Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om
bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?
aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om
bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?
aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
iyaa harga coolant gak seberapa.
2 thn sekali aja aman, gak usah pusing engine block bikinan siapa dan terbuat dr apa kan ya
klo kelas asam reges, kelas nya lain: diraba, dilihat, diakali, dan yakin.
Last edited by Suryaputra on Fri May 24, 2024 2:40, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Namanya coolant jg punya shelf life spt oli mesin, cek aja di botol label belakangnya biasa ada keterangan nya shelf life brp lama?
nah logikanya, itu kan dalam kondisi sealed in bottle,
- klo kondisi dipakai, muter ke dalam engine block, kena panas tinggi, udah pasti lbh pendek dong
tapi klo pilihannya gakmau diperbudak mobil, rusak tinggal ganti,
ya bagus, ikut kontribusi memberikan dampak ekonomi untuk kemajuan diler mobil
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om
bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?
aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
oke deh, next kita ganti aja. cukup keluarin yg dari radiator aja yah? apa yg di dalem mesin juga mesti diganti?
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om
bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?
aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
oke deh, next kita ganti aja. cukup keluarin yg dari radiator aja yah? apa yg di dalem mesin juga mesti diganti?
radiator ckup
tp kl mo iseng, bole buka water pump skalian, palagi kl ud 5 taonan atau d atas cepeceng km, bole la skalian diganti
Mbah prosedur kalau ganti merk coolant yg oke gimana ? Drain di radiator, isi coolant baru, lalu selang menuju ke radiator di buka biar coolant lama terbuang ?
sebetulnya ada alatnya. namanya torque multiplier. sesuai namanya jd input brp keluarnya sekian kalinya. dalemnya ada rangkaian gearbox. gugel pake keyword itu aja.
Screenshot_20240611_204633~2.jpg
source: google
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
sebetulnya ada alatnya. namanya torque multiplier. sesuai namanya jd input brp keluarnya sekian kalinya. dalemnya ada rangkaian gearbox. gugel pake keyword itu aja.
Screenshot_20240611_204633~2.jpg
source: google
sering liat...kalo ga salah banyak supir truk & bus yg pake...tp di luar negeri (sy liat di YT)
kendibocor wrote: Fri Jan 05, 2024 11:07
Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol
20231019_113236.jpg
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump
Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?
Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?
Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
kendibocor wrote: Fri Jan 05, 2024 11:07
Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol
20231019_113236.jpg
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump
Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?
Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?
Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
nah aku baru kemaren ganti coolant papansah 2019...... umur dah 5 taon.
harusnya pakai refrakto meter sih, tapi karena aku punyanya kertas lakmus, yang lama masih ph 8, tp berhubung 5 taon aku ganti aja, beli 2 botol Toyota SLCC pink, kepake sekitar 5 liter.
Aku pakai patokan itu aja, 5 taon ganti, drain and refill, beres ga flushing2an malah ntar bikin kontaminasi.
1st : 100rb miles / 5 year, mana yang tercapai lebih dulu
next : 50rb miles/ 5 year, mana yang tercapai lebih dulu.
males coba2 lagi daripada ga kompatibel.
Hasil drainnya bening tetep, ga ada endapan di reservoir, waktu aku bandingkan dengan coolant baru malah yang lama lebih gelap udah ga pink lagi, meski masih bening tapi ga se pink yang baru
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump
Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?
Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?
Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?
Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?
Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.
Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.
Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe
Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.
HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.
Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Setahu saya sih Mannol G12+ ini secara kandungan sudah mirip Toyota SLLC yg NAP Free, hanya saya cek website Mannol tidak ada keterangan apakah G12+ ini borate free atau tidak
Kalau di Service Manual sih seperti ini penjelasan SLLC
SLLC.jpg
TOYOTA vehicles are filled with TOYOTA SLLC at the factory. In order to avoid damage to the engine cooling system and other technical problems, only use TOYOTA SLLC or similar high quality ethylene glycol based non-silicate, non-amine, non-nitrite, non-borate coolant with long-life hybrid organic acid technology (coolant with long-life hybrid organic acid technology is a combination of low phosphates and organic acids).
SLLC ini tidak mengandung amine, silicate, nitrite, dan borate; tetapi tetap mengandung phospate dalam kadar yg rendah.
Untuk Mannol G12+ itu kalau penjelasan di webnya sih
It does not contain silicates, nitrates, phosphates and amines (the NAP free technology)
Paling perbedaan yang paling terlihat dari penjelasan masing2 itu adalah SLLC tetap mengandung phospate sedangkan Mannol G12+ ini Phosphate Free tetapi tidak ada penjelasan apakah mengandung borate atau tidak.
Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.
HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.
Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
wah ini penjelasan yang lebih lengkapnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.
Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe
Saya tertarik pengen coba karena pernah om sebutkan kalo AC jadi lebih dingin hehehe maklum kata istri saya termasuk spesies beruang kutub
Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?
Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Setahu saya sih Mannol G12+ ini secara kandungan sudah mirip Toyota SLLC yg NAP Free, hanya saya cek website Mannol tidak ada keterangan apakah G12+ ini borate free atau tidak
Kalau di Service Manual sih seperti ini penjelasan SLLC
SLLC.jpg
TOYOTA vehicles are filled with TOYOTA SLLC at the factory. In order to avoid damage to the engine cooling system and other technical problems, only use TOYOTA SLLC or similar high quality ethylene glycol based non-silicate, non-amine, non-nitrite, non-borate coolant with long-life hybrid organic acid technology (coolant with long-life hybrid organic acid technology is a combination of low phosphates and organic acids).
SLLC ini tidak mengandung amine, silicate, nitrite, dan borate; tetapi tetap mengandung phospate dalam kadar yg rendah.
Untuk Mannol G12+ itu kalau penjelasan di webnya sih
It does not contain silicates, nitrates, phosphates and amines (the NAP free technology)
Paling perbedaan yang paling terlihat dari penjelasan masing2 itu adalah SLLC tetap mengandung phospate sedangkan Mannol G12+ ini Phosphate Free tetapi tidak ada penjelasan apakah mengandung borate atau tidak.
Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.
HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.
Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
wah ini penjelasan yang lebih lengkapnya
Dari penjelasan di atas didapat data sbb:
-Coolant Toyota SLLC mengandung fosfat
-Coolant Toyota SLLC tidak mengandung borat
-Mannol G12+ tidak mengandung fosfat
-Mannol G12+ tidak disebutkan mengandung borat atau tidak
Kalo boleh saya simpulkan: harusnya aman ya mencampur yg tidak mengandung fosfat (G12+) dengan yg mengandung fosfat (Toyota SLLC)
Cmiiw