singachu wrote: Tue Sep 10, 2024 11:37
kunci 17 mbah....
pan nya sih pan metal, tp tetep aja ngeri strip...
dulu masih jaman gantol di tempat beli oli, giliran mau ganti sendiri sampe aku panjangin kunci sok biar kuat buka... luar biasa kekuatan orang2, mungkin krn di bawah ada ruang akses jadj digantol berat badan kali... giliran aku cuman bisa rebahan yg sengsara...
ow 12nm sweet spot ya...noted deh aku turunin.... kakau 15 nm si
kunci mangkok t""""" nempel luar biasa di filter oli, selalu peer padahal dah lapis plastik
regards,
singachu
maksudnya cup wrench nya nempel di filter dan ngelepasinnya setengah mati?
aku sharing ya mbah biar semua tau triknya dan ga bakal itu jd urusan lagi besok2.
cup wrench haram digetok2 utk ngelepasnya. dan ga perlu pakai plastik2 segala utk ganjelan.
caranya sangat mudah. yaitu:
1. setelah kita kencangkan filter pakai torque wrench dan sudah klik, lalu switch toggle tw ke arah utk membuka (crack open).
2. tahan bodi filter pakai tangan.
3. putar tw (ke arah membuka) sedikit saja sampai cup wrench lepas gigitannya dr filter.
4. cup wrench lepas dgn sendirinya.
cara yg sama dipakai sebaliknya utk melepas cup wrench dr filter oli bekas. yaitu:
1. setelah kita crack open filter pakai ratchet dan filternya sudah bisa berputar di drat, lalu switch toggle ratchet ke arah utk mengencangkan (tightening).
2. tahan bodi filter pakai tangan. jangan dilepas dulu filternya dr drat di mesin.
3. putar ratchet (ke arah mengencangkan) sedikit saja sampai cup wrench lepas gigitannya dr filter.
4. cup wrench lepas dgn sendirinya. baru filter bisa lanjut dilepaskan dr drat di mesin.
kalau olinya sdh menetes keluar dr filter, let it drip aja dgn deras tp jangan lepasin filter dr drat. nanti kl sdh stop dripping baru lakukan cara di atas.