Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ilhami wrote: Tue Jan 21, 2025 5:59
Untuk 4AT sudah terlalu jadul untuk ukuran sekarang. Konsumsi bbm nya akan boros.
Tapi cvt rasanya sering maju mundur ya. Injak gas dikit RPM langusung naik tinggi.
kalo yg saya rasain...misal stop & go...pas jalan lagi dari berhenti total memang rpm akan naik dulu dikit...beda ama AT yg rpm-nya naik rada gradual sesuai pindah gigi
tapi kalo di tol lancar...cuma butuh toel2 dikit utk pertahankan kecepatan & beda-nya ama AT....CVT ni ngeloyor banget
b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 6:55jujur si om kalo mobil cuma di treat sebagai kaki doank gak ngarepin performa mah mendingan N/A aja om kompresi pastiin 10.5 kebawah ud tinggal isi pertamax 92 bp92 atau shell super 92 juga cukup
kalo saya si sampe dapet ayla 1.2 atau raize ud pasti saya isi pertamax turbo kalo 1.2 karena kompresi tinggi raize karena turbo
pusing om mobil turbo ud minta bensin bergizi panasnya itu juga bikin was2x, ini aja saya malah incer land cruiser buat gantiin dakar V8 tapi isi pertalite atau premium pun bisa biarpun ya prakteknya isi ron 92 aja
Masuk akal, 99.9% user Avanza = mobil sebagai alat transportasi, sementara mungkin user Reborn diesel banyak yang memandang mobil sebagai wadah untuk having fun.
Saya pikir 1.0L turbo 1KR-VET lebih hemat dari 1.3L NA 1NR-FE (yang sudah lebih hemat dari 2NR-FE). Ternyata tidak, dibanding 1.2L NA WA-VE aja lebih boros (sumber), udah gitu butuh BBM oktan tinggi pula. Selama ini, kalau ane mudik:
Start Pasirwangi finish Sawahan via Cipularang, dari fulltank sisa 1-2 bar, habis 350-400rb sampai fulltank
Start Pasirwangi finish Sawahan via Cisumdawi, dari fulltank sisa 3 bar, habis 320rb sampai fulltank (baru coba tol ini 1x)
Mimpinya sih ganti 1.0L turbo bisa lebih hemat, ternyata ups... belum tentu
PS. Post agan ini ngumpet lho, gak keliatan di thread (CMIIW), sama seperti post saya yang ini, sempat tersembunyi. Issue-nya sudah saya raise disini.
PPS. Post 'ngumpet' sudah muncul kembali
Last edited by msd on Tue Jan 21, 2025 8:37, edited 1 time in total.
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
+ planned obsolescence
goal nya encourage customer untuk beli parts baru atau ganti bpkb
zonepublic wrote: Tue Jan 21, 2025 8:01
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
+ planned obsolescence
goal nya encourage customer untuk beli parts baru atau ganti bpkb
jadi mirip2 kayak motor...switch dari gear semi auto misal di bebek ke matik cvt...
bensin kayaknya lebih boros, ganti fanbelt dll ya ga murah2 amat juga...cuma lebih nyaman aja kaki nganggur
cuma cvt ini kalo udh rusak...sampe puli2nya ya butuh ganti juga
zonepublic wrote: Tue Jan 21, 2025 8:01
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
+ planned obsolescence
goal nya encourage customer untuk beli parts baru atau ganti bpkb
leather and soft touch menjadi hard/soft plastic
pelat body ditipisin sampe di kecepatan tinggi klepek-klepek
multilink jadi torsion beam
body paint ikutan menipis
jadi bukan customer oriented, tapi customer yang diminta menyesuaikan dengan produk yang dihasilkan.
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
+ planned obsolescence
goal nya encourage customer untuk beli parts baru atau ganti bpkb
jadi mirip2 kayak motor...switch dari gear semi auto misal di bebek ke matik cvt...
bensin kayaknya lebih boros, ganti fanbelt dll ya ga murah2 amat juga...cuma lebih nyaman aja kaki nganggur cuma cvt ini kalo udh rusak...sampe puli2nya ya butuh ganti juga
Lah ini lexi saya baru hampir 19rb km, pulinya dah mulai kemakan, dan kudu ganti.
Belt dah retak.
DC nya estimasi 1 juta sm jasa, grease oil, dll
Next servis aja deh
Dulu jaman sujuki shogun, perasaan cm ganti oli mesin doang di KM yg sama
minyak rem nunggu butek, bbm jg lbh irit
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cmiiw...pls koreksi kalo saya salah...
ada faktor yang dipertimbangkan ama pabrikan misal harga jual ke konsumen yang stagnan, sementara mereka perlu profit lebih besar untuk setoran ke induk
akhirnya switch ke cvt + di develop bisa dipake massal, misal cvt-nya avxen..bisa dipake sampe raize rocky dst
mesin ttp dipertahankan reliability-nya....tapi mungkin utk transmisi dikorbanin sedikit sambil kasi benefit fuel cons lebih baik & lebih nyaman
+ planned obsolescence
goal nya encourage customer untuk beli parts baru atau ganti bpkb
leather and soft touch menjadi hard/soft plastic
pelat body ditipisin sampe di kecepatan tinggi klepek-klepek
multilink jadi torsion beam
body paint ikutan menipis
jadi bukan customer oriented, tapi customer yang diminta menyesuaikan dengan produk yang dihasilkan.
TRD
tempelan renggang dikit
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
Aisin 10 speed ada mbah, yang dipake lexus sama landcruiser.
Tapi kelasnya ya beda
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
Aisin 10 speed ada mbah, yang dipake lexus sama landcruiser.
Tapi kelasnya ya beda
itu emg loyal customer, atau old money
cost akuisisi nya udh ditarik di depan semua
less planned obsolescence
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Entah kenapa 2 dekade belakangan merk2 jepun malah menurunkan durabilitas produknya,kalah sama eropah,padahal di era karburator dulu produk jepun terkenal badak
Kenapa aisin ga ngembangin 7 atau 10 percepatan automatic transmission aja
Aisin 10 speed ada mbah, yang dipake lexus sama landcruiser.
Tapi kelasnya ya beda
10AT d FWD sulit krna butuh mobil yg lebar cth accord USDM. klo RWD masih lebih mudah panjangin bonnet masih bsa
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
MSU wrote: Tue Jan 21, 2025 0:05iseng sy tanya...udh pernah dapat kasus cvt avxen jebol ga --> dijawab aman pak asal ganti oli-nya teratur..kalo avxen kan agak ribet pak ga ada dipsticknya...jadi ada SOP-nya khusus
CVT Aveloxia (kok jadi inget Velove Vexia ya) ada dipstick kok. Ane attach video, ada di menit 0:55-1:33.
Habis nunjukin istri thread ini dan beliau menunjukkan kesalahpahaman ane: rupanya maksud agan = si mekanik beres kurang edukasi
m4rio wrote: Tue Jan 21, 2025 5:12Soal bau hangus itu harusnya dari CC, gk da hub ama matic sih.
Ane kebayangnya cara kerja si CC = kena exhaust panas, endapan sulfur dan karbon disitu 'kebakar' = berbau. Berarti dalam pemakaian normal si CC ini gak self-cleaning kah (harus bejek-bejek gas dulu biar panas & bersih)? Kalau mobilnya gak pernah dibawa ngegas, bisa-bisa dia mampet dong?
Akhirnya datang juga olinya 7 liter
Awalnya ane kira bentuk kemasannya cuma demi branding, ternyata setelah ane pegang-pegang, dengan posisi grip tsb. olinya akan enak dituang ya, gak 'gluk-gluk-gluk' kyk botol oli merk lain.
msd wrote: Tue Jan 21, 2025 10:31
Akhirnya datang juga olinya 7 liter
Awalnya ane kira bentuk kemasannya cuma demi branding, ternyata setelah ane pegang-pegang, dengan posisi grip tsb. olinya akan enak dituang ya, gak 'gluk-gluk-gluk' kyk botol oli merk lain.
Betul bentuk botolnya didesign dengan bentuk itu supaya saat di tuang smooth dan tidak "gluk gluk gluk"
sama nih penyakitnya kyk eropa cuman honda / toyota / mitsu kalo diliat cooling systemny masih cukup robust ya, jarang denger ada masalah asal dirawatnya bener
msd wrote: Tue Jan 21, 2025 10:31
Ane kebayangnya cara kerja si CC = kena exhaust panas, endapan sulfur dan karbon disitu 'kebakar' = berbau. Berarti dalam pemakaian normal si CC ini gak self-cleaning kah (harus bejek-bejek gas dulu biar panas & bersih)? Kalau mobilnya gak pernah dibawa ngegas, bisa-bisa dia mampet dong?
