Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya kemarin habis jalan2 ke mall kebetulan ada unit show Kona EV 2024. Krn penasaran sama kabinnya (Kona lama sempit) saya coba masuk.
SYOK.
Itu kabin kok hard plastic semua. SEMUA. Nga ada soft touch nya sama sekali: di dashboard, pintu atas tengah bawah, sandaran tangan di pintu, setir juga masih belum lapis kulit. Ini mobil harga 550jt tapi aura kabin kalo dipegang sekelas Agya yg plastik plastik kerassssss jadi ingat juga dng Zenix G hybrid yg plastik kerasssssss semua isi kabinnya.
Kebetulan yg kmrn dipameran trim Prime, diatas Style dibawah Signature. Menurut sales nya kalo mau soft touch/kulit harus ambil yg Signature, beda 30jt, termasuk ada sunroof juga. Secara fit and finish menurut saya masih jauh diatas Zenix, tapi tetap aja, harga 550jt dan ini yg kita dapat hanya krn badge EV?
Saya sendiri juga waktu itu sempat test drive yang varian prime, memang saya juga setuju untuk di harga segitu sepertinya tidak worth it.
Kebetulan saya memakai yang tipe signature LR nya, dan sangat jauh perbedaan di interiornya. Fit and finish sama saja, Om. Namun dari material dan lainnya sangat terasa bedanya bahwa ini tipe yang "paling atas". Doortrim soft touch, ambient lighting, speaker bose, dll. Namun imho saya sendiri lebih demen jok fabricnya...
Last edited by AnginKentut on Wed Oct 23, 2024 15:16, edited 1 time in total.
hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
r1409 wrote: Thu Oct 24, 2024 2:32
hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
bukan hyundai yg overpriced. tapi ke merek Tiongkok yg jual rugi.
taktik jualan hp ala grup BBK diulangi dengan jualan mobil.
kalau korean vs japan, kelihatan value korean brand jauh kemana2.
Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
setuju om, alhamdulillah juga punya saya sudah jalan 3000km belum ada rattle sama sekali
Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
Design interior nga ada masalah, masih banyak tombol2 tactile saya suka2 aja tampil modern, meski jaman skrg model dual layar udah bukan barang yg wow soalnya BMW, Audi, Mercy, Hyundai, KIA, belum lagi merk2 Cina sudah model begini rata2 dashboard nya.
Yg jadi problem itu bahan2 yg dipake: panel pintu dari atas sampe bawah semua plastik keras, termasuk armrest nya, pertama saya pikir cuma baris ke 2 yg begitu, ternyata pindah depan sama aja. Setir juga masih karet plastik bukan dibungkus kulit (sintetis). Ini barang 550jt, Prime long range, tapi plastiknya itu loh. Kalo yg difoto ini pasti Signature soalnya setir udah dibungkus.
Hyundai itu jago bikin Exterior tapi rada dodol bikin interior. Dari segmen bawah sampe atas termasuk ioniq5 desain interiornya kurang appealing, klo kata isteri saya serasa di pabrik lihat pipa-pipa. Padahal klo soal exterior, mereka bisa bikin desain yang keren dan berkarakter, nggak terkesan jiplak kayak Mocin. Sayang banget
Lalu alokasi klasifikasi fitur antar trim, menurut saya Hyundai kalah pinter dari Mocin soal alokasi fitur. Lihat BYD Seal Performance & Premium, lalu Omoda E5 dan varian Pure. Pembedaan fiturnya sesuai tipikal konsumen, jadi semua varian/trim pasti ada pembelinya yang komposisinya cenderung imbang. Sedangkan klo liat cara Hyundai alokasi fitur kesannya kejar omzet, karena secara tidak langsung konsumen diarahkan untuk beli trim paling mahal. Cara ini berpotensi membuat ada salah satu trim yang nggak laku alias zonk (dead stock).
Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.
Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.
Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.
Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....
Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan
Jose wrote: Thu Oct 24, 2024 7:09
Hyundai itu jago bikin Exterior tapi rada dodol bikin interior. Dari segmen bawah sampe atas termasuk ioniq5 desain interiornya kurang appealing, klo kata isteri saya serasa di pabrik lihat pipa-pipa. Padahal klo soal exterior, mereka bisa bikin desain yang keren dan berkarakter, nggak terkesan jiplak kayak Mocin. Sayang banget
Lalu alokasi klasifikasi fitur antar trim, menurut saya Hyundai kalah pinter dari Mocin soal alokasi fitur. Lihat BYD Seal Performance & Premium, lalu Omoda E5 dan varian Pure. Pembedaan fiturnya sesuai tipikal konsumen, jadi semua varian/trim pasti ada pembelinya yang komposisinya cenderung imbang. Sedangkan klo liat cara Hyundai alokasi fitur kesannya kejar omzet, karena secara tidak langsung konsumen diarahkan untuk beli trim paling mahal. Cara ini berpotensi membuat ada salah satu trim yang nggak laku alias zonk (dead stock).
Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
Bibieight wrote: Thu Oct 24, 2024 8:47
Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.
Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.
Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.
Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....
Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan
Itungan nya mantep nih si om
Moga2 byd jadi jualan hybrid yg bisa jalan 1000km skali fulltank
peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 9:43
Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
Wkwkwk emang dpt diskon brapa om pas pameran kmaren ?
Artinya konsumen digiring SPK ke yg type signature tertinggi
Coba aja akhir tahun/awal 2025, paling melempem salesnya trus golok diskon meluncur lg.. baru sikat dah tuh type signature seharga prime
peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 6:54
Design interior nga ada masalah, masih banyak tombol2 tactile saya suka2 aja tampil modern, meski jaman skrg model dual layar udah bukan barang yg wow soalnya BMW, Audi, Mercy, Hyundai, KIA, belum lagi merk2 Cina sudah model begini rata2 dashboard nya.
Yg jadi problem itu bahan2 yg dipake: panel pintu dari atas sampe bawah semua plastik keras, termasuk armrest nya, pertama saya pikir cuma baris ke 2 yg begitu, ternyata pindah depan sama aja. Setir juga masih karet plastik bukan dibungkus kulit (sintetis). Ini barang 550jt, Prime long range, tapi plastiknya itu loh. Kalo yg difoto ini pasti Signature soalnya setir udah dibungkus.
Bibieight wrote: Thu Oct 24, 2024 8:47
Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.
Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.
Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.
Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....
Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model
vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model
maaf kl salah ya om
Bener itu malah, LFP itu 3.2V, kalo NMC 3.6V. Nah kalo voltase kan tegangan, kalo tegangan gede dengan kebutuhan watt yg sama amper butuh kecil. Yg. NMC 100% di 4.2V cutoff 0% di 3.0V, LFP 100% di 3.6V cutoff di 2.5V. Jadi sama2 arsitektur 400V kalo dah dibawah 20% yg. LFP dah lemes, yg. NMC masih kenceng di 10%. Ibarat kata, kalo dah kerasa ngempos karena tinggal 2.8V throttle terpaksa digedein, amper makan banyak, lebih boros....
Mlipir dikit, urusan cycling ini ini yg. bikin batere motor listrik umur batere-nya pendek. Pingin awet dipasang LFP jarak ndak sampe, mau nambah jarak terpaksa pake NMC, tapi tetep kurang, jadi yg. ada 100 ke 5 berkali2, 3 taun dah soak. Beban hidup NMC dicycling 80 ke 20 tu jauh lebih kecil daripada 100 ke 0. Jadi kayaknya kalo mau pake motor EV mending yg. batere-nya bisa sewa, kayak Polytron, kl batere beli dan mau dipake commuting > 50km sekali cas ya = wakaf pabrik batere
vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model
maaf kl salah ya om
Nambahin, maaf kalo salah pengetahuan ttg perbateraian blm sampe ke level om bibie.
Kodratnya LFP itu lebih kecil energy densitynya jd secara teoritis dengan volume baterai yg sama dia ga bs nyimpen energi sebesar NMC. Jd kalo dimasukin ke mbl yg ada brp trim pasti LFP ditaro di trim bawah karena otomatis jarak tempuhnya jg jd paling rendah.
Plusnya karena energy densitynya rendah secara teoritis fire risknya jg rendah, kemudian cycle baterenya jauh lebih lama dibanding NMC, bs up to 2000-5000 cycle. Jd secara kasar LFP ini golongan batere pahe yg outputnya rendah, tp tahan lama. Ibarat kata kalo mobil itu triple ellips lah yg seadanya aja performanya tp awet.
Btw balik ke kona, model interiornya biarpun hard plastik tp ane demen sih. Ditengah serbuan layar lcd segede tv di EV2 si hyungdae ini sangat proper designnya. Kalo kualitas plastiknya sendiri kayanya sih lebih bagus drpd mopang sekelas
peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 9:43
Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
Wkwkwk emang dpt diskon brapa om pas pameran kmaren ?
Artinya konsumen digiring SPK ke yg type signature tertinggi
Coba aja akhir tahun/awal 2025, paling melempem salesnya trus golok diskon meluncur lg.. baru sikat dah tuh type signature seharga prime
Inget2 video bennix yg kmaren ane share
Saya nga terlalu ngecek harga OTR berapa, tapi yg pasti nett 550jt Premium long range OTR Surabaya. Bonus hard plastics ...
Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.
Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.
Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.
Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.
Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.
Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.
Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.
Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%
Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Schweppes wrote: Sun Oct 27, 2024 14:40
Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.
Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.
Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.
Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.
Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.
Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.
Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.
Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%
Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Prinsip kerja chargingnya sama spt Lithium batt pada umumnya emang.
Makin cepat charging = makin pendek lifespan batrenya.
dan usahakan charge di rentang 20 - 80%
paling bagus untuk jangka panjang emang charge di rumah AC 7-8 kWh yah, dgn sistem cutoff ketika dah capai 80% max capacity
Cooling system, coolant, freon untuk batre.. wajib selalu dicek.
harus kondisi prima terus.
krn kunci batre Lithium awet (apapun devicenya), kudu monitor di rentang suhu (min 5 - max 40 C)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model
maaf kl salah ya om
Bener itu malah, LFP itu 3.2V, kalo NMC 3.6V. Nah kalo voltase kan tegangan, kalo tegangan gede dengan kebutuhan watt yg sama amper butuh kecil. Yg. NMC 100% di 4.2V cutoff 0% di 3.0V, LFP 100% di 3.6V cutoff di 2.5V. Jadi sama2 arsitektur 400V kalo dah dibawah 20% yg. LFP dah lemes, yg. NMC masih kenceng di 10%. Ibarat kata, kalo dah kerasa ngempos karena tinggal 2.8V throttle terpaksa digedein, amper makan banyak, lebih boros....
Mlipir dikit, urusan cycling ini ini yg. bikin batere motor listrik umur batere-nya pendek. Pingin awet dipasang LFP jarak ndak sampe, mau nambah jarak terpaksa pake NMC, tapi tetep kurang, jadi yg. ada 100 ke 5 berkali2, 3 taun dah soak. Beban hidup NMC dicycling 80 ke 20 tu jauh lebih kecil daripada 100 ke 0. Jadi kayaknya kalo mau pake motor EV mending yg. batere-nya bisa sewa, kayak Polytron, kl batere beli dan mau dipake commuting > 50km sekali cas ya = wakaf pabrik batere
Sedikit koreksi om, kalau LFP 50 KVA / kW = NMC 50 KVA / kw, tapi ukuran baterai NMC akan lebih kecil dibandingkan dengan LFP.
Schweppes wrote: Sun Oct 27, 2024 14:40
Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.
Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.
Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.
Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.
Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.
Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.
Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.
Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%
Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Prinsip kerja chargingnya sama spt Lithium batt pada umumnya emang.
Makin cepat charging = makin pendek lifespan batrenya.
dan usahakan charge di rentang 20 - 80%
paling bagus untuk jangka panjang emang charge di rumah AC 7-8 kWh yah, dgn sistem cutoff ketika dah capai 80% max capacity
Cooling system, coolant, freon untuk batre.. wajib selalu dicek.
harus kondisi prima terus.
krn kunci batre Lithium awet (apapun devicenya), kudu monitor di rentang suhu (min 5 - max 40 C)
iya om, karena di rumah belum ada wall charging, jadi ngecharge di kantor menggunakan 7 Kwh. Terus di set di 80%