Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:21

CVT itu emang salah satu penerapan planned obsolescence
- ditambah skrg bnyk perangkat gadget
- ntar lama2 bisa bikin tiktok dan edit capcut dilengkapi kamera di dashboard buat ngonten
- product market fit untuk kaum gen-z dan gen-alpha
Makin cepet rusaknya, dan product lifecycle makin pendek, dan jalan terus.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

it's all about business, dgn cara itu org beli mobil baru,
at least klo dah toyota, seterusnya akan toyota.

begitupun jg dgn merk lain yg ber CVT.

suka gak suka, harus adaptasi :ngacir:

Dikombinasikan dengan bbrp pabrikan yg bilang CVT Fluid itu Lifetime ataupun Toyota per Manual Book ganti setiap 80 ribu KM, memang sudah dirancang utk tidak awet itu transmisi :mky_01:

Dirancang agar orang lebih cepat untuk ganti mobil baru :big_biglaugh: sayangnya di Indonesia tidak bisa seperti itu, jadinya malah membuka lapangan kerja baru dengan bermunculannya bengkel spesialis transmisi :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon Jul 29, 2024 2:33
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:21

CVT itu emang salah satu penerapan planned obsolescence
- ditambah skrg bnyk perangkat gadget
- ntar lama2 bisa bikin tiktok dan edit capcut dilengkapi kamera di dashboard buat ngonten
- product market fit untuk kaum gen-z dan gen-alpha
Makin cepet rusaknya, dan product lifecycle makin pendek, dan jalan terus.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

it's all about business, dgn cara itu org beli mobil baru,
at least klo dah toyota, seterusnya akan toyota.

begitupun jg dgn merk lain yg ber CVT.

suka gak suka, harus adaptasi :ngacir:

Dikombinasikan dengan bbrp pabrikan yg bilang CVT Fluid itu Lifetime ataupun Toyota per Manual Book ganti setiap 80 ribu KM, memang sudah dirancang utk tidak awet itu transmisi :mky_01:

Dirancang agar orang lebih cepat untuk ganti mobil baru :big_biglaugh: sayangnya di Indonesia tidak bisa seperti itu, jadinya malah membuka lapangan kerja baru dengan bermunculannya bengkel spesialis transmisi :big_biglaugh:
Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by adrianomyman »

Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41
azu wrote: Mon Jul 29, 2024 2:33
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:21

CVT itu emang salah satu penerapan planned obsolescence
- ditambah skrg bnyk perangkat gadget
- ntar lama2 bisa bikin tiktok dan edit capcut dilengkapi kamera di dashboard buat ngonten
- product market fit untuk kaum gen-z dan gen-alpha
Makin cepet rusaknya, dan product lifecycle makin pendek, dan jalan terus.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

it's all about business, dgn cara itu org beli mobil baru,
at least klo dah toyota, seterusnya akan toyota.

begitupun jg dgn merk lain yg ber CVT.

suka gak suka, harus adaptasi :ngacir:

Dikombinasikan dengan bbrp pabrikan yg bilang CVT Fluid itu Lifetime ataupun Toyota per Manual Book ganti setiap 80 ribu KM, memang sudah dirancang utk tidak awet itu transmisi :mky_01:

Dirancang agar orang lebih cepat untuk ganti mobil baru :big_biglaugh: sayangnya di Indonesia tidak bisa seperti itu, jadinya malah membuka lapangan kerja baru dengan bermunculannya bengkel spesialis transmisi :big_biglaugh:
Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
Ntahlah datanya seperti apa, tapi gw rasa pembeli toyot yg cvt kategori mbl under 500jt tetap masih lebih sedikit populasinya ketimbang honhon. dan mbl kembar astral baik itu fwd atau rwd yg lebih laris tetap 3 pedal sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

adrianomyman wrote: Tue Jul 30, 2024 0:29
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41
azu wrote: Mon Jul 29, 2024 2:33


Dikombinasikan dengan bbrp pabrikan yg bilang CVT Fluid itu Lifetime ataupun Toyota per Manual Book ganti setiap 80 ribu KM, memang sudah dirancang utk tidak awet itu transmisi :mky_01:

Dirancang agar orang lebih cepat untuk ganti mobil baru :big_biglaugh: sayangnya di Indonesia tidak bisa seperti itu, jadinya malah membuka lapangan kerja baru dengan bermunculannya bengkel spesialis transmisi :big_biglaugh:
Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
Ntahlah datanya seperti apa, tapi gw rasa pembeli toyot yg cvt kategori mbl under 500jt tetap masih lebih sedikit populasinya ketimbang honhon. dan mbl kembar astral baik itu fwd atau rwd yg lebih laris tetap 3 pedal sih.
iya krn astral sub 300 mio, ini mostly buat fleet office juga ya.

keperluan office biasanya pk manual
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41 Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 3:41
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41 Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
bah klo OverDrive sih buat cruising.
CVT biasa buat crusing jg gaya tarik belt nya gak seberat waktu aksel awal. :mky_03:

mostly belt putus kan krn dah tua, lack of maintenis, modif asal2an + suka gas poll ketika aksel :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 3:41
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41 Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 3:41
Suryaputra wrote: Mon Jul 29, 2024 2:41 Toyota baru implement cvt kan baru2 ini di mobil favorit warga dan business fleet indonesia.
avanza xenia dkk.

nah let see 5-10 thn ke depan nanti gmn,
disiksa ala transmisi 4AT. :big_biglaugh:

krn secara statistik udah masuk, gantian muncul paradigma baru... "transmisi CVT toyota gak awet"

kata honda "been there done that" :big_biglaugh:
CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2538
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

kenop wrote: Tue Jul 30, 2024 5:07
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 3:41

CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
Coba aja gasnya di feather. Langsung goyang dangdut itu rpm, bingung mobilnya ini orang mau ngapain sih wkwkwkk :big_biglaugh:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

kenop wrote: Tue Jul 30, 2024 5:07
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 3:41

CVTnya aja D-CVT. asal kakinya sopan lebih kepake gear overdrivenya (DCVT toyota / daihatsu low end giginya buat overdrive) dan ngefek ke usage CVT yg lebih prolonged.

minusnya buat enthusiast driver, keluhannya jadi kurang nyaman krn rasionya terlalu lompat, transmisi sering bingung milih rasio overdrive apa mode akselerasi (pakai CVTnya).
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
betul om...memang kayak ada seninya wkwk
sy perhatikan kalo akselerasi...di sekitar 20kmh tu cvt kayak pindah gigi
demikian pula kalo deselerasi...di sekitaran 20kmh itu jg dia kayak pindah gigi rendah nah kalo plus kompresor ac tau2 on....ini yg kadang bikin lebih nahan bahkan kadang nyentak...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi alus cvt-nya :big_biglaugh:

tp ntah kenapa di mobil saya kasus nyentak ini tambah jarang kejadian..
saya cuma iseng nambah kabel ground ama buka cover penutup air intake di grill depan
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

sahabatq8 wrote: Tue Jul 30, 2024 5:30
kenop wrote: Tue Jul 30, 2024 5:07
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00

betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
Coba aja gasnya di feather. Langsung goyang dangdut itu rpm, bingung mobilnya ini orang mau ngapain sih wkwkwkk :big_biglaugh:
Jadi ini bawaan lahir ya? Ganti oli cvt yg lebi mahal ngga akan nolong kah? :big_biglaugh:
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

[quote=MSU post_id=1305138 time=1722318242 user_id=53583]
[quote=kenop post_id=1305134 time=1722316050 user_id=38132]
[quote=MSU post_id=1305132 time=1722315654 user_id=53583]


betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
[/quote]

Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
[/quote]

betul om...memang kayak ada seninya wkwk
sy perhatikan kalo akselerasi...di sekitar 20kmh tu cvt kayak pindah gigi
demikian pula kalo deselerasi...di sekitaran 20kmh itu jg dia kayak pindah gigi rendah nah kalo plus kompresor ac tau2 on....ini yg kadang bikin lebih nahan bahkan kadang nyentak...
inget2 dulu sering bawa jazz idsi alus cvt-nya :big_biglaugh:

tp ntah kenapa di mobil saya kasus nyentak ini tambah jarang kejadian..
saya cuma iseng nambah kabel ground ama buka cover penutup air intake di grill depan
[/quote]

Nah iya kl ac on lbh ngagetin lg wkwkkw
Iya sy dl jg sempet pake gd3, beda bgt rasanya
Tp cvt nya gd3 kl di jalur puncak jd nyeremin, ngga ada nahan2 nya blass.. kl ini yarcros malah enak turunan msh ada nahan

Tp ini kan uda jalan hampir 8000 km, lebih jarang jg sih dibanding 1000 km pertama
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2538
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

kenop wrote: Tue Jul 30, 2024 5:44
sahabatq8 wrote: Tue Jul 30, 2024 5:30
kenop wrote: Tue Jul 30, 2024 5:07

Ini yg bikin mobil2 kayak avanza/xenia/yaris cross kl lg low speed suka kayak bingung ya cvt nya?

Kl lg macet nanggung ngga enak bgt, misal jalan 20 trs kita mau biarin gelinding, kadang suka tiba2 nahan trs ngelos lagi :big_biglaugh:

Sm kl di gas kagetan kayak ga sigap gt wkwkwk
Coba aja gasnya di feather. Langsung goyang dangdut itu rpm, bingung mobilnya ini orang mau ngapain sih wkwkwkk :big_biglaugh:
Jadi ini bawaan lahir ya? Ganti oli cvt yg lebi mahal ngga akan nolong kah? :big_biglaugh:
Iya itu algorithm di tcunya aja yang begitu. Nah kalo tcunya di remap gak tau deh, tapi ganti oli gak ngaruh.
Yang ganti oli ngaruh tuh kalo udah panas selip, itu ngaruh bgt.
Civic turbo/CRV turbo apalagi udah remappan kalo hobby ngebut, Dari HCF-2 ke Q8 CVT EVO berasanya udah kyk ganti transmisi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 4:13
bah klo OverDrive sih buat cruising.
CVT biasa buat crusing jg gaya tarik belt nya gak seberat waktu aksel awal. :mky_03:

mostly belt putus kan krn dah tua, lack of maintenis, modif asal2an + suka gas poll ketika aksel :upss:
emang kalo buat tarik tarikan paling oke pake the OG manual with double / triple plate clutch :mky_07: resikonya driver bisa kek baru belajar mobil krn keras banget dan kakinya harus setrong. kalo clutch single macem bawaan mobil2 kerehore ya tetep bakal cepet abis :mky_07:

sbenernya karena generasi old itu keenakan pake mobil maintenis ganti oli mesin doang ngajarin anak anaknya ganti oli doank juga dan byk yang blom khatam matic biasa pun. tune up mesin aja taunya kalo mesin udah berat nariknya dan bensinnya mulai boros gak masuk akal... pdhl ngisi bensinnya juga pake premium/pertalit :mky_07:

padahal perawatan CVT ya cuma ganti oli di 20k dan ganti sama filternya di 40k. udah itu aja good for sekian ratus ribu kilometer..... proven kok. much simpler rawatannya.
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
saya sering denger keluhannya di mobil xenia avanza yang torsinya kurang jd itu gigi dan CVT seringnya kayak bingung apalagi kalo digas nanggung.

kalo di rocky/raize turbo kayaknya ketolong torsi. biasa matic blo'on itu jadi enak kalo ketolong torsi bawaan yang emang gede :mky_03: krn transmisinya mikir gak perlu keseringan butuh torsi gede defaultnya biarin aja di rasio / gigi tinggi.

di civic / CRV turbo gini, kalo coasting dalem kota defaultnya rasio tinggi :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 8:28
Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 4:13
bah klo OverDrive sih buat cruising.
CVT biasa buat crusing jg gaya tarik belt nya gak seberat waktu aksel awal. :mky_03:

mostly belt putus kan krn dah tua, lack of maintenis, modif asal2an + suka gas poll ketika aksel :upss:
emang kalo buat tarik tarikan paling oke pake the OG manual with double / triple plate clutch :mky_07: resikonya driver bisa kek baru belajar mobil krn keras banget dan kakinya harus setrong. kalo clutch single macem bawaan mobil2 kerehore ya tetep bakal cepet abis :mky_07:

sbenernya karena generasi old itu keenakan pake mobil maintenis ganti oli mesin doang ngajarin anak anaknya ganti oli doank juga dan byk yang blom khatam matic biasa pun. tune up mesin aja taunya kalo mesin udah berat nariknya dan bensinnya mulai boros gak masuk akal... pdhl ngisi bensinnya juga pake premium/pertalit :mky_07:

padahal perawatan CVT ya cuma ganti oli di 20k dan ganti sama filternya di 40k. udah itu aja good for sekian ratus ribu kilometer..... proven kok. much simpler rawatannya.
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
saya sering denger keluhannya di mobil xenia avanza yang torsinya kurang jd itu gigi dan CVT seringnya kayak bingung apalagi kalo digas nanggung.

kalo di rocky/raize turbo kayaknya ketolong torsi. biasa matic blo'on itu jadi enak kalo ketolong torsi bawaan yang emang gede :mky_03: krn transmisinya mikir gak perlu keseringan butuh torsi gede defaultnya biarin aja di rasio / gigi tinggi.

di civic / CRV turbo gini, kalo coasting dalem kota defaultnya rasio tinggi :mky_03:
Bicara mobil sub 400 mio ber-CVT,
skrg plg enak dan responsif itu CVT nya hyundai creta :mky_03:

To be honest.. CVT nya lockup cepet, smooth, dan terasa mengigit.
memang gak akan / belum sampai level DCT golep atau polo.

tp buat CVT, ini achievement yg emejing.
mungkin karena penerapan chain (rantai) belt di CVT nya.

jadi lbh robust belt nya.

tapi emg soal sasis, (apalagi di bagian belakang klo lg belok agak kenceng) HRV masih lebih ok.
HRV terasa lbh rigid.
klo Creta terasa floaty dan feedback setir lbh minim, plusnya ya minim road vibration/noise di kelas nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2538
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 8:55
ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 8:28
Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 4:13
bah klo OverDrive sih buat cruising.
CVT biasa buat crusing jg gaya tarik belt nya gak seberat waktu aksel awal. :mky_03:

mostly belt putus kan krn dah tua, lack of maintenis, modif asal2an + suka gas poll ketika aksel :upss:
emang kalo buat tarik tarikan paling oke pake the OG manual with double / triple plate clutch :mky_07: resikonya driver bisa kek baru belajar mobil krn keras banget dan kakinya harus setrong. kalo clutch single macem bawaan mobil2 kerehore ya tetep bakal cepet abis :mky_07:

sbenernya karena generasi old itu keenakan pake mobil maintenis ganti oli mesin doang ngajarin anak anaknya ganti oli doank juga dan byk yang blom khatam matic biasa pun. tune up mesin aja taunya kalo mesin udah berat nariknya dan bensinnya mulai boros gak masuk akal... pdhl ngisi bensinnya juga pake premium/pertalit :mky_07:

padahal perawatan CVT ya cuma ganti oli di 20k dan ganti sama filternya di 40k. udah itu aja good for sekian ratus ribu kilometer..... proven kok. much simpler rawatannya.
MSU wrote: Tue Jul 30, 2024 5:00
betul om...
kalo cruising sih enak...cvt-nya akan jaga di rpm rendah...jadi kayak males gerak ke 2000rpm...
tp kalo butuh narik / nanjak yg kadang bingung....ttp di rpm rendah atau dia pindah rasio...akhirnya kalo nanjak panjang mending pindah ke S manual
saya sering denger keluhannya di mobil xenia avanza yang torsinya kurang jd itu gigi dan CVT seringnya kayak bingung apalagi kalo digas nanggung.

kalo di rocky/raize turbo kayaknya ketolong torsi. biasa matic blo'on itu jadi enak kalo ketolong torsi bawaan yang emang gede :mky_03: krn transmisinya mikir gak perlu keseringan butuh torsi gede defaultnya biarin aja di rasio / gigi tinggi.

di civic / CRV turbo gini, kalo coasting dalem kota defaultnya rasio tinggi :mky_03:
Bicara mobil sub 400 mio ber-CVT,
skrg plg enak dan responsif itu CVT nya hyundai creta :mky_03:

To be honest.. CVT nya lockup cepet, smooth, dan terasa mengigit.
memang gak akan / belum sampai level DCT golep atau polo.

tp buat CVT, ini achievement yg emejing.
mungkin karena penerapan chain (rantai) belt di CVT nya.

jadi lbh robust belt nya.

tapi emg soal sasis, (apalagi di bagian belakang klo lg belok agak kenceng) HRV masih lebih ok.
HRV terasa lbh rigid.
klo Creta terasa floaty dan feedback setir lbh minim, plusnya ya minim road vibration/noise di kelas nya.
Nah soal cvt creta saya setuju dalem kota enak banget, tapi... Coba deh dibawa ngebut. Rasionya ke pajangan.... Mesinnya kyk gak kuat
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jul 30, 2024 9:06
Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 8:55
ChZ wrote: Tue Jul 30, 2024 8:28

emang kalo buat tarik tarikan paling oke pake the OG manual with double / triple plate clutch :mky_07: resikonya driver bisa kek baru belajar mobil krn keras banget dan kakinya harus setrong. kalo clutch single macem bawaan mobil2 kerehore ya tetep bakal cepet abis :mky_07:

sbenernya karena generasi old itu keenakan pake mobil maintenis ganti oli mesin doang ngajarin anak anaknya ganti oli doank juga dan byk yang blom khatam matic biasa pun. tune up mesin aja taunya kalo mesin udah berat nariknya dan bensinnya mulai boros gak masuk akal... pdhl ngisi bensinnya juga pake premium/pertalit :mky_07:

padahal perawatan CVT ya cuma ganti oli di 20k dan ganti sama filternya di 40k. udah itu aja good for sekian ratus ribu kilometer..... proven kok. much simpler rawatannya.



saya sering denger keluhannya di mobil xenia avanza yang torsinya kurang jd itu gigi dan CVT seringnya kayak bingung apalagi kalo digas nanggung.

kalo di rocky/raize turbo kayaknya ketolong torsi. biasa matic blo'on itu jadi enak kalo ketolong torsi bawaan yang emang gede :mky_03: krn transmisinya mikir gak perlu keseringan butuh torsi gede defaultnya biarin aja di rasio / gigi tinggi.

di civic / CRV turbo gini, kalo coasting dalem kota defaultnya rasio tinggi :mky_03:
Bicara mobil sub 400 mio ber-CVT,
skrg plg enak dan responsif itu CVT nya hyundai creta :mky_03:

To be honest.. CVT nya lockup cepet, smooth, dan terasa mengigit.
memang gak akan / belum sampai level DCT golep atau polo.

tp buat CVT, ini achievement yg emejing.
mungkin karena penerapan chain (rantai) belt di CVT nya.

jadi lbh robust belt nya.

tapi emg soal sasis, (apalagi di bagian belakang klo lg belok agak kenceng) HRV masih lebih ok.
HRV terasa lbh rigid.
klo Creta terasa floaty dan feedback setir lbh minim, plusnya ya minim road vibration/noise di kelas nya.
Nah soal cvt creta saya setuju dalem kota enak banget, tapi... Coba deh dibawa ngebut. Rasionya ke pajangan.... Mesinnya kyk gak kuat
blm nyoba geber dan lwt tol, krn punya orang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Jul 30, 2024 8:55
Bicara mobil sub 400 mio ber-CVT,
skrg plg enak dan responsif itu CVT nya hyundai creta :mky_03:

To be honest.. CVT nya lockup cepet, smooth, dan terasa mengigit.
memang gak akan / belum sampai level DCT golep atau polo.

tp buat CVT, ini achievement yg emejing.
mungkin karena penerapan chain (rantai) belt di CVT nya.

jadi lbh robust belt nya.

tapi emg soal sasis, (apalagi di bagian belakang klo lg belok agak kenceng) HRV masih lebih ok.
HRV terasa lbh rigid.
klo Creta terasa floaty dan feedback setir lbh minim, plusnya ya minim road vibration/noise di kelas nya.
betul, creta itu kan dia brandingnya IVT kalo accel langsung ngunci melesat gitu macem geared AT :mky_07: di stargejer juga.

cuma iya sasisnya creta/seltos itu kurang enak. setiap belok rasanya pantat aga ketinggalan. ya setup khas negara nehi nehi soft.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by feri307 »

Mau nanya nih ke om2 sekalian, maaf kalo rada nyeleneh. Apakah untuk matic tipe wet DCT memerlukan breaking in period? Dlm artian, setelah misalnya 1000km pertama, memerlukan penggantian oli transmisinya? Makasih untuk respon2nya..
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Wed Jul 31, 2024 15:18 Mau nanya nih ke om2 sekalian, maaf kalo rada nyeleneh. Apakah untuk matic tipe wet DCT memerlukan breaking in period? Dlm artian, setelah misalnya 1000km pertama, memerlukan penggantian oli transmisinya? Makasih untuk respon2nya..
Perlu (in my opinion)
Gantinya di 5rb km pertama jg gpp klo gak sempet.

Selanjutnya bisa per 20-30rb km, tergantung jarak, durasi atau gaya mengemudi.

Krn masa breakin period itu meluruhkan lapisan material dari internal girboks.
Jd bikin oli cepat kotor dan banyak gram untuk awal2.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by jdm86 »

Mau tanya om kalau oli gardan hypoid gl 5 sae 80 apakah bisa diganti dengan oli gardan multigrade ?
80w-90 / 75w-90 GL5

Terima Kasih
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2538
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

jdm86 wrote: Thu Aug 15, 2024 11:01 Mau tanya om kalau oli gardan hypoid gl 5 sae 80 apakah bisa diganti dengan oli gardan multigrade ?
80w-90 / 75w-90 GL5

Terima Kasih
Bisa
gifgof
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by gifgof »

Selamat siang om-om semua,

Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.

ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?

sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?

terimakasih banyak sebelumnya
Last edited by gifgof on Fri Aug 16, 2024 7:15, edited 1 time in total.
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Mbah permisi mau tanya kalo oli transmisi march automatic.. itu kapasitasnya brp liter ya?
Untuk sekedar tap oli/ganti oli layaknya oli mesin..
Soalnya beda2 info yg sy dpt dr bengkel2 yg sy tanya
bengkel A info 4 liter
Bengkel B info 3 liter
Bengkel sy ganti kmrn di nissan arena bsd cuma diisi 2,8 liter

Salahnya kmrn lupa juga untuk ukur.. soalnya mekanik langsung sekalian tap olinya pas abis tap oli mesin
Setau sy oli transmisi hrs akurat ya? Kalo ga nanti ada aneh aneh.. betul ga nda mbah?
🙏🏻
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2538
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

gifgof wrote: Fri Aug 16, 2024 6:33 Selamat siang om-om semua,

Saya user Livina Xgear 2008 AT, bulan April 2024 lalu saya flushing oli matic pakai Idemitsu ATF di posisi 169.000KM, habis sekitar 8L, nah setelah 4000km berjalan sekarang saya ngalami kendala kalo pagi maticnya delay di posisi D mungkin sekitar 3-5 detikan, tapi kalo mesin udah panas transmisinya responsif, untuk odometernya sendiri sekarang baru 173.000km, ada saran dari mekanik bengkel langganan pakai aditif oli, tapi setelah saya riset kebanyakan aditif yang beredar di pasaran baunya menyengat seperti thinner/terpentin, saya cek di youtube juga ada aditif lokal setelah dituang ternyata bikin rontok cat, takut juga kalo daleman transmisi malah jebol.

ada saran kah untuk aditif oli yang rekomended yang bisa memperpanjang umur sebelum dioverhaul maticnya? atau memang udah harus turun transmisi ini om-om semua?

sekalian saran om untuk ATF yang rekomended apa saja?

terimakasih banyak sebelumnya
Additive oli yang dimaksud biasanya kerja dengan cara melunakan dan membengkakan seal yang sudah keras. Bisa membantu , bisa tidak. Tapi pelumasan sendiri saya rasa akan makin buruk dengan additive yang sifatnya seperti solvent senyawa thinner.

In general kalo oli transmisi pake yang bagus sih, jangankan 170rb km, biasa 400rb km aja masih aman belom perlu overhaul. Sebelum flushing ini telat ganti oli kah? Filter transmisi udah diganti?

Kalo mau coba ATF bagusan bisa coba Q8 Auto JK, tapi kalo kondisi udah ada problem seperti ini, bukan jaminan jadi solusi :big_peace: .