Calya atau Avanza bekas

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by ChZ »

carlzeiss wrote: Wed Nov 20, 2024 4:06
Kadang memang butt o meter org berbeda beda sih om, tp klo di saya ngerasanya memang si calsig ini bikin mabok terutama karna kondisi kabin yg lebih sempit serasa pandangan mata tuh hampir deket sama blower ac yang cuman kipas itu, coba lamaan deh om kondisi siang terik tuh blower kipas nembak ubun ubun, nikmat mabok :big_biglaugh: tp mungkin saya jg ada claustrophobic dan dengan jok calsig yang pocongan gitu bikin sukses tambah mabok, shifting yang gajelas nambah potensi mabok jg ndut ndutan bgt ni mobil kalo yg bawa ga pinter.
dulu di awal2 banyak yang bilang calya/sigra lebih enak dari avanza, saya juga gak ngeh lebih enak dimananya. ya emang lebih gak ajrut ajrutan mobilnya, tapi di pantat saya kalo jalannya nggak terlalu ancur relatif sama-sama aja, enak di transmover krn rasanya lebih roomy aja.

saya kurang nyamannya di calsig krn jok terlalu kecil dan blowernya itu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by kunaskun »

MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 3:40 mungkin karena produk global kali om? akhirnya bikin 1 standard aja untuk worldwide
yang di custom cuma bagian gampang2 aja kayak suspensi...di indo pasti ditinggiin sekian cm vs luar negeri
btw di mobil2 jadul malah lebih bener...di kijang kapsul saya seinget saya ada "L"...sangat membantu kalo tanjakan tinggi
spesifik transmisi AT 4 speed keluaran Daihatsu saja. dari dulu semua daihatsu geared AT 99% ga ada L. entah kenapa.
kalau Toyota pasti ada. nah kalau mobil DaiToyo AT pasti juga ga ada L-nya. mentok 2.

kalau ga salah pernah baca dimana gitu: pencet O/D Off terus geser ke 2, nah transmisi jadi bisa nahan di 1.
tapi pernah saya cobain di sirion 2017 rentalan di bali. kayanya ga ngaruh, akhirnya pake feeling pas nanjak jagain rpm jangan lebih dari 4000-an biar ga shifting, karena kan transmisi kuno jadi pindah gigi berdasarkan rpm. yg repot pas turunan, asli serem banget. mana daihatsu zaman itu remnya sekarang berhentinya kalau itu rem inget. :big_slap: habis itu maki2 ga akan beli daihatsu, eh malah sekarang pake, untung DNGA CVT, mayanlah becak beroda empat karoseri JDM look :big_biglaugh:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by r1409 »

kunaskun wrote: Wed Nov 20, 2024 12:02 spesifik transmisi AT 4 speed keluaran Daihatsu saja. dari dulu semua daihatsu geared AT 99% ga ada L. entah kenapa.
kalau Toyota pasti ada. nah kalau mobil DaiToyo AT pasti juga ga ada L-nya. mentok 2.
lho kalau avxen gen1 sampe gen3 itu AT nya bukan bikinan daihatsu kah? itu ada loh L nya, malah shift lock nya komplit ada 2 dan 3 juga.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by Chr1stm1 »

r1409 wrote: Thu Nov 21, 2024 1:32
kunaskun wrote: Wed Nov 20, 2024 12:02 spesifik transmisi AT 4 speed keluaran Daihatsu saja. dari dulu semua daihatsu geared AT 99% ga ada L. entah kenapa.
kalau Toyota pasti ada. nah kalau mobil DaiToyo AT pasti juga ga ada L-nya. mentok 2.
lho kalau avxen gen1 sampe gen3 itu AT nya bukan bikinan daihatsu kah? itu ada loh L nya, malah shift lock nya komplit ada 2 dan 3 juga.
ATnya Avxen kayaknya buatan Aisin Om
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by kunaskun »

r1409 wrote: Thu Nov 21, 2024 1:32 lho kalau avxen gen1 sampe gen3 itu AT nya bukan bikinan daihatsu kah? itu ada loh L nya, malah shift lock nya komplit ada 2 dan 3 juga.
ohh iya, saya lupa [emo-yesno]
pengecualian di avanza xenia, entah kenapa dapet L. mungkin transmission by Toyota? :big_think:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by Jenson »

ChZ wrote: Wed Nov 20, 2024 4:31
carlzeiss wrote: Wed Nov 20, 2024 4:06
Kadang memang butt o meter org berbeda beda sih om, tp klo di saya ngerasanya memang si calsig ini bikin mabok terutama karna kondisi kabin yg lebih sempit serasa pandangan mata tuh hampir deket sama blower ac yang cuman kipas itu, coba lamaan deh om kondisi siang terik tuh blower kipas nembak ubun ubun, nikmat mabok :big_biglaugh: tp mungkin saya jg ada claustrophobic dan dengan jok calsig yang pocongan gitu bikin sukses tambah mabok, shifting yang gajelas nambah potensi mabok jg ndut ndutan bgt ni mobil kalo yg bawa ga pinter.
dulu di awal2 banyak yang bilang calya/sigra lebih enak dari avanza, saya juga gak ngeh lebih enak dimananya. ya emang lebih gak ajrut ajrutan mobilnya, tapi di pantat saya kalo jalannya nggak terlalu ancur relatif sama-sama aja, enak di transmover krn rasanya lebih roomy aja.

saya kurang nyamannya di calsig krn jok terlalu kecil dan blowernya itu.
IMO kalo sama-sama unit gress, calsig suspensi lebih empuk dan ga terlalu gedubrakan naikannya. Mungkin issue monokok vs ladder kali ya. Kalau soal roomy, ntah mengapa menurut saya row 2 calsig malah berasa lebih lega drpd avxen lama. Tp mgkin perasaan saya aja. Kalo baris 3 sih calsig wasalam, diisi org dwasa sempit bgt
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by faizzz »

kunaskun wrote: Wed Nov 20, 2024 12:02
spesifik transmisi AT 4 speed keluaran Daihatsu saja. dari dulu semua daihatsu geared AT 99% ga ada L. entah kenapa.
kalau Toyota pasti ada. nah kalau mobil DaiToyo AT pasti juga ga ada L-nya. mentok 2.

kalau ga salah pernah baca dimana gitu: pencet O/D Off terus geser ke 2, nah transmisi jadi bisa nahan di 1.
tapi pernah saya cobain di sirion 2017 rentalan di bali. kayanya ga ngaruh, akhirnya pake feeling pas nanjak jagain rpm jangan lebih dari 4000-an biar ga shifting, karena kan transmisi kuno jadi pindah gigi berdasarkan rpm. yg repot pas turunan, asli serem banget. mana daihatsu zaman itu remnya sekarang berhentinya kalau itu rem inget. :big_slap: habis itu maki2 ga akan beli daihatsu, eh malah sekarang pake, untung DNGA CVT, mayanlah becak beroda empat karoseri JDM look :big_biglaugh:
Saya ada Daihastu Teroris gen 2 masih pake transmisi purba, masih ada pilihan L, 2, 3 .
Transmisi super bloon makannya dikasih L, 2, 3 biar user bisa milih sendiri kali ya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by ChZ »

Jenson wrote: Thu Nov 21, 2024 4:07
IMO kalo sama-sama unit gress, calsig suspensi lebih empuk dan ga terlalu gedubrakan naikannya. Mungkin issue monokok vs ladder kali ya. Kalau soal roomy, ntah mengapa menurut saya row 2 calsig malah berasa lebih lega drpd avxen lama. Tp mgkin perasaan saya aja. Kalo baris 3 sih calsig wasalam, diisi org dwasa sempit bgt
di waktu yang sama saya punya avanza 2016 dual vvt-i... bokong saya lebih bisa nerima suspensinya avanza :mky_01: calsig less ngayun tapi kenapa ya reboundnya kurang soft buat saya.

biarpun objectively klo dibanding transmover lama emang iya masi lebih mendingan calsig... skrg untung2an kalo pesen BB hoki dapet yang transmover baru base avanza FWD lebih enak. klo dapet yang RWD ya udah nasib.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by kunaskun »

faizzz wrote: Thu Nov 21, 2024 4:11 Saya ada Daihastu Teroris gen 2 masih pake transmisi purba, masih ada pilihan L, 2, 3 .
Transmisi super bloon makannya dikasih L, 2, 3 biar user bisa milih sendiri kali ya :big_biglaugh:
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

terios sampe sekarang juga masih ada dong ya? gated-shift type kan ya. keinget lagi, avanza xenia itu keren juga dapetnya transmisi toyota beneran karena kan toyota yang paling banyak pake gated shift type buat merek jepang :big_biglaugh:
Jenson wrote: Thu Nov 21, 2024 4:07
IMO kalo sama-sama unit gress, calsig suspensi lebih empuk dan ga terlalu gedubrakan naikannya. Mungkin issue monokok vs ladder kali ya. Kalau soal roomy, ntah mengapa menurut saya row 2 calsig malah berasa lebih lega drpd avxen lama. Tp mgkin perasaan saya aja. Kalo baris 3 sih calsig wasalam, diisi org dwasa sempit bgt
[/quote]
memang lebih lega karena bangku lebih pendek jadi duduk lebih selonjoran dan shoulder room lebih lega, mungkin karena avanza xenia lama itu meninggi ke atas kali ya = minivan style.
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by adityawei »

calsig nih kalo sama avanza bulet - avanza sebelum grand lebih enak calsig, lebih empuk dikit dan ga goyang2 banget
kalo sama avanza yg grand ( udah improve suspensi ) mendingan avanza dikit kalo menurut saya
kalo hajar jalan jelek mending avanza, calsig ngga tau kenapa berasa sering mentok belakangnya kalo full load..

jok calsig berasa banget kecilnya, kalo roomy perassaan sih mending avanza, terutama headroom

annoyingnya calsig jelas blower itu suaranya kalo dinyalain berisik banget, hand brake posisi aneh, mesin 1.200nya bolot ampun..

plus banget dari calsig posisi shifter di dashboard ( yes saya suka posisi ini buat yg metik )

kalo cari reliable ya avanza aja, calya sering dapet grab kaki2 orkestranya lumayan..
kalo avanza paling lama2 suara gardannya masuk.. mayan annoying sih ini kalo kuping sensitif
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by Jenson »

adityawei wrote: Thu Nov 21, 2024 14:04 calsig nih kalo sama avanza bulet - avanza sebelum grand lebih enak calsig, lebih empuk dikit dan ga goyang2 banget
kalo sama avanza yg grand ( udah improve suspensi ) mendingan avanza dikit kalo menurut saya
kalo hajar jalan jelek mending avanza, calsig ngga tau kenapa berasa sering mentok belakangnya kalo full load..

jok calsig berasa banget kecilnya, kalo roomy perassaan sih mending avanza, terutama headroom

annoyingnya calsig jelas blower itu suaranya kalo dinyalain berisik banget, hand brake posisi aneh, mesin 1.200nya bolot ampun..

plus banget dari calsig posisi shifter di dashboard ( yes saya suka posisi ini buat yg metik )

kalo cari reliable ya avanza aja, calya sering dapet grab kaki2 orkestranya lumayan..
kalo avanza paling lama2 suara gardannya masuk.. mayan annoying sih ini kalo kuping sensitif
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by MSU »

Jenson wrote: Mon Nov 25, 2024 16:31
adityawei wrote: Thu Nov 21, 2024 14:04 calsig nih kalo sama avanza bulet - avanza sebelum grand lebih enak calsig, lebih empuk dikit dan ga goyang2 banget
kalo sama avanza yg grand ( udah improve suspensi ) mendingan avanza dikit kalo menurut saya
kalo hajar jalan jelek mending avanza, calsig ngga tau kenapa berasa sering mentok belakangnya kalo full load..

jok calsig berasa banget kecilnya, kalo roomy perassaan sih mending avanza, terutama headroom

annoyingnya calsig jelas blower itu suaranya kalo dinyalain berisik banget, hand brake posisi aneh, mesin 1.200nya bolot ampun..

plus banget dari calsig posisi shifter di dashboard ( yes saya suka posisi ini buat yg metik )

kalo cari reliable ya avanza aja, calya sering dapet grab kaki2 orkestranya lumayan..
kalo avanza paling lama2 suara gardannya masuk.. mayan annoying sih ini kalo kuping sensitif
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
transformer BB yg model lama itu (mnrt bbrp driver yg saya interview) udh mau masuk masa pensiun om...kecuali yg versi fwd ya harusnya sih lebih nyaman
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by b0ku »

saya baru dapet sigra buat dagangan lumayan sih masa dalkot 11kml ud gitu mobilnya di setup buat enak lari cruising 40-50kmh di dalam kota dengan rpm 1500 gak heran irit banget ditambah isi shell super cuma 300rb dari nyala sampe fulltenk :mky_03:

daripada beli air EV mendingan gw pake ini buat wara wiri........ :mky_07:

di tol juga sempet lari 120 padahal gak di geber pas di liat ternyata ECO modenya masih nyala gila juga ini mesin kurcaci kombo matic basi :mky_07:

cuma ya emang si fitur lumayan lengkap tapi alakadar apalagi speaker baru kali ini naek mobil speakernya ancur kek gini :wkkk:

yang pasti naek ni mobil malah males betot2x mendingan gantung gas 1500rpm lari 40kmh dapet 11kml :mky_07:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by Jenson »

MSU wrote: Tue Nov 26, 2024 1:23
Jenson wrote: Mon Nov 25, 2024 16:31
adityawei wrote: Thu Nov 21, 2024 14:04 calsig nih kalo sama avanza bulet - avanza sebelum grand lebih enak calsig, lebih empuk dikit dan ga goyang2 banget
kalo sama avanza yg grand ( udah improve suspensi ) mendingan avanza dikit kalo menurut saya
kalo hajar jalan jelek mending avanza, calsig ngga tau kenapa berasa sering mentok belakangnya kalo full load..

jok calsig berasa banget kecilnya, kalo roomy perassaan sih mending avanza, terutama headroom

annoyingnya calsig jelas blower itu suaranya kalo dinyalain berisik banget, hand brake posisi aneh, mesin 1.200nya bolot ampun..

plus banget dari calsig posisi shifter di dashboard ( yes saya suka posisi ini buat yg metik )

kalo cari reliable ya avanza aja, calya sering dapet grab kaki2 orkestranya lumayan..
kalo avanza paling lama2 suara gardannya masuk.. mayan annoying sih ini kalo kuping sensitif
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
transformer BB yg model lama itu (mnrt bbrp driver yg saya interview) udh mau masuk masa pensiun om...kecuali yg versi fwd ya harusnya sih lebih nyaman
syukurlah kalo uda mulai pada pensiun, mending yg FWD kemana2. Nasib negara 3rd world, quality taxinya turun terus. Dulu dpt sedan, skrg dpt MPV alakadarnya. Kalo mau ngikutin standard kenyamanan, harusnya BB fleetnya Corolla / Zenix :big_exellent: biar at least mirip2 ama Thai. Tapi, yaa sudahlah...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by b0ku »

Jenson wrote: Tue Nov 26, 2024 3:36
syukurlah kalo uda mulai pada pensiun, mending yg FWD kemana2. Nasib negara 3rd world, quality taxinya turun terus. Dulu dpt sedan, skrg dpt MPV alakadarnya. Kalo mau ngikutin standard kenyamanan, harusnya BB fleetnya Corolla / Zenix :big_exellent: biar at least mirip2 ama Thai. Tapi, yaa sudahlah...
bentaran juga naek kelas taxi biar gimana lebih cuan pake ev :big_grin:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by slapnuts »

Jenson wrote: Mon Nov 25, 2024 16:31
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
Jadi ingat pernah pesan BB dari BSD ke CGK dapatnya Transmover RWD, lewat tol Serpong-Kunciran-CGK sepanjang jalan perut kekocok-kocok saking gedubrakan suspensinya, belum lagi ketika kena sambungan jembatan, seisi mobil berasa dilempar ke atas, gaenak banget padahal cuma lari 90-100 km/h. Berasa banget si Transmover ini downgrade version dari AvXen normal, suspensi gedubrakan, peredam ga ada, lari 100 suara mesin, roda, gardan, dan suara luar masuk semua. Masih lebih enak grab CalSig kalo suspensi sama-sama sehat.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by b0ku »

slapnuts wrote: Tue Nov 26, 2024 4:35
Jenson wrote: Mon Nov 25, 2024 16:31
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
Jadi ingat pernah pesan BB dari BSD ke CGK dapatnya Transmover RWD, lewat tol Serpong-Kunciran-CGK sepanjang jalan perut kekocok-kocok saking gedubrakan suspensinya, belum lagi ketika kena sambungan jembatan, seisi mobil berasa dilempar ke atas, gaenak banget padahal cuma lari 90-100 km/h. Berasa banget si Transmover ini downgrade version dari AvXen normal, suspensi gedubrakan, peredam ga ada, lari 100 suara mesin, roda, gardan, dan suara luar masuk semua. Masih lebih enak grab CalSig kalo suspensi sama-sama sehat.
kemaren saya dapet malah belakangnya ada tumor ternyata pake BBG :big_biglaugh:

kalo nyaman beneran calsig jauh lebih nyaman cuma sempit om mau lipet jok baris 3 aja musti majuin row2 jadi kalo mau row 2 lega itu row3 musti di setel joknya siap mulu gak bisa posisi di lipet mulu lsg sempit row 2nya jd bangku row 3 itu di lipet nyusain row di pake pun sama akhirnya cuma jd pajangan bediri di belakang males banget kalo butuh bagasi musti lipet dulu karena makan legroom kaki row 2 jd gak bisa terus2an di lipet :big_bored:
Last edited by b0ku on Tue Nov 26, 2024 4:41, edited 1 time in total.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by slapnuts »

b0ku wrote: Tue Nov 26, 2024 4:38
kemaren saya dapet malah belakangnya ada tumor ternyata pake BBG :big_biglaugh:
Duh takut meleduk om wkwkkwkw
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by satriakarisma »

semoga calsig new bisa lah di revisi jadi real double blower
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by adityawei »

Jenson wrote: Mon Nov 25, 2024 16:31
Nah ngomong2 avz grand, ntah pantat meter ane yg lebay ato apa, ane ngerasa kalo naik yg beneran avz grand (apalagi yg transformer), jauhh lebih nyaman drpd transmovernya blue bird. Ada yg ngerasa demikian juga kah? or perasaan ane aja? hehee
wah ga tau kalo transmover bb.. di daerah saya ga ada bb.. :big_bored: :big_bored: :big_bored:
tp avz biasa sama yg transmover biasa aja beda kok.. transmover berasa banyak sunat kanan kiri, pernah dapet taxi yang transmover fwd ( baru2 ini ada taksi lokal yg pake ini ), ada rasa sunatnya dimana2 dibanding avz fwd biasa yg BQ nya udah ampas itu..

bantingan sih emang enak avz fwd sih daripada rwd.. jauhhh..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by Jenson »

b0ku wrote: Tue Nov 26, 2024 4:20
Jenson wrote: Tue Nov 26, 2024 3:36
syukurlah kalo uda mulai pada pensiun, mending yg FWD kemana2. Nasib negara 3rd world, quality taxinya turun terus. Dulu dpt sedan, skrg dpt MPV alakadarnya. Kalo mau ngikutin standard kenyamanan, harusnya BB fleetnya Corolla / Zenix :big_exellent: biar at least mirip2 ama Thai. Tapi, yaa sudahlah...
bentaran juga naek kelas taxi biar gimana lebih cuan pake ev :big_grin:
Mungkin nunggu rilis Confero EV kali ya, baru si BB banting stir. Kalo harga sekarang, masih lumayan nombok 100jutaan kali kalo mau switch transmover jd BYD M6. Tapi ntahlah kalo bulk order apa dpt diskon dr China
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by b0ku »

Jenson wrote: Mon Dec 02, 2024 6:00

Mungkin nunggu rilis Confero EV kali ya, baru si BB banting stir. Kalo harga sekarang, masih lumayan nombok 100jutaan kali kalo mau switch transmover jd BYD M6. Tapi ntahlah kalo bulk order apa dpt diskon dr China
pake M6 juga cuan om orang per km ratenya 6000 kaliin aja 100.000km = 600.000.000 :glodak:

kalo di itung satu mobil bisa cover 300-500rb artinya satu mobil omset cuannya bisa em eman , kan katanya ngecharge murah gak butuh maintenace kek mobil BBM masa cuan 1m gak bisa cover ongkos ganti ban sama kampas rem sama kaki2x :big_bored:

bisa jadi takut di modal awal takut gak balik atau tiba2x di tengah jalan banyak trouble akhirnya rugi soalnya secara teori EV itu cuan buat bisnis fleet tapi di lapangan banyak laporan malah kalo perusahaan rental rugi :big_bored:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Mon Dec 02, 2024 6:47
pake M6 juga cuan om orang per km ratenya 6000 kaliin aja 100.000km = 600.000.000 :glodak:

kalo di itung satu mobil bisa cover 300-500rb artinya satu mobil omset cuannya bisa em eman , kan katanya ngecharge murah gak butuh maintenace kek mobil BBM masa cuan 1m gak bisa cover ongkos ganti ban sama kampas rem sama kaki2x :big_bored:

bisa jadi takut di modal awal takut gak balik atau tiba2x di tengah jalan banyak trouble akhirnya rugi soalnya secara teori EV itu cuan buat bisnis fleet tapi di lapangan banyak laporan malah kalo perusahaan rental rugi :big_bored:
kayanya bikin rugi karena charging EV malah masuk kategori "downtime" jadinya alias service. kan taxi gitu2 kalau bisa 24 jam ga mati tu mesin, katakan satu shift per 12 jam, shift pagi jam 5 pagi, shift malam jam 5 sore, nah kalau ICE kan tinggal isi bensin di spbu langganan atau pool.
lah kalau EV? balik pool dulu atau ke SPKLU charge dulu sekian jam. ditotal 30 hari jangan2 bisa hilang sekian hari itu. :ungg:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Mon Dec 02, 2024 9:14 kayanya bikin rugi karena charging EV malah masuk kategori "downtime" jadinya alias service. kan taxi gitu2 kalau bisa 24 jam ga mati tu mesin, katakan satu shift per 12 jam, shift pagi jam 5 pagi, shift malam jam 5 sore, nah kalau ICE kan tinggal isi bensin di spbu langganan atau pool.
lah kalau EV? balik pool dulu atau ke SPKLU charge dulu sekian jam. ditotal 30 hari jangan2 bisa hilang sekian hari itu. :ungg:
TAPI kalo fast charging paling 150rb katanya om cuma makan waktu 30-60menit :big_bored:

makannya elon ud males jualan ev mendingan jadi perusahaan taxi otomatis jalan sendiri balik ke pool fast charging 1jem abis itu jalan lagi....... :big_biglaugh:

jualan ev jatoh ke tangan pribadi gitu ada masalah dia yang di nyap nyap belom urusan lawsuit....... kalo jualan taxi kan evnya trouble tinggal minta maaf kasih voucher kelar :mky_07:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Calya atau Avanza bekas

Post by vulvy8858 »

Didihasnaasri83 wrote: Sat Nov 16, 2024 10:07 Selamat sore
Saya lagi nyari unit mobil 7 seater buat harian dan sesekali sabtu-minggu keluar kota, dengan budget 100 jutaan lebih dikit, pilihan ada pada toyota avanza 2011/2012 sama Calya 2016/2017.
Avanza lebih tua dibanding calya.
Mana kah yang lebih worth untuk di pinang plus dan minus nya? .terima kasih.
2007-2016 sy pake Avanza VVTi
2024 pake Calya

kalo buat harian dan nyetir sendiri
dan luar kota masih banyak tol, ga banyak area naik turun dan jalan rusak makadam / berlubang
mengesampingkan gengsi dan taxol look
enakan pake Calya

alasan:
1. radius putar lebih kecil
2. ga nyendal2 pas macet, avansa matic gigi 1 ke 2 nya suka bingung dan nyendal2
3. di tol mesin nya ga meraung raung, avansa biar kata matic luar biasaaa geruungg
4. AC cukup dingin, ya ga sedingin Avansa si, Avansa AC nya dingin bener
5. konsumsi BBM jauh lebih irit, Avansa rata2 1:11, Calya bisa 1:14
6. Fitur lengkap buat seri G A/T, terutama facelift 2023 keatas, Avansa ga dapet apa2 sampe kasta velos kl taun 2013 kebawah
7. pajak lebih murah, avansa kepala 3 calya kepala 2
8. accidentally mao dipake, 2 bangku di belakang masi bisa muat manusia
9. umur, mobil uda belasan taun sama mobil belom 10 taun ya pasti ada berasa worn out yang lebih tua, dan cari avansa bekas ya sama susahnya sama calya bekas
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012