kunaskun wrote: Thu Oct 24, 2024 5:31
r1409 wrote: Thu Oct 24, 2024 2:32
hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
bukan hyundai yg overpriced. tapi ke merek Tiongkok yg jual rugi.
taktik jualan hp ala grup BBK diulangi dengan jualan mobil.
kalau korean vs japan, kelihatan value korean brand jauh kemana2.
tapi ya indo kan nyarinya murah dulu
Kaga ada jual rugi. Di China harga nya jauh lebih murah harga sini, masa iya dimarkup segitu gede masih rugi juga

Contoh Atto 3 top spec di China harganya 360 juta saja, belum termasuk diskon dan kondisinya gross margin BYD ada di angka 22% di Q3 2024. Masuk sini, bea masuk 0, PPNBM 0, BBN 0, PPN 11% kena 515 juta. Mark-up disini mungkin lebih dari 2x keuntungan yg mereka udah dapet di China. Bisa jadi hasil mark-up nya dipake buat dirikan pabrik disini
Ekosistem R&D supply chain mocin udh gaada tandingannya. Yg bikin murah kurang lebih itu. Lu mau bikin suatu part yg sama, dibanding org barat atau Jepang, org China mau dan bisa ngerjain lebih cepet, lebih bagus dan lebih murah.
Brand mocin bisa agresif masuk kemana2, yang orang awam ngeliat nya 'bakar duit', tapi bagi mereka investasi yg ROI nya cepet karena margin nya gurih dibanding apa yang mereka biasa rasakan. Pemain mainland terutama yg kontender atau bahkan ada yg gurem misal MG, GWM, BAIC, GAC, Changan, Xpeng, Neta dll itu lagi giat2nya ekspor justru untuk 'menyelamatkan diri' masing2 dari ganasnya perang harga di China, meski keliatannya bakar duit kalo dari perspektif org luar China.