Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by andrejunior »

LufthansaPilot wrote: Sun Nov 24, 2024 1:20 Halo, mau tanya rekomendasi oli

Biasanya pake Shell Helix Ultra 5W-30, buat mobil Karimun Wagon R 2013 dan Honda CRV 2400CC tahun 2010. Nah, berhubung Shell mau tutup seluruh SPBU di Indo (Biasanya beli di SPBU karena kalau beli di official storenya Shell suka susah stoknya)

Nah, minta alternatif oli yang setara dan harga per liternya mirip2 Shell Helix Ultra 5W30 (sekitar 177rb kalau g salah)

Kalau lihat2 toko online (official store) ada Motul H-Tech 100 Plus sama PTT Performa Syntetic 5W 30 sama Mobil 1 5W-30 (tapi Mobil 1 lebih mahal dikit dibanding Shell). Kira2 rekomendasi yang mana ya? Atau ada rekomendasi lain kah selain tipe2 ini?

Yang jelas pemakaian gak pernah long drain. 5000 KM selalu ganti

Makasih semuanya....

Ini manteb om utk kelas harganya
Masih asli arab jg

https://s.shopee.co.id/9pNQR43MWa

Screenshot_20241127-111948_Shopee.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

TDS/PDS terbaru untuk fastron dari situs AUS
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by andrejunior »

yunus wrote: Tue Nov 26, 2024 7:15 Agan agan, boleh minta saran untuk mobil Voxy ZRR80 dan BMW 2018 F30, untuk Oli nya saya ada kepikiran mau pakai Q8 atau Mobil 1 atau Ravenol atau Liqui Moly. Sebelumnya saya pakai 5w30 untuk Voxy dan BMW. Terima kasih banyak sebelumnya.

Q8 udah pilihan yg tepat :big_exellent: Apalagi ada sahabatnya di sini

Kalo buat BMW pake Special RN, cuma 860rb 4 liter
https://s.shopee.co.id/qSbkVROnj


Screenshot_20241127-114528_Shopee.jpg


Kalo Voxy sukanya pake yg encer²
https://s.shopee.co.id/AA0GrontgF


Screenshot_20241127-114336_Shopee.jpg
:big_love:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ikanbawel »

Permisi mbah
Repost ya, ternyata dari kemarin sy salah kamar nanya soal oli mesin :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Unit: nissan march
Km: 220,000 sekian
Bensin pertalite
Selalu rutin gantol per 5,000-5,500 km

Sebelumnya pakai oli shell astra 10-30 dan ngelitik karna mmg udah jadwal tune up dan carbon clean
Tapi kemarin sempet ganti coba ke ptt botol item 5-30 sekalian tune up dan carbon clean di arena nissan dan masih ngelitik kalo bejek gas
Mesin lbh halus tapi merasa jd kurang responsif
Serta skrg udah jalan 3,000an pas cek dipstick oli udah di level diatas huruf L sedikit, agak kaget sama penyusutannya
Padahal skrg rute cuma dipake istri anter anak sekolah, weekend mall dan lurkot sesekali..
sebelumnya pake shell astra ga separah ini susutnya rute pp kerja 90km per hari
Akhirnya kmrn topup 500ml ptt nya

Sekarang mau coba ganti lagi nih.. butuh saran
Kmrn udah dpt info dr mbah Surya
Ngerucut ke Bardahl s9 5w-30
Tapi skrg pgn coba long drain pake Q8
Dan di toko ijo ada 2 seller yg harga menggiurkan

trusted ga ya mbah sellernya?
Cek kebelakang and history SM dunia oli oke cuma skrg namanya yg sy dapet dunia oli termurah kalo ammar shopping ga tau nih
Pilihannya
- Q8 special d1 dex 1 gen 2 5w30 (dunia oli termurah)
- Q8 special g/d1 longlife 5w30 (ammar shopping)

Kedua oli tsb buat city car sekelas march km gondrong
Apakah bisa dipake longlife 10k atau 1 tahun?
Lg itung2 kalo bisa dan compile dengan filter aspira/sekelas pgn coba duetin biar irit :big_biglaugh:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

ikanbawel wrote: Wed Nov 27, 2024 5:06 Permisi mbah
Repost ya, ternyata dari kemarin sy salah kamar nanya soal oli mesin :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Unit: nissan march
Km: 220,000 sekian
Bensin pertalite
Selalu rutin gantol per 5,000-5,500 km

Sebelumnya pakai oli shell astra 10-30 dan ngelitik karna mmg udah jadwal tune up dan carbon clean
Tapi kemarin sempet ganti coba ke ptt botol item 5-30 sekalian tune up dan carbon clean di arena nissan dan masih ngelitik kalo bejek gas
Mesin lbh halus tapi merasa jd kurang responsif
Serta skrg udah jalan 3,000an pas cek dipstick oli udah di level diatas huruf L sedikit, agak kaget sama penyusutannya
Padahal skrg rute cuma dipake istri anter anak sekolah, weekend mall dan lurkot sesekali..
sebelumnya pake shell astra ga separah ini susutnya rute pp kerja 90km per hari
Akhirnya kmrn topup 500ml ptt nya

Sekarang mau coba ganti lagi nih.. butuh saran
Kmrn udah dpt info dr mbah Surya
Ngerucut ke Bardahl s9 5w-30
Tapi skrg pgn coba long drain pake Q8
Dan di toko ijo ada 2 seller yg harga menggiurkan

trusted ga ya mbah sellernya?
Cek kebelakang and history SM dunia oli oke cuma skrg namanya yg sy dapet dunia oli termurah kalo ammar shopping ga tau nih
Pilihannya
- Q8 special d1 dex 1 gen 2 5w30 (dunia oli termurah)
- Q8 special g/d1 longlife 5w30 (ammar shopping)

Kedua oli tsb buat city car sekelas march km gondrong
Apakah bisa dipake longlife 10k atau 1 tahun?
Lg itung2 kalo bisa dan compile dengan filter aspira/sekelas pgn coba duetin biar irit :big_biglaugh:
Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
0w20 juga aman(bardahl,ptt supersyn, shell premium,aspira)

Di march 1.5 juga 0w20 terakhir masi pake aspira aman ga ada penyusutan uda 5100km

Saran coba cek businya skrang pake tipe apa?coba ganti ke ixeh20tt kalau masih busi ngk yg nikel biasa
Coolant pake yg 30/70 seiken atau shell,cek motor fan dan thermostat
Untuk km gondrong mungkin 5w30 bardahl s9 aja dulu coba,atau hajar 0w20 shell premium 550rb/4liter di shopndrive sambil pantau penyusutan
Kalau belum remap, coba campur juga bensin ron 98 jangan full pertalite misal 10liter campur tubo/nitro
amingchia
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Nov 27, 2024 13:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by amingchia »

Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000, dr awal ambil langsung tune up dan ganti oli (castrol magnatec 10w40), ane ga request oli apa dan spek apa krn dr penjualnya langsung kasih ganti oli itu. Nah stlh kurleb 4.000km ane ganti oli lg di pom shell (krn baca2 banyak oli palsu selain di pom) disarankan sm petugasnya ganti shell helix hx7 plus 5w40 + engine flushing + filter oli.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :

1. Rembesan ada krn ganti oli lebih encer kah? (Dari 10w40 ke 5w40) atau krn efek isi oli kebanyakan (sampai sedikit melebihi batas max dipstik)?, atau krn lainnya?

2. Apakah ada efek jelek rembesan itu kalo dibiarkan?

3. Apakah tiap ganti oli harus sekalian flushing?

4. Mobil jarang banget dipake, paling dipanasin aja 2hr sekali 10menitan, dlm setahun ga akan sampai 5.000km, jd rencananya akan ganti oli tiap kurleb 1thn walo ga sampai 5.000km, apakah ok?, atau bisa bertahan lebih dr 1thn?

5. Untuk kedepannya, spek oli apa yg direkomendasikan suhu2 disini untuk mobil ane (km 120.000 keatas bensin pertalite), 10w40 atau 5w40?

6. Misal ada pilihan : shell helix hx6 10w40, castrol magnatec 10w40, ptt syntec plus 10w40, mobil super friction fighter 10w40, lebih rekomendasi yg mana?

