EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12540
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Sun Jan 19, 2025 8:12
Suryaputra wrote: Sun Jan 19, 2025 5:28 Sorry my bad
After re-checking my writing

"Average income" mksdnya, bukan UMR

Kan beda jauh average income sm negara tercinta kita :upss:
Ampir ane packing koper pindah negara om kalo u em er setahun 1M, jd waiter gpp deh :big_biglaugh:
Wkwkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Bibieight wrote: Sun Jan 19, 2025 5:24 Kaleeemmm-kaleeem, jadi gini, mbledug tu kan sebabnya paling besarnya short circuit, nah ngukurnya pake meghometer, ngukur apaan ini ?, ngukur tahanan kabel2 didalem itu pack punya. Kalo Ioniq 5 standarnya 3000 ohm, kalo dibawah itu dia cut-off, dianggep ada konslet. Contoh :
Accident Proc.jpg
Itu kalo abis kejeduk, visual luar ada penyok suru cek, isolation resistance-nya dibawah 3000ohm gak, kalo dibawah itu ya bongkar, visual inspection, ada mana2 yang konslet gak.
Naaah, terus kalo ngerakit lagi gimana ?, ada 2 tes, pertama leak tes, itu tutup item kan ada gasket, di-vacuuum, tahan, turun ndak vacuum-nya.
Leak Testing 1.jpg
Itu ada titik pasang dimana. Terus colok ke leak tester,
Leak Testing 2.jpg
Kalo di bacaan leak tester turun gimana ?, cek, ada gasket rapet ndak. Caranya : sambung ke tabung helium :
Leak Testing He-1.jpg
Buka tabungnya, ada standar, max berapa bar. Abis gitu cek :
Leak Testing He-2.jpg
Ada yang rembes gak He-nya, kalo rembes cek, kurang rapet gak, apa housingnya deformasi gak.
Jadi benernya si yang pada mbledug itu antara sensor2 soak kagak kebaca, atau kebaca tapi dianggep angin mamiri (kalo I5 itu konservatif, error dikit ngebrick). Kalo yang Ioniq classic mbledug itu si kayaknya bocor coolant (penyakit Ioniq lama ama Kona lama), soalnya coolant-nya pipanya jalan didalem pack (yang baru2 pake pelat diluar pack, kayak BYD dkk., kalo MG didalem tapi ndak pake pipa, jadi colok pipanya diluar pack).

Tapi yagitu, tukang ICE kan margin error tinggi, skuur klep harusnya dites pake leak tester ngetesnya pake perasaan, bubut kruk as harusnya pake mikrometer ngukurnya pake jempol, tar si montir tinggal bilang : udah selisih satu tinde amaaaan :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Nah kalo EV tu montir harus 100% pendidikan, kayak programmer, maka saya bilang, kalo bengkel EV tu montir harus ada 2, satu kaki2 bole montir tua2, nah montir transmisi ama ICE pecat aja, cari tukang benerin HP di ITC, jamin lebih cepet ngajarin. Terus emang harus modal alat, kalo montir koboi yang ngencengin baut pake feeling ndak pake konci torek ya memang kagak bisa :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kedepan kaia gitu sih emang highly skilled buat EV maintance.......dan itu ga murah makanya banyak yang jual2in tesla setelah ganti batere pack.
b0ku wrote: Sun Jan 19, 2025 7:38
mullen wrote: Sun Jan 19, 2025 7:13 Menurut ane sih. Faktor safety dari EV skrg mungkin masih dalam tahap development phase aja.

Tanpa membahas teori konspirasi elit global tentang menutup2i kebakaran EV dll, saya rasa secara general consensus di indonesia (mungkin dunia) sepakat bahwa EV cukup safety.

