Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 596
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
revolusi-revolusi yg (pernah) ada blm ada 1 pun yg mampu ubah drastis publik miskin jadi publik yg sejahteraBibieight wrote: Thu May 23, 2024 10:05 Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
yg tambah bikin mlorot binti mlarat ya smuanya itu
bgmn beton bisa murah di negri sendiri kalo ada tangan lorenzo zambrano di fabriek yg (katanya) terbesar di indo
nb: kalo si pembual besar itu .... prempuan aja ada 9 yg dia kibulin demi kepentingan pribadi
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Thu Sep 19, 2019 4:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Revo Fit 2012
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
yang bagian NB nya menarik bangetttnewrubble wrote: Thu May 23, 2024 12:25revolusi-revolusi yg (pernah) ada blm ada 1 pun yg mampu ubah drastis publik miskin jadi publik yg sejahteraBibieight wrote: Thu May 23, 2024 10:05 Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
yg tambah bikin mlorot binti mlarat ya smuanya itu
bgmn beton bisa murah di negri sendiri kalo ada tangan lorenzo zambrano di fabriek yg (katanya) terbesar di indo
nb: kalo si pembual besar itu .... prempuan aja ada 9 yg dia kibulin demi kepentingan pribadi

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Dampak Korupsi Tol MBZ Terungkap dalam Sidang, Kekuatan Jalan Layang Berkurang hingga 6 Persen
Kekuatan dan keawetan berkurang Saksi lain, yakni Ahli Beton dan Konstruksi FX Supartono mengungkapkan bahwa penggantian material yang terjadi dalam proyek tersebut membuat kekuatan Tol MBZ berkurang sekitar 5-6 persen. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukannya, kondisi tersebut membuat tingkat kekakuan dari Tol MBZ juga menurun. Imbasnya, getaran yang terjadi di jalan layang ketika dilintasi oleh kendaraan menjadi lebih besar. “Secara jangka panjang, karena kekakuannya berkurang, getaran-getaran itu membesar. Jadi bisa mempengaruhi pada keawetan jangka panjang jembatan,” ujar Supartono. “Jadi begitu getarannya membesar, amplitudonya membesar, itu bisa mengakibatkan fatik atau kelelahan daripada struktur. Karena diayun-ayun terus, dan itu membuat umur dari struktur berkurang,” sambungnya.
https://nasional.kompas.com/read/2024/0 ... g?page=all.
Kekuatan dan keawetan berkurang Saksi lain, yakni Ahli Beton dan Konstruksi FX Supartono mengungkapkan bahwa penggantian material yang terjadi dalam proyek tersebut membuat kekuatan Tol MBZ berkurang sekitar 5-6 persen. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukannya, kondisi tersebut membuat tingkat kekakuan dari Tol MBZ juga menurun. Imbasnya, getaran yang terjadi di jalan layang ketika dilintasi oleh kendaraan menjadi lebih besar. “Secara jangka panjang, karena kekakuannya berkurang, getaran-getaran itu membesar. Jadi bisa mempengaruhi pada keawetan jangka panjang jembatan,” ujar Supartono. “Jadi begitu getarannya membesar, amplitudonya membesar, itu bisa mengakibatkan fatik atau kelelahan daripada struktur. Karena diayun-ayun terus, dan itu membuat umur dari struktur berkurang,” sambungnya.
https://nasional.kompas.com/read/2024/0 ... g?page=all.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
study banding bikin toll dan railway ada japan/china yg deket. MRT yah cukup liat singapur aja.faizzz wrote: Thu May 23, 2024 4:14
Ngapain jauh2 ke eropa, Singapur aja yang deket kalo kita niat belajar dari mereka memang banyak yang bisa kita pelajari dari sistem pemerintahan mereka, bisa PP sehari juga. tapi emang sih kalo buat healing atau foto2 ga semenarik yurop, kan niat utamanya healing![]()
ntah study banding apaan ke yurop. kondisi geografik beda, kondisi masyarakat beda, segala-galanya beda. apanya mau di studi banding. study banding pendidikan saja cukup ke negara sebelah udah ketinggalan konoha ini.
prasaan tiap kuartal selalu dapet jatah maintenance proyek tp masih aja pake wang negara.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:
apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:
apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Aktualnya khan plesir jalan-jalan ke LN yg dibiayai oleh APBNnewrubble wrote: Fri May 24, 2024 5:47 bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:
apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
Bapak ini kayak ga tahu aja
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
justru itu paling sering dijadikan alasan om kalau nggak efektif programnya, tinggal salahin rakyat (pdhl mereka sendiri rakyatnya)newrubble wrote: Fri May 24, 2024 5:47 apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
makanya statement pejabat di media macem s4mpah isinya nyalahin rakyat lah, sensi dan baper kalo dikritik, nggak boleh ada oposan lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
apalagi klo bukan hasil poto jalan" di yuropnewrubble wrote: Fri May 24, 2024 5:47 apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
bandingin siapa yg pling jago potograpi, jago cari wisata, jago cari restaurant lux
kan itu

