crystal clear
terimakasih mbah

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
crystal clear
semua akan hankuk pada waktunyajosomba wrote: Thu Dec 05, 2024 4:00
Screenshot_20241205_105746_Gallery.jpg
Kalau ban, minggu lalu dah ganti hankook 225/50/18. Overall sih yg paling terasa noise jauh berkurang ketimbang ban toyo r52a bawaan. Ini juga baru kerasa kena rumble strip di bsd/alsut, setir kaga lari, kek keredam sama si ban. Grip mirip aja ama toyo. Nyetir di tol belum sempet kena genangan yg gimana, tp braking di wet sih oke ya, terasa lebih pendek ketimbang pas pake toyo.
Sekian cuap2 dr ane
Oddonya cepet om, 14 bulan sudah 21k..mantabjosomba wrote: Thu Dec 05, 2024 4:00 Om TS, numpang lapak lagi ya buat on going review ya
Mobil owe udah berjalan 21k KM semenjak pungut di dealer Aug 2023.
20241202_080215.jpg
Sejauh ini masih ngikutin perawatan gratis dr BeRes dan ke mbah Marmut kalau lg iseng pengen ganti oli mesin/atf.
Yg jelas di belasan ribu KM udah kuras total ATF tp masih ganti ATF FZ. Lupa post disini atau di thread atf, tp warna atf dah hitam bener yg bawaan pabrik. Semenjak ganti sih, mendingan tp kok rasanya masih agak bloon. Dulu masdut 2 abis ambil bekas, lgsg ganti pake atf aftermarket rasanya lebih enak shiftingnya.
Kaki2 sejauh ini masih aman semua, cmn brake pad trw yg rear keknya debunya entah terlalu berat (biar ga kotorin velg), kalau dah 5k KM rem belakang mulai bunyi2 cem kotor. Tiap bersihin pasti hilang. Next mgkn mau ganti pake non-OEM aja.
Masalah ngelitik -- nah ini, kirain mesinnya problem apa gimana. Tp cuman ganti pom bensin menjauh dr rumah owe, somehow kok dah ilang. Dah acara carbon clean di BeRes n Tod* pula. Terima kasih kpd bp. Marmut yg udah saranin mending ganti pom bensin dulu.
Screenshot_20241205_105558_WhatsApp.jpg
Karena gengges ngelitik di low engine speed, high load, ane dah sempet iseng2 ganti busi bris*, lah baru 1k KM satu busi udah dol bisa loss muter2 gitu antara keramik n bagian metalnya. Kalau pagi mobil geter hebat kek compression lost. Balikin ke OEM sehat lg.
Screenshot_20241205_105746_Gallery.jpg
Kalau ban, minggu lalu dah ganti hankook 225/50/18. Overall sih yg paling terasa noise jauh berkurang ketimbang ban toyo r52a bawaan. Ini juga baru kerasa kena rumble strip di bsd/alsut, setir kaga lari, kek keredam sama si ban. Grip mirip aja ama toyo. Nyetir di tol belum sempet kena genangan yg gimana, tp braking di wet sih oke ya, terasa lebih pendek ketimbang pas pake toyo.
Sekian cuap2 dr ane
Haha beda orang beda pov ya kalau laju Odo.Chr1stm1 wrote: Thu Dec 05, 2024 5:31
Oddonya cepet om, 14 bulan sudah 21k..mantab
Btw fuel consnya gimana om sejak ganti ban yg tapaknya 225? Sama aja atau sedikit lebih boros?
Mantap, kena berapa qqqqqqqq auto mv per lt sekarang om?DrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:03 Mantap om josomba
Saya juga baru kemarin ganti ATF meskipun belum semua kekuras, isi 4 liter pakai Q8.
So far udah agak pinteran dan smooth. KM 40rb.
josomba wrote: Thu Dec 05, 2024 7:31Mantap, kena berapa qqqqqqqq auto mv per lt sekarang om?DrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:03 Mantap om josomba
Saya juga baru kemarin ganti ATF meskipun belum semua kekuras, isi 4 liter pakai Q8.
So far udah agak pinteran dan smooth. KM 40rb.
Ane tahun depan mgkn mau ganti ptt lv-1 atau gulf.
Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. WkwkwkkDrivingPotato wrote: Thu Dec 05, 2024 7:59
Beli di toko orennya Cakra om, terus minta digantiin di Cakra klp gading
Kayaknya per liter 160k an aja pake voucher
So far oke ini kerasa lebih stabil terutama abis macet macetan biasanya jadi bodoh, skrg aman gak ngejedag2. Pas awal emang underfilled kayaknya.
BTW
Mobil ini enak dan asik tapi asli udah cape ngurus stir ama kaki kakinya
Batch apes bener kayaknya
Itu mobil diapain om bisa kinclong bangetttttt![]()
Udah ganti shock depan 2xjosomba wrote: Thu Dec 05, 2024 8:04
Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. Wkwkwkk
Kaki2 apa aja yg dah diganti/klaim om?
Mobil ane, cmn sealant2 biasa aja om. Asal bukan sealant merk Dekson #eh![]()
![]()
Bused sampe mazda angkatan sekarang masih jg tuh rack steer sama intermediate shaftDrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10Udah ganti shock depan 2xjosomba wrote: Thu Dec 05, 2024 8:04
Oh lumayan jatuhnya 160k/L kirain dah 200k/L. Wkwkwkk
Kaki2 apa aja yg dah diganti/klaim om?
Mobil ane, cmn sealant2 biasa aja om. Asal bukan sealant merk Dekson #eh![]()
![]()
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret
Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb
Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.
puyengggg![]()
![]()
TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om
Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
penyakit-nya masih penyakit masdut 2 ane dulu ya, ampe ane males pake part ori. wkwkwk.DrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret
Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb
Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.
puyengggg![]()
![]()
TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om
Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
Urang baca2 dari didieu:
kek untung2an mbah. Kalau ga salah om driving potato KM 20k dah mulai seret support shock-nya. Ini ane dah 20k++ masih aman padahal rutenya jorok sering terjang genangan di tol.kenop wrote: Fri Dec 06, 2024 13:49
Bused sampe mazda angkatan sekarang masih jg tuh rack steer sama intermediate shaft![]()
Sy sempet pake mazda2 taon 2012 begini jg nih penyakitnya, untung ganti 2x msh di cover garansi
Ngga lama lepas masa garansi lgsg jual, ngeri ah kl rusak kl hrs beli sendiri![]()
ah masda 2 '20 owe juga kena tuh EPS assy nya, umur setaonDrivingPotato wrote: Fri Dec 06, 2024 13:10
Udah ganti shock depan 2x
Strut absorber protector di mountingnya
steering rack 1x
Intermediate shaft 2x karena bunyi dug dug
EPS Assy ganti 1x karena seret
Sekarang part EPS nya usia 6 bulan
stir udah seret lagi, curiga grease di worm gear nya udah kering lagi
Part grease nya di Mazda dijual 500rb, jasanya 120rb
Nyari di Tokped, ada EPS grease Kia yg ditunjukin mbah marmut. pas ditanya, udh ga ada barangnya.
puyengggg![]()
![]()
TSB sticky steering nya ada di attachment kalo mau liat om
Ortu ane pengen small SUV akhirnya hari ini ane bungkusin HRV SE aja, skrg robustnessnya better daripada mazdut gajelas ini
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?josomba wrote: Tue Jan 07, 2025 12:26 Izin lanjut update di thread om drivingpotato.
Setelah sebulan terakhir makin sering jedag-jedug-greggg kalau injek gasnya nanggung kek metik bloon, akhirnya udah lah ane ganti Gulf ATF LV. Bomat deh ama garansi, toh pas servis rutin ane tanya apa ada update buat TCU biar ga dikit2 gonta ganti gigi bikin ATF cepet gosong, dijawab sudah update latest -- ga ada update terbaru
Yak as expected, atf fz yg sebenernya udah 2x drain refill di sekitaran 10k KM lalu sudah hitam.
20250105_173551.jpg
Akan ane pantau lg 10k KM dengan Gulf ini. So far sih jedag-jedug-gregggg hilang pas di kecepatan2 nanggung mau pindah gigi. Tp belum tahu bakal bertahan berapa lama.
![]()
Hi om,bubur301 wrote: Thu Jan 16, 2025 8:57
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?
Saat miara m2 sky saya juga pernah ngalamin hal tersebut, mulai dari carbon clean dll tapi masalahnya selalu kembali lagi, terutama saat mobil jarang dipake/hanya dipake dalem kota jarak pendek, sampe bingung, bbm padahal selalu isi pertamax turbo minimal v power, terkadang juga mobil sesaat setelah distater geter geter mesinnya, malah pernah lagi jalan di tol malem malem hujan deras kondisi kelistrikan high load, mesin selama sepersekian detik hilang power/misfiring.
Sampai akhirnya karena mobil saat itu jarang dipake saya rajin charge aki aja deh, eh momen saya rajin charge aki, masalah ngelitiknya hilang sampai akhirnya memang akinya sudah harus ganti, masalah-masalah di atas pun hilang permanen gak muncul lagi padahal mobil gak diservice, hanya ganti aki aja, mesin smooth lagi. Kayaknya agak sensitif dengan kelistrikan stabil deh Mazda ini, sekarang akhirnya saya beli charger proper Bosch C7 untuk rawat aki.
Izin join juga deh, saya juga baru ganti dari M2 Sky 2014 ke CX3 Improvement 2024.
Mobil nyampe November 2024, sampai saat ini odo baru sekitar 800km![]()
Ni mobil kaya Mazda 2 tapi versi penyempurnaan sana sinijauh lebih kedap, lebih nyaman, lebih luas dikit, so far puas, adaptive cruise controlnya juga halus.
Tadinya ngira row 2nya plek ketiplek dengan M2 Sky, ternyata nggak, posisi duduknya nggak tenggelem kaya m2 sky dan lebih lega sedikit, bagasi juga lebih luas. Banyak improvementnya juga, walaupun pake mesin yg sama suara starter motornya lebih halus dibanding Mazda 2 Skyactiv 2014, lebih renyah, saya suka dengernya, on off kompresor ac juga lebih halus hampir kaya cx5, nggak nyaring "cetok" kaya m2 sky, audio juga terdengar lebih bagus.
![]()
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbahjosomba wrote: Fri Jan 17, 2025 0:35Hi om,bubur301 wrote: Thu Jan 16, 2025 8:57
Om mengenai masalah ngelitik saat low speed high load, udah pernah cek aki om? Masih sehat nggak?
Saat miara m2 sky saya juga pernah ngalamin hal tersebut, mulai dari carbon clean dll tapi masalahnya selalu kembali lagi, terutama saat mobil jarang dipake/hanya dipake dalem kota jarak pendek, sampe bingung, bbm padahal selalu isi pertamax turbo minimal v power, terkadang juga mobil sesaat setelah distater geter geter mesinnya, malah pernah lagi jalan di tol malem malem hujan deras kondisi kelistrikan high load, mesin selama sepersekian detik hilang power/misfiring.
Sampai akhirnya karena mobil saat itu jarang dipake saya rajin charge aki aja deh, eh momen saya rajin charge aki, masalah ngelitiknya hilang sampai akhirnya memang akinya sudah harus ganti, masalah-masalah di atas pun hilang permanen gak muncul lagi padahal mobil gak diservice, hanya ganti aki aja, mesin smooth lagi. Kayaknya agak sensitif dengan kelistrikan stabil deh Mazda ini, sekarang akhirnya saya beli charger proper Bosch C7 untuk rawat aki.
Izin join juga deh, saya juga baru ganti dari M2 Sky 2014 ke CX3 Improvement 2024.
Mobil nyampe November 2024, sampai saat ini odo baru sekitar 800km![]()
Ni mobil kaya Mazda 2 tapi versi penyempurnaan sana sinijauh lebih kedap, lebih nyaman, lebih luas dikit, so far puas, adaptive cruise controlnya juga halus.
Tadinya ngira row 2nya plek ketiplek dengan M2 Sky, ternyata nggak, posisi duduknya nggak tenggelem kaya m2 sky dan lebih lega sedikit, bagasi juga lebih luas. Banyak improvementnya juga, walaupun pake mesin yg sama suara starter motornya lebih halus dibanding Mazda 2 Skyactiv 2014, lebih renyah, saya suka dengernya, on off kompresor ac juga lebih halus hampir kaya cx5, nggak nyaring "cetok" kaya m2 sky, audio juga terdengar lebih bagus.
![]()
Selama pake 95-98 sih bebas ngelitik, kalau pake 92 agak picky. BP kadang ngelitik, vivo biasa aman, pertamina kadang ngelitik, shell aman.
