Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

BronanTheBrobarian
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by BronanTheBrobarian »

sdf wrote: Thu May 23, 2024 5:19 @om marmut.. sy gabisa klik profile om terus mau pm.. tulisanya “You are not authorised to view the member list or profiles.” Gmn cara pm nya ya? Jd bingung apa gabisa pake hp ya.. maaf sy agak katrok
postnya kejar ampe 10, baru bisa PM, peraturan forum om
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by farizfsa »

sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:45
AbdulHakim wrote: Wed May 22, 2024 13:34
sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32 Halo gan,

Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor

Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram

Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..

Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
motubanya apa nih om kalo boleh tau?
E30 om…
sering lewatin bengkel spesialis E30 di daerah PLN gandul cinere depok situ.. suka bikin jadi E30 coupe juga.. diliat2 sih oke ya hasilnya
kalo untuk cat full kerok sy ga bs kasi referensi nih hehe, udh lama bgt ga bangun motuba terakhir 8 tahun lalu kayanya (mercy mini w115).
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by DrivingPotato »

marmut wrote: Thu May 23, 2024 4:46 p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
+1 mbah marmut

Pastikan full dry sanding. Kalau masih wet sanding, yaaaa resiko karatnya akan tetep ada, apalagi mau kerok dan reapply anti karat. Karena air pasti tetep nyisa di dempul, yg mana karakter dempul berpori. Masih ada air, dispray surfacer, tamat lah panelnya nanti.

Tempat preparation proper (sander ada dustbag dll) karena itu indikator mereka bisa kontrol persebaran debu dan jaga area surfacing dan painting steril dari debu. Kalo surfacingnya aja ga pakai prepkleen / spray booth, ya jangan harap hasilnya bagus

Glasurit sejauh ini paling oke, tapi ya sesuai dgn harganya aja deh wkwkw pasti mahal
Alternatifnya Spies Heckers bisa switch ke Cromax (masih under 1 principal) karena sejauh ini less trouble, atau ya Sikkens aja lah. Kunci kilapnya sih sebenernya ada di kualitas clear coat yang dipakai.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

MSU wrote: Fri May 24, 2024 0:32 kalo udh yakin mau full kerok..pastiin dpt bengkel hobby om yg ga diuber2 target unit entry
biasa abis epoxy diemin dulu bbrp hari, naik dempul diemin lg bbrp hari, bahkan sampe kelar cat full body kl bisa juga diemin dl bbrp minggu spy bener2 kering sempurna
ama pastiin bahannya misal sikkens..itu benar dari cat, clear coat sampe thinner-nya sikkens...krn banyak bengkel pake thinner galonan
setelah itu semua tergantung dari manpower yg kerjain...krn ini semua-nya sebetulnya bukan tukang...tapi seniman


yg pasti baca dan ikutin PDS serta TDS.

disitu jelas tertera aturan dan petunjuk semuanya termasuk jeda dari layer 1 ke layer berikutnya, lama pengeringan saat room temperature sekian derajat akan kering sentuh dlm brp lama.

kalo mau cepet kering ya pake uv light. tp uv light yg proper mungkin seharga afansa....

:mky_03:

btw, nggak jaminan pake barang 1 set akan jd se-wow yg diinginkan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

DrivingPotato wrote: Fri May 24, 2024 3:26

Tempat preparation proper (sander ada dustbag dll) karena itu indikator mereka bisa kontrol persebaran debu dan jaga area surfacing dan painting steril dari debu. Kalo surfacingnya aja ga pakai prepkleen / spray booth, ya jangan harap hasilnya bagus





kita tunggu sapa tau ada yg nongol trus ngoceh "gue ngecat di pinggir jalan modal terpal masih mengkilat dah bertaun²....."

:big_grin:
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

farizfsa wrote: Fri May 24, 2024 2:34
sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:45
AbdulHakim wrote: Wed May 22, 2024 13:34
motubanya apa nih om kalo boleh tau?
E30 om…
sering lewatin bengkel spesialis E30 di daerah PLN gandul cinere depok situ.. suka bikin jadi E30 coupe juga.. diliat2 sih oke ya hasilnya
kalo untuk cat full kerok sy ga bs kasi referensi nih hehe, udh lama bgt ga bangun motuba terakhir 8 tahun lalu kayanya (mercy mini w115).
Oo sy tau om, emg bengkel terkenal & spesialis e30.. tp sygnya ga sesuai bajet sy om disana 😹😹😹
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

BronanTheBrobarian wrote: Fri May 24, 2024 1:31
sdf wrote: Thu May 23, 2024 5:19 @om marmut.. sy gabisa klik profile om terus mau pm.. tulisanya “You are not authorised to view the member list or profiles.” Gmn cara pm nya ya? Jd bingung apa gabisa pake hp ya.. maaf sy agak katrok
postnya kejar ampe 10, baru bisa PM, peraturan forum om
Siap oomm.. makasi infonya
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

DrivingPotato wrote: Fri May 24, 2024 3:26
marmut wrote: Thu May 23, 2024 4:46 p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
+1 mbah marmut

Pastikan full dry sanding. Kalau masih wet sanding, yaaaa resiko karatnya akan tetep ada, apalagi mau kerok dan reapply anti karat. Karena air pasti tetep nyisa di dempul, yg mana karakter dempul berpori. Masih ada air, dispray surfacer, tamat lah panelnya nanti.

Tempat preparation proper (sander ada dustbag dll) karena itu indikator mereka bisa kontrol persebaran debu dan jaga area surfacing dan painting steril dari debu. Kalo surfacingnya aja ga pakai prepkleen / spray booth, ya jangan harap hasilnya bagus

Glasurit sejauh ini paling oke, tapi ya sesuai dgn harganya aja deh wkwkw pasti mahal
Alternatifnya Spies Heckers bisa switch ke Cromax (masih under 1 principal) karena sejauh ini less trouble, atau ya Sikkens aja lah. Kunci kilapnya sih sebenernya ada di kualitas clear coat yang dipakai.
Tks om penjelasanya.. info bagus juga nih cari yg sandernya pakai dustbin.. selain oven & spraygun yg mantep

Glasu saat ini blm sesuai bajet om.. buat sy yg penting ada formula color oemnya.. dan kebetulan sikkens ada formulanya.. kalo bisa dpt spies tp ga nambah byk ya bisa dipertimbangkan..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

newrubble wrote: Thu May 23, 2024 6:49 mo di kerok total mau di guyur saja dijamin hasilnya tdk akan lbh bagus saat kluar dari lini produksi dulu


tergantung jenis mobilnya.
kalo sekelas bmw mersides atau century, bener.
tp kalo kelas dibawah itu, banyak yg sanggup lebih bagus.
mau orange peel sama persis spt keluar perakitan, urusan kecil itu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

sdf wrote: Fri May 24, 2024 10:43 .. buat sy yg penting ada formula color oemnya.. dan kebetulan sikkens ada formulanya.. kalo bisa dpt spies tp ga nambah byk ya bisa dipertimbangkan..


mau repaint 1 body kan? ngaduk aja. murah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri May 24, 2024 4:12
DrivingPotato wrote: Fri May 24, 2024 3:26

Tempat preparation proper (sander ada dustbag dll) karena itu indikator mereka bisa kontrol persebaran debu dan jaga area surfacing dan painting steril dari debu. Kalo surfacingnya aja ga pakai prepkleen / spray booth, ya jangan harap hasilnya bagus





kita tunggu sapa tau ada yg nongol trus ngoceh "gue ngecat di pinggir jalan modal terpal masih mengkilat dah bertaun²....."

:big_grin:
kl ampe ad yg ngomong gt, sini suru ketemu ama kita orang yg ud kenyang nyobain cat duko sepanjang kramat senen sana

ta jejelin sendal swallow 3 pasang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by fenrir »

DrivingPotato wrote: Fri May 24, 2024 3:26
marmut wrote: Thu May 23, 2024 4:46 p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
+1 mbah marmut

Pastikan full dry sanding. Kalau masih wet sanding, yaaaa resiko karatnya akan tetep ada, apalagi mau kerok dan reapply anti karat. Karena air pasti tetep nyisa di dempul, yg mana karakter dempul berpori. Masih ada air, dispray surfacer, tamat lah panelnya nanti.

Tempat preparation proper (sander ada dustbag dll) karena itu indikator mereka bisa kontrol persebaran debu dan jaga area surfacing dan painting steril dari debu. Kalo surfacingnya aja ga pakai prepkleen / spray booth, ya jangan harap hasilnya bagus

Glasurit sejauh ini paling oke, tapi ya sesuai dgn harganya aja deh wkwkw pasti mahal
Alternatifnya Spies Heckers bisa switch ke Cromax (masih under 1 principal) karena sejauh ini less trouble, atau ya Sikkens aja lah. Kunci kilapnya sih sebenernya ada di kualitas clear coat yang dipakai.
wet sanding ini yang tahapan mana yang dihindari ya? rada awam, apa wet sanding sampe bare metal? apa wet sanding 1500/2000 abis clear coat?
atau semua wet sanding di semua tahapan dihindari?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

fenrir wrote: Fri May 24, 2024 13:57

apa wet sanding 1500/2000 abis clear coat?


abis clear coat ngapain sanding lg? kecuali ada yg musti di koreksi entah bleber atau ketempelan sesuatu. tinggal spot sanding aja trus langsung tiban clear lg.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri May 24, 2024 12:21

kl ampe ad yg ngomong gt, sini suru ketemu ama kita orang yg ud kenyang nyobain cat duko sepanjang kramat senen sana

ta jejelin sendal swallow 3 pasang


kopdar di kramat 5 bareng shifu
josomba
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by newrubble »

marmut wrote: Fri May 24, 2024 10:54
newrubble wrote: Thu May 23, 2024 6:49 mo di kerok total mau di guyur saja dijamin hasilnya tdk akan lbh bagus saat kluar dari lini produksi dulu


tergantung jenis mobilnya.
kalo sekelas bmw mersides atau century, bener.
tp kalo kelas dibawah itu, banyak yg sanggup lebih bagus.
mau orange peel sama persis spt keluar perakitan, urusan kecil itu.
pernah sy tes, bli 2 xenia (2 2 nya "mi" 2006) bekas (curious aja) 2 2 nya bekas celaka (total loss). 1 bekas ditubruk kreta n 1 bekas feri karam
yg 1 bawa ke triwa n 1 lg kirim ke a2000 cipulir dgn satu printah simpel: ganti yg bs diganti n jgn ketok, cat harus yg sama dgn fabriek
hasilnya .... 2 2 nya sy ga puas
jgn tanya abis brapa. bikin ktawa (tapi rasa penasaran ilang)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by DOHC »

newrubble wrote: Fri May 24, 2024 20:53
marmut wrote: Fri May 24, 2024 10:54
newrubble wrote: Thu May 23, 2024 6:49 mo di kerok total mau di guyur saja dijamin hasilnya tdk akan lbh bagus saat kluar dari lini produksi dulu


tergantung jenis mobilnya.
kalo sekelas bmw mersides atau century, bener.
tp kalo kelas dibawah itu, banyak yg sanggup lebih bagus.
mau orange peel sama persis spt keluar perakitan, urusan kecil itu.
pernah sy tes, bli 2 xenia (2 2 nya "mi" 2006) bekas (curious aja) 2 2 nya bekas celaka (total loss). 1 bekas ditubruk kreta n 1 bekas feri karam
yg 1 bawa ke triwa n 1 lg kirim ke a2000 cipulir dgn satu printah simpel: ganti yg bs diganti n jgn ketok, cat harus yg sama dgn fabriek
hasilnya .... 2 2 nya sy ga puas
jgn tanya abis brapa. bikin ktawa (tapi rasa penasaran ilang)
a2000 mau yg di sunter punya pun jg skrg kualitet cat nya ud ga bagus2 amat

saya ad kijang bekas kena sundul anak muda belagu yg kabur abis nabrak, ad lg kena nyundul mobil pikep eksepedisi yg mundur ga liat2, 2 2 nya btulin di a2000, 2 2 nya kualitet dempul ama cat nya ga beda ama kerjaan cat duko di kramat sana

uda di claim kerjain ulang malah makin ga karuan, amplas bekas dempul nya makin kliatan kasar

jadi yah mungkin om NR perlu cobain bengkel selaen a2000, mungkin ad yg bengkel cat yg beneran bagus hasilnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

newrubble wrote: Fri May 24, 2024 20:53
pernah sy tes, bli 2 xenia (2 2 nya "mi" 2006) bekas (curious aja) 2 2 nya bekas celaka (total loss). 1 bekas ditubruk kreta n 1 bekas feri karam
yg 1 bawa ke triwa n 1 lg kirim ke a2000 cipulir dgn satu printah simpel: ganti yg bs diganti n jgn ketok, cat harus yg sama dgn fabriek
hasilnya .... 2 2 nya sy ga puas
jgn tanya abis brapa. bikin ktawa (tapi rasa penasaran ilang)


persoalannya, om salah tempat.

:mky_03:

cat sama dgn pabrik (warna dan tekstur) itu gampang sekali.
persoalannya, saya blm pernah tau ada bengkel resmi yg ikutin S.O.P dari kaleng cat tsb. mereka taunya ngecat langsung tiban tanpa pake blending agent (kalo ngecat hanya 1-2 panel). ya dijamin belang....
nyamain tekstur pabrik (orange peel), hanya bisa spray gun tertentu yg sanggup. dan bukan spray gun seharga sendal jepit.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by newrubble »

marmut wrote: Sat May 25, 2024 4:25
persoalannya, om salah tempat.

:mky_03:

cat sama dgn pabrik (warna dan tekstur) itu gampang sekali.
persoalannya, saya blm pernah tau ada bengkel resmi yg ikutin S.O.P dari kaleng cat tsb. mereka taunya ngecat langsung tiban tanpa pake blending agent (kalo ngecat hanya 1-2 panel). ya dijamin belang....
nyamain tekstur pabrik (orange peel), hanya bisa spray gun tertentu yg sanggup. dan bukan spray gun seharga sendal jepit.
tempat ga ada yg salah buat rasa ingin tau
itu thn 2010 (trahir sy di indo 2014)
yg sy lakukan bukan betulin tapi bikin mobil
2 tempat yg sy pilih (saat itu): yg satu krn awam (yg biasa ikutin bengkel resmi) & yg ada di mindset org skitaran sy (yg punya duit tapi mobil bukan segalanya). sy yakin (selain sy) ga ada yg lakukan tes spt itu (apalagi unit nya bukan u di pake / jual cari untung)
hasilnya sy pamerin ke bengkel langganan sy (langganan dr 1994) n asosiasi bengkel dia
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by DrivingPotato »

marmut wrote: Sat May 25, 2024 4:25


persoalannya, om salah tempat.

:mky_03:

cat sama dgn pabrik (warna dan tekstur) itu gampang sekali.
persoalannya, saya blm pernah tau ada bengkel resmi yg ikutin S.O.P dari kaleng cat tsb. mereka taunya ngecat langsung tiban tanpa pake blending agent (kalo ngecat hanya 1-2 panel). ya dijamin belang....
nyamain tekstur pabrik (orange peel), hanya bisa spray gun tertentu yg sanggup. dan bukan spray gun seharga sendal jepit.
Mbah Marmut sekali2 yg dipajang Devilbiss DV1 nya dong, jgn kunci momen terus :big_grin:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

DrivingPotato wrote: Sat May 25, 2024 6:04

Mbah Marmut sekali2 yg dipajang Devilbiss DV1 nya dong, jgn kunci momen terus :big_grin:


yg painter om
sepatupuma
bukan saya.
aing mah cuma sisaan bajigur.

:mky_01:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by walid_007 »

bawa k jokofraton aja di surabaya/ malang
engine roaring!
BAILONG
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 16, 2019 7:37
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Bayerische Motoren Werke

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by BAILONG »

info terakhir yang saya dapet untuk Surabaya.

Kerok Sikkens 30
Kerok Glasurit 35