Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sahabatq8 wrote: Wed Jul 31, 2024 8:25
Cuma sisa-sisa stock aja. Sekarang kita arahkan ke 8900 5w30, soalnya sebenernya lebih bagus, cuma dulu kan biosolar sulfurnya rada gila tuh,sekarang udah enak pake 8900 15rb km jg aman.
Setahun sekali ganti tahan kah 8900 itu om?? Saya baru mau pelihara mobil diesel nih. Rencananya mobil untuk trip keluarga tiap weekend, dgn jarak 150-200km weekly. Artinya setaun mungkin gak nyampe 10rb km. BBM diupayakan selalu D*x, minimal D*xlite. Selama mantau2 trit di sini, sepertinya standar long drain di mesin diesel itu TBN harus tinggi, yang mana spek TBN 8800>8900.
Tbn 10.1 udah cukup buat 15rb km dex, dengan assumsi mobil normal dan segitu dicapai dalam setahun.
Jadi pasti aman om kalo untuk 150-200km weekly selama 1 tahun
setau saya dulu yg bikin ngetrend ni salah satunya ada di grup FB panther wkwk...
pedagang sparepart & bengkel sih banyak terima kasih krn naikin omset
di user motor juga akhirnya banyak yg pake
itu udah di track yang bener. berikutnya naikin rasio migornya jadi 50:50, berikutnya 100% migor. kalo item2 itu cuma gosong aja kaya panci habis dibuat ngegoreng, pake sunlight juga ilang.
lama2 dijamin bukan getaran minim lagi tapi 100% no getar (soalnya mesin ga bisa idup)
setau saya dulu yg bikin ngetrend ni salah satunya ada di grup FB panther wkwk...
pedagang sparepart & bengkel sih banyak terima kasih krn naikin omset
di user motor juga akhirnya banyak yg pake
Walah panther mania yah pencetus gagasan ide pakai Bimoil sebagai aditif oli mesin dan aditif solar
Hati-hati yang mau beli panther 2nd cek dulu tuh mesin nya bau Bimoil ga
Menurut pendapat newbie, seharusnya kita dukung oli mesin dicampur dengan minyak goreng. Dengan kita mendukungnya, otomatis kita mendukung usaha UMKM pendukungnya. Coba kalian semua pikir, kalau mereka hanya menggunakan oli mesin saja, otomatis omzet bengkel dan dealer mobil menurun. Jadi tolong dukung usaha mereka dalam oli mesin x minyak goreng.
sh00t wrote: Thu Aug 01, 2024 8:26
Menurut pendapat newbie, seharusnya kita dukung oli mesin dicampur dengan minyak goreng. Dengan kita mendukungnya, otomatis kita mendukung usaha UMKM pendukungnya. Coba kalian semua pikir, kalau mereka hanya menggunakan oli mesin saja, otomatis omzet bengkel dan dealer mobil menurun. Jadi tolong dukung usaha mereka dalam oli mesin x minyak goreng.
nah setuju ini... sangat bijak, jd semua senang semua happy..
sh00t wrote: Thu Aug 01, 2024 8:26
Menurut pendapat newbie, seharusnya kita dukung oli mesin dicampur dengan minyak goreng. Dengan kita mendukungnya, otomatis kita mendukung usaha UMKM pendukungnya. Coba kalian semua pikir, kalau mereka hanya menggunakan oli mesin saja, otomatis omzet bengkel dan dealer mobil menurun. Jadi tolong dukung usaha mereka dalam oli mesin x minyak goreng.
Bener juga yah.
Jadi kita menghormati opini org, dan menumbuhkan bisnis bengkel juga
Klo org rutin maintenance, dan patuh ganti oli sesuai prosedur teknis yg benar, omzet diler jg stagnan.. Repeat order mobil jd lbh sedikit.
Jd memang hrs ada konsumen yg suka experimen
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sh00t wrote: Thu Aug 01, 2024 8:26
Menurut pendapat newbie, seharusnya kita dukung oli mesin dicampur dengan minyak goreng. Dengan kita mendukungnya, otomatis kita mendukung usaha UMKM pendukungnya. Coba kalian semua pikir, kalau mereka hanya menggunakan oli mesin saja, otomatis omzet bengkel dan dealer mobil menurun. Jadi tolong dukung usaha mereka dalam oli mesin x minyak goreng.
Bener juga yah.
Jadi kita menghormati opini org, dan menumbuhkan bisnis bengkel juga
Klo org rutin maintenance, dan patuh ganti oli sesuai prosedur teknis yg benar, omzet diler jg stagnan.. Repeat order mobil jd lbh sedikit.
Jd memang hrs ada konsumen yg suka experimen
Contoh paling simple om. Kalau misalkan om hanya ganti oli mesin ke tempatnya Om
itu nulis notanya hanya jasa ganti oli. Coba kalau mobilnya sudah diisi oli mesin x minyak goreng, pasti listnya (seluruh garis yang di buku nota) penuh.
Izin om2 semua..
Mohon masukannya..saya pake innova reborn diesel 2022,km skrg sudah 77rb..setiap hari dipake 60-120 km,sudah diremap..lebih baik pake oli 5w30 atau 5w40..mblnya srg jd genset jg,krn anak istri srg ikut saya kerja nunggu di mobil
Terima kasih suhu2
Vai0907 wrote: Fri Sep 13, 2024 1:25
Izin om2 semua..
Mohon masukannya..saya pake innova reborn diesel 2022,km skrg sudah 77rb..setiap hari dipake 60-120 km,sudah diremap..lebih baik pake oli 5w30 atau 5w40..mblnya srg jd genset jg,krn anak istri srg ikut saya kerja nunggu di mobil
Terima kasih suhu2
2GD lebih baik pake 5w30, pake 5w40 lama lama malah mesin agak bunyi pas cold start.
sh00t wrote: Thu Aug 01, 2024 8:26
Menurut pendapat newbie, seharusnya kita dukung oli mesin dicampur dengan minyak goreng. Dengan kita mendukungnya, otomatis kita mendukung usaha UMKM pendukungnya. Coba kalian semua pikir, kalau mereka hanya menggunakan oli mesin saja, otomatis omzet bengkel dan dealer mobil menurun. Jadi tolong dukung usaha mereka dalam oli mesin x minyak goreng.
Bener juga yah.
Jadi kita menghormati opini org, dan menumbuhkan bisnis bengkel juga
Klo org rutin maintenance, dan patuh ganti oli sesuai prosedur teknis yg benar, omzet diler jg stagnan.. Repeat order mobil jd lbh sedikit.
Jd memang hrs ada konsumen yg suka experimen
Contoh paling simple om. Kalau misalkan om hanya ganti oli mesin ke tempatnya Om
itu nulis notanya hanya jasa ganti oli. Coba kalau mobilnya sudah diisi oli mesin x minyak goreng, pasti listnya (seluruh garis yang di buku nota) penuh.
ribet mbah
tinggal tulis aja
"Alhamdulillah, turun mesin gan!"
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
itu nulis notanya hanya jasa ganti oli. Coba kalau mobilnya sudah diisi oli mesin x minyak goreng, pasti listnya (seluruh garis yang di buku nota) penuh.
sahabatq8 wrote: Wed Jul 31, 2024 16:04
Tbn 10.1 udah cukup buat 15rb km dex, dengan assumsi mobil normal dan segitu dicapai dalam setahun.
Jadi pasti aman om kalo untuk 150-200km weekly selama 1 tahun
Siap om, makasih.. Ini mau coba 7000 dulu, krn di data sheet sepertinya sangat ramah DPF.
Suryaputra wrote: Wed Jul 31, 2024 16:02
Tbn bukan satu satunya faktor koq
Pakai oli kelas 100rb seliter biasa aja, tbn bisa nahan buat diesel, sampai 9-10rb km (tergantung lalu lintas).
Bnyk hasil lab nya.
Apalagi sekelas q8.
kuncinya itu sebetulnya di "tbn retention"
Jd bukan tbn tinggi, tp yg penting; seberapa mampu tbn nya nahan.
Nah bs jadi, oli keluaran terbaru, walau on-paper terlihat lbh kecil, tp malah kuat stamina nya.
Ibaratnya kan "stamina tahan lama", lebih penting daripada "besar tapi cepet lemas"
Back to topic.. Bbm diesel itu sebetulnya bersahabat dgn oli mesin loh,
Beda sm mesin bensin yg bikin tbn cepet drop.
Bnyk faktor yg lbh penting selain tbn, yaitu:
- Stabilitas Visco @100 deg celsius
- Wear Level
- Soot dan Oxidation
Para suhu2 semua, ijin share dan komentar nya untuk hasil test lab oli berikut.
- Captiva Diesel 2010 NFL
- Oli CTX Rev HD 5w40
- oli dipakai selama 7248.9km
- Biosolar + HSS EDT
- filter solar diganti tiap 3500km
- filter oli diganti pada saat penggantian oli.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Safano wrote: Thu Sep 19, 2024 4:04
Para suhu2 semua, ijin share dan komentar nya untuk hasil test lab oli berikut.
- Captiva Diesel 2010 NFL
- Oli CTX Rev HD 5w40
- oli dipakai selama 7248.9km
- Biosolar + HSS EDT
- filter solar diganti tiap 3500km
- filter oli diganti pada saat penggantian oli.
Thanks for sharing mbah.
Udah ada soot nya (jelaga, penyebab varnish dan sludge di jangka panjang)
OCI nya max di 6-7rb km aja.
Ini pentingnya test lab, gak pk feeling
saran, cobain PTT untuk kelas midrange
best value
Last edited by Suryaputra on Thu Sep 19, 2024 4:22, edited 4 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Safano wrote: Thu Sep 19, 2024 4:04
Para suhu2 semua, ijin share dan komentar nya untuk hasil test lab oli berikut.
- Captiva Diesel 2010 NFL
- Oli CTX Rev HD 5w40
- oli dipakai selama 7248.9km
- Biosolar + HSS EDT
- filter solar diganti tiap 3500km
- filter oli diganti pada saat penggantian oli.
Screenshot_2024_0919_111055.jpg
Keypoints:
-Wear iron agak tinggi, 7200km 22ppm, biasanya dibawah 2ppm termasuk bagus. Wear metal lain masih ok
- Visco turun , tapi masih ok seharusnya
-TBNnya bagus, nahan
- Sayangnya udah ada soot, brati walaupun tbn tinggi, gak cocok buat long drain karena sootnya.
Ok lah untuk oli midrange
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Safano wrote: Thu Sep 19, 2024 4:04
Para suhu2 semua, ijin share dan komentar nya untuk hasil test lab oli berikut.
- Captiva Diesel 2010 NFL
- Oli CTX Rev HD 5w40
- oli dipakai selama 7248.9km
- Biosolar + HSS EDT
- filter solar diganti tiap 3500km
- filter oli diganti pada saat penggantian oli.
Screenshot_2024_0919_111055.jpg
Keypoints:
-Wear iron agak tinggi, 7200km 22ppm, biasanya dibawah 2ppm termasuk bagus. Wear metal lain masih ok
- Visco turun , tapi masih ok seharusnya
-TBNnya bagus, nahan
- Sayangnya udah ada soot, brati walaupun tbn tinggi, gak cocok buat long drain karena sootnya.
Ok lah untuk oli midrange
dokter mobil... eh dokter oli
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri