Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by Chr1stm1 »

ChZ wrote: Fri Oct 25, 2024 3:22
Chr1stm1 wrote: Fri Oct 25, 2024 2:51
Ioxis wrote: Wed Oct 23, 2024 21:38 Mobilnya di asuransiin ?
Kalau asuransiin, pilih byd seal, pilih asuransi yg cover penggantian baterai disegala kondisi (kerusakan yang dikarenakan kecelakaan, banjir, dan penurunan fungsi baterai).
Kalau seal mendingan yang type menengah aja, biar jarak tempuh lebih panjang.
Tapi, byd ada issue ACnya kurang dingin.
penurunan fungsi battery mana di cover asuransi, asuransi exclude wear n tear...
klo penurunan fungsi baterai dicover asuransi berarti harusnya penurunan fungsi mesin kita ganti slow moving juga diganti :upss:

lumayan minta ganti transmisi segelondong aja kalo ada gejala gejala, pakenya dibejek bejek terus, gak pernah ganti oli, trus claim asuransi :big_biglaugh:
Betul, yg sifatnya habis seperti kampas rem, kopling, battery, aki mbl yah exclude...
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by Bibieight »

t105erd wrote: Fri Oct 25, 2024 2:19
Halo om izin nitip pertanyaan yah…

Saya tertarik mobil hybrid karena denger2 prius mau masuk ke Indonesia, pertanyaan saya. Seiring waktu kan baterai pasti kemampuannya berkurang yah, misal udah drop banget baterainya dan kita males beli/ganti baterai baru dan mau dicopot aja gitu apakah bisa mobil kita berjalan normal tanpa baterai? Terima kasih.
Kalo hibrid-nya toyota ndak isa oom, batere HV-nya dipake buat ngatur CVT-nya. CVT-nya hibrid itu bukan pake sabuk, tapi gir, nah variabelnya pake planetary gearset yg diatur pake motor. Jadi ada 2 motor di transmisi, motor gede buat power, motor kecil buat transmisi+regen, cuma ini isinya besi semua, sampe kiamat juga ndak bakal rusak, apalagi Toyota. Tinggal memang karena batere kecil cycling-nya jadi cepet banget, 5 taun juga dah minta pensiun.....
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by hosea »

t105erd wrote: Fri Oct 25, 2024 2:19
hosea wrote: Wed Oct 23, 2024 5:56 Salam kenal Om. Saya user altis hybrid sejak 2022.

Pro :
1. Nyaman banget. Effortless driving, no drama. Nyetir surabaya - semarang non stop ga kerasa capek sama sekali. Bantingan nyaman padahal profil ban 225/45. Kalau pakai lebih tebal bakal lebih nyaman. Driving dynamic ya ga spesial tapi better dr altis sebelum nya. Saya pernah pakai subaru impreza, ya memang jauh kalah altisnya.
2.irit nya 19 km/liter dalkot, luar kota bisa 25-26.
3. Mode normal lebih dr cukup utk take over di kota. Kalau mode sport lumayan kenceng, cukup surprise utk mobil yang katanya utk bapak bapak.
4. Perawatan simple banget. Sudah odometer 25 ribu, 5 kali servis, hanya ganti oli saja. Ga ada keluhan sama sekali.

Con :
1. Interior boring, tempat penyimpanan minim bahkan di console tengah ga ada utk taruh hp kecuali diatas wireless charging. Console box imut.
2. Ruang baris ke 2 entah kenapa terasa agak sempit meski legroom lumayan. Dibanding new civic terasa civic lebih lega.
3. Kaca film bawaan Astra sampah (llumar type menengah di bagian depan, low end di bagian lainnya).

Oh ya menurut hitungan saya, dengan asumsi baterai nya bakal rusak di tahun ke 8 (selesai masa garansi) dan harga baterai 45 juta, jika pemakaian diatas 1200 km per bulan, masih saving artinya worthed ambil hybrid nya.

Semoga membantu Om.
Halo om izin nitip pertanyaan yah…

Saya tertarik mobil hybrid karena denger2 prius mau masuk ke Indonesia, pertanyaan saya. Seiring waktu kan baterai pasti kemampuannya berkurang yah, misal udah drop banget baterainya dan kita males beli/ganti baterai baru dan mau dicopot aja gitu apakah bisa mobil kita berjalan normal tanpa baterai? Terima kasih.
Sorry Om baru baca. Ga bisa Om. Karena pararel hybrid. Yah semoga baterai masih bisa tahan sampai 8 thn. Karena zenix garansi baterai 8 thn jadi sepertinya toyota yakin bisa tahan segitu dengan kondisi tropis dan macet disini. Punya saya sih sdh 2,5 tahun masih tokcer sih.
Ioxis
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by Ioxis »

Kalau listrik saya rekom GAC AION Hyptec HT (kalau di bandung udah ada dealer) untuk diharga yang sama, denger2 sih 600 - 700 .
Harga yang sama, tapi lifetime warranty (walaupun pasti ada TnC).
System pendinginan battery AION lebih baik ketimbang BYD Seal.
BYD Seal batterynya masih blade 1.0, denger2 tahun depan udah mulai pakai battery 2.0 (BYD Ocean-M).
Sumber : https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... bocorannya
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by EdgarDrake »

Berenang100Km wrote: Wed Oct 23, 2024 1:10 SALAM SEMUANYA

Catatan:
*Saya berdomisili di Bandung kota.
*Pemakaian harian rata-rata 50-60km.
*70% Rute harian saya melewati jalan toll, sisanya bisa dibilang masih jalanan yg rata.
*Saya berminat untuk membeli salah satu dari brand di atas pada awal tahun 2025.
*Estimasi pemakaian untuk 10 tahun kedepan.
*Istri membebaskan saya mau pilih yang mana hehehe.

Terimakasih
Gw pengguna Mazda dari 2023 dan daily drive 2024 CX-30 di Bandung, jd bisa jawab pengalaman owning Mazda di Bandung (salam kenal). Krn gw make CX-30, anggaplah ini testimoni kembaran Mazda 3 Sedan.

Feel driving-nya engaging dan bikin pengen ngebut di RPM rendah (sering 50km/jam di dlm kompleks dg RPM 1200 saja). Sure, enjoyable driving, tapi boros. Penggunaan tipikal gw skrg kira 8.x - 9.x km/L, bisa dicek di thread sebelah. Ada kata cuma: Mazda itu TCM learning behavior butuh jarak agak jauh (behavior transmisi AT-nya baru sesuai keinginan gw setelah 4000 km di ODO)

Pros:
  • Mobilnya nyaman dan menyenangkan
  • Interiornya feels lux dan solid
  • Dealernya Asia Afrika di tengah kota dan posisinya strategis, ga macet
  • Kepala bengkel (kabeng) Mazda Asia Afrika itu orgnya sangat ramah dan approachable, jadi ada peace of mind utk owning mobilnya jangka panjang
  • Salesnya mau direpot2in utk anter jemput mobil kl ada issue/claim garansi. Denger2 sih ktnya BMW gitu jg, tp gw ga pernah punya mobil luxury, punya brand mainstream doang (Toyota, Nissan, Honda), jd punya evidence terkait claim tsb.
Cons:
  • Ada rattle yg blm solve udah berbulan, nunggu kabengnya pulang dulu dr dinas di Jepang. Ada workaround, tp ga beneran solve.
  • Utk city driving, 2000cc itu agak boros ya. Jgn percaya review yg bilang penggunaan dalam kota 11km/L, utk sikon Bandung di jam traffic relatif sepi (jam 8:30 pagi dan jam 7 malem) - fuel consumption gw segitu. Emang dasarnya Bandung banyak traffic light yg gbs dihindari
  • Ga ada camera 360, jd pernah nyerempet ganjelan parkir di 23 Paskal
  • Kalo mw servis hari Sabtu sebaiknya booking dr Seninnya, soalnya antrenya parah sekali kl servis Sabtu. Pasti direject kl datang on the spot hari Sabtu.
  • Cat Soul Red Crystal itu ringkih, ada mobil lain yg buka pintu dan nepok, ada boncel, padahal bodynya udah di coating... emang harus PPF kyknya
  • Kacanya MID itu gampang gores. Sumpah, Mazda non-toxic bioplastic ini material yg gampang gores, mending kl beli lgsg diproteksi. Punya gw digores oleh tukang cuci mobil, WTF
  • Pemancing perhatian, sering kali mendapati bodi mobil sudah banyak fingerprint org sentuh mobil ini
So, gw nyesel punya mobil ini? Ada 1 penyesalan: harusnya gw lgsg PPF full body dan MID jg diminta diproteksi. Saat ini gw cuma PPF piano-blacknya interior + exterior. Sisanya, life is good.

----

Terkait Toyota Altis: jujur blm pernah masuk yg generasi skrg. Tp kl "diasumsikan" interiornya agak 11/12 dg Corolla Cross, ini yg bikin gw agak meh. Coba baca review di sini utk memberikan pertimbangan., Cuma karen ini Toyota CBU Thailand, harusnya ini pilihan aman, karena:
  • Hybrid Toyota itu irit, dan banyak buktinya
  • Produksi Thailand itu jauh lebih solid drpd produksi Karawang
  • Auto 2000 Asia Afrika pengerjaannya telaten
  • Kalo butuh derek, dicover oleh Astra World (Mazda Bandung ga punya derek, if needed)
  • Masalah official body repair yg dicover Garda Oto ada di Bandung, walau posisi agak jauh di Cibiru.
Semoga membantu
Hiroshima 46V
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Pecinta Mobil Sedan Mohon Pendapatnya (Altis, Seal, Mazda3)

Post by peterming77 »

AbdulHakim wrote: Wed Oct 23, 2024 7:05
Berenang100Km wrote: Wed Oct 23, 2024 1:10 B. Perawatan - Banyak yang bilang lebih repot merawat mobil Hybrid dibandingkan mesin bensin/solar atau sekalian full listrik.
saya bisa bilang bahwa pernyataan itu tidak benar dan menyesatkan.
SETUJU. Saya pake CorCross Hybrid dari akhir 2021. Perawatan? Ganti oli aja tiap 6 bulan, dan krn 3 tahun pertama biaya jasa dan parts gratis, jadinya beneran cuma isi bensin aja. Aki sudah jalan mau 3 tahun masih aman, mungkin krn beban starter mesin bensinnya diganti sama motor listrik jadi kerja aki cuma beneran buat yg enteng2 aja.

Kalo mau cari sedan yg enak buat disetirin sendiri sepertinya paling cocok Mazda3. Kalo Altis hybrid ya 11/12 dng CorCross: boring driving.