Thanks om buat info-nya mengenai kelistrikan itu, nah kalau mobil ane casenya dah mulai dari bulan ke-3 semenjak diterima. Wkwk. Agak ragu juga ya kalau karena kelistrikan, tp jujur di mobil ane ada dashcam. Jd penasaran sih kalau dicabut dulu dashcam-nya apa bisa pengaruh.
Nextnya ane mau ganti aki lithium saja, keknya jauh lebih stabil drpd aki biasa + starter jd cepet.
Nah ane cukup setuju dengan point improvement dr mazda 2. AC Compressor betul sih, ga segitu nyebelin kek di mazda 2 pas engage. Cmn nanti setelah beberapa bulan pemakaian, ada sih om kerasa "nyentak" dikit pas ac kick-in. Tp ga sekasar d mazda 2. Wkwkwk
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motorSuryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah
Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C
Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya![]()
saturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor
FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg
Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg
Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg
Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Nice info mbahsaturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motorSuryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah
Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C
Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya![]()
FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg
Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg
Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg
Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Semua barang dalam kondisi baru dan masih warranty produsen 1.5 tahun; mustahil untuk saya bongkar.Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 2:52Nice info mbahsaturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motorSuryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 1:31
Aku lithium perhatikan jg rentang operating temp nya mbah
Krn lithium batt itu sensitif sm suhu sekitar,
Operating temp nya hrs rentang 5 - 40C
Makanya di ev, yg pakai lithium batt, dikasih pendingin dengan freon ac, lgs ditempel itu cooler dr jalur evaporator, lgs ke battery casenya![]()
FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg
Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg
Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg
Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Itu yg health 89%
Brp lama pakai?
Klo motor terpisah dr ruang panas mesin, jd harusnya aman yaa.
Dalemannya prnh dibuka gak mbah?
Untuk learning bersama![]()
Wowh sipp mbahsaturday wrote: Fri Jan 17, 2025 3:02Semua barang dalam kondisi baru dan masih warranty produsen 1.5 tahun; mustahil untuk saya bongkar.Suryaputra wrote: Fri Jan 17, 2025 2:52Nice info mbahsaturday wrote: Fri Jan 17, 2025 2:39
Ini saya sedang tes aki lithium di 3 unit kendaraan saya. 900CCA untuk Civic & Innova, 180 CCA untuk motor
FD2
IMG_20250117_093225.jpg
IMG_20241205_192709.jpg
Innova
IMG_20241202_094201.jpg
IMG_20241202_224851.jpg
Scorpio
IMG_20250117_093506.jpg
IMG_20241207_180548.jpg
Coba aja kita lihat tahan berapa lama.
Itu yg health 89%
Brp lama pakai?
Klo motor terpisah dr ruang panas mesin, jd harusnya aman yaa.
Dalemannya prnh dibuka gak mbah?
Untuk learning bersama![]()
Sejauh ini gimana om kaki-kaki depannya? Masih senyap tidak atau ada keluhan lain mungkin?josomba wrote: Fri Feb 21, 2025 1:37 Buat om TS n pengguna lain,
Kalau dah 30-40k mgkn bisa coba bersihin intake valve as ni P5-VPS kan GDI engine.
Abis ke mbah marmut, iseng aja pgn ngintip intake valve di 25k. Kalau dr gambar terlihat mulai ada endapan walaupun belum tebel. Direndem carb cleaner + gosok = bersih lg.
20250220_151624.jpg
Gasket ane ga ganti dulu karena memang masih tebel n luber keluar dr celahnya.
20250221_083012.jpg
Yah sekalian dah bersihin rem belakang juga yg belakangan dah nguk ngak nguk. Unik nih pad TRW, pad oem biasa ga gitu dusty, ini malah dusty bener.
20250220_165505.jpg
Jujur di saya orkestra kaki ga ada samsek. Bingung juga makanya dulu mazda 2 kek lebih rewel kaki2nya.bubur301 wrote: Fri Feb 21, 2025 5:16
Sejauh ini gimana om kaki-kaki depannya? Masih senyap tidak atau ada keluhan lain mungkin?
Masih agak-agak parno dengan kaki-kaki depan M2 Sky first gen 2014, 20rb sudah mulai gluduk gluduk steering gearnya, diganti warranty gitu lagi setelah 20rb
Odo CX3 saya sejauh ini masih 2.900an