Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Tue Jul 02, 2024 2:09 Om2 sekalian,

1. Hankook Ventus Prime 4
2. Goodyear ATM 2

untuk ukuran 215 55 R17 di reborn, dari 2 itu bakal pilih mana? concern utama aquaplanning, kedua noise. pemakaian kadang tol transjawa jarak jauh.

sekarang pake Primacy 4. liat2 barunya harganya makin meroket, iseng cari alternatif. baca2 di sini review ATM 2 cukup positif, ditambah ada garansi 12 bulan.


Personal Opinion.. Both ok.

Klo lihat tread groovenya, ATM2 mantep buat jalan basah, dan Hankook ok buat jalan kering.

Pilih yg harganya paling masuk budget ajah untuk total 4 ban.

Klo hujan / basah.. gak usah kenceng2, normal ajah, krn bukan sirkuit balap :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by well »

Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 3:13
forzanetti wrote: Tue Jul 02, 2024 2:09 Om2 sekalian,

1. Hankook Ventus Prime 4
2. Goodyear ATM 2

untuk ukuran 215 55 R17 di reborn, dari 2 itu bakal pilih mana? concern utama aquaplanning, kedua noise. pemakaian kadang tol transjawa jarak jauh.

sekarang pake Primacy 4. liat2 barunya harganya makin meroket, iseng cari alternatif. baca2 di sini review ATM 2 cukup positif, ditambah ada garansi 12 bulan.


Personal Opinion.. Both ok.

Klo lihat tread groovenya, ATM2 mantep buat jalan basah, dan Hankook ok buat jalan kering.

Pilih yg harganya paling masuk budget ajah untuk total 4 ban.

Klo hujan / basah.. gak usah kenceng2, normal ajah, krn bukan sirkuit balap :big_grin:
suhu, mohon diskusi, ATM2 klo saya lihat lubang alur bannya kecil2 sedangkan ventus prime 4 lbh besar2 lubangnya, apakah kalau yg celah alurnya lbh besar lbh cocok untuk hujan ya?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

well wrote: Tue Jul 02, 2024 4:55
Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 3:13
forzanetti wrote: Tue Jul 02, 2024 2:09 Om2 sekalian,

1. Hankook Ventus Prime 4
2. Goodyear ATM 2

untuk ukuran 215 55 R17 di reborn, dari 2 itu bakal pilih mana? concern utama aquaplanning, kedua noise. pemakaian kadang tol transjawa jarak jauh.

sekarang pake Primacy 4. liat2 barunya harganya makin meroket, iseng cari alternatif. baca2 di sini review ATM 2 cukup positif, ditambah ada garansi 12 bulan.


Personal Opinion.. Both ok.

Klo lihat tread groovenya, ATM2 mantep buat jalan basah, dan Hankook ok buat jalan kering.

Pilih yg harganya paling masuk budget ajah untuk total 4 ban.

Klo hujan / basah.. gak usah kenceng2, normal ajah, krn bukan sirkuit balap :big_grin:
suhu, mohon diskusi, ATM2 klo saya lihat lubang alur bannya kecil2 sedangkan ventus prime 4 lbh besar2 lubangnya, apakah kalau yg celah alurnya lbh besar lbh cocok untuk hujan ya?
As far as i know.

Tread depth
Tread gap kiri kanan depan blkg nya
Itu menentukan kecepatan jalur evakuasi air.

Contoh: ban basah / hujan nya f1
Tread nya renggang2 + kompon karetnya designed for wet.

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by well »

Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 7:24
well wrote: Tue Jul 02, 2024 4:55
Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 3:13



Personal Opinion.. Both ok.

Klo lihat tread groovenya, ATM2 mantep buat jalan basah, dan Hankook ok buat jalan kering.

Pilih yg harganya paling masuk budget ajah untuk total 4 ban.

