apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ginting »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2024 4:37
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:30 ya makanya, yg beli mobil generasi kita ke atas aja yg mayoritas.

klo gen-z dibilang let say 30-40% menguasai pembelian barang,
tp hanya sekian persen (gak semuanya) beli mobil.

mereka lbh nyaman di taksol... bisa share story lg jalan ke mana, makan apa, activity hr ni apa aja... scrolling something.

makanya user tiktok dan socmed makin menjamur, ya karena emg buat gen-z di masa depan

mungkin.. klo mobilnya Full autonomous, nah ini menarik deh.
kyk di tiongkok

suka gak suka, Gen-Z itu penduduk asli digital :big_biglaugh:
ini makanya saya bilangnya liatnya cuma jakarta doang atau global indonesia... krn kalau ngomong indonesia keseluruhan ya market mobil non-toyota/honda itu masih sangat kecil jd biased banget. peradaban jakarta itu beda banget sama kabupaten atau kota kecil di jawa tengah misal.

kbanyakan ngomong gen z gen z referensinya kan gen z jakarta bukan gen z kabupaten. peradabannya ketinggalan 10 taun juga masalahnya :upss:

klo di jakarta only car ownership itu udah nggak terlalu menarik buat anak muda. early adopter EV atau chinese cars biasa jadi 2nd atau 3rd car.
klo di kota-kota lain yang beli orang tua... ya larinya tetep ke T atau H.
Betulll..
Gen Z yg dimaksud adalah Gen Z Jakarta dsk..
kalau Gen Z daerah Kabupaten lain, naek mobil pribadi, apalagi bawa Pajero Sport atau Fortuner atau Innova Reborn, itu sudah cap jaminan dapat cewe atau istri yang cantik nan bunga desa..
:mky_02: :mky_02:
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by tj4hj4di »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 7:19
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 6:11
Memang..tp hrsnya merk H & T tetap terus berimprovisasi serta belajar dr kegagalan kmrn & belajar dr produk2 china.
Sy juga awalnya merk H & T minded, tp skr setelah mencoba salah satu merk brand China, ternyata diluar dugaan dgn segala fitur & build qualitynya (material) luar biasa, tinggal skr aja brand2 china tsb memperkuat aftersalesnya sampai 10 thn kedepan
JUSTRU mereka ngejar mau kayak china jd mereka babak belur yang di lirik dari H itu cuma 2, drivetrain yang simple dan reliable dan chasis yang enak di pake........ , ngejar fitur wong honda sensing sama TSSS aja gak laku :mky_07:

lupa sama drivetrain sama chasis akhirnya mobilnya combo CVT 1.5 mulu kan bosen yang diatasnya malah pake batre meeeh :big_bored:

kalo T mah gak peduli BQ sama fitur kalo gak itu bundera ud kagak di jual om sekarang harganya 2 milyard tapi isinya gak jauh beda sama rangga :mky_07:

liat aja 20 besar isinya kebanyakan mobil itu2x aja yang bapuk minim fitur...... :mky_07:
Teknisinya hrs belajar ke china dahulu aja biar bs bikin wkwkwkwk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 15:03
karena mereka gak jago tuning mesin bbm, makannya jalan pintas maen listrik2xan :big_biglaugh:
mungkin klo buat mobil sipil siy bisa geser plan plan

cuma klo utk heavy duty, japs sama european masih no 1. dari suaranya aja ud beda mbah, klo yg truk cungkwo ngeden kyk mau copot tuh mesin (sorry no offense), yg eropaan mah adem ayem aja

mana keren lagi modelna, palagi volvo FMX

beuh

pgn punya 1 dah, kan enak tuh trucknya bisa di spec sesuai kemauan

denger" siy harganya 1-2M tuh per unit scania/volvo, klo cina gatau dah

cuma mungkin minusnya di truk eropaan, utk service reguler, harga perlendirannya mahal mampus (pada oke ori krn warranty) :big_biglaugh:

utk reg maintain, olmes doang tu polpo 20-25 liter (~200k/L), coolant 40 liter :big_biglaugh:

kayaknya truk cina menang di badaknya, dalam arti mau pke olmes / bengsin apa aja masih ditelen
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 10:10 Teknisinya hrs belajar ke china dahulu aja biar bs bikin wkwkwkwk
ngapain wong mereka cuma dungu

