pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: Mon Jun 24, 2024 1:57 teana V6 tp 2.5 om, mesinnya cc besar tp krna V6 berat d kebanyakan komponen internal. cvt itu kebanyakan pakai d RPM 2000an, masalahnya mesin2 cc kecil yg pake CVT d rpm segitu power n torsinya cm berapa sih.. lha kebanyakan mesin bensin peak power d 4500 sampe 6000rpm

btw mungkin gak ya mesin FWD dengan merek sama misal honda 5AT di swap matic aja ke 8AT/10AT punya sesama honda. lg berimajinasi accord CP2 atau ekstrimnya odyssey RB1 pakai copotan matic 10AT mobil2 honda d USA :big_biglaugh:
SELAMA sama2x k series harusnya masuk cuma masalahnya ecu ectnya musti di remap pasti :big_biglaugh: ujung2xnya pake ecu bikinan sendiri

nissan emang cvtnya ngawur gak enak, saya bilang yang enak emang honda di mobilio saya kaget cepet naeknya di GK5 saya kaget lsg inget TSI makannya saya bilang kek dct :big_biglaugh:

cuma terakhir bawa creta enak juga sih cuma berasa banget kek rante lagi di tarik2x :big_think:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by Bibieight »

Ngomong2 ICE dengan CVT, dua taun pake Ioniq 5 jadi kuda perang harian, sesekali pake G20. Nah, gara2 kesambet sheer repairing plisuuur si G20 masuk ke Sunter, untungnya kantor bini mau pinjemin Pajero Exceed pinjeman. Seminggu pake, bujubuneng buseet, berasa bener bak bumi dan langit kalo lawan si stroom, yang stroom nuruuuut bener ama kaki, akurasi antara kaki nginjek gas sama jalannya mobil 100% linier. Nah si Passport, padahal dah disel+tranny TC, antara ngegas, gerungan mesin ama geraknya mobil masih berasa sendiri2 kurang koordinasi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, daripada cari gorengan ICE, tapi yang digoreng ICE sejuta umat sih mending mobil EV murah tidak populer macam MG4 EV tuh, sama2 harga jual kembali-nya ghoib, yang EV lebih masuk akal. T&C-nya kalo ICE-nya macam W124, E90 dan sejenis-nya yak :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Mon Jun 24, 2024 10:03 Ngomong2 ICE dengan CVT, dua taun pake Ioniq 5 jadi kuda perang harian, sesekali pake G20. Nah, gara2 kesambet sheer repairing plisuuur si G20 masuk ke Sunter, untungnya kantor bini mau pinjemin Pajero Exceed pinjeman. Seminggu pake, bujubuneng buseet, berasa bener bak bumi dan langit kalo lawan si stroom, yang stroom nuruuuut bener ama kaki, akurasi antara kaki nginjek gas sama jalannya mobil 100% linier. Nah si Passport, padahal dah disel+tranny TC, antara ngegas, gerungan mesin ama geraknya mobil masih berasa sendiri2 kurang koordinasi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, daripada cari gorengan ICE, tapi yang digoreng ICE sejuta umat sih mending mobil EV murah tidak populer macam MG4 EV tuh, sama2 harga jual kembali-nya ghoib, yang EV lebih masuk akal. T&C-nya kalo ICE-nya macam W124, E90 dan sejenis-nya yak :big_peace: :big_peace: :big_peace:
ngomongin pajero dakar sama ge8 saya aja kalah responsif karena combo turbo gede ngelag terus kena lagi intercoller dia kecil buat tuningan berat kek gitu makannya turbonya cepet panas efeknya lagnya tambah jadi2xnya :big_bored:

pajero perlan underster tapi gitu masuk 40-60 oversterr parah :big_biglaugh:

lagian compare stock pajero sama ioniq jelas kalah responsif :mky_03:

pajero butuh tuningan sedikit throtle control, bigger intercoller, bigger radiator sama open catalic dengan stock tunning issuenya ilang semua harusnya :big_biglaugh:

