Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daviddetailermart »

mau tanya apakah ada yang pakai oli bardahl hvp c7 baik yg 10w40 ataupun 5w30? itu bisa dipakai max brp km atau brp bulan ya? untuk di innova 2kd yg lightly tuned ke 280hp...pemakaian normal saja hari2 dalam kota...jarang banget untuk pedal to metal...mainly dpakai istri untuk anter jemput anak....
mohon pencerahannya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Tue Jun 25, 2024 4:29
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:29
pintubesi wrote: Tue Jun 25, 2024 1:48 suhu2 , saya mau tanya untuk avanza lama yang flat tappet kan disarankan untuk oli yang standar API SL (selama ini saya pakai fastron gold 5w-30), apa boleh pakai oli diesel semi-synth API CI-4/SL SAE 10W-30 seperti PTT Dynamic Commonrail ini https://pttlubricants.co.id/mobil-diese ... -a3-b4-e7/ atau tetap pakai fastron gold saja? terimakasih :big_smile]
API SL
API SN
SN plus
SP

itu std minimal

udh sesuai untuk kebutuhan flat tappet.
dulu pernah baca beberapa page sebelumnya utk flat tappet butuh ZDDP tinggi buat anti-wear makanya rekom API SL dibanding SN (sbelum keluar API SP). eh makin ke sini makin bingung kandungan oli tu sebenernya gimana [emo-yesno]
too much zinc jg gak balance dgn aditif lain, malah gak bagus.
tribologist produsen oli udah kasih racikan yg pass, jd kita gak perlu nambah ini itu lagi.
krn malah jd snake oil ntar :big_biglaugh:

Salah satunya Fastron aja mbah,
murah dan jaminan mutu.
Produk lokal kebangaan NKRI.

klo mau tau specific zinc tinggi atau nggak, ya test lab.

test labnya mbah saturday, Zinc nya Fastron Gold API SN di atas rata2,
viewtopic.php?p=1301457#p1301457
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Tue Jun 25, 2024 5:24 milih oli bukan kaya milih pasangan idup (mili pasangan idup aj ga seribet milih oli koq), yg penting aseli dan sesuai yg diminta buku primbon mobil , jangan mau dikibulin tukang jual oli atau bengkel, palagi resing2an sepit2an enjinering2an sgala

tempo ari kita orang perna post daleman enjin motuba kita orang, yaris bapao usia abege odo 70 rebu, sedari lahir dicekokin tmo yg api SM, gapapa tu panjul noken as nya, padahal flat tappet
beruntung

btw varnish gak mbah? :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 5:32 mau tanya apakah ada yang pakai oli bardahl hvp c7 baik yg 10w40 ataupun 5w30? itu bisa dipakai max brp km atau brp bulan ya? untuk di innova 2kd yg lightly tuned ke 280hp...pemakaian normal saja hari2 dalam kota...jarang banget untuk pedal to metal...mainly dpakai istri untuk anter jemput anak....
mohon pencerahannya
lightly tuned, tapi 280 HP ?
agak paradoks yaaa :upss: :upss:

Selain bardhal HVP C7 5w30, ada:
- PTT DYNAMIC COMMONRAIL API CI-4/SL ACEA A3/B4/E7 10w30
or
- Q8 FT7000 10w30
relatif murmer juga.

klo durasi pakai, 7-8rb km sambil cek dipstick ada penyusutan gak?
make sure cooling system fresh dan ok.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daviddetailermart »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 5:49
daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 5:32 mau tanya apakah ada yang pakai oli bardahl hvp c7 baik yg 10w40 ataupun 5w30? itu bisa dipakai max brp km atau brp bulan ya? untuk di innova 2kd yg lightly tuned ke 280hp...pemakaian normal saja hari2 dalam kota...jarang banget untuk pedal to metal...mainly dpakai istri untuk anter jemput anak....
mohon pencerahannya
lightly tuned, tapi 280 HP ?
agak paradoks yaaa :upss: :upss:

Selain bardhal HVP C7 5w30, ada:
- PTT DYNAMIC COMMONRAIL API CI-4/SL ACEA A3/B4/E7 10w30
or
- Q8 FT7000 10w30
relatif murmer juga.

klo durasi pakai, 7-8rb km sambil cek dipstick ada penyusutan gak?
make sure cooling system fresh dan ok.
on paper sih 280hp tp nyatanya ga pernah pake map yang itu...slalu pake map yng plg ringan kyny sih 210hp... skarang ini pake HVP C7 ygn 10w40 sudah jalan ampir 5bln dan 5000km..penasaran saja bisa dpaake sampe brp km....sudah beli yg 5w30 jg karena disaranin pake ygn lebih encer gara2 2kd nya pake thermostat yg 76drajat....
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 7:30
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 5:49
daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 5:32 mau tanya apakah ada yang pakai oli bardahl hvp c7 baik yg 10w40 ataupun 5w30? itu bisa dipakai max brp km atau brp bulan ya? untuk di innova 2kd yg lightly tuned ke 280hp...pemakaian normal saja hari2 dalam kota...jarang banget untuk pedal to metal...mainly dpakai istri untuk anter jemput anak....
mohon pencerahannya
lightly tuned, tapi 280 HP ?
agak paradoks yaaa :upss: :upss:

Selain bardhal HVP C7 5w30, ada:
- PTT DYNAMIC COMMONRAIL API CI-4/SL ACEA A3/B4/E7 10w30
or
- Q8 FT7000 10w30
relatif murmer juga.

klo durasi pakai, 7-8rb km sambil cek dipstick ada penyusutan gak?
make sure cooling system fresh dan ok.
on paper sih 280hp tp nyatanya ga pernah pake map yang itu...slalu pake map yng plg ringan kyny sih 210hp... skarang ini pake HVP C7 ygn 10w40 sudah jalan ampir 5bln dan 5000km..penasaran saja bisa dpaake sampe brp km....sudah beli yg 5w30 jg karena disaranin pake ygn lebih encer gara2 2kd nya pake thermostat yg 76drajat....
ok sikat aja klo gtu w30 nya

thermosnya cukup rendah, jd butuh lbh encer dr visco w40 untuk thermos standard lbh tinggi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
daviddetailermart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Mon Aug 18, 2014 8:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daviddetailermart »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 9:44
daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 7:30
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 5:49

lightly tuned, tapi 280 HP ?
agak paradoks yaaa :upss: :upss:

Selain bardhal HVP C7 5w30, ada:
- PTT DYNAMIC COMMONRAIL API CI-4/SL ACEA A3/B4/E7 10w30
or
- Q8 FT7000 10w30
relatif murmer juga.

klo durasi pakai, 7-8rb km sambil cek dipstick ada penyusutan gak?
make sure cooling system fresh dan ok.
on paper sih 280hp tp nyatanya ga pernah pake map yang itu...slalu pake map yng plg ringan kyny sih 210hp... skarang ini pake HVP C7 ygn 10w40 sudah jalan ampir 5bln dan 5000km..penasaran saja bisa dpaake sampe brp km....sudah beli yg 5w30 jg karena disaranin pake ygn lebih encer gara2 2kd nya pake thermostat yg 76drajat....
ok sikat aja klo gtu w30 nya

thermosnya cukup rendah, jd butuh lbh encer dr visco w40 untuk thermos standard lbh tinggi.
bs untuk 7-8bln mbah? asal ga lebih dr 8rb km?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

daviddetailermart wrote: Wed Jun 26, 2024 7:51
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 9:44
daviddetailermart wrote: Tue Jun 25, 2024 7:30

on paper sih 280hp tp nyatanya ga pernah pake map yang itu...slalu pake map yng plg ringan kyny sih 210hp... skarang ini pake HVP C7 ygn 10w40 sudah jalan ampir 5bln dan 5000km..penasaran saja bisa dpaake sampe brp km....sudah beli yg 5w30 jg karena disaranin pake ygn lebih encer gara2 2kd nya pake thermostat yg 76drajat....
ok sikat aja klo gtu w30 nya

thermosnya cukup rendah, jd butuh lbh encer dr visco w40 untuk thermos standard lbh tinggi.
bs untuk 7-8bln mbah? asal ga lebih dr 8rb km?
ya bisa aja
always cek dipstick, selama gejala penguapan minim, bisa gass sampai 8rb km tsb
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

mau nanya mbah-mbah semua. mobil saya CX5 2016 running 125rb km pake oli PTT super 0W20 (udah running 5000km selama 6 bulan) menyusut (tuang 5 liter dan kondisi sekarang di low mark di dipstik). dan saya baca2 jika mau long drain harus check cooling system.
pertanyaan saya adalah
1. Kira2 apa yang harus dicheck ya untuk bagian cooling system?
2. Coolant saat ini berumur 6 bulan pakai wurth, tidak flush hanya drain dari radiator, apakah pengaruh penggunaan coolant mempengaruhi penguapan oli? jika iya, coolant apa ya yang compatible untuk mesin skyactiv 2.5
3. Apakah saya bisa stay di 0w20 atau naik ke 5w30 ya? jika iya kira2 oli apa yang bisa tahan setidaknya 6 bulan atau 7rb km tanpa penguapan. karena mobil ini akan ditaro di jawa dengan kondisi tidak ada bengkel besar.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 9:19 mau nanya mbah-mbah semua. mobil saya CX5 2016 running 125rb km pake oli PTT super 0W20 (udah running 5000km selama 6 bulan) menyusut (tuang 5 liter dan kondisi sekarang di low mark di dipstik). dan saya baca2 jika mau long drain harus check cooling system.
pertanyaan saya adalah
1. Kira2 apa yang harus dicheck ya untuk bagian cooling system?
2. Coolant saat ini berumur 6 bulan pakai wurth, tidak flush hanya drain dari radiator, apakah pengaruh penggunaan coolant mempengaruhi penguapan oli? jika iya, coolant apa ya yang compatible untuk mesin skyactiv 2.5
3. Apakah saya bisa stay di 0w20 atau naik ke 5w30 ya? jika iya kira2 oli apa yang bisa tahan setidaknya 6 bulan atau 7rb km tanpa penguapan. karena mobil ini akan ditaro di jawa dengan kondisi tidak ada bengkel besar.
Mbah
Waktu ngisi awal itu 5 liter, di indikator dipstick di garis full?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 10:06
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 9:19 mau nanya mbah-mbah semua. mobil saya CX5 2016 running 125rb km pake oli PTT super 0W20 (udah running 5000km selama 6 bulan) menyusut (tuang 5 liter dan kondisi sekarang di low mark di dipstik). dan saya baca2 jika mau long drain harus check cooling system.
pertanyaan saya adalah
1. Kira2 apa yang harus dicheck ya untuk bagian cooling system?
2. Coolant saat ini berumur 6 bulan pakai wurth, tidak flush hanya drain dari radiator, apakah pengaruh penggunaan coolant mempengaruhi penguapan oli? jika iya, coolant apa ya yang compatible untuk mesin skyactiv 2.5
3. Apakah saya bisa stay di 0w20 atau naik ke 5w30 ya? jika iya kira2 oli apa yang bisa tahan setidaknya 6 bulan atau 7rb km tanpa penguapan. karena mobil ini akan ditaro di jawa dengan kondisi tidak ada bengkel besar.
Mbah
Waktu ngisi awal itu 5 liter, di indikator dipstick di garis full?
seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Mz175 »

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... h-10000-km

Alat untuk tes oli. :big_think:

Transmittance Test and Oil Temperature Measurement】Inserting the probe into the oil tank to test the transmittance can reflect the impurities or contaminants contained in the oil and facilitate diagnosis of the quality and performance of the oil. The engine oil quality tester also has a built-in high-precision temperature sensor to measure the actual temperature of the engine oil, which can reflect the working status and load of the engine. Temperature measurement range: -10℃~125℃ (14℉~257℉).
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2539
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Mz175 wrote: Wed Jun 26, 2024 12:11 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... h-10000-km