Klo hujan / basah.. gak usah kenceng2, normal ajah, krn bukan sirkuit balap :big_grin:
suhu, mohon diskusi, ATM2 klo saya lihat lubang alur bannya kecil2 sedangkan ventus prime 4 lbh besar2 lubangnya, apakah kalau yg celah alurnya lbh besar lbh cocok untuk hujan ya?
As far as i know.

Tread depth
Tread gap kiri kanan depan blkg nya
Itu menentukan kecepatan jalur evakuasi air.

Contoh: ban basah / hujan nya f1
Tread nya renggang2 + kompon karetnya designed for wet.

Image
benar om, setahu saya kalau renggang2 biasanya lbh cocok untuk jalan basah.
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by vanosz »

nih br ganti kmaren,walo kt mekanik masih lumayan krmbangnya,karena sudaj dikit lagi kena twi,skalian dr dunlop ke dueler,belakang micin primacy suv plus,
ane bilang ganti aja,

maklum ane aliran maniak ngaspolllll jarum sepet sering nyender pojok kanan bawah,


apalg brp ari lalu jumat siang lagi santai lari 140 truk 2.8 300 hp di isengin bmw x3 baru facelif disampingin ngajakin main di tol,

maklum mentang mentang merk shir repair plisur karakter ownernya kbanyakan batu mobil paling kencang stabil dan brasa wow jadi orkay

yah untung ban belum lama ganti 4 dueler,

bisa lenggak lenggok kanan kiri 200,bisa brapa x tebas di selipan,

mungkin pulang ketiduran liat olx jual tuh x3 harga 3 x lipat kok kalah sama truk kelas kuli harga murah

maklum suspensi sport,rem brembo 8 pot,itu aja saking kepanasan panjang jaraknya ngaspollllll di rem gak mau brenti masih jalan pelan di pintu tol,hampir dorong honda brio yg lagi antri pintu tol untung jalan slesai bayar pas dekat gak sampe 10 meter,rejeki anak soleh

rem belakang hangus item,lagi kepikiran ganti bbk yg blakang,
rem depan serbuk kampas nempel di piringan,

yah klo orang tau aturan ngebut harus faham aturan,gimana truk bisa diam,

rem gak sampe 10 ribu km sudah mau habis kampas nih,


dr 4 mobil yang ini paling parah mau habis,

no problem main mobil emang mahal,

nanti mampir ke steven brake shop,mungkin 1000km kynya habis,

kalo was was main sepeda ada keranjangnya buat belanja sayur di pasar,
klo belum siap mental main mobil skedar omon omon gak jelas nanti klo sudah kuat jiwa dan raga dan sudah mapan br main mobil,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

well wrote: Tue Jul 02, 2024 10:09
Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 7:24
well wrote: Tue Jul 02, 2024 4:55

suhu, mohon diskusi, ATM2 klo saya lihat lubang alur bannya kecil2 sedangkan ventus prime 4 lbh besar2 lubangnya, apakah kalau yg celah alurnya lbh besar lbh cocok untuk hujan ya?
As far as i know.

Tread depth
Tread gap kiri kanan depan blkg nya
Itu menentukan kecepatan jalur evakuasi air.

Contoh: ban basah / hujan nya f1
Tread nya renggang2 + kompon karetnya designed for wet.

Image
benar om, setahu saya kalau renggang2 biasanya lbh cocok untuk jalan basah.
permisi mbah...
ikut bertanya, kalo dari gambar, kira2 deskripsinya seperti apa ya, antara kanan - tengah - kiri..
maksudnya, misalnya nih, yang kiri unggul jalan basah, jalan kering so so dan lain2..
makasih mbah...
TRIO 2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:01
well wrote: Tue Jul 02, 2024 10:09
Suryaputra wrote: Tue Jul 02, 2024 7:24

As far as i know.

Tread depth
Tread gap kiri kanan depan blkg nya
Itu menentukan kecepatan jalur evakuasi air.

Contoh: ban basah / hujan nya f1
Tread nya renggang2 + kompon karetnya designed for wet.

Image
benar om, setahu saya kalau renggang2 biasanya lbh cocok untuk jalan basah.
permisi mbah...
ikut bertanya, kalo dari gambar, kira2 deskripsinya seperti apa ya, antara kanan - tengah - kiri..
maksudnya, misalnya nih, yang kiri unggul jalan basah, jalan kering so so dan lain2..
makasih mbah...

TRIO 2.jpg
ini cmn secara teori aja yahh
- asumsinya kompon silicanya sama gradenya
- kelasnya sama
- lebar dan tinggi sama
- load rating sama
- depth groove sama

yg paling kanan, biasanya paling enak buat basah,
evakuasi airnya lancar krn rongga treadnya lbh renggang sampai ke luar pinggir ban.

klo makin rapat, makin enak buat jalan kering, karena tread makin rapat = makin enak gripnya.
- cek racing slick tyres

*disklemer
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 5:07
suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:01
well wrote: Tue Jul 02, 2024 10:09
TRIO 2.jpg
ini cmn secara teori aja yahh
- asumsinya kompon silicanya sama gradenya
- kelasnya sama
- lebar dan tinggi sama
- load rating sama
- depth groove sama

yg paling kanan, biasanya paling enak buat basah,
evakuasi airnya lancar krn rongga treadnya lbh renggang sampai ke luar pinggir ban.

klo makin rapat, makin enak buat jalan kering, karena tread makin rapat = makin enak gripnya.
- cek racing slick tyres

*disklemer

Nuhun...
Dengan asumsi seperti di atas, secara teori, maka dari gambar di atas,
bisa dibilang semakin ke kiri berarti performanya kurang sip di jalan basah,
tetapi lebih bagus di jalan kering... cmiiw
Kalo mau all rounder di jalan basah & kering dengan memperhatikan kecepatan yg aman,
pilihannya lebih cenderung ke mana mbah? tengah?

Untuk cek racing slick tyres, ini ada situsnya sendiri atau harus ke brand masing2?

Nuhun...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by mkamil »

suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:35
Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 5:07
suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:01

TRIO 2.jpg
ini cmn secara teori aja yahh
- asumsinya kompon silicanya sama gradenya
- kelasnya sama
- lebar dan tinggi sama
- load rating sama
- depth groove sama

yg paling kanan, biasanya paling enak buat basah,
evakuasi airnya lancar krn rongga treadnya lbh renggang sampai ke luar pinggir ban.

klo makin rapat, makin enak buat jalan kering, karena tread makin rapat = makin enak gripnya.
- cek racing slick tyres

*disklemer

Nuhun...
Dengan asumsi seperti di atas, secara teori, maka dari gambar di atas,
bisa dibilang semakin ke kiri berarti performanya kurang sip di jalan basah,
tetapi lebih bagus di jalan kering... cmiiw
Kalo mau all rounder di jalan basah & kering dengan memperhatikan kecepatan yg aman,
pilihannya lebih cenderung ke mana mbah? tengah?

Untuk cek racing slick tyres, ini ada situsnya sendiri atau harus ke brand masing2?

Nuhun...
kombinasi atau transisi basah kering kayaknya lebih cocok green intermediate tire
IMG_4699.jpeg
tapi kalau genangan makin banyak full wet tire oke, kayak Haas waktu Canada GP awal2 race mantab banget
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Thu Jul 04, 2024 5:50
suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:35
Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 5:07
ini cmn secara teori aja yahh
- asumsinya kompon silicanya sama gradenya
- kelasnya sama
- lebar dan tinggi sama
- load rating sama
- depth groove sama

yg paling kanan, biasanya paling enak buat basah,
evakuasi airnya lancar krn rongga treadnya lbh renggang sampai ke luar pinggir ban.

klo makin rapat, makin enak buat jalan kering, karena tread makin rapat = makin enak gripnya.
- cek racing slick tyres

*disklemer

Nuhun...
Dengan asumsi seperti di atas, secara teori, maka dari gambar di atas,
bisa dibilang semakin ke kiri berarti performanya kurang sip di jalan basah,
tetapi lebih bagus di jalan kering... cmiiw
Kalo mau all rounder di jalan basah & kering dengan memperhatikan kecepatan yg aman,
pilihannya lebih cenderung ke mana mbah? tengah?

Untuk cek racing slick tyres, ini ada situsnya sendiri atau harus ke brand masing2?

Nuhun...
kombinasi atau transisi basah kering kayaknya lebih cocok green intermediate tire
IMG_4699.jpeg

tapi kalau genangan makin banyak full wet tire oke, kayak Haas waktu Canada GP awal2 race mantab banget
Iya sesuaikan kebutuhan aja.

______________________________

Tetap gak perlu top speed or gas poll.
Karena menantang takdir aja itu sih, krn udh tau diwanti wanti jalan raya = ya jalan raya :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 6:04
mkamil wrote: Thu Jul 04, 2024 5:50
suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:35


Nuhun...
Dengan asumsi seperti di atas, secara teori, maka dari gambar di atas,
bisa dibilang semakin ke kiri berarti performanya kurang sip di jalan basah,
tetapi lebih bagus di jalan kering... cmiiw
Kalo mau all rounder di jalan basah & kering dengan memperhatikan kecepatan yg aman,
pilihannya lebih cenderung ke mana mbah? tengah?

Untuk cek racing slick tyres, ini ada situsnya sendiri atau harus ke brand masing2?

Nuhun...
kombinasi atau transisi basah kering kayaknya lebih cocok green intermediate tire
IMG_4699.jpeg

tapi kalau genangan makin banyak full wet tire oke, kayak Haas waktu Canada GP awal2 race mantab banget
Iya sesuaikan kebutuhan aja.

______________________________

Tetap gak perlu top speed or gas poll.
Karena menantang takdir aja itu sih, krn udh tau diwanti wanti jalan raya = ya jalan raya :weekk:

Siap Mbah...
Haturnuhun...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 14:34
Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 6:04
mkamil wrote: Thu Jul 04, 2024 5:50

kombinasi atau transisi basah kering kayaknya lebih cocok green intermediate tire
IMG_4699.jpeg

tapi kalau genangan makin banyak full wet tire oke, kayak Haas waktu Canada GP awal2 race mantab banget
Iya sesuaikan kebutuhan aja.

______________________________

Tetap gak perlu top speed or gas poll.
Karena menantang takdir aja itu sih, krn udh tau diwanti wanti jalan raya = ya jalan raya :weekk:

Siap Mbah...
Haturnuhun...
hati hati di jalan mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

Suryaputra wrote: Fri Jul 05, 2024 4:29
suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 14:34
Suryaputra wrote: Thu Jul 04, 2024 6:04
hati hati di jalan mbah :mky_03:
Baik mbah...
Kalo udah berhenti 1meter di luar jalan aspal buat telponan,
tapi masih saja ditabrak itu gimana mbah?
:big_cry:
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

suketcell wrote: Fri Jul 05, 2024 7:13
Baik mbah...
Kalo udah berhenti 1meter di luar jalan aspal buat telponan,
tapi masih saja ditabrak itu gimana mbah?
:big_cry:
yah itu lah mbah, kadang sendirinya hati2... tp orang lain kan gak sama....

bnyk doa aja mbah, terhindar dr kecelakaan :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by blybly2 »

izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Personal opinion aja

Opsi 1 diusahakan.
Klo opsi 1 gak possible, ya udh opsi 2
+ MC6 yg masih bagus dijadikan serep or jual di toko ban :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by carl »

blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Current condition:
1. Ban Continental sekarang udah susah euy nyarinya, soalnya lagi ada pembatasan ban impor. Beberapa waktu lalu saya nyari UC7 aja mundur teratur gara2 gak nemu barangnya
2. Kayaknya kalau udah jalan 10-12 ribu artinya sekitar 20% ban udah terkikis dari awalnya (asumsi pemakaian ban sampai botak di 60rb km).

Berkaitan dengan pemakaian 20% dan moratorium ban impor, saya prefer ke opsi 2 deh, lagipula Hankook Ventus Prime cukup oke, paling harus maintain tekanannya aja jangan sampe kurang, ban lembek soalnya.

Ban Conti yang masih bagus masukin ke serep aja semisal serepnya itu full size (cuma seinget saya W204 ini antara gak ada serep atau space saver ya)
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by farizfsa »

blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Solusi lain, cari ban conti mc6 sebiji di marketplace fb
hendersz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by hendersz »

suketcell wrote: Thu Jul 04, 2024 5:01 permisi mbah...
ikut bertanya, kalo dari gambar, kira2 deskripsinya seperti apa ya, antara kanan - tengah - kiri..
maksudnya, misalnya nih, yang kiri unggul jalan basah, jalan kering so so dan lain2..
makasih mbah...

TRIO 2.jpg
Yang paling kiri itu Hankook Kinergy Eco2, ban tipe eco kayak Ecopia dan Enasave. Rolling resistance-nya rendah karena yang diutamakan adalah efisiensi bahan bakar. Yang tengah Goodyear Assurance Duraplus 2. Yang diutamakan tahan lama dan tahan benturan. Kalo yang paling kanan saya gak tahu merek dan tipenya tetapi dilihat dari kembangannya hampir yakin itu tipe ban all seasons yang cocok buat negara empat musim. Kompon bannya biasanya lunak agar bisa dipakai di musim dingin. Kalo dipake di negara tropis bisa saja. Tapi sepertinya gak akan tahan lama.
hendersz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by hendersz »

blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Kalo saya sih pasti pilihannya opsi 2. Dapat dua ban baru dan nggak belang dengan yang belakang. Ban MC6 yang masih bagus dijual saja.
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by blybly2 »

Suryaputra wrote: Tue Jul 09, 2024 7:31
blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Personal opinion aja

Opsi 1 diusahakan.
Klo opsi 1 gak possible, ya udh opsi 2
+ MC6 yg masih bagus dijadikan serep or jual di toko ban :mky_03:
coba2 nyari toko ijo di jkt keknya tipis bgt om stoknya, ada jg di bdg sebiji
carl wrote: Tue Jul 09, 2024 14:02
blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Current condition:
1. Ban Continental sekarang udah susah euy nyarinya, soalnya lagi ada pembatasan ban impor. Beberapa waktu lalu saya nyari UC7 aja mundur teratur gara2 gak nemu barangnya
2. Kayaknya kalau udah jalan 10-12 ribu artinya sekitar 20% ban udah terkikis dari awalnya (asumsi pemakaian ban sampai botak di 60rb km).

Berkaitan dengan pemakaian 20% dan moratorium ban impor, saya prefer ke opsi 2 deh, lagipula Hankook Ventus Prime cukup oke, paling harus maintain tekanannya aja jangan sampe kurang, ban lembek soalnya.

Ban Conti yang masih bagus masukin ke serep aja semisal serepnya itu full size (cuma seinget saya W204 ini antara gak ada serep atau space saver ya)
iya om ane biasa beli di continental yg di cipete skrg tinggal sisa2 stok doang, ventus prime sejauh ini sih ga ada masalah. W204 masih serep fullsize untungnya.
farizfsa wrote: Tue Jul 09, 2024 23:47
blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Solusi lain, cari ban conti mc6 sebiji di marketplace fb
udh cari om fariz, 1,3an 2nd, agak ga worth sih dulu wkt beli baru 1,6 soalnya :big_biglaugh:
hendersz wrote: Wed Jul 10, 2024 14:40
blybly2 wrote: Tue Jul 09, 2024 7:19 izin tanya disini suhu2 ban, mau minta pendapat.

mobil ane w204, dengan ban depan sepasang conti MC6 (beli apr 2023, jalan sekitar 10-12rb km) dan belakang hankook ventus prime 4 (baru 3bln). td malem ane kena musibah ban kanan depan robek di dinding kena benda tajam. nah skrg jadi ada 2 opsi:

1. beli conti mc6 yg sama 1pc buat ganti yg robek (kanan dpn), dgn catatan nyari conti mc6 ini skrg di jkt kayaknya rada PR jg sih :big_cry:
2. beli lg hankook ventus sepasang buat depan kiri-kanan

coba nyari di toko ijo conti mc6 sekitar 1,6-1,8jt an, ventus 2pcs 2,1jt :big_biglaugh:

concernnya sih kalo umur ban kiri kanan beda berasa bgt ga ya, blm pernah case gini :big_biglaugh:
Kalo saya sih pasti pilihannya opsi 2. Dapat dua ban baru dan nggak belang dengan yang belakang. Ban MC6 yang masih bagus dijual saja.
kayanya ini sih yg bakal diambil, MC6 gantiin ban serep goodyear assurance bawaan yg udh keras bgt
User avatar
Krigger
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Krigger »

Butuh referensi ban uk 235 60 r18 buat di crv turbo, dikarenakan ban yg dueler ini udah peyang dan bunyinya sangat mengganggu di speed 40-50km..
Pilihan utama sih mau ambil BFgoodrich advantage touring, karena harganya paling masuk akal, michelin primacy suv emoh krn harganya makin ga ngotak..
Apa ada saran lain para suhu?
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
Soedirman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Soedirman »

Setelah hampir 1 tahun pake gutyer ATM2, mendadak ada 1 ban yg sobek sedikit di bagian samping dalam, Saya gak tau persis kena apa sobeknya, tapi asumsi saya krn pas kurang angin trs saya gak sadar kena lobang..

Klaim garansi ke gutyer, tanpa babibu langsung dapet ban baru, produksi 0524. :off_good_job:
Bayar 100Rb untuk admin, pemasangan ban dan ballancing ban. :mky_04:
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kenop »

Soedirman wrote: Thu Jul 18, 2024 0:27 Setelah hampir 1 tahun pake gutyer ATM2, mendadak ada 1 ban yg sobek sedikit di bagian samping dalam, Saya gak tau persis kena apa sobeknya, tapi asumsi saya krn pas kurang angin trs saya gak sadar kena lobang..

Klaim garansi ke gutyer, tanpa babibu langsung dapet ban baru, produksi 0524. :off_good_job:
Bayar 100Rb untuk admin, pemasangan ban dan ballancing ban. :mky_04:
Berarti garansinya beneran ya bukan gimmick haha
Sy mau coba klaim garansi tp ban nya ngga kenapa2 sampe lewat masa garansi :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

kenop wrote: Thu Jul 18, 2024 0:44
Soedirman wrote: Thu Jul 18, 2024 0:27 Setelah hampir 1 tahun pake gutyer ATM2, mendadak ada 1 ban yg sobek sedikit di bagian samping dalam, Saya gak tau persis kena apa sobeknya, tapi asumsi saya krn pas kurang angin trs saya gak sadar kena lobang..

Klaim garansi ke gutyer, tanpa babibu langsung dapet ban baru, produksi 0524. :off_good_job:
Bayar 100Rb untuk admin, pemasangan ban dan ballancing ban. :mky_04:
Berarti garansinya beneran ya bukan gimmick haha
Sy mau coba klaim garansi tp ban nya ngga kenapa2 sampe lewat masa garansi :big_biglaugh:
4 4 nya ya mbah

jadi beli 4 dapat 8 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri