Grand Livina Users..! - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
Ada yang tahu harga sparepart slow movingnya?
setidaknya karena slow moving, artinya ya jarang rusak. Tapi perlu juga dipertimbangkan. Tapi saya sependapat pak Budi, bahwa saya sendiri akan lebih mempertimbangkan kearah fast moving spareparts.
Berapa banyak orang mengganti ECU? Atau mengganti komponen lain misal timing belt. Itu aja kan KM nya jelas lama sekali. Ex mobil saya saja blom ganti timing belt sudah kejual.
setidaknya karena slow moving, artinya ya jarang rusak. Tapi perlu juga dipertimbangkan. Tapi saya sependapat pak Budi, bahwa saya sendiri akan lebih mempertimbangkan kearah fast moving spareparts.
Berapa banyak orang mengganti ECU? Atau mengganti komponen lain misal timing belt. Itu aja kan KM nya jelas lama sekali. Ex mobil saya saja blom ganti timing belt sudah kejual.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Mau tahu yg mahal ?
1. spion manual 1.1 jt, kalau kacanya saja 105.000
2. saringan bensin --> tidak perlu digantu cuman maintenance, tetapi kalau misal diganti di KM 100.000 kalau gak slaah ... seharga hampir 2 jt karena gabung dengan part yg lain
3. fog lamp total dengan pemasangan lebih dari 4 jt --> tapi paling thn 2008 keluar yang dari taiwan ...
overal 7 seater harga 150 jt baru GRESS cari yang senyaman GL kayaknya sih kok belum ada
--> tidak boleh dibandingkan dengan second yah ...
1. spion manual 1.1 jt, kalau kacanya saja 105.000
2. saringan bensin --> tidak perlu digantu cuman maintenance, tetapi kalau misal diganti di KM 100.000 kalau gak slaah ... seharga hampir 2 jt karena gabung dengan part yg lain
3. fog lamp total dengan pemasangan lebih dari 4 jt --> tapi paling thn 2008 keluar yang dari taiwan ...

overal 7 seater harga 150 jt baru GRESS cari yang senyaman GL kayaknya sih kok belum ada

gunawan98 wrote:Ada yang tahu harga sparepart slow movingnya?
setidaknya karena slow moving, artinya ya jarang rusak. Tapi perlu juga dipertimbangkan. Tapi saya sependapat pak Budi, bahwa saya sendiri akan lebih mempertimbangkan kearah fast moving spareparts.
Berapa banyak orang mengganti ECU? Atau mengganti komponen lain misal timing belt. Itu aja kan KM nya jelas lama sekali. Ex mobil saya saja blom ganti timing belt sudah kejual.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
om Bud,BudiDarmawan wrote: ..............................
overal 7 seater harga 150 jt baru GRESS cari yang senyaman GL kayaknya sih kok belum ada--> tidak boleh dibandingkan dengan second yah ....................
artinya sementara ini GL adalah yang ternyaman dari 7 seater 150an jt... gitu khan maksudnya...?????
sebenarnya gak cuman di 150an doang... direntang 150 - 200 jg.... masih ternyaman neh... ????
ck...ck...ck.....!!!
kacian deh... i**o*a , **a**a, **n*a ..... gak masuk itungan.... !

padahal kuat nanjak dan gak "spin" loo...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Kalo nanjak memang pasti kalah dibanding i**o*a , **a**a, **n*a (tapi masih bisa kan nanjak ?)
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...
Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...

Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?
sidalausa wrote:om Bud,BudiDarmawan wrote: ..............................
overal 7 seater harga 150 jt baru GRESS cari yang senyaman GL kayaknya sih kok belum ada--> tidak boleh dibandingkan dengan second yah ....................
artinya sementara ini GL adalah yang ternyaman dari 7 seater 150an jt... gitu khan maksudnya...?????
sebenarnya gak cuman di 150an doang... direntang 150 - 200 jg.... masih ternyaman neh... ????
ck...ck...ck.....!!!
kacian deh... i**o*a , **a**a, **n*a ..... gak masuk itungan.... !:e-dance::e-dance:
padahal kuat nanjak dan gak "spin" loo...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
mobil apa tuh yang merk nya ada asteriisknya?BudiDarmawan wrote:Kalo nanjak memang pasti kalah dibanding i**o*a , **a**a, **n*a (tapi masih bisa kan nanjak ?)
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...
Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?
sidalausa wrote:om Bud,BudiDarmawan wrote: ..............................
overal 7 seater harga 150 jt baru GRESS cari yang senyaman GL kayaknya sih kok belum ada--> tidak boleh dibandingkan dengan second yah ....................
artinya sementara ini GL adalah yang ternyaman dari 7 seater 150an jt... gitu khan maksudnya...?????
sebenarnya gak cuman di 150an doang... direntang 150 - 200 jg.... masih ternyaman neh... ????
ck...ck...ck.....!!!
kacian deh... i**o*a , **a**a, **n*a ..... gak masuk itungan.... !:e-dance::e-dance:
padahal kuat nanjak dan gak "spin" loo...
walah pake dikasih asterisk segala...

kalo sama inova mungkin aja kalah yah kalo nanjak, masalahnya 2000 cc bro..
tapi kalo sama avanza, xenia, blom tentu lah ...

btw.. inova sekarang menjawab tantangan GL loh, dengan mengeluarkan type E double blower seharga 179 jt.
Seperti yang gw bilang, dari dulu juga gw bilang dengan fair..
Untuk best value, GL 1.5 adalah yang terbaik. Tapi kalo udah di GL 1.8. nah gw jelas akan milih yang lain dong... Fair aja..
Nah semoga ini dijawab oleh Nissan tahun depan dengan perbaikan-perbaikan dan penurunan harga...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
tapi kalo pas dipake nanjak merayap (walaupun jarang) selalu dag dig dug kan gerah juga bro?BudiDarmawan wrote:Kalo nanjak memang pasti kalah dibanding i**o*a , **a**a, **n*a (tapi masih bisa kan nanjak ?)
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...
Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?


kalo xenia 1.0 ataupun avanza 1.3 juga belom tentu menang sih lawan GL kalo lagi tanjakan merayap. Mereka cuma "untung" pake sistem RWD dan gear ratio lebih besar aja jadi gejala spin bisa diminimalkan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Betul bung Risol, karena gear ratio ...
GL spin itu karena :
1. GL bodynya ringan
2. ground clearannya tinggi yaitu 18 cm
3. penggerak rodak depan
4. gear ratio kurang
5. nyetir kurang pengalaman
ke 5 factor itu kalau digabung maka akan spin ...
Tapi kalau duit cuman 150 jt disuruh milih, saya pilih GL, makanya beli GL hehehe
Tapi itu diperuntukkan cuma pulang pergi kantor sih dan dalkot ...
Kalau Luar kota dan tanjakan saya pilih Panther ... alasan:
1. tanjakan OK (trawas gigi 2 pun bisa)
2. top speed cukup lumayan 140 KPJ, 0-100 nya cepet banget karena TORIS MAX didapat di putaran rendah 1800
3. ruang lega .. dibandingkan inova yang secara fisik luar lebih besar tapi dalamnya lebih kecil dari Panther
4. mobil diesel 2500 CC mau dijalankan 24 jam pun sih OK ...
5. solar jelek pun OK
GL spin itu karena :
1. GL bodynya ringan
2. ground clearannya tinggi yaitu 18 cm
3. penggerak rodak depan
4. gear ratio kurang
5. nyetir kurang pengalaman
ke 5 factor itu kalau digabung maka akan spin ...
Tapi kalau duit cuman 150 jt disuruh milih, saya pilih GL, makanya beli GL hehehe
Tapi itu diperuntukkan cuma pulang pergi kantor sih dan dalkot ...
Kalau Luar kota dan tanjakan saya pilih Panther ... alasan:
1. tanjakan OK (trawas gigi 2 pun bisa)
2. top speed cukup lumayan 140 KPJ, 0-100 nya cepet banget karena TORIS MAX didapat di putaran rendah 1800
3. ruang lega .. dibandingkan inova yang secara fisik luar lebih besar tapi dalamnya lebih kecil dari Panther
4. mobil diesel 2500 CC mau dijalankan 24 jam pun sih OK ...
5. solar jelek pun OK
Risol1 wrote:tapi kalo pas dipake nanjak merayap (walaupun jarang) selalu dag dig dug kan gerah juga bro?BudiDarmawan wrote:Kalo nanjak memang pasti kalah dibanding i**o*a , **a**a, **n*a (tapi masih bisa kan nanjak ?)
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...
Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?IMHO nih, mobil kategori MPV itu sih sebaiknya "enak atau seengaknya average2 aja di segala kondisi jalan"......namanya juga MPV kan (multi purpose vehicle), gak cuma speed yng dinomor satukan (apalagi sampe ke speed 150kpj yang memang bukannya kelasnya small MPV). ini hanya pendapat pribadi lhooo....
![]()
kalo xenia 1.0 ataupun avanza 1.3 juga belom tentu menang sih lawan GL kalo lagi tanjakan merayap. Mereka cuma "untung" pake sistem RWD dan gear ratio lebih besar aja jadi gejala spin bisa diminimalkan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Wah itu spin mah karena beban semua ada dibelakang sehingga mobilnya mendongak dan ban kehilangan traksi, bukan karena bodynya ringan.
Kalau mobil kijang yg RWD dinaikin orang banyak di kap depannya dan belakang dikosongin juga sama.
Tapi memang kalau untuk bawa barang dan nanjak mobil RWD lebih top daripada mobil FWD karena mendorong lebih kuat daripada menarik dan juga kan taruh beban pasti di belakang.
Tinggal dilihat aja kebutuhannya apa mau angkut barang atau orang? nah sesuaikanlah pilihan dengan kebutuhan anda sendiri, bukannya kebutuhan sales mobilnya. Kalau mau bawa 7 orang ke puncak gue masih milih kijang deh, kalo cuma 4 orang sih gue milih GL.
Kalau mobil kijang yg RWD dinaikin orang banyak di kap depannya dan belakang dikosongin juga sama.
Tapi memang kalau untuk bawa barang dan nanjak mobil RWD lebih top daripada mobil FWD karena mendorong lebih kuat daripada menarik dan juga kan taruh beban pasti di belakang.
Tinggal dilihat aja kebutuhannya apa mau angkut barang atau orang? nah sesuaikanlah pilihan dengan kebutuhan anda sendiri, bukannya kebutuhan sales mobilnya. Kalau mau bawa 7 orang ke puncak gue masih milih kijang deh, kalo cuma 4 orang sih gue milih GL.
BudiDarmawan wrote:Betul bung Risol, karena gear ratio ...
GL spin itu karena :
1. GL bodynya ringan
2. ground clearannya tinggi yaitu 18 cm
3. penggerak rodak depan
4. gear ratio kurang
5. nyetir kurang pengalaman
ke 5 factor itu kalau digabung maka akan spin ...
Tapi kalau duit cuman 150 jt disuruh milih, saya pilih GL, makanya beli GL hehehe
Tapi itu diperuntukkan cuma pulang pergi kantor sih dan dalkot ...
Kalau Luar kota dan tanjakan saya pilih Panther ... alasan:
1. tanjakan OK (trawas gigi 2 pun bisa)
2. top speed cukup lumayan 140 KPJ, 0-100 nya cepet banget karena TORIS MAX didapat di putaran rendah 1800
3. ruang lega .. dibandingkan inova yang secara fisik luar lebih besar tapi dalamnya lebih kecil dari Panther
4. mobil diesel 2500 CC mau dijalankan 24 jam pun sih OK ...
5. solar jelek pun OK
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
habis jual trus untung 5-8 juta (katanya) buat beli motor bebek bekas, kan lumayan konsumsi BBMnya bisa mencapai 1:50...uch wrote:Iya tuh. Gw heran tuh koq ada komplen terus. Harusnya khan yg komplen tinggal jual aja tuh Livina nya. Khan untung Rp 5-8 jt (katanya).![]()
Daripada ngedumel terus..??
(kompor nyala).

