EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Sat Jan 04, 2025 2:10
ilhami wrote: Fri Jan 03, 2025 10:26 saya lebih khawatir ini

https://carnewschina.com/2025/01/02/net ... 1-5-years/

:ngacir:
Kalo range ngedrop ini berarti ada soak satu atau dua cell, kalo koneksinya banyak seri daripada pararelnya voltase akan ikut yg. voltase paling rendah.
Contoh : 180S1P (BYD ini), nominal 50% di 3.2V (LiFePo), nah satu sel soak, taruh cuma kasih 3V, otomatis kapasitas turun 20an%, jadi tinggal 30%.
Kalo liat algo si Neta buat saya agak ngeri2 syedap, kayaknya cut-off-nya kejauhan, ini yg. bisa bikin mbledug. Kalo eGMP konservatif, voltage difference cutoff-nya 0.04V, diatas itu masuk limp mode atau malah dibikin matot (daripada mbledug).
Kalo punya EV wajib inves OBDII sama CarScannerPro, teknisi wakanda ilmunya masih ICE kelas asem reges soalnya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku wrote: Sat Jan 04, 2025 1:09
sebeneernya musuh paling utama EV ya dingin rangenya drop parah karena batrenya dingin terus mau di charge juga kadang kagak mau :big_biglaugh:

itumah gak usah NETA sekelas tesla aja ud jadi bahan berita gorengan tiap winter.........

makannya ud keliatan tuh BYD jualan DMI tahun 2024 kemaren presentasenya naek 58% padahal DMI itu dijual diluar china dikit banget artinya orang sana juga mulai begah............ :glodak:

mungkin kalo di wakanda malah suhu paling ideal panas gak extreme tapi gak dingin diatas wakanda masuk level middle east baru mulai ngaco juga :glodak:
Di Oz, turun dr. Philip Island winter kemaren, suhu cuma -2C-an lah :
20240706_210509.jpg
Polestar 2, batere 78kWh, max speed 150kWh, colok di cas2an 200kW,
20240706_210843.jpg
Cuma mau masuk 55kW :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , itu Bjorn Nyland dkk. di Norway urat sabarnya panjang2, kalo winter bisa jam2an ngecasnya. Jadi bener oom B0ku, wakanda cocok buat EV, kagak kepanasan kagak kedinginan, kasih mesin 200kW kalo I5 ya masuk segitu (10menit doang tapi).
Suryaputra wrote: Fri Jan 03, 2025 17:42
Coba tempel mbah bibie, siapa tau dia mau upgrade ke ioniq 6 :upss:
Kagak ah :big_biglaugh: :big_biglaugh: , mau saya pake ampe ancur kayaknya, kalo mau frugal living yg. mau sy. lego malah yg G20 kayaknya :big_peace: :big_peace: ...
Hebat lho H miring sekarang BQ-nya, dah 50k km. glodakan belum, kriyet2 belum, bantingan masih antep. Bandingin ama Jinik BQ-nya berasa murahan, enteng, kena lobang grobyak, dashboard plastik kaya ember :big_peace: :big_peace:
Produk TAM yg BQ nya good or better itu jaman ladder frame aja deh.

Begitu udh hijrah ke monokok dan fwd pula, haduh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Jan 04, 2025 2:10
Kagak ah :big_biglaugh: :big_biglaugh: , mau saya pake ampe ancur kayaknya, kalo mau frugal living yg. mau sy. lego malah yg G20 kayaknya :big_peace: :big_peace: ...
Hebat lho H miring sekarang BQ-nya, dah 50k km. glodakan belum, kriyet2 belum, bantingan masih antep. Bandingin ama Jinik BQ-nya berasa murahan, enteng, kena lobang grobyak, dashboard plastik kaya ember :big_peace: :big_peace:
emang designnya ud proper om buat nahan bobot mobilnya :mky_03:

kalo merek sebelah baru jemping lindes buaya lsg ban depannya coplok :mky_07:

kemaren saya baru inspeksi omoda bensin ya ampun itu parts keknya lebih cocok di taro di LCGC deh :big_bored:

eh pas bawa beneran kualitas drivingnya kayak LCGC dengan kemewahan BMW........... :ngacir:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

kaco kacoo kacooo,,,,,,,,,,,,

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

kendibocor wrote: Sat Jan 04, 2025 0:57
Suryaputra wrote: Fri Jan 03, 2025 12:10
ctopher7 wrote: Fri Jan 03, 2025 10:52

kykny karna cuaca dingin ini, di china kan bisa sampe minus. di kita engga bakal separah ini harusnya
Di kita too hot.
Kondisi freon ac untuk evap ke batre, kudu prima.

Klo di sana, 4 musim, hrs ada heater bareng 2-in-1 dgn ac :upss:
https://www.team-bhp.com/news/120000-km ... dation?amp

Di indihe yg panasnya mirip2 wakanda kayanya malah lumayan awet.
Nih orang uda jalan 120rb km SoC masi 96%. Pola ngechargenya jg rada2 abuse lg.
itu n*ta disini kayanya penjualan jg hampir nihil. Kaya ngasal masuk di wakanda doang.
sbenernya banyak juga sih "succes story" macem gini
yang jelas pola jalannya stabil, gabanyak "rintangan", mulu lewat tol (ato alus), ama iklim yang ga terlalu fluktuatif khususnya tropis sih lebih aman dibanding di dingin karena kerja elektronik ga terlalu gede.
kalo gwa bilang sih ga abuse2 banget ya, dia charge 100 % pake slow AC dan sesekali pake DC fast charging (gwa gatau ini spek nexon btw) cman kuncingnya itu dia pake DC fast charging 3-4x doang.
masalahnya itu kalkulasi degradasi 10% itupun kalo sustain, kalo tiba-tiba surges tinggal soh 50% yang ada ganti 1 batere pack nah itu baru pusing .
tapi itu bener diakhir, musti punya scanner/OBD khusus EV kalo punya tuh EV.

cman mayan juga ya LFP CATL ini hoho.
lama2 semua mobil ujungnya pake CATL/CALB model smartphone pakenya SOC Qualcomm/Mediatek.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

udah aja ada nih
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jan 06, 2025 12:29 udah aja ada nih
itu masih list ice om belom evnya tungguin aja :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



nah ini nih yang batre2xan :mky_03:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue Jan 07, 2025 0:05

nah ini nih yang batre2xan :mky_03:
oh udah ada juga nih :mky_07:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

thread EV tapi menggores semua jenis mobil :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



menyala byd ku....... :ngacir:

satu lagi indikasi byd jg playing victim sampe bikin video arson palsu :mky_07:

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »



Slide #8
Opa Jensen collab sm opa Akio :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Klo lihat programming charging batre EV nya mbah bibie, mirip sm charging batre gadget.

Ketika suhu batre masih <39 celsius
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Gas poll chargernya
IMG_20250108_164654.jpg
Ketika suhu batre dah sentuh 39 celsius ke atas
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Ngerem nurunin suhuu
IMG_20250109_060705.jpg
Jadi musuhnya batre; adalah anget dan terlalu dingin :big_biglaugh: :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Wed Jan 08, 2025 23:12 Klo lihat programming charging batre EV nya mbah bibie, mirip sm charging batre gadget.

Ketika suhu batre masih <39 celsius
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Gas poll chargernya
IMG_20250108_164654.jpg

Ketika suhu batre dah sentuh 39 celsius ke atas
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Ngerem nurunin suhuu
IMG_20250109_060705.jpg

Jadi musuhnya batre; adalah anget dan terlalu dingin :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Pantes batere HP cepet kembung ya ?, secara cuma 1 sel, udah gitu tiap hari digasak 3C. 1C itu nominal watt-nya, disini berarti 2.4wH, kalo digenjot 3C berarti 7.2wH. Udah gitu tiap hari dipake sampe <5%, alias full cycle tiap hari.... Kalo cycle 1000 aja 3 tahun jg. dah dut itu batere HP :big_biglaugh:

Bandingin ama mobil : C rating itu sama dengan kapasitas, kalo I5 saya nominal 72kWh, jadi 1C, tapi sama BMS dijaga di 70kWh, jd cas mentok cuma pake daya batere 97.2%. Kalo dicas pake cas rumah cuma 7kW, alias cuma 0.1C, kalo pake fast DC 60 kW juga cuma 0.83C. Baru diatas 1C itu kalo pake yg. 100 kW atau 200kW, itu aja masih dibawah 3C. Udah gitu kalo dipake harian juga dari 20%-80%, cuma setengah cycle, jarang tu dihajar 1 cycle per cas. Jadi kalo batere EV dibandingin ama batere HP ya profil cas2annya aja beda.... :big_peace:

Sama hibrid aja profil charging-nya beda, hibrid cepet soak bukan kena di C rating tapi kena di cycling. Kalo ada OBD, pasang aja, cek sehari jalan berapa cycling dia, cut off atas-bawah berapa, dikali berapa kali naik turun dlm. sehari.....
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Thu Jan 09, 2025 0:26
Suryaputra wrote: Wed Jan 08, 2025 23:12 Klo lihat programming charging batre EV nya mbah bibie, mirip sm charging batre gadget.

Ketika suhu batre masih <39 celsius
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Gas poll chargernya
IMG_20250108_164654.jpg

Ketika suhu batre dah sentuh 39 celsius ke atas
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Ngerem nurunin suhuu
IMG_20250109_060705.jpg

Jadi musuhnya batre; adalah anget dan terlalu dingin :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Pantes batere HP cepet kembung ya ?, secara cuma 1 sel, udah gitu tiap hari digasak 3C. 1C itu nominal watt-nya, disini berarti 2.4wH, kalo digenjot 3C berarti 7.2wH. Udah gitu tiap hari dipake sampe <5%, alias full cycle tiap hari.... Kalo cycle 1000 aja 3 tahun jg. dah dut itu batere HP :big_biglaugh:

Bandingin ama mobil : C rating itu sama dengan kapasitas, kalo I5 saya nominal 72kWh, jadi 1C, tapi sama BMS dijaga di 70kWh, jd cas mentok cuma pake daya batere 97.2%. Kalo dicas pake cas rumah cuma 7kW, alias cuma 0.1C, kalo pake fast DC 60 kW juga cuma 0.83C. Baru diatas 1C itu kalo pake yg. 100 kW atau 200kW, itu aja masih dibawah 3C. Udah gitu kalo dipake harian juga dari 20%-80%, cuma setengah cycle, jarang tu dihajar 1 cycle per cas. Jadi kalo batere EV dibandingin ama batere HP ya profil cas2annya aja beda.... :big_peace:

Sama hibrid aja profil charging-nya beda, hibrid cepet soak bukan kena di C rating tapi kena di cycling. Kalo ada OBD, pasang aja, cek sehari jalan berapa cycling dia, cut off atas-bawah berapa, dikali berapa kali naik turun dlm. sehari.....
Intinya sih mirip mbah

Pk formula 20 80

Charge ketika >20%
Dan cabut ketika <80%

Lbh ok lg klo 40 80

Ngakalin c rating, pk normal charger aja (buat gadget dan ev sekalipun).
Klo 40 80 kan preventif buat extend cycle.

Klo phev emg kita gak bs kontrol sih, suka2 setup pabrik aja gmn programming charging nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kena dingin trouble kena panas trouble ngisi fultenk trouble terlalu kosong trouble......................... idup kok ribet amat yak............ :glodak:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Jan 09, 2025 2:21 kena dingin trouble kena panas trouble ngisi fultenk trouble terlalu kosong trouble......................... idup kok ribet amat yak............ :glodak:
Ya kuncinya klo di indo, kompresor ac pendingin batre hrs prima.
Maintenis diperhatikan.

Gak bisa asal pakai aja spt mobil ICE, klo AC gak dingin baru dibenerin.

Krn AC itu klo rusak, bukan kerusakan gradual, tp cenderung lgs drop dinginnya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Jan 09, 2025 7:16
Ya kuncinya klo di indo, kompresor ac pendingin batre hrs prima.
Maintenis diperhatikan.

Gak bisa asal pakai aja spt mobil ICE, klo AC gak dingin baru dibenerin.

Krn AC itu klo rusak, bukan kerusakan gradual, tp cenderung lgs drop dinginnya :big_biglaugh:
penyakit honda tuh selangnya suka bocor alus selama ini bertaun2x cuma bingung kenapa suka tiba2x panas terus di blower ada suara mendesis, tapi di bawa ke tukang ac selalu di vonis gak kenapa2x cuma kurang freon katanya paling bocor alus cuma gak tau dimana :big_bored:

baru kemaren tiba2x panas lagi ternyata dari selang utamanya ud makin parah akhirnya ganti saya suruh bikin sendiri aja biar lebih kuat dari ori :big_biglaugh:

kalo ev modelan gini juga si modiarrr..... :glodak:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Jan 09, 2025 7:54
Suryaputra wrote: Thu Jan 09, 2025 7:16
Ya kuncinya klo di indo, kompresor ac pendingin batre hrs prima.
Maintenis diperhatikan.

Gak bisa asal pakai aja spt mobil ICE, klo AC gak dingin baru dibenerin.

