Kalau mobil mazda 2 2014 diganti wrv terbaru sih uda pasti menang wrv, pasti lebih kencang, lebih canggih, lebih tinggi, lebih lapang, lebih pede libas jalanan, lebih terang juga lampu.
Kalau mau sekelas dan lebih bagus lagi ya ada yaris dan city hatchback, lalu hrv xforce omoda yarcross. Asal mau nambah cepek dari wrv baru.
Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 367
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Izin share yak 2 bulan lalu saya juga cari pengganti mazda 2. Mobil saya juga mirip sih umur 8 tahun/ odo mendekati 140rb KM. Mazda 2 tipe R yg basically relatip kopong yak untuk gimmick, cuman tambah cruise control doang. Ga ada kerusakan, tp bini merasa selama ini duduknya kek jongkok + jok keras. Bagasi memang mulai terasa kecil juga. Maklum beli sebelum nikah, pas abis nikah, mau ke bandung aja koper 2 biji aja ngepas
.
Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)
(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.

Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)

(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Iya juga ya... Gw merasa bahkan di HRV pun sebetulnya gak terlalu full menopang sih (dibanding Captiva misalnya).sintoni wrote: Fri Oct 27, 2023 12:27 Diatas malah ada yg ngmg kalau kursi WRV/BRV kurang menopang paha terus bantingan lebih keras lg.
Sempet waktu itu tes drive BRV juga gw merasa lebih parah daripada HRV.
Jadi kalo WRV lebih parah lagi dari kedua kakaknya ya keknya gak aneh juga.
Gw sempet juga mempertimbangkan upgrade ke CX-3 waktu itu... Tapi pas lihat dashboardnya langsung balik badan, soalnya miriiiip banget ama Mazda2.josomba wrote: Sat Oct 28, 2023 5:40 ...
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
Sebetulnya bukan hal yg buruk sih. Tapi kami memang waktu itu pengen ganti suasana.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Dec 19, 2014 7:58
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Wah mirip mirip nih situasinyajosomba wrote: Sat Oct 28, 2023 5:40 Izin share yak 2 bulan lalu saya juga cari pengganti mazda 2. Mobil saya juga mirip sih umur 8 tahun/ odo mendekati 140rb KM. Mazda 2 tipe R yg basically relatip kopong yak untuk gimmick, cuman tambah cruise control doang. Ga ada kerusakan, tp bini merasa selama ini duduknya kek jongkok + jok keras. Bagasi memang mulai terasa kecil juga. Maklum beli sebelum nikah, pas abis nikah, mau ke bandung aja koper 2 biji aja ngepas.
Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)![]()
(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
20231028_114841.jpg

CX3 ini memang jadi pilihan juga sih, untuk dashboard saya juga gak masalah, karena banyak printilan kecil yg beda dengan Mazda 2 overall nuansanya jadi lebih fresh apalagi kalau dari Mazda 2 Skyactive 2014, banyak printilan yg udah berubah.
CX3 ini emang suka bikin kecele, palingan sama plek dengan Mazda 2 karena satu platform, tapi pas udah dicoba ternyata racikan tuningnya beda.
Mazda cukup sukses membedakan positioning antara Mazda 2 dan CX3. CX3 lebih refined dan setau saya memang CX3 saat facelift 2018 ubahan tuningnya cukup banyak.
ditambah juga, setau saya tuning suspensinya diubah juga agar lebih nyaman, belum lagi improvement diem-diem yg dilakukan setiap tahun. Overall pasti kerasa bedanya dengan Mazda 2 2014.thicker door panels, rear-door glass, headliner and upgraded door seams were added to improve NVH
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Maap angkat thread lama suhu suhu sekalian.
Karena saat ini lagi di posisi yg agak mirip ama TS, cuma bedanya saya masih 50:50 antara ganti atau engga.
Knp 50:50, karena jujur enjoy pake M2 Sky GT 2015 yg odo nya hampir menjelang 70k, seiring pemakaian yg udah 8+ tahun ini mulai lah minta jajan si M2 Sky ini, cek ke beres yg perlu di ganti menurut mereka adalah:
1. engine mounting (agak getar saat idle dan saat akselerasi awal bunyi seperti "krook")
2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)
3. fan mesin (bunyi fan sudah agak kasar terutama saat ac hidup, tp rasanya hanya beltnya mungkin yg perlu diganti)
Di berikan estimasi oleh beres ganti semua itu total sama ongkos pasang kira2 45jtan, saya jadi berpikir klo 45jtan mending ganti mobil baru (tidak prefer 2nd karena mengejar peace of mind hehehe)
Iseng2 cek ke bengkel spesialis, kira2 estimasi klo di bengkel spesialis akan perlu sekitar 5-8jt, mungkin mentok2 10jtan karena tidak ganti part 1 gelondongan seperti di beres.
Opsi kalau ganti sebenarnya saat ini yg value for money ada di Baleno, fitur jg mirip2, paling yg akan berasa hilang di blind spot monitoring dan RCTA nya, walau Baleno juga punya "RCTA"yg via image recognition, tanpa actual sensor, akurasinya masih perlu di test, namun Baleno ya modelnya gitu ya, bukan selera semua orang hahaha..
Kalau mau ganti yg bener2 sreg ngikutin keinginan sebenernya di M3 Sedan, tapi harga lumayan jauh selisihnya, opsi kedua ke Crosstrek namun masih agak ragu dengan aftersales nya Subaru, apakah ada yg punya pengalaman? terutama dari segi part availability nya dan biaya service (Mazda di atas jepun lain dalam hal biaya service, Subaru apakah sekelas Mazda atau di atasnya ya?)
Butuh masukan dari suhu - suhu sekalian, apakah masih worth pertahankan M2 Sky dengan service di bengkel spesialis?
I know Baleno & Crosstrek beda kelas, tp saya orgnya tipe yg cari value for money, jika opsinya antara pertahankan M2 Sky atau ganti salah satu dari 2 opsi ini, suhu - suhu akan pilih opsi yg mana?
Karena saat ini lagi di posisi yg agak mirip ama TS, cuma bedanya saya masih 50:50 antara ganti atau engga.
Knp 50:50, karena jujur enjoy pake M2 Sky GT 2015 yg odo nya hampir menjelang 70k, seiring pemakaian yg udah 8+ tahun ini mulai lah minta jajan si M2 Sky ini, cek ke beres yg perlu di ganti menurut mereka adalah:
1. engine mounting (agak getar saat idle dan saat akselerasi awal bunyi seperti "krook")
2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)
3. fan mesin (bunyi fan sudah agak kasar terutama saat ac hidup, tp rasanya hanya beltnya mungkin yg perlu diganti)
Di berikan estimasi oleh beres ganti semua itu total sama ongkos pasang kira2 45jtan, saya jadi berpikir klo 45jtan mending ganti mobil baru (tidak prefer 2nd karena mengejar peace of mind hehehe)
Iseng2 cek ke bengkel spesialis, kira2 estimasi klo di bengkel spesialis akan perlu sekitar 5-8jt, mungkin mentok2 10jtan karena tidak ganti part 1 gelondongan seperti di beres.
Opsi kalau ganti sebenarnya saat ini yg value for money ada di Baleno, fitur jg mirip2, paling yg akan berasa hilang di blind spot monitoring dan RCTA nya, walau Baleno juga punya "RCTA"yg via image recognition, tanpa actual sensor, akurasinya masih perlu di test, namun Baleno ya modelnya gitu ya, bukan selera semua orang hahaha..
Kalau mau ganti yg bener2 sreg ngikutin keinginan sebenernya di M3 Sedan, tapi harga lumayan jauh selisihnya, opsi kedua ke Crosstrek namun masih agak ragu dengan aftersales nya Subaru, apakah ada yg punya pengalaman? terutama dari segi part availability nya dan biaya service (Mazda di atas jepun lain dalam hal biaya service, Subaru apakah sekelas Mazda atau di atasnya ya?)
Butuh masukan dari suhu - suhu sekalian, apakah masih worth pertahankan M2 Sky dengan service di bengkel spesialis?
I know Baleno & Crosstrek beda kelas, tp saya orgnya tipe yg cari value for money, jika opsinya antara pertahankan M2 Sky atau ganti salah satu dari 2 opsi ini, suhu - suhu akan pilih opsi yg mana?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Coba difotoin 45jt apaanjutah wrote: Fri Jul 12, 2024 11:27 Maap angkat thread lama suhu suhu sekalian.
Karena saat ini lagi di posisi yg agak mirip ama TS, cuma bedanya saya masih 50:50 antara ganti atau engga.
Knp 50:50, karena jujur enjoy pake M2 Sky GT 2015 yg odo nya hampir menjelang 70k, seiring pemakaian yg udah 8+ tahun ini mulai lah minta jajan si M2 Sky ini, cek ke beres yg perlu di ganti menurut mereka adalah:
1. engine mounting (agak getar saat idle dan saat akselerasi awal bunyi seperti "krook")
2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)
3. fan mesin (bunyi fan sudah agak kasar terutama saat ac hidup, tp rasanya hanya beltnya mungkin yg perlu diganti)
Di berikan estimasi oleh beres ganti semua itu total sama ongkos pasang kira2 45jtan, saya jadi berpikir klo 45jtan mending ganti mobil baru (tidak prefer 2nd karena mengejar peace of mind hehehe)
Iseng2 cek ke bengkel spesialis, kira2 estimasi klo di bengkel spesialis akan perlu sekitar 5-8jt, mungkin mentok2 10jtan karena tidak ganti part 1 gelondongan seperti di beres.
Opsi kalau ganti sebenarnya saat ini yg value for money ada di Baleno, fitur jg mirip2, paling yg akan berasa hilang di blind spot monitoring dan RCTA nya, walau Baleno juga punya "RCTA"yg via image recognition, tanpa actual sensor, akurasinya masih perlu di test, namun Baleno ya modelnya gitu ya, bukan selera semua orang hahaha..
Kalau mau ganti yg bener2 sreg ngikutin keinginan sebenernya di M3 Sedan, tapi harga lumayan jauh selisihnya, opsi kedua ke Crosstrek namun masih agak ragu dengan aftersales nya Subaru, apakah ada yg punya pengalaman? terutama dari segi part availability nya dan biaya service (Mazda di atas jepun lain dalam hal biaya service, Subaru apakah sekelas Mazda atau di atasnya ya?)
Butuh masukan dari suhu - suhu sekalian, apakah masih worth pertahankan M2 Sky dengan service di bengkel spesialis?
I know Baleno & Crosstrek beda kelas, tp saya orgnya tipe yg cari value for money, jika opsinya antara pertahankan M2 Sky atau ganti salah satu dari 2 opsi ini, suhu - suhu akan pilih opsi yg mana?
Penasaran tuh abis apaan 45jt

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Saya semenjak 40k sampe 135k, kalau servis rutin selalu ke salah satu mbah disini. Paling bawa oli atau parts sendiri aja kalau ada yg perlu diganti. Kalau masih mau meneruskan rawat n jarak ke salah satu mbah disini masih ok, bisa jd opsi retain tu masdut 2 n jd pasien rutin mbah marmut.jutah wrote: Fri Jul 12, 2024 11:27 Maap angkat thread lama suhu suhu sekalian.
Karena saat ini lagi di posisi yg agak mirip ama TS, cuma bedanya saya masih 50:50 antara ganti atau engga.
Knp 50:50, karena jujur enjoy pake M2 Sky GT 2015 yg odo nya hampir menjelang 70k, seiring pemakaian yg udah 8+ tahun ini mulai lah minta jajan si M2 Sky ini, cek ke beres yg perlu di ganti menurut mereka adalah:
1. engine mounting (agak getar saat idle dan saat akselerasi awal bunyi seperti "krook")
2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)
3. fan mesin (bunyi fan sudah agak kasar terutama saat ac hidup, tp rasanya hanya beltnya mungkin yg perlu diganti)
Di berikan estimasi oleh beres ganti semua itu total sama ongkos pasang kira2 45jtan, saya jadi berpikir klo 45jtan mending ganti mobil baru (tidak prefer 2nd karena mengejar peace of mind hehehe)
Iseng2 cek ke bengkel spesialis, kira2 estimasi klo di bengkel spesialis akan perlu sekitar 5-8jt, mungkin mentok2 10jtan karena tidak ganti part 1 gelondongan seperti di beres.
Opsi kalau ganti sebenarnya saat ini yg value for money ada di Baleno, fitur jg mirip2, paling yg akan berasa hilang di blind spot monitoring dan RCTA nya, walau Baleno juga punya "RCTA"yg via image recognition, tanpa actual sensor, akurasinya masih perlu di test, namun Baleno ya modelnya gitu ya, bukan selera semua orang hahaha..
Kalau mau ganti yg bener2 sreg ngikutin keinginan sebenernya di M3 Sedan, tapi harga lumayan jauh selisihnya, opsi kedua ke Crosstrek namun masih agak ragu dengan aftersales nya Subaru, apakah ada yg punya pengalaman? terutama dari segi part availability nya dan biaya service (Mazda di atas jepun lain dalam hal biaya service, Subaru apakah sekelas Mazda atau di atasnya ya?)
Butuh masukan dari suhu - suhu sekalian, apakah masih worth pertahankan M2 Sky dengan service di bengkel spesialis?
I know Baleno & Crosstrek beda kelas, tp saya orgnya tipe yg cari value for money, jika opsinya antara pertahankan M2 Sky atau ganti salah satu dari 2 opsi ini, suhu - suhu akan pilih opsi yg mana?
Tp anyway, kalau memang mau ganti. Baleno driving feelnya cukup mirip ama mazda 2. Adek ane pake baleno, jd bisa compare. Buat sruntulan gitu, enak sih si baleno yg udah mesin k15. Dashboard baleno tergantung selera, tp menurut ane agak bikin claustrophobic karena tinggi bikin pengemudi berasa tenggelam.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
kalo mentingin fitur, driving feel sm handling masih cukup worth. ga kalah sm mobil2 sekelasnya jaman now. tp kalo emg mau ganti ya kalo baru saya vote HRV SE / CX3. kalo aftersales subaru saya kurang tau. tp kalo dari segi driving feel sm handling ya sedikit diatas mazda menurut saya, kebetulan pernah td crosstrek jg hehejutah wrote: Fri Jul 12, 2024 11:27 Maap angkat thread lama suhu suhu sekalian.
Karena saat ini lagi di posisi yg agak mirip ama TS, cuma bedanya saya masih 50:50 antara ganti atau engga.
Knp 50:50, karena jujur enjoy pake M2 Sky GT 2015 yg odo nya hampir menjelang 70k, seiring pemakaian yg udah 8+ tahun ini mulai lah minta jajan si M2 Sky ini, cek ke beres yg perlu di ganti menurut mereka adalah:
1. engine mounting (agak getar saat idle dan saat akselerasi awal bunyi seperti "krook")
2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)
3. fan mesin (bunyi fan sudah agak kasar terutama saat ac hidup, tp rasanya hanya beltnya mungkin yg perlu diganti)
Di berikan estimasi oleh beres ganti semua itu total sama ongkos pasang kira2 45jtan, saya jadi berpikir klo 45jtan mending ganti mobil baru (tidak prefer 2nd karena mengejar peace of mind hehehe)
Iseng2 cek ke bengkel spesialis, kira2 estimasi klo di bengkel spesialis akan perlu sekitar 5-8jt, mungkin mentok2 10jtan karena tidak ganti part 1 gelondongan seperti di beres.
Opsi kalau ganti sebenarnya saat ini yg value for money ada di Baleno, fitur jg mirip2, paling yg akan berasa hilang di blind spot monitoring dan RCTA nya, walau Baleno juga punya "RCTA"yg via image recognition, tanpa actual sensor, akurasinya masih perlu di test, namun Baleno ya modelnya gitu ya, bukan selera semua orang hahaha..
Kalau mau ganti yg bener2 sreg ngikutin keinginan sebenernya di M3 Sedan, tapi harga lumayan jauh selisihnya, opsi kedua ke Crosstrek namun masih agak ragu dengan aftersales nya Subaru, apakah ada yg punya pengalaman? terutama dari segi part availability nya dan biaya service (Mazda di atas jepun lain dalam hal biaya service, Subaru apakah sekelas Mazda atau di atasnya ya?)
Butuh masukan dari suhu - suhu sekalian, apakah masih worth pertahankan M2 Sky dengan service di bengkel spesialis?
I know Baleno & Crosstrek beda kelas, tp saya orgnya tipe yg cari value for money, jika opsinya antara pertahankan M2 Sky atau ganti salah satu dari 2 opsi ini, suhu - suhu akan pilih opsi yg mana?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
subaru ya harusnya sama aja harga partsnya, kan sama" impor semuajutah wrote: Fri Jul 12, 2024 11:27 2. kaki - kaki/shock (sebetulnya belum berisik, namun karena karet shock stoppernya sudah sobek, menurut beres biasanya usia shock sudah tidak lama lagi)

klo ampe 45jt ya mungkin kaki" digantinya banyak & depan belakang
coba liat estimasinya

tapi oe aja benerin kaki" (blon termasuk bagian belakang & low arm) ud 5jt parts 555 heiker showa ama support ori, ya manuk akal aja siy klo full ori mah 10jt bisa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Thu Oct 13, 2005 7:58
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
detailnya saya agak lupa, dicari2 ga ketemu lagi estimasi dari beres kemarin, tp yg pasti saya ingat 9jtan untuk fan mesin, 5jtan untuk engine mounting dan sisa nya untuk ke 4 kaki2 dan biaya pemasangannya.
saya sempat diskusi sama mbah marmut jg, tp memang kendala jarak tempat saya ke beliau yg jadi halanganjosomba wrote: Fri Jul 12, 2024 12:26
Saya semenjak 40k sampe 135k, kalau servis rutin selalu ke salah satu mbah disini. Paling bawa oli atau parts sendiri aja kalau ada yg perlu diganti. Kalau masih mau meneruskan rawat n jarak ke salah satu mbah disini masih ok, bisa jd opsi retain tu masdut 2 n jd pasien rutin mbah marmut.
Tp anyway, kalau memang mau ganti. Baleno driving feelnya cukup mirip ama mazda 2. Adek ane pake baleno, jd bisa compare. Buat sruntulan gitu, enak sih si baleno yg udah mesin k15. Dashboard baleno tergantung selera, tp menurut ane agak bikin claustrophobic karena tinggi bikin pengemudi berasa tenggelam.

sepertinya saya perlu test drive dulu ya untuk Baleno nya, keliatannya cukup ok untuk driving feelnya, sejauh ini baru liat2 di pameran2 dalam mall saja.
Untuk konfigurasi on - off atau setting fitur2nya saya sempat liat di YT juga keliatannya lengkap, mirip2 MZD connectnya Mazda, cuma masih belum ada fisik command center nya aja, thank you infonya om

kayanya perlu TD jg nih crosstrek ya, klo CX3 jujur ga masuk dalam pilihan karena interiornya terutama dashboard mirip banget sama M2, ga berasa ganti jadinyaPboyz97 wrote: Fri Jul 12, 2024 17:48
kalo mentingin fitur, driving feel sm handling masih cukup worth. ga kalah sm mobil2 sekelasnya jaman now. tp kalo emg mau ganti ya kalo baru saya vote HRV SE / CX3. kalo aftersales subaru saya kurang tau. tp kalo dari segi driving feel sm handling ya sedikit diatas mazda menurut saya, kebetulan pernah td crosstrek jg hehe

iya 45jt untuk depan dan belakang omdarrelund wrote: Sat Jul 13, 2024 1:54
subaru ya harusnya sama aja harga partsnya, kan sama" impor semua![]()
klo ampe 45jt ya mungkin kaki" digantinya banyak & depan belakang
coba liat estimasinya![]()
tapi oe aja benerin kaki" (blon termasuk bagian belakang & low arm) ud 5jt parts 555 heiker showa ama support ori, ya manuk akal aja siy klo full ori mah 10jt bisa