Screenshot_2025-01-28-18-44-41-664_com.android.chrome.png
Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Lele2017
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Lele2017 »

azu wrote: Tue Jan 28, 2025 11:54
Lele2017 wrote: Tue Jan 28, 2025 11:09
azu wrote: Tue Jan 28, 2025 2:06

Saya belum pernah sih mbah pakai K312 :mky_01:

Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om :mky_01:

Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb

Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya

Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler

Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?

I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 2:14

gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter

bisa lbh panjang umur CVT fluid nya :upss:
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.

Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisi :mky_01:


Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid

Screenshot_2025-01-28-18-44-41-664_com.android.chrome.png

Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level :big_peace:
Siap noted mbah, bisa diconsider nih cooler matic ext biar bisa longterm use..

Dari ss nya yg saya tangkep unt drain refill bisa -+3,3 liter ya?

Gampangannya, prosedur AFL itu begimana mbah?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Tue Jan 28, 2025 11:54
Lele2017 wrote: Tue Jan 28, 2025 11:09
azu wrote: Tue Jan 28, 2025 2:06

Saya belum pernah sih mbah pakai K312 :mky_01:

Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om :mky_01:

Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb

Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya

Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler

Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?

I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 2:14

gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter

bisa lbh panjang umur CVT fluid nya :upss:
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.

Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisi :mky_01:


Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid

Screenshot_2025-01-28-18-44-41-664_com.android.chrome.png

Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level :big_peace:
Owh pantes
Klo kosong melompong kering
Ya butuh banyak emang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Iya betul itu untuk dry fill kalau berdasarkan spec berikut
Screenshot_2025-01-28-21-25-37-399_com.android.chrome.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Yasa
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Sep 26, 2018 2:38
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Taft gt

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Yasa »

Mohon ijin, oli transmisi yg bagus untuk jazz 2014 apa? Mohon dibantu, makasi
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Yasa wrote: Sun Feb 16, 2025 7:00 Mohon ijin, oli transmisi yg bagus untuk jazz 2014 apa? Mohon dibantu, makasi
Ini yg GE8 atau GK5?
Suhu Marmut, suhu Boku dan Suhu Suryaputra nih yg paham
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Chr1stm1 wrote: Sun Feb 16, 2025 10:16

Ini yg GE8 atau GK5?
Suhu Marmut, suhu Boku dan Suhu Suryaputra nih yg paham


gimana mau bantu kalo infonya aja ga jelas? metik apa manual?
(spt pertanyaan ngana) ge apa gk?

btw jangan nyebar gosip pak, saya bukan suhu. masih jauh dibawah pemula.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sun Feb 16, 2025 10:22
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 16, 2025 10:16

Ini yg GE8 atau GK5?
Suhu Marmut, suhu Boku dan Suhu Suryaputra nih yg paham


gimana mau bantu kalo infonya aja ga jelas? metik apa manual?
(spt pertanyaan ngana) ge apa gk?

btw jangan nyebar gosip pak, saya bukan suhu. masih jauh dibawah pemula.
Shifu
Trainer teknisi beres :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

Mohon saran temen2 disini dong, saya baru aja ketitipan Mazda Tribute 2.0 A/T, saya masih awam sama perawatan gearbox AT, yg mau saya tanyakan untuk olinya pakai yg tipe apa yah? Saya cari literatur nya cuma ketemu Mercon ATF, itu aja untuk varian V6 bukan yg I4, dan kapasitas apakah kita ikut volume yg keluar aja yah? makasih sebelumnya temen2 yg sudah kasih saran dan masukan.
Yasa
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Sep 26, 2018 2:38
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Taft gt

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Yasa »

Chr1stm1 wrote: Sun Feb 16, 2025 10:16
Yasa wrote: Sun Feb 16, 2025 7:00 Mohon ijin, oli transmisi yg bagus untuk jazz 2014 apa? Mohon dibantu, makasi
Ini yg GE8 atau GK5?
Suhu Marmut, suhu Boku dan Suhu Suryaputra nih yg paham
Gk 5,matic
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Feb 16, 2025 10:22
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 16, 2025 10:16

Ini yg GE8 atau GK5?
Suhu Marmut, suhu Boku dan Suhu Suryaputra nih yg paham


gimana mau bantu kalo infonya aja ga jelas? metik apa manual?
(spt pertanyaan ngana) ge apa gk?

btw jangan nyebar gosip pak, saya bukan suhu. masih jauh dibawah pemula.
nih kita orang bantu

jazz GE spoon edisyen yg ud pake LSD di diferensial nya

cocoknya pake spirax atau rored HD neh ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: