2kdpelan wrote: Thu Jan 23, 2025 12:28
Suryaputra wrote: Thu Jan 23, 2025 12:04
sintoni wrote: Thu Jan 23, 2025 11:52
Apa cuma ane ya yg ga bs ngerasain beda oli ya? Selama ini selalu coba2 oli dibawah 100k/L, beli yg lg promo.
Rasanya mirip2 aja semua 0W20, ganti 1 tahun sekali, soalnya mobil paling setaun jalan 5-6rb km aja
Terakhir pake Fu*hs soalnya lg promo.
Kalau oli diatas cepek per liter belom pernah nyoba.
Iya pemakaian moderat gak berasa beda
Yg ptg cooling system sehat dan asli olinya freshh
Definisi cooling system sehat = ?
Dan cooling system tidak sehat = ?
Supaya jelas & mengedukasi pembaca thread / forum ini.
Sehat sebagai berikut:
- Radiator gak bocor
- Tutup radiator berfungsi normal untuk stabilize tekanan udara dalam radiator
- Reservoir Tank dikuras tiap 2 tahun sekali, biar bersih dan coolant tetap prima
- Selang radiator (hose) dari dan ke mesin gak bocor
- Thermostat berfungsi normal, untuk ngatur sirkulasi ke Water jacket untuk dinginin mesin
- Dinamo Fan berfungsi dan gak mati atau lemah
- Water-pump berfungsi dan gak bocor, untuk ngalirin coolant ke water jacket + water-pump belt nya aman
- Sensor suhu coolant jalan, buat mantau suhu coolant di OBD, atau speedometer (klo ada penunjuk suhu coolant)
- Saya pribadi... punya ritual ganti Air Coolant (bawaan pabrik) pertama di tahun ke-3,
selanjutnya ganti tiap 2 tahun sekali (di radiator dan reservoir tank)
.
1653495712komponen-sistem-pendingin-mesin-mobil.png
.
Semoga membantu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.