Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by daviddetailermart »

disini ada yang pake EV tp ban biasa? apakah bisa EV pake ban biasa (non ev)? kl bisa disarankan merk dan tipe apa ya?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

daviddetailermart wrote: Tue Oct 29, 2024 9:49 disini ada yang pake EV tp ban biasa? apakah bisa EV pake ban biasa (non ev)? kl bisa disarankan merk dan tipe apa ya?
Bisa tekanannya ditinggiin sesuai manual book
Tambahin 2-3 psi.
Krn beban berat dan ngurangin rolling resistance spy range lbh tinggi.

Disarankan minimal sidewall 2 ply dgn konstruksi yg kuat sidewall nya.

Merek bebas sesuai budget.
Last edited by Suryaputra on Tue Oct 29, 2024 11:10, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hendersz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

Setahu saya Excellence itu levelnya di atas Assurance.
mayonimo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Oct 23, 2024 3:38
Location: Bekasi - Semarang
Daily Vehicle: Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by mayonimo »

t105erd wrote: Fri Oct 25, 2024 4:34
mayonimo wrote: Fri Oct 25, 2024 1:29
t105erd wrote: Thu Oct 24, 2024 7:42

saya juga pakai yaris, kalo saya pakai hankook kinergy eco2 ukuran 185/65 R15, lebih murah daripada ukuran std nya, nyaman juga ban nya.
kalo profil naik gitu gasruk nggak Om?
IMG_20240726_152503_621.jpg
gamasalah pernah lewat jalan gronjalan dan gravelan aman jaya
jadi padat merayap ya :emo-big_love:
Suryaputra wrote: Fri Oct 25, 2024 5:33
Syarat ketentuannya spt ini mbah:

https://www.goodyear-indonesia.com/wfa/

klo dibaca2 sih selama masih dalam rentang 12 bulan / 20rb km aja

INFORMASI LEBIH LANJUT
Hubungi Customer Service Goodyear Indonesia di:
Care Center: 0 800 1 222 777
SMS: 08111922777
email: [email protected]
Siap thanks infonya Om :big_exellent:
mayonimo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Oct 23, 2024 3:38
Location: Bekasi - Semarang
Daily Vehicle: Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by mayonimo »

tohpati wrote: Mon Oct 28, 2024 17:40
mayonimo wrote: Fri Oct 25, 2024 1:35
suketcell wrote: Thu Oct 24, 2024 9:48 Ane pake GY ADP 2, masuk bulan ke 3, kena paku,
bawa ke toko, cek ga sampe 5menit, kirim foto ban ke GY pusat...
Nunggu 10menit, diganti ban baru...
Ga tahu kalo ada pengalaman user lain yg susah klaim...
:big_smoking:
Suryaputra wrote: Thu Oct 24, 2024 10:33
Rusak karena ngesot dan drifting (lgs kena TWI), itu gak diganti.

Rusak karena sobek, ketusuk pisau, gak bisa ditambal, itu lgs diganti.

Demikian info dr diler GY resmi temapt ane beli dulu :big_peace:
thanks infonya Om2, btw kalo yg garansi kena paku / sobek lagi udah ga bisa dituker ya? #ngarep.com :mky_01:
Saya pengguna ADP 2 om 2023 akhir. Sudah 2x kena paku yang belakang kanan dan kiri. Langsung tuker no ribet. Sama toko bilangnya nanti ban lama yang sobek dikirim balik ke GY.

Siap thanks infonya Om :big_okay:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by rakyatwkwkland »

lemonadelovers wrote: Thu Oct 24, 2024 9:14 ban micin treadwearnya kecil amat ya seri PS cm 220an, ada gak ya micin yg awet wkwkwk
Supersedan wrote: Thu Oct 24, 2024 11:08
lemonadelovers wrote: Thu Oct 24, 2024 9:14 ban micin treadwearnya kecil amat ya seri PS cm 220an, ada gak ya micin yg awet wkwkwk
XM2+
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
2in :big_exellent:

Ane make dr odometer 44k smp saat ini udh 101k km di suzuki ertiga, berarti 57 rb km ya. Masih belum nyentuh TWI. Udah gajauh sih dgn TWI. Cuman yg unik, TWI udah ga terlalu jauh tp kembangannya masih keliatan banyak. Dibandingkan dgn sebelumnya make dunlop enasave 44k km TWI masih jauh tp kembangannya udh mulai keliatan gundul.

