Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya pilih untuk dal kot 50:50 Premium dan Pertamax Plus --> tujuannya untuk menjaga performa mesin
Untuk Luar kota isi Pertamax Plus --> agar kalau mau nyalip enak JOSSS
Sebenarnya mobil Inova dan Avansa dan Taruna yang lama pun juga harusnya memakai pertamax
yang pasti Taruna di kap mesinnya ada tulisannya menggunakan Pertamax atau premix yah (yg pasti bukan premium)..
dan saya yakin mobil yang dengan teknologi baru semuanya meminta pertamax
Inova pun kalau dipakai Premium juga jauh tidak enak dibanding dengan Pertamax --> artinya rekomendaisnya jelas Pertamax ....
Inova saya pernah pakai yang diisi Premium dan Pertamax Plus --> tarikannnya BEDA JAUH
NB : jadi yg pakai GL jangan takut sebenarnya sama dengan Inova ... cuma TAM pintar marketingnya tidak memberikan spec dengan detail seperti :
1. Perbandingan kompresi
2. Bahan bakar yang dianjurkan --> cuma unleaded gasoline tanpa RON
johnlegend wrote:ho'oh.. tatut..
btw, pilih mana.. premium tp ga terlalu irit.. ato pertamax plus tapi iriittt???
Mobil gw yang lancer ngelitik berat gara-gara kasih premium. GAk enak sama sekali. Karena ini mobil memang disetel u/pertamax. Hari ini gw order ke bengkel u/ ubah setelan supaya bisa minum bensin.
Mengenai GL, gw dah pake premium sejak awal, tidak ada keluhan nglitik. Jadi kayaknya emang oleh Nissan, gl 1.5 nya ini disetel lagi supaya bisa minum bensin dengan mengorbankan performa mesin. Dan, akibatnya pasti kalo pake pertamax tidak akan bertambah irit secara drastis.
Sekarang pertamax + harga 7350. Barusan baca detik.com, pertamina akan menaikkan harga 10% di awal nopember. Jadi berapa tuh? 8000? Masih mikir pertamax? Gw udah gak lagi...
Yang kelihatan pistonnya jadi lobang itu yah Pak ?
Asal tidak bunyi ngelitik tidak akan berdampak ke piston ... bunyi ngelitik karena piston sudah dipukul (bensin sudah meledak) jauh sebelum waktunya
Kalau mau lebih yakin coba ke BeRes minta disetel ke Premium ... saya gak tahu apa ada stelannya ... karena katanya kan sudah ada sensor anti knocking
Tapi pas ke BeRes untuk nissan X Trail katanya bisa distel .... BeRes nay sebutin angkanya sampai 5 macam
Nah jadi bingung kalau GL gimana ? ada stel an apa tidak ... kalau ada stelannya terus apa bedanya dengan sensor anti knocking jadi malah balik bertanya
NB : bisa ditanyain ke BeRes pak John kalau pas ke Bengkel nanti update disini yah ...
johnlegend wrote:mmh.. saya pengen nanya nih.. selama ini ada yg kerasa mobil nya nggelitik karena diisi premium ngga?
bis baca di internet.. jadi serem jg yah kl piston nya kenapa2..
Karena sehari saya pakai cuman 22 KM (PP rumah kantor) dengan asumsi 1 Liter = 11 KM (biar gampang ngitungnya)
Berarti per hari saya memakai 2 liter (campur perbandingan 50:50), 1 liter Premium + 1 Liter Pertamax Plus,
jadi per hari saya harus tambah beda harga 1 liter Pertamax Plus dengan PRemium yaitu 7350-4500=2.850
Kalau sebulan angap 20 hari kerja berarti saya harus mengelurkan 20 x 2.850 = 57.000 anggap saja 60.000 extra cost
gunawan98 wrote:Mobil gw yang lancer ngelitik berat gara-gara kasih premium. GAk enak sama sekali. Karena ini mobil memang disetel u/pertamax. Hari ini gw order ke bengkel u/ ubah setelan supaya bisa minum bensin.
Mengenai GL, gw dah pake premium sejak awal, tidak ada keluhan nglitik. Jadi kayaknya emang oleh Nissan, gl 1.5 nya ini disetel lagi supaya bisa minum bensin dengan mengorbankan performa mesin. Dan, akibatnya pasti kalo pake pertamax tidak akan bertambah irit secara drastis.
Sekarang pertamax + harga 7350. Barusan baca detik.com, pertamina akan menaikkan harga 10% di awal nopember. Jadi berapa tuh? 8000? Masih mikir pertamax? Gw udah gak lagi...
