Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
feri307 wrote: Thu Nov 28, 2024 9:39
Saya punya pengalaman mirip untuk menjawab pertanyaan nomor 4.
6 tahun di Jkt, mobil cuma jalan 26-ribuan km. Sering banget short trip. Awalnya punya pemikiran yg sama, dan mulai menggunakan oli2 kelas keraton (meminjam istilah suhu2 di sini). Ternyata, lbh mending menggunakan oli biasa2 aja, yg penting sesuai spek mesinnya, dan diganti rutin per 6 bulan. Cuma waktu itu gak pakai tes lab. Kalo mau presisi sih, mending tes lab sekalian, biar tau bisa tahan apa enggak untuk mesinnya. Sebagai tambahan, perjalanan pendek sepertinya selalu dikategorikan sebagai pemakaian ekstrim di setiap buku manual mobil (cmiiw), sehingga disarankan untuk memperpendek jadwal penggantian oli.
Oli kelas keraton dan oli biasa2 aja itu contohnya apa om?
Sy jg pernah baca2 info ktnya umur oli 5rb km atau 6 bulan (mana yg duluan tercapai), tp agak sayang jg misal 6 bulan baru jalan 1rb km sudah harus diganti lagi, kalo memungkinkan sih sy mau semaksimal mungkin hahaha
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 10:43
Per tahun cuma jalan 4500 km cukup banget pakai oli kelas 100rb seliter dan asli yg penting.
Filter oli ori beli aja di bengkel resmi pas lewat
Kasih masukan merek dan sae nya om, gausah yg terlalu bagus sekali tp "cukup" krn sy pakai mobilnya jg santai ga pernah ngebut2, jd ga terlalu ngejar performa, yg penting mesin awet dan ga sludge
Sejauh ini sih rencananya sy kalo mau ganti oli ke pom shell atau ke shop n drive aja yg terjamin asli olinya. Di shell pilihannya hx7 plus 5w40 atau hx6 10w40. Di snd ada shell astra (gatau apa bedanya ya dgn yg pom shell), sm bbrp merek lain termasuk castrol magnatec.
Atau kira2 bengkel biasa terima ga ya, misal sy beli oli online lalu minta tolong ganti aja di bengkel
amingchia wrote: Thu Nov 28, 2024 13:56
Oli kelas keraton dan oli biasa2 aja itu contohnya apa om?
Sy jg pernah baca2 info ktnya umur oli 5rb km atau 6 bulan (mana yg duluan tercapai), tp agak sayang jg misal 6 bulan baru jalan 1rb km sudah harus diganti lagi, kalo memungkinkan sih sy mau semaksimal mungkin hahaha
Trims jawabannya om
Yg pernah saya pakai seperti Am*oil, F* Massi*o, Ro*al Pur*le. Sejak 2020 atau masa2 cvd, tobat deh dan mulai pakai oli eco2-an BUMN punya
Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30
Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Yg prng sy coba yaa..
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 10:43
Per tahun cuma jalan 4500 km cukup banget pakai oli kelas 100rb seliter dan asli yg penting.
Filter oli ori beli aja di bengkel resmi pas lewat
Kasih masukan merek dan sae nya om, gausah yg terlalu bagus sekali tp "cukup" krn sy pakai mobilnya jg santai ga pernah ngebut2, jd ga terlalu ngejar performa, yg penting mesin awet dan ga sludge
Sejauh ini sih rencananya sy kalo mau ganti oli ke pom shell atau ke shop n drive aja yg terjamin asli olinya. Di shell pilihannya hx7 plus 5w40 atau hx6 10w40. Di snd ada shell astra (gatau apa bedanya ya dgn yg pom shell), sm bbrp merek lain termasuk castrol magnatec.
Atau kira2 bengkel biasa terima ga ya, misal sy beli oli online lalu minta tolong ganti aja di bengkel
Visco lihat manual book aja
Klo honda antara w30 atau w20
Pk filter oli aslinya beli di beres.
The best itu udh dibedah sm suhu hentul dalemannya.
Kecuali mau experimen dgn dompet susah nekuk
Oli ekonomis dan pemakaian 5rb km or 6 bulan
fastron techno biru cukup.
Beli di sadikun retail
Official store
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ada yang udah pernah pakai oli ini? Mungkin bisa sharing impresinya, kebetulan udh beli tapi belum di tuang nunggu jadwal servis di bulan depan. Oiya kira-kira ini kuat 10.000 km atau 6 bulan ga ya? Claim official storenya kuat 10.000 km soalnya walaupun actualnya saya selalu maks di 8.000 km. Pemakaian untuk di mesin suzuki k15b, bensin pakai shell super.
Thankyou yang udh mau sharing.
buat mesin N/A dipake 10rb KM sih no worries ini om, saya dah pake di mesin L15 hrv, impresinya 11 12 sm kyueit.. oli enak ini harga jg cukup affortable buat kelas long drain
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30
Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Yg prng sy coba yaa..
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Q8 D1 FE, lebih halus dari Amsoil SS 0W20 kah?
Sebelumnya, biasa pake Shell Ultra 5W30, terus coba ganti Amsoil SS 0W20 di CM 11, engine jadi kasar & getaran sampai ke Setir, di pakai mudik ke Jatim, buka kap mesin, panas banget. Akhirnya balik lagi ke Shell, dan suara lebih halus & adem, tapi tau sendiri, ipah bensin, borosnya gmn, & akselerasi yg payah,
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30
Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Yg prng sy coba yaa..
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Q8 D1 FE, lebih halus dari Amsoil SS 0W20 kah?
Sebelumnya, biasa pake Shell Ultra 5W30, terus coba ganti Amsoil SS 0W20 di CM 11, engine jadi kasar & getaran sampai ke Setir, di pakai mudik ke Jatim, buka kap mesin, panas banget. Akhirnya balik lagi ke Shell, dan suara lebih halus & adem, tapi tau sendiri, ipah bensin, borosnya gmn, & akselerasi yg payah,
Wow bs gtu.
Sy blm prnh coba amsoil signatur, krn harganya melambung tinggi
Klo no issue, stick ke shell or coba pertamina fastron gold jg mantep.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Q8 D1 FE, lebih halus dari Amsoil SS 0W20 kah?
Sebelumnya, biasa pake Shell Ultra 5W30, terus coba ganti Amsoil SS 0W20 di CM 11, engine jadi kasar & getaran sampai ke Setir, di pakai mudik ke Jatim, buka kap mesin, panas banget. Akhirnya balik lagi ke Shell, dan suara lebih halus & adem, tapi tau sendiri, ipah bensin, borosnya gmn, & akselerasi yg payah,
Wow bs gtu.
Sy blm prnh coba amsoil signatur, krn harganya melambung tinggi
Klo no issue, stick ke shell or coba pertamina fastron gold jg mantep.
Ya tadi itu, biasa pake Shell, terus nyoba Amsoil, uenak banget tarikan nya, mobil enteng banget, tapi ya itu kekurangannya, mesin lebih kasar, lama² risih,
Apa karena 0W20 itu ya? Kepikiran coba Amsoil SS yg 5W30
Tapi karena harganya lumayan itu, makanya sebelum beli, mau tanya² dulu disini,
Oli 5W30 merk apa, yg Visco nya paling rendah, coba ada oli 0/5W25 ya, sepertinya pas itu
meruya wrote: Fri Nov 29, 2024 2:37
Ya tadi itu, biasa pake Shell, terus nyoba Amsoil, uenak banget tarikan nya, mobil enteng banget, tapi ya itu kekurangannya, mesin lebih kasar, lama² risih,
Apa karena 0W20 itu ya? Kepikiran coba Amsoil SS yg 5W30
Tapi karena harganya lumayan itu, makanya sebelum beli, mau tanya² dulu disini,
Oli 5W30 merk apa, yg Visco nya paling rendah, coba ada oli 0/5W25 ya, sepertinya pas itu
Kalau w25 rasanya ada merk HKS.