Tp berasa sih skrg dia udh mulai berizikk... trus juga udah jadi keras. Bentar lg udh saatnya ganti lah.
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by daviddetailermart »

Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 10:07
daviddetailermart wrote: Tue Oct 29, 2024 9:49 disini ada yang pake EV tp ban biasa? apakah bisa EV pake ban biasa (non ev)? kl bisa disarankan merk dan tipe apa ya?
Bisa tekanannya ditinggiin sesuai manual book
Tambahin 2-3 psi.
Krn beban berat dan ngurangin rolling resistance spy range lbh tinggi.

Disarankan minimal sidewall 2 ply dgn konstruksi yg kuat sidewall nya.

Merek bebas sesuai budget.
untuk jumlah ply sidewallnya apakah di tiap produk dicantumkan om? atau ada saran merk ban dan tipe nya min 2 ply ? sy ada conti mc6..apakah bisa dpakai?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

daviddetailermart wrote: Thu Oct 31, 2024 3:07
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 10:07
daviddetailermart wrote: Tue Oct 29, 2024 9:49 disini ada yang pake EV tp ban biasa? apakah bisa EV pake ban biasa (non ev)? kl bisa disarankan merk dan tipe apa ya?
Bisa tekanannya ditinggiin sesuai manual book
Tambahin 2-3 psi.
Krn beban berat dan ngurangin rolling resistance spy range lbh tinggi.

Disarankan minimal sidewall 2 ply dgn konstruksi yg kuat sidewall nya.

Merek bebas sesuai budget.
untuk jumlah ply sidewallnya apakah di tiap produk dicantumkan om? atau ada saran merk ban dan tipe nya min 2 ply ? sy ada conti mc6..apakah bisa dpakai?
Conti MC6 ok itu mbah
Krn masuk kelas sport tyre dan sidewall nya emang strong kelas spt itu.

Klo lihat PDS nya juga direkomen untuk EV
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by daviddetailermart »

Suryaputra wrote: Thu Oct 31, 2024 4:02
daviddetailermart wrote: Thu Oct 31, 2024 3:07
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 10:07

Bisa tekanannya ditinggiin sesuai manual book
Tambahin 2-3 psi.
Krn beban berat dan ngurangin rolling resistance spy range lbh tinggi.

Disarankan minimal sidewall 2 ply dgn konstruksi yg kuat sidewall nya.

Merek bebas sesuai budget.
untuk jumlah ply sidewallnya apakah di tiap produk dicantumkan om? atau ada saran merk ban dan tipe nya min 2 ply ? sy ada conti mc6..apakah bisa dpakai?
Conti MC6 ok itu mbah
Krn masuk kelas sport tyre dan sidewall nya emang strong kelas spt itu.

Klo lihat PDS nya juga direkomen untuk EV
siap mbah lumayan ini ban bekas masih tebel bisa pkaia krg lebih 1-2thn lagi :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

kemarin ke toko ban iseng mau cek velg yang ada peyang dikit, alhasil ya emang peyang ringan cuma masih relatif nggak mengganggu, msh bisa dibalance juga, ya udah biarin dulu. kta orang tokonya ini repairnya susah krn posisi di bibir velg.

ya udah sekalian deh mumpung tokonya jauh... ud lama keinginan ganti ukuran ban dari 225/45/18 bikin velgnya keliatan kecil dan kurang ngotak stancenya. ganti ke 235/40/18. lihat ban dz102 yang dipake juga udah ngintip2 ke TWI (pdhl cari cari alesan aja :upss: )

opsi ada si ac*el*ra... jelas enggak. nanya opsi lain ditawarin

BFG g-force phenom t/a... 2.050 juta
Michelin PS4 .... 2.6juta :mky_07:

krn denger BFG punya review bagus dan masih 1 pabrik dgn si micin ya udah ga ada salahnya nyoba. mumpung musim hujan juga.
IMG20241031121042.jpg


impresi awal
- tampilan improve lebih meaty. selisih 10mm itu ternyata ngaruh di looks banget. profil 40 juga lebih bagus looks ke fendernya krn gak ada sisa dinding yang masuk ke fender dan nggak rawan gesrot fender. skrg emang harus research dulu kalo mau modif, salah ukuran jadi mahal biayanya :ungg:
IMG20241031131423.jpg
- feedback setir lebih berasa daripada DZ102. kalo di DZ102 lebih kopong feelnya. ya emang ada faktor dinding lebih tipis dan tapak lebih lebar tapi harusnya nggak signifikan. hasilnya rolling resistance juga agak tinggi jadi expect bbm sedikit boros.
- bantingan surprisingly lebih firm... firm mantep gimana ya, biarpun dinding 40 tapi gak sekeras yang saya kira. saya pikir sidewall turun sekitar 14.5mm bantingan akan harsh banget tapi rasanya 11-12... emang bener kalo ban mahal feel redamannya beda. kayak dulu pake proxes4 r20 di CRV gen 3 juga lebih enak dari dunlop bawaan. ya ini harganya 2x DZ102 jadi berasa improve sekali. padahal saya minta anginnya 32, di DZ102 angin 30 aja udah keras.
- untuk grip harus explore lagi krn masih break-in. tapi brakingnya meningkat tajam. ini yang kurang banget di DZ102.
IMG20241031131411.jpg
IMG20241031121052.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Nov 01, 2024 3:15 kemarin ke toko ban iseng mau cek velg yang ada peyang dikit, alhasil ya emang peyang ringan cuma masih relatif nggak mengganggu, msh bisa dibalance juga, ya udah biarin dulu. kta orang tokonya ini repairnya susah krn posisi di bibir velg.

ya udah sekalian deh mumpung tokonya jauh... ud lama keinginan ganti ukuran ban dari 225/45/18 bikin velgnya keliatan kecil dan kurang ngotak stancenya. ganti ke 235/40/18. lihat ban dz102 yang dipake juga udah ngintip2 ke TWI (pdhl cari cari alesan aja :upss: )

opsi ada si ac*el*ra... jelas enggak. nanya opsi lain ditawarin

BFG g-force phenom t/a... 2.050 juta
Michelin PS4 .... 2.6juta :mky_07:

krn denger BFG punya review bagus dan masih 1 pabrik dgn si micin ya udah ga ada salahnya nyoba. mumpung musim hujan juga.

IMG20241031121042.jpg



impresi awal
- tampilan improve lebih meaty. selisih 10mm itu ternyata ngaruh di looks banget. profil 40 juga lebih bagus looks ke fendernya krn gak ada sisa dinding yang masuk ke fender dan nggak rawan gesrot fender. skrg emang harus research dulu kalo mau modif, salah ukuran jadi mahal biayanya :ungg:

IMG20241031131423.jpg

- feedback setir lebih berasa daripada DZ102. kalo di DZ102 lebih kopong feelnya. ya emang ada faktor dinding lebih tipis dan tapak lebih lebar tapi harusnya nggak signifikan. hasilnya rolling resistance juga agak tinggi jadi expect bbm sedikit boros.
- bantingan surprisingly lebih firm... firm mantep gimana ya, biarpun dinding 40 tapi gak sekeras yang saya kira. saya pikir sidewall turun sekitar 14.5mm bantingan akan harsh banget tapi rasanya 11-12... emang bener kalo ban mahal feel redamannya beda. kayak dulu pake proxes4 r20 di CRV gen 3 juga lebih enak dari dunlop bawaan. ya ini harganya 2x DZ102 jadi berasa improve sekali. padahal saya minta anginnya 32, di DZ102 angin 30 aja udah keras.
- untuk grip harus explore lagi krn masih break-in. tapi brakingnya meningkat tajam. ini yang kurang banget di DZ102.

IMG20241031131411.jpg

IMG20241031121052.jpg
Groove width dan depth nya mantep

Asik buat πŸ’¦ πŸ’¦ :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RadithBlaze
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon May 12, 2014 4:21

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by RadithBlaze »

Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
2019 Honda PCX 150 K97 :big_smoking:
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT :big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
Just my opinion.. Pilihan ada di mbah sendiri..
Tidak ngajak dan mempengaruhi membeli.

1. Hankook & Goodyear yg best value (GY ada garansi 1 thn or 20rb km)

2 & 3. Beda merk hasilnya beda, tp melihat kualitas ventus prime 4, kelasnya di atas ecopia dan ehnasip, jd supposedly relatif lbh oke overall

4. Rule of thumb, dijaga jangan sampai di bawah 32 psi (biar ada buffer gak bablas di bawah 30 psi)

Klo muatan full, bikin 35 psi minimal.
Maximal sesuai batas kemampuan ban tertera di samping sidewall.

Jangan sampai under inflate, ntar bisa benjol or parahnya sobek samping spt kasus jinik di tol yg sempat viral.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Nov 01, 2024 3:57
Groove width dan depth nya mantep

Asik buat πŸ’¦ πŸ’¦ :big_weee:
tp maren hujan deres emang enak loh terabas2, klo DZ102 msh rada aquaplanning di genangan rada dalem. ini sikat terabas aja gak berasa :upss:

klo dry grip sebenernya gak terlalu banyak bedanya, DZ102 aja udah enak dry gripnya. mungkin klo high speed cornering baru berasa yak.

yg bikin pede tu steering gak berasa kopong jadi lbh pede ngehajar belokan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Nov 02, 2024 3:17
Suryaputra wrote: Fri Nov 01, 2024 3:57
Groove width dan depth nya mantep

Asik buat πŸ’¦ πŸ’¦ :big_weee:
tp maren hujan deres emang enak loh terabas2, klo DZ102 msh rada aquaplanning di genangan rada dalem. ini sikat terabas aja gak berasa :upss:

klo dry grip sebenernya gak terlalu banyak bedanya, DZ102 aja udah enak dry gripnya. mungkin klo high speed cornering baru berasa yak.

yg bikin pede tu steering gak berasa kopong jadi lbh pede ngehajar belokan.
Klo dah deket TWI tetap sih
Kemampuang handle genangan aqua berkurang

Ban lebih "eco" Bikin setir lbh enteng emang, krn roll resisten berkurang :upss:

Jd be carefull :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
55 ke 50 itu pasti lebih minim rolling resistance. lebih irit terutama buat stop and go. tapi efek redam bannya berkurang dgn asumsi ban type sama. kalau type beda ya bisa beda. krn enasep sendiri ngeredamnya ampas bener. itu ban beneran asal jalan dah.

klo buat muat sebenernya enak tebel, nggak perlu angin keras2. minus lainnya keliatan cungkring pak. atau sekalian ke 215/50 aja.

cm bisa komen DZ102 dan turanza t005... dua duanya cenderung keras. DZ102 kelas UHP biarpun marketingnya comfort/performance tapi nggak akan bisa se-silent dan comfort ban yang emang dari awal untuk comfort touring. turanza t005 ini comfort touring rasa UHP juga, keras, krn BS selalu mengutamakan treadwear dan ketahanan.

ventus prime harusnya better ya kalo mau nyaman. hankook setau saya relatif lebih empuk apalagi ini seri comfort touring.

alternatif
1. falken ze310r
2. dunlop lm705... tapi denger2 udah mahal.
3. GT champiro HPY (?) banyak review positifnya juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Nov 02, 2024 3:23 Klo dah deket TWI tetap sih
Kemampuang handle genangan aqua berkurang

Ban lebih "eco" Bikin setir lbh enteng emang, krn roll resisten berkurang :upss:

Jd be carefull :upss:
ntu DZ102 sbenernya dari awal pake performancenya ngga berkurang banyak cuma makin brisik dan keras aja. kbiasaan merk dunlop/falken klo ud deket TWI berasa bgt ancurnya cuma mendingan drpd seri2 lama yg ampas.

yah kmaren coba di track perumahan yang msh under development sih understeernya rada serem cuma itu pan dipush bannya.