7. atau misal yg lebih encer Shell helix hx7 plus 5w40, castrol magnatec suv 5w40, ptt syntec plus 5w30, mobil super aio 5w40, lebih rekomendasi yg mana?

Terima kasih sudah berkenan baca pertanyaan ane yg lumayan banyak dan mohon berkenan dijawab ya suhu2.
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ikanbawel »

trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 13:01 Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
0w20 juga aman(bardahl,ptt supersyn, shell premium,aspira)

Di march 1.5 juga 0w20 terakhir masi pake aspira aman ga ada penyusutan uda 5100km

Saran coba cek businya skrang pake tipe apa?coba ganti ke ixeh20tt kalau masih busi ngk yg nikel biasa
Coolant pake yg 30/70 seiken atau shell,cek motor fan dan thermostat
Untuk km gondrong mungkin 5w30 bardahl s9 aja dulu coba,atau hajar 0w20 shell premium 550rb/4liter di shopndrive sambil pantau penyusutan
Kalau belum remap, coba campur juga bensin ron 98 jangan full pertalite misal 10liter campur tubo/nitro
Busi pake tipe denso ixeh20tt yg twin needle
Coolant pake merk top1 dari dulu mbah
Motor fan taon lalu ganti soalnya pernah mati
Nah thermo pernah bunyi sesekali kaya pistol air ciuw ciuw ciuw katanya ud mulai lemah ya? Tp radiator dll sy cek kalo sekilas aman..

Mmg sblm long drain, enaknya pastiin mesin sehat dl sih ya..
Sy blm pernah remap.. kalo soal bensin tak coba nanti

Kmrn hr minggu lalu, ganti fuelpump sih soalnya kalo bensin ud sisa 3 strip agak dengung.. dan pas ganti di yrm motor, udah minta turunin pengapian dll tapi masih ngelitik tp performa kayanya agak mendingan ga seloyo kmrn, apa efek fuelpump lemah ya kmrn itu? :big_biglaugh:

Duh hrs banyak ilmu apa yg hrs di cek kalo mobil ud umur 10 thn up gini.. secara nubi minim info :ungg:
vin
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Oct 04, 2024 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by vin »

IMG_1991.jpeg
Ada yang udah pernah pakai oli ini? Mungkin bisa sharing impresinya, kebetulan udh beli tapi belum di tuang nunggu jadwal servis di bulan depan. Oiya kira-kira ini kuat 10.000 km atau 6 bulan ga ya? Claim official storenya kuat 10.000 km soalnya walaupun actualnya saya selalu maks di 8.000 km. Pemakaian untuk di mesin suzuki k15b, bensin pakai shell super.

Thankyou yang udh mau sharing.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 13:01
Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
wah jarang2 nehh enjin batu makam bsa di cekokin 0-16

trakir kita orang coba 0-16 aj failed di 1TR dual vvti, 1KR jg sama, padahal embel2 lcgc jg sama ama si datsun

yg aman cuman di L15
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 21:45
trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 13:01
Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
wah jarang2 nehh enjin batu makam bsa di cekokin 0-16

trakir kita orang coba 0-16 aj failed di 1TR dual vvti, 1KR jg sama, padahal embel2 lcgc jg sama ama si datsun

yg aman cuman di L15
Menurut saya Itu mesin nissin renault sbeenenya sukanya oli encer2, cuma krn pan seuprit 3 liter di 1500cc jadinya sering KO oli2 :big_biglaugh:
Tapi di 1200cc nya +cvt sih kuat ya dikasi 0w16, asal lainnya sehat hajar aja :big_smoking:

Ignis juga dah tes 0w16 di 6000km masih blm ada penguapan :big_peace:

Yg blm tes di march 1.5 ama lipindut l11
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

ikanbawel wrote: Wed Nov 27, 2024 16:32
trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 13:01 Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
0w20 juga aman(bardahl,ptt supersyn, shell premium,aspira)

Di march 1.5 juga 0w20 terakhir masi pake aspira aman ga ada penyusutan uda 5100km

Saran coba cek businya skrang pake tipe apa?coba ganti ke ixeh20tt kalau masih busi ngk yg nikel biasa
Coolant pake yg 30/70 seiken atau shell,cek motor fan dan thermostat
Untuk km gondrong mungkin 5w30 bardahl s9 aja dulu coba,atau hajar 0w20 shell premium 550rb/4liter di shopndrive sambil pantau penyusutan
Kalau belum remap, coba campur juga bensin ron 98 jangan full pertalite misal 10liter campur tubo/nitro
Busi pake tipe denso ixeh20tt yg twin needle
Coolant pake merk top1 dari dulu mbah
Motor fan taon lalu ganti soalnya pernah mati
Nah thermo pernah bunyi sesekali kaya pistol air ciuw ciuw ciuw katanya ud mulai lemah ya? Tp radiator dll sy cek kalo sekilas aman..

Mmg sblm long drain, enaknya pastiin mesin sehat dl sih ya..
Sy blm pernah remap.. kalo soal bensin tak coba nanti

Kmrn hr minggu lalu, ganti fuelpump sih soalnya kalo bensin ud sisa 3 strip agak dengung.. dan pas ganti di yrm motor, udah minta turunin pengapian dll tapi masih ngelitik tp performa kayanya agak mendingan ga seloyo kmrn, apa efek fuelpump lemah ya kmrn itu? :big_biglaugh:

Duh hrs banyak ilmu apa yg hrs di cek kalo mobil ud umur 10 thn up gini.. secara nubi minim info :ungg:
Coba ganti thermostat brarti kalau 10 taun blm pernah ganti
Top1 kayanya 50/50 bukan 30/70
Bensin musti oplos ke turbo saran saya
Coba pcv valve jg dicek,suka lupa dibersihin ama sensor o2

Fuel pump harusnya ga ngaruh ke ngelitik sih cmiiw
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

vin wrote: Wed Nov 27, 2024 16:52 IMG_1991.jpeg

Ada yang udah pernah pakai oli ini? Mungkin bisa sharing impresinya, kebetulan udh beli tapi belum di tuang nunggu jadwal servis di bulan depan. Oiya kira-kira ini kuat 10.000 km atau 6 bulan ga ya? Claim official storenya kuat 10.000 km soalnya walaupun actualnya saya selalu maks di 8.000 km. Pemakaian untuk di mesin suzuki k15b, bensin pakai shell super.

Thankyou yang udh mau sharing.
Klo mau pasti dan valid.
Pakai aj 8rb km dgn kondisi lalin dan gaya nyetir yg sama,
Terus test lab.

Klo hasilnya msh layak, ya berarti bisa gas sampai belasan rb km or lebih.

Krn long drain itu jg depends ke kondisi internal mesin, filter oli, dan cooling system. Bukan cuma oli.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 21:45
trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 13:01
Di datsun cross cvt uda tes daihatsu 0w16 aman
wah jarang2 nehh enjin batu makam bsa di cekokin 0-16

trakir kita orang coba 0-16 aj failed di 1TR dual vvti, 1KR jg sama, padahal embel2 lcgc jg sama ama si datsun

yg aman cuman di L15
Jujurly mesin L15 ini plg bersih dan efisien jg combustionnya.

Selama miara mobil city car bermesin 1200 - 1500cc:
- yoyota
- suzana
- mitsubasa
- the power of dream (bukan build your dream) :mky_03:

Power of dream, itu paling minim:
- carb build-up intake valve nya
- makan oli

Looks like, soichiro's legacy memang superior dalam hal kepresisian membuat mesin.
Walau onderstel dll suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 0:51 suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 1:54
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 0:51 suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
check engine warning :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by bryanguppiez »

saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 1:54
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 0:51 suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
mbah mau nanya, bagian ini kenapa ya? (asli blm ngerti) , soalnya belum pernah ngalamin pakai jg sih
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by saturday »

bryanguppiez wrote: Thu Nov 28, 2024 2:15
saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 1:54
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 0:51 suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
mbah mau nanya, bagian ini kenapa ya? (asli blm ngerti) , soalnya belum pernah ngalamin pakai jg sih
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Daripada dibilang hanya cuap-cuap modal teori, dicoba saja.
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by bryanguppiez »

saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 2:29
bryanguppiez wrote: Thu Nov 28, 2024 2:15
saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 1:54

Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
mbah mau nanya, bagian ini kenapa ya? (asli blm ngerti) , soalnya belum pernah ngalamin pakai jg sih
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Daripada dibilang hanya cuap-cuap modal teori, dicoba saja.
aduh percobaan butuh modal :big_dunno: :ungg:


Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 2:14
saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 1:54
Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 0:51 suka diakalin :mky_03: :big_biglaugh:
Ball joint, tie rod end, rack end press-pressan
Shock absorber rekondisi suntikan
Per potongan biar ceper
Racksteer copotan/rekondisi bergaransi 3 bulan™️
Bushing arm cor-coran PU/sealant
Alternator gulung ulang
Dinamo starter gulung ulang
Engine mounting diganjal atau dicor sealant
Air radiator pakai air coolamt (baca: kolam) dengan aditif aktif tahi ikan+lumut)
Radiator tambalan
Thermostat dicopot
Oli mesin 20W50
Matic selip tapi ditambah aditif ATF
Koil Cadic atau Stecker
Fuel pump Stecker
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Busi amplasan
Bohlam LED kelap kelip

Jangan lupa kalau parkir wiper diangkat.

Mau diakalin apa lagi?
check engine warning :mky_03:
di stikerin mbah :big_childish:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

bryanguppiez wrote: Thu Nov 28, 2024 2:34
saturday wrote: Thu Nov 28, 2024 2:29
bryanguppiez wrote: Thu Nov 28, 2024 2:15

mbah mau nanya, bagian ini kenapa ya? (asli blm ngerti) , soalnya belum pernah ngalamin pakai jg sih
Minyak rem Jumbo
Kampas rem pantekan atau Birkens
Disc rotor Trivindo
Daripada dibilang hanya cuap-cuap modal teori, dicoba saja.
aduh percobaan butuh modal :big_dunno: :ungg:
Butuh model gpp, masalahnya takutnya butuh nyawa :big_weee:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Kaleng »

amingchia wrote: Wed Nov 27, 2024 16:03 Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000, dr awal ambil langsung tune up dan ganti oli (castrol magnatec 10w40), ane ga request oli apa dan spek apa krn dr penjualnya langsung kasih ganti oli itu. Nah stlh kurleb 4.000km ane ganti oli lg di pom shell (krn baca2 banyak oli palsu selain di pom) disarankan sm petugasnya ganti shell helix hx7 plus 5w40 + engine flushing + filter oli.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :

1. Rembesan ada krn ganti oli lebih encer kah? (Dari 10w40 ke 5w40) atau krn efek isi oli kebanyakan (sampai sedikit melebihi batas max dipstik)?, atau krn lainnya?

2. Apakah ada efek jelek rembesan itu kalo dibiarkan?

3. Apakah tiap ganti oli harus sekalian flushing?

4. Mobil jarang banget dipake, paling dipanasin aja 2hr sekali 10menitan, dlm setahun ga akan sampai 5.000km, jd rencananya akan ganti oli tiap kurleb 1thn walo ga sampai 5.000km, apakah ok?, atau bisa bertahan lebih dr 1thn?

5. Untuk kedepannya, spek oli apa yg direkomendasikan suhu2 disini untuk mobil ane (km 120.000 keatas bensin pertalite), 10w40 atau 5w40?

6. Misal ada pilihan : shell helix hx6 10w40, castrol magnatec 10w40, ptt syntec plus 10w40, mobil super friction fighter 10w40, lebih rekomendasi yg mana?

7. atau misal yg lebih encer Shell helix hx7 plus 5w40, castrol magnatec suv 5w40, ptt syntec plus 5w30, mobil super aio 5w40, lebih rekomendasi yg mana?

Terima kasih sudah berkenan baca pertanyaan ane yg lumayan banyak dan mohon berkenan dijawab ya suhu2.
1 & 2. itu perlu ganti seal crank shaft. umum utk mesin 1500cc honda dengan kilometer segitu. selama blm netes banyak dan dari dipstick belum ada pengurangan oli secara signifikan, aman-aman saja untuk digunakan.

3. gak usah

4. biar suhu-suhu oli di sini yg lbh kompeten yg jawab.

5. 5w-30 donk. pny saya sdh mendekati 140000km, dari awal s/d skrg setia di 5w-30 tanpa perlu top-up oli sebelum OCI.

6. ketiganya gak pernah saya pakai di mobil skrg. dulu pernah pakai castrol magnatec 10w40 di jazz gen 1, sebelum 5000 biasa sudah kasar bunyi mesin.

7. rekomendasi 5w-30 yg sering disaranin suhu-suhu oli di sini misalnya bardhal, total, ptt, pfg, amsoil, q8. yang penting 100% asli.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Greenhunter »

amingchia wrote: Wed Nov 27, 2024 16:03 Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :
mobilio saya kilometer 140.000 juga sama penyakitnya, yang harus ganti : paking deksel, karet seal vtec, O ring vtec, O ring tutup noken as dan O ring noken as belakang.
kapasitas oli mobilio kalau ganti beserta filter olinya 3,5 liter., kalau dia isi semua sisa 200 ml berarti yg masuk 3,8 liter, volume oli yang kebanyakan bisa memperbesar tekanan oli an membuat rembes itu, kurangin aja sedot dari deepstick oli mesin, bisa pakai beli selang timbangan di toko bangunan 1 meter, pasang ke pompa botol sabun cuci tangan.
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by feri307 »

amingchia wrote: Wed Nov 27, 2024 16:03 Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000, dr awal ambil langsung tune up dan ganti oli (castrol magnatec 10w40), ane ga request oli apa dan spek apa krn dr penjualnya langsung kasih ganti oli itu. Nah stlh kurleb 4.000km ane ganti oli lg di pom shell (krn baca2 banyak oli palsu selain di pom) disarankan sm petugasnya ganti shell helix hx7 plus 5w40 + engine flushing + filter oli.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :

1. Rembesan ada krn ganti oli lebih encer kah? (Dari 10w40 ke 5w40) atau krn efek isi oli kebanyakan (sampai sedikit melebihi batas max dipstik)?, atau krn lainnya?

2. Apakah ada efek jelek rembesan itu kalo dibiarkan?

3. Apakah tiap ganti oli harus sekalian flushing?

4. Mobil jarang banget dipake, paling dipanasin aja 2hr sekali 10menitan, dlm setahun ga akan sampai 5.000km, jd rencananya akan ganti oli tiap kurleb 1thn walo ga sampai 5.000km, apakah ok?, atau bisa bertahan lebih dr 1thn?

5. Untuk kedepannya, spek oli apa yg direkomendasikan suhu2 disini untuk mobil ane (km 120.000 keatas bensin pertalite), 10w40 atau 5w40?

6. Misal ada pilihan : shell helix hx6 10w40, castrol magnatec 10w40, ptt syntec plus 10w40, mobil super friction fighter 10w40, lebih rekomendasi yg mana?

7. atau misal yg lebih encer Shell helix hx7 plus 5w40, castrol magnatec suv 5w40, ptt syntec plus 5w30, mobil super aio 5w40, lebih rekomendasi yg mana?

Terima kasih sudah berkenan baca pertanyaan ane yg lumayan banyak dan mohon berkenan dijawab ya suhu2.
Saya punya pengalaman mirip untuk menjawab pertanyaan nomor 4.

6 tahun di Jkt, mobil cuma jalan 26-ribuan km. Sering banget short trip. Awalnya punya pemikiran yg sama, dan mulai menggunakan oli2 kelas keraton (meminjam istilah suhu2 di sini). Ternyata, lbh mending menggunakan oli biasa2 aja, yg penting sesuai spek mesinnya, dan diganti rutin per 6 bulan. Cuma waktu itu gak pakai tes lab. Kalo mau presisi sih, mending tes lab sekalian, biar tau bisa tahan apa enggak untuk mesinnya. Sebagai tambahan, perjalanan pendek sepertinya selalu dikategorikan sebagai pemakaian ekstrim di setiap buku manual mobil (cmiiw), sehingga disarankan untuk memperpendek jadwal penggantian oli.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Thu Nov 28, 2024 9:39
amingchia wrote: Wed Nov 27, 2024 16:03 Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000, dr awal ambil langsung tune up dan ganti oli (castrol magnatec 10w40), ane ga request oli apa dan spek apa krn dr penjualnya langsung kasih ganti oli itu. Nah stlh kurleb 4.000km ane ganti oli lg di pom shell (krn baca2 banyak oli palsu selain di pom) disarankan sm petugasnya ganti shell helix hx7 plus 5w40 + engine flushing + filter oli.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :

1. Rembesan ada krn ganti oli lebih encer kah? (Dari 10w40 ke 5w40) atau krn efek isi oli kebanyakan (sampai sedikit melebihi batas max dipstik)?, atau krn lainnya?

2. Apakah ada efek jelek rembesan itu kalo dibiarkan?

3. Apakah tiap ganti oli harus sekalian flushing?

4. Mobil jarang banget dipake, paling dipanasin aja 2hr sekali 10menitan, dlm setahun ga akan sampai 5.000km, jd rencananya akan ganti oli tiap kurleb 1thn walo ga sampai 5.000km, apakah ok?, atau bisa bertahan lebih dr 1thn?

5. Untuk kedepannya, spek oli apa yg direkomendasikan suhu2 disini untuk mobil ane (km 120.000 keatas bensin pertalite), 10w40 atau 5w40?

6. Misal ada pilihan : shell helix hx6 10w40, castrol magnatec 10w40, ptt syntec plus 10w40, mobil super friction fighter 10w40, lebih rekomendasi yg mana?

7. atau misal yg lebih encer Shell helix hx7 plus 5w40, castrol magnatec suv 5w40, ptt syntec plus 5w30, mobil super aio 5w40, lebih rekomendasi yg mana?

Terima kasih sudah berkenan baca pertanyaan ane yg lumayan banyak dan mohon berkenan dijawab ya suhu2.
Saya punya pengalaman mirip untuk menjawab pertanyaan nomor 4.

6 tahun di Jkt, mobil cuma jalan 26-ribuan km. Sering banget short trip. Awalnya punya pemikiran yg sama, dan mulai menggunakan oli2 kelas keraton (meminjam istilah suhu2 di sini). Ternyata, lbh mending menggunakan oli biasa2 aja, yg penting sesuai spek mesinnya, dan diganti rutin per 6 bulan. Cuma waktu itu gak pakai tes lab. Kalo mau presisi sih, mending tes lab sekalian, biar tau bisa tahan apa enggak untuk mesinnya. Sebagai tambahan, perjalanan pendek sepertinya selalu dikategorikan sebagai pemakaian ekstrim di setiap buku manual mobil (cmiiw), sehingga disarankan untuk memperpendek jadwal penggantian oli.
Per tahun cuma jalan 4500 km cukup banget pakai oli kelas 100rb seliter dan asli yg penting.

Filter oli ori beli aja di bengkel resmi pas lewat :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
amingchia
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Nov 27, 2024 13:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by amingchia »

Kaleng wrote: Thu Nov 28, 2024 3:53
amingchia wrote: Wed Nov 27, 2024 16:03 Hallo suhu2 per-olian, ane newbie nih, ada bbrp pertanyaan seputar oli dan mobil ane.

Jd tahun lalu ane ambil mobilio 2014 cvt kilometer 120.000, dr awal ambil langsung tune up dan ganti oli (castrol magnatec 10w40), ane ga request oli apa dan spek apa krn dr penjualnya langsung kasih ganti oli itu. Nah stlh kurleb 4.000km ane ganti oli lg di pom shell (krn baca2 banyak oli palsu selain di pom) disarankan sm petugasnya ganti shell helix hx7 plus 5w40 + engine flushing + filter oli.
Setelah flushing dia isi oli sampai sedikit melebihi batas titik max dipstik oli (sisa sedikit banget di botolnya sekitar 200ml lah), katanya biar aman, ane manut aja dah hahaha.

Sekitar 1-2 bulan kemudian ane br sadar pas cuci kolong ternyata ada rembesan oli di bagian bawah mesinnya (tdnya ga ada krn ane kalo cuci sampai kolong2nya). Pertanyaan ane :

1. Rembesan ada krn ganti oli lebih encer kah? (Dari 10w40 ke 5w40) atau krn efek isi oli kebanyakan (sampai sedikit melebihi batas max dipstik)?, atau krn lainnya?

2. Apakah ada efek jelek rembesan itu kalo dibiarkan?

3. Apakah tiap ganti oli harus sekalian flushing?

4. Mobil jarang banget dipake, paling dipanasin aja 2hr sekali 10menitan, dlm setahun ga akan sampai 5.000km, jd rencananya akan ganti oli tiap kurleb 1thn walo ga sampai 5.000km, apakah ok?, atau bisa bertahan lebih dr 1thn?

5. Untuk kedepannya, spek oli apa yg direkomendasikan suhu2 disini untuk mobil ane (km 120.000 keatas bensin pertalite), 10w40 atau 5w40?

6. Misal ada pilihan : shell helix hx6 10w40, castrol magnatec 10w40, ptt syntec plus 10w40, mobil super friction fighter 10w40, lebih rekomendasi yg mana?

7. atau misal yg lebih encer Shell helix hx7 plus 5w40, castrol magnatec suv 5w40, ptt syntec plus 5w30, mobil super aio 5w40, lebih rekomendasi yg mana?

Terima kasih sudah berkenan baca pertanyaan ane yg lumayan banyak dan mohon berkenan dijawab ya suhu2.
1 & 2. itu perlu ganti seal crank shaft. umum utk mesin 1500cc honda dengan kilometer segitu. selama blm netes banyak dan dari dipstick belum ada pengurangan oli secara signifikan, aman-aman saja untuk digunakan.

3. gak usah

4. biar suhu-suhu oli di sini yg lbh kompeten yg jawab.

5. 5w-30 donk. pny saya sdh mendekati 140000km, dari awal s/d skrg setia di 5w-30 tanpa perlu top-up oli sebelum OCI.

6. ketiganya gak pernah saya pakai di mobil skrg. dulu pernah pakai castrol magnatec 10w40 di jazz gen 1, sebelum 5000 biasa sudah kasar bunyi mesin.

7. rekomendasi 5w-30 yg sering disaranin suhu-suhu oli di sini misalnya bardhal, total, ptt, pfg, amsoil, q8. yang penting 100% asli.
Trims jawabannya om :big_deal:

1. Syukur deh, yg penting masih aman aja toh mobil jarang pakai, kalo ada dana dan waktu akan sy ganti jg misal sealnya yg sudah getas. Boleh info kira2 habis brp untuk ganti seal crankshaft berikut jasanya untuk area jabodetabek, dan brp lama kira2 pengerjaannya?

5,6,7. Berarti yg paling direkomendasi di 5w30 ya om, sy noted merek2 nya, krn sy cm tau shell dan castrol aja :mky_01:
amingchia
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Nov 27, 2024 13:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by amingchia »

Greenhunter wrote: Thu Nov 28, 2024 4:15
mobilio saya kilometer 140.000 juga sama penyakitnya, yang harus ganti : paking deksel, karet seal vtec, O ring vtec, O ring tutup noken as dan O ring noken as belakang.
kapasitas oli mobilio kalau ganti beserta filter olinya 3,5 liter., kalau dia isi semua sisa 200 ml berarti yg masuk 3,8 liter, volume oli yang kebanyakan bisa memperbesar tekanan oli an membuat rembes itu, kurangin aja sedot dari deepstick oli mesin, bisa pakai beli selang timbangan di toko bangunan 1 meter, pasang ke pompa botol sabun cuci tangan.
Owh berarti umur segitu memang harus peremajaan seal2 ya om.

Berarti rembes bisa dari efek kebanyakan isi oli jg ya om, next mesti diperhatikan petugas yg isi oli nya nih, jgn sampai over gitu hahahaha...
Minggu ini sy lihat sih udh hampir ga netes ke lantai (sblmnya lumayan ada di lantai tetesannya), makasih untuk cara kurasnya om, baru kepikir bisa disedot pakai pompa sabun :big_biglaugh: