kunaskun wrote: Fri Sep 13, 2024 5:29
kalau menurut saya bukan faktor segmen, tapi faktor material yang serba "value" jadilah ga bisa solid dipake di jalan. padahal kalau lurus doang ga manuver ini mobil convincing enough, tapi bantingannya emang belum ada obatnya terutama untuk bagian belakang, ganti per Jamex jauh lebih masuk akal, roda belakang berasa mau ngikut jalan, nah yang jadi PR itu sokbreker asli yang karakternya males, dibilang mati ngga, dibilang bekerja ngga. mungkin ngejar rasa "empuk". buat manuver low speed setuju itu steering dibikin responsif, kecepatan 60 kph EPS mati masih relatif stabil.
giliran high speed di toll, karena suspensi belakang ngayun2 males malah bikin berat mobil seperti condong ke depan, jadilah rasanya ban depan floaty.
nah sokbreker belakang ini kalau googling, baca2 fb grup sana sini, belum ada solusi yang meyakinkan dan fix. apalagi karakter pemiliknya di sgemen harga segini biasanya 1st car owner dan bukan enthusiasts jadi belum ada info paten. yg paling meyakinkan sepertinya sokbreker yaris bakpao tapi harus ganti baut dudukan bawah lebih besar, menarik karena dulu kan yaris bakpao ada yang versi suspensi tuned by TRD beneran
DNGA ini keroyokan 3 negara: jepang, malaysia dan Indonesia. ketiganya karakternya beda2, curiga saya si spek material jepang jelas beda, malaysia pun sepertinya beda, apalagi Indo. belum soal setting suspensi buat raize rocky yg beda2 juga.
nah itu mbah, mungkin dengan material "value" tsb emang optimal/ maksimalnya di mobil ukuran kei & raize, klo dimelarin sampe veloz ud keburu letoy sasisnya, dilimit ama material besi
entah yaris cross itu gimana, scr velg 18 tapi ya lebi pendek jauh dibanding veloz/avanza
klo urusan sokbreker oe setuju, ni mobil emang agak" tuningannya. empuk banget juga ya engga, tapi ga kerasa bisa nahan badannya ndiri apalagi 80kmh++. empuk juga ya kebantu ama jok nya jg siy yang lumayan oke
kaki" veloz oe ud gladak gluduk padahal odo baru 1800, sempet komplen walo ama mekanik dikencengin lagi baut"nya, ttp gluduk dan berakhir dgn "emang sokbrekernya begini pak"
klo mau compare ama masda 300jtan juga (maap ga apple to apple), baru gejala gluduk" itu di odo 30-40rb, parah di odo 50-60rb.
dan setuju juga, mungkin ini ga problem karna demografinya jg bukan enthusiast. kadang jadi mikir ndiri "apa oe yg over critical?"
bebicara kaki" & sasis, ini veloz sama raize rocky gitu mounting & hard pointsnya sama plek ga siy? soalnya klo buka kap mesin, liat bulkhead depan siy emg raize, veloz cuma nambahin apron buat exterior tok. siapa tau bisa silang parts aftermarket....
tapi so far, terlepas dari minus nya. ni mobil emang bikin tenang pikiran siy, ac dingin juga