Alat untuk tes oli. :big_think:

Transmittance Test and Oil Temperature Measurement】Inserting the probe into the oil tank to test the transmittance can reflect the impurities or contaminants contained in the oil and facilitate diagnosis of the quality and performance of the oil. The engine oil quality tester also has a built-in high-precision temperature sensor to measure the actual temperature of the engine oil, which can reflect the working status and load of the engine. Temperature measurement range: -10℃~125℃ (14℉~257℉).
Udah lama alat begini, gak akurat. Kalo mau cara lebih bodoh dan simple tetesin aja oli kotor ke tissue, kalo ada bercak bercak berarti udah jelek, kalo saat terserap tissue oli masih bening biasanya masih layak pakai. :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 10:18
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 10:06
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 9:19 mau nanya mbah-mbah semua. mobil saya CX5 2016 running 125rb km pake oli PTT super 0W20 (udah running 5000km selama 6 bulan) menyusut (tuang 5 liter dan kondisi sekarang di low mark di dipstik). dan saya baca2 jika mau long drain harus check cooling system.
pertanyaan saya adalah
1. Kira2 apa yang harus dicheck ya untuk bagian cooling system?
2. Coolant saat ini berumur 6 bulan pakai wurth, tidak flush hanya drain dari radiator, apakah pengaruh penggunaan coolant mempengaruhi penguapan oli? jika iya, coolant apa ya yang compatible untuk mesin skyactiv 2.5
3. Apakah saya bisa stay di 0w20 atau naik ke 5w30 ya? jika iya kira2 oli apa yang bisa tahan setidaknya 6 bulan atau 7rb km tanpa penguapan. karena mobil ini akan ditaro di jawa dengan kondisi tidak ada bengkel besar.
Mbah
Waktu ngisi awal itu 5 liter, di indikator dipstick di garis full?
seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 13:12
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 10:18
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 10:06

Mbah
Waktu ngisi awal itu 5 liter, di indikator dipstick di garis full?
seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 13:12
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 10:18
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 10:06

Mbah
Waktu ngisi awal itu 5 liter, di indikator dipstick di garis full?
seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
btw mending langsung ganti atau tambah oli aja ya
User avatar
singgihcahyas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Wed Jan 31, 2018 0:28
Location: Blitar
Daily Vehicle: motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by singgihcahyas »

sahabatq8 wrote: Wed Jun 26, 2024 12:45
Mz175 wrote: Wed Jun 26, 2024 12:11 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... h-10000-km

Alat untuk tes oli. :big_think:

Transmittance Test and Oil Temperature Measurement】Inserting the probe into the oil tank to test the transmittance can reflect the impurities or contaminants contained in the oil and facilitate diagnosis of the quality and performance of the oil. The engine oil quality tester also has a built-in high-precision temperature sensor to measure the actual temperature of the engine oil, which can reflect the working status and load of the engine. Temperature measurement range: -10℃~125℃ (14℉~257℉).
Udah lama alat begini, gak akurat. Kalo mau cara lebih bodoh dan simple tetesin aja oli kotor ke tissue, kalo ada bercak bercak berarti udah jelek, kalo saat terserap tissue oli masih bening biasanya masih layak pakai. :big_biglaugh:
maaf Om, ada contoh foto nya kah mana oli yang masih bagus dan mana oli yang sudah jelek? dipermukaan tissue. :big_think:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2539
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

singgihcahyas wrote: Thu Jun 27, 2024 1:14
sahabatq8 wrote: Wed Jun 26, 2024 12:45
Mz175 wrote: Wed Jun 26, 2024 12:11 https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... h-10000-km

Alat untuk tes oli. :big_think:

