Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
lexnic wrote: Tue Nov 12, 2024 16:29
ah, saya tau lokasi yg om mksd, itu deket2 kompleks ruko pelangi (https://maps.app.goo.gl/88NuFHdLgGqnQ7FY6). dan emg bener2 edan makhluk2 ini (entah msh layak dibilang manusia apa enggak, bahkan saya rasa hewan pun msh lbh pinter dri mereka ). entah malas gara2 lokasi putar balik resmi yg trlalu jauh ato emg dasarnya bebal jdinya gk paham peraturan lalu lintas. kita gk usah ngomongin etika berkendara sama model bgini soalnya msti kena batunya dulu bru beneran sadar & emg dasarnya nalar mereka gk akan nyampe utk mikir kesitu . beberapa wktu terakhir, area ini dijaga polantas ato petugas dishub pas pagi, jdinya makhluk2 itu gk sebarbar klo gk dijagain.
Di streetview ada spanduk gede "Jangan Melawan Arus Lalu Lintas" tapi tetep aja ditrabas
aje gile, gk paham lg sama cara berpikirnya orang2 yg pake netral + main rem di turunan (apalagi ini alasannya utk irit BBM) . risikonya gk sebanding sama penghematan BBMnya. tapi yah, balik lg, mayoritas orang sini klo bawa kendaraan (motor, mobil, bus, truk) cuma bisa ngegas & ngerem doang tanpa paham cara ngontrol kendaraannya gmana. wong ujian SIM aja msh bisa nembak ato nyogok petugasnya kok
tau ngerem aja belum tentu om, lebih sering ketemu slonong boy dibanding orang waras yang berhenti 30 detik buat kasih orang nyeberang atau berhenti buat keluar gang.
faizzz wrote: Tue Nov 12, 2024 22:26
Di streetview ada spanduk gede "Jangan Melawan Arus Lalu Lintas" tapi tetep aja ditrabas
Emang mereka ini bisa baca dan bisa baca kemudian mengubahnya jadi aksi?
selama pendidikan dasar ga dibenahi buat bangun pondasi adab manusia, akan selalu ada "manusia" begini om.
Itu si vuvuvava malah bikin ide coding, emang yakin 15-20 tahun masih relevan?
(sorry selalu mengarah ke politik karena tiap kesusahan yg kita rasakan berasal dari kebijakan politik ngaco)
Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18
engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
engine brake di mobil injeksi:
- 0 (zero) fuel flow (terlihat dr OBD)
- transmisi + mesin nahan kecepatan mobil karena kondisi ruang bakar (almost) zero activity
- dibantu rem sesekali gakda salahnya, karena ngandalin engine brake (matic CVT / TC) klo diturunan cipularang jg masih kurang
- engine-brake ini mudhorotnya paling kecil, daripada ngandalin ngerem ajah, itu minyak rem bisa panas mendidih + kecelakaan rem blong nabrak orang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18
engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
Naaah, ini menangnya EV, ndak pake mikir engine brake ngrusak apa2, malah ada nambah setrum batere-nya . Nah, kalo EV cungkuo itu cuma regen (masalah filosofi driving kayaknya, bukan masalah teknis bisa apa enggak), tinggal mau diset regen sekuat apa, kalo yg Kroya-Yurop ada one pedal mode-nya.
Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18
engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
Naaah, ini menangnya EV, ndak pake mikir engine brake ngrusak apa2, malah ada nambah setrum batere-nya . Nah, kalo EV cungkuo itu cuma regen (masalah filosofi driving kayaknya, bukan masalah teknis bisa apa enggak), tinggal mau diset regen sekuat apa, kalo yg Kroya-Yurop ada one pedal mode-nya.
Bravo om bibii .. ada celah langsung masuk kasih knowledge statement . Saia suka diskusi begini
brzkr wrote: Wed Nov 13, 2024 0:42
Emang mereka ini bisa baca dan bisa baca kemudian mengubahnya jadi aksi?
selama pendidikan dasar ga dibenahi buat bangun pondasi adab manusia, akan selalu ada "manusia" begini om.
Itu si vuvuvava malah bikin ide coding, emang yakin 15-20 tahun masih relevan?
(sorry selalu mengarah ke politik karena tiap kesusahan yg kita rasakan berasal dari kebijakan politik ngaco)
selama culture ganti mentri ganti kurikulum sih gak bakal kelar... mentrinya juga mentri giveaway atau mentri terimakasih. si mas mas ojol ini sebenernya teknokrat dan progresif, tapi sayang kebijakannya gak mendarat.
iye bener maksudnya jangan cuma bisa baca tapi literacy (memahami maksud bacaan), masalahnya ngebacanya aja belum lulus kok udah disuruh memahami bacaan, matematika dasar aja blom lulus udah disuruh paham numerik, ya kaco namanya.
ingat oom rejim mulyono onwards itu rejim FOMO... ngemeng coding dy sendiri paling gak ngerti artinya coding... tapi penyembah rejim mulyono kan bisa dihibur seakan2 kita udah maju dengan ngapalin buzzwords.
newrubble wrote: Tue Nov 12, 2024 1:38
ketika bgitu byk yg tohlol di jalanan artinya bangsa itu tohlol
ketika bgitu byk yg tohlol di sosmed artinya bangsa itu tohlol
benchmark sy dari dulu n sampe kapanpun .... bgitu
ketohlolan yg paling akurat
liat aj foto sbelah kanan garuda, yg kaya gitu dipilih
Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18
engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
sbenernya dgn asumsi grade logic transmisinya dibuat bener ya. dia ngebaca injekan rem juga pasti otomatis ngasih engine brake. atau kalo ada mode sekuensial / manual ya dimanfaatin aja. logic transmisi itu lebih pinter dari yang kita asumsikan. ga akan turunin gigi kalo dia pikir gak aman buat mesin juga (berpotensi over-rev). ada sensornya.
transmisi manual saja di brio 2014 salah masuk gigi dia langsung nyala masuk limp mode (CEL nyala). berhenti, matiin mesin nyalain lagi safe and sound.
mobil sekarang dibuat supaya hardware nya seaman mungkin... ya itu asumsi kalo mobil jepang / eropa... mobil china gak tau.
pengalamanku mobil matic kalau tanjakan turun.Kalau kita ngerem,mobil akan nahan dengan engine brake dan giginya ga akan naik kecuali kita ngegas.Seringnya harus gas lagi supaya bisa turun lebih cepat.
Bibieight wrote: Wed Nov 13, 2024 1:36
Naaah, ini menangnya EV, ndak pake mikir engine brake ngrusak apa2, malah ada nambah setrum batere-nya . Nah, kalo EV cungkuo itu cuma regen (masalah filosofi driving kayaknya, bukan masalah teknis bisa apa enggak), tinggal mau diset regen sekuat apa, kalo yg Kroya-Yurop ada one pedal mode-nya.
gimane mau engine brake??? giginya cuma satu
engine brake juga tuh om kalo di kasih 4 speed........
Ini adalah spesifikasi WAJIB dan STANDAR buat truk Trailer & Peti kemas 40 kaki. Dimana pakai Tractor Head 10 roda, tapi kenyataan nya banyak perusahaan di Indonesia yang ga ikutin aturan pemerintah, cuma pakai yang 6 roda demi ngejar harga murah.
Spek ga standar = Rem jadi kerja lebih keras buat nahan beban muatan
Spek ga standar = Jalan jadi cepet rusak karena pembagian berat atau tonase tidak merata
Spek ga standar = Power mesin yang ga sesuai tonase bikin truk jadi LANE HOGGER
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
Last edited by Montero on Thu Nov 14, 2024 3:09, edited 1 time in total.
Ini adalah spesifikasi WAJIB dan STANDAR buat truk Trailer & Peti kemas 40 kaki. Dimana pakai Tractor Head 18 roda, tapi kenyataan nya banyak perusahaan di Indonesia yang ga ikutin aturan pemerintah, cuma pakai yang 10 roda demi ngejar harga murah.
Spek ga standar = Rem jadi kerja lebih keras buat nahan beban muatan
Spek ga standar = Jalan jadi cepet rusak karena pembagian berat atau tonase tidak merata
Spek ga standar = Power mesin yang ga sesuai tonase bikin truk jadi LANE HOGGER
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
Kalo liat foto2 truk yg terlibat,bener kok 18 ban
Kepala nya 6 ban,buntut nya 12 ban
Tinggal tunggu aja faktor human atau mesin nya yg masalah
Ini adalah spesifikasi WAJIB dan STANDAR buat truk Trailer & Peti kemas 40 kaki. Dimana pakai Tractor Head 18 roda, tapi kenyataan nya banyak perusahaan di Indonesia yang ga ikutin aturan pemerintah, cuma pakai yang 10 roda demi ngejar harga murah.
Spek ga standar = Rem jadi kerja lebih keras buat nahan beban muatan
Spek ga standar = Jalan jadi cepet rusak karena pembagian berat atau tonase tidak merata
Spek ga standar = Power mesin yang ga sesuai tonase bikin truk jadi LANE HOGGER
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
Kalo liat foto2 truk yg terlibat,bener kok 18 ban
Kepala nya 6 ban,buntut nya 12 ban
Tinggal tunggu aja faktor human atau mesin nya yg masalah
Ban pada buntut atau Trailer jangan dihitung dong, Karena sistem kendali penuhnya ada pada Tractor Head (Beda jumlah ban juga pengaruh pada jml Horse Power Mesin, Kaliper Rem) Bahkan spek tertinggi biasanya juga udah ABS
Coba bandingkan lagi foto truk laka kemarin dengan gambar yang saya attach tadi, jelas tidak sesuai standar spesifikasinya.
Bibieight wrote: Wed Nov 13, 2024 1:36
Naaah, ini menangnya EV, ndak pake mikir engine brake ngrusak apa2, malah ada nambah setrum batere-nya . Nah, kalo EV cungkuo itu cuma regen (masalah filosofi driving kayaknya, bukan masalah teknis bisa apa enggak), tinggal mau diset regen sekuat apa, kalo yg Kroya-Yurop ada one pedal mode-nya.
gimane mau engine brake??? giginya cuma satu
lah itu si pak DI juga dulu tucuxi nabrak gagal engine (regen) brake
emang di ICE ngerusak transmisi apa wong sekarang ada sensornya transmisi. kalo over-rev ya gak mau turun gigi kok.
Montero wrote: Thu Nov 14, 2024 2:09
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
efek domino oom.
makro nya ya karena industri mayoritas mengandalkan logistik dari jakarta karena "bos besar" kan pada di jakarta.
mikro nya, udah ODOL tetep mahal bahan2, ongkos supir mepet, pada ngga mau berangkat kalo kosong. pengusahanya juga ngga peduli maintenance dan ongkos supir di hemat2. penegak aturan? bukan bikin gampang malah makin ngadi-ngadi.
aturan KEUR juga sekarang aneh betul. kalo truk canter atau tronton harus sesuai spek keluar pabrik. bak ngga boleh custom. artinya ya cek fisik bentuknya harus head dan sasis doang. justru menyuburkan bisnis calo ini mah. pdhl bak karoseri kan ada sertifikasinya.
Ini adalah spesifikasi WAJIB dan STANDAR buat truk Trailer & Peti kemas 40 kaki. Dimana pakai Tractor Head 10 roda, tapi kenyataan nya banyak perusahaan di Indonesia yang ga ikutin aturan pemerintah, cuma pakai yang 6 roda demi ngejar harga murah.
Spek ga standar = Rem jadi kerja lebih keras buat nahan beban muatan
Spek ga standar = Jalan jadi cepet rusak karena pembagian berat atau tonase tidak merata
Spek ga standar = Power mesin yang ga sesuai tonase bikin truk jadi LANE HOGGER
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
Kalo di mata ormas yang biasa malakin supir kita dulu sih makin banyak ban harus makin banyak duit palaknya. Mereka ga tau kalo ban banyak itu malah bikin jalan lebih awet karena beban per axle nya berkurang. Taunya banyak ban = banyak muatan = banyak cuan
faizzz wrote: Thu Nov 14, 2024 5:06
Orang Dishub pernah cerita, ada beberapa truk butut dirazia karena ga layak jalan. Terus ownernya dipanggil lah ke kantor, yang dateng aparat wkwk
di wakanda emang bukan fakir miskin dan anak terlantar tapi calo dan preman dipiara oleh negara...
benernya klo ada political will aja
- subsidi angkutan dijalanin supaya harga pasar stabil. (bukan subsidi BBM, sekaligus stimulus buat UMKM juga kan alokasiin ke subsidi angkutan aja, subsidi BBM rentan salah sasaran). buying time biar industri di luar jakarta tumbuh
- hilirisasi ekonomi basisnya produk asli daerah jgn maksa semua pabrik buatnya di jakarta. pan sekarang UMK jakarta udah ga masuk, ya udh kesempatan tuh bikin pabrik di luar jakarta. mahal coy raw material di jawa timur ampe madura atau kalimantan, buatnya di jakarta, kirim lagi. gmn ga pada ODOL itu mah.
- regulasi impornya dibenerin. ya ud tau china berani jor-joran bakar duit di negara orang, malah makin dikasi karpet merah. yang kebunuh ya produk asli lokal. mo dipress kek apa itu buruh ma angkutan tetep kalah murah ma china.
cuma ya dasarnya emang di wakanda political will ga ada dari orok...
ngomongin soal engine brake , memang efek sih di cipularang turunan, lumayan bikin mobil ga ngegelosor cuman kok klo di reborn engine brakenya rendah banget ya giginya sampe ngeraung, musti nambah gas dikit biar ganti gigi tinggian
Ini adalah spesifikasi WAJIB dan STANDAR buat truk Trailer & Peti kemas 40 kaki. Dimana pakai Tractor Head 18 roda, tapi kenyataan nya banyak perusahaan di Indonesia yang ga ikutin aturan pemerintah, cuma pakai yang 10 roda demi ngejar harga murah.
Spek ga standar = Rem jadi kerja lebih keras buat nahan beban muatan
Spek ga standar = Jalan jadi cepet rusak karena pembagian berat atau tonase tidak merata
Spek ga standar = Power mesin yang ga sesuai tonase bikin truk jadi LANE HOGGER
Siapa yang salah? jelas Pengusaha itu sendiri dan pemerintah. Wong urus KEUR aja ada calo nya, truk gaperlu dibawa buat pengecekan fisik
Kalo liat foto2 truk yg terlibat,bener kok 18 ban
Kepala nya 6 ban,buntut nya 12 ban
Tinggal tunggu aja faktor human atau mesin nya yg masalah
Ban pada buntut atau Trailer jangan dihitung dong, Karena sistem kendali penuhnya ada pada Tractor Head (Beda jumlah ban juga pengaruh pada jml Horse Power Mesin, Kaliper Rem) Bahkan spek tertinggi biasanya juga udah ABS
Coba bandingkan lagi foto truk laka kemarin dengan gambar yang saya attach tadi, jelas tidak sesuai standar spesifikasinya.
Mana ada om tractor head pake ban 18
Di foto juga cuma 10 ban
Macam Scania atau Iveco atau mercedes juga ga ada yg buat tractor head 18 ban
Kalo bawa trailer itu musti compact biar manuver gampang
Ban pada buntut atau Trailer jangan dihitung dong, Karena sistem kendali penuhnya ada pada Tractor Head (Beda jumlah ban juga pengaruh pada jml Horse Power Mesin, Kaliper Rem) Bahkan spek tertinggi biasanya juga udah ABS
Coba bandingkan lagi foto truk laka kemarin dengan gambar yang saya attach tadi, jelas tidak sesuai standar spesifikasinya.
Mana ada om tractor head pake ban 18
Di foto juga cuma 10 ban
Macam Scania atau Iveco atau mercedes juga ga ada yg buat tractor head 18 ban
Kalo bawa trailer itu musti compact biar manuver gampang
faizzz wrote: Thu Nov 14, 2024 5:06
Orang Dishub pernah cerita, ada beberapa truk butut dirazia karena ga layak jalan. Terus ownernya dipanggil lah ke kantor, yang dateng aparat wkwk
di wakanda emang bukan fakir miskin dan anak terlantar tapi calo dan preman dipiara oleh negara...
benernya klo ada political will aja
- subsidi angkutan dijalanin supaya harga pasar stabil. (bukan subsidi BBM, sekaligus stimulus buat UMKM juga kan alokasiin ke subsidi angkutan aja, subsidi BBM rentan salah sasaran). buying time biar industri di luar jakarta tumbuh
- hilirisasi ekonomi basisnya produk asli daerah jgn maksa semua pabrik buatnya di jakarta. pan sekarang UMK jakarta udah ga masuk, ya udh kesempatan tuh bikin pabrik di luar jakarta. mahal coy raw material di jawa timur ampe madura atau kalimantan, buatnya di jakarta, kirim lagi. gmn ga pada ODOL itu mah.
- regulasi impornya dibenerin. ya ud tau china berani jor-joran bakar duit di negara orang, malah makin dikasi karpet merah. yang kebunuh ya produk asli lokal. mo dipress kek apa itu buruh ma angkutan tetep kalah murah ma china.
cuma ya dasarnya emang di wakanda political will ga ada dari orok...
Iya Om, banyak rekanan produsen barang yang kendala di rantai pasok, sedangkan Cina udah pinter banget efisiensi rantai pasoknya, sekala produksi mereka juga luar biasa...
PRnya gimana di swasta logistik efisien tapi tetep mengutamakan keselamatan
Dengan asumsi ga ngarepin campur tangan pemerintah
Ban pada buntut atau Trailer jangan dihitung dong, Karena sistem kendali penuhnya ada pada Tractor Head (Beda jumlah ban juga pengaruh pada jml Horse Power Mesin, Kaliper Rem) Bahkan spek tertinggi biasanya juga udah ABS
Coba bandingkan lagi foto truk laka kemarin dengan gambar yang saya attach tadi, jelas tidak sesuai standar spesifikasinya.
Mana ada om tractor head pake ban 18
Di foto juga cuma 10 ban
Macam Scania atau Iveco atau mercedes juga ga ada yg buat tractor head 18 ban
Kalo bawa trailer itu musti compact biar manuver gampang
t
maksudnya dia total 18ban
6 d tractor head
12 d trailernya
idealnya klo trailer 12roda truknya pakai yg 10roda. penggunaan trailer 12roda menunjukkan tingginya kapasitas muatan tp ga imbang sama truk yg dipakai
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT