p
a
n
j
a
a
a
n
g
g

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
makash masukannya omSalvanost wrote: Sun Jul 21, 2024 16:33 kalau:
1. ngeluh cepet banget isi bensin (soalnya mobilnya 4)
2. ngeluh tiap tahun bayar pajak STNK mahal
3. ngeluh ganjil genap mau pake, tapi mobilnya dipake orang
no 1-3 itu pengalaman di rumah saya sendiri juga soalnya, jadi emang sering ngeluh![]()
jelas mobil listrik jawaban bagus asal:
1. komitmen pake minimal 5 tahun dan sering dipake (ingat baterai ada umurnya, jarang dipakepun bakalan rusak)
2. dekat sana ada fasilitas pengisian mobil listrik karena meteran PLN mobil listrik denger2 antrinya lama
gw wait and see aja dah om. at least kudu TD dulu, secara di GIIAS kmrn blm sempet TD secara WL nya diatas 1 jamkendibocor wrote: Sun Jul 21, 2024 17:03 Sikat aja lah kalo demen. Kebanyakan dengerin orng malah pusing sendiri
Setuju ma om kunaskun, mending nyesel beli drpd nyesel ga beli![]()
Pasang charger kemaren gw sebulan lebih dikit sih uda nyala sekarang, ngecharge diatas jem 10 mlm diskon 30%. Selesai pake malem charge, pagi jalan lg. Gawsa nunggu antrian pertamina (apalagi yg subsidi). Kalo keluar kota pake mobil bengsin. Mbl lu banyak ini Rang![]()
harga segitu masih agak berat di nomboknya e;KielConstantine wrote: Sun Jul 21, 2024 20:15 Gasss aja type tertinggi 430jt brapa tuh. Dapet spek 200hp
Langsung ngaspollllll![]()
sama, saya jg wait and see. dan memang blm terlalu urgent sih ganti ke ev or hybrid heheAswajr wrote: Mon Jul 22, 2024 3:25 Denger2 berita katanya M6 ga dapet service gratis, jadi harganya masih ++ dengan service. dah gitu salesnya ditanya ga mau jawab, ada yang udah cancel jadi ilang setengah duit ordernya.. kalo ane sie mending wait and see aja kalo urusan EV, kecuali udah ngebet, mending KONA x yah.
saturday wrote: Mon Jul 22, 2024 12:22 Beli saja biar daftar di signature anda semakin
p
a
n
j
a
a
a
n
g
g
![]()
kalau ini si mereknya yang bermasalahIoxis wrote: Tue Jul 23, 2024 15:03 Kalau saran saya sebagus apapun brand bikin battery, pilih yg kasih jaminan ke user paling maximal (lifetime warranty), karena kan 3 komponen utama (power battery, drive motor, dan motor control unit) merupakan jantung dari mobil listrik.
Sebagus - bagusnya battery BYD, tp warranty cuman 8 tahun sih agak deg degan ya pakai mobil listrik (opsi mobil diasuransiin).
Saya pribadi wait and see dulu sampai semua brand udah bangun pabrik di Indo & TKDN 40% (TKDN gk hanya material aja lho, main power perakitan, software jg diitung).
Berkaca MG 4 EV aja sih, setahun 3x turun harga.
kalau ini si mereknya yang bermasalah
Disclaimer, ini video org mati, jadi kl mau liat ati2 yainobody wrote: Thu Jul 25, 2024 6:49 https://x.com/adarwis/status/1816066064591249904?s=48
serem juga nih battre listrik yang di motor, mobil bisa gini juga x kl di carport.
Lithium ion itu...inobody wrote: Thu Jul 25, 2024 6:49 https://x.com/adarwis/status/1816066064591249904?s=48
serem juga nih battre listrik yang di motor, mobil bisa gini juga x kl di carport.
Salvanost wrote: Thu Jul 25, 2024 9:10Lithium ion itu...inobody wrote: Thu Jul 25, 2024 6:49 https://x.com/adarwis/status/1816066064591249904?s=48
serem juga nih battre listrik yang di motor, mobil bisa gini juga x kl di carport.
Dah banyak kasus di china batre sepeda listrik...
Radius apinya 1.5 meter soalnya
NiMh ?inobody wrote: Thu Jul 25, 2024 10:01Salvanost wrote: Thu Jul 25, 2024 9:10Lithium ion itu...inobody wrote: Thu Jul 25, 2024 6:49 https://x.com/adarwis/status/1816066064591249904?s=48
serem juga nih battre listrik yang di motor, mobil bisa gini juga x kl di carport.
Dah banyak kasus di china batre sepeda listrik...
Radius apinya 1.5 meter soalnya
Kalo nikel lebih safety ya harusnya, padahal sempet ngincer kawasaki E1![]()
ya baru ngobrol sama tetangga parkiran sebelah tadiannya dia suka bawa air ev kesini, belakangan parkir crv mulu ternyata dia ngomong disini ud gak boleh taro EV di basement takut kebakaraninobody wrote: Thu Jul 25, 2024 6:49 https://x.com/adarwis/status/1816066064591249904?s=48
serem juga nih battre listrik yang di motor, mobil bisa gini juga x kl di carport.
iya om, makasih masukannya, setelah saya pikir2 saya kayanya lebih milih keep mobil yg ada dulu deh, secara blm terlalu urgent hg hehefariezal wrote: Wed Jul 24, 2024 14:20 Selama ada duid, tidak kredit (kecuali bunga 0%), dan tidak memikirkan harga jual kembali,,,, Ya Beli saja dari pada hidup penuh penasaran,,,, Dan kebalikannya duid pas pas dan kredit DP minim,,, jangan gegabah
+1. saya nunggu dulu deh, entah kedepannya kaya gmn, karena honestly make mobil hybrid jg saya mikir2, terutama harga batrenya pas udh 5 tahun pake heheIoxis wrote: Tue Jul 23, 2024 15:03 Kalau saran saya sebagus apapun brand bikin battery, pilih yg kasih jaminan ke user paling maximal (lifetime warranty), karena kan 3 komponen utama (power battery, drive motor, dan motor control unit) merupakan jantung dari mobil listrik.
Sebagus - bagusnya battery BYD, tp warranty cuman 8 tahun sih agak deg degan ya pakai mobil listrik (opsi mobil diasuransiin).
Saya pribadi wait and see dulu sampai semua brand udah bangun pabrik di Indo & TKDN 40% (TKDN gk hanya material aja lho, main power perakitan, software jg diitung).
Berkaca MG 4 EV aja sih, setahun 3x turun harga.
Apakah semua baterai sama mengenai kemudahan dibongkar nyaAchien wrote: Thu Jul 25, 2024 3:05kalau ini si mereknya yang bermasalah![]()
ngeliat teknologi batere dan liat tesla/prius/leaf di USA via youtube, yg lebih mengkhawatirkan sebetulnya adalah di penggerak dan power converter. karena itu 2 benda isinya "sederhana" tapi nyaris non-serviceable karena lebih banyak electronic daripada mechanical apalagi tiap pabrik perang paten disini.
batere mahal? tenang aja american DIY-ers skill hitungan sekian tahun juga kepindah ke bengkel di Indo![]()
apalagi battery pack itu isinya "simple", liat aja batere Prius bertebaran how to rebuild buat DIY di youtube, cuma modal power tools yg ga ada aneh2. seapesnya ya tukang service hape yang bongkar pasang![]()
ICE bisa ikut terkena dampaknya kalau harga ev turun. Misal atto3 ke 300an. Sekarang aja disc hrv nik 24 di pertengahan taun udah sama kaya disc nik 23 pas di bulan 3. Toyota aja yang dari kemarin belum tersadarkan jual yarcrooss nik 23 masih mentok disc di 40 besar. Apa ga ngeri batre nya soak udah lama ga di charge, pasti kejemur panas panas pula di tempat penyimpanan.Suryaputra wrote: Sun Aug 04, 2024 14:41
Persaingan dan inovasi batre meningkat, over supply, muncul tekanan dan harga turun.
Gunanya Resiko disertai garansi.timbermaniac123 wrote: Sun Aug 04, 2024 16:50ICE bisa ikut terkena dampaknya kalau harga ev turun. Misal atto3 ke 300an. Sekarang aja disc hrv nik 24 di pertengahan taun udah sama kaya disc nik 23 pas di bulan 3. Toyota aja yang dari kemarin belum tersadarkan jual yarcrooss nik 23 masih mentok disc di 40 besar. Apa ga ngeri batre nya soak udah lama ga di charge, pasti kejemur panas panas pula di tempat penyimpanan.Suryaputra wrote: Sun Aug 04, 2024 14:41
Persaingan dan inovasi batre meningkat, over supply, muncul tekanan dan harga turun.
makanya saya lebih milih wait and see aja, secara blm terlalu urgent2 amat jg buat ganti. kalo att03 ke 300an jg saya berminat buat gantiin AN HRV SE 2023 saya, secara to be honest saya sempet TD Atto 3 jg entah knp agak berat kalo harga masih kepala 4 gedetimbermaniac123 wrote: Sun Aug 04, 2024 16:50
ICE bisa ikut terkena dampaknya kalau harga ev turun. Misal atto3 ke 300an. Sekarang aja disc hrv nik 24 di pertengahan taun udah sama kaya disc nik 23 pas di bulan 3. Toyota aja yang dari kemarin belum tersadarkan jual yarcrooss nik 23 masih mentok disc di 40 besar. Apa ga ngeri batre nya soak udah lama ga di charge, pasti kejemur panas panas pula di tempat penyimpanan.
ya semoga ajaSuryaputra wrote: Sun Aug 04, 2024 14:41
Tgg thn depan
Mungkin bs drop lg harganya
Krn HPP batre LFP turun per thn ini
Exactly spt pak Tom Lembong bilang
Persaingan dan inovasi batre meningkat, over supply, muncul tekanan dan harga turun.
@suryaPboyz97 wrote: Mon Aug 05, 2024 17:32ya semoga ajaSuryaputra wrote: Sun Aug 04, 2024 14:41 Tgg thn depan
Mungkin bs drop lg harganya
Krn HPP batre LFP turun per thn ini
Exactly spt pak Tom Lembong bilang
Persaingan dan inovasi batre meningkat, over supply, muncul tekanan dan harga turun., makanya saya wait and see aja, secara pas dari GIIAS kmrn jg saya sepertinya cukup berminat buat meremajakan mobil bensin/ diesel konvensional saya ke EV or minimal hybrid , secara pemakaian kami mayoritas dalkot jabodetabek jd perlu yg bebas gage or at least konsumsi bbmnya bs diatas 1:13 dalkotnya which is so far menurut pengamatan sotoy saya ada di mobil hybrid or EV