punya oe naek kompresi aja lsg mendingan zona turbo lagnya kurang bigger rad, bigger intercoller sama throtle control gak usah remap keknya ud jauh enaknya :big_biglaugh:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by lemonadelovers »

b0ku wrote: Tue Jun 25, 2024 0:03
Bibieight wrote: Mon Jun 24, 2024 10:03 Ngomong2 ICE dengan CVT, dua taun pake Ioniq 5 jadi kuda perang harian, sesekali pake G20. Nah, gara2 kesambet sheer repairing plisuuur si G20 masuk ke Sunter, untungnya kantor bini mau pinjemin Pajero Exceed pinjeman. Seminggu pake, bujubuneng buseet, berasa bener bak bumi dan langit kalo lawan si stroom, yang stroom nuruuuut bener ama kaki, akurasi antara kaki nginjek gas sama jalannya mobil 100% linier. Nah si Passport, padahal dah disel+tranny TC, antara ngegas, gerungan mesin ama geraknya mobil masih berasa sendiri2 kurang koordinasi :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, daripada cari gorengan ICE, tapi yang digoreng ICE sejuta umat sih mending mobil EV murah tidak populer macam MG4 EV tuh, sama2 harga jual kembali-nya ghoib, yang EV lebih masuk akal. T&C-nya kalo ICE-nya macam W124, E90 dan sejenis-nya yak :big_peace: :big_peace: :big_peace:
ngomongin pajero dakar sama ge8 saya aja kalah responsif karena combo turbo gede ngelag terus kena lagi intercoller dia kecil buat tuningan berat kek gitu makannya turbonya cepet panas efeknya lagnya tambah jadi2xnya :big_bored:

pajero perlan underster tapi gitu masuk 40-60 oversterr parah :big_biglaugh:

lagian compare stock pajero sama ioniq jelas kalah responsif :mky_03:

pajero butuh tuningan sedikit throtle control, bigger intercoller, bigger radiator sama open catalic dengan stock tunning issuenya ilang semua harusnya :big_biglaugh:

punya oe naek kompresi aja lsg mendingan zona turbo lagnya kurang bigger rad, bigger intercoller sama throtle control gak usah remap keknya ud jauh enaknya :big_biglaugh:
pasport turbonya kegedean spooling jd lama. kayaknya better pakai compound turbo. turbo kecil pumping turbo besar :big_smoking:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: Tue Jun 25, 2024 2:47
pasport turbonya kegedean spooling jd lama. kayaknya better pakai compound turbo. turbo kecil pumping turbo besar :big_smoking:
ya gitu deh om saya sempet denial kok pas bawa EXCEED bokap kenapa lebih galak tarikan bawahnya padahal punya gw ud cabut catalic, kalo di dianalisa jelas aja dia lebih galak turbonya jauh lebih kecil jd spollingnya lebih cepet dan kerjanya di range RPM yang kepake mulu gak kayak dakar pas di rpm kita butuh2xnya buat nyelak dia malah keselek ehek ehek ehek, emang bagusnya buat di tol ya dakar si tapi itupun kalo tolnya kek trans jawa yang kosong terus :mky_03:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Tue Jun 25, 2024 7:27
lemonadelovers wrote: Tue Jun 25, 2024 2:47
pasport turbonya kegedean spooling jd lama. kayaknya better pakai compound turbo. turbo kecil pumping turbo besar :big_smoking:
ya gitu deh om saya sempet denial kok pas bawa EXCEED bokap kenapa lebih galak tarikan bawahnya padahal punya gw ud cabut catalic, kalo di dianalisa jelas aja dia lebih galak turbonya jauh lebih kecil jd spollingnya lebih cepet dan kerjanya di range RPM yang kepake mulu gak kayak dakar pas di rpm kita butuh2xnya buat nyelak dia malah keselek ehek ehek ehek, emang bagusnya buat di tol ya dakar si tapi itupun kalo tolnya kek trans jawa yang kosong terus :mky_03:
sama kyk GD enjin kan

biasa naik 1GD, coba 2GD kok bawahnya galak bgt. susah ngeremnya, ditoel dikit lompat

tapi klo ud jalan, turbo spooling & ud lock up. 1GD menang jauh :big_biglaugh:

1GD ud turbo lebi gede, pake balancer pula. gimana ga kopong bawahnya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:40 sama kyk GD enjin kan

biasa naik 1GD, coba 2GD kok bawahnya galak bgt. susah ngeremnya, ditoel dikit lompat

tapi klo ud jalan, turbo spooling & ud lock up. 1GD menang jauh :big_biglaugh:

1GD ud turbo lebi gede, pake balancer pula. gimana ga kopong bawahnya :big_biglaugh:
nah lucunya toyota paham tuh 2gdnya hi ace kan di set turbo kecil 2.8L, 2.8L buat ngurangin lag, turbo kecil biar mobilnya galak di rpm bawah, makanya di atas kertas speknya berkesan cupu 2.8L 137hp tapi torsi 400nm ud kayak civic type r :big_biglaugh:

cuma kalo ngerti setelannya ngejar momentum banget kalo full load biar kagak kedodoran di tanjakan kalo maen spek 200hp kek fortuner keburu nyungsep ke jurang baru tenaganya keluar :mky_07:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by KielConstantine »

vanosz wrote: Sat Jun 22, 2024 22:27 tapi klo fun drive dari tangerang sampe jakarta-tangerang semangat sepanjang jalan ky main bom bom car,tikungan sih receh, serasa dunia milik sendiri,

beli mobil yang ane pake,

klo sudah pake pasti akan faham,

oooo seperti ini mobil yang enak buat ugal,

ane aja kepikiran nambahin 1 merk lagi,walo mungkin gak kesampain krn modelnya demek,

atau ane nunggu facelifnya yang ada skarang,manual mamennnnnnssszzz


lagi ngopi nih,bentar lagi keluar vtek kik in yo,dan boxer rumble,


yuk agans kiel,

cobain sunmori,lanjut tes sama M2
Kemaren ente nge gaspolan pake alphard hybrid terbaru ye om di toll. Sampe tarik2 180 :mky_07:

Enak ya hybrid skarang udah pada kenceng2

Tar lah lagi nego dulu. Ada neh 300hp standart twinturbo cuman 400jt-an :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by lemonadelovers »

KielConstantine wrote: Tue Jun 25, 2024 13:18
vanosz wrote: Sat Jun 22, 2024 22:27 tapi klo fun drive dari tangerang sampe jakarta-tangerang semangat sepanjang jalan ky main bom bom car,tikungan sih receh, serasa dunia milik sendiri,

beli mobil yang ane pake,

klo sudah pake pasti akan faham,

oooo seperti ini mobil yang enak buat ugal,

ane aja kepikiran nambahin 1 merk lagi,walo mungkin gak kesampain krn modelnya demek,

atau ane nunggu facelifnya yang ada skarang,manual mamennnnnnssszzz


lagi ngopi nih,bentar lagi keluar vtek kik in yo,dan boxer rumble,


yuk agans kiel,

cobain sunmori,lanjut tes sama M2
Kemaren ente nge gaspolan pake alphard hybrid terbaru ye om di toll. Sampe tarik2 180 :mky_07:

Enak ya hybrid skarang udah pada kenceng2

Tar lah lagi nego dulu. Ada neh 300hp standart twinturbo cuman 400jt-an :ngacir:
Udah bre kayak gw aja.. rasio power to price & bonus nyàman + luxury ada d LS460L V8 (380HP/498Nm) LWB n big sedan fitur seabrek, road presence ok, dgn hrg terjangkau :big_weee:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Tue Jun 25, 2024 11:15
nah lucunya toyota paham tuh 2gdnya hi ace kan di set turbo kecil 2.8L, 2.8L buat ngurangin lag, turbo kecil biar mobilnya galak di rpm bawah, makanya di atas kertas speknya berkesan cupu 2.8L 137hp tapi torsi 400nm ud kayak civic type r :big_biglaugh:

cuma kalo ngerti setelannya ngejar momentum banget kalo full load biar kagak kedodoran di tanjakan kalo maen spek 200hp kek fortuner keburu nyungsep ke jurang baru tenaganya keluar :mky_07:
bner mbah, 2.8 di hiace biar turbo kecil enak bgt selap selipnya, liat drivernya jg kykna enjoy bgt ditoel dikit ud nyaut mobilnya. justru malah karakter big enjinnya lebi kerasa krn ga andelin turbo doank :big_biglaugh:

ama dripernya dibawa 120 jg masi anteng enjinnya, dah gitu manual lg. klo 2gd kan dibawa segitu ud sesak napas :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Mon Jun 24, 2024 10:03 Nah, daripada cari gorengan ICE, tapi yang digoreng ICE sejuta umat sih mending mobil EV murah tidak populer macam MG4 EV tuh, sama2 harga jual kembali-nya ghoib, yang EV lebih masuk akal. T&C-nya kalo ICE-nya macam W124, E90 dan sejenis-nya yak :big_peace: :big_peace: :big_peace:
124CE tuh mbah

everlasting bgt modelnya

maybe one day oe mau bangun 300CE, chassis total refresh + reinforce, swap mesin m119, widebody hammer. velg 190 DTM yg centerlock :big_biglaugh:

Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:40
sama kyk GD enjin kan

biasa naik 1GD, coba 2GD kok bawahnya galak bgt. susah ngeremnya, ditoel dikit lompat

tapi klo ud jalan, turbo spooling & ud lock up. 1GD menang jauh :big_biglaugh:

1GD ud turbo lebi gede, pake balancer pula. gimana ga kopong bawahnya :big_biglaugh:
kaki yg biasa bawa petrol turbo lebih cocok kalo bawa 1GD punya camer. butuh nyalip tinggal tambah gas, kalo 2GD makin digas makin ilang tenaganya.

di toll juga lebih susah kejar kejaran sama 1GD daripada 2GD.

2GD spek tuningan tanggung mah makanan di transJ. CRV begitu turbo spooling udah ketinggalan jauh itu 2GD.

kalo 1GD ma ANPS dakar tuh biasa agak berat ngelawannya :big_biglaugh: soalnya di transJ mainnya kan pada mid RPM bayangin ketemu turbodiesel yang mid RPMnya masih ngisi :big_biglaugh: kalo mau niat ninggalin harus gaspol mentok

terus awak dijewer ma penumpang gegara bawanya ugal ugalan :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 4:07
kaki yg biasa bawa petrol turbo lebih cocok kalo bawa 1GD punya camer. butuh nyalip tinggal tambah gas, kalo 2GD makin digas makin ilang tenaganya.

di toll juga lebih susah kejar kejaran sama 1GD daripada 2GD.

2GD spek tuningan tanggung mah makanan di transJ. CRV begitu turbo spooling udah ketinggalan jauh itu 2GD.

kalo 1GD ma ANPS dakar tuh biasa agak berat ngelawannya :big_biglaugh: soalnya di transJ mainnya kan pada mid RPM bayangin ketemu turbodiesel yang mid RPMnya masih ngisi :big_biglaugh: kalo mau niat ninggalin harus gaspol mentok

terus awak dijewer ma penumpang gegara bawanya ugal ugalan :big_weee:
Nah ini valid ceritanya. Sy jg ngalamin hal yg sama tapi di tol trans sumatra.

Sy pake anf 1gd euro4 full std cuma remap plus donpep plong, itu 2gd ataupun 4n15 modif keteteran ga bisa ngejer 1gd sy..

Temen sy juga bilang hal yg sama, dia pake anki 2gd remap bilang susah amat mau ngejer fortuner 1gd padahal 1gd nya masi std.