DZ102 bukan eko mbah.

d bilang blom abis banget cari cari alesan doang biar ganti :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Nov 02, 2024 3:30
Suryaputra wrote: Sat Nov 02, 2024 3:23 Klo dah deket TWI tetap sih
Kemampuang handle genangan aqua berkurang

Ban lebih "eco" Bikin setir lbh enteng emang, krn roll resisten berkurang :upss:

Jd be carefull :upss:
ntu DZ102 sbenernya dari awal pake performancenya ngga berkurang banyak cuma makin brisik dan keras aja. kbiasaan merk dunlop/falken klo ud deket TWI berasa bgt ancurnya cuma mendingan drpd seri2 lama yg ampas.

yah kmaren coba di track perumahan yang msh under development sih understeernya rada serem cuma itu pan dipush bannya.

DZ102 bukan eko mbah.

d bilang blom abis banget cari cari alesan doang biar ganti :big_weee:
Ya i mean lbh ekonomis compare ke sister nya micin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RadithBlaze
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon May 12, 2014 4:21

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by RadithBlaze »

Suryaputra wrote: Sat Nov 02, 2024 2:37
RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
Just my opinion.. Pilihan ada di mbah sendiri..
Tidak ngajak dan mempengaruhi membeli.

1. Hankook & Goodyear yg best value (GY ada garansi 1 thn or 20rb km)

2 & 3. Beda merk hasilnya beda, tp melihat kualitas ventus prime 4, kelasnya di atas ecopia dan ehnasip, jd supposedly relatif lbh oke overall

4. Rule of thumb, dijaga jangan sampai di bawah 32 psi (biar ada buffer gak bablas di bawah 30 psi)

Klo muatan full, bikin 35 psi minimal.
Maximal sesuai batas kemampuan ban tertera di samping sidewall.

Jangan sampai under inflate, ntar bisa benjol or parahnya sobek samping spt kasus jinik di tol yg sempat viral.
Trima kasih atas responnya om

Saat ini lagi pake tekanan 33psi, full nitrogen di spbu kerang, blm coba tes di tol, jadi blm tau bantingan/kenyamanan nya bagaimana, tp baca2 komen disini ban Enasip yaa gt deh yak πŸ˜…πŸ˜…

Intinya jaga diatas 32 psi depan ataupun belakang, kalo full muatan 35 (depan or belakang om?)

Soalnya saya iseng cek pake tire pressure calculator, ditulis nya tekanan 26 psi πŸ˜…

Trakhir, sepertinya saya condong ke 205/50 R17, dikarenakan agak sulit mencari 205/55 R17, opsi lain 215/50 R17, cuma takut mentok ke chassis (bisa diakalin pake spacer tp jajan lg πŸ˜…)

Sofar opsi ban:
1. GoodYear (blm tau tipe yang mana, ada saran?)
2. Turanza T005A
3. LM705 (cuma katanya ban asimetric gk bisa rotasi silang, apakah benar?)
4. Ventus Prime 3/4 (mana yang lebih baik scara overall?)
5. Direzza DZ 102
6. Ada opsi lain (tapi jangan sekelas michelin ya om, terlalu mahal buat saya πŸ˜…)

Pemakaian:

daily dalkot pp 14 km, macet2an (max speed kalo hoki bisa 50-60 kpj tp jarang banget)
Mudik antara 2-3x dalam setahun
Jarang ngebut, paling saat mudik aja itupun cuma brani di 120-140 dan gak lama (sayang bensin πŸ˜…)
Minim dengung suara ban dari dalam kabin

Trima kasih
Last edited by RadithBlaze on Sat Nov 02, 2024 8:18, edited 1 time in total.
2019 Honda PCX 150 K97 :big_smoking:
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT :big_smoking:
RadithBlaze
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon May 12, 2014 4:21

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by RadithBlaze »

ChZ wrote: Sat Nov 02, 2024 3:29
RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
55 ke 50 itu pasti lebih minim rolling resistance. lebih irit terutama buat stop and go. tapi efek redam bannya berkurang dgn asumsi ban type sama. kalau type beda ya bisa beda. krn enasep sendiri ngeredamnya ampas bener. itu ban beneran asal jalan dah.

klo buat muat sebenernya enak tebel, nggak perlu angin keras2. minus lainnya keliatan cungkring pak. atau sekalian ke 215/50 aja.

cm bisa komen DZ102 dan turanza t005... dua duanya cenderung keras. DZ102 kelas UHP biarpun marketingnya comfort/performance tapi nggak akan bisa se-silent dan comfort ban yang emang dari awal untuk comfort touring. turanza t005 ini comfort touring rasa UHP juga, keras, krn BS selalu mengutamakan treadwear dan ketahanan.

ventus prime harusnya better ya kalo mau nyaman. hankook setau saya relatif lebih empuk apalagi ini seri comfort touring.

alternatif
1. falken ze310r
2. dunlop lm705... tapi denger2 udah mahal.
3. GT champiro HPY (?) banyak review positifnya juga.
Trima kasih atas sarannya om

Tadinya sempet terpikir untuk ke 215/50 R17, cuma takutnya mentok chassis (bisa diakalin pake spacer, tp jajan lagi πŸ˜…πŸ˜…)

Tp misal saya "tetep maksa" pake 205/50 R17, make ban merk apapun (dalam hal ini antara turanza, dz102, ventus Prime 3/4, LM, ataupun sekelasnya) tetep akan lebih nyaman dibanding enasave kan ya om πŸ˜…πŸ˜…

Maksudnya gak sampe ngerusak velg / ban jika amit2 lg agak high speed ngehantem lubang (ntah late braking/dll)

Thx om
2019 Honda PCX 150 K97 :big_smoking:
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:58 Trima kasih atas sarannya om

Tadinya sempet terpikir untuk ke 215/50 R17, cuma takutnya mentok chassis (bisa diakalin pake spacer, tp jajan lagi πŸ˜…πŸ˜…)

Tp misal saya "tetep maksa" pake 205/50 R17, make ban merk apapun (dalam hal ini antara turanza, dz102, ventus Prime 3/4, LM, ataupun sekelasnya) tetep akan lebih nyaman dibanding enasave kan ya om πŸ˜…πŸ˜…

Maksudnya gak sampe ngerusak velg / ban jika amit2 lg agak high speed ngehantem lubang (ntah late braking/dll)

Thx om
keknya ertiga/XL7 ini kendala di ruang rodanya kecil yah, di blakang ada tu XL7 naik ukuran juga gampang mentok.

minimal kalaupun keras, pasti redamannya lebih enak oom.

POV aja nissan kicks cewe saya brapa bulan lalu ganti ban, saya saranin buang aja itu enasep ganti falken ze310r... dy yang gak terlalu paham mobil aja berasa udah gak gabruk2 lagi itu kicks :mky_07:

50% dari 205 itu kan 102.5mm dindingnya, masih aman lah oom. dgn catatan gak kurang angin ya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:55
Suryaputra wrote: Sat Nov 02, 2024 2:37
RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
Just my opinion.. Pilihan ada di mbah sendiri..
Tidak ngajak dan mempengaruhi membeli.

1. Hankook & Goodyear yg best value (GY ada garansi 1 thn or 20rb km)

2 & 3. Beda merk hasilnya beda, tp melihat kualitas ventus prime 4, kelasnya di atas ecopia dan ehnasip, jd supposedly relatif lbh oke overall

4. Rule of thumb, dijaga jangan sampai di bawah 32 psi (biar ada buffer gak bablas di bawah 30 psi)

Klo muatan full, bikin 35 psi minimal.
Maximal sesuai batas kemampuan ban tertera di samping sidewall.

Jangan sampai under inflate, ntar bisa benjol or parahnya sobek samping spt kasus jinik di tol yg sempat viral.
Trima kasih atas responnya om

Saat ini lagi pake tekanan 33psi, full nitrogen di spbu kerang, blm coba tes di tol, jadi blm tau bantingan/kenyamanan nya bagaimana, tp baca2 komen disini ban Enasip yaa gt deh yak πŸ˜…πŸ˜…

Intinya jaga diatas 32 psi depan ataupun belakang, kalo full muatan 35 (depan or belakang om?)