sama nih penyakitnya kyk eropa cuman honda / toyota / mitsu kalo diliat cooling systemny masih cukup robust ya, jarang denger ada masalah asal dirawatnya bener
28 Desember 2018, Scotty Kilmer upload video ini Resume AI: Video tersebut membahas biaya perawatan mobil relatif terhadap harga jualnya. Toyota menempati peringkat teratas sebagai merek non-luxury dengan biaya perawatan paling rendah, hanya sekitar 13% dari harga jual dalam 10 tahun. Delapan dari sepuluh model mobil non-luxury dengan biaya perawatan terbaik adalah Toyota, dengan Toyota Land Cruiser sebagai yang terbaik (7.3% dari harga jual). Sebaliknya, merek seperti Hyundai (28%), Ram (27.8%), dan beberapa model Ram tertentu bahkan biaya perawatannya mencapai 62% dari harga jual, suatu harga yang sangat tinggi. Masalah khusus pada truk Ram, seperti Ram 2500 dan 5500, meliputi masalah kemudi, knocking mesin, dan bahkan kebakaran mesin akibat kegagalan bantalan batang penghubung.
Di antara merek luxury, Tesla dan Lexus menonjol dengan biaya perawatan rendah, masing-masing sekitar 7% dan 12.3% dari harga jual. Beberapa model Tesla, seperti Model S, bahkan lebih rendah lagi. BMW, sebaliknya, memiliki biaya perawatan tertinggi di antara merek luxury (25.3%), dengan beberapa model SUV-nya mencapai angka lebih dari 40%. Biaya perawatan tinggi ini dikaitkan dengan penggunaan suku cadang khusus dan teknik rekayasa yang kompleks. Merek luxury lainnya seperti Land Rover dan Jaguar juga memiliki biaya perawatan yang relatif tinggi.
Secara umum, video tersebut menyarankan untuk mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjang saat membeli mobil. Komponen mobil yang perlu perawatan rutin meliputi mesin, rem, ban, dan suspensi. Kegagalan komponen seperti aki, alternator, starter motor, rem, atau suspensi sering terjadi. Menjaga jadwal perawatan yang teratur sangat penting untuk memperpanjang umur kendaraan. Video juga menekankan perbedaan budaya antara manufaktur Jepang (seperti Toyota) dan Amerika dalam hal prioritas jangka panjang vs. jangka pendek, yang memengaruhi kualitas dan keandalan produk. Toyota, dengan pendekatan konservatif dan fokus pada kualitas jangka panjang, berhasil membangun reputasi keandalan yang kuat. Namun, video tersebut juga memperhatikan adanya indikasi penurunan kualitas pada beberapa model Toyota terbaru.
15 Oktober 2021, dia banting setir Resume AI: Toyota tengah menghadapi masalah kendali kualitas yang serius. Sejumlah besar penarikan kembali produk (recall) telah dilakukan, termasuk lebih dari 100.000 mesin Toyota Tundra yang mengalami kerusakan akibat proses manufaktur yang salah, dan 380.000 Tacoma generasi sebelumnya karena masalah pada as roda belakang. Lebih lanjut, transmisi otomatis dan manual pada truk Toyota baru juga dilaporkan mengalami kegagalan, bahkan pada kendaraan yang masih baru. Masalah lain termasuk perangkat lunak kontrol traksi pada mobil hybrid yang menyebabkan malfungsi sistem pengereman, dan beberapa kasus mesin GR86 yang mengalami kerusakan akibat kekurangan oli. Beberapa Corolla GR bahkan terbakar secara spontan. Meskipun Toyota dikenal dengan kehandalannya di masa lalu, masalah-masalah ini menimbulkan kekhawatiran mengenai kualitas produksi mereka, khususnya di pabrik-pabrik di Amerika Serikat dan Meksiko, yang tampaknya memiliki kendali kualitas yang kurang baik dibandingkan pabrik di Jepang. Beberapa pakar berpendapat bahwa masalah ini mungkin disebabkan oleh kombinasi cacat manufaktur dan tekanan penggunaan kendaraan yang tinggi oleh konsumen.