Sebenarnya semua nissan livina tsb sdh disetel timing utk pengisian premium, jadi kalaupun diisi pertamax tdk ada gunanya malah lbh boros.
slama ini sy slalu isi shell tetapi merasa tenaga tetap tdk mendukung, terus ke BERES minta diadjust timingnya utk pengisian pertamax, wooow ini baru berasa bangett bedanya nyoossss...nyossss.
Kalau saya pada waktu baru isi premium wah tenaga kurang ...
begitu isi dengan 50 : 50 Premium + pertamax wah enak ...
setelah servis 1.000 KM pengisin bensin tetap .. tapi beda jauh tarikan ringan sekali ...
Pada waktu sebelum servis juga terasa beda antara diisi premium full dengan di mix 50:50
Kalau diisi premium di RPM tinggi bunyi mobil meraung seperti F1 hehehe
Tapi kalau diisi mix 50:50 bunyi meraung ada tapi sedikit ... muncul bunyi desisi wus wus .... dan lebih ringan
Mungkin kalau diisi Pertamax Plus FULL tidak ada meraung bunyinya cuma bunyi DESIS WUS WUS ... dan jauh lebih ringan
Rencana Desember ke Luar kota saya coba pake Pertamax Plus FULL nanti saya update review nya ... tentang tarikan dan FC nya dan bunyi mesinnya
BudiDarmawan wrote:Kalau saya pada waktu baru isi premium wah tenaga kurang ...
begitu isi dengan 50 : 50 Premium + pertamax wah enak ...
setelah servis 1.000 KM pengisin bensin tetap .. tapi beda jauh tarikan ringan sekali ...
gunawan98 wrote:Mobil gw yang lancer ngelitik berat gara-gara kasih premium. GAk enak sama sekali. Karena ini mobil memang disetel u/pertamax. Hari ini gw order ke bengkel u/ ubah setelan supaya bisa minum bensin.
Mengenai GL, gw dah pake premium sejak awal, tidak ada keluhan nglitik. Jadi kayaknya emang oleh Nissan, gl 1.5 nya ini disetel lagi supaya bisa minum bensin dengan mengorbankan performa mesin. Dan, akibatnya pasti kalo pake pertamax tidak akan bertambah irit secara drastis.
Sekarang pertamax + harga 7350. Barusan baca detik.com, pertamina akan menaikkan harga 10% di awal nopember. Jadi berapa tuh? 8000? Masih mikir pertamax? Gw udah gak lagi...
jadi GL pak gun uda dibawa k beres n disetel khusus supaya bisa minum premium dengan aman yah? punya saya dari pertama ngga perna disetel2 nih.. apa sebener nya perlu disetel lagi -_-"?
dony wrote:Sebenarnya semua nissan livina tsb sdh disetel timing utk pengisian premium, jadi kalaupun diisi pertamax tdk ada gunanya malah lbh boros.
slama ini sy slalu isi shell tetapi merasa tenaga tetap tdk mendukung, terus ke BERES minta diadjust timingnya utk pengisian pertamax, wooow ini baru berasa bangett bedanya nyoossss...nyossss.
Bentar2... ADJUST TIMING? bukannya GL udah pake CVTC? Continously Valve Timing Control CMIIW? Artinya timing harusnya udah variabel + ada knock sensor pula?
Kalo timing bisa disetel mah artinya mobil injection biasa yah? hehehehe...
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
Sudah ada pernyataan resmi dari NMI melalui email dari Bpk Ronny dan Bpk Teddy Irawan juga bilang itu benar. Ini perubahan kebijaksanaan dari NMI karena banyaknya feedback/permintaan soal ini.
BudiDarmawan wrote:Bener nih ?
Di buku bilangnya cuma 6 bulan saja ...
Ada yang sudah coba atau tanyakan ke BeRes ?
tukang sapu wrote:Yg 10k bisa sampai 1 tahun, bukan hanya 6 bulan saja.
dony wrote:Sebenarnya semua nissan livina tsb sdh disetel timing utk pengisian premium, jadi kalaupun diisi pertamax tdk ada gunanya malah lbh boros.
slama ini sy slalu isi shell tetapi merasa tenaga tetap tdk mendukung, terus ke BERES minta diadjust timingnya utk pengisian pertamax, wooow ini baru berasa bangett bedanya nyoossss...nyossss.
Bentar2... ADJUST TIMING? bukannya GL udah pake CVTC? Continously Valve Timing Control CMIIW? Artinya timing harusnya udah variabel + ada knock sensor pula?
Kalo timing bisa disetel mah artinya mobil injection biasa yah? hehehehe...
CVTC yg adjustable itu celah valvenya dan waktu buka tutup valve sesuai dg rpm bro, knock sensor bekerja bila ada knocking aja dan mengacu pada titik point pengapian yg diatur di ECU .. Std di GL titik point pengapian di set 12 (=premium) bila ada ngelitik.. maka knock sensor bekerja dan titk pengapian otomatis adjustable turun dari 12.. ke 11, 10, 9 dst sampai ga ada knock .. setelah beban mesin ringan kembali.. maka titik pengapian kembali ke setting point di 12.
Kalo pakai pertamax .. bisa minta ECU di set ke titik pengapian 15 ... disini . . bila ada knock maka knock sensor bekerja untuk turunkan dari 15 ke 14, 13, 12 dst.. .. dan kembali ke titik 15 bila kerja beban mesin ringan.
Jadi jangan salah ngerti yg dimaksud dg adjust titik timing point di ECU dg manual adjust timing point.
johnlegend wrote:mmh.. saya pengen nanya nih.. selama ini ada yg kerasa mobil nya nggelitik karena diisi premium ngga?
bis baca di internet.. jadi serem jg yah kl piston nya kenapa2..
kalu' piston nya kenapa2 om, diganti aja ama piston serena sekalian.... emang beda 5mm an sih...
tapi GLnya jadi lebih >2000CC om...! mungkin gak yach...? he..he... :lol::lol:
johnlegend wrote:mmh.. saya pengen nanya nih.. selama ini ada yg kerasa mobil nya nggelitik karena diisi premium ngga?
bis baca di internet.. jadi serem jg yah kl piston nya kenapa2..
kalu' piston nya kenapa2 om, diganti aja ama piston serena sekalian.... emang beda 5mm an sih...
tapi GLnya jadi lebih >2000CC om...! mungkin gak yach...? he..he... :lol::lol:
gunawan98 wrote:Jadi inget kalo banjir yah..
Mengingat GL ini kolongnya rendah sekali. Mirip sedan rendahnya. Ini salah satu kelemahan/kelebihan dari GL?
dibilang rendah sekali, engga juga. ground clearancenya boleh dibanding dengan avanza n innova. meskipun untuk pintu memang lebih rendah dr innova, jadinya kalo banjir ya harus jaga2 aja. jangan terlalu pede...nanti air masuk kabin.
ilusinya sih GL keliatan rendah, karena atapnya gak setinggi avanza n innova.
yg pasti sih lebih tinggi dr sedan.
Lebih tinggi dari Vios/Limo udah pasti karena udah pernah perbandingan pake polisi tidur naik vios/limo mentok tapi GL gak kena walau GL-nya diisi 4 orang sedangkan vios/limo berdua doang.
DUKUNGAN PURNA JUAL DAN SERVIS GRAND LIVINA SANGAT MENGECEWAKAN. Saya pemilik Grand Livina B 1311 LR mempunyai pengalaman yang sangat mengecewakan dengan purna jual dan servis yang diberikan, sebagaimana layaknya produk baru. Mobil saya dibobol orang, dan kehilangan dashboard, CD Player serta konsol AC. 3 (tiga) minggu mobil saya berada di bengkel asuransi rekanan Nissan dengan alasan sparepart tidak tersedia dimanapun (baik di dealer resmi maupun diluar dealer), sehingga harus diimpor). Setelah 3 (tiga) minggu berlalu, mobil dikirim ke Nissan Cabang Kebon Jeruk. Kembali saya menunggu dengan ketidak-jelasan. Berulang kali saya bertanya kepada kepala bengkel Nissan yang bersangkutan dan tidak ada jawaban yang pasti kapan mobil saya selesai karena mereka tidak mengetahui mengapa AC tidak hidup. Seharusnya untuk perusahaan sekelas Indomobil, tentunya permasalahan kabel dan AC tentunya bukan hal yang rumit. Namun, itulah yang terjadi untuk produk Grand Livina dimana bengkel resmi Nissan (yang seharusnya sangat mengerti terhadap produk yang dijual), tidak dapat memprediksi dan menyelesaikan masalah kabel dan AC. Sebaiknya anda mulai berpikir untuk membeli Grand Livina, karena pelayanan purna jual dan servis yang diberikan SANGAT BURUK dan MENGECEWAKAN, tidak seperti yang digembar-gemborkan.