Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
rizqgian wrote: Mon Jul 08, 2024 3:06
Terima kasih infony om, mobil vios saya ini kan oli ny sludge, jadi gaperlu engine flush ya? Ckup rutin gnti oli 0w20 itu sj bisa ngilangin sludge ya om?
Janganlah om, kalo emang udah terdeteksi sludge atasi dulu masalahnya jgn main di isi oli aja. Coba pakai PTT flushing oil, dia ini oli yg khusus buat flush kalo dah ada sludge. Buat vios step nya :
1. Buang oli lama
2. Ganti filter oli
3. Isi PTT engine flush 4 ltr
4. Nyalakan mesin IDLE selama 15-20 menit(JAngan dibawa jalan)
5. Buang PTT flush bekas
6. Ganti filter oli
7. Ganti sama oli baru yg di kehendaki. Tapi saya sarankan pake dulu oli diesel buat 4-5rb km/max 4 bulan, seperti PTT diesel dynamic common rail 10w30(cuma 70rban seliter)
Setelah 4bulan/4-5 RB km, baru pake oli yg d kehendaki.
fivefour321 wrote: Sun Jul 07, 2024 21:13
halo semuanya, mau tanya. baru aja angkut mazda 6 2016, kira oli 0w20 yang cocok buat mobil ini apa ya? budget under 180k yang bisa mendekati 10.000km.
thanks
Mazda 6 ini GDI bukan yah? saya juga pinisirin nih apakah oli ngaruh ke tumpukan karbon di intake valve?
Kalo di cokro ada petronas, atau toko oli yg lengkap di bekasi namanya spit serpis coba yg arabian adnoc atau caltek, cari aja yg ada cap dexos dan acea kayanya dah aman buat gdi
*bukan sales oli/bengkel
Sangat amat ngaruh om, klo mau ribet dikit pake oil catch can. Klo cari oli cari yg NOACK nya paling ok.
rizqgian wrote: Mon Jul 08, 2024 3:06
Terima kasih infony om, mobil vios saya ini kan oli ny sludge, jadi gaperlu engine flush ya? Ckup rutin gnti oli 0w20 itu sj bisa ngilangin sludge ya om?
Janganlah om, kalo emang udah terdeteksi sludge atasi dulu masalahnya jgn main di isi oli aja. Coba pakai PTT flushing oil, dia ini oli yg khusus buat flush kalo dah ada sludge. Buat vios step nya :
1. Buang oli lama
2. Ganti filter oli
3. Isi PTT engine flush 4 ltr
4. Nyalakan mesin IDLE selama 15-20 menit(JAngan dibawa jalan)
5. Buang PTT flush bekas
6. Ganti filter oli
7. Ganti sama oli baru yg di kehendaki. Tapi saya sarankan pake dulu oli diesel buat 4-5rb km/max 4 bulan, seperti PTT diesel dynamic common rail 10w30(cuma 70rban seliter)
Setelah 4bulan/4-5 RB km, baru pake oli yg d kehendaki.
ikut nimbrung gan, beberapa nyaranin pake oli diesel kalo ada indikasi olinya ngesludge tipis. kira2 kalo oli dieselnya dipake jangka lama buat boil bensen walopun ga ada sludge aman ga gan?
karena kadang2 harganya ni oli diesel di viskositas segitu cukup menggiurkan dibanding oli bensen
rizqgian wrote: Mon Jul 08, 2024 3:06
Terima kasih infony om, mobil vios saya ini kan oli ny sludge, jadi gaperlu engine flush ya? Ckup rutin gnti oli 0w20 itu sj bisa ngilangin sludge ya om?
Janganlah om, kalo emang udah terdeteksi sludge atasi dulu masalahnya jgn main di isi oli aja. Coba pakai PTT flushing oil, dia ini oli yg khusus buat flush kalo dah ada sludge. Buat vios step nya :
1. Buang oli lama
2. Ganti filter oli
3. Isi PTT engine flush 4 ltr
4. Nyalakan mesin IDLE selama 15-20 menit(JAngan dibawa jalan)
5. Buang PTT flush bekas
6. Ganti filter oli
7. Ganti sama oli baru yg di kehendaki. Tapi saya sarankan pake dulu oli diesel buat 4-5rb km/max 4 bulan, seperti PTT diesel dynamic common rail 10w30(cuma 70rban seliter)
Setelah 4bulan/4-5 RB km, baru pake oli yg d kehendaki.
ikut nimbrung gan, beberapa nyaranin pake oli diesel kalo ada indikasi olinya ngesludge tipis. kira2 kalo oli dieselnya dipake jangka lama buat boil bensen walopun ga ada sludge aman ga gan?
karena kadang2 harganya ni oli diesel di viskositas segitu cukup menggiurkan dibanding oli bensen
Gpp, selama ada sertifikasi buat mesin bensin, let say API SN/CI4 misalnya, itu bisa buat mesin bensin dan diesel.
Tp biasanya oli yg bisa 2 dunia kyk gtu, relatif lbh kentel di visco yg sama.
Sy jg lbh prefer oli bensin-diesel untuk ngusir sludge, sambil dipakai jalan dgn OCI pendek.
Drpd pakai flushing oil yg dipakainya cm 15 menit engine run.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Gpp, selama ada sertifikasi buat mesin bensin, let say API SN/CI4 misalnya, itu bisa buat mesin bensin dan diesel.
Tp biasanya oli yg bisa 2 dunia kyk gtu, relatif lbh kentel di visco yg sama.
ah i c mbah, thx penjelasannya paling misalnya range kv 5w itu 10-14 cst, klo oli 2 dunia lebih ke mendekati 14cst ya dan buntut belakangnya SAE 30 range kv nya misal 60-65 cst jg bakal lebih mendekati ke 65 ya brarti?
Gpp, selama ada sertifikasi buat mesin bensin, let say API SN/CI4 misalnya, itu bisa buat mesin bensin dan diesel.
Tp biasanya oli yg bisa 2 dunia kyk gtu, relatif lbh kentel di visco yg sama.
ah i c mbah, thx penjelasannya paling misalnya range kv 5w itu 10-14 cst, klo oli 2 dunia lebih ke mendekati 14cst ya dan buntut belakangnya SAE 30 range kv nya misal 60-65 cst jg bakal lebih mendekati ke 65 ya brarti?
iya, tapi gak semuanya spt itu yaa
hny bbrp merk dan tipe oli aja.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kalo yang mahal dan bagus merk apa om? Mobil saya itu oli ny sludge, rekomendasiny engine flush atau digimanain ya om? Terima kasih
kl ud sludge, palagi enjin 1NZ, dan odo ud tinggi, amat sangat bagus turun mesin skalian
1NZ itu enjin super kuat (kalau dirawat telaten rutin bener), tp kl rawat teledor alamat liner baret, sala2 ngejim tu piston,
atau kl takut mahal, coba bawa ke bengkel suru buka cover deksel ama oil pan, suru montir serokin tu sludge satu2, abis itu tuang flushing Oil kaya si PTT punya , sambil berdoa tu enjin masi bsa diselametin
misi suhu numpang nanya,
klo Fiesta 2012, dikasih oli Fastron Gold / Mobil 1 / Shell Helix Ultra dengan sae sama 5w-30, gak apa2 kah?
atau adakah oli yg aman dan ekonomis?
sikomar wrote: Tue Jul 09, 2024 5:26
misi suhu numpang nanya,
klo Fiesta 2012, dikasih oli Fastron Gold / Mobil 1 / Shell Helix Ultra dengan sae sama 5w-30, gak apa2 kah?
atau adakah oli yg aman dan ekonomis?
Suryaputra wrote: Tue Jul 09, 2024 1:56
Gpp, selama ada sertifikasi buat mesin bensin, let say API SN/CI4 misalnya, itu bisa buat mesin bensin dan diesel.
Tp biasanya oli yg bisa 2 dunia kyk gtu, relatif lbh kentel di visco yg sama.
Sy jg lbh prefer oli bensin-diesel untuk ngusir sludge, sambil dipakai jalan dgn OCI pendek.
Drpd pakai flushing oil yg dipakainya cm 15 menit engine run.
Suryaputra wrote: Tue Jul 09, 2024 1:56
Gpp, selama ada sertifikasi buat mesin bensin, let say API SN/CI4 misalnya, itu bisa buat mesin bensin dan diesel.
Tp biasanya oli yg bisa 2 dunia kyk gtu, relatif lbh kentel di visco yg sama.
Sy jg lbh prefer oli bensin-diesel untuk ngusir sludge, sambil dipakai jalan dgn OCI pendek.
Drpd pakai flushing oil yg dipakainya cm 15 menit engine run.
omong" oli visco aneh:
Yah jgn lbh dr 1thn or 15rb km lahh.
Biar kelas keraton jg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sikomar wrote: Tue Jul 09, 2024 5:26
misi suhu numpang nanya,
klo Fiesta 2012, dikasih oli Fastron Gold / Mobil 1 / Shell Helix Ultra dengan sae sama 5w-30, gak apa2 kah?
atau adakah oli yg aman dan ekonomis?
bayumas80 wrote: Mon Jul 08, 2024 9:11
Mau tanya para senior.
Kalau 2az-fe rekomen pakai oli tipe apa ya?
Selama ini pakai 10w-40 entah itu TMO, shell HX7 atau fastron, dah 1 tahun pakai tipe ini dan sebelumnya pakai TMO 5w-30 cuma karena umur Harrier yang sudah 16 tahun disarankan pakai 10w-40 oleh bengkel langganan.
Waktu ganti balancer shaft kondisi tidak ada sludge maupun varnish yang mencolok
Kayanya saya sering banget denger mitos2 kaya gini, kalo mesin mobilnya toyota seri K atau seri F mungkin bener, jangan dikasih 5W30 apalagi 0W20, lha ini mesin Toyota modern, metalurgi nya beda, proses produksinya beda, lebih presisi, perakitanya beda ko yaa masih disamain.
Mobil saya juga udah mau sweet seventeen rencana besok pakai fastron 15W50 atau prima xp 20W50 biar kaya vw air cooled
L300 saya yang udah umur 19 tahun. 304.000km. Masih pake 10w40 sesuai buku manual.
sikomar wrote: Tue Jul 09, 2024 5:26
misi suhu numpang nanya,
klo Fiesta 2012, dikasih oli Fastron Gold / Mobil 1 / Shell Helix Ultra dengan sae sama 5w-30, gak apa2 kah?
atau adakah oli yg aman dan ekonomis?
sikomar wrote: Tue Jul 09, 2024 5:26
misi suhu numpang nanya,
klo Fiesta 2012, dikasih oli Fastron Gold / Mobil 1 / Shell Helix Ultra dengan sae sama 5w-30, gak apa2 kah?
atau adakah oli yg aman dan ekonomis?
tetep mending motul ya.
klo beli onlen gini, trus dibawa ke shop n drive, mereka mau gantiin ga ya?
saya pernah bawa oli sendiri ke SnD tapi sudah lama sekali, waktu itu jamannya schaeffer 9000 5w30 masih ada online, ya beli filter oli aspira exposio di mereka dan ada biaya ganti oli
almer18 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:06
Ganti oli dulu ah.. Buat gantiin repsol gxr platinum..
Feelnya antara GXR dan PFT sama sama 5W30 bagaimana pak ?
Kalau dr pertama tuang lebih enteng GXR platinum dibanding PFT.. Pernah coba yg fastron eco 5w30 mirip2 feelingnya sm PFT ini.. Makanya waktu pake fastron eco cuma pakai sekitar 3000 KM aja krn udh mulai gak enak menurut feeling saya. Hehe
almer18 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:06
Ganti oli dulu ah.. Buat gantiin repsol gxr platinum..
Feelnya antara GXR dan PFT sama sama 5W30 bagaimana pak ?
Kalau dr pertama tuang lebih enteng GXR platinum dibanding PFT.. Pernah coba yg fastron eco 5w30 mirip2 feelingnya sm PFT ini.. Makanya waktu pake fastron eco cuma pakai sekitar 3000 KM aja krn udh mulai gak enak menurut feeling saya. Hehe
baik bang.,di tunggu testimonik pemakaian setelah 2.000 atau 3.000 km dengan PFT.
saya sendiri dari Repsol GXR platinum beralih ke Repsol neo leader. sama sama 5W30 tapi api servicenya GXR = SN, kalau neo leader sudah SP. impresi pertama setelah tuang lebih enak neo leader, mesin sedikti lebih halus dan jadi lebih enak saat dipakai (terasa smooth, digas juga lebih enak), kemungkinan bakal terus di neo leader ini. flash poinnya juga cukup tinggi, 240 derajat celsius.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
buyMK wrote: Tue Jul 09, 2024 14:06
Malam om, mumpung lagi bahas flushing oil, ini beneran ngefek ya kalau pake ptt oil flush ? takutnya cuma gimmick aja.
kemaren baru beli q8 special RN 5w30 dapet saran sepuh sini. tapi ane liat di lubang oli kaya ada keraknya gitu. niatnya mau coba ptt oil flush.
coba buka head covernya, separah apa varnish atau kerak nya ?
klo terlihat jelas, mending sblm pk Q8 RN,
1. kasih oli diesel 70rb seliter dulu aja + ganti filter oli baru
2. sering running mid-hi rpm di gear rendah / olahraga di tol
3. Ganti di interval 1-2rb km
4. Ulangi lagi poin #1 - #3
5. Cek varnish / keraknya jika udah berkurang, baru tuang Q8 RN + Filter oli baru
Enjoyy
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
buyMK wrote: Tue Jul 09, 2024 14:06
Malam om, mumpung lagi bahas flushing oil, ini beneran ngefek ya kalau pake ptt oil flush ? takutnya cuma gimmick aja.
kemaren baru beli q8 special RN 5w30 dapet saran sepuh sini. tapi ane liat di lubang oli kaya ada keraknya gitu. niatnya mau coba ptt oil flush.
coba buka head covernya, separah apa varnish atau kerak nya ?
klo terlihat jelas, mending sblm pk Q8 RN,
1. kasih oli diesel 70rb seliter dulu aja + ganti filter oli baru
2. sering running mid-hi rpm di gear rendah / olahraga di tol
3. Ganti di interval 1-2rb km
4. Ulangi lagi poin #1 - #3
5. Cek varnish / keraknya jika udah berkurang, baru tuang Q8 RN + Filter oli baru
Enjoyy
wah mahal juga ya kalau 3 liter * 70rb = 210rb
kalau 2 kali ulang prosesnya udah 420rban. oli diesel 70 rebuan oli apaan pak ?
gatau juga keraknya disebut tebel atau enggak, nanti ane coba fotoin. tapi dibanding yang innova si march ini lumayan berkerak sih