Sebagai perbandingan, merek lain juga mengalami masalah. Honda, misalnya, menarik kembali 200.000 unit SUV Pilot dan Passport karena masalah kebocoran bahan bakar. Hyundai juga melakukan penarikan kembali lebih dari 226.000 kendaraan karena masalah pada papan sirkuit. Ford mengalami masalah dengan biaya garansi yang tinggi akibat masalah teknologi pada sistem Sync. Subaru, yang seringkali dianggap lebih handal daripada Toyota oleh beberapa lembaga konsumen, menggunakan lem silikon sebagai pengganti gasket pada mesin boxernya, yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan mesin di kemudian hari. Volkswagen menghadapi permasalahan penjualan yang buruk dan masalah pada kendaraan listrik, yang menyebabkan penutupan pabrik dan pemogokan pekerja. Tesla juga mengalami penurunan penjualan Cybertruck, dan banyak mobilnya ditukar dengan mobil bertenaga bensin. Masalah-masalah ini menunjukkan bahwa kendala kualitas dan kehandalan bukanlah masalah yang hanya dihadapi Toyota, tetapi merupakan tantangan umum di industri otomotif saat ini, yang semakin kompleks dan bergantung pada teknologi.
Sepertinya era mobil Jepang bisa dipakai seenaknya sudah lewat, tapi kalau melihat Blue Bird angkut Transmover FWD 7.500 unit (2.500 di 2023 + 5.000 di 2024), ane gak gitu khawatir lah, pasti mereka dah hitung TCO. Mekanis Transmover mirip-mirip mobil ane tapi beda di CVT, makanya ane khawatir CVTnya aja nih.
ctopher7 wrote: Tue Jan 21, 2025 15:47buat bersihin catconv ada cairan khusus stau saya
Kalau gak muncul keluhan, gak perlu dibersihkan kali ya? Bau-bauan (kalau benar dari catconv) saat hard acceleration menurut ane bukan indikasi masalah kecuali baunya gak hilang-hilang, atau ada penurunan performa mesin <-- kalau ini mah general problem, gak bisa divonis pasti dari catconv-nya.
sama nih penyakitnya kyk eropa cuman honda / toyota / mitsu kalo diliat cooling systemny masih cukup robust ya, jarang denger ada masalah asal dirawatnya bener
28 Desember 2018, Scotty Kilmer upload video ini Resume AI: Video tersebut membahas biaya perawatan mobil relatif terhadap harga jualnya. Toyota menempati peringkat teratas sebagai merek non-luxury dengan biaya perawatan paling rendah, hanya sekitar 13% dari harga jual dalam 10 tahun. Delapan dari sepuluh model mobil non-luxury dengan biaya perawatan terbaik adalah Toyota, dengan Toyota Land Cruiser sebagai yang terbaik (7.3% dari harga jual). Sebaliknya, merek seperti Hyundai (28%), Ram (27.8%), dan beberapa model Ram tertentu bahkan biaya perawatannya mencapai 62% dari harga jual, suatu harga yang sangat tinggi. Masalah khusus pada truk Ram, seperti Ram 2500 dan 5500, meliputi masalah kemudi, knocking mesin, dan bahkan kebakaran mesin akibat kegagalan bantalan batang penghubung.
Di antara merek luxury, Tesla dan Lexus menonjol dengan biaya perawatan rendah, masing-masing sekitar 7% dan 12.3% dari harga jual. Beberapa model Tesla, seperti Model S, bahkan lebih rendah lagi. BMW, sebaliknya, memiliki biaya perawatan tertinggi di antara merek luxury (25.3%), dengan beberapa model SUV-nya mencapai angka lebih dari 40%. Biaya perawatan tinggi ini dikaitkan dengan penggunaan suku cadang khusus dan teknik rekayasa yang kompleks. Merek luxury lainnya seperti Land Rover dan Jaguar juga memiliki biaya perawatan yang relatif tinggi.
Secara umum, video tersebut menyarankan untuk mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjang saat membeli mobil. Komponen mobil yang perlu perawatan rutin meliputi mesin, rem, ban, dan suspensi. Kegagalan komponen seperti aki, alternator, starter motor, rem, atau suspensi sering terjadi. Menjaga jadwal perawatan yang teratur sangat penting untuk memperpanjang umur kendaraan. Video juga menekankan perbedaan budaya antara manufaktur Jepang (seperti Toyota) dan Amerika dalam hal prioritas jangka panjang vs. jangka pendek, yang memengaruhi kualitas dan keandalan produk. Toyota, dengan pendekatan konservatif dan fokus pada kualitas jangka panjang, berhasil membangun reputasi keandalan yang kuat. Namun, video tersebut juga memperhatikan adanya indikasi penurunan kualitas pada beberapa model Toyota terbaru.
15 Oktober 2021, dia banting setir Resume AI: Toyota tengah menghadapi masalah kendali kualitas yang serius. Sejumlah besar penarikan kembali produk (recall) telah dilakukan, termasuk lebih dari 100.000 mesin Toyota Tundra yang mengalami kerusakan akibat proses manufaktur yang salah, dan 380.000 Tacoma generasi sebelumnya karena masalah pada as roda belakang. Lebih lanjut, transmisi otomatis dan manual pada truk Toyota baru juga dilaporkan mengalami kegagalan, bahkan pada kendaraan yang masih baru. Masalah lain termasuk perangkat lunak kontrol traksi pada mobil hybrid yang menyebabkan malfungsi sistem pengereman, dan beberapa kasus mesin GR86 yang mengalami kerusakan akibat kekurangan oli. Beberapa Corolla GR bahkan terbakar secara spontan. Meskipun Toyota dikenal dengan kehandalannya di masa lalu, masalah-masalah ini menimbulkan kekhawatiran mengenai kualitas produksi mereka, khususnya di pabrik-pabrik di Amerika Serikat dan Meksiko, yang tampaknya memiliki kendali kualitas yang kurang baik dibandingkan pabrik di Jepang. Beberapa pakar berpendapat bahwa masalah ini mungkin disebabkan oleh kombinasi cacat manufaktur dan tekanan penggunaan kendaraan yang tinggi oleh konsumen.
Sebagai perbandingan, merek lain juga mengalami masalah. Honda, misalnya, menarik kembali 200.000 unit SUV Pilot dan Passport karena masalah kebocoran bahan bakar. Hyundai juga melakukan penarikan kembali lebih dari 226.000 kendaraan karena masalah pada papan sirkuit. Ford mengalami masalah dengan biaya garansi yang tinggi akibat masalah teknologi pada sistem Sync. Subaru, yang seringkali dianggap lebih handal daripada Toyota oleh beberapa lembaga konsumen, menggunakan lem silikon sebagai pengganti gasket pada mesin boxernya, yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan mesin di kemudian hari. Volkswagen menghadapi permasalahan penjualan yang buruk dan masalah pada kendaraan listrik, yang menyebabkan penutupan pabrik dan pemogokan pekerja. Tesla juga mengalami penurunan penjualan Cybertruck, dan banyak mobilnya ditukar dengan mobil bertenaga bensin. Masalah-masalah ini menunjukkan bahwa kendala kualitas dan kehandalan bukanlah masalah yang hanya dihadapi Toyota, tetapi merupakan tantangan umum di industri otomotif saat ini, yang semakin kompleks dan bergantung pada teknologi.
Sepertinya era mobil Jepang bisa dipakai seenaknya sudah lewat, tapi kalau melihat Blue Bird angkut Transmover FWD 7.500 unit (2.500 di 2023 + 5.000 di 2024), ane gak gitu khawatir lah, pasti mereka dah hitung TCO. Mekanis Transmover mirip-mirip mobil ane tapi beda di CVT, makanya ane khawatir CVTnya aja nih.
ctopher7 wrote: Tue Jan 21, 2025 15:47buat bersihin catconv ada cairan khusus stau saya
Kalau gak muncul keluhan, gak perlu dibersihkan kali ya? Bau-bauan (kalau benar dari catconv) saat hard acceleration menurut ane bukan indikasi masalah kecuali baunya gak hilang-hilang, atau ada penurunan performa mesin <-- kalau ini mah general problem, gak bisa divonis pasti dari catconv-nya.
coba cari video scooty yang dia dia review crysler kalo gak salah disitu dia bilang ada customernya ikutin omongan dealer mobilnya gak sampe 100.000 ud jebol semuanya ada yang bandel pake mobil sama persis rajin ganti lendir malah awet sampe ratusan ribu km
soalnya kata dealernya oli maticnya lifetime iye bener lifetime seumur idup maticnya kalo jebol ya maticnya mati beneran donk kagak boong
ngomongin collant sih GE8 saya 2013 km 100rb coolantnya masih bawaan orok honda toyota mah emang ajaib dari freed ge8 gak pernah tuh urusan sama pendingin mesin gak kayak mitsu raja operhit
rencana si mau di overhaul pendinginnya nanti sekalian upgrade radiator sekalian ganti termostart
gimana gak turun duarbilitynya ganti oli mesin aja di suruh 10.000 itu kelamaan saya bilang apalagi di wakanda macetnya kayak orang gila ntar kayak freed di pake adek saya suka telat ganti oli akhirnya ring piston bocor alus di tambah faktor pas saya bawa kayak orang gila revvnya akhirnya mesin gak ada oli abis kebakar pecah tuh metal metal di bawah akhirnya musti overhaul semua
tuh buktinya GE8 mesin sama awet2x aja di siksa pula
ngomongin collant sih GE8 saya 2013 km 100rb coolantnya masih bawaan orok honda toyota mah emang ajaib dari freed ge8 gak pernah tuh urusan sama pendingin mesin gak kayak mitsu raja operhit
rencana si mau di overhaul pendinginnya nanti sekalian upgrade radiator sekalian ganti termostart
gimana gak turun duarbilitynya ganti oli mesin aja di suruh 10.000 itu kelamaan saya bilang apalagi di wakanda macetnya kayak orang gila ntar kayak freed di pake adek saya suka telat ganti oli akhirnya ring piston bocor alus di tambah faktor pas saya bawa kayak orang gila revvnya akhirnya mesin gak ada oli abis kebakar pecah tuh metal metal di bawah akhirnya musti overhaul semua
tuh buktinya GE8 mesin sama awet2x aja di siksa pula
ops dakar tuh apalagi kalo di remap spertinya gampang jebol memang cooling systemnya. dulu ops saya sih aman aman aja standaran, tapi kalo nonton videonya radendim di youtube dia ambil ops seken bekas remapan kykny bikin cooling systemnya jebol
ctopher7 wrote: Wed Jan 22, 2025 0:46
ops dakar tuh apalagi kalo di remap spertinya gampang jebol memang cooling systemnya. dulu ops saya sih aman aman aja standaran, tapi kalo nonton videonya radendim di youtube dia ambil ops seken bekas remapan kykny bikin cooling systemnya jebol
saya punya boro2x remap om pertama termostart itu jebol di 70RB km an kalo gak salah kondisi mobil full stock itu, saya baru ganti dp fp aja pas overhaul biar sekalian sama ganti brake line HEL waktu itu, dan rack juga ud meler tuh di bawah jd sekalian overhaul racknya juga
kalo kipas keknya si umur 10thn soalnya bokap punya exced km 30rban tapi emang dia punya lebih jadul dari saya aja kena om ud 2 tahun lalu bedanya pas kena kipas bokap punya tempnya nahan sedikit di bawah temp mau overheat itu aja dia masih bisa pake jalan abis benerin kipas juga freonnya abis karena mesinnya mungkin panas, soalnya kemaren juga baru benerin kipas mirage itu juga acnya panas biarpun kipas ud bener freonnya abis, kalo dakar mah gak ada ampun lsg overhit
itu mirage juga km baru 60-70rban ge8 2013 km 100rb mah belom ada si kipasnya masalah cuma saya parno aja mungkin nanti sekalian ganti radiator kipasnya juga saya ganti pake ori honda juga
kalo saya bilang faktor tuningan dakar lebih berat bikin itu mobil malah lebih rentan kalo exced kan maen tuningan ringan turbo aja size ampir separo doank, cuma emang mitsunya juga gak niat kasih parts bagus kayak exceed aja malah radiator sama intercoller di kecilin ketauan banget costdownnya
lagian kalo di pikir2x juga mesinnya enakan exceed wong saya si tujuan buat angkut keluarga rame2x yang di butuhin tuh torsi gede di bawah , nah exceed enakan gitu spoolingnya cepet
lagian saya jual si gara2x yang parah itu mobil gasnya gak tau napa suka off jd ke kemaren saya lagi tol tiba2x dia drop ke rpm idle terus saya gas gas gak ada respon akhirnya saya jalan pake torque conventer sampe turun tol lagi, untung saya baru naek gak jauh pintu keluar pluit pas sampe bawah tiba2x gas normal lagi kayak gak ada apa2x, nah sebelom dijual saya sempet scan tuh gak nemu apa2x om malahan lucunya saya ganti lampu rem yang ketauan
ya paling parah si faktor mau overhaul lagi ronde 3 dan di vonis musti ganti head ud deh saya nyerah takut juga di bawa nyokap kenapa2x soalnya yang overhaul ke 2 karena kipas itu yang kena apesnya nyokap pas lagi di cipularang pula, padahal overhaul pertama saya kerjain karena takut nyokap kenapa2x di jalan padahal mau gak usah overhaul juga gpp asal saya rajin nambahin collant aman kok itupun bisa sebulan kali baru kering kalo di pake terus