On the side note; kalian yg berdebat diatas kinda reminds me of jaman kaskus berjaya dah, dimana tiger vs scorpio aja didebatin.
kalo barat keliatan lebih bebas sensor cuma mereka lebih ke biased aja tiap ada kejadian cuma bilang wajar gini gitu kayak mau dibikin pembiaran dan biasa..... padahal batre kebakaran bisa nutup jalan 12-24jem itu ud kagak wajar bambang dan itu yang gosong cuma satu mobil.... :big_bored:

sebenernya yang parah sensor china cuma saking banyak dan pada bandel akhirnya bocor coba aja om nyari video ev kebakaran di china kalo di youtube itu terbatas karena biasanya sumbernya dari douyin itu gak lama kena sensor tapi ada aja yang lolos dan masuk ke channel youtube langganan saya dan itu emang channel gak jelas tapi postingnya konsisten dan upgrade kejadian baru terus :big_biglaugh:

justru yang konspirasi di indo ini ud 2 kejadian satu saya denger dari komen ig katanya hyundai juga pernah ada yang kebakaran di dealer tapi di tutup2xin, satu lagi ioniq yang tau2x nongol di junkyard selidik punya selidik itu ioniq bekas grab interior bagasi kabakar abis batre diliat dari luar utuh tapi balik lagi yang keliatan cuma case luarnya dari kolong, kalo kata junkyard yang kebakar batre cuma saya curiga dari posisi api gedenya kemungkinan ada short dari chargernya :big_think:

cukup safety?? ya saya liat kalo di rumah sampe amit2x sih 2-3jem kebakaran di basement apa struktur apt saya masih bisa bagus??? wong chasis aja bisa jadi abu :big_dunno:
agak disayangkan yah sekelas hyundai ditutupin sih , kalo china yah mau gimana lagi skrg dekat dengan "itu"yang lagi rules

kalo cukup safety ini sama kaia POV CEO VW........kalo lagi [cencored] happened bikin pusing. kaia waktu LA kebakaran kemaren bikin headache EV. ada yang pinter itu ninggalin tesla model 3 nya bbawa porschenya keluar ngunsi *videonya dah takedown tapi
intinya udaha mau 10years cycle udah muali "business as usual" alias insentif/keringanan dikurang2in yah gwa pengen liat handlingnya gimana.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sun Jan 19, 2025 10:56 agak disayangkan yah sekelas hyundai ditutupin sih , kalo china yah mau gimana lagi skrg dekat dengan "itu"yang lagi rules

kalo cukup safety ini sama kaia POV CEO VW........kalo lagi [cencored] happened bikin pusing. kaia waktu LA kebakaran kemaren bikin headache EV. ada yang pinter itu ninggalin tesla model 3 nya bbawa porschenya keluar ngunsi *videonya dah takedown tapi
intinya udaha mau 10years cycle udah muali "business as usual" alias insentif/keringanan dikurang2in yah gwa pengen liat handlingnya gimana.
ya tahun 2024 kemaren aja kalo liat jualan byd hybridnya naek ke 58% sharenya ini jualan global dan byd kebanyakan jualan DMI cuma di china doank di negara laen mah kayak gak niat artinya bisa2x di cungkwo presentase DMInya lebih babak belur lagi :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

keren ini....

merk ini & sodaranya keknya blon ada kasus bledug

Image

anyway

di korea sejak kmrn bledug rame", skrg wajip nyantumin setiap EV suppliernya dari mana aja

