Bibieight wrote: Wed Jan 08, 2025 13:11
Kalo EV-nya alternatifnya Air EV mending ndak usah EV2an, itu arsitekturnya 108V, arsitektur forklift, kalo EV proper tu arsitekturnya 400V, sukur2 800V, jangan mau kegocek Wuling. Valuasi Air EV itu bukan harga mobil dibagi kWh (range-nya harus antara 8-11juta, diluar itu kemahalan), soalnya dia bukan mobil tapi forklift. Saya EV-phile tapi ya ndak segitu2nya anjurin orang beli AirEV. Nah orang yg bener2 duit banyak itu orang yg. beli AirEV
Kalo beneran pingin EV bujet 200+jual mazda si kayaknya kena harga MG4 bekas (di mobil123 pada buka harga 350an kan), cuma ya itu, kaki cuma EV, terus umurnya kan belun liwat 2 tahun tuh jd belun tau dapet jackpot apa. Kalo Ioniq 5 di grup EV saya rata2 jackpot di ICCU, cuma penyakit-nya di Indo < drpd. di US.
Balik F30 atau MG4, coba colek oom Kendibocor beliau kan piara F30 sama MG4 tuh, yg. MG4 dah nemu jackpot apa, kl. yg. F30 kayaknya banyak deh

, sy. G20 baru 35k km aja B48-nya dah bocor waterpom-nya
F30 uda dijual om
Buat om TS, budget 200 jt bwat nambah kan ya? Berarti jual mazdut sekitar 150 trus nambah 200-250jt jd total budget 350-400jt? Atau jual mazdut + nambah duit jadinya total budget 200-250an ya? Ane takut gagal paham. Kalo budget total cuman 200-250 mending diem aja pake mazda 2 nabung dlu sampe ada budget lebih biar berasa lebih puas.
Kalo budget 400an sih Boleh bgt ambil F30. Skrng barangnya harga 300 untuk thn 2016-2017 sampe 390an uda dpt yg sport shadow 2019an sblm ke G20, bahkan dibawah 300 uda banyak yg jual, sisa duitnya buat perbaikan. Yg penting jgn diabisin semuanya bwat beli mblnya trus ga ada spare budget bwat perbaikan. Biar gmn eropa tua miaranya ga semurah jepang. Pajak aja masih 9an. Aki 4 jt an. Ganti oli di spesialis sejutaan lebih dikit, ganti atf bangsa 4-5 jt. Itu biasa basic yg diganti2 kalo sama owner sblmnya blm ada yg diganti. Pastiin steering rack aman, b48 setau ane blm ada repair kitnya, malah N20 ada. Cari copotan jg masi mahal, assy di beres? Jgn ane spill deh harganya tar pd mundur teratur yg mo beli F30 b48
Vewe golep tsi nggak dlu deh. Ngapain piara mbl yg ticking time bombnya tar tiba2 pagi mo berangkat kerja mechanya masalah mampus lah. Wolenk ya sesuai suhu EV om bibie bilang, ga layak dibeli.
MG4 sih enak, kenceng tp ga lebay dan masih in control most of the time, handling enak (kata om sherry ini F30 lite, setuju sih) tp ya that’s it. Mblnya dtg ke rumah ya udah ga bs diulik2 karena part modifnya ga ada, mo modif jg males. Bwat jd workhorse doang. Tp overall yg beli pada puas sih makenya. Jgn mikir dijual at least 10 thn ke depan ya. Nabung lg ajah bwat beli mbl weekend.
Minusnya susah ngmng, ane ada 2 unit MG yg 1 trouble free yg 1 agak2 lemon. Tie rod baru 700 km uda bunyi2 akhirnya diganti bunyinya ilang. Ini baru 6000km stir jg bunyi2 blm solved. Beresnya (biasa ane ke andalan puri) sangat support sih. Cuman emang toolsnya aja blm lengkap2 bgt. Kemaren abis gnt tie rod spooring disuruh ke bengkel luar karena mrk ga bisa spooring dan bayar sendiri ane komplain akhirnya mau diajukan ke MG pusat tp udah 4-5 bln ga ada hilalnya
Oh iya sama minusnya 1 lg, nih EV output tenaganya ga gede2 amat. Terutama torsi kayanya cuman 250Nm. Tp instantnya itu bikin nanti kalo bawa mbl ICE jd gregetan. Ane kalo abis make ini trus bawa C300 W205 aja torsinya di rpm bawah kerasa kurang. Padahal tuh C300 370Nm. F30 torsinya lebih berasa agresif drpd W205, trannynya jg lebih enak tp harus di mode sport dlu biar turbolagnya minim jd jambakannya lebih berasa