Soalnya saya iseng cek pake tire pressure calculator, ditulis nya tekanan 26 psi πŸ˜…

Trakhir, sepertinya saya condong ke 205/50 R17, dikarenakan agak sulit mencari 205/55 R17, opsi lain 215/50 R17, cuma takut mentok ke chassis (bisa diakalin pake spacer tp jajan lg πŸ˜…)

Sofar opsi ban:
1. GoodYear (blm tau tipe yang mana, ada saran?)
2. Turanza T005A
3. LM705 (cuma katanya ban asimetric gk bisa rotasi silang, apakah benar?)
4. Ventus Prime 3/4 (mana yang lebih baik scara overall?)
5. Direzza DZ 102
6. Ada opsi lain (tapi jangan sekelas michelin ya om, terlalu mahal buat saya πŸ˜…)

Pemakaian:

daily dalkot pp 14 km, macet2an (max speed kalo hoki bisa 50-60 kpj tp jarang banget)
Mudik antara 2-3x dalam setahun
Jarang ngebut, paling saat mudik aja itupun cuma brani di 120-140 dan gak lama (sayang bensin πŸ˜…)
Minim dengung suara ban dari dalam kabin

Trima kasih
Iya klo full muatan tekanan harus lbh tinggi krn antisipasi sidewall flex, ketika lewat jalan gak rata, gelombang, dan terutama ketika hantam lobang.

Sidewall flex ini yg bisa bikin ban benjol, sobek dan rusak spt kasus zenix di jalan tol.

Klo soal safety, harus kompromi dalam soal kenyamanan.

Rule of thumb 35-38 psi ini tekanan minimal, dalam kondisi full muatan mobil kelas Small Medium MPV.

Klo mobilio malah belakang 38 psi
Depan 32 psi.
Kondisi full muatan.

Klo kelas mobil travel itu bisa sampai 50 psi.

Apalagi kelas boeing 737, itu desain ban dan sop nya 200 psi :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lemonadelovers »

RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:58
ChZ wrote: Sat Nov 02, 2024 3:29
RadithBlaze wrote: Fri Nov 01, 2024 17:23 Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam om2 semua

Ijin bertanya, slama ini saya silent reader

Mobil saya All New Ertiga GX 2020, baru aja ganti velg pake Xpander Ultimate R17, ban bawaan nya Dunlop Enasave 205/55 R17 dengan kode produksi (4322)

Saat ini ban masih cukup tebal kalo liat dari TWI (cuma kudu nabung buat persiapan ganti ban πŸ˜…)

Saya ada beberapa pertanyaan,
1. Rekomendasi ban dengan ukuran 205/55 R17 slain ecopia & enasave?
2. Jika saya ganti ke 205/50 R17, apakah lebih agile, lebih keras, lebih tidak lemot? Plus minus turun dari 55 ke 50
3. Rekomendasi ban 205/50 R17 (jika opsi 205/55 R17 susah dicari)
4. Tekanan angin ban rekomendasi (daily 1-2 orang dalkot, mudik 1-2 orng, row 3 full barang, di kampung 4-6 orang)

Sejauh ini opsi untuk 205/50 R17 yang saya search:
1. Bridgestone Turanza T005A
2. Dunlop Direzza DZ 102
3. Hankook Ventus Prime 4

Dari ketiga ban diatas, mana yg terbaik

Atau mungkin warga SM ada opsi lain

Sekian pertanyaan dari saya, maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak dan membuat pusing krn saya baru pertama x maen velg πŸ™

Trima Kasih warga SM
55 ke 50 itu pasti lebih minim rolling resistance. lebih irit terutama buat stop and go. tapi efek redam bannya berkurang dgn asumsi ban type sama. kalau type beda ya bisa beda. krn enasep sendiri ngeredamnya ampas bener. itu ban beneran asal jalan dah.

klo buat muat sebenernya enak tebel, nggak perlu angin keras2. minus lainnya keliatan cungkring pak. atau sekalian ke 215/50 aja.

cm bisa komen DZ102 dan turanza t005... dua duanya cenderung keras. DZ102 kelas UHP biarpun marketingnya comfort/performance tapi nggak akan bisa se-silent dan comfort ban yang emang dari awal untuk comfort touring. turanza t005 ini comfort touring rasa UHP juga, keras, krn BS selalu mengutamakan treadwear dan ketahanan.

ventus prime harusnya better ya kalo mau nyaman. hankook setau saya relatif lebih empuk apalagi ini seri comfort touring.

alternatif
1. falken ze310r
2. dunlop lm705... tapi denger2 udah mahal.
3. GT champiro HPY (?) banyak review positifnya juga.
Trima kasih atas sarannya om

Tadinya sempet terpikir untuk ke 215/50 R17, cuma takutnya mentok chassis (bisa diakalin pake spacer, tp jajan lagi πŸ˜…πŸ˜…)

Tp misal saya "tetep maksa" pake 205/50 R17, make ban merk apapun (dalam hal ini antara turanza, dz102, ventus Prime 3/4, LM, ataupun sekelasnya) tetep akan lebih nyaman dibanding enasave kan ya om πŸ˜…πŸ˜…

Maksudnya gak sampe ngerusak velg / ban jika amit2 lg agak high speed ngehantem lubang (ntah late braking/dll)

Thx om
pakai 205/60 R17 aja om
d YT ad yg pake buat veloz jauh lbh nyaman dibanding 205/50 R17
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by kunaskun »

RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:55 Trima kasih atas responnya om

Saat ini lagi pake tekanan 33psi, full nitrogen di spbu kerang, blm coba tes di tol, jadi blm tau bantingan/kenyamanan nya bagaimana, tp baca2 komen disini ban Enasip yaa gt deh yak πŸ˜…πŸ˜…

Intinya jaga diatas 32 psi depan ataupun belakang, kalo full muatan 35 (depan or belakang om?)

Soalnya saya iseng cek pake tire pressure calculator, ditulis nya tekanan 26 psi πŸ˜…
Trima kasih
rule of thumb kata safety instructor salah satu pabrik ban terkemuka di indo waktu saya ikut coachin clinic, mau ukuran roda berapapun asalkan load index sesuai spek pabrikan maka tekanan ban ikuti saja hitungan pabrik di pilar A. karena tekanan angin itu kan hasil hitungan absolute tidak berubah dengan ukuran ban dan roda.
kalau mau dikulik2 dikit bisalah ditambah sedikit tapi jangan dibawah minimum pabrikan karena tekanan berlebih lebih baik daripada kurang tekanan.
kalau berasa kurang empuk ya ganti saja ban dengan yang comfort bukan malah kurangin tekanan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Sat Nov 02, 2024 13:10
RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:55 Trima kasih atas responnya om

Saat ini lagi pake tekanan 33psi, full nitrogen di spbu kerang, blm coba tes di tol, jadi blm tau bantingan/kenyamanan nya bagaimana, tp baca2 komen disini ban Enasip yaa gt deh yak πŸ˜…πŸ˜…

Intinya jaga diatas 32 psi depan ataupun belakang, kalo full muatan 35 (depan or belakang om?)

Soalnya saya iseng cek pake tire pressure calculator, ditulis nya tekanan 26 psi πŸ˜…
Trima kasih
rule of thumb kata safety instructor salah satu pabrik ban terkemuka di indo waktu saya ikut coachin clinic, mau ukuran roda berapapun asalkan load index sesuai spek pabrikan maka tekanan ban ikuti saja hitungan pabrik di pilar A. karena tekanan angin itu kan hasil hitungan absolute tidak berubah dengan ukuran ban dan roda.
kalau mau dikulik2 dikit bisalah ditambah sedikit tapi jangan dibawah minimum pabrikan karena tekanan berlebih lebih baik daripada kurang tekanan.
kalau berasa kurang empuk ya ganti saja ban dengan yang comfort bukan malah kurangin tekanan.
Yup
Excellently saidd :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri