Kalo disana mah, dateng aja langsung pilih olinya mau pake apa, emang disana suka gitumkamil wrote: Fri Aug 09, 2024 5:12Banyak sih bengkel yg menyarankan naik viscosity, lah salah satu toko oli online/offline favorit dan terkenal di SM aja nyaranin naik visco kalau udah 50rbmarmut wrote: Fri Aug 09, 2024 4:38elimination18 wrote: Fri Aug 09, 2024 0:29
cuman maksudku, ada ga acuan misal kapan better pake 0w20/5w30/10w40?
yg aku tau kek 10w40 itu better kalo uda tua banget ya 100k++ km
setau nubi :
pake 0w20 kalo mau irit bahan bakar, jalan nggak ngebut² banget, sering idle dan/ atau kena macet.
pake 5w30 kalo perjalanan 50% kena macet dan sisanya hobi ngebut dlm jangka waktu lebih dr 1 jam.
pake 10w40 kalo mobil sering bawa beban (misal pasir 10 kubik atau semen 1000 sak), atau dipake muterin sirkuit 10 lap rpm nggak kurang dr 5000.
udh tua dan lbh dr 100rb km pake 10w40 itu siapa yg suruh? aturan dr mana? saya pake ayla gen 1 odo 135ribuan KM pake SAE 0w20 berarti salah ya? mohon pencerahannya.![]()
Saya kasih tau mobil saya udah 8 tahun >78rb km itu masih muda, selama mesin/coolant system sehat tetap pakai 0w20 karena no rembes, no nguap, irit dan tarikan enteng, tapi tetep aja dia bilang:
“0w20 biasa rekomen untuk mobil baru masih dibawah 5 tahun kilometer masih dibawah 50,000-mi”
“untuk mobil bosque sudah boleh ganti sae 5w awal agak berat karna perubahan dari encer ke yang lebih kental, setelah nya tarikan akan ringan bosque-mi”
Hallahh![]()

Saya mau ganti oli gearbox aja malah disuruh pakai oli GL5, mentang2 lebih mahal, katanya lebih bagus yang ini (sambil nunjukin oli yg dimaksud) buat transmisi manual sama aja, padahal cuma butuh GL4 yg murah (spirax s2g), terus volumenya aja harus kita kasih tau, kalo nggak udah disuruh beli 3 botol, padahal cuma butuh 1.9L mobil saya
