Koleksi hand tools [Part 13]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Feb 03, 2025 2:09
DOHC wrote: Sun Feb 02, 2025 22:44
yg aneh ?

kuku ama jari bersih gt

ketauan ini bohong punya, cuman keperluan syuting filem, di belakang ud ad montir dekil ceking kumel yg lanjutin kerjaan




mau "liat-liat" as kopel juga gampang tinggal gelar kardus.....




20250203_090544.jpg





mudah masuknya, mudah keluarnya, sigap larinya (sambil bawa as kopel) .....

:ngacir:
the real maha guru asemreges dan parkiran musatek :big_exellent: :big_exellent: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

ctopher7 wrote: Mon Feb 03, 2025 4:04
iya betul bosch universal aquatak 125. kalo pake foam lance bawaan busuk hasilnya wkwk, cuman kyk air sabun

Owh sama juga ya jadi air sabun :big_biglaugh:
BTW topnya sekarang merk mjjc ya?

Kalau yg lebih murah ada saran?
Saya sempet liat yg merk H&L versi 2 di tokoijo. Model nozzlenya agak mirip yg mjjc itu.
Ada yg pernah coba kah di sini?
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 9:39
kita orang seumur2 cuman perna copotin baut krengkes 3 mobil, iaitu 1TR jadul, 4G92 lancer si sarah, ama f23 jadul

paling bahlul cuman si f23 (dan smua honda ampe skrg), musti wajip pake konci spesial

kl 1TR dan si sarah, beneran pake cara asemreges, konci sok sambung konci L sambung pipa besi 90 senti, pentokin ke ubin, lalu cabut sekring fuel pump dan coil, starter mesin, sukses ngebuka baut tanpa ribet :upss: :upss:
Maksudnya baut krengkes itu baut puli ya mbah?
Seinget saya honda pakai alat yg mirip mur ukuran besar buat nguncinsi pulinya.
Montir jalanan suka bikin pake mur yg ukurannya pas trus dilas ke besi panjang.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 10:14
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 9:39
kita orang seumur2 cuman perna copotin baut krengkes 3 mobil, iaitu 1TR jadul, 4G92 lancer si sarah, ama f23 jadul

paling bahlul cuman si f23 (dan smua honda ampe skrg), musti wajip pake konci spesial

kl 1TR dan si sarah, beneran pake cara asemreges, konci sok sambung konci L sambung pipa besi 90 senti, pentokin ke ubin, lalu cabut sekring fuel pump dan coil, starter mesin, sukses ngebuka baut tanpa ribet :upss: :upss:
Maksudnya baut krengkes itu baut puli ya mbah?
Seinget saya honda pakai alat yg mirip mur ukuran besar buat nguncinsi pulinya.
Montir jalanan suka bikin pake mur yg ukurannya pas trus dilas ke besi panjang.
honda dari jaman akort maestro ampe skrg smua yg berturbo, pake nya konci ini buat buka baut krengkes
IMG_20250203_215455_HDR.jpg
IMG_20250203_215414_HDR.jpg
IMG_20250203_215347.jpg
beli waktu jaman kovit, jaman mamajon masi bsa impor dari cungkwo

harga murah, bahan besi cor tebel, ud coba di lempar sana sini, buka baut krengkes honda yg terkenal jahanam keras nya ,

suksess :big_smoking: :big_smoking:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:02
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 10:14
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 9:39
kita orang seumur2 cuman perna copotin baut krengkes 3 mobil, iaitu 1TR jadul, 4G92 lancer si sarah, ama f23 jadul

paling bahlul cuman si f23 (dan smua honda ampe skrg), musti wajip pake konci spesial

kl 1TR dan si sarah, beneran pake cara asemreges, konci sok sambung konci L sambung pipa besi 90 senti, pentokin ke ubin, lalu cabut sekring fuel pump dan coil, starter mesin, sukses ngebuka baut tanpa ribet :upss: :upss:
Maksudnya baut krengkes itu baut puli ya mbah?
Seinget saya honda pakai alat yg mirip mur ukuran besar buat nguncinsi pulinya.
Montir jalanan suka bikin pake mur yg ukurannya pas trus dilas ke besi panjang.
honda dari jaman akort maestro ampe skrg smua yg berturbo, pake nya konci ini buat buka baut krengkes

IMG_20250203_215455_HDR.jpgIMG_20250203_215414_HDR.jpgIMG_20250203_215347.jpg

beli waktu jaman kovit, jaman mamajon masi bsa impor dari cungkwo

harga murah, bahan besi cor tebel, ud coba di lempar sana sini, buka baut krengkes honda yg terkenal jahanam keras nya ,

suksess :big_smoking: :big_smoking:
Bener seh, susah bongkar itu baut. Dulu kalau ganti timing belt genio, montir suka pakai pipa perpanjangan buat bukanya.

Saya punya alatnya. Cuma yang panjang. Beli di monotaro
Just in case aja. Tapi sampai hari ini belum dipakai :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 11:19
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:02
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 10:14

Maksudnya baut krengkes itu baut puli ya mbah?
Seinget saya honda pakai alat yg mirip mur ukuran besar buat nguncinsi pulinya.
Montir jalanan suka bikin pake mur yg ukurannya pas trus dilas ke besi panjang.
honda dari jaman akort maestro ampe skrg smua yg berturbo, pake nya konci ini buat buka baut krengkes

IMG_20250203_215455_HDR.jpgIMG_20250203_215414_HDR.jpgIMG_20250203_215347.jpg

beli waktu jaman kovit, jaman mamajon masi bsa impor dari cungkwo

harga murah, bahan besi cor tebel, ud coba di lempar sana sini, buka baut krengkes honda yg terkenal jahanam keras nya ,

suksess :big_smoking: :big_smoking:
Bener seh, susah bongkar itu baut. Dulu kalau ganti timing belt genio, montir suka pakai pipa perpanjangan buat bukanya.

Saya punya alatnya. Cuma yang panjang. Beli di monotaro
Just in case aja. Tapi sampai hari ini belum dipakai :big_biglaugh:
kl honda jaman skrg, palagi tipikal pemakaian orang sini, kayanya ud bakal jarang pake banget kepake ya tu alat

mo ngapain jg buka baut krengkes jahanam itu, ganti timing belt ? tensioner kendor ? ganti rante keteng ?

btw

kl nonton di yutub, malah skrg kombinasi konci deep soket yg berdaging extra, plus dihajar impek gun torsi dewa ud bsa sukses buka baut krengkes jahanam honda
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:53
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 11:19
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:02

honda dari jaman akort maestro ampe skrg smua yg berturbo, pake nya konci ini buat buka baut krengkes

IMG_20250203_215455_HDR.jpgIMG_20250203_215414_HDR.jpgIMG_20250203_215347.jpg

beli waktu jaman kovit, jaman mamajon masi bsa impor dari cungkwo

harga murah, bahan besi cor tebel, ud coba di lempar sana sini, buka baut krengkes honda yg terkenal jahanam keras nya ,

suksess :big_smoking: :big_smoking:
Bener seh, susah bongkar itu baut. Dulu kalau ganti timing belt genio, montir suka pakai pipa perpanjangan buat bukanya.

Saya punya alatnya. Cuma yang panjang. Beli di monotaro
Just in case aja. Tapi sampai hari ini belum dipakai :big_biglaugh:
kl honda jaman skrg, palagi tipikal pemakaian orang sini, kayanya ud bakal jarang pake banget kepake ya tu alat

mo ngapain jg buka baut krengkes jahanam itu, ganti timing belt ? tensioner kendor ? ganti rante keteng ?

btw

kl nonton di yutub, malah skrg kombinasi konci deep soket yg berdaging extra, plus dihajar impek gun torsi dewa ud bsa sukses buka baut krengkes jahanam honda
Ganti front main seal? :mky_04:
Jarang seh. Sepengalaman saya biasa baru rembes halus di 150,000 km. Bahkan sampai 200 ribuan aja rembesnya ga sampe heboh. Ga sampai netes……

Bener seh. Impact sekarang kenceng2. Baut puli honda dihajar pake impact gede ya takluk :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 12:13
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:53
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 11:19

Bener seh, susah bongkar itu baut. Dulu kalau ganti timing belt genio, montir suka pakai pipa perpanjangan buat bukanya.

Saya punya alatnya. Cuma yang panjang. Beli di monotaro
Just in case aja. Tapi sampai hari ini belum dipakai :big_biglaugh:
kl honda jaman skrg, palagi tipikal pemakaian orang sini, kayanya ud bakal jarang pake banget kepake ya tu alat

mo ngapain jg buka baut krengkes jahanam itu, ganti timing belt ? tensioner kendor ? ganti rante keteng ?

btw

kl nonton di yutub, malah skrg kombinasi konci deep soket yg berdaging extra, plus dihajar impek gun torsi dewa ud bsa sukses buka baut krengkes jahanam honda
Ganti front main seal? :mky_04:
Jarang seh. Sepengalaman saya biasa baru rembes halus di 150,000 km. Bahkan sampai 200 ribuan aja rembesnya ga sampe heboh. Ga sampai netes……

Bener seh. Impact sekarang kenceng2. Baut puli honda dihajar pake impact gede ya takluk :big_biglaugh:
neruga :big_think: :big_think:

di mobilio, brio, brv kan dl ad kasus rembes dr sil kruk as

tp kayanya kes honda rembes oli mustinya jaman skg ud jarang seh, beda ama waktu jaman masi enjin vitek tanpa embel turbo, rajanya rembes tuh, dah kaya biem

soal impek, kita orang minggir dl deh, biar suhu2 yg koleksi impek angin beneran yg maju, dewa nya torsi tuh, baut krengkes honda cuman geli2 doank
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 12:30
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 12:13
DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 11:53

kl honda jaman skrg, palagi tipikal pemakaian orang sini, kayanya ud bakal jarang pake banget kepake ya tu alat

mo ngapain jg buka baut krengkes jahanam itu, ganti timing belt ? tensioner kendor ? ganti rante keteng ?

btw

kl nonton di yutub, malah skrg kombinasi konci deep soket yg berdaging extra, plus dihajar impek gun torsi dewa ud bsa sukses buka baut krengkes jahanam honda
Ganti front main seal? :mky_04:
Jarang seh. Sepengalaman saya biasa baru rembes halus di 150,000 km. Bahkan sampai 200 ribuan aja rembesnya ga sampe heboh. Ga sampai netes……

Bener seh. Impact sekarang kenceng2. Baut puli honda dihajar pake impact gede ya takluk :big_biglaugh:
neruga :big_think: :big_think:

di mobilio, brio, brv kan dl ad kasus rembes dr sil kruk as

tp kayanya kes honda rembes oli mustinya jaman skg ud jarang seh, beda ama waktu jaman masi enjin vitek tanpa embel turbo, rajanya rembes tuh, dah kaya biem

soal impek, kita orang minggir dl deh, biar suhu2 yg koleksi impek angin beneran yg maju, dewa nya torsi tuh, baut krengkes honda cuman geli2 doank
Eh iya ya. Akhir2 mulai lg rembes2an seal di mobil keluaran baru G baru inget hrv temen ge baru 60 rebu km (beli dari baru) ud kena rear main seal…. Pedih itu ongkos bongkar pasangnya……

Ah, vtec2 dengan timing belt itu :mky_01:
Emg harusnya ganti seal bareng sama ganti timing belt dan kampas kopling itu :big_biglaugh:

Nah, g inget dulu klo ke beres tu klo buka baut2 gede pake impact. Berasanya keren banget itu air impact :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 12:30

di mobilio, brio, brv kan dl ad kasus rembes dr sil kruk as

tp kayanya kes honda rembes oli mustinya jaman skg ud jarang seh, beda ama waktu jaman masi enjin vitek tanpa embel turbo, rajanya rembes tuh, dah kaya biem





masih.

ada lio punya warga sini abis ganti seal kruk as belakang bbrp waktu lalu, skr jadi makin parah rembesnya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 12:13
Ganti front main seal? :mky_04:
Jarang seh. Sepengalaman saya biasa baru rembes halus di 150,000 km. Bahkan sampai 200 ribuan aja rembesnya ga sampe heboh. Ga sampai netes……







dari sisi "rembes", bisa jadi memang betul tidak rembes.

tapi coba perhatiin lagi seal umur² segitu, umumnya sudah mengeras.
akibat dari seal yg mengeras, dia bergesekan sama logam ya lama kelamaan si logam bakal kemakan alias aus. nanti permukaan yg aus makin dalem dan seal udh nggak bisa nahan oli lg jadinya rembes.
saat seal diganti, mayoritas mekanik nggak meriksa kondisi logam yg bersinggungan langsung dgn seal tsb, jadi langsung pasang aja seal baru dan akibatnya udh pasti pekerjaan sia² krn oli pasti rembes (bisa saat itu juga, bisa dlm waktu bbrp hari kemudian).

saya ngalamin sendiri waktu ganti seal camshaft toyota starlet, copot seal yg lama langsung pasang seal yg baru.
brp hari kemudian ada komplain masih rembes.
saat dicek lg ternyata permukaan cam yg nempel ke seal udah cekung parah. jd mau nggak mau lepas camshaft, bawa ke tukang bubut untuk di "tambah daging".
selesai "tambah daging", aman gaada rembes.

imo, kalo mobil odometernya udh 150ribuan dan masih mau dipake dlm jangka waktu lama. ya ganti aja semua seal dan gasket supaya hati tenang.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Feb 03, 2025 14:03
cybrid wrote: Mon Feb 03, 2025 12:13
Ganti front main seal? :mky_04:
Jarang seh. Sepengalaman saya biasa baru rembes halus di 150,000 km. Bahkan sampai 200 ribuan aja rembesnya ga sampe heboh. Ga sampai netes……







dari sisi "rembes", bisa jadi memang betul tidak rembes.

tapi coba perhatiin lagi seal umur² segitu, umumnya sudah mengeras.
akibat dari seal yg mengeras, dia bergesekan sama logam ya lama kelamaan si logam bakal kemakan alias aus. nanti permukaan yg aus makin dalem dan seal udh nggak bisa nahan oli lg jadinya rembes.
saat seal diganti, mayoritas mekanik nggak meriksa kondisi logam yg bersinggungan langsung dgn seal tsb, jadi langsung pasang aja seal baru dan akibatnya udh pasti pekerjaan sia² krn oli pasti rembes (bisa saat itu juga, bisa dlm waktu bbrp hari kemudian).

saya ngalamin sendiri waktu ganti seal camshaft toyota starlet, copot seal yg lama langsung pasang seal yg baru.
brp hari kemudian ada komplain masih rembes.
saat dicek lg ternyata permukaan cam yg nempel ke seal udah cekung parah. jd mau nggak mau lepas camshaft, bawa ke tukang bubut untuk di "tambah daging".
selesai "tambah daging", aman gaada rembes.

imo, kalo mobil odometernya udh 150ribuan dan masih mau dipake dlm jangka waktu lama. ya ganti aja semua seal dan gasket supaya hati tenang.
Wah jd dejavu sm trit sebelah mbah suhu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Mon Feb 03, 2025 14:03
dari sisi "rembes", bisa jadi memang betul tidak rembes.

tapi coba perhatiin lagi seal umur² segitu, umumnya sudah mengeras.
akibat dari seal yg mengeras, dia bergesekan sama logam ya lama kelamaan si logam bakal kemakan alias aus. nanti permukaan yg aus makin dalem dan seal udh nggak bisa nahan oli lg jadinya rembes.
saat seal diganti, mayoritas mekanik nggak meriksa kondisi logam yg bersinggungan langsung dgn seal tsb, jadi langsung pasang aja seal baru dan akibatnya udh pasti pekerjaan sia² krn oli pasti rembes (bisa saat itu juga, bisa dlm waktu bbrp hari kemudian).

saya ngalamin sendiri waktu ganti seal camshaft toyota starlet, copot seal yg lama langsung pasang seal yg baru.
brp hari kemudian ada komplain masih rembes.
saat dicek lg ternyata permukaan cam yg nempel ke seal udah cekung parah. jd mau nggak mau lepas camshaft, bawa ke tukang bubut untuk di "tambah daging".
selesai "tambah daging", aman gaada rembes.

imo, kalo mobil odometernya udh 150ribuan dan masih mau dipake dlm jangka waktu lama. ya ganti aja semua seal dan gasket supaya hati tenang.
Bener seh, dulu genio saya gt, kemakan si crankshaftnya, jadi bergaris.
Ga pernah tahan lama sealnya abis itu.
Tapi pas terakhir bengkelnya bikin miss, baut pullynya kurang kenceng, jadi lepas itu pulley n semplak ujung crankshaftnya :big_slap:
Ud aja sekalian ganti crankshaft deh :big_dunno: Abis itu ga pernah rembes2 lagi seh

Ud dijual mobilnya mbah, jadi biarkan owner berikutnya yang beresin :big_biglaugh:
Tapi misal lom ada rembes apakah ganti aja buat piece of mind gt? utamanya yang front main seal?
Terus honda2 sekarang masi suka kendor sendiri ga baut pulinya kaya yg genio itu?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 2:48


Tapi misal lom ada rembes apakah ganti aja buat piece of mind gt? utamanya yang front main seal?
Terus honda2 sekarang masi suka kendor sendiri ga baut pulinya kaya yg genio itu?



kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?

tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....

:big_grin:

kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.


Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg


musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.

ini yg buat crv turbo mesin L15,


Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 4:35
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 2:48


Tapi misal lom ada rembes apakah ganti aja buat piece of mind gt? utamanya yang front main seal?
Terus honda2 sekarang masi suka kendor sendiri ga baut pulinya kaya yg genio itu?



kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?

tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....

:big_grin:

kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.



Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg



musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.

ini yg buat crv turbo mesin L15,



Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
Nah ga tau juga saya. Pas jaman itu saya gag ngerti apa2 mbah. Cuma tau masukin bengkel n terima (mudah2an) beres :big_biglaugh:
Seinget saya montir ada yg bilang puteran mesin genio tu kebalikan arah putaran baut, jadi ada resiko kendor sendiri kalau ngencenginnya ga bener.
Kebanyakan montir pas masa ini gag pake torque wrench. Semisal ada yg pakai juga saya ga yakin calibrated seh ....
Pas kejadian semplak ini malah yg kencenginnya pake torque wrench. Baut baru pula.
BTW ini late 90s early 00 ya mbah :big_biglaugh:

Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46
Nah ga tau juga saya. Pas jaman itu saya gag ngerti apa2 mbah. Cuma tau masukin bengkel n terima (mudah2an) beres :big_biglaugh:
Seinget saya montir ada yg bilang puteran mesin genio tu kebalikan arah putaran baut, jadi ada resiko kendor sendiri kalau ngencenginnya ga bener.
Kebanyakan montir pas masa ini gag pake torque wrench. Semisal ada yg pakai juga saya ga yakin calibrated seh ....
Pas kejadian semplak ini malah yg kencenginnya pake torque wrench. Baut baru pula.
BTW ini late 90s early 00 ya mbah :big_biglaugh:

Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?




90an..... kunci momen msh jadi teknologi alien..... :mky_03:

honda kala itu emang lucu², saya pernah buka baut power steering estilo, pake kunci ring sambung pipa tarik berdua.
hasilnya? baut patah krn ternyata bukanya ke kanan (ccw).

:mky_03: :mky_03: :mky_03:

mau nyari fsm kemana kala itu?

torq angle meter ada nih.... cuman 2 apa 3x kepake abis itu nganggur.



20250204_122513.jpg


imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46

Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....


banyak kok yg ngencengin baut musti TTY. bukan persoalan besar itu.
yg jd persoalan itu kalo baut yg lama dipake lg nggak diganti dan si pelaksana berkeras,

"gapapa kok, udah biasa kaya gini....."

:big_grin:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:28
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46
Nah ga tau juga saya. Pas jaman itu saya gag ngerti apa2 mbah. Cuma tau masukin bengkel n terima (mudah2an) beres :big_biglaugh:
Seinget saya montir ada yg bilang puteran mesin genio tu kebalikan arah putaran baut, jadi ada resiko kendor sendiri kalau ngencenginnya ga bener.
Kebanyakan montir pas masa ini gag pake torque wrench. Semisal ada yg pakai juga saya ga yakin calibrated seh ....
Pas kejadian semplak ini malah yg kencenginnya pake torque wrench. Baut baru pula.
BTW ini late 90s early 00 ya mbah :big_biglaugh:

Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?




90an..... kunci momen msh jadi teknologi alien..... :mky_03:

honda kala itu emang lucu², saya pernah buka baut power steering estilo, pake kunci ring sambung pipa tarik berdua.
hasilnya? baut patah krn ternyata bukanya ke kanan (ccw).

:mky_03: :mky_03: :mky_03:

mau nyari fsm kemana kala itu?

torq angle meter ada nih.... cuman 2 apa 3x kepake abis itu nganggur.




20250204_122513.jpg



imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
Saya ada seh ini. Beli yg murah. Ga pernah dipake juga :big_biglaugh:
Cuma penasaran aja. Apa bedanya sama yang branded
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:34
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46

Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....


banyak kok yg ngencengin baut musti TTY. bukan persoalan besar itu.
yg jd persoalan itu kalo baut yg lama dipake lg nggak diganti dan si pelaksana berkeras,

"gapapa kok, udah biasa kaya gini....."

:big_grin:
Nah TTY ini neh yang bikin saya males naek pangkat ke european :big_biglaugh:

Lom tambah lagi tool2 yg spesifik brand n type juga.(Yang belum tentu kepake.....)

BTW memang baut pulley crv skrg TTY mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 5:50

Nah TTY ini neh yang bikin saya males naek pangkat ke european :big_biglaugh:

Lom tambah lagi tool2 yg spesifik brand n type juga.(Yang belum tentu kepake.....)

BTW memang baut pulley crv skrg TTY mbah?


baut puli crv ya spt di fsm itu.... mintanya 49 nm trus TTY 90°.

dan jangan salah, nggak cuman eropaan aja yg banyak TTY, jejepangan pun sama aja terutama baut² cylinder head.

tool spesifik? haha.... coba liat baut jok toyota, musti pake etorx.
honda ya sama aja....
piara mbl merk jepang jaman skr ga kaya taun 80-90an yg cukup modal tang + kunci 10, 12, 14, 17 + obeng dowang.

:big_grin:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 6:05
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 5:50

Nah TTY ini neh yang bikin saya males naek pangkat ke european :big_biglaugh:

Lom tambah lagi tool2 yg spesifik brand n type juga.(Yang belum tentu kepake.....)

BTW memang baut pulley crv skrg TTY mbah?


baut puli crv ya spt di fsm itu.... mintanya 49 nm trus TTY 90°.

dan jangan salah, nggak cuman eropaan aja yg banyak TTY, jejepangan pun sama aja terutama baut² cylinder head.

tool spesifik? haha.... coba liat baut jok toyota, musti pake etorx.
honda ya sama aja....
piara mbl merk jepang jaman skr ga kaya taun 80-90an yg cukup modal tang + kunci 10, 12, 14, 17 + obeng dowang.

:big_grin:
Saya lom sampe masuk area daleman mesin seh mbah; jadi lom ngalamin buang2 baut TTY :big_biglaugh:
Biasa saya out sebelom masalah masuk ke area daleman mesin. Gag seberani itu saya

Terakhir saya bongkar jok masi civic fd sama odyssey rb1. seinget saya masih baut biasa ya. Yg crv lom saya cek.
Etorx di honda lama seinget saya cuma di solenoid vtec (bagian atasnya, buat ganti o ring yg ga ada di buku suku cadang itu.....)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 2:48
Terus honda2 sekarang masi suka kendor sendiri ga baut pulinya kaya yg genio itu?
honda jaman jadul kl ampe copot sendiri baut krengkes, itu cuman satu kemungkinan nya, montir yg masang nya bahlul

itu baut krengkes honda ud terkenal seantero jagat paling bahlul tork nya, masang kembali yah harus sgitu kenceng nya jg

mesin muter lawan arah jarum jam (untungnya honda ciptain enjin sapu jagat ud kaga pake pakem lawan arah jarum jam lg), makanya honda ciptain konci kusus buat ngencengin tu baut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Tue Feb 04, 2025 7:32
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 2:48
Terus honda2 sekarang masi suka kendor sendiri ga baut pulinya kaya yg genio itu?
honda jaman jadul kl ampe copot sendiri baut krengkes, itu cuman satu kemungkinan nya, montir yg masang nya bahlul

itu baut krengkes honda ud terkenal seantero jagat paling bahlul tork nya, masang kembali yah harus sgitu kenceng nya jg

mesin muter lawan arah jarum jam (untungnya honda ciptain enjin sapu jagat ud kaga pake pakem lawan arah jarum jam lg), makanya honda ciptain konci kusus buat ngencengin tu baut
Iy, kemungkinan ampas itu bengkelnya. Gada tanggung jawabnya pula.

Untungnya sekarang ada impact sama torque wrench bertebaran di mana2. Jadi ga terlalu tebak2an berhadiah masang ni baut :big_biglaugh:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 4:35
kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?

tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....

:big_grin:

kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.



Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg



musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.

ini yg buat crv turbo mesin L15,



Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
torsi baut itu soal friction drat nya, adakalanya kalau sudah ga baru bikin friction berlebih makanya untuk "clamping force" seperti baut head itu ada tambahan torque angle untuk memastikan clamping forcenya.
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46 Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?
baut head sijuki aerio juga pakai torque angle
Headbolt.JPG
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:28 imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
iya bisa pakai busur derajat tandai lokasi stang awal dan akhir.
kalau di bule2 ada yang pakai apk di handphone, tempelin hp ke stang sok nya

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 6:05
baut puli crv ya spt di fsm itu.... mintanya 49 nm trus TTY 90°.

dan jangan salah, nggak cuman eropaan aja yg banyak TTY, jejepangan pun sama aja terutama baut² cylinder head.

tool spesifik? haha.... coba liat baut jok toyota, musti pake etorx.
honda ya sama aja....
piara mbl merk jepang jaman skr ga kaya taun 80-90an yg cukup modal tang + kunci 10, 12, 14, 17 + obeng dowang.

:big_grin:
mengikuti perkembangan zaman mbah... kaya charger HP aja jadi ga dikasiin on the box gara2 Uni Eropa mau go green. ya udah suruh beli sendiri, nah jangan2 EU juga komplain kok mobil jepang yang masuk ga ada yang pake torx, harus pake torx dong kaya merek eropa, jadilah merek jepang pasangin seadanya stok aja daripada ganti semua ribet tuh pabrik :big_biglaugh: