Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
afan10 wrote: Fri Jan 17, 2025 14:03
Ikut nanya om, kalau antara idemitsu igf3 0w-20 dengan ptt syntetic eco 0w20 lebih rekomendasi yg mana ya? Harga mirip2 soalnya
hmmmm... itu kayak milih antara f*rtune hotel... atau d*lta hotel
____________________
Jadi tambah bingung sy suhu dengan jawabannya
Menurut suhu yg mana yg lebih bisa di ajak longdrain ?
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
Enak kah performanya? Long drain atau biasa?
Saya belum ada pandangan untuk Oli yg satu ini hehe
Yes, belum dual vvti.
Total Quartz 9000 ini bisa sampai 10.000KM gak ya?
Klo performa lebih enak Fastron Gold atau Total Quartz 9000?
Mohon maaf banyak nanya
Fastron Gold kelas nya (based on specifications Dexos, MB, ACEA, BMW LL, VW, dsb)
itu di atas TQ 9000
klo mau long drain
- Cooling System dan Coolant Prima
- Kualitas BBM
- Kondisi Traffic, bukan parkir berjamaah
- Hindari Aditif oli mesin
- Mesin Std Pabrik / No Remap
- Penguapan mesin minim dan seal gak bocor
- Filter oli mesin juga mendukung
7rb km sweet spot, tinggal ganti oli dan gak ragu, cek penguapan aja
Ikut nanya om, kalau antara idemitsu igf3 0w-20 dengan ptt syntetic eco 0w20 lebih rekomendasi yg mana ya? Harga mirip2 soalnya
sepakat untuk PFG 5w30 better thatn 5w30nya TQ9000 tapi kalo 0w20 masih ambil TQ9000
lowest tier di masing2 brandnya om. setara tq8000. 5000km wajib ganti
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 6:14
value for money jelas adnoc sih pleng murah *kalo ga salah.
worth to buy gamau nyobain techno 5w30 so far so good saya pake yang 0w20 ekonomis perliter dibawah 100.
Fastron Techno 5W30 ya.. boleh juga tuh..
Apakah ada saran tempat beli (online/offline) agar terhindar oli palsu?
Masih agak meragukan buat beli Fastron karena saya blm nemu official store-nya.
fastron di sadikun retail om tokoijo andalan warga SM
*tidak terafiliasi, endorsed, bahkan sponsored.
Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 12:16
Fastron Gold kelas nya (based on specifications Dexos, MB, ACEA, BMW LL, VW, dsb)
itu di atas TQ 9000
klo mau long drain
- Cooling System dan Coolant Prima
- Kualitas BBM
- Kondisi Traffic, bukan parkir berjamaah
- Hindari Aditif oli mesin
- Mesin Std Pabrik / No Remap
- Penguapan mesin minim dan seal gak bocor
- Filter oli mesin juga mendukung
7rb km sweet spot, tinggal ganti oli dan gak ragu, cek penguapan aja
Best Oil Product dalam negeri nih hehe.. Sweet spot 7K km ya, noted it.
Kondisi traffic nih yang susah, tinggal di jabodetabek soalnya.
Meskipun mobilnya gak dipake tiap hari, tapi ya kondisi jalanan jabodetabek nya itu loh..
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
ini oli-oli mantap nih ya.. next-nya aja semoga ada rezekinya..
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
fastron di sadikun retail om tokoijo andalan warga SM
*tidak terafiliasi, endorsed, bahkan sponsored.
siap om, terima kasih.
Langsung masukin keranjang dulu
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
kalo bahasanya "bisa diajak longdrain", semua oli saya pastikan bisa.
tapi persoalannya aman apa enggak diajak longdrain? dan seberapa long?
bung sendiri sudah pernah pake merk² yg bung sebut untuk longdrain? seberapa long bung pake? aman nggak?
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 12:16
Fastron Gold kelas nya (based on specifications Dexos, MB, ACEA, BMW LL, VW, dsb)
itu di atas TQ 9000
klo mau long drain
- Cooling System dan Coolant Prima
- Kualitas BBM
- Kondisi Traffic, bukan parkir berjamaah
- Hindari Aditif oli mesin
- Mesin Std Pabrik / No Remap
- Penguapan mesin minim dan seal gak bocor
- Filter oli mesin juga mendukung
7rb km sweet spot, tinggal ganti oli dan gak ragu, cek penguapan aja
Best Oil Product dalam negeri nih hehe.. Sweet spot 7K km ya, noted it.
Kondisi traffic nih yang susah, tinggal di jabodetabek soalnya.
Meskipun mobilnya gak dipake tiap hari, tapi ya kondisi jalanan jabodetabek nya itu loh..
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
ini oli-oli mantap nih ya.. next-nya aja semoga ada rezekinya..
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
fastron di sadikun retail om tokoijo andalan warga SM
*tidak terafiliasi, endorsed, bahkan sponsored.
siap om, terima kasih.
Langsung masukin keranjang dulu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
marmut wrote: Sat Jan 18, 2025 6:52
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
kalo bahasanya "bisa diajak longdrain", semua oli saya pastikan bisa.
tapi persoalannya aman apa enggak diajak longdrain? dan seberapa long?
bung sendiri sudah pernah pake merk² yg bung sebut untuk longdrain? seberapa long bung pake? aman nggak?
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
Ada 1 brand oli nih, jalan 10rb km, susut +- 500ml, tapi angka hasil lab nya masih cakep banget.
Before after ganti oli jg no difference di suara / performa / getaran
marmut wrote: Sat Jan 18, 2025 6:52
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
seberapa long yg anda maksud?
q8 dan amsoil saya pribadi nggak pernah pake.
berapa kali saya pake stp 0w20 dan sempat tes UOA dipakai hampir 8000 KM, hasilnya ada di halaman belakang, cari saja.
imo, penggunaan oli mesin nggak bisa pukul rata sekian ribu KM atau sekian bulan. semua balik lg ke gaya nyetir dan rute yg dilewati.
kalo anda penasaran, pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat.
marmut wrote: Sat Jan 18, 2025 6:52
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
marmut wrote: Sat Jan 18, 2025 6:52
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
Yg penting cooling system prima mbah
Dan packing, seal mesin msh aman.
Klo seal rembes, ya olinya kebuang jg berkurang
Nanti setelah 3-4x long drain, cek dan buka daleman head cover nya gmn.
Sekalian setel klep (klo honda)
Klo bersih bs lanjut terus pk q8 long drain di 10-11rb km.
Krn masing2 mesin, hasilnya beda2.
Overall klo kondisi mesin dan cooling sehat, q8 merem buat long drain.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
kalo bahasanya "bisa diajak longdrain", semua oli saya pastikan bisa.
tapi persoalannya aman apa enggak diajak longdrain? dan seberapa long?
bung sendiri sudah pernah pake merk² yg bung sebut untuk longdrain? seberapa long bung pake? aman nggak?
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
Ada 1 brand oli nih, jalan 10rb km, susut +- 500ml, tapi angka hasil lab nya masih cakep banget.
Before after ganti oli jg no difference di suara / performa / getaran
Itu sih sebenernya masih masuk kategori normal ya 500ml 10rb km. Hasil lab oxidasi, soot dan v100 juga masih ok? Kalo iya itu mah aman.
marmut wrote: Sat Jan 18, 2025 6:52
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
Coba D1 5w30 om, pengen tau gimana impressinya. Secara kualitas agak mirip(mungkin d1 lebih tinggi dikit kastanya), tapi hthsnya lebih rendah jadi lebih fuel saving
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
seberapa long yg anda maksud?
q8 dan amsoil saya pribadi nggak pernah pake.
berapa kali saya pake stp 0w20 dan sempat tes UOA dipakai hampir 8000 KM, hasilnya ada di halaman belakang, cari saja.
imo, penggunaan oli mesin nggak bisa pukul rata sekian ribu KM atau sekian bulan. semua balik lg ke gaya nyetir dan rute yg dilewati.
kalo anda penasaran, pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat.
Ini cara yang paling bener "pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat." -Mbah Marmut 2025
Banyak variabel yang kalo gak di kontrol hasil tes lab jd kurang berarti, susah dipukul rata. Seperti jenis mesin, kondisi mesinnya, bbm ,driving style. Kalo udah di tes di mobil sendiri itu udah lebih representatif, pake aja yang paling cocok.
kalo bahasanya "bisa diajak longdrain", semua oli saya pastikan bisa.
tapi persoalannya aman apa enggak diajak longdrain? dan seberapa long?
bung sendiri sudah pernah pake merk² yg bung sebut untuk longdrain? seberapa long bung pake? aman nggak?
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
Ada 1 brand oli nih, jalan 10rb km, susut +- 500ml, tapi angka hasil lab nya masih cakep banget.
Before after ganti oli jg no difference di suara / performa / getaran
Itu sih sebenernya masih masuk kategori normal ya 500ml 10rb km. Hasil lab oxidasi, soot dan v100 juga masih ok? Kalo iya itu mah aman.
Oxi = 14
Soot = 4
V100 = 12.49
TBN = 11.7
Akan di tes lagi di 12.000 km (kalo inget). And yes, hilang 500ml per 10rb km msh sangat normal.
kayukayuthe5th wrote: Fri Jan 17, 2025 23:02
ini TS dari budget friendly terus diajak longdrain hehe
kelas mobil1, q8, amsoil, revanol bisa tuh diajak longdrain.
kalo bahasanya "bisa diajak longdrain", semua oli saya pastikan bisa.
tapi persoalannya aman apa enggak diajak longdrain? dan seberapa long?
bung sendiri sudah pernah pake merk² yg bung sebut untuk longdrain? seberapa long bung pake? aman nggak?
aman dimaksud adalah dari segi volume akhir dan angka hasil lab.
ya mbah yang dimaksud aman.......dan lagi2 tergantug faktor2 lain sperti BBM dan cooliing system plus keadaan jeroan mesin terutama
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
seberapa long yg anda maksud?
q8 dan amsoil saya pribadi nggak pernah pake.
berapa kali saya pake stp 0w20 dan sempat tes UOA dipakai hampir 8000 KM, hasilnya ada di halaman belakang, cari saja.
imo, penggunaan oli mesin nggak bisa pukul rata sekian ribu KM atau sekian bulan. semua balik lg ke gaya nyetir dan rute yg dilewati.
kalo anda penasaran, pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat.
Ini cara yang paling bener "pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat." -Mbah Marmut 2025
Banyak variabel yang kalo gak di kontrol hasil tes lab jd kurang berarti, susah dipukul rata. Seperti jenis mesin, kondisi mesinnya, bbm ,driving style. Kalo udah di tes di mobil sendiri itu udah lebih representatif, pake aja yang paling cocok.
sepaka mbah sahabatq8 terutama jenis mesin ma keaadan jalan juga ngaruh.
sahabatq8 wrote: Sat Jan 18, 2025 17:02
Itu sih sebenernya masih masuk kategori normal ya 500ml 10rb km. Hasil lab oxidasi, soot dan v100 juga masih ok? Kalo iya itu mah aman.
Oxi = 14
Soot = 4
V100 = 12.49
TBN = 11.7
Akan di tes lagi di 12.000 km (kalo inget). And yes, hilang 500ml per 10rb km msh sangat normal.
Disclaimer: ini bukan oli Q8
Oli bensin atau diesel? Dan data oxy itu sebaiknya dicompare dengan VOAnya kalau mau akurat tapi sekilas sih ok itu. V100 juga
Oli diesel, 100% biosol, tanpa aditif apapun. Nyetir jg sesuka kaki injek gas nya.
Yang paling penting, oli ini tidak nguap berlebihan.
Ada beberapa kasus di beberapa mobil berbeda, brand oli tertentu nguap melebihi batas normal (yg mau tau brand nya apa PM aja)