Transmittance Test and Oil Temperature Measurement】Inserting the probe into the oil tank to test the transmittance can reflect the impurities or contaminants contained in the oil and facilitate diagnosis of the quality and performance of the oil. The engine oil quality tester also has a built-in high-precision temperature sensor to measure the actual temperature of the engine oil, which can reflect the working status and load of the engine. Temperature measurement range: -10℃~125℃ (14℉~257℉).
Udah lama alat begini, gak akurat. Kalo mau cara lebih bodoh dan simple tetesin aja oli kotor ke tissue, kalo ada bercak bercak berarti udah jelek, kalo saat terserap tissue oli masih bening biasanya masih layak pakai. :big_biglaugh:
maaf Om, ada contoh foto nya kah mana oli yang masih bagus dan mana oli yang sudah jelek? dipermukaan tissue. :big_think:
Gak ada fotonya wkwkwka, tapi oh iya cuma buat oli bensin ya. Kalo diesel pasti item jg

Ini nyomot dari online, kalo setelah di diemin bentar warna tissue begini, biasanya olinya udah jelek
images.jpeg
Basically kalo oli udah jelek, kotoranya/bercak itu gak kecampur sama olinya tapi mulai misah ketinggalan, teorinya kalo oli gak bisa larutin kotoran brati udah jelek.
images (1).jpeg
*Disclaimer* cara ini tidak akurat, hanya praktis
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 16:49
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 13:12
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 10:18

seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
btw mending langsung ganti atau tambah oli aja ya
coba cek:
- thermostat cooling system ?
- kebocoran radiator dan selang2 reservoir nya ?
- knalpot ada bekas oli kering terbakar ?
jaga2 ajah.

Selain itu, klo kondisi nguap spt itu, segera ganti aja olinya, interval pendek 4rb km.
Sampai ceklist2 nya udh dicek dan baikin, baru intervalnya bs lbh panjang, sambil cek dipstick scr berkala.
Last edited by Suryaputra on Thu Jun 27, 2024 2:20, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 14:25
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 13:12
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 10:18

seinget saya ga full banget, sekitar 80-90%
Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 2:10
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 14:25
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 13:12

Takut sealnya rembes.. Coba cek seal2 mesinnya mbah
Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 5:32
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 2:10
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 14:25

Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
lbh enak cek pk OBD scanner (dalam kondisi diam / tidak jalan),
- Mesin dinyalakan idle selama 15-20 menit
- ketika coolant temp sentuh >90 C, fan radiator harusnya nyala (walau tanpa AC)
- ketika fan nyala, cek jika suhu coolant perlahan turun
- ketika suhu coolant turun, Fan radiator (biasanya) mati
- ketika coolant temp sentuh >90 C lagi, fan radiator nyala lagi
- klo siklusnya spt itu, berarti normal.

Krn pada prinsipnya; coolant dan thermostat ngejaga rentang operating temp ideal, untuk mencapai efisiensi dan power yg optimal.

Jika memang normal cooling systemnya, coba naik kelas aja mbah, 0w20 KyuEit kira2 gmn.
atau klo mau lbh ekonomis; Naik visco di merk yg sama, PTT 0w30.
Last edited by Suryaputra on Thu Jun 27, 2024 5:48, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by kenop »

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 5:32
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 2:10
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 14:25

Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
Sy pake di xpander uda 5000 km, msh aman sih om, msh mepet batas atas
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2539
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 5:32
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 2:10
wondhhh wrote: Wed Jun 26, 2024 14:25

Seal transmisi kah? tahun lalu si baru ganti fullset gasket cover klep
Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
Coba aja ganti Q8 D1 FE 0w20, kalo masih nguap berlebih berarti pasti ada kebocoran kecil. Mungkin perlu remajaan
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

kalau Q8 D1 FE 0W-20 itu sebenernya maksimal bisa brp Km / bulan ya? Saya ini sudah 9rb Km / 10 bulan sih penguapannya masih terhitung sedikit ya

terakhir top up di 5rb atau 6rb Km nambah 200ml dan sekarang pas saya cek di dipstick masih di 3/4 ya, mungkin top up sekitar 200ml lg biar di posisi F lagi :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.