kayak honda itu cuma butuh satu mesin buat CRV/ACCORD 2.0 turbo detuned dari 2.0turbo kemaren versi 190-200hp dengan matic 10 speed......... :big_bored:

gak butuh belajar dari china mobil china mah gak ada bagus2xnya kalo ud ngerti mobil mah, malahan buat saya mobil std itu jelek2x makannya saya kalo beli mobil belom aapa2x ud korek2x parts2x aftermarketnya ada apa aja :big_bored:

ud biasa kok mobil2x kek china itu yang dulu2x ud ada mobil kek gitu tercanggih di kelasnya booming pada masanya sekarang cuma jadi brand mati contohnya FIESTA dengan voice comand, juke dengan drive mode LCD, CAPTIVA dengan VCDI AWDnya kalo mau tau nasib mobil2x china bakalan jadi apa tinggal liat aja tuh mobil2x itu mati satu generasi semua jangan lupa wuling almaz yang sekarang idup segan mampus juga gak mau................. :wkkk:

apalagi mobil china 5-10thn lagi juga ud ketinggalan mana gadgdetnya juga gak bsia upgrade lagi semua mati disitu...........kaya.ge8 sama pajeo saya tinggal ganti head unit bisa ikut jaman.......atau lampu2x tinggal ganti lagi pake lampu yang lebih modern mobil sekarang sama mobil china mana bsia pantek sama pabrikan lampu led rusak juga ntar 10thn lagi belom tentu ada partsnya :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Oct 23, 2024 10:36
mungkin klo buat mobil sipil siy bisa geser plan plan

cuma klo utk heavy duty, japs sama european masih no 1. dari suaranya aja ud beda mbah, klo yg truk cungkwo ngeden kyk mau copot tuh mesin (sorry no offense), yg eropaan mah adem ayem aja

mana keren lagi modelna, palagi volvo FMX

beuh

pgn punya 1 dah, kan enak tuh trucknya bisa di spec sesuai kemauan

denger" siy harganya 1-2M tuh per unit scania/volvo, klo cina gatau dah

cuma mungkin minusnya di truk eropaan, utk service reguler, harga perlendirannya mahal mampus (pada oke ori krn warranty) :big_biglaugh:

utk reg maintain, olmes doang tu polpo 20-25 liter (~200k/L), coolant 40 liter :big_biglaugh:

kayaknya truk cina menang di badaknya, dalam arti mau pke olmes / bengsin apa aja masih ditelen
susah om rata2x gak ada karakternya lagian baru ngeh juga kenapa brand cungkwo gak ada yang ikut balapan yang kelas high profile kayak F1,WRC, LEMANS ya??? setau saya cuma nio aja ikut formula e :big_think:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Tue Oct 22, 2024 16:38
rakyatwkwkland wrote: Tue Oct 22, 2024 14:32 Yg dibold, IMHO agaknya ane kurang setuju. Kenapa? Karena menurut ane marketnya masih kurang untuk ke arah sana. Beberapa hal yg menurut ane menjadi tanda2nya :

Pertama, turunnya tarif grabcar premium. Dulu grabcar premium itu tarifnya di atas gocar luxe. Sekarang turun jadi setara gocar luxe. Menurut ane ini pertanda bahwa memang marketnya belum benar2 siap untuk sebuah taksi dengan harga yang benar2 premium.

Kedua, dari hasil ngobrol2 sama seorang driver grab premium/gocar luxe, ternyata mereka pun turut ngos2an. Perbandingan harga, orderan, vs pengeluaran lumayan bikin ngos2an. Menurut beliau, untuk yg mobilnya nyewa pun banyak yg akhirnya tidak dilanjutkan sewanya. Artinya jumlah penumpang pun juga tidak seberapa. Menurut beliau yang kebanyakan naik itu emang kalangan ekspat, atau paling untuk gocar luxe di airport juga cukup ramai dan tarifnya juga memang mahal.

Ketiga, area layanan yang terbatas, menunjukkan pasarnya yang juga memang terbatas. Utk gocar luxe seluruh jakarta kebanyakan udah bisa dilayani. Sedangkan untuk grabcar premium ternyata lebih terbatas lagi cakupan luasnya. Silverbird? Dulu kalau tidak salah katanya sempat buka di surabaya ya kalo ane baca? Sekarang tutup toh.

Ane malah heran grab dan gojek indo kok bisa2nya tertarik main di segmen ini. Padahal dulu awal2 munculnya uber mereka juga udah pernah nyoba main di segmen itu, yaitu dengan layanan uber black dan terbukti layanan uber black gak bertahan lama kalo dibandingin sama uber biasa.

Mungkin yang masih ada marketnya yang untuk layanan plus seperti bluebird, gocar comfort, grabcar plus... Terbukti bluebird masih bisa survive sampai sekarang. Gocar comfort dan grabcar plus pun kayanya juga masih ada peminatnya.

Btw di atas TS ada ngebandingin brio RS vs baleno, kalo mobilnya mau dipakai sampingan buat narik taksol ane vote baleno. Soalnya ane pernah order gocar comfort dan sekali pernah dapet baleno, artinya baleno bisa ambil orderan comfort yg mana tarifnya sedikit lebih tinggi. :big_grin: Kalo brio? Boro2 comfort, yg ada malah kebuka tarif hemat :ngacir:
In the future,

Kan tritnya ngomongin 10 thn lagi. :big_biglaugh: berandai2 aja, kayak mass adoption EV juga berandai2 terus :upss:

Logika saya kalo gen z dan alpha udah ga tertarik punya mobil tapi msh pengen kenyamanan lebih, jangan2 nanti taxi silverbird bisa jadi common... BB punya ceruk buat pake innova zenix jangan2.

Dan yakin saya... Anak sekarang pasti udah taraf males punya mobil. Apalagi udah dimudahkan taksol. Kalo udah makin tua makin banyak uang pasti mau fasilitas lebih. Kalo msh kere ya pakenya gocar hemat. Skrg ya masih pada kere, wong di sensiin seniornya mulu kalo kerja, dianggep beban, dll.

Kalau jujur ngomong ane kalo gak tinggal di kampung ya males kemana mana bawa mobil kalo ketemunya macet doang, saya kalo pas ke BSD gak ada acara ke jakarta aja enak muter BSD doang. Di jakarta udahlah macet, masih waspada takut nyasar.
Gen Z itu kalo sepengamatan ane seleranya demen yg murah meriah gan. Gengsi dan kemewahan sudah bukan prioritas utama lagi. Entah ya kalo di Indo data realnya bagaimana, tapi yg ane pernah denger kalo di china menurut survei begitu adanya. Mereka cenderung lebih memilih barang murah tanpa merek tapi kualitas masih cukup bagus, daripada brand2 mewah yang harganya selangit, kalo gak salah ini untuk hal fashion.

Gen Z yg ane kenal cukup banyak yg ane tau dr keluarga yg ekonominya cukup menengah ke atas tp gak ada kata gengsi buat naik transportasi umum seperti transjakarta dan KRL.

Gen Z yg ane liat juga bakal lebih spending kalo ada diskon, harga murah, dan sejenisnya. Hobi thrifting, belanja online pas ada kupon diskon, gratis ongkir, dll. Naik taksol atau ojol perhatiin tarif dan kupon diskon, kadang dibanding2in sama kompetitor. dll dll...

Setidaknya itu yg ane liat di sekitar ane utk sekarang ini ya.

Mungkin pengecualian untuk gadget, henpon, terutama cap buah2an yg kroak
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by the-mantal »

Gen Z tu lahir thn berapa yak?

Soal perbedaan jaman sih dah pasti akan berganti jamannya, brand hrs ngikutin jaman aja..

Contoh : dlu di indo itu paling laku pc rakitan krn asumsinya ya itu bs rakit2 sana sini, lbh murah jg krn bs pake windows bajakan, dst2. Skrg harga pc rakitan praktis sama dengan pc yg udah jadi dr brand2 ternama, malah mainstream marketnya bergeser ke laptop, sedangkan pc udah hampir jd niche market aja buat gamer, programmer dll...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

the-mantal wrote: Wed Oct 23, 2024 14:17 Gen Z tu lahir thn berapa yak?

Soal perbedaan jaman sih dah pasti akan berganti jamannya, brand hrs ngikutin jaman aja..

Contoh : dlu di indo itu paling laku pc rakitan krn asumsinya ya itu bs rakit2 sana sini, lbh murah jg krn bs pake windows bajakan, dst2. Skrg harga pc rakitan praktis sama dengan pc yg udah jadi dr brand2 ternama, malah mainstream marketnya bergeser ke laptop, sedangkan pc udah hampir jd niche market aja buat gamer, programmer dll...
Lahir di Kisaran thn 97 dst
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by vanosz »

Jenson wrote: Wed Oct 23, 2024 8:51

Ngomong2 sensing2an emang lama2 ga gitu guna di Indo, bikin kesel iya. Ane punya Ahond sensing uda brapa kali ngerem mendadak gara2 satpam mau sok2 bukain jalan, tp yang ada dikira mau ketabrak, mobil lgsg ngerem sampe berdecit. Bisa2 ditabrak dari belakang :big_dunno:
ane gak pernah mau beli mobil liat fitur bgtuan gans,

cuma gimik semua itu tmasuk sunroof,

bangkenya fitur bgtuan di oonda gak bisa di matiin paten melalui laptop,
itu juga makan waktu buat pencet di menu mobilnya awal idup,

bengong dulu di dlm mobil,


yg ane liat mesin,

krn mesin itu yang selalu bisa dirasakan nikmatnya,

trs ane keker kira kira suspensi bisa di upgrade pake apa,

walo mobilnya belum ada di rumah,

masih rencana beli gitu,

mengkhayal dulu,

namanya juga zaman halu,

ky bocil komen yutub,
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 11:57
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 10:10 Teknisinya hrs belajar ke china dahulu aja biar bs bikin wkwkwkwk
ngapain wong mereka cuma dungu

kayak honda itu cuma butuh satu mesin buat CRV/ACCORD 2.0 turbo detuned dari 2.0turbo kemaren versi 190-200hp dengan matic 10 speed......... :big_bored:

gak butuh belajar dari china mobil china mah gak ada bagus2xnya kalo ud ngerti mobil mah, malahan buat saya mobil std itu jelek2x makannya saya kalo beli mobil belom aapa2x ud korek2x parts2x aftermarketnya ada apa aja :big_bored:

ud biasa kok mobil2x kek china itu yang dulu2x ud ada mobil kek gitu tercanggih di kelasnya booming pada masanya sekarang cuma jadi brand mati contohnya FIESTA dengan voice comand, juke dengan drive mode LCD, CAPTIVA dengan VCDI AWDnya kalo mau tau nasib mobil2x china bakalan jadi apa tinggal liat aja tuh mobil2x itu mati satu generasi semua jangan lupa wuling almaz yang sekarang idup segan mampus juga gak mau................. :wkkk:

apalagi mobil china 5-10thn lagi juga ud ketinggalan mana gadgdetnya juga gak bsia upgrade lagi semua mati disitu...........kaya.ge8 sama pajeo saya tinggal ganti head unit bisa ikut jaman.......atau lampu2x tinggal ganti lagi pake lampu yang lebih modern mobil sekarang sama mobil china mana bsia pantek sama pabrikan lampu led rusak juga ntar 10thn lagi belom tentu ada partsnya :mky_03:
sama dengan jepang gak bisa kalahin bule,


yah biar gimanapun bule adalah engkong teknologi,sedari dulu hingga skarang,



klo china itu kan tukang jualan kopi sama pastel,


tapi itu juga tetap gak bagus,

walo merk asli jerman yg di produksi di china aja tetap kacrut,


cuma skrg kan laku,

gimiknya ajib,

mknya dijalan bnyk yg nyetir mobil ev china itu anak masih sekolah,

yang bapak emaknya tajir ky gangsing,

anak smu pake wuling air ev,karimun generasi 1 dibikin pintu 2,

seharga wrv,


beuhhhhhhhh,


jiwa kisminnku meronta,

btw,

nih joint kopel merk mobil agans kiel konstantin buatan xi jinping,stiker bawahnya ada made in xi jin ping,

walo dipakenya ane yakin dibikin berhala,


apalg sering dipake buat angkut batu hampir 1 ton ky truk ane yg selalu menyalahhhhh,

mknya owner bengkel merk agans kiel konstantin pakenya toyota,

yang buat angkat barang innova,avanza,calia,

br kmrn beli baru fortuner 2.7,

kaya raya dr merk mobil agans kiel konstantin,

tp pakenya toyota,

fanboinya yg penting gengsi walo isi dompet susah kebuka ngelipet trs,

mukanya manyun kluar bengkel,nambah lagi dah surat kasbon,

mobil paling canggih kencang dan stabil di dunia,


:big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Wed Oct 23, 2024 22:37
sama dengan jepang gak bisa kalahin bule,


yah biar gimanapun bule adalah engkong teknologi,sedari dulu hingga skarang,



klo china itu kan tukang jualan kopi sama pastel,


tapi itu juga tetap gak bagus,

walo merk asli jerman yg di produksi di china aja tetap kacrut,


cuma skrg kan laku,

gimiknya ajib,

mknya dijalan bnyk yg nyetir mobil ev china itu anak masih sekolah,

yang bapak emaknya tajir ky gangsing,

anak smu pake wuling air ev,karimun generasi 1 dibikin pintu 2,

seharga wrv,


beuhhhhhhhh,


jiwa kisminnku meronta,

btw,

nih joint kopel merk mobil agans kiel konstantin buatan xi jinping,stiker bawahnya ada made in xi jin ping,

walo dipakenya ane yakin dibikin berhala,


apalg sering dipake buat angkut batu hampir 1 ton ky truk ane yg selalu menyalahhhhh,

mknya owner bengkel merk agans kiel konstantin pakenya toyota,

yang buat angkat barang innova,avanza,calia,

br kmrn beli baru fortuner 2.7,

kaya raya dr merk mobil agans kiel konstantin,

tp pakenya toyota,

fanboinya yg penting gengsi walo isi dompet susah kebuka ngelipet trs,

mukanya manyun kluar bengkel,nambah lagi dah surat kasbon,

mobil paling canggih kencang dan stabil di dunia,


:big_biglaugh:
masalahnya mobil amerika bertahun2x jualan kek mobil china di di amerika sendiri gimmick banyak bq bagus harga murah tetep aja gak bisa ngalahin mobil jepang terutama di mobil2x kecilnya kalo mesin gede tetep deh V8nya amerika gak ada yang bisa ngalahin mau rewel juga :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Wed Oct 23, 2024 22:37
b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 11:57
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 10:10 Teknisinya hrs belajar ke china dahulu aja biar bs bikin wkwkwkwk
ngapain wong mereka cuma dungu

kayak honda itu cuma butuh satu mesin buat CRV/ACCORD 2.0 turbo detuned dari 2.0turbo kemaren versi 190-200hp dengan matic 10 speed......... :big_bored:

gak butuh belajar dari china mobil china mah gak ada bagus2xnya kalo ud ngerti mobil mah, malahan buat saya mobil std itu jelek2x makannya saya kalo beli mobil belom aapa2x ud korek2x parts2x aftermarketnya ada apa aja :big_bored:

ud biasa kok mobil2x kek china itu yang dulu2x ud ada mobil kek gitu tercanggih di kelasnya booming pada masanya sekarang cuma jadi brand mati contohnya FIESTA dengan voice comand, juke dengan drive mode LCD, CAPTIVA dengan VCDI AWDnya kalo mau tau nasib mobil2x china bakalan jadi apa tinggal liat aja tuh mobil2x itu mati satu generasi semua jangan lupa wuling almaz yang sekarang idup segan mampus juga gak mau................. :wkkk:

apalagi mobil china 5-10thn lagi juga ud ketinggalan mana gadgdetnya juga gak bsia upgrade lagi semua mati disitu...........kaya.ge8 sama pajeo saya tinggal ganti head unit bisa ikut jaman.......atau lampu2x tinggal ganti lagi pake lampu yang lebih modern mobil sekarang sama mobil china mana bsia pantek sama pabrikan lampu led rusak juga ntar 10thn lagi belom tentu ada partsnya :mky_03:
sama dengan jepang gak bisa kalahin bule,


yah biar gimanapun bule adalah engkong teknologi,sedari dulu hingga skarang,



klo china itu kan tukang jualan kopi sama pastel,


tapi itu juga tetap gak bagus,

walo merk asli jerman yg di produksi di china aja tetap kacrut,


cuma skrg kan laku,

gimiknya ajib,

mknya dijalan bnyk yg nyetir mobil ev china itu anak masih sekolah,

yang bapak emaknya tajir ky gangsing,

anak smu pake wuling air ev,karimun generasi 1 dibikin pintu 2,

seharga wrv,


beuhhhhhhhh,


jiwa kisminnku meronta,

btw,

nih joint kopel merk mobil agans kiel konstantin buatan xi jinping,stiker bawahnya ada made in xi jin ping,

walo dipakenya ane yakin dibikin berhala,


apalg sering dipake buat angkut batu hampir 1 ton ky truk ane yg selalu menyalahhhhh,

mknya owner bengkel merk agans kiel konstantin pakenya toyota,

yang buat angkat barang innova,avanza,calia,

br kmrn beli baru fortuner 2.7,

kaya raya dr merk mobil agans kiel konstantin,

tp pakenya toyota,

fanboinya yg penting gengsi walo isi dompet susah kebuka ngelipet trs,

mukanya manyun kluar bengkel,nambah lagi dah surat kasbon,

mobil paling canggih kencang dan stabil di dunia,


:big_biglaugh:
ane sekarang aja beli parts aftermarket lebih percaya merek thailand daripada taiwan/china............ :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 21:52
Materialnya emang murah bro, lo pesan 10rb pcs, mereka beli bahan baku untuk 50rb pcs.
Abis itu keluar, merk serupa dengan brand "china" hahaha.
Memang harus ada perwakilan disana untuk QC sebelum shipping, karena mereka mengejar quantity, jadinya QCnya kurang begitu oke.
makanya bisa kita orang klo mau barang china, safe bet dgn carinya dari trade expo mbah

klo yg random" gitu mana berani

rugi bandar :big_biglaugh:

dan bbrp org jg bilang sama sih, harus ada perwakilan klo mmg mau konsisten kualitasnya, trutama soal alat
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by timbermaniac123 »

darrelund wrote: Thu Oct 24, 2024 1:24
Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 21:52
Materialnya emang murah bro, lo pesan 10rb pcs, mereka beli bahan baku untuk 50rb pcs.
Abis itu keluar, merk serupa dengan brand "china" hahaha.
Memang harus ada perwakilan disana untuk QC sebelum shipping, karena mereka mengejar quantity, jadinya QCnya kurang begitu oke.
makanya bisa kita orang klo mau barang china, safe bet dgn carinya dari trade expo mbah

klo yg random" gitu mana berani

rugi bandar :big_biglaugh:

dan bbrp org jg bilang sama sih, harus ada perwakilan klo mmg mau konsisten kualitasnya, trutama soal alat
Bisa2 part yang dikirim ke sini berbeda. pernah denger cerita dari bos ane jaman dulu, entah bener atau ga. Misal beli sepatu, sengaja yang dikirim sebelah kiri aja, otomatis ketika nyampe mau balikin pun biaya besar, jadi kaya dipaksa pesen lagi yang sebelah kanan nya daripada boncos.

Temen saya buka office / pabrik perakitan di sana, jadi pesen part dari perusahaan china, dirakit di sana juga sama staff temen saya, lalu dikirim ke sini sendiri.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

ginting wrote: Wed Oct 23, 2024 9:06 Betulll..
Gen Z yg dimaksud adalah Gen Z Jakarta dsk..
kalau Gen Z daerah Kabupaten lain, naek mobil pribadi, apalagi bawa Pajero Sport atau Fortuner atau Innova Reborn, itu sudah cap jaminan dapat cewe atau istri yang cantik nan bunga desa..
:mky_02: :mky_02:
nah kan

to go simbol kemapanan di kabupaten itu pake fortuner pasport atau LC sekalian. klo di kota luar jakarta juga alphard masih simbol kemapanan

mau ngeruntuhin status quo gini susah.

jelek jeleknya pemberitaan kelakuan pengguna pasport dan fortuner itu menegaskan bahwa bad publicity is still publicity.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Wed Oct 23, 2024 12:14 Gen Z itu kalo sepengamatan ane seleranya demen yg murah meriah gan. Gengsi dan kemewahan sudah bukan prioritas utama lagi. Entah ya kalo di Indo data realnya bagaimana, tapi yg ane pernah denger kalo di china menurut survei begitu adanya. Mereka cenderung lebih memilih barang murah tanpa merek tapi kualitas masih cukup bagus, daripada brand2 mewah yang harganya selangit, kalo gak salah ini untuk hal fashion.

Gen Z yg ane kenal cukup banyak yg ane tau dr keluarga yg ekonominya cukup menengah ke atas tp gak ada kata gengsi buat naik transportasi umum seperti transjakarta dan KRL.

Gen Z yg ane liat juga bakal lebih spending kalo ada diskon, harga murah, dan sejenisnya. Hobi thrifting, belanja online pas ada kupon diskon, gratis ongkir, dll. Naik taksol atau ojol perhatiin tarif dan kupon diskon, kadang dibanding2in sama kompetitor. dll dll...

Setidaknya itu yg ane liat di sekitar ane utk sekarang ini ya.

Mungkin pengecualian untuk gadget, henpon, terutama cap buah2an yg kroak
nah cocok kan. gen Z jakarta udah gak makan gengsi. sementara mobil pribadi buat gen Z perkotaan itu ya kalo gak butuh2 amat, gak akan beli :upss: apalagi rame edukasi finansial kalo mobil itu beban finansial, jadi makin takut deh buat beli, wong beli bisanya nyicil. beli motuba takut gak bisa rawat.

cuma kalo skrg... kan mereka skrg usia paling berapa sih 20-25... blom mikir mau kenyamanan lebih... 10 thn lagi usia udah 35an pasti kalo ada duit juga pengen kenyamanan lebih :upss:

gak usah gitu, kita aja gitu kok. msh muda ya mau-mau aja. udah makin tua makin susah disuruh repot ini itu. klo ada yang enak napa harus gak enak.

10 thn lagi dengan rejim sekarang yang paling gitu-gitu aja, jakarta macetnya akan makin gila, udah pasti naik mobil pribadi akan jadi option yang kurang menarik. tapi ya kalo ada duit lebih ngapain pake taksol yang mobilnya calya sigra atau nanti LCGC apa yang bakal lebih murah sama macet macetan tapi duduk lama di sigra juga pegel... makanya pasar potensial buat digarap ini :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ilhami »

Nanti juga Honda dan Toyota akan membuat mobil listrik.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

ilhami wrote: Thu Oct 24, 2024 5:30 Nanti juga Honda dan Toyota akan membuat mobil listrik.
emang tinggal di goa cluster mana om??? :upss:

ud lama mereka bikin tapi gatot :mky_07:

malah bentar lagi rebadge BYD :ngacir:

kemaren saya liat corolla hybrid meleduk di china katanya si batrenya batre BYD :mky_07:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ilhami »

BYD juga mampu menyederhanakan suku cadang di dalam mobil-mobil listrik mereka. Contohnya adalah E-Axle yang mengintegrasikan total delapan komponen seperti motor, inverter, serta reducer.

https://www.mobil123.com/berita/jepang- ... 500/139500
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

ilhami wrote: Thu Oct 24, 2024 6:55 BYD juga mampu menyederhanakan suku cadang di dalam mobil-mobil listrik mereka. Contohnya adalah E-Axle yang mengintegrasikan total delapan komponen seperti motor, inverter, serta reducer.

https://www.mobil123.com/berita/jepang- ... 500/139500
semua di integrasi ke 1 unit, batere cell di las mati

mantep tuh, klo 1 komponen terminal damage & gabisa di repair ganti segelondong, mau kluar duit brp tuh

klo masi mau pikir" repairability, bisa pilih hyundai :big_biglaugh:

makanya warranty EV banyak T&C nya
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by thestoneroses »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 14:47
the-mantal wrote: Wed Oct 23, 2024 14:17 Gen Z tu lahir thn berapa yak?

Soal perbedaan jaman sih dah pasti akan berganti jamannya, brand hrs ngikutin jaman aja..

Contoh : dlu di indo itu paling laku pc rakitan krn asumsinya ya itu bs rakit2 sana sini, lbh murah jg krn bs pake windows bajakan, dst2. Skrg harga pc rakitan praktis sama dengan pc yg udah jadi dr brand2 ternama, malah mainstream marketnya bergeser ke laptop, sedangkan pc udah hampir jd niche market aja buat gamer, programmer dll...
Lahir di Kisaran thn 97 dst
Gen z ini bikin rebewesnya masih sama kayak kita kah?
Ron Asheton Forever
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

thestoneroses wrote: Thu Oct 24, 2024 10:31
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 14:47
the-mantal wrote: Wed Oct 23, 2024 14:17 Gen Z tu lahir thn berapa yak?

Soal perbedaan jaman sih dah pasti akan berganti jamannya, brand hrs ngikutin jaman aja..

Contoh : dlu di indo itu paling laku pc rakitan krn asumsinya ya itu bs rakit2 sana sini, lbh murah jg krn bs pake windows bajakan, dst2. Skrg harga pc rakitan praktis sama dengan pc yg udah jadi dr brand2 ternama, malah mainstream marketnya bergeser ke laptop, sedangkan pc udah hampir jd niche market aja buat gamer, programmer dll...
Lahir di Kisaran thn 97 dst
Gen z ini bikin rebewesnya masih sama kayak kita kah?
dunno deh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Thu Oct 24, 2024 7:04
semua di integrasi ke 1 unit, batere cell di las mati

mantep tuh, klo 1 komponen terminal damage & gabisa di repair ganti segelondong, mau kluar duit brp tuh

klo masi mau pikir" repairability, bisa pilih hyundai :big_biglaugh:

makanya warranty EV banyak T&C nya
KAN mau di bikin kayak hp las mati semua sampe batre ud gampang bisa copot2x sekarang juga di tanem semua, nanti jgn kaget rodanya juga di las ke chasis :wkkk:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by silentIm2 »

Baterai sih emang dijelek2in di forum tercinta ini.. padahal lepas dari isu lingkungan EV, ada manfaat bagi negara dan ekonomi kita: mengurangi impor minyak. Saat ini kebutuhan minyak kita itu 1,4 juta barel per hari. Dari itu yang bisa diproduksi di Indonesia cuma 700 ribu barel per hari. Sekitar 56 ribu barel per hari diekspor, mungkin karena tidak dapat diserap / diproses kilang nasional. Sehingga ada sekitar 756 ribu barel per hari diimpor biar cumi darat kalian bisa ngebul. Jadi kalo 10 - 20% saja bisa dikurangi karena warganya pindah ke EV, itu dah lumayan devisa yang dihemat. Data BPS terakhir 2022 impor minyak bumi sekitar 40,416,000,000 USD. Kalo 10%nya saja bisa dikurangi itu sudah 62,6 triliun IDR bisa bihemat.

biarin aja setrumnya dari batu bara, yang penting batu baranya dari Kalimantan, bukan dari Arab.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by dany_pos »

b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 14:52
dany_pos wrote: Tue Oct 22, 2024 13:34 Dulu toyota ngandalin reliability yg didapat dari konstruksi mesin, transmisi n kaki2 yg sederhana. Mobilnya ga perlu enak2 atau nyaman banget, yang penting tangguh n perawatan murah. Tapi di jaman sekarang kan orang mulai paham kenyaman, fitur2, apalagi faktor lingkungan kayak emisi, konsumai bahan bakar mau ga mau maksa mereka menerapkan teknologi yg lebih canggih, misal layar lcd dimana2, sensor2 banyak, transmisi cvt, batre hybrid, dll, pastinya udah ga se-robust dulu donk, bisa jadi ya nantinya merek2 lain jg rasanya ga lemon2 amat.....apalagi merek2 lain bisa kasih harga lebih murah dgn fitur yg sama n mgkn keawetannya jg mirip2 sekarang
emang sekarang gak sama??? liat aja dominasi 20 besar mobil bapuk semua tss honda sensing itu cuma jadi sampah kok gak laku....

paling pinter lagi mitsu mobil bapuk di pasangin fitur2x modern makannya laku tuh ..... :big_bored:
Kan ngomongin 10 tahun ke depan. Ini avanza/veloz aja udah mulai banyak keluhan deh terutama kaki2 yg ga setangguh dulu. Calya, rush, fortuner sih masih barang teknologi lama, jadi ya masih gitu2 aja. Zenix jg itungannya masih cukup baru, brand mobil2 lain yg ga terlalu reliable umur segitu jg maaih baik2 aja biasanya kondisinya.