tujuannya? supaya ga parno

https://www.reuters.com/business/autos- ... 024-08-13/
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sun Jan 19, 2025 5:24 Kaleeemmm-kaleeem, jadi gini, mbledug tu kan sebabnya paling besarnya short circuit, nah ngukurnya pake meghometer, ngukur apaan ini ?, ngukur tahanan kabel2 didalem itu pack punya. Kalo Ioniq 5 standarnya 3000 ohm, kalo dibawah itu dia cut-off, dianggep ada konslet. Contoh :
Accident Proc.jpg
Itu kalo abis kejeduk, visual luar ada penyok suru cek, isolation resistance-nya dibawah 3000ohm gak, kalo dibawah itu ya bongkar, visual inspection, ada mana2 yang konslet gak.
Naaah, terus kalo ngerakit lagi gimana ?, ada 2 tes, pertama leak tes, itu tutup item kan ada gasket, di-vacuuum, tahan, turun ndak vacuum-nya.
Leak Testing 1.jpg
Itu ada titik pasang dimana. Terus colok ke leak tester,
Leak Testing 2.jpg
Kalo di bacaan leak tester turun gimana ?, cek, ada gasket rapet ndak. Caranya : sambung ke tabung helium :
Leak Testing He-1.jpg
Buka tabungnya, ada standar, max berapa bar. Abis gitu cek :
Leak Testing He-2.jpg
Ada yang rembes gak He-nya, kalo rembes cek, kurang rapet gak, apa housingnya deformasi gak.
Jadi benernya si yang pada mbledug itu antara sensor2 soak kagak kebaca, atau kebaca tapi dianggep angin mamiri (kalo I5 itu konservatif, error dikit ngebrick). Kalo yang Ioniq classic mbledug itu si kayaknya bocor coolant (penyakit Ioniq lama ama Kona lama), soalnya coolant-nya pipanya jalan didalem pack (yang baru2 pake pelat diluar pack, kayak BYD dkk., kalo MG didalem tapi ndak pake pipa, jadi colok pipanya diluar pack).

Tapi yagitu, tukang ICE kan margin error tinggi, skuur klep harusnya dites pake leak tester ngetesnya pake perasaan, bubut kruk as harusnya pake mikrometer ngukurnya pake jempol, tar si montir tinggal bilang : udah selisih satu tinde amaaaan :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Nah kalo EV tu montir harus 100% pendidikan, kayak programmer, maka saya bilang, kalo bengkel EV tu montir harus ada 2, satu kaki2 bole montir tua2, nah montir transmisi ama ICE pecat aja, cari tukang benerin HP di ITC, jamin lebih cepet ngajarin. Terus emang harus modal alat, kalo montir koboi yang ngencengin baut pake feeling ndak pake konci torek ya memang kagak bisa :big_peace: :big_peace: :big_peace:
sebenernya klo dibilang aman ya aman aja siy EV tuh, asal nubruknya ga bikin struktur pack & connector nya ga compromised :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sun Jan 19, 2025 12:48
sebenernya klo dibilang aman ya aman aja siy EV tuh, asal nubruknya ga bikin struktur pack & connector nya ga compromised :big_biglaugh:
masalahnya gak aman buat dompet om kalo ud nubruk :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sun Jan 19, 2025 13:18
masalahnya gak aman buat dompet om kalo ud nubruk :big_biglaugh:
asuransi lahhh :big_biglaugh:

klo cover :big_biglaugh:

tapi mbah bibie nubruk bisa claim asuransi tuh kayaknya

cuma klo wear & tear lain cerita :big_biglaugh:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sun Jan 19, 2025 14:16

Pan kemaren bukannya item ?, ini udah dua dong :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Itu nyala belakang antara batere atau charging port.
Screenshot_20250119_222132_Samsung Notes.jpg
Kalo liat recall ini :
https://www.vehiclerecalls.gov.au/recal ... eplacement.
Si masalahnya ada di batere-nya, LG salah resep di elektrolitnya :
https://electrek.co/2021/02/17/hyundai- ... -in-korea/
Jadi resep yg. ini kalo keseringan fast DC tumbuh dendrite yg. bisa nyobek separator. Ini kasus dah 5 taun lebih sejak 2019, jangan2 unit yg. dikirim kemari (CBU kan itu), lupa kagak diganti pack-nya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

Makanya buat saya pabrikan batere itu nomer satu, LG Chem (dah pinter gara2 ioniq classic), CATL (udah milyaran batere HP), BYD, sama Panasonic. Kalo SK On masih mikir, soalnya mereka resepnya dapet dari orang LG Chem yg kabur
Diluar merek2 itu gimana giru ya, Mercedes yg. mbledug itu kan Farasis....

Penasaran ini barang ada dimana, sama yg. item juga, itu api asal-usul gimana, korslet dr charging port atau korslet dari batere. Model-nya beda ama yg zaman sekarang soalnya, batere+cooling plate dirakit jd. module, baru taruh di box, antar modul disambung2 pipa....
Btw, kalo sama tukang jagal mobil, iseng2 begini bole ndak si oom B0ku ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Jan 19, 2025 15:46
b0ku wrote: Sun Jan 19, 2025 14:16

Pan kemaren bukannya item ?, ini udah dua dong :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Itu nyala belakang antara batere atau charging port.
Screenshot_20250119_222132_Samsung Notes.jpg

Kalo liat recall ini :
https://www.vehiclerecalls.gov.au/recal ... eplacement.
Si masalahnya ada di batere-nya, LG salah resep di elektrolitnya :
https://electrek.co/2021/02/17/hyundai- ... -in-korea/
Jadi resep yg. ini kalo keseringan fast DC tumbuh dendrite yg. bisa nyobek separator. Ini kasus dah 5 taun lebih sejak 2019, jangan2 unit yg. dikirim kemari (CBU kan itu), lupa kagak diganti pack-nya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

Makanya buat saya pabrikan batere itu nomer satu, LG Chem (dah pinter gara2 ioniq classic), CATL (udah milyaran batere HP), BYD, sama Panasonic. Kalo SK On masih mikir, soalnya mereka resepnya dapet dari orang LG Chem yg kabur
Diluar merek2 itu gimana giru ya, Mercedes yg. mbledug itu kan Farasis....

Penasaran ini barang ada dimana, sama yg. item juga, itu api asal-usul gimana, korslet dr charging port atau korslet dari batere. Model-nya beda ama yg zaman sekarang soalnya, batere+cooling plate dirakit jd. module, baru taruh di box, antar modul disambung2 pipa....
Btw, kalo sama tukang jagal mobil, iseng2 begini bole ndak si oom B0ku ?
dari kemaren sih saya ingetnya putih om emang unit ini doank saya apal kondisinya sih interiornya sama kok, saya curiga ud di ambil hyundai kali makannya di ig di takedown lagian lucu bisa jatoh ke tangan dia mungkin dianggep wajar kali kalo liat dari damagenya antara batrenya yang payah atau pemadamnya sigap apinya cepet mati makannya kadang saya curiga dari kabel kemungkinan charging port..... atau faktor luck lagi low batt kumatnya :big_biglaugh:

jd inget kasus pager meleduk hasil sabotase itu juga powernya random kemungkinan tergantung sisa batrenya :big_think:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

Ajib nih agans boku,

Khatam,


Ngasssssssss,

Agans boku is sundaha
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12540
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »



Pakai Diesel dan LNG
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 16:44

Pakai Diesel dan LNG
BIAR kalo ada yang dhuar2x bisa mingkem :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Mon Jan 20, 2025 23:55
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 16:44

Pakai Diesel dan LNG
BIAR kalo ada yang dhuar2x bisa mingkem :big_biglaugh:
byar ga disalahiin batere ama "kongkalikong"
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun Jan 19, 2025 11:55
kayukayuthe5th wrote: Sun Jan 19, 2025 10:56 agak disayangkan yah sekelas hyundai ditutupin sih , kalo china yah mau gimana lagi skrg dekat dengan "itu"yang lagi rules

kalo cukup safety ini sama kaia POV CEO VW........kalo lagi [cencored] happened bikin pusing. kaia waktu LA kebakaran kemaren bikin headache EV. ada yang pinter itu ninggalin tesla model 3 nya bbawa porschenya keluar ngunsi *videonya dah takedown tapi
intinya udaha mau 10years cycle udah muali "business as usual" alias insentif/keringanan dikurang2in yah gwa pengen liat handlingnya gimana.
ya tahun 2024 kemaren aja kalo liat jualan byd hybridnya naek ke 58% sharenya ini jualan global dan byd kebanyakan jualan DMI cuma di china doank di negara laen mah kayak gak niat artinya bisa2x di cungkwo presentase DMInya lebih babak belur lagi :big_biglaugh:
yah kalo liat presentase by population pake data mainland bisa dapet segitu. DMI kalo di mainland murah sih emang
still bikin jepun babak belur disana ampe alliansi nisanhondamitsu bikin holding sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12540
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »




Menarik nih klo ada hybrid 300 jutaan :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jan 23, 2025 22:52 yah kalo liat presentase by population pake data mainland bisa dapet segitu. DMI kalo di mainland murah sih emang
still bikin jepun babak belur disana ampe alliansi nisanhondamitsu bikin holding sendiri.
kalo menurut saya si mainland itu mendingan gak usa di arepin mendingan rampingin operasi jualan skala kecil aja yang penting untung sama nutup cost operasional tapi tetep exist buat branding, karena ya ccpnya sendiri curang tunggu mereka selesai tusuk2xan sampe pada bangkrut mereka itu tergantung banget sama penjualan margin besar makannya perang harga :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jan 23, 2025 22:49
b0ku wrote: Mon Jan 20, 2025 23:55
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 16:44

Pakai Diesel dan LNG
BIAR kalo ada yang dhuar2x bisa mingkem :big_biglaugh:
byar ga disalahiin batere ama "kongkalikong"
yakin si fire suppresornya systemnya pasti super canggih jgn2x dalemnya maen block2an jd kalo kebakar cuma satu section aja gak nyebar :mky_07:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Fri Jan 24, 2025 0:39
kayukayuthe5th wrote: Thu Jan 23, 2025 22:49
b0ku wrote: Mon Jan 20, 2025 23:55

BIAR kalo ada yang dhuar2x bisa mingkem :big_biglaugh:
byar ga disalahiin batere ama "kongkalikong"
yakin si fire suppresornya systemnya pasti super canggih jgn2x dalemnya maen block2an jd kalo kebakar cuma satu section aja gak nyebar :mky_07:
kaianya gitu sih skrg EV2 waktu kapan pernah liat. ada section2 supaya kalo kebakar ga langsung njalar.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



inget test ini???? :big_biglaugh:

ternyata another biased pantesan di jalan banyak yang dhuaar dhuaaaaaaar....... :mky_07:

vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

sadis ini cumi killer,

ioniq 5n kasi aksi,

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Fri Jan 31, 2025 22:27 sadis ini cumi killer,

ioniq 5n kasi aksi,

pilotnya ioniq lagi ngelamun tuh........ :ngacir:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Kapal selamnya TNI-AL dah kayak Ioniq saia nih :
https://www.navalnews.com/naval-news/20 ... indonesia/
Batere dipake kapal selam, jangan2 EV bisa dipake nyelem juga ni.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Sat Feb 01, 2025 1:15
vanosz wrote: Fri Jan 31, 2025 22:27 sadis ini cumi killer,

ioniq 5n kasi aksi,

pilotnya ioniq lagi ngelamun tuh........ :ngacir:
Beuhhhh,

KD tuh gans,



Udah ada masuk kelas revuelto,novitek,


Mungkin lebih cepat truk kynya,




Pokoe ngeri dah ah,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Feb 01, 2025 6:42 Kapal selamnya TNI-AL dah kayak Ioniq saia nih :
https://www.navalnews.com/naval-news/20 ... indonesia/
Batere dipake kapal selam, jangan2 EV bisa dipake nyelem juga ni.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kalo kapal selem diesel emang pas nyelem pake batre om :big_biglaugh:

makannya di dalem aer mereka terbatas operasionalnya ud dari jaman U boat ya kayak gitu :mky_03:

kalo lagi cruising mereka emang setengah ngambang karena pake mesin diesel pas ud mulai misi baru mereka nyelem ngumpet2x nyari mangsa :mky_03:

kebetulan saya agak doyan liat2x mechanic perang dunia ke 2 jadi ngerti sistem kerjanya, paling seru sebeenrnya pesawat2x ww2 itu suara mesinnya asik2x di jamin pesawat jet mah kalah seru :mky_03:

makannya nonton dunkrik atau midway itu adrenalin langsung naek denger suara mesin spitfire...... :mky_03: