Suryaputra wrote: Thu Oct 10, 2024 4:21
iya bnyk variabel why nya
cm krn populasi CVT paling banyak di indonesia adalah Honda, ya jd stereotype.
padahal memang scr mekanikal, CVT (bersabuk baja) adalah transmisi buat eco driving
kunaskun wrote: Thu Oct 10, 2024 6:12
per case saja, tapi seperti biasa kan orang indo seneng banget liat orang susah, jadi dibikin bombastis.
kaya the notorious Nissan Jatco saja, temen saya pake Serena C27 udah 250 ribu km 7 tahun, harian kebanyakan naik toll pp rumah - kantor, perawatan beres, dan tentu saja ganti CVTF setiap 100 ribu km. apakah rusak? ngga

tapi ya logika ini bisa dibalik saja, teman saya beruntung kali
kalau bicara CVT Ahond si, dulu pake City I-DSI, cvt problem karena rawatan beres dari awal, dan di buku manual tiap 5 ribu atau 10 ribu km wajib ganti oli CVT, dan waktu itu karena masih baru CVTF Ahond belum ada di beres, jadi beres dengan kreatifnya dimasukin Dexron 3 karena memang masih comply kalau hanya untuk keperluan darurat. jadilah ngaco itu body valve dan teman2nya.

jual murah, sejak saat itu saya tobat dengan ahond
marketing paling efektif emang fear mongering marketing
sbenernya soal city/jazz itu juga aslinya tinggal kuras dan ganti body valve. malah nggak pake acara turun metik kalo ketauannya di awal. kalo ud terlanjur ya amsiong

tp hari gini juga banyak bengkel gak tau saya pernah kejadian sienta diisi ATF, untung ketauan dari billnya. yang bawa bokap waktu itu. beruntungnya, indo itu odometer mobil relatif nggak jalan (baca = macet). jadi mau 10 tahun salah ngisi juga gak ada masalah serius, lha bawanya paling juga 30 kmh. makanya tuh eksis2 aja jazz/city lama. CVT kan wear/tear nya hitung per odometer bukan tahun.
kalo saya ngukurnya simple aja , hari gini berapa biji HRV/brio/BRV/mobilio yang beredar di jalan... kalau memang se problematik itu, mobil2 ini udah nggak tau entah kemana pastinya, atau bengkel ud pasti antri pada overhaul CVT. nyatanya HRV dirawat asal-asalan juga pada jalan usia 8 tahun dari awal keluar, km gondrong-gondrong. resale value? ya masih kuat.
ya antrinya ke bengkel tetep antri..... ke bengkel kaki kaki bener antri mereka mah

tau sendiri tipikal kaki kaki H kena jalanan sini.
T31 dan livina L11 juga masih banyak di jalan... artinya nggak usah dibawa bingung takut CVT kenapa gini kenapa gitu

pokoknya kalo mau beli 2nd ya peka aja sama getaran dan suara-suara aneh, dan jangan lupa diganti rutin.