Spin diesel vs wuling confero
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Sep 25, 2024 3:10
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Ertiga
Spin diesel vs wuling confero
Lg pengen mobil 3 baris dengan budget di bawah 100juta...untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari...preferensi nya ke spin diesel atau confero...
Spin diesel
Pro: harga jauh lebih murah, bbm sangat irit, lebih fun to drive, kecepatan tinggi lebih stabil
Cons: sparepart lebih mahal, isu" gentong yg menakutkan, kondisi second rata" udah 100ribuan kilometer
Confero
Pro: lebih worry free soal sparepart n maintenance, dapat tahun tinggi
Cons: konsumsi bbm yg lumayan boros, tidak begitu fun to drive
Mohon bimbingan subes" sekalian, apakah spin diesel semenakutkan itu...terima kasih sebelumnya
Spin diesel
Pro: harga jauh lebih murah, bbm sangat irit, lebih fun to drive, kecepatan tinggi lebih stabil
Cons: sparepart lebih mahal, isu" gentong yg menakutkan, kondisi second rata" udah 100ribuan kilometer
Confero
Pro: lebih worry free soal sparepart n maintenance, dapat tahun tinggi
Cons: konsumsi bbm yg lumayan boros, tidak begitu fun to drive
Mohon bimbingan subes" sekalian, apakah spin diesel semenakutkan itu...terima kasih sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Spin diesel vs wuling confero
Vote Wuling Confero, aftersalesnya terjamin..kalo spin mah kayak anak gak ada akta lahir sekarang nasibnya di Nusantara ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Spin diesel vs wuling confero
Spin diesel butuh spek solar bagus, spare part mungkin lebih sulit karena produk discontinue
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Spin diesel vs wuling confero
kakak saya pakai spin bensin 1200 cc beli baru dari 2014 sampai skrg aman aman saja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Spin diesel vs wuling confero
Coba cari ertiga diesel jg om. Keknya drivetrain mirip sama spin diesel. Parts lebih murah lambang S mah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Spin diesel vs wuling confero
Ini mobil saking jarangnya udah kayak mobil antik nih.KielConstantine wrote: Wed Sep 25, 2024 6:03 Coba cari ertiga diesel jg om. Keknya drivetrain mirip sama spin diesel. Parts lebih murah lambang S mah
Kalo bisa dapet sih mantap.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Spin diesel vs wuling confero
Kalo ga masalah naik manual ya confero,dimana2 mobil kalo afetsales masih ada itu paling prefer daripada yg tidak ada aftersales,karena mobil tuh alat transportasi yang butuh penyegaran dan peremajaan bukan seperti emas/berlian yang cuma disimpen
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Spin diesel vs wuling confero
Harganya yg gamasuk budget TSKielConstantine wrote: Wed Sep 25, 2024 6:03 Coba cari ertiga diesel jg om. Keknya drivetrain mirip sama spin diesel. Parts lebih murah lambang S mah

Di marketplace pada buka 120 up. Ada yg buka 110 tuh satu iklan bilangnya user BU. Yg buka harga 150an juga ada tuh, udh mau ngalahin harga gen 2 bensin 1.5 keluaran awal aja.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Spin diesel vs wuling confero
andi hara.. andi hara dimanakah dikau, waktu dan tempat dipersilahkan... 

-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Spin diesel vs wuling confero
Hari ini jam 11:29 sudah membuat thread sendiri untuk membantu TS memilih.levofloxacine wrote: Wed Sep 25, 2024 9:05 andi hara.. andi hara dimanakah dikau, waktu dan tempat dipersilahkan...![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Spin diesel vs wuling confero
Sebelum beli wuling coba cari dahulu harga wuling confero tahun 2022 dan 2023 dipasaran mobil bekas brp lalu bandingkan dengan harga baru skrg brp.andreangkasa wrote: Wed Sep 25, 2024 3:18 Lg pengen mobil 3 baris dengan budget di bawah 100juta...untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari...preferensi nya ke spin diesel atau confero...
Ini saya rekap data dari OLX :
Harga baru 2024 = 160.000.000
Bekas 2019 = 92.000.000, 5 tahun rugi 68jt
Bekas 2020 = 104.000.000, 4 tahun rugi 56jt
Bekas 2021 = 111.000.000 3 tahun rugi 49jt
Bekas 2022 = 115.000.000, 2 tahun rugi 45jt
Bekas 2023 = 129.000.000, 1 tahun rugi 31 jt
Itu hanya berdasarkan data di OLX saja, belum nego diskon dlll.
Apakah merawat chev spin dlm 1 tahun / 2 tahun / 5 tahun akan habis uang sebanyak itu ? Harga jual kembali spin pasti akan turun tapi karena beli sudah bekas depresiasinya tidak akan banyak dari harga beli.
Kalau menurut bapak selisih harganya itu wajar ya silahkan go a head dengan confero baru. Atau kenapa tdk beli confero bekas aja biar depresiasinya tidak banyak
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Sep 25, 2024 3:10
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: Spin diesel vs wuling confero
Spin diesel harganya udah menggiurkan yakni di sekitar 70juta...tapi kalau mobilnya se-rewel hingga perlu 2bulan sekali masuk bengkel, jadi pertimbangan berat kalau mau ambil spin diesel.Greenhunter wrote: Wed Sep 25, 2024 12:23Sebelum beli wuling coba cari dahulu harga wuling confero tahun 2022 dan 2023 dipasaran mobil bekas brp lalu bandingkan dengan harga baru skrg brp.andreangkasa wrote: Wed Sep 25, 2024 3:18 Lg pengen mobil 3 baris dengan budget di bawah 100juta...untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari...preferensi nya ke spin diesel atau confero...
Ini saya rekap data dari OLX :
Harga baru 2024 = 160.000.000
Bekas 2019 = 92.000.000, 5 tahun rugi 68jt
Bekas 2020 = 104.000.000, 4 tahun rugi 56jt
Bekas 2021 = 111.000.000 3 tahun rugi 49jt
Bekas 2022 = 115.000.000, 2 tahun rugi 45jt
Bekas 2023 = 129.000.000, 1 tahun rugi 31 jt
Itu hanya berdasarkan data di OLX saja, belum nego diskon dlll.
Apakah merawat chev spin dlm 1 tahun / 2 tahun / 5 tahun akan habis uang sebanyak itu ? Harga jual kembali spin pasti akan turun tapi karena beli sudah bekas depresiasinya tidak akan banyak dari harga beli.
Kalau menurut bapak selisih harganya itu wajar ya silahkan go a head dengan confero baru. Atau kenapa tdk beli confero bekas aja biar depresiasinya tidak banyak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Spin diesel vs wuling confero
tergantung domisilinya. kalo domisilinya di jabodetabek, masih recomend piara keduanya. tp kalo cuma 2 itu saya pilih confero. tp kalo domisilinya diluar jabodetabek, saya ga bakal pilih keduanya. budget under 100 jt saya bakal pick avxen, rushter, kisul, kuda, panther atau innova old . aftersalesnya lebih terjamin berikut partsnya jg daripada 2 kandidat tersebutandreangkasa wrote: Wed Sep 25, 2024 3:18 Lg pengen mobil 3 baris dengan budget di bawah 100juta...untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari...preferensi nya ke spin diesel atau confero...
Spin diesel
Pro: harga jauh lebih murah, bbm sangat irit, lebih fun to drive, kecepatan tinggi lebih stabil
Cons: sparepart lebih mahal, isu" gentong yg menakutkan, kondisi second rata" udah 100ribuan kilometer
Confero
Pro: lebih worry free soal sparepart n maintenance, dapat tahun tinggi
Cons: konsumsi bbm yg lumayan boros, tidak begitu fun to drive
Mohon bimbingan subes" sekalian, apakah spin diesel semenakutkan itu...terima kasih sebelumnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Spin diesel vs wuling confero
..............
sama-sama manual only
yang satu mobil enak sih tapi dieselnya sering dapet cerita kurang durable. cari unit sehat susah. interval servisnya ajaib agak kepanjangan jadi sering ngegentong.
yang satu sering koplingnya nyeplos biarpun mobil brand new. belum spare parts masih dipertanyakan wong mobil listrik barunya aja dia gak mau pesenin parts itu.
ya satu grup sih sebenernya keduanya juga.
nggak ada pilihan lebih baik?
transmover ex BB lebih masuk kl memang mobil buat kaki.
sama-sama manual only
yang satu mobil enak sih tapi dieselnya sering dapet cerita kurang durable. cari unit sehat susah. interval servisnya ajaib agak kepanjangan jadi sering ngegentong.
yang satu sering koplingnya nyeplos biarpun mobil brand new. belum spare parts masih dipertanyakan wong mobil listrik barunya aja dia gak mau pesenin parts itu.
ya satu grup sih sebenernya keduanya juga.
nggak ada pilihan lebih baik?
transmover ex BB lebih masuk kl memang mobil buat kaki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Spin diesel vs wuling confero
gentong itu apa siy om?andreangkasa wrote: Wed Sep 25, 2024 3:18 Lg pengen mobil 3 baris dengan budget di bawah 100juta...untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari...preferensi nya ke spin diesel atau confero...
Spin diesel
Pro: harga jauh lebih murah, bbm sangat irit, lebih fun to drive, kecepatan tinggi lebih stabil
Cons: sparepart lebih mahal, isu" gentong yg menakutkan, kondisi second rata" udah 100ribuan kilometer
Confero
Pro: lebih worry free soal sparepart n maintenance, dapat tahun tinggi
Cons: konsumsi bbm yg lumayan boros, tidak begitu fun to drive
Mohon bimbingan subes" sekalian, apakah spin diesel semenakutkan itu...terima kasih sebelumnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Spin diesel vs wuling confero
Kalau mengincar mobil 3 baris yang dimensinya kompak dengan budget kurang dari 100 juta, Avanza Xenia gen awal bisa dipilih kalau tidak mempermasalahkan kenyamanan.
Kalau Kijang kapsul juga bisa jadi pilihan, namun diusahakan yang diesel karena seingat saya versi bensinnya tergolong boros. Kenyamanannya seingat saya di atas Avanza Xenia gen tersebut. Saran saya, hati-hati dengan kondisi body dan sistem perkabelan pada Kijang kapsul yang akan dibeli.
Panther juga oke sih di mata saya, tapi ekstra waspada dengan kondisi kaki-kakinya, terutama di sektor ball joint. Untuk sektor mesin pada unit yang akan dibeli pastikan tidak mengalami kebocoran pada kompresi.
Kalau Kijang kapsul juga bisa jadi pilihan, namun diusahakan yang diesel karena seingat saya versi bensinnya tergolong boros. Kenyamanannya seingat saya di atas Avanza Xenia gen tersebut. Saran saya, hati-hati dengan kondisi body dan sistem perkabelan pada Kijang kapsul yang akan dibeli.
Panther juga oke sih di mata saya, tapi ekstra waspada dengan kondisi kaki-kakinya, terutama di sektor ball joint. Untuk sektor mesin pada unit yang akan dibeli pastikan tidak mengalami kebocoran pada kompresi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Spin diesel vs wuling confero
pernah pake confero, dan skrg pake r3 diesel yg mesin sama dgn spinsel.
kalau spinsel mah bakalan lebih banyak pusingnya apalagi kalo isi biosol. kalo pake dex ga jadi ngirit. utk parts harga mahal krn cuma ada ori dan itupun agak susah carinya utk parts slow moving. kalaupun oke dgn keadaan diatas, cari unitnya yg masih layak pake lebih susah lagi. kebanyakan bekas taxol, dan tau sendiri gimana maintenance taxol apalagi kalo parts nya mahal. jadi kebanyakan unit udah sakit2an makanya harga anjlok. dan juga dulu pernah TD unit dealer koplingnya agak keras.
kalau yg iritnya setara spinsel ya cuma r3 diesel (gadies), perawatan cenderung lebih mudah krn parts bodi dan kaki 95% sama dgn yg versi bensin. cuma mesinnya aja yg sama dgn spinsel. nah kalo cari gadies saran sy ati2 kalo yg jual murah, krn masalah yg sama dgn spinsel. asal pake, perawatan apa adanya buat taxol. akhirnya mesin jebol dan parts mesinnya mahal. kalo yg unit sehat terawat pemiliknya ngerti ngerawatnya, pasaran masih kurleb di 150 kecuali BU mungkin turun dikit, apalagi ini mobil mulai banyak yg cari krn gadies ga kena pembatasan subsidi bbm.
kalau confero, kabinnya lega banget, visibilitas jg oke krn kaca lebar, harga murah dapet taun muda. masalahnya yg terbesar cuma bbm boros, apalagi ini 1500cc kalo ga boleh pake pertalite ya makin bikin bolong dompet. kalau mau hemat bisa diakalin dgn invest awal pasang CNG dual fuel, pernah liat di youtube ada yg pasang di confero. selebihnya masalah normal, parts jg banyak krn populasi banyak dan masih terus diproduksi, wuling jg ada pabrik di indo jadi utk kedepannya masih aman. keawetan parts memang tdk seawet avxen tapi jg tdk rewel2 bgt, masih tahap wajar.
tapi pertimbangan utamanya adalah "untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari" berarti sebagai kaki utama, jadi cari yg ga rewel deh. ga lucu kalo rewel sebentar2 masuk bengkel dan nginep lama, pdhl butuh buat sehari-hari.
kalau spinsel mah bakalan lebih banyak pusingnya apalagi kalo isi biosol. kalo pake dex ga jadi ngirit. utk parts harga mahal krn cuma ada ori dan itupun agak susah carinya utk parts slow moving. kalaupun oke dgn keadaan diatas, cari unitnya yg masih layak pake lebih susah lagi. kebanyakan bekas taxol, dan tau sendiri gimana maintenance taxol apalagi kalo parts nya mahal. jadi kebanyakan unit udah sakit2an makanya harga anjlok. dan juga dulu pernah TD unit dealer koplingnya agak keras.
kalau yg iritnya setara spinsel ya cuma r3 diesel (gadies), perawatan cenderung lebih mudah krn parts bodi dan kaki 95% sama dgn yg versi bensin. cuma mesinnya aja yg sama dgn spinsel. nah kalo cari gadies saran sy ati2 kalo yg jual murah, krn masalah yg sama dgn spinsel. asal pake, perawatan apa adanya buat taxol. akhirnya mesin jebol dan parts mesinnya mahal. kalo yg unit sehat terawat pemiliknya ngerti ngerawatnya, pasaran masih kurleb di 150 kecuali BU mungkin turun dikit, apalagi ini mobil mulai banyak yg cari krn gadies ga kena pembatasan subsidi bbm.
kalau confero, kabinnya lega banget, visibilitas jg oke krn kaca lebar, harga murah dapet taun muda. masalahnya yg terbesar cuma bbm boros, apalagi ini 1500cc kalo ga boleh pake pertalite ya makin bikin bolong dompet. kalau mau hemat bisa diakalin dgn invest awal pasang CNG dual fuel, pernah liat di youtube ada yg pasang di confero. selebihnya masalah normal, parts jg banyak krn populasi banyak dan masih terus diproduksi, wuling jg ada pabrik di indo jadi utk kedepannya masih aman. keawetan parts memang tdk seawet avxen tapi jg tdk rewel2 bgt, masih tahap wajar.
tapi pertimbangan utamanya adalah "untuk pemakaian sedang kira" 15-20km per hari" berarti sebagai kaki utama, jadi cari yg ga rewel deh. ga lucu kalo rewel sebentar2 masuk bengkel dan nginep lama, pdhl butuh buat sehari-hari.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Spin diesel vs wuling confero
Bener gak ada yg ok opsi nya.
setuju ama Om Chriss,
bekasan BB aja transmover.
setuju ama Om Chriss,
bekasan BB aja transmover.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:10
Re: Spin diesel vs wuling confero
3 baris under 100Jt
Avanza type S gen awal
Kemarin dapat 90jt KM54rb service record, masih enak dan lbh worry free
Avanza type S gen awal
Kemarin dapat 90jt KM54rb service record, masih enak dan lbh worry free