Kona EV 2024 - overpriced?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Kona EV 2024 - overpriced?

Post by peterming77 »

Saya kemarin habis jalan2 ke mall kebetulan ada unit show Kona EV 2024. Krn penasaran sama kabinnya (Kona lama sempit) saya coba masuk.

SYOK.

Itu kabin kok hard plastic semua. SEMUA. Nga ada soft touch nya sama sekali: di dashboard, pintu atas tengah bawah, sandaran tangan di pintu, setir juga masih belum lapis kulit. Ini mobil harga 550jt tapi aura kabin kalo dipegang sekelas Agya yg plastik plastik kerassssss :big_think: jadi ingat juga dng Zenix G hybrid yg plastik kerasssssss semua isi kabinnya.

Kebetulan yg kmrn dipameran trim Prime, diatas Style dibawah Signature. Menurut sales nya kalo mau soft touch/kulit harus ambil yg Signature, beda 30jt, termasuk ada sunroof juga. Secara fit and finish menurut saya masih jauh diatas Zenix, tapi tetap aja, harga 550jt dan ini yg kita dapat hanya krn badge EV? :big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by timbermaniac123 »

Haha.. iya pertama kali masuk liat di giias. Ini mobil 500an tapi feelnya kaya mobil 300an. Mending beli ioniq 5 bekas.
AnginKentut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jun 03, 2021 6:39
Daily Vehicle: Mazda 2 2017

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by AnginKentut »

Saya sendiri juga waktu itu sempat test drive yang varian prime, memang saya juga setuju untuk di harga segitu sepertinya tidak worth it. :big_peace:

Kebetulan saya memakai yang tipe signature LR nya, dan sangat jauh perbedaan di interiornya. Fit and finish sama saja, Om. Namun dari material dan lainnya sangat terasa bedanya bahwa ini tipe yang "paling atas". Doortrim soft touch, ambient lighting, speaker bose, dll. Namun imho saya sendiri lebih demen jok fabricnya... :ungg: :ungg:
Last edited by AnginKentut on Wed Oct 23, 2024 15:16, edited 1 time in total.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by r1409 »

hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by faizzz »

Image

Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by kunaskun »

r1409 wrote: Thu Oct 24, 2024 2:32 hyundai EV di indo tipe apa sih yg ga overpriced? tapi ga bisa disalahkan juga, mereka kan terpaksa buka pabrik di indo.. jadinya malah cost nya lebih gede drpd import. tau sendiri lah cost bikin usaha di indo, dipalak sana-sini. apalagi pabrik baru, mobil EV yg masih teknologi baru, dan jumlah produksi yg juga sedikit.
bukan hyundai yg overpriced. tapi ke merek Tiongkok yg jual rugi.
taktik jualan hp ala grup BBK diulangi dengan jualan mobil.

kalau korean vs japan, kelihatan value korean brand jauh kemana2. :big_exellent:

tapi ya indo kan nyarinya murah dulu :mky_03:
AnginKentut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jun 03, 2021 6:39
Daily Vehicle: Mazda 2 2017

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by AnginKentut »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 4:12 Image

Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
setuju om, alhamdulillah juga punya saya sudah jalan 3000km belum ada rattle sama sekali :big_exellent:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by peterming77 »

faizzz wrote: Thu Oct 24, 2024 4:12 Image

Saya malah suka interiornya, menurut pribadi ini mobil listrik yang paling "normal" dashboardnya...
Tapi belum bisa ngasih kesan kualitas interior Ioniq 5 yang lebih refined dan tentunya space lebih lega.
Design interior nga ada masalah, masih banyak tombol2 tactile saya suka2 aja tampil modern, meski jaman skrg model dual layar udah bukan barang yg wow soalnya BMW, Audi, Mercy, Hyundai, KIA, belum lagi merk2 Cina sudah model begini rata2 dashboard nya.

Yg jadi problem itu bahan2 yg dipake: panel pintu dari atas sampe bawah semua plastik keras, termasuk armrest nya, pertama saya pikir cuma baris ke 2 yg begitu, ternyata pindah depan sama aja. Setir juga masih karet plastik bukan dibungkus kulit (sintetis). Ini barang 550jt, Prime long range, tapi plastiknya itu loh. Kalo yg difoto ini pasti Signature soalnya setir udah dibungkus.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by darrelund »

dibilang overprice jg engaak sih imo

range & baterey kompetitif di kelasnya

untuk fit finish, owe lihat sih oke kok, plastic nya solid, cuma teksturnya aja jelek

sebenernya emang mobil harga itu, scr global ya standarnya segitu

civic aja 600jt gak ada mewahnya blasss :big_biglaugh:

cuma krn china dtg dgn harga serupa dgn segambreng aksen bling", ya semua jg jadi jelek klo gitu :big_biglaugh:

malah diluar sana banyak yg praise kona electric salah satu EV value paling oke

tapi emg strategi hyundai dsiini tuh aneh imo, dari 3 trim yg paling bagus signature doank, seolah org dipaksa ambil signature

klo ooyota kan rata tuh tiap trim keliatan upgradenya
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Jose »

Hyundai itu jago bikin Exterior tapi rada dodol bikin interior. Dari segmen bawah sampe atas termasuk ioniq5 desain interiornya kurang appealing, klo kata isteri saya serasa di pabrik lihat pipa-pipa. Padahal klo soal exterior, mereka bisa bikin desain yang keren dan berkarakter, nggak terkesan jiplak kayak Mocin. Sayang banget

Lalu alokasi klasifikasi fitur antar trim, menurut saya Hyundai kalah pinter dari Mocin soal alokasi fitur. Lihat BYD Seal Performance & Premium, lalu Omoda E5 dan varian Pure. Pembedaan fiturnya sesuai tipikal konsumen, jadi semua varian/trim pasti ada pembelinya yang komposisinya cenderung imbang. Sedangkan klo liat cara Hyundai alokasi fitur kesannya kejar omzet, karena secara tidak langsung konsumen diarahkan untuk beli trim paling mahal. Cara ini berpotensi membuat ada salah satu trim yang nggak laku alias zonk (dead stock).
Increase speed = increase Risk
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Bibieight »

Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.

Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.

Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.

Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....

Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by peterming77 »

Jose wrote: Thu Oct 24, 2024 7:09 Hyundai itu jago bikin Exterior tapi rada dodol bikin interior. Dari segmen bawah sampe atas termasuk ioniq5 desain interiornya kurang appealing, klo kata isteri saya serasa di pabrik lihat pipa-pipa. Padahal klo soal exterior, mereka bisa bikin desain yang keren dan berkarakter, nggak terkesan jiplak kayak Mocin. Sayang banget

Lalu alokasi klasifikasi fitur antar trim, menurut saya Hyundai kalah pinter dari Mocin soal alokasi fitur. Lihat BYD Seal Performance & Premium, lalu Omoda E5 dan varian Pure. Pembedaan fiturnya sesuai tipikal konsumen, jadi semua varian/trim pasti ada pembelinya yang komposisinya cenderung imbang. Sedangkan klo liat cara Hyundai alokasi fitur kesannya kejar omzet, karena secara tidak langsung konsumen diarahkan untuk beli trim paling mahal. Cara ini berpotensi membuat ada salah satu trim yang nggak laku alias zonk (dead stock).
Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. :big_chicken: Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by KielConstantine »

Bibieight wrote: Thu Oct 24, 2024 8:47 Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.

Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.

Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.

Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....

Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Itungan nya mantep nih si om

Moga2 byd jadi jualan hybrid yg bisa jalan 1000km skali fulltank :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by KielConstantine »

peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 9:43 Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. :big_chicken: Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
Wkwkwk emang dpt diskon brapa om pas pameran kmaren ?

Artinya konsumen digiring SPK ke yg type signature tertinggi

Coba aja akhir tahun/awal 2025, paling melempem salesnya trus golok diskon meluncur lg.. baru sikat dah tuh type signature seharga prime :ngacir: :ngacir:

Inget2 video bennix yg kmaren ane share :big_biglaugh: :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by faizzz »

peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 6:54
Design interior nga ada masalah, masih banyak tombol2 tactile saya suka2 aja tampil modern, meski jaman skrg model dual layar udah bukan barang yg wow soalnya BMW, Audi, Mercy, Hyundai, KIA, belum lagi merk2 Cina sudah model begini rata2 dashboard nya.

Yg jadi problem itu bahan2 yg dipake: panel pintu dari atas sampe bawah semua plastik keras, termasuk armrest nya, pertama saya pikir cuma baris ke 2 yg begitu, ternyata pindah depan sama aja. Setir juga masih karet plastik bukan dibungkus kulit (sintetis). Ini barang 550jt, Prime long range, tapi plastiknya itu loh. Kalo yg difoto ini pasti Signature soalnya setir udah dibungkus.
Betul Om, yang Signature...

Memang sih hard plastic everywhere :mky_03:
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by faizzz »

AnginKentut wrote: Thu Oct 24, 2024 6:32
setuju om, alhamdulillah juga punya saya sudah jalan 3000km belum ada rattle sama sekali :big_exellent:
Ditunggu ong term reviu nya di sini Om hehehe
Ikut meramaikan khasanah per-review-an di forum SM
vic9090
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sun Jan 08, 2017 12:08
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by vic9090 »

Bibieight wrote: Thu Oct 24, 2024 8:47 Batere yang long range 66 kWh yang std. range 48.9 kWh. Buat baseline yang Prime 560 juta, per kWh 8,48 juta. Yang Style 499 juta, per kWh 10.2 juta, yang Signature 590 juta, per kWh 8.93 juta.

Bandingin ama Atto 3, yg. long range 60.48 kWh yang std. range 49.92 kWh. Yg. advanced std range 465 juta, per kWh 9.31 juta, yg superior long range 515 juta, per kWh 8.5 juta.

Ya benernya dua2nya ini dorong beli trim paling mahal ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Tapi diliat2 benernya si Youngdie ndak overpriced ya ama BYD, yang trim paling tinggi per kWh cuma selisih 430 rebu, Kona kWh lebih banyak 6 kWh.

Kalo pake rumus 20 to 80, yang Kona bisa dapet 39.6 kWh, yang Atto cuma dapet 36.3 kWh, selisih 3.3 kWh. Taruh dua2nya sama2 1:8 yg. Kona lebih jauh 26.4 km....

Yang harganya ajaib itu malah Seal, yang performance AWD cuma 719 juta udah dikasih batere 82.56 kWh, per kWh-nya cuma 8.7 juta motornya dah depan belakang. Kalo ama yang ini mah ndak ada yang bisa lawan :big_peace: :big_peace: :big_peace:
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km

beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model

maaf kl salah ya om
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Bibieight »

vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40 maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km

beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model

maaf kl salah ya om
Bener itu malah, LFP itu 3.2V, kalo NMC 3.6V. Nah kalo voltase kan tegangan, kalo tegangan gede dengan kebutuhan watt yg sama amper butuh kecil. Yg. NMC 100% di 4.2V cutoff 0% di 3.0V, LFP 100% di 3.6V cutoff di 2.5V. Jadi sama2 arsitektur 400V kalo dah dibawah 20% yg. LFP dah lemes, yg. NMC masih kenceng di 10%. Ibarat kata, kalo dah kerasa ngempos karena tinggal 2.8V throttle terpaksa digedein, amper makan banyak, lebih boros.... :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Mlipir dikit, urusan cycling ini ini yg. bikin batere motor listrik umur batere-nya pendek. Pingin awet dipasang LFP jarak ndak sampe, mau nambah jarak terpaksa pake NMC, tapi tetep kurang, jadi yg. ada 100 ke 5 berkali2, 3 taun dah soak. Beban hidup NMC dicycling 80 ke 20 tu jauh lebih kecil daripada 100 ke 0. Jadi kayaknya kalo mau pake motor EV mending yg. batere-nya bisa sewa, kayak Polytron, kl batere beli dan mau dipake commuting > 50km sekali cas ya = wakaf pabrik batere :big_weee: :big_weee: :big_weee:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by kendibocor »

vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40
maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km

beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model

maaf kl salah ya om
Nambahin, maaf kalo salah pengetahuan ttg perbateraian blm sampe ke level om bibie.

Kodratnya LFP itu lebih kecil energy densitynya jd secara teoritis dengan volume baterai yg sama dia ga bs nyimpen energi sebesar NMC. Jd kalo dimasukin ke mbl yg ada brp trim pasti LFP ditaro di trim bawah karena otomatis jarak tempuhnya jg jd paling rendah.

Plusnya karena energy densitynya rendah secara teoritis fire risknya jg rendah, kemudian cycle baterenya jauh lebih lama dibanding NMC, bs up to 2000-5000 cycle. Jd secara kasar LFP ini golongan batere pahe yg outputnya rendah, tp tahan lama. Ibarat kata kalo mobil itu triple ellips lah yg seadanya aja performanya tp awet.


Btw balik ke kona, model interiornya biarpun hard plastik tp ane demen sih. Ditengah serbuan layar lcd segede tv di EV2 si hyungdae ini sangat proper designnya. Kalo kualitas plastiknya sendiri kayanya sih lebih bagus drpd mopang sekelas
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: Thu Oct 24, 2024 10:31
peterming77 wrote: Thu Oct 24, 2024 9:43 Soal design Hyundai belakangan sudah cukup ok, meski dibanding kembarannya KIA ya masih lebih bagus KIA. EV3 vs Kona kalo saya lebih suka EV3. Kalo soal interior Kona juga secara design menurut saya ok, yg kurang hanya bahan2nya. Toyota aja di kelas harga segitu masih lebih proper ada soft touch meski design kabin nya boring sangat. Please lah minimal dikasih itu bantalan2 yg empuk2, kita bukan beli LMPV 300jt loh. :big_chicken: Jujur saya lebih ke syok nya, bahkan dibanding merk Jepang aja ini jadi kesannya polos sekali.
Wkwkwk emang dpt diskon brapa om pas pameran kmaren ?

Artinya konsumen digiring SPK ke yg type signature tertinggi

Coba aja akhir tahun/awal 2025, paling melempem salesnya trus golok diskon meluncur lg.. baru sikat dah tuh type signature seharga prime :ngacir: :ngacir:

Inget2 video bennix yg kmaren ane share :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Saya nga terlalu ngecek harga OTR berapa, tapi yg pasti nett 550jt Premium long range OTR Surabaya. Bonus hard plastics ...

Kalo mau empuk2 + sunroof tinggal tambah 30jt
User avatar
Schweppes
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Schweppes »

Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.

Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.

Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.

Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.

Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.

Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.

Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.

Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%

Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Suryaputra »

Schweppes wrote: Sun Oct 27, 2024 14:40 Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.

Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.

Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.

Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.

Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.

Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.

Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.

Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%

Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Prinsip kerja chargingnya sama spt Lithium batt pada umumnya emang.

Makin cepat charging = makin pendek lifespan batrenya.
dan usahakan charge di rentang 20 - 80%

paling bagus untuk jangka panjang emang charge di rumah AC 7-8 kWh yah, dgn sistem cutoff ketika dah capai 80% max capacity

Cooling system, coolant, freon untuk batre.. wajib selalu dicek.
harus kondisi prima terus.

krn kunci batre Lithium awet (apapun devicenya), kudu monitor di rentang suhu (min 5 - max 40 C)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ioxis
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Ioxis »

Bibieight wrote: Fri Oct 25, 2024 0:17
vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40 maaf om, kl tidak salah total kWh baterai LFP (BYD) tidak bisa dibandingkan dengan NCM (Hyundai)
sejauh yang saya baca, baterai LFP density nya kalah dengan NCM, artinya kl baterai LFP 50 kWh ketemu NCM 50 kWh, teoritis yg NCM bisa jalan lebih jauh (asumsi kl beban dianggap sama)
yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km

beberapa brand EV yang pakai 2 jenis batere (NCM & LFP) rata2 yg LFP ditaruh di low end model

maaf kl salah ya om
Bener itu malah, LFP itu 3.2V, kalo NMC 3.6V. Nah kalo voltase kan tegangan, kalo tegangan gede dengan kebutuhan watt yg sama amper butuh kecil. Yg. NMC 100% di 4.2V cutoff 0% di 3.0V, LFP 100% di 3.6V cutoff di 2.5V. Jadi sama2 arsitektur 400V kalo dah dibawah 20% yg. LFP dah lemes, yg. NMC masih kenceng di 10%. Ibarat kata, kalo dah kerasa ngempos karena tinggal 2.8V throttle terpaksa digedein, amper makan banyak, lebih boros.... :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

Mlipir dikit, urusan cycling ini ini yg. bikin batere motor listrik umur batere-nya pendek. Pingin awet dipasang LFP jarak ndak sampe, mau nambah jarak terpaksa pake NMC, tapi tetep kurang, jadi yg. ada 100 ke 5 berkali2, 3 taun dah soak. Beban hidup NMC dicycling 80 ke 20 tu jauh lebih kecil daripada 100 ke 0. Jadi kayaknya kalo mau pake motor EV mending yg. batere-nya bisa sewa, kayak Polytron, kl batere beli dan mau dipake commuting > 50km sekali cas ya = wakaf pabrik batere :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Sedikit koreksi om, kalau LFP 50 KVA / kW = NMC 50 KVA / kw, tapi ukuran baterai NMC akan lebih kecil dibandingkan dengan LFP.
User avatar
Schweppes
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by Schweppes »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 14:53
Schweppes wrote: Sun Oct 27, 2024 14:40 Kebetulan di rumah ada Kona EV Signature Long Range, per hari ini sdh masuk 2100 KM. Udah pernah dibawa ke Semarang PP.

Untuk pemakaian dalam kota rata2 ada di angka 7,7 Km/Kwh. Karena belum punya home charging, biasanya senin ngecharge di kantor pakai AC 7 Kwh, untuk dari 20% ke 80% butuh waktu sekitar 3 jam kurang lebih. Kalau pakai DC Charging 25 Kwh lebih kurang 30 menit dan kalau pakai 50 Kwh bisa lebih cepet lagi.

Pas ke Semarang, berangkat dari Plaza Senayan, posisi baterai 92% range di 380 KM kalau gak salah, kena hujan badai di sepanjang MBZ, turun jadi 87%. Pas berangkat coba ala-ala reviewer dengan Adaptive Cruise Control di 90 KPJ, sesekali manual. Sampai di Rest Area 229 A posisi baterai udah tinggal 50%. di RA 229 itu SPKLU 4 unit ya, 2 unit 50 KWH dan 2 Unit 25 KWH, isi sedikit aja, 51% lanjut lagi dengan mode sruntulan, wiper nyala, dim nyala. Gaya nyetir sruntulan sepertinya membuat baterry lebih cepat turun. Jadi masuk di sekitar KM 300 range ke tujuan di Semarang masih ada kurang lebih 120 KM dan Range Battery ada di 122 KM. Mulai kena Range Anxiety, berusaha tetap tenang, sambil masuk mode eco, dan jalan stabil di 90 KPJ.

Masuk di KM 350, peringatan low bat menyala di 20%, range tinggal sekitar 60 KM, jalan konstan sambil berdoa lancar tanpa hambatan ke Rest Area 379. Sampai di RA 379, lgs charge super fast charging 200 KWH, posisi 15% ke 85% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit aja. Abis lgs gas ke tujuan di Semarang.

Pas balik menuju Jakarta, berangkat dengan posisi battery 100% dan rangenya ada di 450KM menggunakan drive mode normal. Nyetir bisa sampai 120an, sampai di RA 260 B (Pabrik Gula) battery 50%, range di 194 KM dengan jarak tujuan masih 240 KM. Di RA 260 ada Charging Station, namun milik Astra Power, masih gratis, maksimal 1 jam. Disitu ketemu GAC AION lagi berusaha isi, karena batterynya tinggal 15%, katanya di jalan bejek terus. Akhirnya kami memilih charging di KM 208 B. Menggunakan mesin DC 50 KWH, pengisian dari 35% ke 81% lebih kurang 35 menitan. Abis itu lgs jalan ke jakarta, sampai tujuan battery masih sisa 28% dengan range 128 KM lagi.

Jadi karena baru pertama kali ngetrip pakai EV, dari arah Jakarta ke Semarang, untuk Charging Station ada di Rest Area (A) 57, 207, 229, setelah itu di 379.

Untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, Rest Area (B) lebih banyak charging stationnya, mulai dari KM 389, 360, dst. Sepertinya hampir setiap RA arah ke Jakarta ada SPKLUnya, kecuali untuk RA 260 ya, menggunakan Astra Power.

Dari baca beberapa literatur, dan juga buku manualnya, disebutkan bahwa apabila memungkinkan jangan keseringan menggunakan pengisian DC Fast Charging atau Super Fast charging, infonya bisa membuat battery lebih cepat bermasalah. Kalau dalam kota atau tidak membutuhkan jarak jauh, sebaiknya pengisian hanya sampai 80%

Demikian review konsumsi dayanya menggunakan Kona EV. Next mau coba lengkain dengan feel berkendaranya deh. Intinya sih, menggunakan EV "memaksa" kita juga untuk istirahat saat charging, jadi sepertinya tidak terlalu lelah aja sih.
Prinsip kerja chargingnya sama spt Lithium batt pada umumnya emang.

Makin cepat charging = makin pendek lifespan batrenya.
dan usahakan charge di rentang 20 - 80%

paling bagus untuk jangka panjang emang charge di rumah AC 7-8 kWh yah, dgn sistem cutoff ketika dah capai 80% max capacity

Cooling system, coolant, freon untuk batre.. wajib selalu dicek.
harus kondisi prima terus.

krn kunci batre Lithium awet (apapun devicenya), kudu monitor di rentang suhu (min 5 - max 40 C)
iya om, karena di rumah belum ada wall charging, jadi ngecharge di kantor menggunakan 7 Kwh. Terus di set di 80%
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Kona EV 2024 - overpriced?

Post by darrelund »

vic9090 wrote: Thu Oct 24, 2024 16:40 yang lebih pas, mungkin tunggu reviewer test jarah tempuh real (sampai mogok) itu bisa berapa km
klo oe lihat range EV, oe rule of thumb nya

real range 80% dari claimed range

jadi klo misal claimed 500, actual paling 400km

soalnya disini gak jelas rangenya, gak ada standar

ada yg juwalan cltc, wltp, nedc etc etc