Masala low rpm kopong, menurut sy 1gd masih lebih wajar dibanding 4n15. Apalagi kalo dah diremap udah lebih proper low rpm nya 1gd.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: Wed Jun 26, 2024 5:20 Nah ini valid ceritanya. Sy jg ngalamin hal yg sama tapi di tol trans sumatra.

Sy pake anf 1gd euro4 full std cuma remap plus donpep plong, itu 2gd ataupun 4n15 modif keteteran ga bisa ngejer 1gd sy..

Temen sy juga bilang hal yg sama, dia pake anki 2gd remap bilang susah amat mau ngejer fortuner 1gd padahal 1gd nya masi std.

Masala low rpm kopong, menurut sy 1gd masih lebih wajar dibanding 4n15. Apalagi kalo dah diremap udah lebih proper low rpm nya 1gd.
betul mbah, 1GD fortuner itu nurut saya balance dibanding 4N15 atau 2GD. powernya dapet hampir semua putaran mesin.

mungkin kalo mitsu datengin ANPS 2.8 lebih brutal kali yah larinya cuma bawahnya pasti lebih ngempos lg dari 4N15 :big_biglaugh:

rata rata innova fortuner 2GD tanggung kalo di toll panik ujungnya ngambil bahu jalan krn mau nyalip normal ga dapet dapet :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by KielConstantine »

Nih kenapa malah pda ngomongin diesel dah

Tumben bener, lg mabok solar yeehh :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Wed Jun 26, 2024 13:34 Nih kenapa malah pda ngomongin diesel dah

Tumben bener, lg mabok solar yeehh :drinking:
karena ngomongin EV boring topicnya cuma au gede2xan batre range sama adu2xan fake :big_biglaugh:

diesel ada turbonya ngomongin zona turbo lag lah teknik ini itu makanya kenapa mobil bbm itu menarik sekali di bahas satu2x gak abis2x :big_grin:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by Bibieight »

KielConstantine wrote: Wed Jun 26, 2024 13:34 Nih kenapa malah pda ngomongin diesel dah

Tumben bener, lg mabok solar yeehh :drinking:
Saya dalangnya mbaaaah... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , gara2 pake Pajero kaget, ini mobil boyo amat, ma'lum, pantat kebiasa ama Ioniq :big_peace: :big_peace: :big_peace:
darrelund wrote: Wed Jun 26, 2024 2:39 124CE tuh mbah

everlasting bgt modelnya

maybe one day oe mau bangun 300CE, chassis total refresh + reinforce, swap mesin m119, widebody hammer. velg 190 DTM yg centerlock :big_biglaugh:

Image
Balik gorengan, kalo mimpi saya yg kejauhan si pingin konversi W124 ke EV, nunggu batere kampakan dah banyak, kapasitas cukup 60kW aja, toh cuma dipake dalkot, 1:4 jg gpp, 150-170 km jg dalkot aman...

Kalo mo goreng ICE, sekalian goreng W116 kali yak, cuma yakin dah gak ada bahan disini.
1280px-Mercedes-Benz_W116_front_20080424.jpg
Seinget saya yg masuk disini kan karbu ya ?, 280S pakr enjin M110.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Wed Jun 26, 2024 14:29 Balik gorengan, kalo mimpi saya yg kejauhan si pingin konversi W124 ke EV, nunggu batere kampakan dah banyak, kapasitas cukup 60kW aja, toh cuma dipake dalkot, 1:4 jg gpp, 150-170 km jg dalkot aman...

Kalo mo goreng ICE, sekalian goreng W116 kali yak, cuma yakin dah gak ada bahan disini.
1280px-Mercedes-Benz_W116_front_20080424.jpg
Seinget saya yg masuk disini kan karbu ya ?, 280S pakr enjin M110.....
2021 sempet ada yang nitip w116 ud swap V8 500SE minta 370jt :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 7:08
betul mbah, 1GD fortuner itu nurut saya balance dibanding 4N15 atau 2GD. powernya dapet hampir semua putaran mesin.

mungkin kalo mitsu datengin ANPS 2.8 lebih brutal kali yah larinya cuma bawahnya pasti lebih ngempos lg dari 4N15 :big_biglaugh:

rata rata innova fortuner 2GD tanggung kalo di toll panik ujungnya ngambil bahu jalan krn mau nyalip normal ga dapet dapet :big_biglaugh:
percuma om mau 2.8 kalo nyunat colling system liat deh ni saya dalam waktu deket mungkin mau saya ganti semua punya saya radiator, intercoller tapi mobil saya ogah remap liat aja hasilnya gimana felling bakalan nambah responsive dan lagnya bakalan banyak berkurang di dyno paling naek sedikit cuma di jalan pasti efeknya berasa banget :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 4:07 kaki yg biasa bawa petrol turbo lebih cocok kalo bawa 1GD punya camer. butuh nyalip tinggal tambah gas, kalo 2GD makin digas makin ilang tenaganya.

di toll juga lebih susah kejar kejaran sama 1GD daripada 2GD.

2GD spek tuningan tanggung mah makanan di transJ. CRV begitu turbo spooling udah ketinggalan jauh itu 2GD.

kalo 1GD ma ANPS dakar tuh biasa agak berat ngelawannya :big_biglaugh: soalnya di transJ mainnya kan pada mid RPM bayangin ketemu turbodiesel yang mid RPMnya masih ngisi :big_biglaugh: kalo mau niat ninggalin harus gaspol mentok

terus awak dijewer ma penumpang gegara bawanya ugal ugalan :big_weee:
stelah dipikir pikir ner uga, feelnya lebih predictable bawa yg 1GD.

2GD lewat 100 ud ngempos tenaganya :big_biglaugh:

kyknya versi 1GD jg girboknya di improve tuningannya yak? klo girboknya ud lockup lebih gigit, 2000rpm lebi dikit ud gigit. 2GD lamaaaaa bgt sampe dia lockup. ama versi 1GD lebi mao kickdown, klo 2GD kan itu pedal gas di tonjok" rpmnya masi anteng aja :big_biglaugh:

makanya oe blg, 1GD klo ud dapet sih yg laen std biasa susah ngejer ngejernya

tapi klo ud di tol, yg gabisa 1GD kalahin itu santi disel/ crv turbo :big_biglaugh:

cuma 1GD krn enjin tenaga padet, itu remmnya jadi kerasa makin sayur :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Wed Jun 26, 2024 14:29
Balik gorengan, kalo mimpi saya yg kejauhan si pingin konversi W124 ke EV, nunggu batere kampakan dah banyak, kapasitas cukup 60kW aja, toh cuma dipake dalkot, 1:4 jg gpp, 150-170 km jg dalkot aman...

Kalo mo goreng ICE, sekalian goreng W116 kali yak, cuma yakin dah gak ada bahan disini.
1280px-Mercedes-Benz_W116_front_20080424.jpg
Seinget saya yg masuk disini kan karbu ya ?, 280S pakr enjin M110.....
konversi EV pake motor listrik ioniq 5 std range cocok tuh mbah

cuma paling binun naro batt packnya aja, kan 124 mayan ceper tuh :big_biglaugh:

tapi menarik tuh, kan pilot influencer ud bikin tuh 124 konversi ev
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 7:08 betul mbah, 1GD fortuner itu nurut saya balance dibanding 4N15 atau 2GD. powernya dapet hampir semua putaran mesin.

mungkin kalo mitsu datengin ANPS 2.8 lebih brutal kali yah larinya cuma bawahnya pasti lebih ngempos lg dari 4N15 :big_biglaugh:

rata rata innova fortuner 2GD tanggung kalo di toll panik ujungnya ngambil bahu jalan krn mau nyalip normal ga dapet dapet :big_biglaugh:
Mitsu kayaknya blm ada wacana buat mesin 2.8 utk triton/anps, tapi di thai ada mesin baru 4n16 (2.4 jg) buat all new triton dn anps fl. Yang lucunya dia combine dg trans 6at (mungkin pakai trans ny triton, ato anki dn anf?) dan klaimnya lebih hemat kons bbm.

Btw 4n16 ini versi reguler cuma naik 3hp dri 4n15, tapi ada jg versi twin turbo (triton only) dn tenaga mepet 1gd std (tapi tenaga asli 1gd jauh lebih gede dibanding klaim brosur). Ntar kita liat aja masuk indo ato kaga.
b0ku wrote: Wed Jun 26, 2024 23:43 percuma om mau 2.8 kalo nyunat colling system liat deh ni saya dalam waktu deket mungkin mau saya ganti semua punya saya radiator, intercoller tapi mobil saya ogah remap liat aja hasilnya gimana felling bakalan nambah responsive dan lagnya bakalan banyak berkurang di dyno paling naek sedikit cuma di jalan pasti efeknya berasa banget :big_biglaugh:
Mbah, apa radiator ini jg ada pengaruh sm tingkat dingin ac ya? Soalnya ane test mau pajero sport lama ato terbaru sekalipun ac nya kalah dingin lawan fortuner bahkan innova..
darrelund wrote: Thu Jun 27, 2024 1:55
stelah dipikir pikir ner uga, feelnya lebih predictable bawa yg 1GD.

2GD lewat 100 ud ngempos tenaganya :big_biglaugh:

kyknya versi 1GD jg girboknya di improve tuningannya yak? klo girboknya ud lockup lebih gigit, 2000rpm lebi dikit ud gigit. 2GD lamaaaaa bgt sampe dia lockup. ama versi 1GD lebi mao kickdown, klo 2GD kan itu pedal gas di tonjok" rpmnya masi anteng aja :big_biglaugh:

makanya oe blg, 1GD klo ud dapet sih yg laen std biasa susah ngejer ngejernya

tapi klo ud di tol, yg gabisa 1GD kalahin itu santi disel/ crv turbo :big_biglaugh:

cuma 1GD krn enjin tenaga padet, itu remmnya jadi kerasa makin sayur :big_biglaugh:
Utk tuningan trans, kayaknya memang beda. Setidaknya di saya, trans ny anf 1gd ini lebih halus dan lebih ngigit dibanding anki 2gd, kalo dibanding anf 2gd blm perna coba.

Kalo 2gd baru jalan 100 udah ngempos sih ngga la mbah, masi ngisi kok sampe 160, nah lewat itu baru mulai sesak.

Menurut sy faktor terbesar yg buat anf 1gd kalah lawan santi/crv itu di suspensi dan berat mobilnya. Yakali lagi mau ngejer santi/crv jalan 200kmh eh mobil kebalik wkwk.

Kalo rem ya anf 1gd ini masi termasuk pakem kalo modif di bawah 300hp alias masi std ting”. Tinggal upgrade rem kalo dirasa masih kurang.
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by vanosz »

KielConstantine wrote: Tue Jun 25, 2024 13:18
vanosz wrote: Sat Jun 22, 2024 22:27 tapi klo fun drive dari tangerang sampe jakarta-tangerang semangat sepanjang jalan ky main bom bom car,tikungan sih receh, serasa dunia milik sendiri,

beli mobil yang ane pake,

klo sudah pake pasti akan faham,

oooo seperti ini mobil yang enak buat ugal,

ane aja kepikiran nambahin 1 merk lagi,walo mungkin gak kesampain krn modelnya demek,

atau ane nunggu facelifnya yang ada skarang,manual mamennnnnnssszzz


lagi ngopi nih,bentar lagi keluar vtek kik in yo,dan boxer rumble,


yuk agans kiel,

cobain sunmori,lanjut tes sama M2
Kemaren ente nge gaspolan pake alphard hybrid terbaru ye om di toll. Sampe tarik2 180 :mky_07:

Enak ya hybrid skarang udah pada kenceng2

Tar lah lagi nego dulu. Ada neh 300hp standart twinturbo cuman 400jt-an :ngacir:
yah biasa sih,klo ane harian ngaspolll,

bawa alpad ya biasa aja,

cuma apad hibrid galak,ngaspollll trs lepas ngassss itu rpm bisa dimainin,ngeng ngeng ngeng,

udah 180 juga masih enteng,

kynya dapat lewat itu jarum angka pojok kanan bawah,ky alpad sbelumnya,


yah tapi ane lagi bosan sensasi top speed,

nyetir mobil panjang ky bus,klo sedan panjang ky perahu,

masih mending enak nyetir truk,

skrg cari ugal aja sepanjang jalan ky main bom bom car,zigzag forever until time is troug,

seperti zaman sekolah,
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Wed Jun 26, 2024 14:23
KielConstantine wrote: Wed Jun 26, 2024 13:34 Nih kenapa malah pda ngomongin diesel dah

Tumben bener, lg mabok solar yeehh :drinking:
karena ngomongin EV boring topicnya cuma au gede2xan batre range sama adu2xan fake :big_biglaugh:

diesel ada turbonya ngomongin zona turbo lag lah teknik ini itu makanya kenapa mobil bbm itu menarik sekali di bahas satu2x gak abis2x :big_grin:
nyetir mobil gak ada suara itu boring,ky ngebut tapi gak ada sesuatu yang membangkitkan gairah,




sbenarnya enak diesel mobil buat harian,

kencang irit hemat dan awet,

bisa ada hiburan potensi kilik panjang dan murah meriah,sudah modifan juga bisa buat angkut kerja rodi,


nilai jualnya juga beuhhhhh,laris manis tanjung kimpul,

fortuner ane bemper depan turun,pintu penyok karatan,footstep bonyok kanan kiri,pintu blakang penyok,bemper blakang penyok,

kap mesin pulau pulau ileran ludah kucing,jok depan robek,kilometer 150 ribu

itu aja udah pada berebut brapa orang jangan kasi orang lain,gak usah klaim asuransi,biar aja masih cat aslinya ktnya,
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: pilih mobil gorengan yang populer atau mobil murah yang tidak populer?

Post by farizfsa »

Bibieight wrote: Wed Jun 26, 2024 14:29
KielConstantine wrote: Wed Jun 26, 2024 13:34 Nih kenapa malah pda ngomongin diesel dah

Tumben bener, lg mabok solar yeehh :drinking:
Saya dalangnya mbaaaah... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , gara2 pake Pajero kaget, ini mobil boyo amat, ma'lum, pantat kebiasa ama Ioniq :big_peace: :big_peace: :big_peace:
darrelund wrote: Wed Jun 26, 2024 2:39 124CE tuh mbah

everlasting bgt modelnya

maybe one day oe mau bangun 300CE, chassis total refresh + reinforce, swap mesin m119, widebody hammer. velg 190 DTM yg centerlock :big_biglaugh:

Image
Balik gorengan, kalo mimpi saya yg kejauhan si pingin konversi W124 ke EV, nunggu batere kampakan dah banyak, kapasitas cukup 60kW aja, toh cuma dipake dalkot, 1:4 jg gpp, 150-170 km jg dalkot aman...

Kalo mo goreng ICE, sekalian goreng W116 kali yak, cuma yakin dah gak ada bahan disini.
1280px-Mercedes-Benz_W116_front_20080424.jpg
Seinget saya yg masuk disini kan karbu ya ?, 280S pakr enjin M110.....
W116 enak si, 150jt udh dpt barang bahan bener. 200 jtan udh dpt yg semi beres. Tp emg ga banyak yg demen sama w116

W108 280s yg dl kmrn sempet mahal 300-400an skrg udh 200 kecil lg bisa dapet.

Di pesbuk ada jag xjl classic tahun 70an kayanya barang udh jadi sih minta 280, dijual dari 400 ke 350 ke 300 blm laku2.