Made in india

Miring, gap macam², somplak

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ga harus busi indiatrebla88 wrote: Sun May 12, 2024 4:23 Busi oem salah satu atpm indo yang sekarat
Made in india
Miring, gap macam², somplak
![]()
Screenshot_20240512-112331_Gallery.jpg
Screenshot_20240512_112437.jpg
Screenshot_20240512_112410.jpg
Made in indo sejauh ini lebih rapihDOHC wrote: Sun May 12, 2024 7:36ga harus busi indiatrebla88 wrote: Sun May 12, 2024 4:23 Busi oem salah satu atpm indo yang sekarat
Made in india
Miring, gap macam², somplak
![]()
Screenshot_20240512-112331_Gallery.jpg
Screenshot_20240512_112437.jpg
Screenshot_20240512_112410.jpg
denso karawang punya busi jg kadang2 bsa miring2 gt koq , cuman untungnya blom ampe gompal kaya gt aj
btw
buatan land of rapist mending jangan deh, kcuali kari ayam nya dia orang doank, itu pun jg ati2 jgn kbanyakan, bsa mencret ntar
Punya pengalaman buruk sama busi Bosch Iridium made in India bonus pembelian spareparts Bintang Racing Team. Pernah punya busi tersebut 3 pcs, didapat pada waktu yang berbeda dan semuanya mengecewakantrebla88 wrote: Sun May 12, 2024 4:23 Busi oem salah satu atpm indo yang sekarat
Made in india
Miring, gap macam², somplak
![]()
Screenshot_20240512-112331_Gallery.jpg
Screenshot_20240512_112437.jpg
Screenshot_20240512_112410.jpg
Bosch businya emang aga²saturday wrote: Sun May 12, 2024 9:44Punya pengalaman buruk sama busi Bosch Iridium made in India bonus pembelian spareparts Bintang Racing Team. Pernah punya busi tersebut 3 pcs, didapat pada waktu yang berbeda dan semuanya mengecewakantrebla88 wrote: Sun May 12, 2024 4:23 Busi oem salah satu atpm indo yang sekarat
Made in india
Miring, gap macam², somplak
![]()
Screenshot_20240512-112331_Gallery.jpg
Screenshot_20240512_112437.jpg
Screenshot_20240512_112410.jpg
Ada yang bikin motor jadi susah nyala (gap tidak sesuai).
Ada yang gampang nyala seperti normal tapi motor susah langsam. Begitu ditukar NGK G-Power/NGK nickel copper langsam bagus.
Ada yang tidak punya masalah langsam dan nyala, tapi motor larinya tidak maksimal meski karburator sudah jetting ulang. Begitu tukar NGK/Denso equivalent motor enak larinya dan bisa dijetting bersih.
Kapok lah.
kalau dari NGK part finder pakainya ini, ada tuh di official store NGKKrigger wrote: Thu May 30, 2024 3:18 mbah izin tanya donk opsi busi iridium buat CRV turbo pake tipe yg mana ya?