Krn AC itu klo rusak, bukan kerusakan gradual, tp cenderung lgs drop dinginnya :big_biglaugh:
penyakit honda tuh selangnya suka bocor alus selama ini bertaun2x cuma bingung kenapa suka tiba2x panas terus di blower ada suara mendesis, tapi di bawa ke tukang ac selalu di vonis gak kenapa2x cuma kurang freon katanya paling bocor alus cuma gak tau dimana :big_bored:

baru kemaren tiba2x panas lagi ternyata dari selang utamanya ud makin parah akhirnya ganti saya suruh bikin sendiri aja biar lebih kuat dari ori :big_biglaugh:

kalo ev modelan gini juga si modiarrr..... :glodak:
Gw selama miara honda gak prnh ada masalah ac dan cooling system.

Masalahnya road noise doang, dan (tipikal) kaki fwd monokok klo pemakaian dah 5 thn ke atas :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Jan 09, 2025 9:06 Gw selama miara honda gak prnh ada masalah ac dan cooling system.

Masalahnya road noise doang, dan (tipikal) kaki fwd monokok klo pemakaian dah 5 thn ke atas :big_biglaugh:
dari freed penyakitnya gitu om freon ud kayak iuran bisa 1-2thn baru kering terus panas makannya berasa wajar ternyata emang bocor kan :glodak:




:mky_07: :mky_07:

lucu dengerin ini kebanyakan gaya green graan green terus lupa itu power line ud pada tua saking tuanya pada cocok di jadiin monumen :wkkk:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Jan 09, 2025 10:01
Suryaputra wrote: Thu Jan 09, 2025 9:06 Gw selama miara honda gak prnh ada masalah ac dan cooling system.

Masalahnya road noise doang, dan (tipikal) kaki fwd monokok klo pemakaian dah 5 thn ke atas :big_biglaugh:
dari freed penyakitnya gitu om freon ud kayak iuran bisa 1-2thn baru kering terus panas makannya berasa wajar ternyata emang bocor kan :glodak:




:mky_07: :mky_07:

lucu dengerin ini kebanyakan gaya green graan green terus lupa itu power line ud pada tua saking tuanya pada cocok di jadiin monumen :wkkk:
Biasa klo kena masalah bocor dan kompresor jebol dsb, sering gaspol dlm kondisi ac on :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Jan 09, 2025 11:20
Biasa klo kena masalah bocor dan kompresor jebol dsb, sering gaspol dlm kondisi ac on :big_weee:
ge8 sih full ori kecuali selangnya baru di ganti :big_biglaugh:

kalo freed magnet itu sering mati biang keroknya dulu kalo ujan gede ane suka samperin genangan mentang2x ban punya wet grip bagus semua genangan di hajar :big_biglaugh:

sejak tau rusaknya gara2x aer karena posisinya di bawah akhirnya tiap lewat genangan parah saya selalu matiin ac min kompresornya di off dulu hasilnya awet om so far ge8 magnet masih ori pabrik :mky_03:

kalo gaspool itu dulu crv gen 2 sampe bubar pecah berkeping2x itu piston rotarynya katanya emang gak kuat akhirnya ganti stream punya yang masih pake piston biasa :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



ini video ud 4 taon :mky_07:

kalo ada yang ngomong nyalahin mobil kita bilang aja kena prank ..... :mky_07:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV's Safety?

Post by Zaxis »

Dah taun 2025,dah 37 pages tapi masih aja belum ada video ev di Indonesia dar der dor
Ayo om semangat trus cari video nya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Zaxis wrote: Sat Jan 11, 2025 4:21 Dah taun 2025,dah 37 pages tapi masih aja belum ada video ev di Indonesia dar der dor
Ayo om semangat trus cari video nya
blm mbah

byd baru jual 10rb moblis di indonesia
hyundai jg baru ribuan moblis

masih jauh sm mobil listrik di china sampai jutaan unit
jadi belum tentu ada beritanya EV dhuar 5-10 thn ke depan di indonesia


:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Sat Jan 11, 2025 4:21 Dah taun 2025,dah 37 pages tapi masih aja belum ada video ev di Indonesia dar der dor
Ayo om semangat trus cari video nya
loe yakin ?? saya si ud permah share tuh ioniq di junkyard lagi gosong :upss:

itu aja lolos viral tau2x nongol di junkyard :big_biglaugh:

ada indikasi di wakanda cuma di pake macet2x jd batrenya kebanyakan ngaso makannya adem2x kagak meleduk :glodak: