ChZ wrote: Tue Oct 22, 2024 8:19
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 22, 2024 8:14
Setuju poin 3.
Banyak orkay2 di PIK2 aja yg ngandelin gocar or grab premium...drpd harus nyetir cape2...ane saksi mata tiap weekend ....
Jadi memang arah flexingnya berubah dr mobil ke lomba2an beli ruko atau apartemen yg padahal belum tentu dihuni...
saya justru liatnya di masa depan layanan premium taxi service di kota besar bakal menjamur... krn pada ga bisa afford mobil, jalanan juga macet sesak, generasi di bawah kita gak bakal mikir nyicil mobil. mending buat nongki atau jalan ke LN sekalian.
kalaupun berani nyicil biasa maaf orang perantau dari daerah yang di kampungnya mobil masih jadi status sosial. ini ngomongin di masa depan ya...
peradaban jakarta tuh sebenernya beda jauh sekali dengan di kampung2...
kmrn sempet ngobrol sama seles H tegak ... saya iseng tanya pasaran apa pada sepi, dia bilang kaga... malah dy jual brio sebulan bisa 10 unit.
Yg dibold, IMHO agaknya ane kurang setuju. Kenapa? Karena menurut ane marketnya masih kurang untuk ke arah sana. Beberapa hal yg menurut ane menjadi tanda2nya :
Pertama, turunnya tarif grabcar premium. Dulu grabcar premium itu tarifnya di atas gocar luxe. Sekarang turun jadi setara gocar luxe. Menurut ane ini pertanda bahwa memang marketnya belum benar2 siap untuk sebuah taksi dengan harga yang benar2 premium.
Kedua, dari hasil ngobrol2 sama seorang driver grab premium/gocar luxe, ternyata mereka pun turut ngos2an. Perbandingan harga, orderan, vs pengeluaran lumayan bikin ngos2an. Menurut beliau, untuk yg mobilnya nyewa pun banyak yg akhirnya tidak dilanjutkan sewanya. Artinya jumlah penumpang pun juga tidak seberapa. Menurut beliau yang kebanyakan naik itu emang kalangan ekspat, atau paling untuk gocar luxe di airport juga cukup ramai dan tarifnya juga memang mahal.
Ketiga, area layanan yang terbatas, menunjukkan pasarnya yang juga memang terbatas. Utk gocar luxe seluruh jakarta kebanyakan udah bisa dilayani. Sedangkan untuk grabcar premium ternyata lebih terbatas lagi cakupan luasnya. Silverbird? Dulu kalau tidak salah katanya sempat buka di surabaya ya kalo ane baca? Sekarang tutup toh.
Ane malah heran grab dan gojek indo kok bisa2nya tertarik main di segmen ini. Padahal dulu awal2 munculnya uber mereka juga udah pernah nyoba main di segmen itu, yaitu dengan layanan uber black dan terbukti layanan uber black gak bertahan lama kalo dibandingin sama uber biasa.
Mungkin yang masih ada marketnya yang untuk layanan plus seperti bluebird, gocar comfort, grabcar plus... Terbukti bluebird masih bisa survive sampai sekarang. Gocar comfort dan grabcar plus pun kayanya juga masih ada peminatnya.
Btw di atas TS ada ngebandingin brio RS vs baleno, kalo mobilnya mau dipakai sampingan buat narik taksol ane vote baleno. Soalnya ane pernah order gocar comfort dan sekali pernah dapet baleno, artinya baleno bisa ambil orderan comfort yg mana tarifnya sedikit lebih tinggi.

Kalo brio? Boro2 comfort, yg ada malah kebuka tarif hemat
