Bntr lg part 2
Klo cvt, bahasnya oli cvt terbaik


Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Bntr lg part 2
nissan kicks kan kira kira cara kerjanya begini. Tuh mod ChZ dah marah marah ke beres batu makam karna baru beberapa tahun pemakaian jadinya boros dan sama aja konsumsi bbmnya kaya mobil lmpv, gaada jawaban juga dari merekamsd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54
Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya...![]()
semua transmisi modern memang gitu mbah, ini salah satu faktor yg bikin mobil kerasa "nurut". karena memang bisa learning komputernyamsd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54
Teori yang menarik, berarti dia 'belajar' dari cara mengemudi kitanya ya? Terus kalau ganti CVT (atau minimal ganti komputer CVT), blo'on lagi dong?
ini serial hybrid mbahKalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya...![]()
makanya minusnya e power /serial ya gitu, batere harus sehat, klo ga mesin charging rpm tinggi terus, fuel cons ambruk dahilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 8:24 Untuk kasus nissan e-power mungkin baterai sudah mulai aus. Efisiensi charging baterai sudah tidak bagus lagi.
Mirip dengan kasus hape lama, baterai agak kembung, kalau di charge butuh waktu lama lebih dari 2 jam.
Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong
jalan raya tapi realitasnya gang
wah bisa sesignificant itu bedanya ?msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
nissan kicksmsd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
Nissan epowersingachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05wah bisa sesignificant itu bedanya ?msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant
nissan kicksmsd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
regards,
singachu
kesetrum 1500 volt DCilhami wrote: Wed Jan 29, 2025 3:54 kalau lokomotif memakai motor listrik, salah satunya karena bisa diatur pelan-pelan bergerak nya supaya roda tidak selip (mekanisme traction control). Keuntungan lain juga banyak seperti tidak butuh gearbox dsb
Tapi kalau banjir nggak bisa lewat![]()
ctopher7 wrote: Mon Jan 27, 2025 5:12nissan kicks kan kira kira cara kerjanya begini. Tuh mod ChZ dah marah marah ke beres batu makam karna baru beberapa tahun pemakaian jadinya boros dan sama aja konsumsi bbmnya kaya mobil lmpv, gaada jawaban juga dari mereka
darrelund wrote: Tue Jan 28, 2025 8:16ini serial hybrid mbah
nissan e-power modelnya gitu, ada 2-3 settingan rpm. cuma ah sudahlah. mbah chz pasti paham
ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 8:24Untuk kasus nissan e-power mungkin baterai sudah mulai aus. Efisiensi charging baterai sudah tidak bagus lagi.
Mirip dengan kasus hape lama, baterai agak kembung, kalau di charge butuh waktu lama lebih dari 2 jam.
Oalah, masuk akal. Serial hybrid pasti baterainya terus-terusan charge-discharge. Kalau parallel hybrid kan paling baterai terkuras kalau EV mode, terisi kalau regenerative braking. Dalam 80% kasus tenaga mesin langsung disalurkan ke roda.darrelund wrote: Tue Jan 28, 2025 10:32makanya minusnya e power /serial ya gitu, batere harus sehat, klo ga mesin charging rpm tinggi terus, fuel cons ambruk dah
Ramai karena emang 2 benda ini yang rentan rusak, sekalinya rusak, mahal pulailhami wrote: Mon Jan 27, 2025 1:15topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik
Menurut ane tergantung use case-nya:azu wrote: Tue Jan 28, 2025 11:25Kalau pasang oil cooler external kaya gini utk gantiin CVT Warmer bisa bikin umur CVT Fluid lebih panjang kayanya
https://tokopedia.link/l6PZZXLywQb
Iya, segitu bedanya. Mungkin karena Avanza RWD RPMnya rada tinggi (apalagi kalau 4AT), jadi hambatan oli gak begitu pengaruh (lebih pengaruh massa piston + crankshaft). Avanza FWD CVT lari 120 konstan di Cipali RPM cuma 2000-an.singachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05wah bisa sesignificant itu bedanya ?msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant
regards,
singachu
singachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05wah bisa sesignificant itu bedanya ?msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant
kalo di saya...seingat saya ga terlalu ngefek oli ini...coba tar pas ganti oli iseng balik lg ke oli gratisan wkwk...
yg ngefek ni bensin...dulu pas pake pertalite avg 1:14...
ganti ke shell super avg 1:15.5 (udah 2 bulanan)....itu MID di speedometer ga pernah sy reset
sekarang yang terjadi prakteknyamsd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:52
Sebenarnya di beres, saya berharap lebih teliti dari bengkel umum, kan lebih mahal? Saya amati, di beres cuma 1-2 orang pemilik/supir yang turun ke lantai servis (sisanya mendekam saja di ruang tunggu).
Gak bisa berharap pemilik/pembawa mobil mantau kerjanya mekanik, gak semuanya ngerti/peduli. Teorinya SA yang mengawasi, minimalnya pengerjaan sesuai prosedur, syukur-syukur lebih teliti dilakukan general check.
Jangan-jangan kejadian ini udah biasa, saya doang yang baru misuh-misuh (karena baru punya mobil)Akhirnya komplain juga ga ada gunanya.
Ya mungkin ada baiknya kita jangan pakai mobilnya buat drag race
udah service 50rb km blm Om?iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
kirain takut lfloating, roda lepas dari rel jadi derail, tenyata karena ngeri genset toh
pantauan si dari grup2 platform DNGA, baiknya diganti saja om, jangan tunda2 lagi, juga menurut wejangan mbah2 disini, 30 ribu km baiknya gantiFR6 wrote: Thu Feb 06, 2025 6:25 udah service 50rb km blm Om?
saya user DCVT juga nih, penasaran juga![]()
![]()
bener ini, karena pemasukan dealer selain jualan mobil, ya jualan spare parts + jasa, body repairChZ wrote: Fri Jan 31, 2025 4:04 sekarang yang terjadi prakteknya
- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
- mekanik? ya udah suruh kerjain nanti bagi komisi sama SA nya lah kan sama-sama nutup target omset.
- customer "diedukasi" butuh pengerjaan a b c d ampe z, keluar bill sekian, ok gas. soalnya gak paham banget, kalau supir, ya kan tinggal claim bosnya.
- akhirnya muncul image bahwa bengkel resmi = mahal. padahal di upselling.
di bengkel spesialis H langganan, SA nya di situ murni kerjain paperwork aja input data dan update pengerjaan. segala hal berkaitan dgn selling di handle sendiri sama owner jadi ya udah. klo mau tanya-tanya mekaniknya langsung apa apa aja yang dikerjain, klo ada perlu penggantian biasa ngomongnya nanti ama bos langsung aja.
betul om, kalau dipake drag race ya automatic biasa bakalan cepet kalah juga. manual juga harus ganti kopling kompetisi.
Yooehhilhami wrote: Fri Feb 07, 2025 1:22 daripada ribet vonis cvt putus, perbaikan ganti pelat, belt, pulley
lebih baik vonis ganti baterai genset, 1 jam selesai![]()
Dulu pas BP ada promo isi 120 liter gratis eMoney 50rb + beli 24 dapat 25 liter (sekarang beli 25 dapat 26 liter), saya pernah pakai BP 92. Kondisi mobil masih baru, rasa-rasanya gak beda jauh konsumsinya... mungkin karena sering dipakai macet-macetan.MSU wrote: Fri Jan 31, 2025 0:44kalo di saya...seingat saya ga terlalu ngefek oli ini...coba tar pas ganti oli iseng balik lg ke oli gratisan wkwk...
yg ngefek ni bensin...dulu pas pake pertalite avg 1:14...
ganti ke shell super avg 1:15.5 (udah 2 bulanan)....itu MID di speedometer ga pernah sy reset
Nah... semakin besar tagihan, semakin besar bayaran, namanya juga komisi.ChZ wrote: Fri Jan 31, 2025 4:04- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
Sebenarnya ganti CVT 1 jam kelar kok asal diganti sekalian seluruh assy-nyailhami wrote: Fri Feb 07, 2025 1:22daripada ribet vonis cvt putus, perbaikan ganti pelat, belt, pulley
lebih baik vonis ganti baterai genset, 1 jam selesai
2 minggu lalu mobil ane bau gosong sangit,Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 23:30Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong
jalan raya tapi realitasnya gang
Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%
Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian![]()
Gak usah pusing mbahvanosz wrote: Sat Feb 08, 2025 22:502 minggu lalu mobil ane bau gosong sangit,Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 23:30Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong
jalan raya tapi realitasnya gang
Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%
Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian![]()
Karena mainin kopling setengah rpm redline naik turun,
Olahraga bareng fortuner GD yang beraksi,sampingin tungguin sambil spin roda kondisi jalan,ciiittttt ciiitttttt ciiitttttttttttttttttt sambil getar bodi mobil gak mau lari gans, diam di tempat gitu gans,
Terus sekarang semingguan ngetem di bengkel honda,
Kenapa tuh gans,
Olinya x ya,