Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
- Location: Depok, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Jupiter MX MT
Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Dear Para Suhu Serayamotor
Mohon pencerahannya.
Sebelumnya saya hanya silent reader, mencari ilmu melalui forum-forum diskusi yang sudah ada.
Ini pertama kalinya saya membuat Topic karena penasaran akan hal ini.
Untuk perawatan Grand Livina saya rasa memang lengkap karena ada diskusi "All About Grand Livina" ya.
Tapi untuk Chevrolet Spin ini disini masih jarang dibahas.
Saya rencananya ingin mengambil unit second dengan harga ramah dikantong, jatuhlah pilihan pada kedua tipe ini.
Mohon info dan sharing pengalamannya bagi SUHU yang punya pengalaman.
Baik itu suka dukanya, kelebihan, kekurangan, ataupun poin-poin yang harus diperhatikan jika memiliki mobil ini.
Agar jadi pertimbangan kembali buat saya yang nanti mayoritas akan di wilayah jabodetabek, tapi sesekali akan dibawah mudik ke jalur selatan arah tasik atau pantura ke arah jogja.
Catatan : kalau untuk review sudah lengkap ya info yang diberikan om @madcat015 viewtopic.php?t=21380
Terima kasih.
Mohon pencerahannya.
Sebelumnya saya hanya silent reader, mencari ilmu melalui forum-forum diskusi yang sudah ada.
Ini pertama kalinya saya membuat Topic karena penasaran akan hal ini.
Untuk perawatan Grand Livina saya rasa memang lengkap karena ada diskusi "All About Grand Livina" ya.
Tapi untuk Chevrolet Spin ini disini masih jarang dibahas.
Saya rencananya ingin mengambil unit second dengan harga ramah dikantong, jatuhlah pilihan pada kedua tipe ini.
Mohon info dan sharing pengalamannya bagi SUHU yang punya pengalaman.
Baik itu suka dukanya, kelebihan, kekurangan, ataupun poin-poin yang harus diperhatikan jika memiliki mobil ini.
Agar jadi pertimbangan kembali buat saya yang nanti mayoritas akan di wilayah jabodetabek, tapi sesekali akan dibawah mudik ke jalur selatan arah tasik atau pantura ke arah jogja.
Catatan : kalau untuk review sudah lengkap ya info yang diberikan om @madcat015 viewtopic.php?t=21380
Terima kasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
dari pemakai spin ltz 1.5 at bensin selama 1 dasawarsa.
wajib ron92. maksain plite mesin getar parah.
plastik2nya rawan getas. terutama kenop ac tengah dan tuas transmisi (tombol yg mirip trigger pestol). selain itu plastik lainnya aman.
ac so far udah ganti evap 2x, kompresor juga 2x. kompresor sampe 2x krn dapet tukang ac sotoy yg gak mo ribet bongkar dashboard buat cek evap. padahal kompresornya gpp.
bangku tengah bawaan gak bisa rebah sampe tiduran tapi bisa diakali dgn bengkokin stoppernya (ada tutor di yutub). tapi bangku tengah gak bisa dimundurin sehingga akan terasa sempit buat yg tinggi badan >165cm.
kalo mesinnya sehat sangat2 fun-to-drive. raungan mesinnya terdengar merdu dalam kabin. gak ada kendala buat sampe 100kpj. sering dipake lari >120kpj pagi2 di jorr walopun dah uzur. urusan oli mesin gak rewel, dexos1 pun dah qualified. oli transmisi dexron6.
urusan kaki2 rada ribet. oemnya ac delco shocknya keras banget. ada merek monroe tapi infonya cuma awet setengah tahun.
urusan hiburan, buat saya hu bawaan (clarion) udah cukup walopun gak touchscreen. udah ada blutut buat komukasi lewat wa call. pernah ganti merek skeleton ternyata gak awet, radio mendadak gak nerima sinyal. walopun hu bawaan tampak kuno tapi banyak setelan mobil yg cuma bisa disetel lewat hu ini.
kalo buat mudik, pertimbangkan juga bengkel yg tersedia di sepanjang jalur mudiknya. khawatir banyak yg gak khatam handle mobil amrik bermesin korea.
wajib ron92. maksain plite mesin getar parah.
plastik2nya rawan getas. terutama kenop ac tengah dan tuas transmisi (tombol yg mirip trigger pestol). selain itu plastik lainnya aman.
ac so far udah ganti evap 2x, kompresor juga 2x. kompresor sampe 2x krn dapet tukang ac sotoy yg gak mo ribet bongkar dashboard buat cek evap. padahal kompresornya gpp.
bangku tengah bawaan gak bisa rebah sampe tiduran tapi bisa diakali dgn bengkokin stoppernya (ada tutor di yutub). tapi bangku tengah gak bisa dimundurin sehingga akan terasa sempit buat yg tinggi badan >165cm.
kalo mesinnya sehat sangat2 fun-to-drive. raungan mesinnya terdengar merdu dalam kabin. gak ada kendala buat sampe 100kpj. sering dipake lari >120kpj pagi2 di jorr walopun dah uzur. urusan oli mesin gak rewel, dexos1 pun dah qualified. oli transmisi dexron6.
urusan kaki2 rada ribet. oemnya ac delco shocknya keras banget. ada merek monroe tapi infonya cuma awet setengah tahun.
urusan hiburan, buat saya hu bawaan (clarion) udah cukup walopun gak touchscreen. udah ada blutut buat komukasi lewat wa call. pernah ganti merek skeleton ternyata gak awet, radio mendadak gak nerima sinyal. walopun hu bawaan tampak kuno tapi banyak setelan mobil yg cuma bisa disetel lewat hu ini.
kalo buat mudik, pertimbangkan juga bengkel yg tersedia di sepanjang jalur mudiknya. khawatir banyak yg gak khatam handle mobil amrik bermesin korea.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
danherih09
TUFF Stough wrote: Fri Nov 22, 2024 14:03
. khawatir banyak yg gak khatam handle mobil amrik bermesin korea.
terkait dengan hardware sebetulnya tidak ada yg perlu dihawatirkan krn mulai dari kijang doyok sampe koenigsegg ya pake mur dan baut juga. umumnya buka kekiri (lawan jarum jam) ngencengin ke kanan (arah jarum jam).
hanya masalahnya di spin ini penggunaan kunci 15mm, 16mm, 18mm dan socket torx lebih diutamakan.
kalo ada plang "bengkel mobil" dan ngaku mekanik ya mustinya bisa lah ngatasin krn posisi mesinnya ya disitu juga sama dgn kendaraan lain yg penggerak depan.
sesulit²nya mobil, se unik²nya mobil, belum pernah saya nemu yg saat buka kap mesin kita dihadapkan dgn oil pan, lalu businya ada di kolong menghadap lantai.
edit :
coba om TS bikin data dulu untuk parts fast moving yg mana lebih terjangkau dgn dompet anda, dan ketersediaan barangnya lbh banyak.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
- Location: Depok, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Jupiter MX MT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
makasih atas share pengalamannya, jadi masukan pertimbangan buat saya.TUFF Stough wrote: Fri Nov 22, 2024 14:03 dari pemakai spin ltz 1.5 at bensin selama 1 dasawarsa.
wajib ron92. maksain plite mesin getar parah.
plastik2nya rawan getas. terutama kenop ac tengah dan tuas transmisi (tombol yg mirip trigger pestol). selain itu plastik lainnya aman.
ac so far udah ganti evap 2x, kompresor juga 2x. kompresor sampe 2x krn dapet tukang ac sotoy yg gak mo ribet bongkar dashboard buat cek evap. padahal kompresornya gpp.
bangku tengah bawaan gak bisa rebah sampe tiduran tapi bisa diakali dgn bengkokin stoppernya (ada tutor di yutub). tapi bangku tengah gak bisa dimundurin sehingga akan terasa sempit buat yg tinggi badan >165cm.
kalo mesinnya sehat sangat2 fun-to-drive. raungan mesinnya terdengar merdu dalam kabin. gak ada kendala buat sampe 100kpj. sering dipake lari >120kpj pagi2 di jorr walopun dah uzur. urusan oli mesin gak rewel, dexos1 pun dah qualified. oli transmisi dexron6.
urusan kaki2 rada ribet. oemnya ac delco shocknya keras banget. ada merek monroe tapi infonya cuma awet setengah tahun.
urusan hiburan, buat saya hu bawaan (clarion) udah cukup walopun gak touchscreen. udah ada blutut buat komukasi lewat wa call. pernah ganti merek skeleton ternyata gak awet, radio mendadak gak nerima sinyal. walopun hu bawaan tampak kuno tapi banyak setelan mobil yg cuma bisa disetel lewat hu ini.
kalo buat mudik, pertimbangkan juga bengkel yg tersedia di sepanjang jalur mudiknya. khawatir banyak yg gak khatam handle mobil amrik bermesin korea.
so far berarti masalah sekitar AC dan kaki ya.. mirip-mirip Grand Livina..
Kalo baffle matic nya gimana om? Gak ada kendala di perawatan matic?
Kalau untuk spare part sih saya udh searching ama compare juga, mirip-mirip lah 11 12. Apalagi di wilayah jabodetabek.marmut wrote: Fri Nov 22, 2024 15:17danherih09
terkait dengan hardware sebetulnya tidak ada yg perlu dihawatirkan krn mulai dari kijang doyok sampe koenigsegg ya pake mur dan baut juga. umumnya buka kekiri (lawan jarum jam) ngencengin ke kanan (arah jarum jam).TUFF Stough wrote: Fri Nov 22, 2024 14:03
. khawatir banyak yg gak khatam handle mobil amrik bermesin korea.
hanya masalahnya di spin ini penggunaan kunci 15mm, 16mm, 18mm dan socket torx lebih diutamakan.
kalo ada plang "bengkel mobil" dan ngaku mekanik ya mustinya bisa lah ngatasin krn posisi mesinnya ya disitu juga sama dgn kendaraan lain yg penggerak depan.
sesulit²nya mobil, se unik²nya mobil, belum pernah saya nemu yg saat buka kap mesin kita dihadapkan dgn oil pan, lalu businya ada di kolong menghadap lantai.
edit :
coba om TS bikin data dulu untuk parts fast moving yg mana lebih terjangkau dgn dompet anda, dan ketersediaan barangnya lbh banyak.
Cuma ya itu, betul kata om TUFF Stough, kalau saat di jalur mudik aja agak khawatir.
Kalau untuk ketersediaan lebih banyak (terutama part aftermarket) lebih ke Grand Livina sih ya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
- Location: Depok, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Jupiter MX MT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
by the way, ini sepertinya saya salah naro postingan thread ya.. om moderator minta tolong bisa dipindah ke Suggestion Corner?
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Doneherih09 wrote: Sat Nov 23, 2024 1:08 by the way, ini sepertinya saya salah naro postingan thread ya.. om moderator minta tolong bisa dipindah ke Suggestion Corner?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
- Location: Depok, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Jupiter MX MT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Thanks om mod sh00t..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
matic so far gak ada kendala. masih tc bukan cvt, harusnya lebih awet. asal rutin ganti oli matik tiap 20rb km aja.herih09 wrote: Sat Nov 23, 2024 0:57 makasih atas share pengalamannya, jadi masukan pertimbangan buat saya.
so far berarti masalah sekitar AC dan kaki ya.. mirip-mirip Grand Livina..
Kalo baffle matic nya gimana om? Gak ada kendala di perawatan matic?
buat jaga kondisi evap ac rutin ganti filter kabin tiap servis rutin. bisa ganti sendiri juga tanpa perlu bongkar baut.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
biasanya lobang busi ngadep samping ya mbah, jadi ganti busi ganti coil turun mesin separoh dulu yamarmut wrote: Fri Nov 22, 2024 15:17 kalo ada plang "bengkel mobil" dan ngaku mekanik ya mustinya bisa lah ngatasin krn posisi mesinnya ya disitu juga sama dgn kendaraan lain yg penggerak depan.
sesulit²nya mobil, se unik²nya mobil, belum pernah saya nemu yg saat buka kap mesin kita dihadapkan dgn oil pan, lalu businya ada di kolong menghadap lantai.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
kunaskun wrote: Sat Nov 23, 2024 8:05
biasanya lobang busi ngadep samping ya mbah, jadi ganti busi ganti coil turun mesin separoh dulu ya![]()
iya. vw 1303......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Ganti busi spin gampang banget.
Lihat contoh :
Ganti busi grand livina lebih banyak yg mesti dilepas tapi tetep bisa dikerjain sendiri (kalau mau, kalau sempat, dan kalau punya kunci²nya)
Lihat contoh :
Ganti busi grand livina lebih banyak yg mesti dilepas tapi tetep bisa dikerjain sendiri (kalau mau, kalau sempat, dan kalau punya kunci²nya)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
- Location: Jakarta Timur
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Izin mantau juga, lagi nyari seken angl l11, tapi malah banyak temen yang nyaranin yang l10 aja, tolong kasih masukan mana yang lebih ga rewel dengan perawatan standar 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Saya pemakai grand livina L10 tipe XV 2008 matic. Beli bekas tahun 2014 dipakai terus sampai skrg dan blm ada renc ganti kalau gak mampu beli baru kelas diatasnya. Kalau gantinya sesama lmpv avanza mobilio ertiga saya dan istri sepakat untuk tidak ganti dahulu.sudahlah wrote: Sun Nov 24, 2024 6:25 Izin mantau juga, lagi nyari seken angl l11, tapi malah banyak temen yang nyaranin yang l10 aja, tolong kasih masukan mana yang lebih ga rewel dengan perawatan standar![]()
Kilometer skrg 140.000, sebulan yg lalu abis overhaul matic karena gak bisa mundur. ganti seal² matic, kampas kopling, oli matic, filter matic, ongkos bongpas total abis 10.550.000, garansi 6 bulan. Sejak overhaul sdh jalan 1000 km dlm 1 bulan, so far so good.
Bengkel yg bongkar ada ngomong grand livina L11 lebih banyak yg masuk bengkel dia drpd L10. Dugaan saya mungkin karena kesalahan nissan ganti oli matic CVTnya terlalu jauh. Kelipatan 70.000 atau 100.000 kayaknya (CMIIW).
Kalau menurut saya L11 model lebih bagus, kelihatan lebih seger. Untuk CVT kalau ganti oli maticnya kelipataan 20rb ta rasa juga tidak akan masalah.
Perawatan kurang lebih aja sama mobil lain, saya tdk merasa kesusahan, cuma kadang temen² di SM ini cukup membantu analisa masalah² mobil. Kayak kapan hari saya alami mobil bunyi kletek² kalau ketemu jalan paving atau jalan jelek., sdh cek balljoint, stabilizer link, dudukan shockbreaker, dll gak ketemu maslahnya, saya cerita di sini ada yg saranin cek link comp, ini part yg jarang dicek, ternyata bener, link comp sumber masalahnya, setelah diganti beres, senyap lagi.
Yg sdh diganti selama 10 tahun pemakaian ini : link comp, lower arm, link stabilizer, bushing crossmember, shock breaker depan belakang kanan kiri 1x, ganti rack steer 1x merk heiker dan sdh 2 tahunan masih bagus, bearing roda depan belakang kanan kiri. ban, oli, aki, busi, kampas rem, wiper, dop lampu rem, kaca film, coil 1 biji 1x
Sejauh ini saya puas pakai grand livina dan karena tdk ada rencana jual dlm waktu dekat saya menyegarkan kabin aja dengan ganti head unit, pasang subwoofer kolong dan pasang kamera mundur. Semuanya pasang sendiri krn untuk kelistrikan saya lebih percaya diri sendiri dibanding bengkel. Mereka bisa asal main potong sambung kabel dan itu bisa rawan korslet mobilnya. Panduan pasang itu semua liat di yutub cukup banyak, setelah yakin bisa langsung eksekusi dan ternyata memang tdk sulit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 GT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Keluarga punya Grand Livina XV 2010, AT (jaman segini AT ya, bukan CVT ya??), kebetulan di taun segitu warna maroon lagi jadi hero colornya. Ampe skrg (yes, masih dipake ampe skrg), perawatan sih cuma di bengkel resmi dan ga ada perawatan serius apapun. Krn keluarga ngikutin aturan buku servis aja + tambahan hasil inspeksi SA, sehingga rasanya ga pernah ganti oli matic deh sampai saat ini. So far sehat dan masih bisa berjalan dg aman nyaman dan sejahtera. Pernah ada issue, as usual Nissan Indonesia, AC yg kurang dingin setelah 6 tahun. Dibenerin di dealer, beres sih aman. Jujur, mobil ini mostly dipake dalam kota dan sesekali antara 3 kota: Bogor - Jakarta - Bandung, all via Cipularang, dan blm pernah ganti komponen kaki2 etc. Full cuma pernah ganti aki dan ban, dah itu aja. Lumayan badak aslinya..
Quirk Livina ini: behavior transmisi yg agak kurang cocok utk speed nanggung. Di Cipularang nanjak (say: km84 ato yg panjang km92) itu mulai lemot dan cuma bisa nanjak di speed like 85 km/jam (jd kyk LCGC) di tipikal 2500 - 3000 RPM. Dibandingkan dg City 2011 CVT ato Avanza 2013 MT, 2 mobil itu bisa lebih "nyaman tanpa ngagokin" di tanjakan yg sama. Dan kl di tol dlm kota Jakarta (nah ini) biasanya kan speed nanggung ya krn rame (70 km/jam) - mobil ini gbs stay di same gear (ga ada manual mode, mungkin ini bikin agak badak jg) - plus ga ada paddle shifter, jd pasti constantly mainin rem dan coasting utk ngontrol speed.
Quirk Livina ini: behavior transmisi yg agak kurang cocok utk speed nanggung. Di Cipularang nanjak (say: km84 ato yg panjang km92) itu mulai lemot dan cuma bisa nanjak di speed like 85 km/jam (jd kyk LCGC) di tipikal 2500 - 3000 RPM. Dibandingkan dg City 2011 CVT ato Avanza 2013 MT, 2 mobil itu bisa lebih "nyaman tanpa ngagokin" di tanjakan yg sama. Dan kl di tol dlm kota Jakarta (nah ini) biasanya kan speed nanggung ya krn rame (70 km/jam) - mobil ini gbs stay di same gear (ga ada manual mode, mungkin ini bikin agak badak jg) - plus ga ada paddle shifter, jd pasti constantly mainin rem dan coasting utk ngontrol speed.
Hiroshima 46V
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Grand livina L11 CVT mulai tahun 2013, Ada baiknya bapak cek penggantian oli matic sebelum terlambat., flushing oli matic paling kisaran 1 juta.EdgarDrake wrote: Sun Nov 24, 2024 12:05 Keluarga punya Grand Livina XV 2010, AT (jaman segini AT ya, bukan CVT ya??), kebetulan di taun segitu warna maroon lagi jadi hero colornya. Ampe skrg (yes, masih dipake ampe skrg), perawatan sih cuma di bengkel resmi dan ga ada perawatan serius apapun. Krn keluarga ngikutin aturan buku servis aja + tambahan hasil inspeksi SA, sehingga rasanya ga pernah ganti oli matic deh sampai saat ini. So far sehat dan masih bisa berjalan dg aman nyaman dan sejahtera. Pernah ada issue, as usual Nissan Indonesia, AC yg kurang dingin setelah 6 tahun. Dibenerin di dealer, beres sih aman. Jujur, mobil ini mostly dipake dalam kota dan sesekali antara 3 kota: Bogor - Jakarta - Bandung, all via Cipularang, dan blm pernah ganti komponen kaki2 etc. Full cuma pernah ganti aki dan ban, dah itu aja. Lumayan badak aslinya..
Quirk Livina ini: behavior transmisi yg agak kurang cocok utk speed nanggung. Di Cipularang nanjak (say: km84 ato yg panjang km92) itu mulai lemot dan cuma bisa nanjak di speed like 85 km/jam (jd kyk LCGC) di tipikal 2500 - 3000 RPM. Dibandingkan dg City 2011 CVT ato Avanza 2013 MT, 2 mobil itu bisa lebih "nyaman tanpa ngagokin" di tanjakan yg sama. Dan kl di tol dlm kota Jakarta (nah ini) biasanya kan speed nanggung ya krn rame (70 km/jam) - mobil ini gbs stay di same gear (ga ada manual mode, mungkin ini bikin agak badak jg) - plus ga ada paddle shifter, jd pasti constantly mainin rem dan coasting utk ngontrol speed.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
L10 ya...saya lupa kayak ga pernah liat maroon-nya...apa mgkn yg orange ituEdgarDrake wrote: Sun Nov 24, 2024 12:05 Keluarga punya Grand Livina XV 2010, AT (jaman segini AT ya, bukan CVT ya??), kebetulan di taun segitu warna maroon lagi jadi hero colornya. Ampe skrg (yes, masih dipake ampe skrg), perawatan sih cuma di bengkel resmi dan ga ada perawatan serius apapun. Krn keluarga ngikutin aturan buku servis aja + tambahan hasil inspeksi SA, sehingga rasanya ga pernah ganti oli matic deh sampai saat ini. So far sehat dan masih bisa berjalan dg aman nyaman dan sejahtera. Pernah ada issue, as usual Nissan Indonesia, AC yg kurang dingin setelah 6 tahun. Dibenerin di dealer, beres sih aman. Jujur, mobil ini mostly dipake dalam kota dan sesekali antara 3 kota: Bogor - Jakarta - Bandung, all via Cipularang, dan blm pernah ganti komponen kaki2 etc. Full cuma pernah ganti aki dan ban, dah itu aja. Lumayan badak aslinya..
Quirk Livina ini: behavior transmisi yg agak kurang cocok utk speed nanggung. Di Cipularang nanjak (say: km84 ato yg panjang km92) itu mulai lemot dan cuma bisa nanjak di speed like 85 km/jam (jd kyk LCGC) di tipikal 2500 - 3000 RPM. Dibandingkan dg City 2011 CVT ato Avanza 2013 MT, 2 mobil itu bisa lebih "nyaman tanpa ngagokin" di tanjakan yg sama. Dan kl di tol dlm kota Jakarta (nah ini) biasanya kan speed nanggung ya krn rame (70 km/jam) - mobil ini gbs stay di same gear (ga ada manual mode, mungkin ini bikin agak badak jg) - plus ga ada paddle shifter, jd pasti constantly mainin rem dan coasting utk ngontrol speed.
kl nanjak matiin overdrive-nya ommm...
ni mobil mesin racing koq...dulu sy test ke arah merak 170kmh matik masih dpt
sayang logo-nya bukan T...padahal dulu jaman launching bole dibilang nyaman di kelasnya (waktu itu avanza masih rwd)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
kalo saya pilih livina krn jelas parts lebih banyak dan mudah didapat.
spin cuma menang di BQ yg terasa lebih solid, walaupun livina sendiri sebetulnya sudah termasuk solid, bahkan lebih solid dari r3.
spin cuma menang di BQ yg terasa lebih solid, walaupun livina sendiri sebetulnya sudah termasuk solid, bahkan lebih solid dari r3.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 26, 2024 7:59
- Location: Depok, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Jupiter MX MT
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Untuk nanjak, GL L10 AT aman2 aja kan ya om? Selama kita pakai OD OFF.MSU wrote: Mon Nov 25, 2024 0:22
kl nanjak matiin overdrive-nya ommm...
ni mobil mesin racing koq...dulu sy test ke arah merak 170kmh matik masih dpt
sayang logo-nya bukan T...padahal dulu jaman launching bole dibilang nyaman di kelasnya (waktu itu avanza masih rwd)
Banyak tanjakan yang lumayan soalnya di jalur mudik saya hehe...
Kalau untuk jalan tol sepertinya lebih joss ini Grand Livina ya.. dari strutur body aja terlihat lebih stabil untuk high speed.. cmiiw
Last edited by herih09 on Mon Nov 25, 2024 4:04, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear
Re: Compare Perawatan Chevrolet Spin 2013 LTZ AT vs Grand Livina L10 1.5 AT
Saya pakai Xgear 2008 1.5 AT nanjak aman sejauh ini om, nggak perlu ancang2 dulu, cukup mainin pedal gas, selama dirawat bener itu tenaganya enak om, saya pernah nanjak ke Bukit Klangon di Jogja full load lancar tanpa hambatanherih09 wrote: Mon Nov 25, 2024 4:04Untuk nanjak, GL L10 AT aman2 aja kan ya om? Selama kita pakai OD OFF.MSU wrote: Mon Nov 25, 2024 0:22
kl nanjak matiin overdrive-nya ommm...
ni mobil mesin racing koq...dulu sy test ke arah merak 170kmh matik masih dpt
sayang logo-nya bukan T...padahal dulu jaman launching bole dibilang nyaman di kelasnya (waktu itu avanza masih rwd)
Banyak tanjakan yang lumayan soalnya di jalur mudik saya hehe...
Kalau untuk jalan tol sepertinya lebih joss ini Grand Livina ya.. dari strutur body aja terlihat lebih stabil untuk high speed.. cmiiw