lapor ke rakyat modal poto bediri jejeran pasang jempol
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
disini sering bikin desain aneh tapi fungsi malah hilang.
contoh nya LRT jakarta terlalu rendah pintunya.
Desain KRL trapesium tapi interior malah sempit
kursi KRL plastik padahal KRL bekas jepang empuk
contoh nya LRT jakarta terlalu rendah pintunya.
Desain KRL trapesium tapi interior malah sempit
kursi KRL plastik padahal KRL bekas jepang empuk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
klo dr sejarah yg ane tau, kekuatan besar yg getol membebaskan bangsa2 terjajah dr penjajahan fisik kolonial trmasuk indonesia adalah usa yg mengklaim the first new nation in the world shg belanda cabut dr nkri trmasuk tanah papua/nieuw hollandia..motivasinya ya demi penetrasi kapitalisme global agar kapitalis mereka jg bs masuk dan mendulang profit opportunity besar..klo konoha skr ane liatnya state elites yg berideologi konservatif itu relatif detached dg basis massa pemilih yg didominasi swing voters itu..state leader dipilih krn wacana populis sama jg dg parpol pemenang dg imej partainya wong cilik..tp kebijakan dan manajemen ekonomi kyknya sami mawon..defisit fiskal yg membanggakan pertumbuhan ekonomi stabil tp kue pertumbuhan hanya dinikmati segelintir sektor/kelompok..klo ekonomi arus bwah struggle for survival dg segala cara trmasuk petty crime sekedar bs makan hidupi keluarga meski digencet kekuatan negara dan pasar disana sini..sistem sosial politik ekonomi kita skrg cenderung anarki/chaotic
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.
Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost
Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.
jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.
Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost

Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.
jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Kalaupun di pemerintahan ada middle management setingkat eselon 3 atau 2 yang basicnya sesuai dengan kompetensi pekerjaan nanti juga kehalang sama top management yang backgroundnya dari business people, kibul people atau makelar people...Suryaputra wrote: Sun May 26, 2024 6:30 Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.
Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost![]()
Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.
jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Jd ingat pak habibie.faizzz wrote: Sun May 26, 2024 12:39Kalaupun di pemerintahan ada middle management setingkat eselon 3 atau 2 yang basicnya sesuai dengan kompetensi pekerjaan nanti juga kehalang sama top management yang backgroundnya dari business people, kibul people atau makelar people...Suryaputra wrote: Sun May 26, 2024 6:30 Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.
Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost![]()
Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.
jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya![]()
Mimpin negara cm bbrp tahun, tp impactnya luar biasa
Ya memang can't please everyone

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Itu beton downspec sebenernya fitur keselamatan biar orang lari sampe 80 kmh aja, manusianya ga bisa nurut rambu2 akhirnya dibikin fitur keselamatan yg canggih gitu
https://news.detik.com/berita/d-7352153 ... km-jam/amp

https://news.detik.com/berita/d-7352153 ... km-jam/amp
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.Suryaputra wrote: Sun May 26, 2024 6:30
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost![]()
menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.
customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
Nah soal otomotif, ada lg yg menarik.ChZ wrote: Mon May 27, 2024 2:37ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.Suryaputra wrote: Sun May 26, 2024 6:30
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost![]()
menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.
customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.
Why germany dan sekitarnya "Over-engineering" bikin mobil ?
- Sebelum dan sampai masa WW2, mereka salah satu produsen utama pesawat perang
Cth: Messerschmitt + Mesin BMW, ini kasih kontribusi besar terhadap pesawat perang dunia 2
- Ketika Jerman kalah di WW2, sekutunya ngelarang mereka bikin pesawat terbang lagi
- Tenaga injinir yg ada, muter otak, dan akhirnya bikin mobil, untuk menyambung ekonomi
- "Prinsip" injinir bikin pesawat yang super complex, diterapkan ke mobil2nya
- Jadilah karakter mobil jerman punya ciri khas, dan sampai saat ini bahkan jd benchmark oleh otomotif dunia.
makanya bikin repot teknisi nya, tapi rich customernya happy, no debat soal driving experience and so on


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
makanya mbah, aktor aktor WW2 macem jerman dan nihon emang ga kaleng2 kl bikin mobil. principles bikin mesin2 tempur diterapin krn dulu perang butuh durability bagusSuryaputra wrote: Mon May 27, 2024 2:57 Nah soal otomotif, ada lg yg menarik.
Why germany dan sekitarnya "Over-engineering" bikin mobil ?
- Sebelum dan sampai masa WW2, mereka salah satu produsen utama pesawat perang
Cth: Messerschmitt + Mesin BMW, ini kasih kontribusi besar terhadap pesawat perang dunia 2
- Ketika Jerman kalah di WW2, sekutunya ngelarang mereka bikin pesawat terbang lagi
- Tenaga injinir yg ada, muter otak, dan akhirnya bikin mobil, untuk menyambung ekonomi
- "Prinsip" injinir bikin pesawat yang super complex, diterapkan ke mobil2nya
- Jadilah karakter mobil jerman punya ciri khas, dan sampai saat ini bahkan jd benchmark oleh otomotif dunia.
makanya bikin repot teknisi nya, tapi rich customernya happy, no debat soal driving experience and so on![]()
![]()

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6201
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
JANGAN lupa ameriki om terutama jeep willys sama dodge power wagon bener2x robustChZ wrote: Mon May 27, 2024 3:03 makanya mbah, aktor aktor WW2 macem jerman dan nihon emang ga kaleng2 kl bikin mobil. principles bikin mesin2 tempur diterapin krn dulu perang butuh durability bagus![]()

china cuma bisa bikin tapi nyetelnya masih ngawur

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahahanewrubble wrote: Fri May 24, 2024 5:47 bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:
apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
sy malah pernah bicara ke jonan (krn pernah sama-sama di capital market saat dia di bahana dulu thn 90an)farizfsa wrote: Mon May 27, 2024 10:00
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahaha
untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
n dia bilang (mirip tentara-tentara omong ke sy) indo itu ratusan juta jiwa jgn bandingin sama yg isinya puluhan juta per negara
tapi dia diem n ketawa saat sy bilang uni eropa itu loose federalism isinya lbh dr lima ratusan juta org &
negri naga (yg baru start real economy 1979-1986) isinya milyar (sbg negara supermiskin) n skrg bisa kasih utang ke indo
tapi muka dia merah saat sy bilang .... republik ini ga beda dgn voc krn for profit organization meski selalu buntung tiap thn
ada beda nya profit voc setor ke member krn (sampai kini) koperasi terbesar dunia (yg pernah ada) kalo indo u gajian ambtenaren
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
yg kocak tuh bilang toyota honda jadi nokia kegeser sama mocin, lah disono jg laku. malah spawn model yg aneh"ChZ wrote: Mon May 27, 2024 2:37 ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.
krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.
customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.

problem mocin itu sama kyk xiaomi, salahnya dia org bikin yg murah dulu jadi ya susah mau ngangkat imejnya
makanya model lynk co, NIO, zeekr /brand yg sedikit bayak peduli engineering itu susah bgt tembus market premium yurop. krn belom gmn imejnya kebanting duluan ditambah harganya jg rada mehong.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
taulah itu idiot gratis tapi diborong semuaZaxis wrote: Wed May 22, 2024 2:45 Nah itu abg2 [cencored] ngebut kok di jalan tol
Ngebut yah sewa di sirkuit,malu sama mobil dong
Kalo mati sendiri sih ga apa,kurangin orang idiot
dulu ada kan yg pke odyssey sampe bikin temennya mokad, sampe skrg gada kapoknya (terutama warlok jatim jateng hrusnya tau niy kasus apa)
klo diingetin orang bilangnya "BCT"
tuh idiot dlu pernah ditantangin di sirkuit (GBT klo ga salah) lawan wrx, ga nongol batang hidungnya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
yah mungkin org dulu liat sukses dan kaya ya org2 VOC/londo. sekarang mungkin kebawa gaya org2 VOC nya namun seiring waktu tujuan uang dan benefit nya beda dgn konsep VOCnewrubble wrote: Mon May 27, 2024 13:29sy malah pernah bicara ke jonan (krn pernah sama-sama di capital market saat dia di bahana dulu thn 90an)farizfsa wrote: Mon May 27, 2024 10:00
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahaha
untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
n dia bilang (mirip tentara-tentara omong ke sy) indo itu ratusan juta jiwa jgn bandingin sama yg isinya puluhan juta per negara
tapi dia diem n ketawa saat sy bilang uni eropa itu loose federalism isinya lbh dr lima ratusan juta org &
negri naga (yg baru start real economy 1979-1986) isinya milyar (sbg negara supermiskin) n skrg bisa kasih utang ke indo
tapi muka dia merah saat sy bilang .... republik ini ga beda dgn voc krn for profit organization meski selalu buntung tiap thn
ada beda nya profit voc setor ke member krn (sampai kini) koperasi terbesar dunia (yg pernah ada) kalo indo u gajian ambtenaren

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std
krn kalo mau bikin yg mahal dulu boncos ga ada duitnya om itu british car macem jaguar land rover skrg image nya prestis tapi merek bangkrutdarrelund wrote: Tue May 28, 2024 1:33
yg kocak tuh bilang toyota honda jadi nokia kegeser sama mocin, lah disono jg laku. malah spawn model yg aneh"![]()
problem mocin itu sama kyk xiaomi, salahnya dia org bikin yg murah dulu jadi ya susah mau ngangkat imejnya
makanya model lynk co, NIO, zeekr /brand yg sedikit bayak peduli engineering itu susah bgt tembus market premium yurop. krn belom gmn imejnya kebanting duluan ditambah harganya jg rada mehong.![]()


honda toyota diuntungin sama paling enggak american market masih cinta sama tuh 2 brand. 1-2 pasar kurang moncer tapi di market2 besar dia masih berkuasa. skrg paling saingan ya dari hyundai.
kalo dari sisi china pasti cari untung jual mobil murah jor-joran fitur tp bisa produksi jumlah banyak .... dari dulu china prinsipnya begitu. paling bentar lagi mobil2 merek batman sama buah ceri mau start mobil ada iklannya dulu...
kalo kata eksekutif2 china jualan mimpi doang ya bangkrut. walaupun eksekutif2 mereka yang akhirnya bisa beli mimpi (read = naik rolls benz BMW atau ferrari) dari hasil jualan mobil murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7