Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
baut pengisian alias fill plug, aksesnya dari roda kiri depan.
FE dikasih atf dan WS = cvt? coba ngana liat gambar dibawah ini dan simpulkan sendiri.
bengkelnya di alpha auto sunter, kita juga bingung nih makanya. Besok lagi mau coba contact orang astra untuk tarik data berdasarkan vin number, soalnya SA nya ngotot terus dan beragumen bahwa baut FE itu = oli ATF dan lebih parahnya lagi SA nya bilang kita udah kerjain ratusan mobil ngak pernah salah dan bermasalah karena memang sudah dari sananya begitu. Jadi kita ngotot2-an kan , padahal saya juga udah udah beragumen tanya beberapa bengkel teman dan kenalan semua jawabnya ini pakai oli CVT dan bukan ATF. Jadi yg dijadikan patokan adalah baut tersebut yg ada logo FE nya.
Last edited by fandyg on Fri Dec 06, 2024 17:07, edited 3 times in total.
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Kalo hybrid pake spek Toyota WS
Kalo non hybrid pake CVT
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Kalo hybrid pake spek Toyota WS
Kalo non hybrid pake CVT
Itu aja kok simple
Saya konfirmasi beberapa kenalan , infonya semua sama yaitu pakai oli CVT karena transmisi ini adalah CVT tapi argumen dari bengkelnya berpatokan sama buat yg ada logo FE nya = oli CVT. Saya sedang cari informasi, takutnya kita yg bodoh atau kita sedang dibodohi.
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
baut pengisian alias fill plug, aksesnya dari roda kiri depan.
FE dikasih atf dan WS = cvt? coba ngana liat gambar dibawah ini dan simpulkan sendiri.
bengkelnya di alpha auto sunter, kita juga bingung nih makanya. Besok lagi mau coba contact orang astra untuk tarik data berdasarkan vin number, soalnya SA nya ngotot terus dan beragumen bahwa baut FE itu = oli ATF dan lebih parahnya lagi SA nya bilang kita udah kerjain ratusan mobil ngak pernah salah dan bermasalah karena memang sudah dari sananya begitu. Jadi kita ngotot2-an kan , padahal saya juga udah udah beragumen tanya beberapa bengkel teman dan kenalan semua jawabnya ini pakai oli CVT dan bukan ATF. Jadi yg dijadikan patokan adalah baut tersebut yg ada logo FE nya.
bengkelnya di alpha auto sunter, kita juga bingung nih makanya. Besok lagi mau coba contact orang astra untuk tarik data berdasarkan vin number, soalnya SA nya ngotot terus dan beragumen bahwa baut FE itu = oli ATF dan lebih parahnya lagi SA nya bilang kita udah kerjain ratusan mobil ngak pernah salah dan bermasalah karena memang sudah dari sananya begitu. Jadi kita ngotot2-an kan , padahal saya juga udah udah beragumen tanya beberapa bengkel teman dan kenalan semua jawabnya ini pakai oli CVT dan bukan ATF. Jadi yg dijadikan patokan adalah baut tersebut yg ada logo FE nya.
Screenshot_20241208_164954_Maps.jpg
yg itu apa bukan?
repot² kontek org astra ngapain? kan ada smartphone bisa buka gugel trus ketik "toyota FE" dan/ atau "toyota WS" nanti keluar apa hasilnya. instan saat itu juga bisa diliat bareng ama si mat pinter.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE.
Ckckckckck
Dah mending bengkelnya di tinggalin aja. Kalo perlu skalian viralin di sosmed
Apalagi skarang indikasi shifting jadi jeduk kan? Masa mau ngulang kasus honda jazz idsi cvt jaman dulu seh …. Taon ud mau ganti 2025 tapi isi otak masih tolol tuh SA
Langsung buru2 kuras abis, ganti cvtf aja om drpd jebol beneran
Alphard (AGH30) pake oli ATF kalo mesinnya 3.5 V6 2GR-FE
Itu bener pake jenis automatic torque converter U660E 6-speed
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Alphard CVT pakainya ya oli CVTF, bukan WS... Di tahun2 segitu biasanya msh masa peralihan antara WS, CVT TC dan FE, berhubung di indo ga ada oli yang TC maka diisinya yang spek CVT FE di beres toyota... its ok ga ada masalah mau CVT yang TC atau FE, yang penting bukan WS. Jgn sampe bingung dan salah ya, fatal nanti
Nah di beberapa beres toyota bahkan ada issue tentang buku pedoman mereka yg belum update, tertulisnya mobil cvt yg baut TC bisa diisi WS/CVT. Biasanya di daerah2 yg begini, saya pernah nemu 2x
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Alphard CVT pakainya ya oli CVTF, bukan WS... Di tahun2 segitu biasanya msh masa peralihan antara WS, CVT TC dan FE, berhubung di indo ga ada oli yang TC maka diisinya yang spek CVT FE di beres toyota... its ok ga ada masalah mau CVT yang TC atau FE, yang penting bukan WS. Jgn sampe bingung dan salah ya, fatal nanti
Nah di beberapa beres toyota bahkan ada issue tentang buku pedoman mereka yg belum update, tertulisnya mobil cvt yg baut TC bisa diisi WS/CVT. Biasanya di daerah2 yg begini, saya pernah nemu 2x
parah ya
sekelas bengkel umum spt itu aja kekurangan literasi
ngelus dada ajah
perlu belajar sm guru besar marmut automotive
yg nyeleneh2, biar ditampar2in dan dimandiin kembang sejuta rupa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14
suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Alphard CVT pakainya ya oli CVTF, bukan WS... Di tahun2 segitu biasanya msh masa peralihan antara WS, CVT TC dan FE, berhubung di indo ga ada oli yang TC maka diisinya yang spek CVT FE di beres toyota... its ok ga ada masalah mau CVT yang TC atau FE, yang penting bukan WS. Jgn sampe bingung dan salah ya, fatal nanti
Nah di beberapa beres toyota bahkan ada issue tentang buku pedoman mereka yg belum update, tertulisnya mobil cvt yg baut TC bisa diisi WS/CVT. Biasanya di daerah2 yg begini, saya pernah nemu 2x
CVT FE dan TC itu setahu saya interchangeable sih.. karena mobil yg masa edarnya di peralihan TC dan FE (circa 2012), di repair manualnya itu masih TC.. tapi kalau lihat fill plugnya untuk yg keluaran setelah 2012 justru tertulis FE, yg berarti factory filled menggunakan FE..
yang penting jangan CVT Fluid diisi ATF WS/TIV aja
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Setelah lihat2 type CVT XPander, googling sana sini, cari detail spek, surprisingly CVT XPander sama dengan yang dipakai di Corolla dan Sienta
Bahkan di baut Pengisian oli XPander ada tulisan FE, means CVT FE Toyota, pantes aja Mitsubishi ga rekomendasiin CVTF J4 buat Xpander. Menarik ni didiskusikan
Raynard22 wrote: Wed Dec 25, 2024 23:57
Setelah lihat2 type CVT XPander, googling sana sini, cari detail spek, surprisingly CVT XPander sama dengan yang dipakai di Corolla dan Sienta
Bahkan di baut Pengisian oli XPander ada tulisan FE, means CVT FE Toyota, pantes aja Mitsubishi ga rekomendasiin CVTF J4 buat Xpander. Menarik ni didiskusikan
Karena lihat post om saya coba searching, ternyata pakainya CVT K410 / Aisin AW XA-12SN ya. Tumben banget Mitsu pakai Aisin, biasanya dia pakai Jatco utk CVTnya
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Raynard22 wrote: Wed Dec 25, 2024 23:57
Setelah lihat2 type CVT XPander, googling sana sini, cari detail spek, surprisingly CVT XPander sama dengan yang dipakai di Corolla dan Sienta
Bahkan di baut Pengisian oli XPander ada tulisan FE, means CVT FE Toyota, pantes aja Mitsubishi ga rekomendasiin CVTF J4 buat Xpander. Menarik ni didiskusikan
Karena lihat post om saya coba searching, ternyata pakainya CVT K410 / Aisin AW XA-12SN ya. Tumben banget Mitsu pakai Aisin, biasanya dia pakai Jatco utk CVTnya
Bukan K410 sepertinya Om, lebih pasnya K313, sama dengan Corolla, Yaris, CHR, Sienta. Jadi ga ragu2 lagi ganti CVTF yang Comply Toyota CVT FE. Jadi sekarang ga perlu debat lagi CVT mana yang lebih badak antara Mitsu sama Toyota, wong sama,
Raynard22 wrote: Wed Dec 25, 2024 23:57
Setelah lihat2 type CVT XPander, googling sana sini, cari detail spek, surprisingly CVT XPander sama dengan yang dipakai di Corolla dan Sienta
Bahkan di baut Pengisian oli XPander ada tulisan FE, means CVT FE Toyota, pantes aja Mitsubishi ga rekomendasiin CVTF J4 buat Xpander. Menarik ni didiskusikan
Ya berarti bs dong pk CVTF umum spt Total, Petronas, dll
Yg comply ke cvt fe juga.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu Dec 26, 2024 1:29
Ya berarti bs dong pk CVTF umum spt Total, Petronas, dll
Yg comply ke cvt fe juga.
Harusnya gitu Om, mau coba ganti Pakai Transmax CVT di Astra Otoservice, harganya lumayan bandingin kelas keraton. Btw setelah ganti CVTF perlu reset nggak ya Om? Sempet tanya ke Beres Mitsubishi, kalo ganti cvtf jasanya aja kena 250 katanya sama reset.
Last edited by Raynard22 on Thu Dec 26, 2024 1:44, edited 3 times in total.
Raynard22 wrote: Wed Dec 25, 2024 23:57
Setelah lihat2 type CVT XPander, googling sana sini, cari detail spek, surprisingly CVT XPander sama dengan yang dipakai di Corolla dan Sienta
Bahkan di baut Pengisian oli XPander ada tulisan FE, means CVT FE Toyota, pantes aja Mitsubishi ga rekomendasiin CVTF J4 buat Xpander. Menarik ni didiskusikan
Karena lihat post om saya coba searching, ternyata pakainya CVT K410 / Aisin AW XA-12SN ya. Tumben banget Mitsu pakai Aisin, biasanya dia pakai Jatco utk CVTnya
Bukan K410 sepertinya Om, lebih pasnya K313, sama dengan Corolla, Yaris, CHR, Sienta. Jadi ga ragu2 lagi ganti CVTF yang Comply Toyota CVT FE. Jadi sekarang ga perlu debat lagi CVT mana yang lebih badak antara Mitsu sama Toyota, wong sama,
K313 ya? salah liat berarti saya wkwkwk
CVT FE mah lumayan banyak alternatifnya om, walaupun kalau cari yg encer mendekati orinya emg agak jarang sih om
iseng2 search, ada yg jual CVT Cooler Externalnya om. pakai adapter yg menggantikan CVT Warmer aslinya, bisa dicoba nih om
Suryaputra wrote: Thu Dec 26, 2024 1:29
Ya berarti bs dong pk CVTF umum spt Total, Petronas, dll
Yg comply ke cvt fe juga.
Harusnya gitu Om, mau coba ganti Pakai Transmax CVT di Astra Otoservice, harganya lumayan bandingin kelas keraton. Btw setelah ganti CVTF perlu reset nggak ya Om? Sempet tanya ke Beres Mitsubishi, kalo ganti cvtf jasanya aja kena 250 katanya sama reset.
kalau ganti CVTF sih ga ada yg perlu direset om, paling fine tuning jumlah fluida aja
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra wrote: Thu Dec 26, 2024 1:29
Ya berarti bs dong pk CVTF umum spt Total, Petronas, dll
Yg comply ke cvt fe juga.
Harusnya gitu Om, mau coba ganti Pakai Transmax CVT di Astra Otoservice, harganya lumayan bandingin kelas keraton. Btw setelah ganti CVTF perlu reset nggak ya Om? Sempet tanya ke Beres Mitsubishi, kalo ganti cvtf jasanya aja kena 250 katanya sama reset.
kalau ganti CVTF sih ga ada yg perlu direset om, paling fine tuning jumlah fluida aja
reset buat ganti olmes jg tutorial nya bnyk di youtube
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Toyota CVT Fluid FE:
Designed specifically for Continuously Variable Transmissions (CVT).
Commonly used in newer Toyota models equipped with CVT systems.
Ensures smooth operation of the CVT belt and pulleys.
Toyota ATF T-IV:
Designed for conventional automatic transmissions (A/T).
Suitable for older Toyota models with planetary gear-type automatic transmissions.
Provides the necessary friction properties for torque converters and clutches.
2. Compatibility
Toyota CVT Fluid FE:
For Toyota vehicles with CVTs, such as the Toyota Alphard (CVT variant), Toyota Corolla, Toyota Voxy, and newer models like the Innova Zenix (CVT models).
Toyota ATF T-IV:
For Toyota vehicles with traditional automatic transmissions, such as older Toyota Camry, Corolla, or Innova models with A/T.
3. Fluid Properties
Toyota CVT Fluid FE:
Low-viscosity fluid to optimize the efficiency of the CVT system.
Reduces wear and tear on CVT belts and pulleys.
Helps maintain smooth, stepless gear transitions.
Toyota ATF T-IV:
Higher viscosity compared to CVT fluids.
Provides friction characteristics to support gear shifts in automatic transmissions.
Specifically designed to handle clutch and torque converter operations.