Kalau ane sih drpd repot mending campur aja W30 sama W25 perbandingan 1:1 kan jadi W25.
Q8 D1 FE, lebih halus dari Amsoil SS 0W20 kah?
Sebelumnya, biasa pake Shell Ultra 5W30, terus coba ganti Amsoil SS 0W20 di CM 11, engine jadi kasar & getaran sampai ke Setir, di pakai mudik ke Jatim, buka kap mesin, panas banget. Akhirnya balik lagi ke Shell, dan suara lebih halus & adem, tapi tau sendiri, ipah bensin, borosnya gmn, & akselerasi yg payah,
Wow bs gtu.
Sy blm prnh coba amsoil signatur, krn harganya melambung tinggi
Klo no issue, stick ke shell or coba pertamina fastron gold jg mantep.
Ya tadi itu, biasa pake Shell, terus nyoba Amsoil, uenak banget tarikan nya, mobil enteng banget, tapi ya itu kekurangannya, mesin lebih kasar, lama² risih,
Apa karena 0W20 itu ya? Kepikiran coba Amsoil SS yg 5W30
Tapi karena harganya lumayan itu, makanya sebelum beli, mau tanya² dulu disini,
Oli 5W30 merk apa, yg Visco nya paling rendah, coba ada oli 0/5W25 ya, sepertinya pas itu
Toyota 1TR bukanya memang 5W30 yah rekomendasinya?
kalo mau yang antara 0W20 dan 5W30 coba aja beli oli 5W20 dari merk cap kepala burung ada tuh, untuk 10.000km sih enteng.
db4ede61-b53a-4bfe-83e0-8574c405de9b.jpg
*bukan sales oli
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15
Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.
Semua yg disebut bagus.
Sekelas.
Top of the line untuk mobil eropa dan asia (bukan M1 triple action atau mobil super)
Tinggal promo menentukan
Terima kasih reply nya agan, memang bener banget promo menentukan
yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15
Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.
BMW ga pake 5W-40 aja om? kayak Ravenol VST gitu
kalo voxy, bebas siy asal oli asli.
yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15
Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.
Lihat aja om di manual book, spec yg disyaratkan apa nanti tinggal cari deh olinya. Kalau BMW kan ada bbrp specnya disesuaikan dengan mobilnya.
Kalau yg Voxy R80 bisa pakai 0W-20 aja om, saya Nav1 2013 yg mesinnya sama 3ZR-FAE jg pakainya 0W-20. Yg penting olinya asli
saya dulu pernah pakai 0w20 dan coba 5w30, cuma feel kok enakan 5w30
mungkin gua yg salah, entar coba lg deh 0w20
oli asli memang harus banget, sekarang banyak banget yg palsu, serem
yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15
Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.
Sbeenernya ya, kalo BMW 2018 F30 kan udah mesin B48 mustinya pake LL-04 yang 2019 punya karena LL-04 2019 itu biasanya udah API SP jg dan anti-lspi (kadang di mesin ini suka terjadi kalo gaspol di mode eco dari berenti terutama kalo pake oktan 92)
Kalo di Q8 ada 2 pilihan yang cocok untuk bmw itu, Q8 Special RN 5w30 dan Prestige V 5w30. Kalo yang prestige v udah supported by B48 test data. Sekarang banyak oli mesin yang dibotol masih ada tulisan LL-04 padahal gak update, pada masih yang versi di tes di N52, jadi even belom pernah di tes di mesin Turbo.
Kalo untuk voxy sih enakan pake 0w20 om, pake 0w20 yang bagus semacem Q8 D1 FE 0W20 aja.
Komparasi produk international(agak outdated sih), beberapa merek yang versi asia pasifik lebih gembel lagi
Screenshot_2024_1126_164935.jpg
terima kasih banyak info dan saran nya yg sangat detail agan @sahabatq8
untuk bmw ada referensi bengkel yg cukup miring dan tentunya asli oli nya gan? lokasi di jakarta timur-utara.
untuk voxy entar saya coba deh yg Q8 D1 FE 0W2
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30
Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Yg prng sy coba yaa..
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Q8 D1 FE, lebih halus dari Amsoil SS 0W20 kah?
Sebelumnya, biasa pake Shell Ultra 5W30, terus coba ganti Amsoil SS 0W20 di CM 11, engine jadi kasar & getaran sampai ke Setir, di pakai mudik ke Jatim, buka kap mesin, panas banget. Akhirnya balik lagi ke Shell, dan suara lebih halus & adem, tapi tau sendiri, ipah bensin, borosnya gmn, & akselerasi yg payah,
Yang udah pake sih pada bilang termasuk halus ya. Cobain aja om, kalo dibanding shell ultra jauh lah. Proven by data juga
yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15
Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.
Q8 udah pilihan yg tepat Apalagi ada sahabatnya di sini
trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 22:56
Coba ganti thermostat brarti kalau 10 taun blm pernah ganti
Top1 kayanya 50/50 bukan 30/70
Bensin musti oplos ke turbo saran saya
Coba pcv valve jg dicek,suka lupa dibersihin ama sensor o2
Fuel pump harusnya ga ngaruh ke ngelitik sih cmiiw
Ok om
Lusa hr minggu mau ganti thermostat deh
Coolant top1 jadinya ga rekomen om?
Soal bensin nnti sy coba ya..
nah pcv dan sensor ga pernah bersiin, wkt itu minta bersiin malah di info.. kalo discan gpp dan ga ada gejala jgn dibersiin takut malah eror kata mekanik (sensor O2) pdhal sy minta di bersiin
Oh iya fuelpump maksud sy ke performa tarikan mesin
Btw, sy lg terlanjur beli Q8 special RN 5w-30 api SN/acea c3
Kalo baca kebelakang menurut om turbo ga rekomen buat mesin flat tapped kaya nissan march yah? Kalo misalkan udah terlanjur dan ttp tuang apakah aman om?
Greenhunter wrote: Thu Nov 28, 2024 4:15
mobilio saya kilometer 140.000 juga sama penyakitnya, yang harus ganti : paking deksel, karet seal vtec, O ring vtec, O ring tutup noken as dan O ring noken as belakang.
kapasitas oli mobilio kalau ganti beserta filter olinya 3,5 liter., kalau dia isi semua sisa 200 ml berarti yg masuk 3,8 liter, volume oli yang kebanyakan bisa memperbesar tekanan oli an membuat rembes itu, kurangin aja sedot dari deepstick oli mesin, bisa pakai beli selang timbangan di toko bangunan 1 meter, pasang ke pompa botol sabun cuci tangan.
Owh berarti umur segitu memang harus peremajaan seal2 ya om.
Berarti rembes bisa dari efek kebanyakan isi oli jg ya om, next mesti diperhatikan petugas yg isi oli nya nih, jgn sampai over gitu hahahaha...
Minggu ini sy lihat sih udh hampir ga netes ke lantai (sblmnya lumayan ada di lantai tetesannya), makasih untuk cara kurasnya om, baru kepikir bisa disedot pakai pompa sabun
iya, overfill oli bisa memperbesar tekanan ke seal2 oli. kalau saya sendiri olinya bawa sudah saya ukur 3.5 liter jadi di bengkel langsung tuang sampai habis karena pernah nemu tukang yang kerjanya nyebelin, disuruh tuang separo tapi masih aja salah isinya separo lebih. beli selang timbangan sesuaikan dengan kebutuhannya ya om, diukur sendiri 1 meter atau 1.5 meter. pompa sabun mesti yang botol gede, saya pernah pakai pompa sabun botol yang kecil gak kuat buat olinya sampai terangkat, atau waktu itu saya pasang selangnya masih kurang rapat ya bisa, jadi bocor olinya gak terangkat. kalau pakai botol gede sih selalu berhasil. selain buat oli mesin saya pakai alat ini buat fine tuning oli matic juga.
Greenhunter wrote: Thu Nov 28, 2024 4:15
mobilio saya kilometer 140.000 juga sama penyakitnya, yang harus ganti : paking deksel, karet seal vtec, O ring vtec, O ring tutup noken as dan O ring noken as belakang.
kapasitas oli mobilio kalau ganti beserta filter olinya 3,5 liter., kalau dia isi semua sisa 200 ml berarti yg masuk 3,8 liter, volume oli yang kebanyakan bisa memperbesar tekanan oli an membuat rembes itu, kurangin aja sedot dari deepstick oli mesin, bisa pakai beli selang timbangan di toko bangunan 1 meter, pasang ke pompa botol sabun cuci tangan.
Owh berarti umur segitu memang harus peremajaan seal2 ya om.
Berarti rembes bisa dari efek kebanyakan isi oli jg ya om, next mesti diperhatikan petugas yg isi oli nya nih, jgn sampai over gitu hahahaha...
Minggu ini sy lihat sih udh hampir ga netes ke lantai (sblmnya lumayan ada di lantai tetesannya), makasih untuk cara kurasnya om, baru kepikir bisa disedot pakai pompa sabun
iya, overfill oli bisa memperbesar tekanan ke seal2 oli. kalau saya sendiri olinya bawa sudah saya ukur 3.5 liter jadi di bengkel langsung tuang sampai habis karena pernah nemu tukang yang kerjanya nyebelin, disuruh tuang separo tapi masih aja salah isinya separo lebih. beli selang timbangan sesuaikan dengan kebutuhannya ya om, diukur sendiri 1 meter atau 1.5 meter. pompa sabun mesti yang botol gede, saya pernah pakai pompa sabun botol yang kecil gak kuat buat olinya sampai terangkat, atau waktu itu saya pasang selangnya masih kurang rapat ya bisa, jadi bocor olinya gak terangkat. kalau pakai botol gede sih selalu berhasil. selain buat oli mesin saya pakai alat ini buat fine tuning oli matic juga.
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Owh berarti umur segitu memang harus peremajaan seal2 ya om.
Berarti rembes bisa dari efek kebanyakan isi oli jg ya om, next mesti diperhatikan petugas yg isi oli nya nih, jgn sampai over gitu hahahaha...
Minggu ini sy lihat sih udh hampir ga netes ke lantai (sblmnya lumayan ada di lantai tetesannya), makasih untuk cara kurasnya om, baru kepikir bisa disedot pakai pompa sabun
iya, overfill oli bisa memperbesar tekanan ke seal2 oli. kalau saya sendiri olinya bawa sudah saya ukur 3.5 liter jadi di bengkel langsung tuang sampai habis karena pernah nemu tukang yang kerjanya nyebelin, disuruh tuang separo tapi masih aja salah isinya separo lebih. beli selang timbangan sesuaikan dengan kebutuhannya ya om, diukur sendiri 1 meter atau 1.5 meter. pompa sabun mesti yang botol gede, saya pernah pakai pompa sabun botol yang kecil gak kuat buat olinya sampai terangkat, atau waktu itu saya pasang selangnya masih kurang rapat ya bisa, jadi bocor olinya gak terangkat. kalau pakai botol gede sih selalu berhasil. selain buat oli mesin saya pakai alat ini buat fine tuning oli matic juga.
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Iya di manual book bilangnya..
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.
Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.
Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.
Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th wrote: Fri Nov 29, 2024 10:33
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Kelas bengkel resmi aja ngaco kok
Mesin 2nr-ve, di manual book 3.3 L dgn penggantian filter
Pas servis ane ga cek2 lagi, kirain kan uda paham ya nama nya bengkel resmi, td pagi iseng cek dipstick, lewat banyak dr batas atas
Ini mah 4 L dituang semua
Servis berikutnya hrs diwanti2 nih masukin 3 L aja, sisa oli nya taro mobil aja