1.3 pake copper aja ga usa iridiumakubocahnakal wrote: Tue Dec 31, 2024 4:14 Assalamualaikum rekan2 SM..boleh nanya kalo busi buat Avanza old 2009 1.3 selain pake yg standar bawaan..ada rekomendasi busi yg lebih bagus buat sedikit pengaruh di performa/konsumsi BBM lebih irit..waluapun sedikit sekali juga gpapa kok..Avanza cuman dipake harian..mobil keluarga...matur nuwun
weh kenapa nih om lebih bagus yg nikel/copper? biasanya lebih rekomen iridium?trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:271.3 pake copper aja ga usa iridiumakubocahnakal wrote: Tue Dec 31, 2024 4:14 Assalamualaikum rekan2 SM..boleh nanya kalo busi buat Avanza old 2009 1.3 selain pake yg standar bawaan..ada rekomendasi busi yg lebih bagus buat sedikit pengaruh di performa/konsumsi BBM lebih irit..waluapun sedikit sekali juga gpapa kok..Avanza cuman dipake harian..mobil keluarga...matur nuwun
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
busi std yg kodenya C copper kalau di mesin hr nissan ngk kaya lzkar6c tetep the best ya cuma usia pendek 20rb kmt105erd wrote: Sun Jan 12, 2025 1:12weh kenapa nih om lebih bagus yg nikel/copper? biasanya lebih rekomen iridium?trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:271.3 pake copper aja ga usa iridiumakubocahnakal wrote: Tue Dec 31, 2024 4:14 Assalamualaikum rekan2 SM..boleh nanya kalo busi buat Avanza old 2009 1.3 selain pake yg standar bawaan..ada rekomendasi busi yg lebih bagus buat sedikit pengaruh di performa/konsumsi BBM lebih irit..waluapun sedikit sekali juga gpapa kok..Avanza cuman dipake harian..mobil keluarga...matur nuwun
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
mobil saya juga busi aslinya cuma 70rb/set, udah jalan 20rb km lebih, mau ganti yg iridium biar rasa resing wkwk
buka busi jgn abis dipanasi mesin klo bisaazu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
Awalnya coba pas sebelum dinyalain, keras.trebla88 wrote: Sun Jan 12, 2025 9:59buka busi jgn abis dipanasi mesin klo bisaazu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
coba ke beres aja klo ga
ati2 klo alatnya ga proper malah slek
nainiazu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
Siap mbah, ntar saya cobain. Baiknya kondisi dingin seperti habis didiemin semaleman kah? Atau agak anget gpp?DOHC wrote: Sun Jan 12, 2025 10:22nainiazu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
kejadian nya sama ama busi kta orang waktu itu, habis ngangkat mobkas, riwayat ganti busi jg ga jlas
semprot penetran sikit ke tiap busi (jgn ampe banjir), yg penting kena aj, diemin sejem
nah baru deh hentak2 pas dbuka, nah ntar pas bsa kebuka sikit, puter ke arah berlawanan, terus2 aj kaya gt ampe akirnya kebuka beneran
lebi enak kl ad impek gun, lgs ceter kebuka
paling bagus dinginazu wrote: Sun Jan 12, 2025 10:58Siap mbah, ntar saya cobain. Baiknya kondisi dingin seperti habis didiemin semaleman kah? Atau agak anget gpp?DOHC wrote: Sun Jan 12, 2025 10:22nainiazu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
kejadian nya sama ama busi kta orang waktu itu, habis ngangkat mobkas, riwayat ganti busi jg ga jlas
semprot penetran sikit ke tiap busi (jgn ampe banjir), yg penting kena aj, diemin sejem
nah baru deh hentak2 pas dbuka, nah ntar pas bsa kebuka sikit, puter ke arah berlawanan, terus2 aj kaya gt ampe akirnya kebuka beneran
lebi enak kl ad impek gun, lgs ceter kebuka
Kebetulan ada penetrannya CRC 5-56 bisa dipakai kali ya
Itu kalau pakai impact gun aman ya mbah? Justru ga bikin slek ya? Maklum nubie![]()
Noted omDOHC wrote: Sun Jan 12, 2025 12:14paling bagus dinginazu wrote: Sun Jan 12, 2025 10:58Siap mbah, ntar saya cobain. Baiknya kondisi dingin seperti habis didiemin semaleman kah? Atau agak anget gpp?DOHC wrote: Sun Jan 12, 2025 10:22
naini
kejadian nya sama ama busi kta orang waktu itu, habis ngangkat mobkas, riwayat ganti busi jg ga jlas
semprot penetran sikit ke tiap busi (jgn ampe banjir), yg penting kena aj, diemin sejem
nah baru deh hentak2 pas dbuka, nah ntar pas bsa kebuka sikit, puter ke arah berlawanan, terus2 aj kaya gt ampe akirnya kebuka beneran
lebi enak kl ad impek gun, lgs ceter kebuka
Kebetulan ada penetrannya CRC 5-56 bisa dipakai kali ya
Itu kalau pakai impact gun aman ya mbah? Justru ga bikin slek ya? Maklum nubie![]()
aluminium itu besi lembek, sdgkan busi itu yah dari besi, otomatis aluminium gampang kalah
btw pas buka busi, itu pake konci racet, apa konci pipa bawaan mobil ?? bagusan pake konci racet yg proper, siapa tau keras dibuka cuman gara2 tools nya ga bener
Saya pakai Yaris 2008. Iya sih mesin 1NZ ini gampang bgt juga ganti businya, tinggal copot cover plastik mesin aja keliatan deh tuh langsung koilnya. Busi bawaanya Denso K16R bahanya nikel kalo liat di website nya, yg sebijinya ga sampe 20rb rupiah hehe...trebla88 wrote: Sun Jan 12, 2025 7:54busi std yg kodenya C copper kalau di mesin hr nissan ngk kaya lzkar6c tetep the best ya cuma usia pendek 20rb kmt105erd wrote: Sun Jan 12, 2025 1:12weh kenapa nih om lebih bagus yg nikel/copper? biasanya lebih rekomen iridium?trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:27
1.3 pake copper aja ga usa iridium
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
mobil saya juga busi aslinya cuma 70rb/set, udah jalan 20rb km lebih, mau ganti yg iridium biar rasa resing wkwk
ganti iridium am platinum cuma menang usia aja apalagi yg bongkarnya ribet kaya mesin nissan musti copot intake manifold
kalau gantinya gampang mah mending copper/nickel ya tetep
avanza k3ve itungannya gampang copot filter udaranya
busi std denso xu22pr9 biasanya si toyota, bisa coba ngk DCPR7EA-9(gap 0.9mm. bisa atur sendiri 1mm atau 1.1mm coba aja)
atau champion RA7YC copper
ini smua opini pribadi ya berdasar searching2 forum luar juga![]()
pake mobil apaan om?
btw untuk merek brisk klo dari baca2 sih kurang rekomen ya
ini contoh busi di march 1.5 mesin hr15de
pemakaian 25rb km
ixeh20tt kering putih
lagi coba make ke lzkar6c-9 punya datsun go gap 0.9mm harusnya hr15dr di 1.1mm
Screenshot_2025-01-12-15-10-33-361_com.miui.gallery-edit.jpg
Screenshot_2025-01-12-15-10-11-901_com.miui.gallery-edit.jpg
azu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
poin 2 setuju banget. pake ratchet yg stang pegangannya panjang.marmut wrote: Sun Jan 12, 2025 17:30azu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
1. socket bit jangan pake yg sembarangan. disarankan pake yg 6pt.
2. buka sesuatu berulir yg keras, ada baiknya pake breaker bar krn lengannya lbh panjang.
lengan lbh panjang = torsi lbh besar.
pergunakan ilmu pesawat sederhana saja pak.
3. pastikan socket bit sudah masuk sempurna ke busi, lalu dengan sepenuh hati dorong ujung lengan breaker bar.
4. kalo belum berhasil juga, makan nasi + tambusu + randang + tunjang + gajebo + paru + nasi tambuah ciek + gulai kepala kakap + cancang kambing + sayur kapau + jangek sepiring kasih kuah gulai + gulai otak + teh talua 2 gelas + puding gula merah.
semoga berhasil![]()
Siap mbahmarmut wrote: Sun Jan 12, 2025 17:30azu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
1. socket bit jangan pake yg sembarangan. disarankan pake yg 6pt.
2. buka sesuatu berulir yg keras, ada baiknya pake breaker bar krn lengannya lbh panjang.
lengan lbh panjang = torsi lbh besar.
pergunakan ilmu pesawat sederhana saja pak.
3. pastikan socket bit sudah masuk sempurna ke busi, lalu dengan sepenuh hati dorong ujung lengan breaker bar.
4. kalo belum berhasil juga, makan nasi + tambusu + randang + tunjang + gajebo + paru + nasi tambuah ciek + gulai kepala kakap + cancang kambing + sayur kapau + jangek sepiring kasih kuah gulai + gulai otak + teh talua 2 gelas + puding gula merah.
semoga berhasil![]()
kan waktu itu ngana yg blg, buka busi musti dihentak yakin