[Kompor ga sengaja kesiram minyak tanah]

Last edited by Hansen on Tue Nov 20, 2007 14:18, edited 1 time in total.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
sapa bilang GL gak kuat nanjak ama boros....?????gunawan98 wrote:mobil apa tuh yang merk nya ada asteriisknya?BudiDarmawan wrote:Kalo nanjak memang pasti kalah dibanding i**o*a , **a**a, **n*a (tapi masih bisa kan nanjak ?)
Kalau mau di tol bisa jalan diatas 150 dengan nyaman dan jalan di kota dengan nyaman, saya kira **a**a, **n*a, lewat ...
Dan seberapa sering sih dipakai nanjak ?
sidalausa wrote: om Bud,
artinya sementara ini GL adalah yang ternyaman dari 7 seater 150an jt... gitu khan maksudnya...?????
sebenarnya gak cuman di 150an doang... direntang 150 - 200 jg.... masih ternyaman neh... ????
ck...ck...ck.....!!!
kacian deh... i**o*a , **a**a, **n*a ..... gak masuk itungan.... !:e-dance::e-dance:
padahal kuat nanjak dan gak "spin" loo...
walah pake dikasih asterisk segala...
kalo sama inova mungkin aja kalah yah kalo nanjak, masalahnya 2000 cc bro..
tapi kalo sama avanza, xenia, blom tentu lah ...
btw.. inova sekarang menjawab tantangan GL loh, dengan mengeluarkan type E double blower seharga 179 jt.
Seperti yang gw bilang, dari dulu juga gw bilang dengan fair..
Untuk best value, GL 1.5 adalah yang terbaik. Tapi kalo udah di GL 1.8. nah gw jelas akan milih yang lain dong... Fair aja..
Nah semoga ini dijawab oleh Nissan tahun depan dengan perbaikan-perbaikan dan penurunan harga...

om2 yang tau jalan balikpapan - samarinda - bontang, pasti tau banget gimana karakter jalannya, terutama samarinda - bontang, yang sedikit banget jalan lurusnya. 50-100 mtr dah belok atau naik turun....banyak tanjakan yang ekstrim juga..
GL saya gak ada masalah tuh sama tanjakan-tanjakannya apalagi FCnya...!!
saya sharing juga neh...terutama FC nya...??? sapa GL bilang boros....???:2gunfire::2gunfire::2gunfire:
ultimate,
diisi premium saja... di pertamina pas,
di samarinda, spbu nya yang di pinggir sungai depot pertamina.
di balikpapan, spbu nya yang di karang anyar.
dari samarinda ke balikpapan (sabtu pagi), tripmeter = 120.1 km,
sampai di balikpapan, ngisi sampai full luber 8,65 ltr,
jadi FC rata2nya 120,1/8,65 = 13.88 km/ltr.
driving style: gak mau disalip dan gak mau dibelakang mobil laen.... nyalip terus cing....wuss....wuss...
tarikannya uenaaak tenan jee...

dari balikpapan ke samarinda, minggu pagi sekitar jam 2an, dijalan banyakan truk dan trailer doang.
ni juga wuss....wuss... tarik cing....

tripmeter = 132.7 km (di balikpapannya sempat muter sebentar),
di samarinda, (setelah spbunya buka) ngisi sampai full luber 10,38 ltr,
FC rata2nya 132.7/10.38 = 12,78 km/ltr.
dari samarinda ke bontang (pagi itu juga sekitar jam 8an),
agak santai... selain itu juga ngantuk om....

tripmeter = 124,5 km,
sampai di bontang, ngisi full sampai luber 7,52 ltr.
FC rata2nya 124.5 / 7.52 = 16.55 km/ltr.
sapa bilang GL boros....????????:capede::capede::capede:
sapa...?????:2gunfire::2gunfire::2gunfire:
nyatanya irit kok om...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
GL saya 1.5 XV
Pemakaian dal kot Surabaya ... 90% pemakaian jam kerja
Pagi jam 07:30-08:00 Sore jam 17:00-17:30
Tahu kan Macertnya jam berangkat dan pulang kerja ...
Sudah 2 kali isi bensin di pasti pas ataupun milik pertamina asli memakai 50:50, Pertamax plus : Premium
yang didapat sudah 2 kali hasilnya sama 1 lt=10.8 km ==>
Saya rasa untuk dalam kota dan 90% pemakain jam pulang kantor, saya kira bagus lah ...
nanti desember rencana akan ke bali ... saya kok yakin bisa 1 liter=14 km an yah
Pemakaian dal kot Surabaya ... 90% pemakaian jam kerja
Pagi jam 07:30-08:00 Sore jam 17:00-17:30
Tahu kan Macertnya jam berangkat dan pulang kerja ...
Sudah 2 kali isi bensin di pasti pas ataupun milik pertamina asli memakai 50:50, Pertamax plus : Premium
yang didapat sudah 2 kali hasilnya sama 1 lt=10.8 km ==>
Saya rasa untuk dalam kota dan 90% pemakain jam pulang kantor, saya kira bagus lah ...
nanti desember rencana akan ke bali ... saya kok yakin bisa 1 liter=14 km an yah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Kalau yang 1000 KM saya servis satu bulan masih 350 KM --> jarang kepake, BERES nya sendiri yang bilang tunggu 1000 KM,
akhirnya setelah pake 2 bulan baru 1000 KM, ke BERES ok ok saja ...
Rencana sih 300 KM ganti Olie ... BIAR AWET
dan kalao dah setahun belum 10.000 KM saya tetap rencanakan ganti OLIE
Kalau yang 6 bulan 10.000 KM sepertinya 6-8 bulan masih bisa diterima tapi better check
akhirnya setelah pake 2 bulan baru 1000 KM, ke BERES ok ok saja ...
Rencana sih 300 KM ganti Olie ... BIAR AWET
dan kalao dah setahun belum 10.000 KM saya tetap rencanakan ganti OLIE
Kalau yang 6 bulan 10.000 KM sepertinya 6-8 bulan masih bisa diterima tapi better check
dony wrote:Heee para livina , pada udh brp nich kmnya, dan udh ada yg servis 10.000 km blm ?
di buku service khan tertulis 10.000 km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dahulu.
gimana km baru 3000 km tapi udh lebih 6 bulan nich.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32